22+ Ukuran Banner : Online dan Offline Yang Sering Di Gunakan 1

22+ Ukuran Banner : Online dan Offline Yang Sering Di Gunakan

Ukuran Banner – Salah satu media yang sering digunakan untuk promosi adalah banner. Secara umum, banner dibedakan ke dalam dua jenis, yaitu banner offline dan banner online. Banner offline merupakan banner dalam bentuk vertikal yang dicetak menggunakan digital printer, sedangkan banner online yaitu banner yang dipajang dalam sebuah blog atau website dengan ukuran tertentu.

Jika dahulu banner dibuat dalam bentuk portrait atau vertikal, namun seiring perkembangan jaman, banner dapat dibuat dalam bentuk landscape atau horizontal. Bahkan, saat ini bentuk dan tipe banner pun beragam yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pemakainya. Jika Anda tertarik untuk mengetahui jenis, bentuk, dan tipe banner, silahkan simak ulasannya di bawah ini!

Banner Online

Mungkin Anda pernah melihat iklan suatu produk saat membuka situs tertentu. Inilah yang dimaksud dengan banner online, yaitu banner yang biasanya dipasang dalam sebuah blog atau website. Website yang sering digunakan biasanya memiliki traffic yang cukup tinggi seperti website penyedia film gratis. Banner ini sering kali hanya sekedar menjadi paid per click selain sebagai media promosi.

Macam-Macam Banner Online

Banner online dapat dibedakan menjadi beberapa macam, diantaranya adalah :

1.        Flash Banner

1.        Flash Banner

Pernahkah Anda menggunakan flash player untuk membuat suatu animasi? Program ini ternyata juga dapat dimanfaatkan untuk membuat sebuah banner yang dinamakan dengan flash banner. Terdapat beberapa unsur pada flash banner, diantaranya yaitu gambar gerak, tulisan gerak, kombinasi gambar dan tulisan dengan suara, dan segala sesuatu yang mengandung animasi.

Flash banner dapat diibaratkan layaknya sebuah video yang dipasang pada blog atau website. Flash banner memiliki beberapa kelebihan diantaranya yaitu sedap dipandang karena berupa animasi. Hal tersebut tentu akan meningkatkan Click Through Rate atau CTR karena dapat memancing para pengunjung untuk mengklik banner tersebut.

Selain itu, advertiser dapat mempromosikan produk dengan lebih interaktif menggunakan flash banner. Namun, banner ini juga memiliki beberapa kelemahan, diantaranya yaitu hanya pengunjung yang telah menginstall plugin flash player yang dapat melihat banner ini. Selain itu, loading website juga agak lama saat dibuka sehingga membutuhkan koneksi internet yang baik.

2.        Banner Statis

2.        Banner Statis

Yang dimaksud dengan banner statis yaitu banner yang di dalamnya terdapat tulisan atau grafis dan dipasang dalam sebuah website. Banner ini berupa file PNG atau JPG dan tidak menggunakan efek suara maupun animasi. Desainer akan memberikan gambar dengan melebih-lebihkan atau terkesan kontroversial untuk menarik perhatian pembaca.

Terdapat beberapa kelebihan dalam pembuatan banner statis, diantaranya yaitu tidak terlalu banyak menyedot kuota internet dan tidak membuat loading website terlalu berat. Selain itu, Anda juga tidak harus menginstal flash player terlebih dahulu untuk melihat banner statis. Berbeda dengan flash banner tentunya.

Sedangkan kekurangan banner statis yaitu kurang menarik pengunjung dari segi visual. Selain itu, sangat kecil kemungkinan pengunjung mengklik banner tersebut karena tidak seinteraktif flash banner.  Maka nilai CTR menjadi rendah saat menggunakan banner statis. Selain itu, apa yang hendak disampaikan oleh advertiser menjadi sangat terbatas.

3.        Banner GIF

3.        Banner GIF

Banner yang menjadi titik tengah antara banner statis dan flash banner adalah banner GIF. Terdapat beberapa software yang dapat digunakan untuk membuat banner jenis ini yaitu GIF Animator, Photoshop, dan sebagainya. Karena sifatnya yang masih nanggung antara flash banner dan banner statis membuat banner GIF kurang diminati advertiser.

Ukuran-ukuran Banner Online

Saat menentukan ukuran banner online, pastinya kita harus memperhatikan untuk keperluan apa banner tersebut dibuat. Ukuran banner yang sering digunakan adalah tidak terlalu kecil dan tidak pula terlalu besar. Jika ukuran banner terlalu besar maka minat pengunjung untuk mengklik banner tersebut tentunya akan berkurang. Begitu juga jika ukurannya terlalu kecil.

Secara umum, ukuran banner online dapat dibedakan menjadi :

1.        Ukuran Banner Online Leaderboard

1.        Ukuran Banner Online Leaderboard

Untuk mengiklankan atau mempromosikan produk, kebanyakan para advertiser memilih ukuran banner online leaderboard. Bahkan, para pemain Google Adsense pun banyak yang menggunakan ukuran banner ini. Banner ini memiliki ukuran 728 x 90 pixel dan sering dipasang pada bagian header blog atau website.

Ukuran banner online leaderboard merupakan ukuran yang paling pas atau ideal untuk mempromosikan suatu produk menurut para advertiser. Dengan ukuran tersebut, maka bayaran yang diterima cukup besar dan nilai klik pun juga akan bertambah. Hal ini salah satunya dikarenakan posisinya yang berada pada header website sehingga terlihat lebih menonjol.

2.        Ukuran Banner Online Medium Rectangle

2.        Ukuran Banner Online Medium Rectangle

Salah satu ukuran banner yang dapat ditempatkan di berbagai lokasi strategis seperti sidebar, bagian tengah, atas, maupun bawah adalah medium rectangle. Dengan ukuran 300 x 250 pixel membuat banner ini mendukung iklan yang berupa teks atu tulisan. Ukuran banner online medium rectangle juga mendukung tampilan web untuk mode mobile.

Karena ukurannya yang tidak terlalu kecil maupun terlalu besar, membuat ukuran banner ini cocok untuk berbagai area web. Nilai konversi klik yang dimiliki ukuran banner ini pun terbilang cukup tinggi karena tanpilannya yang tidak mengganggu pandangan. Hal inilah yang menyebabkan ukuran banner online medium rectangle banyak digunakan untuk mempromosikan produk oleh para advertiser.

3.        Ukuran Banner Online Large Rectangle

3.        Ukuran Banner Online Large Rectangle

Jika Anda ingin menampilkan iklan yang berisi tulisan dan gambar dengan area yang cukup luas, maka Anda dapat menggunakan ukuran banner online large rectangle. Dengan ukuran 336 x 280 pixel membuat banner ini cocok diletakkan di sebelah tulisan pada konten. Dengan pemasangan banner ini, maka konten akan terlihat mempunyai dua kolom, baik atas bawah maupun kanan kiri.

4.        Ukuran Banner Online Large Skyscraper

4.        Ukuran Banner Online Large Skyscraper

Para advertiser menggunakan ukuran banner online large skyscraper saat ingin menyampaikan pesan secara efektif dan membutuhkan ruang yang lebih luas. Banner ini memiliki bentuk vertikal dengan area yang cukup lebar. Banner online large skyscraper memiliki ukuran 300 x 600 pixel sehingga memungkinkan untuk menyajikan tulisan dan gambar yang menarik.

Tetapi, pengunjung web mungkin akan merasa sedikit terganggu dengan pemasangan banner tersebut karena ukurannya yang sangat lebar. Namun di sisi lain, dengan ukuran tersebut justru memberikan peluang untuk mendapatkan klik lebih banyak dan iklan pun mempunyai nilai yang lebih tinggi. Untuk memaksimalkan fungsinya, alangkah baiknya jika banner ini dipasang di sidebar web.

5.        Ukuran Banner Online Large Mobile Banner

5.        Ukuran Banner Online Large Mobile Banner

Format ukuran ini sangat cocok untuk layout hp atau ponsel. Large mobile banner memiliki ukuran 320 x 100 pixel dan biasanya dipasang di bawah header tepat pada bagian atas. Banner ini juga digolongkan ke dalam kategori banner berukuran besar.

6.        Ukuran Banner Online Mobile Banner

6.        Ukuran Banner Online Mobile Banner

Salah satu ukuran banner online yang cukup populer di kalangan advertiser adalah ukuran banner online mobile phone. Hal ini dikarenakan semakin banyaknya pengunjung yang memakai ponsel pintar atau smartphone. Meskipun tidak terlalu mengganggu pandangan pengunjung tapi ukuran banner ini tidak terlalu efektif dalam menarik pengunjung.

Jika ukuran banner online large mobile banner sebesar 320 x 100 pixel, maka ukuran banner online mobile banner adalah setengahnya yaitu 320 x 50 pixel.

7.        Ukuran Banner Online Wide Skyscraper

7.        Ukuran Banner Online Wide Skyscraper

Banner ini memiliki ukuran 160 x 600 pixel sehingga mendukung iklan teks dan gambar serta dirancang khusus untuk sidebar yang sempit. Jika sebelumnya kita telah membahas mengenai banner online large skyscraper, terdapat juga banner online wide skyscraper yang memiliki ukuran lebar lebih sempit.

Banner ini cukup populer di kalangan advertiser karena terkesan berbaur dengan desain website dan tidak terlalu mengganggu pandangan pengunjung. Namun sayangnya, wide skyscraper kurang efektif menarik perhatian pengunjung dibandingkan dengan banner large skyscraper.

8.        Ukuran Banner Online Portrait

8.        Ukuran Banner Online Portrait

Format banner vertikal yang cukup bersahabat dengan para advertiser adalah ukuran banner online portrait. Banner ini memiliki ukuran 300 x 1050 pixel sehingga sangat cocok dipasang di samping tulisan atau si debar untuk memudahkan pengunjung membaca isi website. Bagi para pengiklan brand-sentris, ukuran banner ini sangat cocok jika ingin memasang iklan yang memiliki banyak ruang.

9.        Ukuran Banner Online Billboard

9.        Ukuran Banner Online Billboard

Apakah Anda menginginkan banner dengan format horizontal yang besar dan lebar? Ukuran banner online billboard bisa menjadi pilihan yang tepat. Banner ini dapat diletakkan pada bagian atas maupun bawah website. Namun sayangnya, dengan ukuran 970 x 250 pixel tentu akan mengganggu pandangan pengunjung website.

Selain itu, banner ini tidak selalu dapat diaplikasikan pada website, terlebih lagi jika layout website tersebut tidak mendukung ukuran banner ini.

10.    Ukuran Banner Online Square

10.    Ukuran Banner Online Square

Bagi para blogger pastinya tidak akan asing lagi dengan ukuran banner yang satu ini. Namun sayangnya, banner online square dengan ukuran 250 x 250 pixel ini memiliki nilai inventaris iklan yang kecil. Dengan ukuran tersebut, banner ini kurang dapat bekerja dengan baik sehingga menyebabkan iklan memiliki bayaran yang tidak cukup tinggi.

Banner Offline

Jika sebelumnya kita telah membahas mengenai banner online, maka sekarang kita akan mempelajari tentang banner offline. Banner offline dapat diartikan sebagai sebuah media promosi dalam bentuk vertikal atau portrait dan dicetak menggunakan digital printing. Banner dapat dikatakan sebagai bentuk sederhana baliho sebagai media promosi atau memberikan informasi.

Macam-macam Ukuran Banner Offline

Untuk ukuran banner offline juga terdiri dari berbagai macam, diantaranya :

1.        Ukuran X Banner

1.        Ukuran X Banner

Jika dilihat dari namanya, banner ini seperti layaknya huruf X yang memiliki dua tiang penyangga. Tiang penyangga tersebut biasanya mudah dibawa kemana-mana karena terbuat dari aluminium ringan. X banner sangat cocok digunakan untuk outdoor maupun indoor dan dapat dipakai secara berulang-ulang. Untuk ukuran X Banner dapat dibedakan menjadi :

1.        Ukuran X-Banner Standar

1.        Ukuran X-Banner Standar

Bagi Anda yang ingin membuat banner agar mudah dibawa kemana-mana, maka Anda dapat memilih ukuran X-Banner standar. Banner ini memiliki kaki yang membantunya untuk berdiri dan dapat digunakan secara terus menerus asalkan tidak patah atau mengalami kerusakan. Saat ingin memasang banner yang baru pun, Anda dapat dengan mudah menggantinya.

Dengan pemakaian X-Banner standar maka Anda pun juga dapat lebih menghemat biaya karena nyaman di kantong. Untuk ukuran X-Banner standar meliputi 80 x 180 cm, 20 x 40 cm, 60 x 120 cm, dan 60 x 160 cm. Dengan kemudahan inilah, maka banyak pengiklan yang menggunakan X-Banner standar sebagai media promosi yang harus berpindah-pindah tempat.

2.        Ukuran X-banner Indoor

2.        Ukuran X-banner Indoor

Jika Anda memerlukan media promosi di dalam ruangan dan dapat dipindah-pindahkan, maka Anda dapat menggunakan X-Banner Indoor. Untuk ukurannya bervariasi mulai dari 16 x 60 cm hingga 120 x 60 cm. Namun, untuk ukuran besar, jarang sekali digunakan. Banner ini sudah sering digunakan untuk keperluan promosi produk indoor bagi para advertiser.

3.        Ukuran Mini X-Banner

3.        Ukuran Mini X-Banner

Mungkin Anda sering melihat sebuah banner berdiri yang diletakkan di atas meja, inilah yang dinamakan dengan mini X-Banner. Banner ini merupakan bentuk kecil dari X-Banner dan berguna sebagai media promosi atau memberikan informasi mengenai sebuah event atau acara.

Ukurannya yang praktis yaitu 26 x 38 cm serta murah dan mudah membuat banyak orang tertarik menggunakan mini X-Banner. Terdapat dua jenis mini X-Bnner berdasarkan bahan pembuatnya, yaitu non stainless dan stainless.

4.        Ukuran Y-Banner

4.        Ukuran Y-Banner

Pada dasarnya, X-Banner dengan Y-Bnner hampir serupa namun bentuk rangka dari kedua jenis banner ini yang membedakannya. Jika X- Banner memiliki dua penyangga maka Y-Bnner memiliki satu penyangga layaknya huruf Y. Agar dapat berdiri dengan kuat dan kokoh, maka pada bagian bawahnya diberi sebuah alas.

Ukuran untuk Y-Banner pun beragam, antara lain :

  • 60 x 160 cm
  • 80 x 180 cm
  • 60 x 120 cm

5.        Ukuran Roll Up Banner

5.        Ukuran Roll Up Banner

Tidak sedikit para advertiser memilih banner yang mudah dan praktis dalam penggunaannya. Salah satunya adalah roll up banner. Untuk menggunakan banner ini, Anda hanya perlu menggulung atau merollnya saja. Anda tinggal menarik bagian bawah atau atas banner untuk menggunakannya. Banner ini mudah untuk dibawa kemana-mana dan lebih simpel dan efisien dibanding banner yang lain.

Ukurannya pun bervariasi, mulai dari 150 x 200 cm, 85 x 200 cm, dan 60 x 160 cm.

6.        Ukuran Banner Outdoor

6.        Ukuran Banner Outdoor

Pernahkah Anda melihat sebuah banner besar yang biasa dipasang di luar ruangan? Inilah yang dimaksud dengan banner outdoor yang berfungsi sebagai media penyampai informasi atau promosi. Alasan utama mengapa banner ini dipasang di luar adalah karena ukurannya sangat besar mulai dari 1 x 2 meter hingga mencapai 2 x 4 meter.

Banner outdoor biasanya dipasang pada papan khusus banner atau pohon di pinggir jalan. Banner outdoor biasanya dimanfaatkan untuk berfoto bagi pengunjung pada suatu acara atau event tertentu.

Cara Mengubah Ukuran Banner

Terdapat dua cara yang dapat dilakukan untuk mengubah ukuran banner yaitu tanpa software dan dengan software. Untuk mengetahui bagaimana caranya, silahkan simak ulasannya di bawah ini!

1.        Cara Mengubah Ukuran Banner Tanpa Software

1.        Cara Mengubah Ukuran Banner Tanpa Software

Ukuran banner dapat diubah meskipun tanpa software khusus, caranya yaitu :

  • Siapkan gambar yang akan diubah ukurannya
  • Buka web resizer image di http://resizeimage.net
  • Pilih dan klik tombol “Upload an Image”
  • Setelah mengeklik tombol “Upload an Image”, cari gambar yang hendak diubah ukurannya
  • Setelah gambar berhasil di upload, akan ada tampilan gambar yang hendak diubah ukurannya lalu sesuaikan ukuran gambar sesuai keperluan
  • Pada kolom “Resize your image”, ubah ukuran lebarnya dan biarkan bagian “Keep Aspect Rasio” tercentang
  • Klik tombol “Resize Image”
  • Setelah itu, akan ada tampilan pilihan lalu klik download
  • Setelah klik tombol download, maka gambar akan terdownload ke komputer atau laptop dan simpan gambar tersebut

2.        Cara Mengubah Ukuran Banner Menggunakan Software Photoshop

2.        Cara Mengubah Ukuran Banner Menggunakan Software Photoshop

Untuk mengubah ukuran banner, Anda dapat menggunakan software Photoshop. Caranya yaitu :

  • Perhatikan ukuran ruang yang akan digunakan sebelum mengubah ukuran banner tersebut, misalnya saja 250 x 250 pixel
  • Buka Program Adobe Photoshop
  • Klik “File”, kemudian pilih “New”
  • Setelah itu akan keluar pengaturan lembar kerja baru kemudian klik OK
  • Klik “File”, kemudian pilih “place” untuk memasukkan gambar. Dengan demikian, gambar tersebut akan masuk ke dalam lembar kerja
  • Klik tahan lalu tarik pada salah satu sudut sambil menekan SHIFT untuk mengatur agar ukuran gambar mengisi penuh lembar kerja tersebut. Kemudian tekan ENTER untuk menerapkan ukuran yang telah diubah
  • Setelah selesai, simpan gambar tersebut dengan cara menekan menu “file” kemudian pilih “save”
  • Gambar sudah siap untuk digunakan

Fungsi Banner

Fungsi Banner

Pembuatan banner memiliki beberapa fungsi, diantaranya yaitu:

  • Sebagai Ciri Khas atau Identitas

Saat membuka sebuah website dan terdapat banner di dalamnya maka akan membuat pengunjung lebih mudah mengingatnya. Di sini, banner berfungsi untuk memberikan ciri khas atau identitas pada website yang bersangkutan. Selain itu, Anda juga dapat melakukan branding secara online melalui banner pada website

  • Media Promosi

Pemasangan banner pada tempat strategis dapat menjadi salah satu media promosi yang efektif. Tidak sedikit para pengusaha yang mengiklankan produknya dengan cara memasang banner baik pada website ataupun di tepi-tepi jalan. Hal ini bertujuan untuk memperkenalkan produk tersebut ke masyarakat luas sehingga dapat meningkatkan penjualan.

  • Media Informasi

Banner juga berfungsi sebagai media informasi atau pemberitahuan tentang suatu hal kepada khalayak. Pemerintah juga sering memasang banner untuk menginformasikan sesuatu kepada masyarakat tentang beberapa program pemerintah yang terbaru.

Banner menjadi salah satu media promosi yang banyak digunakan oleh para pemilik produk. Terdapat kelebihan dan kelemahan dari masing-masing jenis banner, baik banner offline maupun online. Untuk banner online, dapat menjangkau pasar lebih luas karena dapat dibuka oleh semua pengguna website di seluruh dunia.

Sedangkan banner offline dapat menjangkau konsumen yang awam tentang internet. Untuk memperluas target pemasaran, alangkah baiknya jika Anda menggabungkan antara kedua jenis banner tersebut.

22+ Ukuran Banner : Online dan Offline Yang Sering Di Gunakan

 

Leave a Reply