4+ Contoh Daftar Pustaka Dan Penulisannya Yang Paling Tepat Sekolahnesia

4+ Contoh Daftar Pustaka Dan Penulisannya Yang Paling Tepat

contoh daftar pustaka – Apakah Anda saat ini tengah mencari contoh daftar pustaka? Tidak perlu khawatir, karena kali ini penulis akan sajikan beberapa contoh serta cara penulisannya.

Apa itu daftar pustaka?

Apa itu daftar pustaka

Berbicara mengenai daftar pustaka tentu tidak lepas dari karya tulis ilmiah. Hal ini berkaitan dengan jenis tulisan tersebut yang wajib melampirkan daftar pustaka di dalamnya. Daftar pustaka sendiri dikenal sebagai daftar dari buku atau sumber tulisan lain yang digunakan dalam karya tulis tersebut.

Merujuk pada hal tersebut, daftar pustaka pun kemudian dikenal dengan sebutan lainnya. Seperti halnya sumber rujukan, pranala, referensi  hingga sumber pustaka. Selain itu, untuk penempatannya sendiri, daftar pustaka umumnya ditempatkan di bagian atau halaman akhir dari karya tulis.

Contoh Daftar Pustaka “Tujuan dari penulisan daftar pustaka”

Contoh Daftar Pustaka "Tujuan dari penulisan daftar pustaka"

Penulisan daftar pustaka hadir dengan beberapa tujuan. Salah satu diantaranya adalah untuk menguatkan karya tulis ilmiah yang telah dibuat. Karena itulah ketika mengutip tulisan, maka pastikan untuk menuliskan sumber yang dimilikinya.

Selain tujuan tersebut, penulisan daftar pustaka juga memiliki tujuan lain. Seperti halnya menghindari tuduhan penjiplakan atau plagiat. Kemudian juga untuk menghargai penulis lain yang Anda jadikan sebagai acuan atau sumber penulisan itu tadi.

Dengan adanya daftar pustaka, para pembaca juga dapat mengetahui dengan pasti mengenai kebenaran dari karya tulis ilmiah tersebut. Bahkan pembaca juga dapat menggali informasi lebih dalam mengenali sumber utama atas penulisan karya ilmiah tersebut.

Cara penulisan daftar pustaka dengan tepat

Cara penulisan daftar pustaka dengan tepat

  1. Cara menulis daftar pustaka dari buku

Untuk penulisan daftar pustaka dari buku umumnya dilakukan dengan menuliskan nama penulis, tahun terbit, judul buku, tempat terbit hingga nama penerbit. Berikut contoh daftar pustaka :

Hirata, Andrea. (2006). Sang Pemimpi. Bandung: Bintang.

 

  1. Cara menulis daftar pustaka dari artikel, baik itu artikel majalah, koran atau bahkan jurnal

Untuk daftar pustaka yang diambil dari artikel majalah, jurnal dan lainnya memiliki urutan sebagai berikut :

Nama belakang penulis atau inisial, tahun terbit, judul artikel dalam jurnal. Kemudian nama jurnal serta volumenya yang ditulis dalam format italic dan terakhir halaman.

Berikut contoh daftar pustaka dari jurnal :

Tie, W. (2016). Japanese Idol in Trans-Cultural Reception: the case of Idol Group AKB48, 3(5), 60-63.

 

  1. Cara menulis daftar pustaka dari sumber data karya ilmiah, seperti skripsi, tesis, disertasi dan lainnya

Untuk daftar pustaka dari karya ilmiah, umumnya dibuat dengan urutan nama belakang serta inisial penulis. Tahun pembuatan tesis, kemudian judul karya ilmiah yang ditulis dalam bentuk italic. Setelah itu baru Award, kemudian institusi serta tahunnya.

Selain itu, jika Anda mendapatkan sumber tersebut dari sistem online. Tentunya Anda pun wajib mencantumkan kata ‘diakses dari’. Setelah itu masukkan pula alamat url yang Anda tuju.

Berikut contoh daftar pustaka sari internet :

Oktavianie, Anisya. (2022). Simbol Perempuan Dalam Kehidupan Sehari-hari. (Disertasi Doktoral, Harvard University, 2023) Diakses dari http://harvard.library.uk.edu.3010992

 

  1. Cara menulis daftar pustaka dari website /internet

Untuk Anda yang membuat daftar pustaka dari halaman web tertentu. Tentunya urutan daftar pustaka yang harus dibuat pun terdiri dari :

Nama penulis halaman web tersebut, tahun halaman dibuat atau revisi. Kemudian judul halaman dengan bentuk tulisan italic. Bagian paling akhir adalah tanggal akses, baik itu hari bulan atau bahkan tahun.

Berikut contohnya :

Oktavianie, A. (2012). Kumpulan Soal Ujian. Diakses pada 7 Februari 2020, dari http://www.oktavianiesya.blogspot.com

 

Demikianlah kiranya beberapa contoh daftar pustaka yang dapat Anda jadikan sebagai patokan.

4+ Contoh Daftar Pustaka Dan Penulisannya Yang Paling Tepat

Advertisements

Leave a Reply