15 Contoh Teks Berita Singkat Berbagai Tema (5W+1H) 1

15 Contoh Teks Berita Singkat Berbagai Tema (5W+1H)

Contoh Teks Berita – Teks berita merupakan sebuah narasi berisi laporan mengenai suatu kejadian maupun peristiwa faktual yang tengah atau sudah berlangsung. Karenanya, informasi yang terkandung dalam wacana teks berita haruslah berdasarkan fakta serta jelas sumbernya. Untuk lebih memahinya, simak beberapa contoh teks berita di bawah ini agar Anda lebih memahami maknanya.

Syarat Teks Berita

Syarat Teks Berita

Pada dasarnya teks berita haruslah berupa fakta baik yang ditulis, disiarkan, ditayangkan, maupun diunggah di media. Meski begitu, tidak semua fakta merupakan berita. Suatu kabar baru bisa dinyatakan sebagai berita ketika memenuhi beberapa persyaratan; faktual, aktual, seimbang, lengkap, menarik, serta sistematis.

Suatu berita harus memenuhi kaidah 5W+1H dan disampaikan sesegera mungkin agar dapat diterima masyarakat. Untuk lebih jelasnya, silahkan contoh-contoh teks berita dari berbagai bidang di bawah ini.

Contoh Teks Berita tentang Banjir

Contoh Teks Berita tentang Banjir

Banjir seakan menjadi agenda tahunan bagi beberapa wilayah di Indonesia. Tak hanya ibukota Jakarta saja, daerah lain pun kerap terendam air pada ketinggian tertentu hingga menghambat masyarakat dalam melakukan aktivitasnya. Baru-baru ini banjir juga terjadi di Sumatera Utara, untuk menjadi teks berita, Anda bisa menyusunnya seperti ini.

Limapuluh Kota Sumatera Barat Terendam, 187 Warga Memilih Mengungsi

Baru-baru ini Kabupaten Limapuluh Kota, salah satu daerah di Sumatera Barat terendam banjir hingga mengakibatkan 187 warga di daerah tersebut memilih mengungsi. Para pengungsi kebanyakan berasal dari dua kecamatan, yakni kecamatan Harau dan Lareh Sago Halaban. Sejauh ini, pengungsian dipusatkan di tenda penampungan yang disediakan oleh BPBD.

Jumlah pengungsi ini terdiri dari 63 warga berasal dari Desa Nagari dan Desa Taram. Sementara sisanya berasal dari Kecamatan Lareh Sago Halaban, dengan rincian 68 pengungsi dari Bukik Sikumpua, 48 pengungsi dari Balai Panjang, serta 8 pengungsi dari Nagari Batu Payuang.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat telah menetapkan dan memperingatkan warga akan status tanggap darurat untuk kemungkinan banjir dan longsor. Status ini ditetapkan selama tujuh hari sejak disiarkan pada Selasa, 10/12/2019 lalu.

Baca juga : Contoh Teks Editorial (Paling Lengkap)
[/su_note]

Contoh Teks Berita Kekeringan

Contoh Teks Berita Kekeringan

Musim kemarau yang tak kunjung pergi membuat banyak daerah mengalami kekeringan. Hal ini tentu juga memberi dampak pada kemaslahatan hajat orang banyak, terutama petani yang terancam gagal menanam padi. Hal ini sempat menjadi isu nasional dan diusung dalam sebuah headline di salah satu media nasional. Berikut contohnya,

Kemarau Panjang, Indonesia Siaga Kekeringan

Kelangkaan air bersih mulai menjadi makanan sehari-hari yang harus dihadapi ratusan warga perumahan Pesona Serpong, Setu, Tangerang Selatan, Banten. Hujan yang tak kunjung mengguyur menjadi alasan semua sumber air di daerah tersebut mengering. Bahkan beberapa memilih untuk tak mandi lantaran air bantuan pemerintah dialihkan untuk kebutuhan pokok yang lebih urgent.

Pada Jumat, 23/8/2019 lalu, Rita Rosita selaku Kepala Bidang Humas BNPB menyatakan bahwa beberapa wilayah yang serius mengalami kekeringan berada di Jawa (DIY, Jatim, Jateng, dan Jabar), Bali, Nusa Tenggara Barat, serta Nusa Tenggara Timur.

BNPB telah melakukan beberapa langkah untuk mendistribusikan bantuan air bersih ke daerah-daerah siaga kekeringan tersebut. Selain menggalang kerjasama dengan Dinas PDAM dan Dinas PU, BNPB juga menggelontorkan beberapa bantuan tempat penampungan air dan kemungkinan rencana pembuatan sumur bor.

Meski demikian, langkah ini tampaknya masih jauh dari pemenuhan kebutuhan masyarakat akan air bersih. Karenanya, sembari menghimbau masyarakat untuk lebih menghemat penggunaan air yang ada, BNPB juga sedang mempertimbangkan opsi menggunakan teknologi modifikasi cuaca (TMC) sebagai langkah final.

Contoh Teks Berita tentang Pendidikan

Contoh Teks Berita tentang Pendidikan

Dunia pendidikan selalu menjadi topik yang menarik untuk diulas. Terlebih, pasca Nadiem Makarim resmi menjadi menteri pendidikan di masa pemerintahan Jokowi. Tak berselang lama dari masa kepemimpinannya, Nadiem melakukan gebrakan yang kontroversial dengan rencana penghapusan Ujian Nasional yang selama ini menjadi tolok ukur kelulusan. Berikut contoh teks berita tentang pendidikan;

Menyoal Penghapusan Ujian Nasional, Begini Kata Mendikbud Nadiem Makarim

Wacana mengenai peghapusan Ujian Nasional (UN) muncul usai kedatangan Mendikbud pada rapat Komisi X DPR untuk membahas program kerja Rabu, 6/11/2019. Beberapa waktu terakhir, wacana ini terus dikaji dan dicapai kesimpulan bahwa UN 2020 nanti merupakan penyelenggaraan UN terakhir. Di 2021, sistem kelulusan akan digantikan oleh Assesmen Kompetensi Minimum serta Survei Karakter.

Dilansir berbagai sumber, Mendikbud mengemukakan berbagai alasan terkait penghapusan tersebut pada Rabu, 11/12/2019 lalu. Pertama, penyelenggaraan UN akan digantikan Asesmen Kompetensi Minimum serta Survei Karakter. Di titik ini, siswa akan diuji kemampuan bernalar dengan literasi dan juga bernalar menggunakan numerasi, serta penguatan dalam hal pendidikan karakter.

Kedua, UN cenderung diasosiasikan sebagai beban bagi guru dan orang tua serta tak bisa secara utuh mengukur keberhasilan seorang siswa sebagai individu. Ketiga, momen UN merupakan momok menyeramkan bagi anak sehingga menimbulkan tekanan. Keempat, wacana ini telah mendapat dukungan penuh dari Presiden Jokowi.

Contoh Teks Berita Ekonomi

Contoh Teks Berita Ekonomi

Perekonomian Indonesia juga tak kalah menjadi pusat perhatian bagi banyak kalangan. Hal ini wajar mengingat semua kebijakan fiskal bersumber pada bidang ini. Terlebih, tahun ini Menteri Keuangan Indonesia, Sri Mulyani, sempat mengakui penurunan angka pertumbuhan ekonomi di masa jabatannya. Nah, contoh teks yang memuat berita tentang ekonomi bisa Anda simak di contoh ini.

Wamenkeu Ramal Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 5,05 Persen Hingga Akhir Tahun

Di tengah semrawutnya pasar global saat ini, Indonesia menyandarkan 60 persen pendapatan dari ekonomi domestik. Padahal, Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara menyatakan bahwa hal ini patut diwaspadai dengan kondisi dunia yang masih tak menentu, tepatnya pada Rabu, 4/12/2019 lalu.

Sejauh ini pertumbuhan ekonomi mencapai 5,02 persen hingga kuartal ke-III. Hal ini patut diapresiasi mengingat kondisi pasar global yang memang penuh tantangan. Walaupun jika dibandingkan dengan angka pertumbuhan di tahun lalu pada kuartal yang sama, hal ini berarti sebuah penurunan. Namun, semuanya dianggap sebagai sebuah kewajaran lantaran penurunan tersebut masih kecil dibandingkan negara lain.

Suahasil bahkan memprediksi di akhir tahun nanti pertumbuhan akan meningkat di angka 5,05 persen. Ia tetap optimis dengan mempertimbangkan stabilitas inflasi yang stagnan di angka 3 persen dan tren kemiskinan serta pengangguran yang berangsur turun.

Contoh Teks Berita Eksplanasi

Contoh Teks Berita Eksplanasi

Tak hanya soal perkembangan ekonomi, pendidikan, atau tatanan berkenegaraan, teks berita bisa juga berwujud eksplanasi. Berita jenis ini memberikan ulasan dan pengetahuan kepada publik perihal suatu hal. Bisa eksplanasi peristiwa, tata cara, pengertian akan suatu hal, hingga kejadian alam. Berikut ini adalah salah satu contoh teks berita eksplanasi mengenai tsunami.

Tsunami, Pengertian dan Seluk Beluknya

Tsunami merupakan kombinasi kata yang berasal dari bahasa Jepang, yakni ‘tsu’ artinya pelauhan dan ‘nami; yang artinya gelombang. Umumnya para ilmuwan dan ahli menginterpretasikannya sebagai tidal wave (gelombang pasang), beberapa menyebutnya dengan seismic sea waves (gelombang laut akibat gempa).

Lebih mudahnya, tsunami merupakan sekumpulan gelombang laut besar yang datang secara mendadak dalam kecepatan tinggi ke kawasan pantai. Hal ini bisa dilatar belakangi karena adanya aktifitas gunung berapi maupun adanya gempa di bawah laut.

Tsunami terbentuk ketika gempa terjadi yang mengakibatkan dasar laut naik sepanjang patahan yang terbentuk. Karenanya, tsunami yang besar merupakan hasil dari patahan gelombang yang besar. Ketika air telah mengalami surut, maka saat itulah terbentuk gelombang tsunami yang besar.

Selain hal di atas, tsunami juga dapat terbentuk secara vulkanis akibat terjadinya letusan gunung berapi yang ada di dasar laut. Biasanya letusan ini diakibatkan karena tingginya pergerakan air laut maupun pergerakan perairan yang berada di dekatnya. Tinggi gelombang tsunami biasanya 50 hingga 100 meter dan menyapu segala arah.

[/su_note]

Contoh Teks Berita Singkat tentang Kecelakaan

Contoh Teks Berita Singkat tentang Kecelakaan

Terkadang ada peristiwa kecelakaan yang tertangkap kamera dan bisa menjadi bahan berita. Namun, harus dipastikan dulu kebenaran terjadinya kecelakaan tersebut dengan memenuhi kaidah 5W+1H. Mengolah peristiwa dan penjabaran yang panjang dalam sebuah teks berita singkat pun tentu memiliki tingkat kesulitan tertentu. Berikut ini salah satu contoh teks singkat mengenai peristiwa kecelakaan.

Kecelakaan Beruntun 3 Kendaraan Memakan Korban 2 Pelajar SMP

Kecelakaan beruntun pada jalur Jombang-Lamongan pada Kamis, 12/12/2019, memakan korban luka sebanyak 4 orang. Kecelakaan tersebut melibatkan mobil penumpang, mobil pikap, serta sebuah sepeda motor.

Kecelakaan bermula ketika pikap Mitsubisi L300 bernopol L 8740 LV yang dikemudikan oleh Ranggin (41) dan kernet Nasum (60) melaju dari Lamongan ke Jomblang. Saat tengah membelok di tikungan Dusun Klubuk, Sukodadi, Kabuh, Jomblang, pikap terlalu melebar ke kanan hingga masuk jalur lawan.

Pikap lalu menabrak sepeda motor Beat bernopol S 5624 OR yang dikendarai Rivaldi (14) dan M. Hafiz (13). Pikap kemudian terhenti ketika telah menabrak Toyota Kijang inova dengan nopol L 1573 KD dikemudikan Kristian (40) dari arah berlawanan.

Contoh Teks Berita Infotainment

Contoh Teks Berita Infotainment

Meski bukan kabar yang mempengaruhi kehidupan seseorang secara masif, namun keberadaan informasi dan berita seputar infotainment menjadi sesuatu yang banyak ditunggu orang. Untuk mengetahui lebih jelas berikut contoh berita infotainment.

Rapper Juice WRLD Meninggal Setelah Ditemukan Kejang di Bandara

Minggu, 8/12/2019, pelantun lagu Lucid Dreams ditemukan meninggal dunia setelah mengalami kejang di Bandara Midway Chicago. Pria yang sempat berkolaborasi dengan BTS ini baru saja tiba setelah turun dari penerbangan di California di hari yang sama. Kondisi pria bernama asli Jarad Anthony Higgins ini masih sadarkan diri ketika dalam perjalanan, namun segera menghembuskan nafas terakhir saat berada di RS.

Kabar duka tersebut disampaikan langsung di twitter melalui pihak label yang menaunginya yakni Interscope Records. Hingga detik ini belum ditemukan alasan pasti penyebab kejang yang mengakibatkan meninggalnya pelantun Lucid Dreams ini.

Contoh Teks Berita Editorial

Contoh Teks Berita Editorial

Editorial atau tajuk rencana merupakan teks berita berupa rubrik di surat kabar yang memuat tentang pandangan redaksi pada suatu kasus/ peristira yang tengah hangat menjadi pembicaraan di media tersebut. Salah satu contoh berita editorial dapat Anda telusuri pada contoh di bawah ini.

Kasus Harley dan Korupsi di Baliknya

Kasus penyelundupan Harley dengan pesawat Garuda Indonesia sukses menyita perhatian khalayak dan membuat terhenyak. Kasus ini makin menjadi bulan-bulanan lantaran didalangi langsung oleh dirut maskapai tersebut. Tentu ini bukan sekedar penyelundupan biasa lantaran sejumlah direksi dinilai ambil bagian hingga terindikasi melakukan penyalahgunaan jabatan.

Ari Askhara, dirut PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, dianggap menyalahgunakan kewenangannya untuk menyelundupkan barang mewah tersebut. Diperkirakan negara menanggung kerugian hingga 1,5 miliar.

Berdasar Pasal 102 UU No. 17 Tahun 2006 Kepabeanan, pelaku yang menyelundupkan barang impor terancam mendapat saksi berupa pidana paling sediit 1 tahun, paling lama 10 tahun dan atau denda minimal 50 juta, maksimal 5 miliar. Jika tersangka yang terjerat merupakan seorang pejabat, pidana terancam ditambah sepertiga.

Menilik kasus ini, bukan tak mungkin ada kasus serupa yang lebih menghenyakkan. Namun, langkah pemerintah dalam mewujudkan komitmennya memerangi korupsi memang patut diapresiasi. Karena mungkin banyak kasus dan kroni lain yang harus diperangi.

Penyalahgunaan yang dilakukan Ari Ashkara merupakan sebuah pelanggaran oleh penyelenggara negara. Kasus ini hendaknya dilimpahkan pada KPK atas amanat wewenang dalam UU No 19 Tahun 2019 mengenai KPK dalam Pasal 11. Jadikan momentum ini sebagai awal bersih-bersih BUMN dari jerat KKN.

Contoh Teks Berita Feature Kuliner

Contoh Teks Berita Feature Kuliner

Dalam beberapa kesempatan, ulasan mengenai suatu kuliner kadang muncul di beberapa media masa. Nah, inilah yang dikategorikan dalam teks berita feature kuliner. Jika masih bingung seperti apa wujudnya, simak ulasan berikut.

Geseng Basong, Kuliner Lezat Asli Banyuwangi

Setelah beberapa waktu lalu menjadi perhatian publik dengan gelaran acara Arabian Street Food (Arafo), kini Banyuwangi kembali menghadirkan ikon kuliner baru berupa Pasar Wit-Witan. Bertempat di Desa Alasmalang, Singojuruh, pasar wisata ini mempopulerkan menu geseng bangsong.

Menu geseng bangsong berasal dari olahan entok khas daerah Singojuruh. Kuliner ini sebenarnya berasal dari Dusun Wijenan Kidul, Singolteran, Singojuruh, Banyuwangi. Biasanya geseng basong disajikan saat memperingati momen-momen keagamaan bagi pemeluk Islam. Mulai dari Maulid Nabi, Hari Raya Idul Adha, hingga Hari Raya Idul Fitri.

Bertempat di kawasan penuh pepohonan, Pasar Wit-Witan dibuka setiap Minggu pagi dari pukul 06.00 hingga 10.00 WIB. Wadah yang digunakan oleh pedagang pun semua berbau tradisional. Hal ini memang merupakan wujud komitmen panitia dan pedagang untuk menggunakan alat dan wadah non plastik.

Contoh Teks Berita Arus Lalu Lintas

Contoh Teks Berita Arus Lalu Lintas

Berita terkini mengenai perkembangan arus lalu lintas juga penting untuk dikabarkan lantaran hal ini juga menyangkut kepentingan orang banyak. Utamanya bagi pengguna jalan yang bersangkutan. Informasi arus lalu lintas juga akan semakin dibutuhkan saat momen libur nasional, lebaran, atau momen perbaikan jalan. Berikut contohnya.

Pengerjaan Proyek LRT Cawang-Dukuh Atas, Lalu Lintas Menuju Semanggi Terpaksa Dialihkan

Mulai dikerjakannya proyek LRT Cawang-Dukuh Atas, polisi mulai turun dan melakukan rekayasa lalu lintas di beberapa titik. Rekayasa tersebut berpusat di sekitaran Landmark Tower hingga tenggat waktu 1 tahun ke depan, mulai 3 Desember 2019 hingga 31 Desember 2020.

Pengalihan ini melibatkan lalu lintas dari Manggarai menuju Semanggi dipindahkan melalui Jalan Galunggung. Putar balik yang biasa dilakukan dari arah Selatan (Semanggi) kini juga telah dilarang, pengendara diarahkan untuk berputar pada Bundaran HI. Lalu lintas dari Karet menuju Semanggi juga dialihkan melalui Jalan Margono Djoyokusumo sampai Jalan Jenderal Sudirman.

Sementara itu, lalu lintas dari Bundaran HI menuju Karet dilarang berbelok kiri menuju turunan Landmark. Pengguna dialihkan agar berputar di Simpang Susun Semanggi. Begitu pula lalu lintas uang hendak berputar arah di Bundaran HI dari utara, memutar ke utara Bundaran HI lagi, dialihkan agar berputar di Simpang Susun Semanggi.

Contoh Teks Berita Gempa

Contoh Teks Berita Gempa

Posisi Indonesia yang berada di atas patahan lempeng bumi menjadikannya sebagai sasaran empuk terjadinya gempa. Hal ini merupakan salah satu peristiwa alam yang seringdikabarkan melalui berita di media agar informasinya menyebar. Salah satu teks berita gempa yang belum lama dilansir adalah seperti contoh berikut.

Labuha Maluku Utara Diguncang Gempa 5,3 SR

Labuha, Maluku Utara baru saja diguncang gempa sebesar 5,3 SR pada Sabtu (14/12/2019) pukul 00.04 tadi. Gempa yang berada di titik koordinat 0,84 LS hingga 127,90 BT ini tidak berpotensi tsunami.

BMKG menyatakan bahwa pusat gempa berada sejauh 49 kilometer di sebelah tenggara Labuha, Maluku Utara. Meski pusat gempa ada di laut sedalam 10 km, gempa ini dinilai tidak berpotensi tsunami. Sejauh ini, belum diketahui seberapa parah efek dan kerusakan yang ditimbulkan oleh gempa ini.

Contoh Teks Berita Inspiratif

Contoh Teks Berita Inspiratif

Kisah-kisah inspiratif kerap kali dibagikan dalam teks berita untuk menginspirasi dan memotivasi masyarakat. Hal semacam ini bisa menjadi cara yang efektif untuk mengedukasi masyarakat secara tidak langsung, berikut contohnya.

Curhatan Pesepakbola Muda Pasca Diamputasi Banjir Dukungan Netizen

Sempat bergabung dengan Klub Persib U-17, sosok Aditya belakangan ini banjir pujian usai tulisannya yang menginspirasi viral di media sosial. Cuitan yang disampaikan melalui twitter @adityaarms ini menceritakan kisahnya yang bermimpi menjadi pemain sepak bola profesional hingga harus kehilangan kakinya.

Twit yang diunggah pada 30 November 2019 lalu tersebut telah mendapat like sebanyak 28 ribu pengguna dan dibagikan hingga 11 ribu kali. Aditya bercerita perihal cederanya yang berawal dari benturan dengan kiper lawan di tahun 2017 silam. Cedera ini mengakibatkan Aditya mengalami patah tulang.

Merasakan cedera selama lebih dari 2 tahun lamanya, Aditya akhirnya memilih untuk mengikuti saran dokter agar mengamputasi kakinya. Hal ini karena kekhawatiran jaringan tubuh yang lain ikut rusak jika Aditya tetap bersikukuh mempertahankan kakinya.

Namun, kejadian ini tak mengurungkan niatnya untuk meraih mimpi menjadi pemain bola. Atas dukungan keluarga dan teman serta semangatnya, Aditya kini bisa bergabung dalam Indonesia Amputee Footbal (INAF). Meski hanya dengan satu kaki, Aditya yakin bisa membawa pulang piala di pertandingan Piala Asia Amputee Footbal Championship pada Februari 2020 mendatang di Malaysia.

Baca juga : Contoh Teks Pidato Persuasif (Paling Lengkap)
[/su_note]

Contoh Teks Berita Internasional

Contoh Teks Berita Internasional

Isu-isu internasional juga tak luput dari jangkauan teks berita. Teks berita jenis ini mencatut banyak informasi penting tentang perkembangan dunia di luar jangkauan pembaca. Karena, diakui ataupun tidak, terkadang polemik yang tengah terjadi di luar sana turut mempengaruhi beberapa aspek kehidupan kita. Contoh berita internasional terbaru seperti berikut.

Berhasil Ungguli Pemilu, Boris Johnson Berhasil Jabat PM Inggris Lagi

Penghitungan suara dari pemilu yang dilangsungkan Kamis, 12/12/2019 lalu berhasil mengantar Perdana Menteri Inggris Boris Johnson untuk mempertahankan jabatannya. Hal ini dilandaskan pada kemenangan partai Konservatif yang meraih 341 kursi dari 650 total kursi di parlemen.

Kemenangan tersebut mengindikasikan kekalahan rival terberatnya dari Partai Buruh, Jeremy, Corbyn, yang hanya mendapat 200 kursi. Dan juga 4 calon lainnya, yaitu Nicola Sturgein, Jo Swinson, Arlene, Foster, dan Mary Lou McDonald.

Hasil pemilu ini merupakan puncak yang sangat penting mengingat negosiasi Brexit telah ditunda sebanyak 3 kali sebelumnya.

Contoh Teks Berita Cuaca

Contoh Teks Berita Cuaca

Mengikuti berita terbaru akan cuaca yang tengah terjadi merupakan suatu tindakan yang bijak untuk dilakukan. Terlebih, belakangan ini cuaca ekstrim sering melanda beberapa daerah. BMKG pun nampaknya tak sungkan membagikan informasi perihal cuaca agar masyarakat waspada.

BMKG Peringatkan Potensi Gelombang 4 Meter di Kawasan Talaud dan Sangihe

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sempat memperingatkan masyarakat yang hendak merayakan momen Natal dan Tahun Baru 2020 dengan mudik via jalur laut melalui Talaud dan Sangihe.

Diperkirakan akan ada gelombang setinggi 2,5 sampai 4 meter hingga beberapa hari ke depan. Puncak gelombang disinyalir akan berlangsung pada 16/12/2019 jam 08.00 sampai 17/12/2019 pukul 08.00 WITA.
===
BMKG juga memperingatkan para nelayan untuk tak melaut jika kecepatan angin mencapai 15 knot serta tinggi gelombang di atas 1,25 meter. Sementara itu, batas aman untuk kapal tongkang adalah di 16 knot kecepatan angin dan tinggi gelombang 1,5 meter, kapal feri 21 knot dan 2,5 meter, serta kapal kargo/ pesiar 27 knot dan 4 meter gelombang.

Peringatan dini ini diambil agar masyarakat turut awas akan kemungkinan terjadinya hal-hal yang todak diinginkan.

Contoh Teks Berita Hiburan

Contoh Teks Berita Hiburan

Tak melulu soal peristiwa yang terjadi di sekitar Anda, terkadang berita juga menyajikan feature hiburan dalam topik yang diangkatnya. Tak hanya berita soal dunia hiburan dan event, teks berita jenis ini bisa juga hadir dalam bentuk review sebuah karya. Berikut ini salah satu contoh teks berita hiburan tentang review album.

LEXICON, Kamus Hidup Isyana Sarasvati

Nama Isyana Sarasvati tentu menjadi sosok yang taka sing di jagad musik tanah air. Tak lama ini, Isyana melansir sebuah album baru berjudul LEXICON yang jauh berbeda konsep dari dua album sebelumnya. Tak ayal, banyak kalangan menilai bahwa inilah jati diri seorang Isyana yang sebenarnya.

Isyana memang dikenal menyukai musik dan telah menekuninya sejak masih kecil. Fokus utama yang menarik minatnya sedari dulu adalah musik klasik. Ia juga sempat berkuliah di Nanyang Academy of Fine Arts dan Royal College if Musik guna memperdalam ilmu tentang musik klasik dan opera.

Di pembuka LEXICON, Anda akan disuguhi lagu berjudul Sikap Duniawi. Lagu ini menghabiskan durasi 4,5 menit dengan menonjolkan alat musik orchestra yang diramu dengan padat dan dipadu dengan gitar elektrik. Gaya menyanyi Isyana juga sangat berbeda dari biasanya. Beberapa nada tinggi dinyanyikan dengan baik layaknya penyanyi seriosa.

Konsep berbeda yang lebih pop baru nampak di lagu Untuk Hati yang Terluka dan Lagu Malam Hari. Keduanya didominasi oleh permainan piano namun tetap seimbang dan enak didengar.

Sementara yang paling menarik adalah lagu LEXICON dengan mengusung perpaduan genre klasik dan progresif metal. Suatu kombinasi epic tanpa cacat yang membuat tercengang. Isyana menyanyikan lagu ini dengan memainkan tempo cepat dan lambat bergantian.

Album ini pun banjir banyak pujian dari warganet, terutama yang mengikuti perkembangan Isyana lantaran dinilai menampilkan dirinya yang sesungguhnya. Ya, dibanding album sebelumnya, LEXICON bisa dibilang sebagai karya Isyana yang paling murni dan tulus.

Dari uraian beberapa contoh teks berita di atas, kini Anda bisa lebih memahami konsep penulisan teks berita, kan? Lalu, teks berita apa yang sering Anda baca di media?

15 Contoh Teks Berita Singkat Berbagai Tema (5W+1H)

Leave a Reply