Contoh Teks Eksplanasi

15 Contoh Teks Eksplanasi Lengkap (Struktur dan Contoh berbagai Thema)

Teks Eksplanasi Lengkap (mudah di pahami)-Teks eksplanasi merupakan bacaan yang mengandung sebab akibat dari suatu proses suatu peristiwa. Bagaimana peristiwa itu terjadi akan diceritakan di dalam teks eksplanasi. JIka Anda membaca sebuah bacaan mengenai peristiwa alam atau bahkan peristiwa sosial maka bacaan tersebut termasuk ke dalam beberapa contoh teks eksplanasi.

Tujuan dari adanya teks eksplanasi adalah menguraikan sebuah peristiwa itu terjadi dan menemukan sebuah sebab akibat yang bisa Anda jadikan sebagai pembelajaran. Informasi yang disajikan ke dalam teks eksplanasi adalah sebuah fakta sehingga teks yang disajikan bisa Anda percaya. Agar Anda bisa mempelajari teks eksplanasi secara mendalam simak pembahasan artikel ini.

Struktur Teks Eksplanasi

Struktur Teks Eksplanasi

Sebelum Anda belajar lebih mendalam pada contoh-contoh teks eksplanasi, ada baiknya Anda mengetahui strukturnya terlebih dahulu. Struktur ini akan dijadikan acuan pada setiap penulisan teks eksplanasi agar menjadi bacaan yang rapid an terstruktur. Berikut adalah struktur dari teks eksplanasi.

1. Pernyataan Umum

Di awal teks eksplanasi Anda harus menyajikan sebuah pernyataan umum. Pernyataan umum ini berisi sebuah topik utama dari informasi yang akan dibahas secara garis besar. Di awal kalimat teks eksplanasi akan menuntun pembaca untuk memahami topik yang sedang dibahas.

2. Urutan Sebab Akibat

Jika Anda sudah menjelaskan secara umum mengenai topik peristiwa, maka Anda harus menjelaskan setiap detail proses terjadinya sebuah peristiwa tersebut. Selain itu, sebab dan akibat dari peristiwa juga disajikan di inti pembahasan teks eksplanasi.

3. Kesimpulan atau Interpretasi

Interpretasi disajikan di akhir bacaan untuk merangkum dari keseluruhan peristiwa yang terjadi.

Contoh Teks Ekplanasi Berpola Kronologis

Contoh Teks Ekplanasi Berpola Kronologis

Teks eksplanasi menggambarkan sebuah peristiwa. Terdapat contoh teks yang berpola kronologis yaitu peristiwa yang diceritakan secara berurutan sesuai dengan urutan terjadinya. Eksplanasi berpola kronologis dapat Anda gambarkan pada peristiwa contohnya kecelakaan jalan raya. Berikut adalah contoh teks eksplanasi berpola kronologis.

Judul: Kecelakaan Beruntun yang Terjadi di Tol Ciputra

Kecelakaan yang diakibatkan oleh rem blong kendaraan besar atau truk sudah bukan hal yang baru. Seperti yang terjadi di Tol Ciputra bahwa kecelakaan beruntun mengakibatkan banyak korban meninggal atau korban luka-luka. Kecelakaan ini dikarenakan sopir yang mengendarai truk kehilangan kendali akibat rem blong.

Truk tidak bisa dikendalikan dan sopir berusaha menghentikan truk namun hasilnya nihil. Selanjutnya, truk mengguling dan ditabrak oleh truk yang ada di belakangnya. Tabrakan truk yang dibelakang menyeret truk tersebut dan beberapa kendaraan di depannya. Kendaraan yang terdapat di belakang juga ikut menabrak truk karena melajunya yang cepat.

Akibat dari kecelakaan tersebut beberapa kendaraan mengalami kerusakan yang cukup parah dan mengakibatkan adanya korban yang meninggal. Sedangkan, beberapa korban luka-luka. Ambulan dari rumah sakit terdekat segera ke TKP dan membawa semua korban ke rumah sakit untuk segera ditangani.

Setelah beberapa korban ditangani, ada beberapa korban yang dimintai untuk menjadi saksi atas terjadinya kecelakaan di Tol Ciputra. Dihimbau agar para pengendara yang berkendara memeriksa kendaraan terlebih dahulu atau secara berkala untuk menghindari terjadinya kecelakaan yang disebabkan oleh kelalaian kerusakan kendaraan.

Contoh Teks Eksplanasi Ekonomi

Contoh Teks Eksplanasi Ekonomi

Bidang ekonomi sangat penting di kehidupan sehari-hari karena akan sangat memengaruhi daya beli dan jual barang oleh masyrakat Indonesia. Untuk mengetahui perekonomian pasti Anda harus membaca artikel di beirta-berita. Teks eksplanasi juga bisa Anda jadikan rujukan sebagai tempat mencari berita-berita perekonomian yang sedang terjadi, berikut adalah contoh teks eksplanasi ekonomi.

Judul: Wirausaha Untuk Perkembangan Ekonomi Indonesia

Wirausaha adalah sebuah usaha yang dilakukan secara mandiri untuk menghasilkan keuntungan berupa uang. Orang yang sedang melakukan wirausaha dinamakan wirausahawan. Menjadi seorang wirausahawan berarti harus menjadi orang yang mandiri dalam menentukan suatu keputusan dan menanggung resiko dalam setiap melakukan apapun untuk usahanya.

Kelebihan menjadi wirausahawan adalah Anda bisa mengeluarkan ide-ide Anda secara bebas. Dengan mengeluarkan ide-ide Anda sendiri sehingga Anda dengan mudah menggapai cita-cita yang ingin akan wujudkan. Jika usaha yang Anda rintis menjadi besar, Anda bisa merekrut karyawan sehingga Anda bisa berkontribusi kepada masyarakat dengan memberikan lapangan pekerjaan.

Namun, di sisi lain wirausahawan memiliki kelemahan yang mengikuti yaitu ketidakpastian pendapatan. Seseorang yang merintis usaha tidak selalu memiliki pendapatan yang stabil, bisa saja rugi dan bisa juga untung. Orang yang memilih berwirausaha sendiri harus siap menghadapi resiko kegagalan sendiri.

Oleh sebab itu, siapkan diri secara finansial dan mental jika ingin menjadi wirausahawan. Menjadi seorang wirausahawan bisa saja sukses dengan keuntungan yang besar namun juga bisa menerima sebuah kegagalan kerugian. Buatlah rencana-rencana cadangan untuk menutupi kegagalan atau bahkan mensiasati keuntungan yang bisa saja Anda dapatkan.

Contoh Teks Eksplanasi Sosial

Contoh Teks Eksplanasi Sosial

Sebagai makhluk sosial pasti Anda merasa berinteraksi oleh orang lain. Masyarakat cenderung menilai satu sama lain dari berbagai macam sudut pandang. Ada penilaian terhadap kecerdasan, kecantikan, status sosial, penghasilan, dan lain-lain. Peristiwa-peristiwa yang terjadi di lingkungan sosial sangat cocok untuk digunakan sebagai contoh teks eksplanasi sosial, berikut contoh bacaannya.

Judul: Kemiskinan yang Membuat Perbedaan di Masyarakat

Status sosial di masyarakat biasanya akan di pandang melalui apa pekerjaannya,dan berapa penghasilannya. Seseorang yang memiliki pekerjaan yang baik akan mendapatkan status sosial yang tinggi, sedangkan seseorang yang memiliki pekerjaan kasaran akan mendapatkan status sosial yang rendah.

Kemiskinan yang terjadi di masyarakat di akibatkan oleh rendahnya pendidikan yang membuat penghasilan yang diterima juga rendah. Selain itu, daya beli masyarakat lebih beralih ke barang-barang impor dibandingkan barang lokal juga mengakibatkan menurunnya penghasilan pedagang lokal dan tidak terjualnya produk lokal yang membuat rugi.

Orang memandang bahwa orang desa terlihat lebih miskin dibandingkan oleh orang yang tinggal di kota. Hal ini juga memengaruhi padangan bahwa hidup di kota lebih baik. Namun, kenyataan yang dihadapi adalah kota merupakan tempat yang lebih konsumtif sedangkan desa adalah tempat yang lebih produktif. Jika Anda menyadari hal ini pasti akan membuka pandangan bahwa orang desa adalah miskin.

Sebab akibat yang ditimbulkan oleh beberapa faktor kemiskinan haruslah di siasati oleh adanya tindakan solutif. Kenalkan produk lokal dan barang di desa menarik sehingga tidak akan ada pandangan yang merendahkan satu sama lain. Dalam hal ini, kaum milineal sangat di andalkan untuk perubahan sosial.

Contoh Teks Eksplanasi Bencana Alam

Contoh Teks Eksplanasi Bencana Alam

Bencana alam sering terjadi di lingkungan sekitar kita yang bisa disebabkan oleh berbagai macam factor. Bisa terjadi karena kondisi alami alam dan bisa juga karena ulah manusia. Kondisi yang seperti sangat menarik apabila dijadikan topik untuk teks eksplanasi. Berikut adalah contoh teks eksplanasi dengan topik bencana alam yang sedang terjadi.

Judul: Kebakaran Hutan di Gunung Arjuna Jawa Timur

Hutan adalah paru-paru dunia yang seharusnya dijaga dan dirawat karena di dalam hutan terdapat berbagai macam ekosistem. Tumbuhan dan hewan sangat banyak yang tinggal di hutan. Tak jarang hutan di pegunungan menjadi alternatif jalan ketika Anda ingin pergi ke gunung. Cuaca sangat mempengaruhi kondisi hutan, saat kemarau hutan mudah terbakar karena gersang.

Hutan yang terdapat di Gunung Arjuna Provinsi Jawa Timur beberapa waktu yang lalu mengalami kebakaran yang dikarenakan oleh musim kemarau. Daun-daunnya kering dan tanahnya gersang, saat musim kemarau dengan panas yang menyengat maka daun-daun tersebut bisa terbakar.

Akibatnya adalah beberapa pohon disebagian hutan terbakar dan ekosistem hewan yang terdapat di sekitarnya ikut rusak. Api yang menjalar di sebagian hutan tidak bisa padam semalaman dan terlihat jelas dari kejauhan. Pemadam api dan masyarakat sekitar memadamkan api dengan berbagai macam cara sehingga api bisa dipadamkan. Namun, sebagian hutan gundul tanpa adanya tumbuhan.

Kebakaran hutan merugikan untuk manusia karena oksigen berkurang, tumbuhan mati, dan hewan kehilangan tempat tinggalnya. Oleh sebab itu, penghijauan sangat penting untuk dilakukan saat ini demi menjaga kelangsungan yang terdapat dalam hutan di Gunung Arjuna Provinsi Jawa Timur.

Contoh Teks Eksplanasi Globalisasi

Contoh Teks Eksplanasi Globalisasi

Topik yang cocok untuk digunakan sebagai dasar penulisan teks eksplanasi salah satunya adalah mengenai Globalisasi. Permasalahan yang terjadi dan memberikan dampak negatif yang besar layak untuk dibahas dalam sebuah tulisan agar banyak orang yang menyadari permasalahan tersebut. Berikut adalah contoh teks globalisasi untuk teks eksplanasi yaitu

Judul: Dampak Globalisasi Terhadap Kehidupan Sehari-Hari

Globalisasi adalah salah satu permasalahan terbesar yang terjadi di dunia. Dengan banyaknya bangunan-bangunan besar berkaca, semakin sedikitnya pepohonan, dan banyaknya polusi akibat kendaraan bermotor mengakibatkan dampak globalisasi semakin meningkat.

Penyebab adanya globalisasi adalah bangunan besar berkaca yang memantulkan cahaya matahari kembali ke langit. Pepohonan di jalan ditebang sebagai akses jalan membuat berkurangnya oksigen yang seharusnya berasal dari fotosintesis. Dan juga polusi kendaraan membuat udara kotor dan membuat banyak orang mudah sakit.

Akibat yang disebabkan oleh globalisasi adalah menipisnya lapisan ozon karena pantulan sinar matahari kembali. Lingkungan menjadi tidak sehat dengan banyaknya polusi dan berkurangnya udara bersih. Langkah perbaikan harus dilakukan dengan menanam banyak pohon lagi. Hal tersebut dilakukan agar dapat hidup sehat dan bebas dari penyakit.

Meskipun globalisasi menimbulkan banyak dampak negatif bagi kehidupan manusia namun kita masih bisa berupaya mengurangi dampaknya dengan menanam pohon atau mungkin lebih sering menggunakan angkutan umum. Bumi yang semakin tua haruslah kita jaga agar terus memberikan kita hidup yang sehat.

Contoh Teks Eksplanasi Internet

Contoh Teks Eksplanasi Internet

Topik yang unik untuk dibahas pada teks eksplanasi adalah peristiwa yang banyak digemari oleh berbagai macam kalangan. Secara umum topik internet pasti berhubungan dengan banyaknya pengguna mulai dari sosmed, youtube, hingga browser yang terdapat di laptop maupun di smartphone. Untuk itu, disajikan contoh teks internet di bawah ini.

Judul: Youtube Sebagai Penghasilan Terbanyak

Dewasa ini internet sangat digemari khususnya platform youtube yang pada tahun ini banyak dikunjungi oleh pengguna internet. Youtube yang dulu sangat sepi peminat sekarang karena banyaknya Wi-Fi dimana-mana jadi semakin meningkat pengunjungnya. Banyak orang yang saat ini sedang menggunakan youtube sebagai lading penghasilan. Orang tersebt sering disebut Youtuber.

Youtube memiliki banyak pengunjung sehingga menarik banyak pebisnis untuk memasarkan produknya disana. Hanya dengan membuat video dan membayar untuk iklannya sehingga tidak perlu repot untuk mengurus iklan di televisi. Penghasilan youtuber di youtube berasal dari adsense yang dibayarkan oleh para pebisnis yang memasarkan produknya lewat platform youtube ini.

Penghasilan yang diterima oleh youtuber bukan main. Penghasilan yang didapat dari adsense bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta setiap bulannya. Terdapat banyak generasi muda kreatif yang memanfaatkan youtube sebagai lading penghasilan. Modal yang digunakan untuk menjadi youtuber sangat beragam untuk mendapatkan penghasilan yang fantastis tersebut.

Kegunaan internet bisa dimaksimalkan untuk mendapat penghasilan yang sangat banyak. Kreatifitas dan konsistensi harus ditingkatkan untuk menjadi youtuber dengan banyak penghasilan.

Contoh Teks Eksplanasi Budaya

Contoh Teks Eksplanasi Budaya

Indonesia kaya akan budaya mulai dari bahasa daerah, tarian daerah, rumah adat daerah, dan batik. Kekayaan budaya Indonesia membuat negara ini dikenal sebagai bangsa multicultural. Topik ini bagus untuk diangkat sebagai teks eksplanasi. Berikut adalah salah satu contoh teks eksplanasi mengenai budaya Indonesia.

Judul: Batik Salah Satu Kekayaan Bangsa Indonesia

Motif yang dikenal oleh masyarakat luas di Indonesia sudah menjadi ikon bangsa Indonesia di mata negara lain. Batik di akui secara internasional sebagai kekayaan Indonesia. Sebagai warga Indonesia seharusnya bangga dengan kekayaan yang satu ini karena membuat reputasi Indonesia memiliki nilai tambah.

Sebenarnya, beberapa waktu lalu batik sempat di akui sebagai kekayaan Negara Malaysia. Namun, setelah di nilai kembali akhirnya telah diputuskan dalam skala internasional bahwa batik adalah kekayaan Bangsa Indonesia.
Hal tersebut seharusnya membuat kita semakin bangga terhadap bangsa Indonesia. Batik yang menjadi ikon negara harus kita jaga dan lestarikan agar tidak diakui lagi oleh negara lain. Masyarakat yang cinta dengan budaya negara adalah masyarakat yang memiliki jiwa nasionalisme.

Contoh Teks Eksplanasi IPTEK

Contoh Teks Eksplanasi IPTEK

Ilmu pengetahuan dan teknologi semakin berkembang pesat beberapa tahun terakhir ini. Iptek banyak digunakan dibidang transportasi, ekonomi, sosial, hingga pendidikan. IPTEK di bidang pendidikan sangat pas dibahas melalui teks eksplanasi karena semakin berkembang akhir-akhir ini. Di bawah ini adalah contoh bacaan eksplanasi mengenai ujian nasional yang berbasis computer.

Judul: Ujian Nasional dengan Sistem CBT (Computer Basic Test)

Ujian nasional adalah hal yang paling ditunggu dan paling ditakuti oleh siswa tingkat akhir di setiap jenjang. Pasalnya ujian ini adalah penentu kelulusan siswa layak atau tidaknya. Pemerintah memberikan sebuah inovasi pengerjaan ujian nasional yang menggunakan computer dan secara online. Hal ini adalah sebuah peningkatan karena dulu ujian nasional menggunakan kertas.

Penyebab terjadinya perubahan ini dikarenakan oleh adanya tingkat teknologi yang semakin berkembang. Di setiap sekolah akan menggunakan computer. Pemerintah memberikan bantuan berupa beberapa komputer. Apabila tidak cukup maka beberapa siswa membawa laptop sendiri untuk digunakan ujian pada hari ujian nasional.

Ujian berbasis komputer sebenarnya sangat bagus untuk diterapkan karena membuat ramah lingkungan tanpa adanya kertas yang digunakan untuk ujian. Namun, banyak kendala yang masih terjadi. Untuk beberapa sekolah harus menggunakan jenset agar saat listrik padam tidak akan terhambat ujiannya. Selain itu, harus disediakan internet yang memadai untuk menghubungkan siswa dengan server.

Agar CBT bisa sukses dilakukan beberapa antisipasi harus dilakukan. Kendala-kendala teknis harus diselesaikan dengan banyak jalan. Jika kendala-kendala sudah diantisipasi membuat siswa yang mengerjakan ujian nasional bisa merasa aman dan nyaman.

Contoh Teks Eksplanasi Pendidikan

Contoh Teks Eksplanasi Pendidikan

Akhir-akhir ini sangat banyak inovasi yang dilakukan di setiap jenjang pendidikan. Khususnya di sekolah dasar hingga sekolah menengah telah ada beberapa peraturan baru. Hal tersebut dapat dibahas dalam teks eksplanasi secara menyeluruh karena sangat menarik. Di bawah adalah contoh salah satu teks eksplanasi pendidikan yang terjadi akhir-akhir ini.

Judul: Pro dan Kontra dengan Adanya Sistem Zonasi

Sistem zonasi sudah mulai diterapkan dua tahun terakhir ini. Sistem zonasi adalah sistem yang mengatur peserta didik setiap sekolah berdasarkan lokasi rumah dengan sekolah. Pendapat masyarakat berbeda-beda terhadap sistem ini. Beberapa masyarakat setuju dengan system ini sedangkan beberapa masyrakat tidak setuju dengan sistem zonasi.

Bagi masyarakat yang menyetujui sistem ini menganggap bahwa sistem ini bagus untuk diterapkan demi meratakan sistem pendidikan di Indonesia agar tidak ada lagi sekolah favorit dan non favorit. Namun, bagi masyarakat yang menjunjung tinggi tingkat kecerdasan anak tidak setuju karena anak yang memiliki kecerdasan cenderung harus sekolah dekat rumah dan tidak bisa memilih sekolah yang diinginkan.

Sebenarnya sistem yang dibuat sudah bagus hanya saja perlu ada tindak lanjut dan tidak sekedar diterapkan. Jika ingin menerapkan sistem zonasi pemerintah harus meratakan fasilitas yang terdapat disetiap sekolah sehingga tidak ada kesenjangan di tiap sekolah.

Dengan adanya beberapa pendapat tersebut, maka pemerintah memberikan prosentase tersendiri bagi siswa yang dekat dengan sekolah, siswa berprestasi, dan siswa yang mendapat perlakuan khusus lainnya. Diharapkan sistem zonasi ada diterapkan semakin baik kedepannya.

Contoh Teks Eksplanasi Agama

Contoh Teks Eksplanasi Agama

Berbicara mengenai konteks agama merupakan sesuatu hal yang sedikit sensitif jika menggabungkan dua agama menjadi satu. Namun demikian, jika Anda menerima dengan pemikiran yang terbuka maka beberapa toleransi dan sikap menghargai akan terbentuk. Berikut adalah salah satu contoh teks eksplanasi agama yang bisa menjadi rujukan bagi Anda.

Judul: Berkorban Padahal Berbeda Agama

Beberapa oknum yang tidak bertanggungjawab bisa melakukan apapun tanpa memperdulikan keselamatan orang lain. Teroris bom telah terjadi akhir-akhir ini. Banyak korban yang berjatuhan, dan yang pasti beberapa orang yang tidak bermasalah. Bom ini sering terjadi di mall, gereja, atau tempat-tempat yang dianggap ramai dan tidak sesuai dengan aturan salah satu agama.

Suatu ketika saat banyaknya teroris terdapat satu bom di tempat ibadah gereja. Beberapa banser melindungi tempat tersebut dari serangan teroris. Banser yang menjaga bukan orang beragama kristen. Bahkan banyak banser yang beragama Islam. Meskipun berbeda agama tapi masih mau melindungi saudara yang sedang dalam ibadahnya.

Ditemuka bom di salah satu tempat tersembunyi oleh banser. Demi menyelamatkan banyak orang baik yang sedang beribadah maupun yang sedang berjaga di sekitar gereja. Banser tersebut membawa lari bom yang terdapat pada box untuk diledakan di luar gereja. Namun sayangnya, pada saat sampai pada gerbang gereja bom tersebut meledak.

Hal tersebut mengakibatkan banser yang membawa lari bom meninggal dengan luka di sekujur tubuhnya. Beberapa pembelajaran bisa diambil yaitu meskipun berbeda agama tetapi harus tetap saling menjaga dan melindungi.

Contoh Teks Eksplanasi Cinta Tanah Air

Contoh Teks Eksplanasi Cinta Tanah Air

Jiwa nasionalisme harus dimiliki oleh setiap warga Indonesia. Bangsa yang kaya akan budaya dan kekayaan alam harus dijaga dengan sepenuh hati dan dengan rasa bangga. Topik cinta tanah air adalah topik menarik yang bisa Anda gunakan sebagai bahan teks eksplanasi Anda. Berikut adalah contoh teks cinta tanah air yang dapat dijadikan rujukan.

Judul: Indonesia Kebanggaanku

Bangsa Indonesia adalah bagsa multikultural yang menjunjung tinggi toleransi dan sikap menghargai. Penduduka Indonesia memiliki keunikan tersendiri di setiap daerahnya karena suku, ras, dan agama di Indonesia sangat beragam.

Agama di Indonesia terdiri dari beberapa macama yaitu Islam, Kristen Protestan, Katholik, Hindu, Budha, dan yang lainnya. Setiap warga yang berbeda agama haruslah saling menghargai agar tercipta lingkungan yang nyaman dengan kerukunan yang dijunjung tinggi.

Banyak sekali suku dan ras di setiap daerah yang berbeda. Kulit tubuh setiap orang berbeda-beda, namun hal tersebut bukan menjadi sesuatu yang dianggap berbeda tapi disebut sebagai kekayaan bangsa. Semboyan Indonesia “Bhineka Tunggal Ika” yang berarti berbeda-beda tetapi tetap satu adalah bukti kerukunan waraga Indonesia.

Cinta kepada tanah air harus Anda buktikan dengan menghargai, toleransi, dan juga menggunakan produk lokal Indonesia. Selain kerukunan dan rasa kemanusiaan yang tinggi, tingkat perekonomian juga akan tetap terjaga.

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Ekonomi

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Ekonomi

Fenomena ekonomi yang menjadi perhatian khusus adalah banyaknya pengangguran yang ada di kota-kota besar maupun desa-desa kecil. Pengangguran berarti seseorang tidak melakukan sesuatu yang produktif sehingga menurunkan perekonomian Indonesia juga. Jika Anda tertarik membuat teks eksplanasi masalah pengangguran, berikut adalah contohnya.

Judul: Pengangguran Yang Terjadi Akibat Mahasiswa Tidak Mau Pulang Kampung

Pengangguran bisa terjadi kepada siapa saja baik yang sudah lama selesai studi atau yang baru saja menyelesaikan studinya. Di setiap pastinya banyak lapangan pekerjaan namun belum tentu cukup untuk semua orang yang tidak memperoleh pekerjaan. Daerah yang cukup populer di Jawa Timur adalah Malang yang terkenal karena cuaca yang bersahabat.

Malang adalah kota yang memiliki banyak universitas ternama dan memiliki reputasi baik. Tak jarang pemuda di kota-kota lain memutuskan untuk melanjutkan studi sarjananya di Kota Malang. Namun sayangnya, saat mereka sudah menyelesaikan studinya tak jarang banyak yang ingin tetap menetap di Malang dan mencari pekerjaan di Kota ini.

Banyaknya mahasiswa yang lulus tidak sebanding dengan adanya lapangan pekerjaan yang tersedia, sehingga mau tidak mau banyak lulusan sarjana yang belum mendapatkan pekerjaan. Diketahui dari Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Malang bahwa sarjana yang lulus tidak mau kembali ke kota asalnya sehingga menambah tingkat pengangguran di Kota Malang.

Oleh sebab itu, lapangan pekerjaan seharusnya ditambah atau bahkan mahasiswa yang sudah lulus menciptakan usaha sendiri yang nantinya bisa dijadikan sebuah mata pencaharian bagi banyak orang. Lulusan sarjana selalu diharapkan untuk menjadi penerus bangsa dengan pemikiran-pemikiran yang brillian.

Contoh Teks Eksplanasi Adiwiyata

Contoh Teks Eksplanasi Adiwiyata

Adiwiyata adalah program pendidikan yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan mengenai perlindungan lingkungan. Topik ini menarik untuk dibahas karena berhubungan dengan lingkungan yang sangat penting untuk kehidupan sehari-hari. Berikut adalah contoh bacaan eksplanasi dengan topik adiwiyata.

Judul: Program Adiwiyata di Kalangan Siswa Sekolah

Program adiwiyata mulai dikenalkan kepada warga sekolah khususnya siswa siswi yang ada di lingkungan sekolah. Melihat pentingnya kebersihan terhadap kesehatan akan dengan mudah menggiring proses perlindungan lingkungan berjalan dengan baik. Lingkungan yang bersih, sehat, dan nyaman adalah impian bagi setiap warga negara Indonesia.

Adiwiyata dilakukan di sekolah dengan Green School bertujuan untuk menciptakan kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan yang ada di sekitarnya. Sekolah dijadikan sasaran untuk program adiwiyata ini karena sekolah memiliki peran penting dalam membentuk karakter setiap individu siswa.

Jika sekolah sudah menerapkan program adiwiyata ini, maka akan ada penilaian dari Kementerian Lingkungan Hidup dan berikan sebuah penghargaan. Penghargaan yang didapatkan memiliki tingkatan tersendiri yaitu penghargaan tingkat kabupaten atau kota, tingkat nasional, dan tingkat mandiri. Yang paling spesial adalah tingkat mandiri karena akan diberikan langsung oleh presiden kepada 10 sekolah.

Dengan adanya program ini, maka sekolah akan menjadi tempat yang menjunjung tinggi tingkat kepedulian kebersihan, melakukan budaya pelestarian lingkungan, penghematan sumber daya, menciptakan kondisi lingkungan belajar yang sehat dan nyaman. Hal tersebut akan mempengaruhi sikap dan karakter siswa.

Program adiwiyata yang dilakukan oleh pemerintah mendukung terciptanya pembangunan karakter bagi setiap siswa. Selain karakter siswa yang terbentuk tetapi lingkungan yang sehat juga akan tercipta.

Contoh Teks Eksplanasi Media Sosial

Contoh Teks Eksplanasi Media Sosial

Bagi masyarakat Indonesia khususnya kalangan remaja dan dewasa, media sosial adalah salah satu hal terpenting dalam kehidupan sehari-hari. Di setiap kegiatan pasti selalu ingin memosting di media sosial. Untuk itu, jaman sekarang sangat pas jika berbicara mengenai media sosial yang banyak digunakan oleh banyak masyarakat Indonesia, berikut pembahasannya dalam teks eksplanasi.

Judul: Media Sosial Tempat Bebas Berekspresi

Berekspresi adalah salah satu kebebasan yang menjadi hak mutlak bagi semua orang. Pada saat ini banyak masyarakat yang menjadikan media sosial sebagai tempat berekspresi dan berbagi banyak hal. Jika dilihat dari pernyataan di atas, media sosial bukan hanya sebagai tempat berkomunikasi saja.

Media sosial yang sering digunakan saat ini adalah Facebook, Instagram, Whatsapp, dan lain-lain. Di setiap kejadian Anda bisa langsung memposting berupa foto atau video yang bisa diambil melalui fitur yang terdapat pada media sosial Anda sehingga banyak orang yang mengetahui apa, kapan, dan dimana Anda sedang melakukan sesuatu.

Selain berekspresi di setiap moment, Anda juga bisa menggunakan media sosial Anda untuk kebutuhan bisnis khususnya untuk mengenalkan produk dan memasarkan produk Anda kepada para pelanggan yang mengikuti Anda di media sosial Anda.

Sangat banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan media sosial. Namun, Anda harus tetap hati-hati dengan adanya beberapa konsekuensi yang Anda hadapi. Pastikan bahwa Anda menyimpan kata sandi dan username Anda dengan baik. Gunakan password yang sedikit rumit agar akun media sosial Anda tidak di hack oleh orang lain.

Sangat banyak contoh teks eksplanasi yang bisa Anda jadikan sebagai rujukan. Mullai dari fenomena sosial, ekonomi, internet, media sosial, dan yang lainnya. Pastikan Anda menulis teks eksplanasi sesuai dengan struktur yang ada agar teks Anda menjadi teks yang terstruktur dan enak untuk di baca. Selamat mencoba membuat teks eksplanasi versi Anda sendiri.

Contoh Teks Eksplanasi Lengkap (mudah di pahami)

Leave a Reply