Site icon Sekolahnesia

Cara Menghapus Blogger dengan Mudah Tanpa Ribet (Terbaru)

Cara Menghapus Blogger – Bagi sebagian orang, menulis merupakan kegiatan yang sangat menyulitkan bahkan melelahkan. Akan tetapi, bagi sebagian yang lain, menulis merupakan sumber penghasilan. Hal tersebut yang menjadi motivasi para blogger dalam menulis. Lalu, bagaimana cara menghapus blogger?

Ada banyak hal yang melatarbelakangi seseorang untuk menghapus blog miliknya. Mulai dari sudah tidak produktif, ketinggalan zaman, usang, kurang menarik, dan masih banyak alasan lainnya. Sebelum memutuskan untuk menghapus blog secara permanen, akan lebih baik jika dipikirkan masak-masak.

Cara Menghapus Blogger

Bagi Anda yang merupakan seorang penulis blog, pastinya sudah tidak asing lagi tentang apa itu blogger. Menulis blog sangat populer di tahun 2000 an. Bahkan, saat ini juga masih cukup populer, meskipun kulturnya sudah sangat berbeda.

Perbedaan tersebut bisa dilihat dari topik bahasan, tema, pola penulisan, tata kalimat, diksi, dan banyak aspek lainnya. Tidak bisa dipungkiri bahwa Anda mungkin akan tertawa jika membaca ulang karya di masa lalu. Hal tersebut sudah sangat wajar, sebab manusia akan terus berubah seiring berjalannya waktu.

Menghapus blog bisa dikatakan cukup mudah untuk dilakukan. Hal tersebut juga tergantung di mana Anda membuat blog tersebut. Apakah menggunakan Blogspot ataukah menggunakan WordPress? Tentunya kedua platform tersebut memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing.

1. Menghapus Blog di Blogspot

Blogspot atau yang lebih sering dikenal sebagai Blogger merupakan platform untuk menerbitkan blog. Dahulu, ada banyak sekali yang menggunakan platform ini pada saat ingin memajang tulisan. Penggunaan yang mudah serta persyaratan yang sangat sederhana menjadi salah satu alasan kepopulerannya.

Setelah waktu mulai berlalu, tipe tulisan di dalam blog mulai bergeser. Konten lama yang menggunakan bahasa dan tampilan alay mulai ditinggalkan. Pergeseran tersebut juga mengakibatkan konten lama sudah hampir tidak memiliki traffic pengunjung sama sekali. Oleh karena itu, perlu dilakukan penghapusan.

Cara menghapus Blogger di Blogspot sangat mudah dilakukan. Anda hanya perlu untuk mengikuti langkah dan prosedur berikut agar bisa melakukannya dengan mudah:

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, bahwa blog akan terhapus selamanya setelah proses tersebut dilaksanakan. Oleh karena itu, Anda perlu membuat pencadangan untuk mengatasi segala macam resiko tidak terduga.

Setidaknya, apabila ingin mengunggah kembali konten tersebut, maka cadangannya sudah ada. Dengan demikian, Anda hanya perlu mengedit beberapa informasi dan kemudian langsung mengunggahnya.

Meski begitu, ada tenggang waktu selama 90 hari sebelum konten tersebut benar-benar hilang. Jika masih ingin mengembalikannya, maka hal tersebut sangat mungkin untuk dilakukan.

2. Menghapus Blog di WordPress

Sama halnya dengan Blogger, WordPress juga merupakan platform untuk memajang tulisan di dalam sebuah blog. Selain itu, ada dua pilihan layanan untuk membuat host. Pilihan tersebut berupa platform berbayar dan gratis. Keduanya memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing.

Sekarang ini, mayoritas Blogger lebih memilih WordPress dibandingkan dengan Blogger. Hal tersebut disebabkan oleh kemudahan dan fitur dalam platform WordPress.

Tata cara menghapus konten pada platform ini juga tidak terlalu jauh berbeda dengan saat menggunakan Blogspot. Anda bisa mengikuti cara menghapus blogger di WordPress berikut ini:

Catatan: penghapusan di dalam WordPress memiliki sedikit perbedaan dengan apa yang terjadi saat memakai Blogger. Tidak akan ada menu pengembalian data setelah data dihapus. Oleh karena itu, Anda perlu memikirkan dampak dari hal ini dengan sangat matang.

Apa Saja yang Bisa Anda Lakukan dengan Blog tersebut?

Setelah ulasan panjang mengenai cara menghapus blogger secara permanen, Anda hendaknya mempelajari apa saja yang bisa dilakukan menggunakan aplikasi Blogger maupun WordPress. Penasaran? Berikut ini ulasan singkat mengenai hal tersebut:

1. Menyimpan Salinan Tema Blog

Mungkin akan terasa sangat disayangkan apabila tema blog yang sudah digunakan dalam waktu cukup lama, kemudian dibuang begitu saja. Tentunya, diperlukan lokasi penyimpanan agar tema tersebut bisa terus ada, baik dengan tujuan untuk nostalgia maupun hal lainnya.

Cara untuk menyimpan salinan tema juga tidak sulit. Berikut ini merupakan prosedur untuk bisa menyimpan sainan tema dengan tepat dan minim kerusakan:

2. Mengimpor Postingan dan Komentar

Bagi Anda yang ingin menggunakan cara menghapus blogger, maka prosedur satu ini pastinya akan sangat bermanfaat. Dengan begitu, Anda bisa menyalin setiap postingan maupun komentar di website lama ke dalam website baru.

Hal yang perlu diperhatikan benar-benar adalah tentang bagaimana cara memindahkan konten yang dirasa masih relevan dan berkualitas kedalam web baru. Cara tersebut juga tidak sulit, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk bisa melakukan hal tersebut dengan baik:

3. Memulihkan Blog yang Sudah Dihapus

Apabila Anda menghapus blog yang menggunakan platform Blogger atau Blogspot, maka ada waktu selama 90 hari jika berubah pikiran dan ingin membatalkan penghapusan. Hal ini perlu untuk memberikan kesempatan kedua bagi para penggunannya.

Sayangnya, hal ini tidak berlaku saat Anda menggunakan cara menghapus blogger di platform WordPress. WordPress sama sekali tidak memberikan kesempatan kedua bagi pengguna yang ingin membatalkan penghapusan blog.

Prosedur yang perlu ditempuh untuk melakukan pengembalian blog tersebut juga tidak terlalu rumit. Berikut ini merupakan ulasan tentang cara mengembalikan blog yang sudah terlanjur dihapus:

Catatan: setelah melakukan penghapusan, sangat disarankan agar Anda menandai tanggalnya. Dengan begitu, pada saat tenggat waktu pengembalian sudah diambang batas, Anda bisa memikirkannya kembali agar tidak terjadi penyesalan dikemudian hari.

Beda cerita jika konten dalam blog tersebut sudah dibuatkan cadangannya. Dengan begitu, sewaktu-waktu ingin mengunduhnya kembali, pengguna hanya perlu melakukan editing-editing kecil saja.

Apa Penyebab Blog Sudah Tidak Memiliki Traffic?

Apabila diperhatikan dengan baik, Anda akan mulai kesulitan menemukan blog versi lama jika memasukan pencarian dengan search engine apapun. Terkecuali untuk materi pelajaran seperti matematika, tampaknya blogger sekarang ini masih cukup jarang membahasnya.

Melihat hal tersebut, maka sudah bisa ditentukan beberapa informasi tentang apa saja yang kira-kira menyebabkan sebuah blog sudah tidak memiliki trafik lagi.

1. Materi Kurang Diminati

Masalah utama yang menyebabkan kurang lancarnya traffic sebuah blog adalah kontennya yang kurang diminati oleh masyarakat. Semakin tidak menarik isinya, maka semakin sedikit pula kemungkinannya untuk bisa dilirik oleh orang.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengangkat tema-tema populis dengan gaya yang sedikit berbeda. Perbedaan ini bertujuan untuk memberikan karakter pada konten, agar tidak tenggelam dalam ribuan konten atau blog serupa.

2. Muncul Pesaing Baru

Dalam setiap zaman, kompetitor akan selalu muncul. Bahkan, di dalam era globalisasi seperti ini saingannya menjadi jauh lebih berat apabila dibandingkan dengan para pendahulu. Sebab, generasi zaman sekarang memiliki minat dan kreatifitas sangat tinggi.

Tidak hanya itu, perkembangan teknologi juga memberikan dampak yang luar biasa besar, sehingga konten yang dibuat juga semakin menarik dan penuh warna. Oleh sebab itu, konten maupun blog tua lambat-laun akan mulai tenggelam ditelan oleh zaman.

3. Tampilan Kurang Menarik

Mungkin Anda cukup sering mendengar kalimat “don’t judge book from the cover”. Hal tersebut memang benar adanya, tapi tidak 100% benar. Hal yang sama berlaku dalam blog. Jika tampilan blog saat dibuka sudah tidak mengenakan, maka hanya sedikit orang yang akan meluangkan waktunya untuk membaca.

Sebab, masih banyak blog lain yang berisi konten yang tidak jauh berbeda. Akan tetapi, kompetitor mengemasnya dengan sangat bagus dan rapi.

4. Blog Jarang Diurus

Apakah Anda pernah mendengar tentang istilah SEO? Hal tersebut ditujukan untuk membuat sebuah web atau halaman tetap memiliki traffic tinggi selama beberapa waktu tertentu. Tujuannya, semakin banyak orang yang mengunjungi, maka semakin banyak pula pendapatan dari iklan.

Jika blog Anda tidak pernah diurus, maka sudah sewajarnya jika sangat sepi. Meskipun konten yang disediakan berkualitas akademis tinggi. Namun, jika tetap tertumpuk di urutan 20 ke bawah, maka kemungkinan dibacanya akan sangat kecil.

Blog sendiri merupakan media berekspresi melalui tulisan. Namun, jika blog tersebut dirasa sudah tidak laku lagi, maka tidak ada salahnya untuk melakukan penghapusan. Ada banyak sekali cara menghapus konten blogger yang bisa Anda simak di atas serta memberikan banyak manfaat.

Cara Menghapus Blogger dengan Mudah Tanpa Ribet (Terbaru)

Exit mobile version