6+ Cara Transfer dari GoPay ke Beberapa Dompet Digital dan Pembayaran

Cara Transfer dari GoPay – Zaman sekarang siapa yang tidak kenal dengan salah satu layanan GoJek yaitu GoPay. Selain dimanfaatkan sebagai alat pembayaran GoJek, GoPay juga sering digunakan untuk beragam pembayaran. Bahkan ada banyak cara transfer dari GoPay ke dompet lain yang bisa Anda lakukan.

Tentunya dengan keberadaan GoPay ini, semua aktivitas transaksi menjadi lebih mudah dan cepat. Selain itu, layanan transfer ke dompet lain juga memudahkan Anda jika tiba-tiba membutuhkan saldo mendadak.

Beberapa Ketentuan Transfer Saldo GoPay

Beberapa Ketentuan Transfer Saldo Gopay

Perusahaan GoPay memberlakukan beberapa ketentuan sebelum para penggunanya bisa menggunakan fitur transfer. Jadi, jika Anda belum memenuhi ketentuan tersebut, fitur transfer tidak akan bisa digunakan. Berikut ini beberapa ketentuan sebelum Anda transfer saldo GoPay:

  1. Ketentuan pertama yang wajib Anda penuhi adalah status akun GoPay harus sudah Plus. Ada dua jenis akun GoPay yang bisa Anda pilih, yaitu akun biasa dan akun Plus.

Jika ingin menikmati banyak layanan GoPay, maka Anda harus mengupgrade akun menjadi Plus. Syarat untuk meningkatkan akun ke GoPay Plus hanya membutuhkan identitas diri seperti KTP.

  1. Ketentuan selanjutnya yang harus Anda pahami adalah jumlah transfer saldo GoPay. Pada setiap transfer saldo yang Anda lakukan, diberlakukan minimal pengiriman yaitu sebesar Rp000,-.

Sementara itu, tidak ada batasan jumlah maksimal saldo yang Anda kirimkan pada setiap transaksi.

  1. Berikutnya pastikan juga bahwa nomor GoPay tujuan memang benar dan juga sudah aktif terdaftar sebagai dompet GoPay. Pastikan juga nama rekening bank sudah benar dan sesuai tujuan jika ingin transfer ke bank.
  2. Ketentuan yang lain yaitu selalu update aplikasi GoJek, untuk menghindari kesalahan saat menggunakan layanan termasuk layanan pengiriman saldo GoPay.

Mengingat banyak pengguna yang mengeluhkan error saat mengirimkan saldo lewat aplikasi GoJek yang tidak pernah diperbarui.

  1. Hal lainnya, jika Anda mengirimkan saldo kepada orang lain, misalnya ke sesama akun GoPay, ke rekening bank, atau ke dompet digital lain, maka akan dikenakan biaya transaksi sebesar Rp500,-. Namun, biaya ini bisa digratiskan pada saat-saat tertentu saja.
  2. Untuk ketentuan terakhir, pastikan juga jaringan internet Anda berkualitas dan lancar. Dengan demikian, Anda bisa menghindari risiko terjadi masalah selama proses cara transfer dari GoPay.

Cara Transfer dari Gopay

Ada banyak sekali layanan transfer saldo GoPay yang bisa Anda nikmati dan manfaatkan. Anda bisa memilih seperti cara transfer menggunakan GoPay ke sesama GoPay, ke rekening bank, atau ke dompet digital. Untuk cara lengkapnya, perhatikan beberapa penjelasan di bawah ini:

1. Cara Kirim ke Sesama Pengguna GoPay

  • Langkah pertama jika Anda ingin mengirimkan saldo GoPay ke sesama adalah buka saja aplikasi GoJek yang sudah terinstall sebelumnya.
  • Setelah itu, pada halaman pertama di dalam aplikasi GoJek, carilah menu dengan tulisan “Bayar”.

Setelah itu pada halaman pertama di dalam aplikasi GoJek, carilah menu dengan tulisan “Bayar”.

  • Selanjutnya Anda akan masuk ke dalam menu pilihan pembayaran. Ada banyak menu yang bisa Anda pilih, seperti transfer ke nomor telepon, ke rekening bank, dan juga transfer lewat bantuan QR Code.

Jika ingin mentransfer saldo GoPay ke sesama pengguna GoPay, pilih menu “Ke nomor telepon”.

  • Jika sudah Anda pilih, akan muncul kolom berupa nomor telepon penerima saldo GoPay. Pada tahap ini, Anda bisa mengisikan nomor telepon secara langsung ke kolom tersebut.

Selain itu, ada juga pilihan mengirimkan saldo ke nomor yang ada di kontak handphone Anda. Caranya tekan tulisan hijau di bawah kolom dengan isi “Bolehkan akses kontak kamu?”.

Setelah Anda klik menu tersebut, maka langsung muncul deretan list nomor telepon yang ada di dalam handphone. Cari saja nama kontak di handphone Anda yang akan menerima saldo GoPay tersebut.

  • Berikutnya, jika nomor sudah Anda ketik atau sudah ketemu, maka Anda harus mengisikan berapa jumlah saldo GoPay yang akan ditransfer. Masukkan saja nominalnya dan tekan tulisan “Konfirmasi” untuk memulai pengiriman saldo GoPay.

Masukkan saja nominalnya dan tekan tulisan “Konfirmasi” untuk memulai pengiriman saldo GoPay

  • Anda bisa menambahkan beberapa kata pesan yang akan ditampilkan pada informasi transfer saldo ke penerima. Namun, jika tidak terlalu penting, Anda bisa melewati tahapan ini dan mengosongkan kolom pesan.
  • Langkah selanjutnya, Anda diwajibkan mengisi kolom Pin GoPay sebelum proses transfer dilakukan oleh pihak GoPay dan tekan tombol selanjutnya.
  • Setelah itu, proses pengiriman saldo GoPay akan berjalan dan Anda akan menerima pemberitahuan jika saldo sudah terkirim ke penerima.

2. Cara Kirim Ke OVO

  • Tahap pertama bukalah aplikasi GoJek yang biasa Anda pakai sehari-hari.
  • Setelah itu, tekan pada tulisan “Bayar” yang biasanya sudah ditampilkan pada halaman pertama aplikasi GoJek. Jika sudah, maka Anda akan masuk ke dalam sebuah menu pengiriman saldo.

setelah itu tekan pada tulisan “Bayar” yang biasanya sudah ditampilkan pada halaman pertama aplikasi GoJek

  • Langkah selanjutnya tekan pada tulisan menu “Ke rekening bank”. Inilah yang membuat proses cara transfer dari GoPay ke OVO menjadi rumit. Pasalnya, Anda harus lewat perantara bank terlebih dahulu sebelum saldo bisa masuk ke OVO.
  • Pilih tulisan “Transfer instan ke rek. Baru”. Anda harus memilih menu ini agar bisa mencari bank yang akan membantu proses transfer ke akun OVO.
  • Tahap selanjutnya yaitu pada kolom nama bank, tuliskan “Bank Nobu” atau Bank “Nationalnobu”. Cobalah salah satu sampai nama bank tersebut ditampilkan pada halaman aplikasi.

Lalu tahap selanjutnya yaitu pada kolom nama bank, tuliskan “Bank Nobu” atau Bank “Nationalnobu”

  • Ketika nama Bank Nobu sudah muncul, langsung saja klik pada tulisan “Bank Nobu” untuk menambahkan alamat akun OVO sebagai tujuan transfer.
  • Masukkan beberapa kolom sesuai dengan data akun OVO tujuan. Pada nomor rekening, Anda harus memasukkan nomor OVO tujuan dengan awalan menggunakan kode angka “9”.

Jadi, contohnya seperti “9081259123567”. Tanpa menggunakan kode angka tersebut, proses transfer saldo yang Anda lakukan akan mengalami kegagalan. Setelah itu, jika sudah Anda isi dengan benar, tekan tulisan “Simpan

  • Langkah selanjutnya tekan pada nomor rekening berupa nomor akun OVO tadi dan isi kolom nominal jumlah transfer yang akan Anda lakukan.
  • Setelah itu, tinjau kembali semua data akun OVO sebagai penerima saldo. Mengingat cara transfer ke OVO sangat berbeda dengan yang lainnya, jadi pastikan semua data sudah benar untuk menghindari kesalahan.
  • Jika sudah merasa benar semua, maka langkah selanjutnya Anda harus menekan tulisan “Konfirmasi” yang ada di bagian bawah.
  • Masukkan juga nomor Pin GoPay yang sebelumnya sudah Anda simpan untuk memulai proses transfer saldo. Tunggulah beberapa menit karena proses pengiriman membutuhkan waktu. Jika saldo GoPay Anda berkurang dan ada pemberitahuan sukses, maka pengiriman sudah berhasil.

3. Cara Kirim ke ShopeePay

  • Anda bisa masuk ke aplikasi Shopee dan lakukan Top Up lewat bank transfer dan pilih lewat “Bank Mandiri”. Setelah itu, Anda akan menerima kombinasi angka Virtual Account. Nantinya kombinasi angka ini akan Anda masukkan ke dalam nomor tujuan pada GoPay

Setelah itu Anda akan menerima kombinasi angka Virtual Account

  • Selanjutnya Anda harus membuka aplikasi GoJek untuk bisa menggunakan layanan dompet GoPay.
  • Pada halaman pertama aplikasi GoJek, Anda akan melihat banyak sekali menu. Anda bisa memilih menu dengan tulisan “Bayar” untuk mentransfer saldo GoJek ke ShopeePay.

Selain itu, Anda bisa juga menggunakan menu “Lainnya” dan pilih menu yang bertuliskan “Tarik”. Pada dasarnya antara kedua menu tersebut sama-sama bertujuan mengirimkan saldo ke ShopeePay. Jadi, Anda bisa memilih salah satu menu tersebut.

  • Saat Anda sudah mengetuk salah satu, maka akan berada di halaman pilihan cara transfer. Pilih saja cara transfer “Ke rekening bank” jika ingin mengirimkan ke ShopeePay.
  • Setelah itu, akan muncul sebuah menu yang mana Anda wajib memilih salah satu bank tujuan transfer saldo GoPay. Saat berada di menu ini, tekan tulisan “Transfer instan ke rek. baru” untuk menambahkan alamat tujuan transfer yang baru.
  • Namun, jika Anda sudah pernah melakukan pengiriman saldo ke alamat yang sama, maka bisa memilih beberapa daftar alamat tujuan yang sudah tertera tanpa perlu mencari lagi.
  • Selanjutnya, carilah bank dengan nama sesuai dengan pilihan bank yang Anda lakukan pada aplikasi Shopee tadi dan klik pada nama bank tersebut.
  • Nah, setelah itu isikan beberapa informasi yang dibutuhkan untuk mengirimkan saldo GoPay. Anda harus mengisi jumlah transfer, kode bank, dan juga nomor rekening.

Kemudian isikan beberapa informasi yang dibutuhkan untuk mengirimkan saldo GoPay

  • Salinlah kombinasi angka Virtual Account dari ShopeePay tadi ke kolom nomor rekening dan terakhir tekan “Simpan”.
  • Masukkan berapa jumlah saldo GoPay yang ingin Anda kirimkan ke ShopeePay dan pilih nomor rekening yang sudah ditambahkan tadi.
  • Langkah selanjutnya tekan tombol “Tarik” yang ada di bagian bawah dan tekan “Konfirmasi”.
  • Masukkan juga Pin GoPay untuk melanjutkan transfer saldo ke ShopeePay. Jika sudah, maka proses transfer akan dimulai dan Anda harus menunggu beberapa saat.

Biasanya tidak begitu lama dan akan ada pemberitahuan mengenai status transfer saldo. Cek juga ke akun ShopeePay apakah sudah bertambah atau belum.

4. Cara Kirim ke DANA

  • Tahap pertama tentunya Anda harus memiliki aplikasi dan akun GoJek dan bukalah aplikasi tersebut.
  • Setelah itu, Anda harus mencari menu transfer yaitu tulisan “Bayar”. Jika Anda tekan tulisan itu, maka akan ditampilkan beberapa pilihan, seperti transfer ke sesama GoPay, lewat kode QR, dan transfer ke rekening bank.

Setelah itu Anda harus mencari menu transfer yaitu tulisan “Bayar”

Untuk transfer ke akun DANA, Anda harus memilih tulisan “Ke rekening bank”. Pasalnya, sangat tidak memungkinkan apabila transfer langsung ke nomor akun DANA.

  • Saat menu transfer ke rekening bank sudah Anda tekan, tahap selanjutnya pilih “Transfer instan ke rekening baru”. Pada saat menu itu Anda klik, maka muncul banyak sekali daftar bank yang tersedia.

Saat menu transfer ke rekening bank sudah Anda tekan, tahap selanjutnya pilih “Transfer instan ke rekening baru”

Cara transfer dari GoPay ke DANA Anda harus memilih “Bank CIMB Niaga”. Cari di kolom pencarian dan tekan pilihan CIMB Niaga yang tersedia.

  • Langkah berikutnya akan muncul beberapa kolom yang wajib diisi terkait dengan data penerima saldo GoPay. Perhatikan dengan baik, pada nomor rekening CIMB Niaga, masukkan kode awal 8059 dan diikuti oleh nomor akun DANA penerima. Contohnya 8059081259123456.
  • Jika beberapa langkah penting di atas sudah Anda lakukan, tekan tulisan “Verifikasi” yang ada di bagian bawah dan tunggu sampai detail alamat penerima bisa ditampilkan. Klik tombol bertuliskan “Simpan” untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya.
  • Pada perintah selanjutnya, ada kolom jumlah saldo yang ingin Anda kirimkan ke akun DANA dari GoPay. Isi sesuai dengan selera dan tekan tulisan di bawah “Tarik” atau “Withdraw”. Anda juga diwajibkan untuk menginput kode Pin GoPay sebagai konfirmasi terakhir dan transaksi diproses.
  • Tunggu sampai beberapa menit kedepan. Jika sudah ada pemberitahuan sukses, maka proses transfer sudah berhasil. Konfirmasi lagi ke pihak penerima apakah saldo GoPay sudah masuk ke akun DANA mereka atau belum.

5. Cara Kirim Lewat Kode QR

Saat ini GoPay juga menawarkan sebuah metode pembayaran instan yang sangat cepat dan sederhana melalui fitur kode QR. Layanan ini juga yang membuat jumlah pengguna GoPay terus bertambah, karena lebih efektif dan efisien.

Anda bisa memanfaatkan layanan ini untuk berbagai macam pembayaran dan transfer di gerai-gerai yang menyediakan metode pembayaran GoPay.

Hanya dengan memanfaatkan kode QR, Anda tidak perlu lagi mengisikan kode-kode secara manual. Berikut ini caranya:

  • Pertama tanyakan dulu ke pihak pemilik gerai toko mengenai jumlah total pembayaran. Katakan bahwa Anda akan membayarkan jumlah itu dengan menggunakan saldo GoPay. Nantinya Anda akan mentransfer saldo GoPay ke pihak pemilik gerai toko tersebut lewat kode QR.
  • Setelah itu, bukalah aplikasi GoJek yang ada di smartphone Anda.
  • Langkah selanjutnya pada tampilan pertama aplikasi GoJek, cari tulisan “Bayar”. Secara umum langkah ini sama saja dengan cara transfer dari GoPay ke beberapa dompet digital sebelumnya. Perbedaanya Anda harus memilih scan QR yang langsung ditampilkan pada menu Bayar.

Lalu langkah selanjutnya pada tampilan pertama aplikasi GoJek, cari tulisan “Bayar”

  • Arahkan kamera smartphone ke kode QR yang diberikan oleh gerai toko tersebut dan biarkan aplikasi GoJek melakukan scan terhadap kode QR itu.

Arahkan kamera smartphone ke kode QR yang diberikan oleh gerai toko tersebut dan biarkan aplikasi GoJek melakukan scan terhadap kode QR itu

  • Berikutnya, masukkan sejumlah nominal uang yang harus Anda kirimkan dan tekan tombol “Konfirmasi & Bayar”.
  • Terakhir, masukkan Pin GoPay dan transfer untuk pembayaran akan diproses.

6. Cara Kirim ke Rekening Bank

Sebelum Anda mengirimkan saldo GoPay untuk dicairkan lewat rekening bank, maka harus menambahkan dulu bank tujuan. Berikut ini caranya:

  • Pertama masuklah ke dalam aplikasi GoJek dan pada halaman pertama di bagian atas cari menu dengan tulisan “Bayar”.
  • Setelah itu, Anda akan masuk ke menu-menu cara pengiriman saldo GoPay ke banyak tujuan. Cari tulisan “Ke rekening bank” jika Anda ingin mengirimkan saldo GoPay tersebut ke rekening bank.
  • Selanjutnya, pilih menu “Transfer instan ke rekening baru” dan Anda bisa memilih beberapa menu bank yang menjadi tujuan pengiriman saldo GoPay. Pilih sesuai rekening bank yang Anda miliki.

Kemudian pilih menu “Transfer instan ke rekening baru” dan Anda bisa memilih beberapa menu bank yang menjadi tujuan pengiriman saldo GoPay

  • Tahap selanjutnya, Anda harus mengisikan kolom rekening bank dengan nomor rekening tujuan yang baru.
  • Pilih nama pemilik rekening yang biasanya akan muncul secara otomatis dan selanjutnya tekan tombol “Lanjut”.
  • Setelah melewati beberapa langkah di atas, Anda harus menuliskan berapa jumlah saldo GoPay yang ingin dikirimkan ke rekening bank. Ingat bahwa batas minimal pengiriman adalah Rp000,- dan tidak ada batas maksimal pengiriman saldo.

Setelah melewati beberapa langkah di atas, Anda harus menuliskan berapa jumlah saldo GoPay yang ingin dikirimkan ke rekening bank

Selain itu, jangan lupa juga untuk menyiapkan biaya transaksi yang dibebankan sebesar Rp2.500,-. Jadi, pastikan dulu bahwa saldo GoPay Anda tersisa paling tidak Rp2.500,- setelah dikurangi nominal saldo yang akan dikirimkan.

  • Jika semua data sudah benar, tekan tombol “Konfirmasi” yang tersedia.
  • Berikutnya Anda perlu memasukkan Pin GoPay yang Anda miliki pada kolom yang muncul dan tekan tombol yang tepat berada di bawahnya. Jika Pin GoPay Anda benar, maka pengiriman saldo akan langsung berhasil. Namun, jika gagal berarti Pin GoPay yang Anda masukkan salah.

GoPay menjadi dompet digital yang memiliki banyak sekali manfaat untuk aktivitas sehari-hari. Apalagi dengan mentehaui cara transfer dari GoPay ke beberapa tujuan di atas, Anda tidak perlu lagi bingung jika melakukan pengiriman saldo.

6+ Cara Transfer dari GoPay ke Beberapa Dompet Digital dan Pembayaran

Advertisements

Add Comment