14 Contoh Teks Eksposisi Definisi (Berbagai tema) 1

14 Contoh Teks Eksposisi Definisi (Berbagai tema)

Teks Eksposisi – Dalam penulisan artikel, terdapat berbagai macam contoh teks. Salah satu yang sering dibuat dan Anda baca di berbagai media adalah teks eksposisi. Teks eksposisi sendiri ada berbagai macamnya. Ada teks eksposisi definisi, klarifikasi, ilustrasi, laporan atau beirta hingga teks eksposisi yang merupakan eksposisi laporan atau berita. Biasanya yang sering dijumpai adalah contoh teks eksposisi definisi.

Berbagai jenis teks eksposisi tersebut dibedakan berdasarkan gaya penulisan dan juga tujuan penulisan teks ekposisi. Anda akan bisa membedakannya jika sudah membaca dari awal paragraph hingga akhir paragraf.

Mengenal Teks Eksposisi Definisi

Mengenal Teks Eksposisi Definisi

Ada banyak contoh teks eksposisi yang bisa Anda temukan di berbagai media. Anda tak hanya bisa menemukan contohnya di majalah atau Koran. Sekarang ini ada berbagai platform yang memudahkan Anda untuk mengakses berbagai teks eksposisi terutama teks eksosisi definisi seperti misalnya di social media, di internet, di perpustakaan digital bahkan di buku yang mungkin Anda tidak mengiranya.

Ciri dari teks eksposisi definisi ini biasanya panjang dan terdiri dari penjelasan yang rinci terkait dengan suatu hal tergantung tema yang akan diangkat. Hal inilah yang menjadikan teks eksposisi definisi sifatnya informative karena selain memuat penjelasan, tetapi juga memberikan banyak informasi yang berkaitan dengan hal yang menjadi topik tulisan.

Sehingga perlu bagi anda untuk memperhatikan contoh teks eksposisi definisi beserta strukturnya ketika membaca macam-macam contoh teks eksposisi ini.

Contoh Eksposisi Definisi dengan Tema Bahasa

Contoh Eksposisi Definisi dengan Tema Bahasa

Contoh yang pertama berhubungan dengan tema bahasa. Seperti yang telah dijelaskan bahwa teks ekposisi definisi ini akan meberikan penjelasan atau pengertian terkait suatu hal, maka teksnya akan bersifat informative dan edukatif. Sehingga contoh teks ekposisi definisi dengan tema bahasa ini akan memberikan pengetahuan terkait kebahasaan.

Menurut Nababan (2008:28-29), imbuhan atau afiks merupakan morfem terikat di mana letaknya harus diikatkan pada suatu kata dasar untuk sehingga dapat membentuk sebuah kata baru. Setelah mendapatkan imbuhan, suatu kata yang awalnya kata dasar tersebut akan secara otomatis diasebut dengan kata berimbuhan.

Penggunaan imbuhan pada kata dasar ini memiliki beragam fungsi yang berbeda. Fungsi yang pertama yaitu untuk dapat membentuk kata benda pada kata dasar yang bukan merupakan kata benda. Tujuan ini yang paling sering muncul dalam penggunaan kata imbuhan yang diberikan pada sebuah kata dasar.

Fungsi yang selanjutnya yaitu untuk membentuk kata kerja pada kata yang bukan termasuk jenis kata kerja. Bisa juga membuat kata kerja dengan menggunakan kata dasar yang sifat awalnya bukan berperan sebagai kata kerja. Dengan memberikan imbuhan ini, maka kata tersebut bisa berubah fungsi menjadi kata kerja dalam kalimat.

Selain dua fungsi di atas, ada juga fungsi lainnya yaitu untuk membentuk kata sifat yang pada kata dasar yang bukan termasuk kata sifat, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa fungsi penggunaan imbuhan pada kata dasar. Pada umumnya, penggunaan imbuhan ini difungsikan untuk merubah kata dasar menjadi beberapa kata lain seperti misal kata sifat, kata benda hingga kata kerja dalam suatu kalimat.

Namun, penggunaan imbuhan tentunya perlu diperhatikan dalam kalimat. Jika ingin menggunakan imbuhan pada sebuah kata dasar harus diperhatikan juga bagaimana penulisan setelah imbuhan dibubuhkan pada suatu kata dasar. Hal ini karena terdapat beberapa perbedaan pada penulisan bentuk kata setelah mendapatkan imbuhan atau awalan.

Selain itu yang perlu diperhatikan lagi adalah membedakan imbuhan dan awalan yang terkadang masih sulit dibedakan. Penggunaannya harus disesuaikan dengan bentuk kalimat dan tujuan awal kalimat dibentuk. Meskipun terkesan rumit, akan tetapi hal ini akan memudahkan pembaca memahami kalimat yang dibuat oleh penulis.

Penyampaian pesan melalui kalimat yang ditata dan disusun rapi adalah yang terpenting sehingga tidak terjadi kesalahan penafsiran sebuah kalimat yang dibentuk dengan menggunakan awalan dan imbuhan.

Contoh Eksposisi Definisi dengan Tema Sastra

Contoh Eksposisi Definisi dengan Tema Sastra

Tema sastra, meskipun terkesan sama dengan tema bahasa namun sebenarnya memiliki perbedaan yang mencolok. Sastra akan lebih beribcara terkait susunan kata dan strukturnya, sehingga contoh teks eksposisi definisi dengan tema sastra ini akan membahas terkit dengan penggunaan imbuhan dalam kalimat.

Berdasarkan laman id.wikipedia.org, definisi dari sebuah kata penghubung atau yang biasa juga disebut sebagai konjungsi, merrupakan sebuah kata yang memiliki fungsi untuk bisa menghubungkan kata dengan kata lain yang berada di dalam satu kalimat.

Secara singkat, bisa juga dijelaskan sebagai penghubung dalam kalimat, akan tetapi kata penghubung ini ternyata bisa juga digunakan untuk menghubungkan sebuah kalimat dengan kalimat lainnya yang ada di dalam satu paragraf.

Dalam memahami mengenai kata penghubung ini, bisa juga didefinsiikan sebagai sebuah kata yang ada di dalam kalimat dan memiliki tugas untuk dapat menghubungkan dua satuan bahasa yang sederajat.

Yang dimaksud satuan bahasa yang sederajat di sini contohnya adalah kata dengan kata, frasa dengan frasa, serta klausa dengan klausa. Untuk dapat menghubungkan kata dengan kata, atau frasa dengan frasa, hingga klausa dengan klausa maka dibutuhkan sebuah kata penghubung di dalam kalimat.

Dalam pengertian lain, bisa juga memaknai kata penghubung sebagai sebuah kategori yang fungsinya adalah untuk meluaskan satuan yang lain yang terdapat di dalam sebuah konstruksi hipotaktis, dengan tujuan untuk selalu menghubungkan dua satuan lain atau lebih di dalam sebuah konstruksi.

Contoh Eksposisi Definisi Tentang Kucing

Contoh Eksposisi Definisi Tentang Kucing

Contoh teks eksposisi definisi dengan tema ilmu pengetahuan alam ini akan memberikan informasi terkait dengan hewan peliharaan berupa kucing. Dalam teks ekposisi akan banyak memberikan pengetahuan yang sifatnya umum dan informative sehingga bisa menambah khasanah para pembacanya.

Menurut pengertian yang diperoleh dari laman id.wikipedia.org, kucing di artikan sebagai salah satu hewan karnivora yang asal muasalnya adalah dari keluarga Felidae. Sedangkan untuk nama ilmiah dari kucing sendiri yaitu Felis silvestris catus atau bisa juga disebut sebagai Felis catus. 

Saat ini banyak manusia yang bisa hidup bersama dengan kucing dalam kehidupan sehari-harinya. Hal ini bukan lagi hal baru, karena ternyata menurut fakta yang ada hewan kucing memang telah berbaur dengan kehidupan manusia sudah sejak lama. Bahkan, sejak 6000 tahun sebelum masehi kucing sudah dikenal sebagai hewan peliharaan yang hidup berdampingan dengan manusia di tempat tinggalnya.

Fakta yang menarik ini ditemukan dengan didukung beberapa temuan ilmiah yang seklaigus menjadi bukti tentang keberadaan kucing yang berbaur dengan kehidupan manusia di dunia. Temuan ini merujuk dari saksi sejarah yang menemukan bukti keberadaan kerangka kucing yang terdapat di pulau Siprus.

Sehingga tidak heran jika hingga kini, keberadaan hewan kucing bisa menjadi salah satu di antara jenis hewan peliharaan yang paling pouler di masyarakat, selain anjing, kelinci, ataupun hamster.Namun, tidak semua jenis kucing bisa ditemukan dengan mudah di masyrakat karena jumlah mereka biasanya di domuniasi oleh jenis tertentu.

Salah satu jenis hewan ini yang paling banyak jumlah populasinya di dunia adalah kucing keturunan campuran atau yang lebih familiar di sebut sebagai kucing liar atau bsia juga disebut dengan kucing kampung.

Jenis kucing kampong ini populasinya bahkan bisa mencapai angka 90 % lebih dari jumlah populasi kucing yang ada di dunia.

Kemudian ada juga jenis kucing minoritas yang memiliki banyak penggemar. Perlu diketahui bahwa jenis kucing ras yang banyak digemari orang-orang ini populasinya hanya sebesar 1% saja di seluruh dunia. Contoh kucing yang berasal dari jenis kucing ras yaitu kucing dengan penampilan yang menarik dan biasanya harga jualnya pun cukup tinggi. Misalnya adalah kucing Persia, kucing Siam, kucing Manx, dan juga kucing Spinx.

Contoh Eksposisi Definisi Jahe

Contoh Eksposisi Definisi Tentang Kucing

Jika berbicara mengenai suatu tema yang lingkupnya lebih sempit seperti tema tanaman ini, maka informasi yang diberikan harus berupa informasi yang lengkap. Contoh teks eksposisi definisi dengan tema tanaman di bawah ini akan membahas mengenai tumbuhan jahe.

Menurut beberapa sumber di internet, pengertian Jahe (Zingiber officinale) merupakan jenis tanaman rimpang yang bisa dikatakan sangat popular di kalangan masyarakat Indonesia. Tanaman jahe ini biasanya digunakan untuk campuran bahan masakan atau penyedap rasa alami.

Tak hanya digunakan sebagai campurna, baisanya jahe sendiri bsia dikonsumsi tanpa ditambahkan rempah lainnya. Hal ini karena jahe memiliki berbegaia khasiat yang memang dicari oleh banyak orang sehingga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi sendiri tanpa ditambahkan bahan lainnya sebelum dimakan atau diminum.

Selain itu, jahe bisa juga digolongkan sebagai bagian dari rempah-rempah tanaman yang memiliki fungsi untuk bisa mengobati beberapa penyakit ringan yang menyerang tubuh seperti batuk, panas dalam dan masih banyak lagi.  Itulah mengapa jahe masuk ke dala kategori apotek hidup yang direkomendasikan untuk ditanam di pekarangan rumah warga agar mudah digunakan dan dikonsumsi secara langsung.

Secara penampakannya, tanaman jahe ini dapat memiliki tinggi hingga mencapai 100 cm, meskipun dengan ketinggian 30 cm tanaman ini bisa dikatakan masih normal.

Selain mengenal batangnya, penampakan lainnya yang harus diperhatikan adalah daunnya memiliki bentuk yang menyirip yang memiliki panjang sekitar 15 hingga 23 mm dengan lebar rata-rata 8 mm hingga 15 mm. Selain batang dan daunnya, tanaman Jahe ini memiliki rimpang atau bentuk akar akar yang menyerupai bentuk jemari menggembung, dan terdapat pada ruas-ruas tengah.

Seperti yang diketahui bahwa tanaman jahe diamnfaatkan dengan cara diambil bagian akarnya, maka akar rimpang inilah yang nantinya dikenal sebagai jahe yang ada di dapur anda.

Untuk mendefinisikan rasa yang ada pada rempah ini, bisa dikatakan bahwa rasa jahe di lidah manusia didominasi rasa pedas dan panas ketika masuk ke dalam tubuh. Rasa dominan pedas dan hangat pada jahe ini muncul sebaba adanya senyawa keton yang bernama zingeron dalam rempah jahe.

Ternyata, jahe tidak hanya ada satu jenis, melainkan ada tiga jenis jahe yang biasanya digunakna dan dimanfaatkan oleh masyarakat Indoesia. Paling tidak Anda bisa menemukan 3 jenis jahe yang sangat popular di pasaran yaitu, jahe gajah, jahe kuning dan juga jahe merah.

Contoh Eksposisi Definisi Dengan Tema Pendidikan

Contoh Eksposisi Definisi Tentang Kucing

Contoh teks eksposisi definisi dengan tema pendidikan ini akan memberikan informasi yang lengkap mengenai pendidikan karakter. Seperti sifat teks eksposisi yang memberikan berbagai maam informasi dalam beberapa paragraph tulisannya, maka contoh teks eksposisi tentang pendidikan di bawah ini bisa menambah pengetahuan pembacanya terkait dengan pendidikan karakter di Indonesia.

Pendidikan dapat diartikan sebagai alat yang bsia membawa seorang manusia merdeka untuk mencapai mimpinya sekaligus sebagai sarana untuk bisa meningkatka kualitas hidup yang dapat menyokong dirinya dalam berbagai bidang seperti sosial ekonomi dan budaya di masyrakat. Pendidikan dapat juga dimaknai sbegaai budaya belajar yang berkembang di dalam masyarakat.

Meskipun banyak sekali definisi dan pengertian untuk pendidikan, akan tetapi satu hal yang jelas yaitu pendidikan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan setiap individu yang ada di muka bumi ini.

Secara sederhana, pendidikan dapat digambarkan sebagai proses bagi seseorang dapat menemukan jati dirinya sendiri. Jati diri tersebut tentu saja terbentuk oleh karakter yang dimiliki oleh seseorang itu sendiri. Pembentukan dan penemuan karakter atau jati diri ini harus di tanamkan pada mansuia sejak usia dini sehingga bisa menghasilka manusia yang berkualitas dan berintegritas.

Dalam pelaksanaannya, pendidikan ini dilaksanakan di Indonesia dengan berdasarkan beberaa peraturan yang dibentuk oleh pemerintah. Beberapa tahun belakangan, pemerintah telah menerbitkan peraturan terbaru untuk dunia pendidikan di Indonesia dengan cara mengubah Kurikulum Satuan Pendidikan (KTSP) yang sebelumnya telah berlaku selama beberapa tahun menjadi kurikulum 2013 yang berlaku hingga kini.

Perubahan ini tak hanya mengubah kurikulum yang berlaku di bangku sekolah melainkan juga mensyaratkan adanya sistem pendidikan berbasis pendidikan karakter sebagai bagian dari pendidikan Indonesia. Tujuannya adalah untuk dapat memberikan kesempatan bagi siswa yang memiliki kemampuan secara personal atau dalam hal pendidikan agar bisa mencoba untuk menggali potensi diri dari seorang individu.

Pendidikan karakter ini dianggap penting sebab bisa menggali bakat-bakat tersembunyi yang di miliki oleh setiap siswa. Karena tentunya setiap siswa memiliki bakat, potensi, dan kecerdasan yang berbeda dan mendalami bidang yang berbeda-beda pula. Dengan adanya sistem ini maka justifikasi akan siswa yang tidak menguasai suatu bidang di dalam proses belajar merupakan siswa yang bodoh.

Alasannya tentu karena setiap siswa pasti memiliki potensi yang berbeda, sehingga ketika dia tiak bisa satu bidang maka pasti akan menonjol pada bidang lain. Dengan kata lain, adanya sistem ini tidak akan mengkategorikan siswa yang cerdas adalah siswa yan pintar pelajaran di kelas.

Harapannya, pendidikan karakter nantinya mampu membekali siswa untuk mempersiapkan masa depannya sesuai dengan bidang yang digemari. Selain itu juga mengajarkan siswa agar memiliki sikap toleransi kepada sesamanya untuk menciptakan iklim persaingan yang kondusif di dunia pendidikan dan pekerjaan di masa depan.

Contoh Eksposisi Definisi Dengan Tema Lingkungan

Contoh Eksposisi Definisi Dengan Tema Lingkungan

Contoh teks eksposisi definisi dengan tema sampah ini akan memberikan informasi dan pegetahuan yang cukup berkaitan dengan keberadaan sampah di masyarakat di mana di dalam setiap paragrafnya akan menampilkan satu hingga dua ide yang merupakan pesan berupa informasi.

Sampah diartikan sebagai material sisa yang tidak diinginkan di akhir suatu proses baik itu aktivitas manusia maupun dalam proses alam. Biasanya yang paling sering dijumpai adalah sampah padat. Sampah padat ini dibagi menjadi dua jenis yaitu sampah organik dan sampah anorganik. Sampah organik ciri khasnya yaitu bisa diuraikan oleh bakteri sedangkan sampah anorganik yang tidak dapat diuraikan bakteri.

Hampir semua aktivitas manusia sehari-hari selalu meninggalkan sampah di akhir prosesnya seperti misalnya dari kegiatan masak di dapur yang akan meninggalkan sampah plastik, atau kegiatan belajar mengajar di sekolah yang meninggalkan sampah kertass serta perkantoran meninggalkan sampah tisu dan lainnya.

Hal ini tentu menjadikan semakin besar jumlah sampah yang ada di masyarakat setiap harinya. Jumlah yang semakin besar ini akan memberikan dampak negative juga bagi masyarakat itu sendiri. Mengapa hal ini bisa terjadi? Sebab sampah-sampah anorganik tersebut tidak bisa diuraikan bakteri sehingga tidak bisa hancur dan akan terus menumpuk.

Salah satu dampak negative yang akan diterima dengan membludaknya volume sampah adalah banjir. Selain karena volume sampah yang banyak, banjir ini bisa juga terjadi akibat penyumbatan saluran air dan pendangkalan sungai oleh sampah. Inilah mengapa kebiasaan buruk membuang sampah sembarang sudah seharusnya dihentikan.

Apalagi ketika musim hujan tiba, maka air sungai akan penuh hingga badan sungai tak mampu menampung kapasitas air dan sampah. Ketika terjadi banjir, air sungai akan membawa serta sampah-sampah organik hingga ke jalanan, pemukiman warga dan kawasan yang ada di sekitar sungai.

Contoh Eksposisi Definisi Dengan Tema Politik

Contoh Eksposisi Definisi Dengan Tema Politik

Contoh teks eksposisi definisi dengan tema politik tujuannya bukan untuk melaporkan kejadian atau berita yang mengandung unsur atau tema politik tetapi justru memberikan informasi dan pengetahuan yang cukup berkaitan dengan dunia politik, sehingga bahasannya bisa apa saja yang ada dalam lingkup politik.

Pemilu merupakan suatu proses demokrasi yang memiliki nilai lebih di mata masyarakat. Hal itulah mengapa pemilu disebut sebagai pesta demokrasi. Selain itu pemilu dipandang sebagai kesuskesan tertinggi dalam menjalankan Negara demokrasi. Pemilu ada banyak macamnya. Pemilu legislative digunakan untuk memilih anggota dewan.

Kemudian ada juga proses pemilu untuk memilih presiden dan wakil presiden. Selain itu, pemilu yang bertujuan untuk memilih pemimpin daerah dinamakan pemilukada atau pilkada. Dalam pelaksaannya pemilu memiliki beragam serba serbi dari mulai proses pelaksaan hingga elemen lain yang terdapat di dalam proses pemilihan itu sendiri.

Seperti mislanya pemilu untuk memilih anggota dewan (legislatif). Terkait dengan proses pemilu legislatif, seluruh elemen masyarakat yang akan menggunakan suaranya dihimbau untuk berfikir bijak dan cerdas dalam melakukan pemilihan tehadap anggota dewan yang akan menempati jabatan sebagai wakil rakyat.

Sebagai salah satu contohnya adalah kualitas anggota dewan yang tengah dalam masa baktinya. Banyak sekali anggota dewan pemalas yang maju kembali sebagai calon legislative. Hal ini akan berdampak pada kinerja mereka. Misalnya adalah ketika DPR RI menggelar Sidang Paripurna dengan agenda rapat adalah pengesahan Program Legislasi Nasional (Prolegnas) tahun 2014.

Tercatat bahwa meskipun anggota dewan yang hadir tidak kuorum, Sidang Paripurna tetap dilaksanakan hingga akhir. Semestinya batas kuorum kehadiran dalam Sidang Paripurna adalah setengah dari jumlah anggota dan ditambah satu orang atau dengan kata lain harus ada minimal 281 anggota dewan saat itu.

Faktanya, malasnya anggota dewan ikut rapat paripurna ini bukan yang pertama kali terjadi di dalam sejarah. Padahal dapat dikatakan bahwa setaip rapat yang digelar oleh anggota dewan merupakan penentuan nasib rakyat. Ini artinya kualitas anggota dewan akan mempengaruhi kualitas regulasi yang diterbitkan dan secara tidak langsung berpengaruh terhadap nasib rakyat di segala bidang.

Itulah mengapa penting untuk bisa menentukan pilihan yang berkualitas pada setaip pelaksanaan pemilu. Pemilih sebaiknya di edukasi terkait dengan spesifikasi calon anggota dewan yang akan diberikan kesempatan untuk menduduki kursi yang terhormat di senayan.

Terlebih bagi pemilih pemula yang nantinya akan memilih untuk pertama kalinya, sehingga harus diedukasi dengan baik terkait latar belakang calon anggota dewan. Bukan hanya itu, cara memilih dan lain sebagainya juga harus diperhatikan. Pemilih pemula meskipun baru pertama kalinya memilih harus bsia menggunakan suaranya secara bijak sehingga dapat ikut berkontribusi memberikan perubahan bagi Negara.

Contoh Eksposisi Definisi dengan Tema Teknologi

Contoh Eksposisi Definisi dengan Tema Teknologi

Tema teknologi dalam contoh teks ekposisi definisi ini akan memberikan informasi dan pengetahuan yang bisa Anda terapkan dalam mengadapi era masifnya penggunaan teknologi. Hal ini tentu sesuai dengan tujuan teks eksposisi dimana bisa memberikan informasi dan pengetahuan terkait suatu tema.

Internet merupakan salah satu bentuk teknologi yang kini semakin dekat dengan masyarakat dan hampir mengambil kendali atas sebagian besar kehidupan manusia. Bahkan, internet kini dianggap sebagai hal paling penting di dalam kehidupan manusia.

Sebagai teknologi, internet memiliki dua sisi yaitu membawa manfaat atau dampak positif namun di sisi lain juga memberikan efek negative dalam penggunaannya. Beragam manfaat yang akan diterima oleh pengguna internet seperti misalnya kemudahan bertransaksi digital, kemudahan menjalin komunikasi visual, sarana pengembangan informasi dan lain sebagainya.

Namun, dibalik kemudahan itu internet bisa saja memberikan efek negative seperti kecanduan. Atau konsumsi sosial media yang terlalu sering bisa berakibat pada gangguan kejiwaan penggunanya.

Secara lebih rinci, berikut ini adalah beberapa kelemahan dalam menggunakan internet dalam kehidupan sehari-hari. Efek negative di bawah ini biasanya terjadi pada pengguna yang mengkonsumsi konten di internet secara berlebihan hingga berjam-jam dalam waktu satu hari.

Efek negative yang pertama yaitu membuat orang menjadi malas bergerak dan meninggalkan gawainya, contohnya ketika malas untuk memasak karena terlalu asik scroll sosial media, malas pergi berbelanja ke pasar karena bisa belanja online atau malas mengendarai kendaraan sendiri untuk pemesanan makanan karena sudah tersedia jasa pengantar makanan, hal-hal semacam itu kini semakin banyak terjadi di masyarakat.

Yang kedua yaitu internet bisa membuat malas berpikir, salah satu kasus misalnya adalah di dunia pendidikan. Ketika seorang siswa mendapat tugas dari guru mengenai suatu hal biasanya mengejakan tugas dengan cara copy-paste dari internet, tanpa membiasakan untuk membaca terlebih dulu, berpikir dan menyusun tugas dengan sendiri.

Pada efek kedua ini, secara tidak langsung akan menibulkan kasus baru yaitu kasus plagiasi tulisan dari e-book dan e-journal yang banyak beredar di internet.

Yang selanjutnya adalah efek apabila penggunanya salah memanfaatkan internet. Contohnya adalah dengan adanya kebebasan mengakses apapun yang tersedia di internet, semua orang akan membuka berbagai situs, oleh karena itu banyak penyalahgunaan untuk membuka situs dewasa bagi anak-anak. Hal ini secara tidak langsung akan membentuk pribadi dan karakter anak yang tidak baik.

Efek negative lainnya dalam menggunakan internet akan terjadi apabila penggunanya terlalu fokus dalam menggunakannya dengan mengakses media sosial secara berlebihan ataupun main game yang akan membuat intensitas berinteraksi dengan lingkungan sekitar menjadi sangat berkurang.

Hal ini akan berdampak buruk karena pengguna internet bisa saja kehilangan kemampuan berinteraksi secara langsung. Untuk mengantisipasi dampak negative tersebut terjadi pada para pengguna internet, maka salah satu cara yang harus dilakukan adalah dengan memiliki kesadaran diri sendiri terlebih dahulu.

Sebaiknya para pengguna internet ini hanya menggunakan atau memanfaatkan internet untuk hal-hal yang positif, tidak sepenuhnya tergantung dengan internet. Kemudian dianjurkan juga untuk dapat membatasi waktu penggunaan internet sebab jika terlalu sering juga akan menggangu kesehatan mata.

Selain itu bisa juga dengan memulai untuk mengajak orang-orang sekitar untuk bersama-sama memanfaatkan internet dengan baik.

Contoh Eksposisi Definisi dengan Tema Budaya

Contoh Eksposisi Definisi dengan Tema Budaya

Contoh teks ekposisi definisi dengan tema budaya bertujuan untuk dapat memperkaya khasanah pembaca terkait dengan dunia budaya. Hal ini selaras dengan tujuan teks eksposisi yang ditulis dalam rangka memberikan informasi dan pengetahuan yang cukup bagi pembacanya berkaitan dengan suatu tema tertentu.

Kebudayaan Indonesia dapat diartikan sebagai seluruh kebudayaan nasional, termasuk di dalamnya ada kebudayaan lokal maupun kebudayaan asing yang telah berkembang di Indonesia sejak dulu kala. Kesemuanya disebut sebagai kebudayaan Indonesia. Namun tentunya harus ada porsi tersendiri antara budaya lokal dengan budaya asing.

Hal ini karena budaya lokal biasanya lebih mencerminkan identitas sebuah Negara dibandingkan dengan budaya asing yang masuk dan mempengaruhinya. Porsi budaya lokal dan budaya asing seharusnya diperhatikan oleh seluruh kalangan masyarakat.

Namun dalam praktiknya, terkadang budaya asing yang masuk tanpa disaring untuk dipilih terlebih dahulu, dan langsung menerima dan meniru tanpa dipikirkan ulang. Hal ini menjadikan besar kemungkinannya masyarakat Indonesia meniru budaya yang sebenarnya bertentangan dengan budaya asli Indonesia.

Tentunya dalam memilih budaya yang akan masuk ke dalam budaya kita harus memperhatikan bagaimana karakter budaya asli Indonesia yang terkenal akan sopan santunnya. Budaya ini dapat meliputi brbagai aspke kehiduan seperti misalnya cara berpaikan, cara bergaul, cara menyambut tamu dan lain sebagainya.

Terjadinya gesekan antara budaya lokal dengan budaya asing yang masuk ke Indonesia ini dpaat disebabkan oleh sejumlah faktor seperti contohnya kurang kesadaran di dalam masyarakat mengenai pentingnya melestarikan budaya sendiri.

Seperti yang diketahui bahwa masyarakat saat ini lebih memilih dan menirukan budaya asing yang dianggap lebih praktis, efisien dan sesuai perkembangan zaman padahal banyak budaya asing yang ditiru ini bertentangan dengan adat yang ada sejak jaman leluhur.

Hal ini bukan berarti budaya lokal tidak terbuka akan budaya asing karena sejatinya budaya lokal dapat menyesuaikan perkembangan zaman asal tidak meninggalkan ciri khas budaya lokal itu. Faktor yang selanjutnya terkait dengan minimnya komunikasi budaya, karenan peranan komunikasi merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk menghindari terjadinya salah pemahaman tekait budaya bangsa.

Jika sampai terjadi minimnya komunikasi dalam suatu bangsa maka akan berpotensi menimbulkan perselisihan antar budaya suku yang bisa mencapai konflik yang nantinya akan berdampak bagi ketahanan nasional.

Pembelajaran terkait dengan budaya yang cenderung rendah ini bertujuan untuk mengetahui pentingnya budaya lokal dalam membangun budaya bangsa secara keseluruhan serta mengetahui cara adaptasi budaya lokal di tengah perkembangan zaman.

Contoh Eksposisi Definisi dengan Tema Sosial

Contoh Eksposisi Definisi dengan Tema Sosial

Contoh teks ekposisi definisi dengan menggunakan tema sosial ini akan memberikan pandangan yang luas dan terbuka bagi para pembacanya karena mengadung pesan informative di setiap paragrafnya. Meskipun teks ekposisi dibagi ke dalam 3 struktur, namun dapat dipastikan bahwa setiap paragraph dalam contoh teks eksposisi menyimpan pesan dan pengetahuan.

Dalam hidup bermasyarakat, tidak bisa dipungkiri bahwa terdapat ebrbagai macam perbedaan yang dirasakan hampir di semua aspek kehidupan. Sebagaimana Tuhan telah menciptakan manusia (laki-laki dan perempuan) sama, akan tetapi secara kondisi jenis kelamin (seks) dan peran yang harus dilakukan (gender) mempunyai kodrat yang berbeda.

Perbedaan yang ada di masyarakat ini harus diterima sebagai kodrat yang di anugrahkan kepada manusia oleh Tuhan Yang Maha Kuasa. Namun ketika berbicara mengenai kesetaraan gender tentunya kita tengah berbicara mengenai hal yang berbeda dimana kondisi sangat memungkinkan kita untuk membawa laki-laki dan perempuan disejajarkan dalam tingkatan yang sama di dalam masyarakat.

Maksud dari kata sejajar di sini artinya adalah setara dalam memperoleh hak-hak asasinya secara wajar dan adil dan menjalankan perannya dalam pendidikan, politik, ekonomi, pertahanan dan keamanan, dan bidang lainnya selama hidup di masyarakat.

Meski begitu, tak jarang ditemukan perbedaan pemahaman terkait dengan istilah kesetaraan gender. Tak jarang yang memahami kesetaraan gender dalam bermasyarakat ini sebagai sesuatu yang justru disalahartikan.

Sebagai contoh adalah pengertian mengenai proses pengambilan alih pekerjaan dan tanggung jawab laki-laki, seperti mengangkat barang-barang yang berat, kewajiban mencari nafkah untuk keluarga, menjadi nelayan, dan lainnya yang dianggap harus diberikan kepada kaum wanita. Tentunya pengertian ini hanya memandang kesetaraan gender sebagai perubahan tempat terkait peran dan tanggung jawab.

Padahal secara sederhana, kesetaraan Gender bukan hanya berarti pengambilan alih pekerjaan dan kewajiban seorang suami (laki-laki) ke tangan istri (perempuan), melainkan lebih luas dari itu yaitu adalah proses cara pandang yang sama bagi kaum laki-laki dan wanita dimana keduanya akan diberikan kesempatan yang sama di berbagai bidang kehidupan.

Banyak sekali contoh kasus kesetaraan gender yang ada di masyarakat dan relevan dengan masa sekarang. Hal ini lah yang menjadikan isu kesetaraan gender ini sangat hangat dibicarakan an terus di bahas di berbagai platform yang membuka diskusi terkait kesetaraan gender.

Namun pada intinya isu kesetaraan gender mengacu pada kasus kesetaraan peran laki-laki dan perempuan terkait dengan kesetaraan hak-hak asasinya, kesempatan yang sama dalam pengambilan keputusan, perlakuan, tanggung-jawab dalam kehidupan yang memiliki kedudukan yang sejajar di dalam masyarakat dan di berbagai bidang atau aspek kehidupan.

Sebagai salah satu nilai positif yang bisa diambil dengan adanya kesetaraan gender di masyarakat maka setiap individu mempunyai hak-hak yang sama, bisa saling menghargai tugas satu sama lain, sehingga tidak ada salah satu pihak yang merasa paling berkuasa dan dominan serta merasa lebih baik atau lebih tinggi kedudukannya.

Ketika kesetaraan gender ini sudah dapat di raih, maka dalam hidup di masyarakat i tidak akan ada lagi diskriminasi berdasarkan jenis kelamin seseorang yang tentunya merugikan golongan tertentu.

Contoh Eksposisi Definisi dengan Tema Ekonomi

Contoh Eksposisi Definisi dengan Tema Ekonomi

Contoh teks eksposisi definisi dalam bidang ekonomi ini akan memberikan pengetahuan dalam hal ekonomi bagi para pembacanya. Meskipun bahasannya tidak dapat digolognkan sebagai pembahasan yang teknis, akan tetapi teks eksposisi ini tetap memiliki informasi yang diperlukan oleh para pembaca kaitannya dengan pengaruh globalisasi dalam ekonomi.

Semakin berkembangnya dunia teknologi, maka semakin berkembang pula brebagai bidang lain di dunia ini. Sebut saja keberadaan digitalisasi yang dipelopori dengan tercetusnya gerakan globalisasi. Hal ini tak ubahnya sebagai pintu gerbang akan perkembangan di bidang lainnya. Salah satu yang terdampa adalah bidang ekonomi.

Dalam istilahnya, dunia mneyebut perkembangan digital dalam bidang ekonomi sebagai globalisasi perekonomian. Globalisasi perekonomian ini dimaknai sebagai sebuah proses ekonomi terutama dalam aspek perdagangan di mana seluruh dunia menjadi satu kesatuan pasar tanpa rintangan batas teritorial negara.

Dalam sebuah pengertian lain dikatakan bahwa proses ini merupakan sebuah fenomenan dimana terdapat keterkaitan erat antara ekonomi nasional dan ekonomi internasional. Imbasnya adalah banyak produk luar negeri yang sudah melekat dengan warga Indonesia dan produk Indonesia pun juga banyak yang di ekspor ke luar negeri dan menjadi barang yang dikonsumsi oleh Negara lain.

Sebagai salah satu contoh nyata dari pengaruh globalisasi ekonomi yaitu dengan adanya pasar bebas. Namun pada praktiknya ternyata masih banyak masyarakat yang belum memahami bagaimana proses terjadinya dan berjalannya globalisasi ekonomi.

Hal ini tentunya berdampak pada pemain di bidang ekonomi seperti misanya pelaku kegiatan ekonomi yang pada umumnya tidak tahu apa saja manfaat dari globalisasi ekonomi dan kerugian yang harus ditanggung oleh Indonesia akibat globalisasi ekonomi jika tidak bisa mempersiapkan diri sedini mungkin.

Pasar bebas ini, diakui atau tidak diakui memang meberikan banyak dampak positif bagi Indonesia salah satunya adalah semakin terbukanya peluang perluasan pasar dengan cara melakukan ekspor pada produk-produk dlama negeri sehingga memperluas jaringan pasar produk dalam negeri untuk bisa merambah ke pasar internasional secara kompetitif guna meluaskan jaringan produk Indonesia.

Dengan adanya berbagai kelebihan yang dijanjikan dari proses globalisasi ekonomi ini, tentunya sekaligus membawa beberapa dampak negative yang tidak bisa ditawar. Untuk itu, Negara harus turut aktif mempersiapkan ketahanan pasar untuk mengahdapi gempuran efek negative yang lambat laun akan sangat terasa pengaruhnya bagi kestabilan harga di pasar domestik.

Salah satu masalah yang dihasilkan dengan adanya globalisasi ekonomi ini bersumber dari ketidakpastian ekonomi di Indonesia dalam persaingan pasar yang semakin hari semakin bebas. Perdagangan luar negeri yang berkembang dengan pesat dan dimodali dengan berbagai macam kemajuan teknologi mejadikan pasar domestic bsia kewalahan untuk menghdapai persaingan.

Persaingan ini tentu saja muncul bukan hanya di dalam lingkup pasar global melainkan di lingkup terendah hingga ke pasar tradisional. Hal inilah yang seharusnya di antisipasi olhe berbagai kalangan yang terlibat.

Contoh Teks Eksposisi dengan Tema Kesehatan

Contoh Teks Eksposisi dengan Tema Kesehatan

Contoh teks ekposisi tentang kesehatan ini biasanya dapat dijadikan sebagai referensi kesehatan bag masyarakat umum. Meskipun tidak bisa dijadikan panduan mutlak perihal kesehatan tubuh, namun teks bagaimanapun teks eksposisi ini mengandung berbagai informasi yang bsia menambah pengetahuan pembacanya kaitannya dengan dunia kesehatan.

Kesehatan mental dapat diartikan sebagai kondisi mental yang mungkin tidak terlihat secara kasat mata dari luar tubuh tetapi memiliki pengaruh yang besar terhadap kondisi tubuh secara umum.

Kondisi mental yang baik adalah kondisi di mana batin kita berada dalam kondisi yang tentram dan tenang, sehingga memungkinkan kita untuk dapat menikmati proses dan jalannya kehidupan sehari-hari sehingga kita bisa lebih mudah menerima kenyataan dan menghargai orang lain di sekitar.

Seseorang yang mentalnya tergolong sebagai mental yang sehat akan bisa menggunakan kemampuan atau potensi yang ada di dalam dirinya secara maksimal dan dimanfaatkan untuk menghadapi tantangan hidup, serta menjalin hubungan positif dengan orang lain yang ada di masyarakat.

Sebaliknya, orang dengan kondisi kesehatan mental yang terganggu bisa berpotensi mengalami gangguan pada aspek lain dalam dirinya seperti misalnya gangguan pada suasana hati, kemampuan berpikir, serta kendali emosi yang pada akhirnya bisa mengarah pada perilaku buruk.

Salah satu kondisi yang tergologn sebagai gangguan mental adalah stress. Stress merupakan suatu kondisi atau keadaan ketika seseorang mengalami tekanan yang sangat berat, baik dari sisi emosinya maupun yang menyerang mentalnya.

Ciri-ciri orang yang mengalami kondisi stress biasanya akan tampak gelisah, cemas, dan mudah tersinggung. Stres juga dapat mengganggu konsentrasi, mengurangi motivasi, dan pada kasus tertentu bisa memicu hal yang lebih parah yaitu depresi.

Contoh Teks Eksposisi dengan Tema Hukum

Contoh Teks Eksposisi dengan Tema Hukum

Dalam contoh teks eksposisi ini, terdapat informasi terkait dengan istilah-istilah yang ada pada dunia hukum seperti misalnya adalah hukum pidana, hukum perdata dan informasi lainnya yang akan memberikan pengetahuan baru atau tambahan bagi para pembacanya.

Dalam sebuah pengertian yang disampaikan oleh ahli hukum bernama Prof. Subekti, hukum perdata adalah adalah segala hukum private materiil yaitu segala hukum pokok yang di dalamnya mengatur kepentingan perseorangan di mata hukum.

Sedangkan terdapat pengertian lain yang diterangkan oleh Prof. Sudikno Mertokusumo, hukum perdata diartikan sebagai keseluruhan peraturan yang mempelajari mengenai hubungan antara orang yang satu dengan yang lainnya dalam hubungan keluargan dan dalam pergaulan di dalam masyarakat.

Sejarah hukum perdata di beragai Negara tentu berbeda. Hukum perdata yang ada di Indonesia misalnya, tidak terlepas dari sejarah hukum perdata Eropa, terutama pada bagian Eropa kontinental di mana berlaku Hukum Perdata Romawi yang dipandang sebagai hukum asli dari negara di Eropa itu sendiri, disamping terdapat hukum yang tertulis dan kebiasaan setempat yang selalu dijunjung tinggi sebagai sebuah hukum.

Dengan adanya perbedaan peraturan pada masing-masing daerah ini, akhirnya menjadikan orang mencari jalan untuk bisa memperoleh dan mempunyai kepastian hukum serta kesatuan hukum sebagai tujuan bersama.

Berdasarkan prakarsa dari Napoleon yang ada pada tahun 1804 telah dihimpun sebuah hukum perdata yang memiliki nama Code Civil de Francais atau lebih sering disebut dengan Code Napoleon.

Pada tahun 1814, Belanda mulai menulis dan mengumpulkan susunan Kitab Undang-Undang Hukum Perdata dengan menggunakan dasar kodifikasi hukum Belanda dibuat oleh MR.J.M.KEMPER yang kemudian lebih sering disebut dengan ONTWERP KEMPER dan pada 1824 Kemper meninggal dunia lalu diteruskan oleh NICOLAI yang menjabat sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Belanda.

Berbagai kumpulan contoh teks ekposisi definisi panjang di atas memberikan telah memberikan Anda gambaran bagaimana menulis teks eksposisi definisi dengan berbagai tema. Intinya, dalam penulisan contoh teks eksposisi definisi Anda harus memperhatikan informasi yang terkandung di dalamnya karena yang namanya teks eksposisi harus bersifat informative dan memuat banyak pengetahuan.

Contoh Teks Eksposisi Definisi (Berbagai tema)

Leave a Reply