9+ Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Yang Baik Dan Benar 1

9+ Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Yang Baik Dan Benar

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi – Pengamatan biasa dilakukan untuk mengkaji sesuatu agar lebih akurat dan terpercaya. Observasi juga biasa dibuat untuk alat pengumpulan data, dimana peneliti terjun langsung ke area penelitian. Ketika sudah mendapatkan hasil yang objektif disitulah hasil observasi perlu dibuktikan, yaitu dengan membuat laporan penelitian. Laporan penelitian dibuat berupa teks yang di dalamnya memaparkan berbagai  informasi mengenai objek. Laporan juga harus berupa fakta lapangan bukan mengada-ada atau hasil rekayasa penulis.

Teks hasil observasi akan menerangkan secara rinci mengenai objek yang diiamatai mulai dari identitas, ciri, karakter, sifat, atau hal-hal umum lainnya, Selain itu, sesuatu yang diamati juga tidak terbatas pada hal-hal tertentu artinya banyak ragamnya, mulai dari manusia, hewan, tumbuhan, peristiwa, ataupun benda. Tentunya hal ini berkenaan dengan peristiwa yang sudah terjadi sehingga hasilnya bisa dilaporkan.

Sebelum melakukan observasi hal pertama yang harus dilakukan adaah melakukan hipotesis, dimana hal ini menjadi tolak ukur dalam penelitian. Sehingga tujuan observasi dapat tercapai dan hasilnya dapat disampaikan secara apa adanya. Laporan hasil observasi juga harus tersusun secara sistematis atau berurutan agar terstruktur dan masalah dapat terselesaikan dengan baik. Agar lebih paham mengenai teks laporan hasil observasi maka ANda harus tahu lebih dulu tentang strukturnya laporan tersebut. ada banyak sekali contoh yang bisa ANda jadikan referensi, berikut ini kami paparkan beberapa diantaranya.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

  1. Teks Laporan Hasil Observasi Bumi dan Bulan

Teks Laporan Hasil Observasi Bumi dan Bulan

Bumi dan Bulan adalah benda langit yang saling berdekatan. Seperti yang diketahui bahwa Bulan merupakan satu-satunya satelit bagi Bumi. Dimana satelit yang satu ini menjadi satelit terbesar kelima dalam urutan tata surya. Dalam prosesnya bulan akan selalu melakukan rotasi terhadap Bumi. Cahaya bulan bukanlah semata-mata murni dari satelit tersebut, sebab cahaya yang dipancarkan adalah sumbangan dari sinar matahari.

Meski dalam kategori satelit dari Bumi, jarak keduanya terlampau jauh yaitu sekitar 384.405 km, jarak tersebut sama dengan tiga puluh kali diameter Bumi. Sedangkan bulan memiliki diameter 3474 km yang akan terus mengelilingi Bumi setiap 27,4 hari. System periodic bulan matahari dan Bumi inilah yang kemudian mempengaruhi terjadinya fase bulan yang akan terus terulang setiap 29,5 hari.

Perputaran yang dilakukan oleh bulan juga hasil dari gaya tarik Bumi. Meski begitu Bumi tidak semata-mata dapat menarik bulan sebab gaya santrifugal yang timbul. Selain itu, gaya santrifugal bulan lebih besar dari gaya gravitasi Bumi. Perbedaan besaran gaya tersebut juga mengakibatkan jarak bulan dan Bumi yang semakin jauh setiap tahunnya, yaitu sejauh 3,8 cm. bulan juga tidak mengandung oksigen sehingga tidak pernah ada kehidupan di Bulan.

  1. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi “Teks Laporan Hasil Observasi Lingkungan Sekolah”

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi "Teks Laporan Hasil Observasi Lingkungan Sekolah"

SMP Suaka Mulia beralamat di jalan Kapten Tendean no. 1 Desa Grobogan, Mojowarno, Jombang. Kondisi lingkungan di sekolah ini terawatt dengan baik, sebab setiap harinya warga sekolah akan melaksanakan piket bersih-bersih. Di kawasan sekolah ini terdapat dua jenis lingkungan yaitu aboiti dan biotik. Untuk lingkungan biotic tersedia satu petak tanah yang diisi oleh berbagai makhluk hidup.

Jika lingkungan hidup berisi aneka tanaman, serta pepohonan yang melebat dan cukup rindaang, maka lingkungan tak hidup meliputi gedung sekolah, media pembelajaran, properti sekolah serta berbagai peralatan lainnya.

Hal-hal yang masuk ke dalam jenis lingkungan hidup berada di gerbang utama sekolah. Di area tersebut terdapat berbagai jenis tanaman, mulai dari tanaman hias sampai tanaman herbal. Selain itu rerumputan juga ikut menghiasi rimbunnya lingkungan biotic. Untuk tanaman hias tidak hanya berada di taman saja, tapi juga diletakkan di depan ruang guru, di depan kelas masing-masing, serta ruangan kepala sekolah.

Tanaman hias di lingkungan sekolah ada bermacam-macam jenisnya. Beberapa diantaranya mungkin sudah sering Anda jumpai, seperti mawar, bougenville, anggrek dan bunga lili. Terdapat juga bunga alamanda, kembang sepatu, serta bunga kemuning dan bunga alamanda yang indah. Berbagai tanaman hias tersebut ditata begitu rapi dan di rawat dengan baik oleh warga sekolah. Maka tidak heran bunga-bunganya tumbuh dengan indah sehingga ikut mempercantik sekolah juga.

Selain berbagai tanaman hias, di SMP Suaka Mulia juga terdapat pepohonan besar yang rindang, seperti pohon bambu kecil di beberapa titik, pohon jeruk, jambu, mangga, pohon cemara, serta pohon beringin yang cukup besar di sebelah lahan parkir sekolah. Yang lebih unik dari sekolah ini adalah adanya tanaman umbi berupa singkong di halaman belakang.

Hasil dari tanaman umbi atau berbagai tanaman hias yang ada di sekolah tersebut biasa digunakan untuk pengamatan. Penelitian para siswa juga biasa menggunakan tanaman atau makhluk hidup di sekitar sekolah. Tentunya penelitian ini hasil instruksi dari guru mata pelajaran biologi. Sedangkan untuk fasilitas lain sudah terdapat beberapa ruangan yang disesuaikan fungsinya seperti UKS, Ruang kepala sekolah, ruang TU, ruang kelas, aula, koperasi, kantin, gudang dan kamar mandi.

Sedangkan untuk peralatan yang dimiliki oleh SMP Suaka Mulia sudah cukup memadai, mulai dari peralatan yang dibutuhkan oleh siswa seperti meja, kursi, lemari buku, dan papan tulis. Terdapat pula peralatan yang dibutuhkan guru dalam mengajar seperti LCD Proyektor, Globe, alar peraga untuk pembelajaran Biologi, alat penelitian dan lain sebagainya. Untuk mendukung kesehatan jasmani siswa di sekolah, telah tersedia lapangan beserta berbagai peralatannya seperti bola sepak, bola voli, bola tenis, net untuk bulu tangkis dan voli, dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu, satu lapangan tersebut biasa digunakan bergantian, misalnya bermain voli, basket, sepak bola, sampai pelaksanaan upacara bendera setiap hari senin. Sedangkan untuk parkir sepeda para siswanya telah tersedia lapangan khusus kendaraan bagi siswa dan guru. Berdasarkan hasil observasi di SMP Suaka MUlia dapat dinilai sekolah ini memiliki fasilitas yang memadai, yang semuanya terdiri atas lingkungan hidup dan lingkungan tidak hidup.

Oleh sebab itu, segala fasilitas yang ada harus dirawat dengan baik untuk kebaikan lembaga. Semua warga sekolah bertanggung jawab kepada seluruh fasilitas yang ada.

 

  1. Teks Laporan Hasil Observasi Tumbuhan

Tumbuhan Langka Di Indonesia

Indonesia adalah Negara yang kaya raya, mulai dari sumber daya alam sampai floran dan fauna. Negara yang termasuk beriklim tropis ini memiliki aneka flora dan fauna yang langka dan tersebar ke seluruh pelosok nusantara. Apalagi dengan tanahnya yang begitu subur membuat tumbuhan semakin cepat berkembang biak. Namun hal ini tetap tidak menutup kemungkinan akan adanya tumbuhan yang terancam punah. Bahkan sampai ada jenis tumbuhan yang sudah tidak bisa kita ketahui lagi bentuknya. Tumbuhan langka di Indonesia yang termasuk dilindungi adalah sebagai berikut:

  1. Bunga Bangkai

Bunga Bangkai

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan bunga bangkai atau yang biasa disebut Raflesia Arnoldi. Bunga yang satu ini memiliki ukuran cukup besar dan menguarkan aroma tidak sedap. Jika biasanya bunga menguarkan aroma harum dan memikat maka bunga bangkai sebaliknya. Meski begitu bau tidak sedap tersebut memiliki fungsinga sendiri, yaitu untuk menarik perhatian serangga kecil seperti lalat, kepik, dan lain-lain. Serangga tersebut nantinya akan membantu proses penyerbukan pada bunga.

 

Pada mulanya Raflesia Arnoldi berkembang dan tumbuh di tanah Sumatera. Namun lama kelamaan keberadannya menjadi semakin berkurang, sehingga habitat Raflesia Arnoldi dipindahkan ke Bandung. Disinilah tempat penangkaran bunga bangkai agar tidak benar-benar punah. Karena meski termasuk bunga yang besar dan kokoh, bunga bangkai hanya bisa hidup 7 hari saja. Ketika kelopak bunga mulai mekar warnanya akan berubah putih sedangkan untuk mahkota bunga bangkai akan berwarna merah keunguan.

 

  1. Tumbuhan Damar

Tumbuhan Damar

Selain bunga bangkai, tumbuhan damar termasuk ke dalam tumbuhan langka yang populasinya terus saja berkurang. Hal ini menyebabkan tumbuhan damar menjadi bunga yang harus dilindungi keberadaannya. Kepunahan bunga damar tidak terlepas dari pendayagunaan manusia yang berlebihan tanpa menanam kembali. Tumbuhan langka yang satu ini dapat tumbuh hingga di ketinggian 60 meter loh. Getah yang dikeluarkan oleh tumbuhan damar biasa digunakan untuk vernis, kaca, atau sebagai cairan pelapis kertas. Namun penggunaan yang tidak dibarengi dengan penanaman kembali membuat tumbuhan damar terancam punah.

  1. Kantong Semar

Kantong Semar

Meski masuk ke dalam kategori tumbuhan, untuk berkembang biak kantong semar mengkonsumsi serangga kecil seperti lalat. Oleh sebab itu, tumbuhan yang satu masuk ke dalam tumbuhan karnivora. Bahkan dari hasil observasi dapat dibuktikan kantong semar biasa memakan semut, lebah, dan lain-lain. Kantong semar dapat mengatup dan melebarkan kelopaknya kapanpun. Saat kelopaknya terbuka inilah proses pencarian makanan dimulai.

Ketika kantung dibuka selebar-lebarnya, kantong semar akan mengeluarkan cairan yang bisa menarik perhatian serangga. Serangga yang terpancing dan terpikat akan masuk ke dalam mulut bunga tersebut, secara spontan kantong semar akan  mengatupkan kelopaknya. Saat itulah serangga akan diproses di dalam mulut bunga. Karena termasuk tumbuhan langka dan terancam punah, kantong semar sudah dikembangbiakkan di beberapa tempat di Indonesia. Pelestarian ini dilakukan agar kantong semar tetap ada dan tidak punah.

  1. Teks laporan Hasil Observasi Tentang Hewan

Teks laporan Hasil Observasi Tentang Hewan

Indonesia memiliki berbagai spesies hewan mulai dari hewan yang bisa diternakkan sampai hewan yang keberadaannya sudah hampir punah seperti komodo. Komodo adalah reptile terbesar yang kini masuk dalam daftar hewan yang dilindungi. Hal ini tentu tidak terlepas dari populasinya yang semakin berkurang. Tempat hidup komodo identik dengan semak-semak atau di hutan rindang yang ada di Indonesia. Hewan reptile terbesar yang satu dapat memiliki bobot tubuh hingga 1 kwintal loh, atau bahkan bisa melebihi itu.

Dari semua komodo yang ada di Indonesia pernah ditemukan komodo dengan berat mencapai 166 kg yang artinya 1,5 kwintal lebih dan panjang kurang lebih 3 meter. Sedangkan berat komodo pada umumnya hanya mencapai 91 kg saja dengan panjang sekitar 2,5 m. Meski begitu tidak menutup kemungkinan ada komodo yang melebihi ukuran normal.

Komodo adalah hewan bersisik dengan warna abu-abu di badannya yang besar, tungkai lengannya kuat dengan bentuk moncong lancip. Selain itu, kekuatan utama komodo berada di ekornya yang berotot. Dengan indra penciumannya komodo dapat mendeteksi mangsanya dari jarak yang cukup jauh. Sehingga meski berjarak beberapa meter sekalipun, bangkai binatang tetap bisa terdeteksi keberadaannya.

Hewan langka yang satu ini termasuk hewan karnivora atau pemakan daging, jadi seringkali komodo juga memakan hewa melata berukuran besar lainnya. Yang menjadi ciri khas dari komodo adalah bentuk moncong dan deretan gigi yang tertutup oleh gusi. Inilah yang menyebabkan gigi komoco tidak terlihat, meski begitu komodo adalah hewan buas yang harus dihindari. Saat mengunya mangsanya gusi komodo akan berdarah, dimana hal ini berfungsi memproduksi bakteri berbahaya untuk melumpuhkan mangsanya.

Mula-mula komodo akan menancapkan gigitan pada mangsa, tujuannya adalah untuk memberi racun pada korban sehingga tidak berkutik. Korban yang sudah terkena gigita tersebut tidak akan bisa terlepas karena racun akan bekerja, sedangkan komodo akan membuntuti mangsa tersebut. Meski termasuk hewan buas, komodo sekarang mulai berkurang populasinya. Tidak heran ia dinobatkan sebagai hewan yang terancam punah dan harus dilindungi. Kepunahan komodo tentu tidak terlepas dari ulah manusia, entah itu perburuan liar atau pemusnahan habitat aslinya.

 

  1. Teks Laporan Hasil Observasi Usaha Kecil

Teks Laporan Hasil Observasi Usaha Kecil

Kebutuhan ekonomi masyarakat dewasa ini telah semakin berkembang. Dimana sudah banyak usaha kecil hingga menengah mulai bersaing di dunia perekonomian. Pangsa pasar menjadi target utama mereka untuk bisa bersaing di dunia usaha. Maka tidak heran hal ini memotivasi para wirausahawan untuk bisa terus berkembang. Tujuannya adalah untuk mencapai target tertinggi pemasaran atau agar bisa bertahan di dunia usaha yang kental akan persaingan. Selain itu, inovasi baru terus saja digalakkan agar usaha yang sudah dirintis tidak tersisih oleh usaha-usaha baru.

 

Jenis usaha yang semakin berkembang setidaknya dapat mengurangi jumlah pengangguran yang ada di Indonesia. Biasanya bisnis kecil tersebut dimulai dari usaha di bidang kuliner. Terbukti bahwa orang Indonesia menyukai sesutau yang baru dan terkesan unik, apalagi jika soal makanan. Oleh sebab itu, usaha di bidang kuliner kiranya dapat menjadi awal yang baik untuk wirausahawan baru. Selain itu, makan adalah kebutuhan manusia yang pokok agar bisa beribadah. Terdapat berbagai inovasi makanan sampai saat ini, contoh yang paling sering adalah nasi goreng yang merupakan makanan sejuta umat.

Deskripsi hasil observasi

Jenis usaha      : Kuliner

Nama usaha    : Nasi Goreng Bu Sus

Nama pemilik : Ibu Susanti

Alamat usaha  : jl Mulawarman, no 4 Surabaya

Kegiatan          : Nasi Goreng Bu Sus mengkombinasikan makanan berupa nasi goreng dengan berbagai macam topping, seperti sosis, telur, sea food, daging kambing, ikan asin, ayam, dan mie.

Rasanya yang enak dengan variasi yang beraneka ragam membuat Nasi Goreng Bu Sus digemari oleh lidah orang Indonesia. Selain itu, porsinya juga cukup banyak dengan topping yang berbeda-beda. Nasi Goreng Bu Sus dapat dijumpai saat pukul 18.00 – 23.00. karena termasuk usaha yang laris terkadang sudah tutup meski belum jam 23.00.

 

Informasi keuangan

Satu porsi nasi goreng            : Rp 15.000 – Rp 20.000

Pendapatan kotor per hari : Rp 400.000

Pendapatan bersih per hari : Rp 200.000

 

Untuk memulai jenis usaha yang satu ini dinilai cukup mudah. Semua dibubuhkan pada niat dan usaha yang tidak pernah putus. Selain itu, dalam bisnis kuliner yang terpenting adalah inovasi dan cita rasa makanan tersebut. ketika wurausahawan mempertahankan rasa maka tidak menutup kemungkinan jumlah pelanggan akan bertambah.

 

  1. Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Perkembangan Anak

Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Perkembangan Anak

Manusia adalah makhluk hidup yang tumbuh dan berkembang dari waktu ke waktu. proses pertumbuhan dan perkembangan ini akan berlangsung mulai dari dalam kandungan menuju usia kanak-kanak. Anak-anak yang lahir akan terus tuumbuh dan berkembang menjadi remaja, dewasa, sampai pada usia lanjut.

Selain itu, saat manusia lahir ke dunia, otaknya sudah mulai berkembang sebesar 50%. Perkembangan tersebut akan terus berlangsung sampai anak mencapai usia 5 tahun. Pertumbuhan otak anak sangat dipengaruhi oleh apa yang dikonsumsi, tentu saja ini termasuk dengan kebutuhan gizinya. Gizi tersebut akan mempengaruhi baik kesehatan jasmani maupun rohaninya.

Perkembangan rohani anak tandai dengan kemampuan anak yang terus berkembang seiring berjalannya waktu. misalnya saat lahir anak hanya bisa menangis, lalu beberapa waktu kemudian anak mulai bisa menginginkan sesuatu dengan menangis, atau tertawa ketika merasa terhibur. Perkembangan ini akan berlengsung sesuai dengan usianya, sehingga beberapa tahun kemudian anak mulai bisa berceloteh, berjalan bahkan berlari.

Tujuan observasi

  • Observasi dilakukan untuk mengetahu proses perkembangan anak baik dari segi fisik maupun psikisnya
  • Agar bisa membedakan pekembangan anak mulai dari awal hingga akhir masa kanak-kanak
  • Memenuhi tugas kuliah yang berkenaan dengan perkembangan anak

Aspek perkembangan sosial emosi pada anak

Aspek perkembangan sosila emosi pada anak meliputi berbagai reaksi seperti banggan, rasa bersalah, kasih sayang, malu, iri hati, gembira, rasa ingin tahu, cemburu, takut, serta amarah.

  1. Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Sampah

Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Sampah

Kehidupan manusia dan berbagai kegiatannya menghasikan sampah. Sampah adalah bendaterbuang yang sudah didapatkan manfaatnya sebelumnya. Benda yang satu ini dihasilkan dari berbagai aktivitas manusia memanfaatkan barang konsumsi. Selain itu, sampah juga bisa berasal dari alam atau bisa disebut sebagai material yang sudah tidak diinginkan sebagai ciri berakhirnya suatu proses. Sampah dapat berasal dari manapun, mulai dari, alam, kegiatan konsumsi manusia, nuklir, pabrik, maupun pertambangan.

Menurut sifatnya sampah terbagi atas beberapa macam yaitu organic dan sampah anorganik. Sampah organic adalah sampah yang dapat diuraikan, berasal dari makhluk hidup yang, misalnya sisa makanan, dedaunan kering, ataupun sayuran sisa pengolahan. Sebaliknya sampah anorganik adalah sampah yang tidak bisa diuraikan, misalnya, plastik.

Jenis sampah organic yang terurai dapat dimanfaatkan sebagai pupuk agar tanah menjadi subur. Sehingga tanaman dapat tumbuh dengan baik. Sedangkan sifat sampah anorganik yang tidak dapat diuraikan dapat didaur ulang dengan menjadikannya barang yang bernilai ekonomis. Seperti tas yang terbuat dari bungkus serbuk es, atau sedotan yang dibuat menjadi interior.

Menurut bentuknya sampah dikelompokkan ke dalam beberapa jenis yaitu sampah padat, limbah radioaktif, sampah  konsumsi, sampah alam, sampah manusia, dan sampah cair. Sampah memang menjadi suatu hal yang merisaukan. Apalagi jika kita mengingat masih banyak orang yang mengabaikan keberadaan sampah. Fenomena seperti membuang sampah sembarangan masih sering dijumpai. Selain itu, pembuangan limbah ke badan air tanpa diolah terlebih dahulu menjadi penyebab lingkungan tercemar atau pengolahan sampah dengan pembakaran terbuka yang dapat menimbulkan polusi. Padahal lingkungan adalah tempat manusia hidup dan berkembang biak, otomatis apabila lingkungan tercemar kesejahteraan manusia juga akan terganggu.

Beberapa contoh teks laporan hasil observasi / Pengamatan di atas bisa Anda jadikan referensi setelah melakukan observasi. Tentu saja hasil yang dilaporkan juga harus objektif atau tidak mengada-ada.

9+ Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Yang Baik Dan Benar

Leave a Reply