15 Contoh Teks Eksplanasi Sosial (singkat) 1

15 Contoh Teks Eksplanasi Sosial (singkat)

Contoh Teks Eksplanasi Sosial – Salah satu materi yang dibahas dalam pelajaran bahasa Indonesia adalah teks eksplanasi. Yaitu teks yang menjelaskan secara runtut tentang sebuah kejadian beserta sebab dan akibatnya. Singkatnya menjawab pertanyaan apa, mengapa dan bagaimana. Berikut ini adalah beberapa Contoh Teks EksplanasiSosial yang bisa Anda gunakan sebagai referensi.

Contoh Teks Eksplanasi Kemiskinan

Contoh Teks Eksplanasi Kemiskinan

Guru di sekolah biasanya menugaskan siswanya agar bisa menjelaskan secara runtut bagaimana kemiskinan bisa terjadi. Agar menjadi paragraf yang baik dan runtun. Pertama-tama yang harus Anda lakukan adalah melakukan mini riset bagaimana kriteria seseorang dikatakan miskin. Kemudian mencari tahu apa penyebabnya. Terakhir memberikan kesimpulan:

Kemiskinan bukan merupakan istilah yang baru dalam kehidupan masyarakat. Pasalnya, banyak sekali gelandangan, pengemis atau perkampungan kumuh yang hidup dalam sudut kota. Menurut BPS, kemiskinan bisa diukur dari beberapa hal. Diantaranya adalah rendahnya penghasilan dan konsumsi dalam sebuah rumah tangga.

Jika ditinjau secara lebih dalam. Persoalan kemiskinan bisa disebabkan oleh beberapa hal. Pertama dari individu. Misalkan seseorang lebih suka menjadi pengemis karena tanpa bekerja keras uang sudah bisa didapatkan. Jadi tak heran, jika ada seseorang yang sudah berkali-kali diusri tapi tak kunjung berubah.

Juga bisa ditinjau dari segi keahliannya. Ia merantau ke luar kota seperti Jakarta dengan tujuan memperoleh kehidupan yang lebih layak. Tapi ternyata tidak diiringi dengan keahlian. Sehingga membuatnya tidak memperoleh pekerjaan secara layak. Kedua, karena struktur atau budaya yang mana lingkungan tempat tinggal tidak mendukung Ia untuk berubah.

Seperti contoh pemukiman kumuh, kurangnya pendidikan, kurang binaan dari pemerintah dan masih banyak lagi yang lainnya. Akhirnya, solusi untuk mengatasinya dengan memberdayakan aspek individu dan budaya pada setiap kelompok. Memberikan pendidikan, pelatihan serta membuka lapangan kerja.

Salah satu contohnya adalah Kampung Topeng yang ada di Malang, diisi oleh beberapa gelandangan dan pengemis. Ketika mereka sudah mampu dan memperoleh mata pencaharian tetap maka akan dilepas oleh Pemerintah.

Contoh Teks Eksplanasi Kenakalan Remaja

Contoh Teks Eksplanasi Kenakalan Remaja

Contoh teks eksplanasi sosial selanjutnya berkaitan dengan kenakalan remaja, yang saat ini masih menjadi sorotan pemerintah. Jika Anda diminta untuk menjelaskan bagaimana runtutan fenomena itu terjadi berikut ini contohnya :

Remaja merupakan generasi yang paling rentan terhadap tindak kejahatan. Pada masa itu, mereka masih belajar untuk menemukan jati diri. Jika tidak berhasil melewatinya maka kenakalan tidak bisa dihindari. Baru-baru ini yang sering terjadi adalah tindak asusila yang tidak memandang tempat. Seperti di tempat ibadah atau fasilitas umum.

Hal tersebut terjadi karena kurangnya pengawasan dari pihak yang seharusnya bertanggung jawab. Terlebih keluarga, karena sosialisasi pertama seorang anak dimulai dari sana. Kurangnya perhatian orang tua dalam membimbing menjadi pribadi yang lebih baik menjadi faktor utamanya. Juga lingkungan, jika sekitarnya melakukan hal yang sama maka Ia akan mengikuti.

Peran guru juga sangat penting, yang mana harus memberikan pendidikan seksual dan kesehatan reproduksi sejak dini. Jika ketiga di atas bekerjasama dengan baik. Kenakalan remaja akan bisa teratasi.

Contoh Teks Eksplanasi Korupsi

Contoh Teks Eksplanasi Korupsi

Baru-baru ini pemerintah sedang menegakkan pendidikan anti korupsi sejak dini. Tidak menutup kemungkinan jika Anda diminta untuk membuat teks eksplanasi tentangnya :

Korupsi merupakan tindak pencurian uang yang bukan haknya. Sering terjadi di masyarakat, bahkan mulai dari sektor terkecil sekalipun. Baik perorangan, desa, kabupaten, provinsi hingga pusat tidak luput dari oknum yang melakukan tindak kejahatan korupsi.

Korupsi bisa terjadi saat lemahnya pengawasan dalam sebuah sistem. Hal ini membuat para oknum yang tidak bertanggung jawab meanfaatkannya. Ia melakukan rekayasa baik keuangan, kejadian atau pengakuan. Tak heran, jika kasus korupsi terkadang sulit untuk dipecahkan.

Didukung oleh hukum yang lemah, coba tengok saja mantan narapidana koruptor saat ini masih bisa mencalonkan diri sebagai kepala daerah. Sedangkan di negara lain, sudah dihukum mati. Memang tidak bisa disamakan antara satu dengan lainnya. Tetapi minimal, harus ada peraturan yang tegas sehingga menimbulkan efek jera.

Kesimpulannya, agar korupsi tidak merajalela. Maka menanamkan kejujuran, pendidikan agama dan karakter penting untuk dilakukan. Serta meningkatkan pengawasan, dan hukum yang bisa menumbuhkan sifat jera bagi para koruptor.

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Anak Jalanan

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Anak Jalanan

Berbicara tentang contoh teks eksplanasi sosial pasti tidak luput dari permasalahan yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah fenomena anak jalanan, yang saat ini masih banyak ditemukan.

Jika mendengar istilah anak jalanan, yang tergambar di pikiran adalah anak yang suka meminta-minta ketika di lampu merah baik yang berpakaian ala punk atau tidak. Sengaja bekerja entah itu menjual makanan, membersihkan kaca mobil untuk mendapatkan uang.

Berbagai upaya pemerintah sudah dicoba untuk mengatasi permasalahan ini. Mulai dari pembinaan, pembubaran hingga rehabilitasi. Jumlahnya memang berkurang, tapi masih banyak ditemui di kota-kota besar. Lingkungan menjadi salah satu penyebabnya. Rata-rata anak jalanan mengalami permasalahan pada orang tua yang broken home.

Juga pergaulan, karena tinggal di tempat yang tidak seharusnya dengan orang yang sama (pengemis, pencopet dll). Sehingga membuat mereka kurang pendidikan dan pada akhirnya memilih untuk mencari penghidupan dengan cara demikian.

Akhirnya, permasalahan ini menjadi sulit untuk diatasi. Karena mengubah kebiasaan/budaya akan lebih susah apabila tidak dilakukan secara terus menerus atau berkelanjutan.

Contoh Teks Eksplanasi Narkoba

Contoh Teks Eksplanasi Narkoba

Narkoba menjadi permasalahan utama setiap negara di berbagai belahan dunia. Jika Anda ingin mengupas tuntas dan menemukan solusinya. Maka membuat teks eksplanasi bisa dijadikan latihan atau pedoman awal untuk pengambilan langkah selanjutnya.

Narkoba adalah singkatan dari narkotika dan obat terlarang. Ada berbagai macam jenis dan efek sampingnya. Tapi yang jelas akan berdampak negatif apabila penggunaannya tidak benar dan dilakukan oleh orang yang tidak berwenang (tenaga kesehatan). Saat ini, banyak pihak yang mengatakan perang terhadap narkoba. Baik pemerintah, LSM, hingga aktivis.

Hal ini dikarenakan banyak cara terbaru untuk menyelundupkan narkoba. Bahkan dari penjara sekalipun. Akibatnya, tidak malah teratasi tapi semakin banyak karena dari oknum yang bertanggung jawab sendiri juga tidak tegas mengatakan “tidak” pada narkoba.

Oleh karena itu, semua pihak seharusnya lebih bekerjsama lagi jika menginginkan permasalahan narkoba ini bisa diatasi. Mulai dari memperketat pengawasan, pendidikan tentang bahaya narkoba dan memberikan tindak hukum yang tegas. Mencegah seseorang agar tidak terjerumus lebih baik daripada merehabilitasi atau mengobatinya.

Contoh Teks Eksplanasi Masalah Cyberbullying

Contoh Teks Eksplanasi Masalah Cyberbullying

Bullying adalah sebuah tindakan tercela dari seseorang kepada orang lain, sehingga merasa dikucilkan. Entah itu berupa perkataan ataupun perbuatan. Baik secara langsung maupun di media sosial. Berikut ini contoh teks eksplanasi sosial tentang masalah cyberbullying yang terjadi.

Beberapa kasus yang menggemparkan dunia hiburan baru-baru ini adalah bunuh diri yang dilakukan oleh beberapa artis Korea. Salah satu penyebabnya adalah depresi karena melihat komentar negatif para masyarakat di media sosial.

Para netizen mengumpat, body shaming, hingga mengatakan sesuatu yang kasar di laman komentar postingan sang artis. Sehingga membuatnya tertekan, mental illnes dan merasa bahwa tidak ada lagi di dunia ini yang memberikan solusi atas apa yang dialaminya. Termasuk orang terdekat. Pada akhirnya, jalan satu-satunya adalah bunuh diri agar terhindar dari semua masalah.

Tak jarang pula berawal dari cyberbullying kemudian kekerasan fisik di dunia nyata. Salah satunya kasus yang menipa Audrey belakangan ini. Sehingga UU ITE perlu ditegaskan dan dijelaskan kembali. Disertai dengan pembentukan tim pengawas khusus.

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Demokrasi

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Demokrasi

Pelajaran mengenai demokrasi sering dibahas di sekolah. Salah satunya adalah pendidikan tentang betapa pentingnya pemilu, mengapa harus berpartisipasi dan masih banyak lagi yang lainnya. berikut adalah contoh teks eksplanasi sosial tentang demokrasi.

Demokrasi jika diartikan secara sempit bermakna oleh rakyat, dari rakyat dan untuk rakyat. Sedangkan dalam arti luasnya adalah penyelenggaraan pemerintahan yang memberikan kesempatan kepada rakyat untuk berpartisipasi secara penuh. Salah satu perwujudannya adalah pemilu sebagai implementasi sila ke empat Pancasila.

Namun sayangnya partisipasi masyarakat kian berkurang dari tahun ke tahun. Beberapa penyebabnya adalah berkurangnya kepercayaan rakyat kepada Pemerintah. Juga budaya suap yang saat ini masih berkembang di masyarakat. Seperti contoh pemberian uang yang diberikan oleh Calon Kepala Desa ketika pemilu.

Tapi walaupun ada permasalahan tersebut. Bukan berarti masyarakat tidak berpartisipasi untuk kehidupan Indonesia yang lebih baik. Hanya saja perlu memilah secara lebih teliti mana yang benar dan mana yang salah.

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Gotong Royong

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Gotong Royong

Jika Anda diberikan tugas oleh guru membuat teks eksplanasi tentang gotong royong. Berikut ini bisa Anda contoh :

Gotong royong adalah sebuah budaya di Indonesia yang dilakukan secara turun temurun. Baik dalam lingkup desa atau kota. Penting untuk dilakukan karena mengandung banyak nilai. Diantaranya yaitu kerukunan, kebersamaan dan toleransi.

Awal mula gotong royong sudah dijalankan sejak dari dulu yaitu pada masa kerajaan. Namun, pada waktu itu yang berpartisipasi hanyalah rakyat biasa. Bukan dari kalangan Raja. Namun sekarang sudah mengalami perubahan, yang mana semua lapisan masyarakat turut berpartisipasi. Sehingga semakin memupuk rasa kekeluargaan. Apalagi didukung dengan peraturan yang mewajibkannya.

Selain itu, gotong royong juga membuat lingkungan lebih bersih. Masyarakat akan menjadi sehat, aman dan nyaman.

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Begal

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Begal

Untuk membuat teks eksplanasi tentang begal, minimal harus paham betul bagaimana tindak kriminal itu bisa terjadi. Mulai seperti apa kasusnya, tempat hingga kronologi kejadian. Seperti contoh di bawah ini :

Begal adalah tindak kriminal yang dilakukan oleh perorangan atau kelompok. Bertujuan untuk merampas harta orang lain yang menjadi sasarannya. Saat ini modus begal menjadi bermacam-macam. Dari mulai pencegatan di jalan hingga menggunakan alat bantu.

Kurangnya penerangan di jalan, minimnya pengawasaan dan kurangnya kewaspadaan seseorang menjadi faktor utama. Karena biasanya mereka mulai beraksi di jalanan yang sepi dan gelap. Mereka memanfaatkan ketakutan korban agar bisa mengambil harta yang dimilikinya.

Oleh karena itu, yang harus dilakukan ketika ada begal adalah. Pertama, berteriak meminta tolong sekeras mungkin (apabila dihadang), jangan berhenti (apabila dikejar), mencari alternatif jalan yang ramai dan tidak sendirian. Sedangkan untuk pemerintah, lebih proaktif dalam memberikan penerangan di jalan. Serta mendirikan pos pengamanan.

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Tawuran

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Tawuran

Tawuran memang salah satu bentuk dari kenakalan remaja. Tapi hal ini selalu menarik untuk diulas. Apalagi bagi Anda yang memang memfokuskan diri untuk mengamati permasalahan sosial. Membuat teks eksplanasi dapat membantu Anda dalam tahap awal melakukan riset :

Tawuran antar remaja saat ini memang jarang didengar. Tetapi sejatinya permasalahan tersebut tetap ada. Baik di pedesaan maupun perkotaan. Hanya saja bentuknya berbeda. Jika di desa mereka lebih memilih untuk bertengkar di tempat sepi, berbanding terbalik dengan di kota.

Biasanya mereka muncul dalam jumlah yang besar. Perkaranya pun terkadang sepele saling ejek antar murid sekolah yang berbeda. Karena ada yang tidak terima, pada akhirnya pertengkaran terjadi. Kurangnya pengawasan guru juga menjadi penyebab utama karena sekolah yang terlibat tawuran, rata-rata memberikan sedikit kelonggaran kepada siswa bolos pada saat jam pelajaran.

Juga orang tua, yang kurang memberikan perhatian pada lingkungan sang anak. Dengan siapa ia bermain, bergaul mereka jarang ada yang mempertanyakannya. Atau di rumah mereka dididik layaknya seseorang yang tidak didengar aspirasinya. Sehingga sifat premanisme coba diterapkannya pada lingkungan yang lain.

Oleh karena itu, pendidikan di Indonesia nampaknya harus berbenah. Pemberian materi, pelatihan dan bahaya tawuran antar sekolah, remaja menjadi penting. Sekolah dan para orang tua juga harus bekerjsama dalam menciptakan lingkungan yang menyenangkan bagi anak. Sehingga hal tersebut tidak terjadi lagi di kemudian hari.

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Kriminalitas

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Kriminalitas

Contoh teks eksplanasi sosial selanjutnya adalah tentang kriminalitas. Sama seperti sebelumnya, harus dijelaskan secara runtut mulai dari peristiwa apa yang terjadi, mengapa dan bagaimana solusinya. Simak baik-baik contoh di bawah ini :

Kriminalitas jika diartikan secara umum adalah tindak kejahatan melanggar hukum yang dilakukan oleh perorangan, komunitas, atau kelompok. Jenisnya pun bermacam-macam. Berdasarkan jenisnya dibagi menjadi dua yaitu pidana dan perdata. Pidana berkaitan dengan hubungan individu dengan negara atau masyarakat. Sedangkan perdata adalah hubungan anatr individu satu dengan lainnya.

Diantaranya adalah pencurian, penganiayaan, pencemaran nama baik, fitnah dan masih banyak lagi yang lainnya. Baru-baru ini yang paling sering terjadi adalah pembunuhan. Baik yang dilakukan oleh orang terdekat atau tidak dikenal sekalipun. Tapi yang paling sering adalah orang terdekat. Seperti ayah kandung, ibu kandung, kakak dan kekasih.

Motifnya pun bermacam-macam mulai dari asmara, hutang piutang hingga dendam turun temurun. Kurangnya pendidikan dan pembinaan terhadap karakter menjadi salah satu penyebabnya. Apalagi jika seseorang tidak bisa mengendalikan emosinya. Segala tindak kejahatan pun pasti akan terjadi.

Untuk mencegahnya, dengan cara peran aktif tokoh keagamaan. Pemberian materi agama yang menyangkut kebaikan baik di dunia atau akhirat penting untuk dilakukan. Serta pengawasan yang dilakukan oleh beberapa pihak baik orang tua dan lingkungan. Dengan ini, diharapkan kriminalitas di Indonesia bisa berkurang.

Contoh Teks Eksplanasi Kecelakaan

Contoh Teks Eksplanasi Kecelakaan

Salah satu cara agar dapat menjelaskan bagaimana peristiwa kecelakaan terjadi adalah dengan membuat teks eksplanasi. Namun untuk kasus kecelakaan usahakan mencari peristiwa yang benar-benar terjadi dan mengetahui kronologinya dari awal hingga akhir. Berikut ini contohnya :

Tahun ini kecelakaan di Indonesia terus meningkat. Mayoritas terjadi di jalan raya antara sepeda motor dengan mobil atau truk. Apalagi pada saat musim lebaran dan liburan. Satuan polisi lalu lintas harus memperketat penjagaannnya. Salah satu kasus yang terjadi bulan ini adalah kecelakaan di jalan tol antara pengemudi truk gandeng dengan mobil bermerek Avanza.

Awalnya, mobil truk dan mobil avanza sama-sama melintas dengan kecepatan tinggi. Supir Avanza mencoba untuk mendahului truk dengan mengambil lajur sebelah kanan. Tapi sayangnya hal tersebut gagal dilakukan. Sehingga bemper sebelah kiri bertabrakan dan terseret truk. Penumpang sebelah kiri meninggal dunia. Sedangkan sang supir mengalami luka-luka.

Akibat kejadian tersebut, polisi setempat menghimbau kepada seluruh warga untuk berhati-hati dalam berkendara. Jika memang tidak bisa mendahului, diharap untuk bersabar dan senantiasa jaga jarak aman. Yaitu 10 meter dari kendaraan lain. Menghindari supir mengerem mendadak.

Contoh Teks Eksplanasi Kekeringan

Contoh Teks Eksplanasi Kekeringan

Kekeringan juga merupakan salah satu permasalahan sosial yang wajib untuk dijelaskan. Apabila guru atau dosen meminta Anda untuk membuat teks eksplanasi tentang kekeringan. Berikut ini bisa menjadi referensi :

Sudah menjadi langganan warga Indonesia apabila musim kemarau tiba kekeringan sudah pasti terjadi di daerah-daerah tertentu, yang mana kian tahun kian meningkat. Walaupun demikian sejauh ini belum ada tindakan lebih jauh selain memberi subsidi air bagi masyarakat yang kehilangan sumber mata air.

Kurangnya daerah resapan air, seperti pohon dan sanitasi yang layak adalah salah satu penyebab terjadinya kekeringan. Ditambah dengan pencemaran yang dilakukan baik oleh warga atau pabrik-pabrik besar. Akibatnya sumur dan sungai menjadi kering, atau kotor yang menimbulkan berbagai macam penyakit. Mulai dari kulit hingga pencernaan.

Pemerintah nampaknya perlu menindak tegas bagi oknum yang membuang limbah sembarangan. Atau berbenah dengan membuat tempat penampungan air hujan, yang terus dirawat setiap harinya. Dengan cara tersebut, diharapkan kekeringan tidak terjadi lagi ke depannya. Namun sayangnya, hal ini masih menjadi angan-angan dan hanya terealisasi di beberapa daerah.

Contoh Teks Eksplanasi Media Sosial

Contoh Teks Eksplanasi Media Sosial

Media sosial memang tempat orang berbagi di dunia maya. Entah itu kebahagiaan, kesedihan bercampur menjadi satu. Hingga saat ini facebook adalah media sosial yang paling banyak digunakan. Berikut ini adalah contok teks eksplanasi tentang permasalahan yang terjadi di media sosial.

Hapir 80% dari jumlah rakyat Indonesia mempunyai akun media sosial. Entah itu instagram, facebook atau yang lainnya. Rata-rata mereka menggunakannya untuk promosi, berbagi foto dan video. Ditambah dengan fitur unik yang semakin membuat masyarakat betah berlama-lama bermain media sosial.

Hal tersebut membawa dampak positif juga negatif. Positifnya dengan media sosial, orang semakin banyak mendapatkan keuntungan melalui produk yang dipasarkan. Serta informasi semakin bertambah dari platform berita yang diiklankan pada media sosial. Namun negatifnya sering kali tindak kriminal berawal dari media sosial.

Diantaranya yaitu penculikan, pembunuhan, perselingkuhan, penebaran berita hoax hingga pemerkosaan. Penyebabnya, masyarakat kurang selektif mana yang tepat dijadikan teman dan mana yang tidak. Ketika salah pergaulan, maka hal buruk tersebut tidak dapat dihindarkan. Sehingga, yang harus dilakukan adalah tetap selektif dan menyaring segala informasi yang ada.

Apalagi yang berkaitan dengan situasi politik baru-baru ini. Banyak sekali berita bohong yang tersebar di media sosial. Sehingga penting adanya untuk mencari tidak hanya satu, tapi beberapa sumber yang terpercaya dengan bukti fisik yang ada.

Contoh Teks Eksplanasi Pendidikan

Contoh Teks Eksplanasi Pendidikan

Terakhir, adalah contoh teks eksplanasi sosial yang berkaitan dengan pendidikan di Indonesia saat ini. Sama seperti sebelumnya, harus jelas pernyataan umumnya kemudian sebab akibat dan kesimpulan. Ini dia contohnya :

Pendidikan di Indonesia saat ini semakin maju. Hasil perjuangan Ki Hajar Dewantara dan kawan-kawannya membawa perubahan yang sangat besar dirasakan. Ditambah dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang memudahkan proses pembelajaran.

Ditambah dengan hadirnya program literasi digital yang saat ini sedang digencarkan. Siswa diwajibkan untuk memberikan review terkait dengan sebuah buku. Tujuannya untuk membentuk minat baca dan keingintahuan pada siswa. Bahkan, di beberapa sekolah bersedia menyelenggarakan festival khusus untuk program literasi ini.

Keberhasilan hal tersebut tidak terlepas dari adanya dukungan dari berbagai lapisan masyarakat. Mulai dari orang tua, lingkungan hingga pemerintah. Sarana dan prasarana diperbaiki. Sehingga aktivitas siswa pun tidak hanya berbatas pada pelajaran di buku saja tetapi lebih luas dari itu.

Namun, sekolah tetap melakukan pengawasan agar ilmu yang didapatkan siswa benar adanya dan tepat sasaran. Hal tersebut dilakukan untuk menghindarkan siswa dari konten pronografi yang menyasar semua kalangan.

Sekolah mulai menerapkan peraturan yang hanya memperbolehkan siswanya bermain handphone di luar jam pelajaran. Apabila melanggar maka dihukum. Setiap minggunya juga diadakan pemeriksaan sebagai salah satu bentuk kontrol sosial. Jadi, pembelajaran yang diharapkan tercapai sesuai dengan yang diinginkan.

Beberapa penjelasan di atas adalah contoh teks eksplanasi sosial. Mulai dari kemiskinan hingga pendidikan. Lebih baik jelaskan secara runtut proses terjadinya sebuah peristiwa, siapa saja yang terlibat hingga kronologinya. Dengan itu, Anda akan mampu membuat teks ekplanasi yang jauh lebih baik.

Contoh Teks Eksplanasi Sosial (singkat)

Leave a Reply