Film India Terbaik

11+ Film India Terbaik dengan Rating Tinggi, Wajib Nonton!

Film India Terbaik – Jika bertanya tentang film India terbaik sepanjang masa, tentu akan ada beberapa judul yang bisa kita pilih. Bukan saja karena pemerannya yang berkualitas, tetapi juga karena jalan ceritanya yang juga menarik untuk diikuti. Sebut saja 3 Idiots, My Name is Khan, atau film India legendaris seperti Kuch Kuch Hota Hai.

India sendiri cukup terkenal akan industri perfilmannya karena banyak dari film tersebut yang mampu menembus pasar dunia. Jika Anda termasuk pengagum film-film India atau yang dikenal juga dengan sebutan Bollywood, maka artikel berikut akan mengulas tentang film-film India terbaik untuk Anda.

Film India Terbaik dengan Rating IMDB Tinggi

1. 3 Idiots (8.4)

3 Idiots (8.4)

Film Bollywood terbaik yang pertama berjudul 3 Idiots dengan bintang utamanya adalah Aamir Khan. Film ini bercerita tentang 3 orang mahasiswa Teknik Mesin dari Imperial College of Engineering (ICE), yaitu Ranchoddas Chanchad (Aamir Khan), Farhan Qureshi (R. Madhavan), dan Raju Rastogi (Sharman Joshi).

Ketiganya mendapatkan penindasan dari pihak Direktur ICE, yaitu Virus dan bertekad untuk melawannya. Sampai suatu hari, mereka harus berpisah. Mereka juga bertaruh dengan mahasiswa lain bernama Chatur Ramalingam agar bertemu lagi 10 tahun mendatang untuk melihat siapa yang paling sukses.

3 Idiots menjadi salah satu film terbaik dari India karena jalan cerita yang dilalui oleh ketiga mahasiswa tersebut sangat menginspirasi dan menyentuh di beberapa bagian. Kisah persahabatan digambarkan dengan sangat baik. Film ini juga merupakan satir dari sistem pendidikan di India.

  • Rilis: 2009
  • Genre: Drama, Komedi
  • Dibintangi: Aamir Khan, Salman Joshi, Madhavan

2. PK (8.1)

Pk (8.1)

Masih diperankan oleh aktor yang sama di film 3 Idiots, kali ini Aamir Khan berperan sebagai seorang alien bernama P.K. Mengemban misi untuk melakukan penelitian di bumi, P.K. justru kehilangan alat komunikasinya berupa remot kontrol yang berfungsi untuk memanggil pesawat luar angkasanya kembali.

Akhirnya, PK harus berupaya untuk mencari remot kontrol tersebut ke seluruh India. Di tengah pencariannya, PK bertemu dengan Jaggu yang yang senantiasa membantunya karena sejauh ini PK selalu dimanfaatkan oleh orang-orang yang berniat jahat.

Selain itu, film ini juga mengungkap fenomena nabi palsu di India. Jika Anda mengikuti cerita film ini dengan baik, kisah-kisah di dalamnya sangat sarat akan makna yang mendalam. Jangan heran jika banyak orang yang menangis jika sudah menonton salah satu film India terbaik ini.

  • Rilis: 2014
  • Genre: Drama, Komedi
  • Dibintangi: Aamir Khan, Anushka Sharma

3. Bajrangi Bhaijaan (8.0)

Bajrangi Bhaijaan (8.0)

Film terbaik India berikutnya yang wajib untuk Anda tonton adalah Bajrangi Bhaijan. Kali ini, aktor yang menjadi tokoh utama adalah Salman Khan. Bajrangi Bhaijaan merupakan film drama komedi yang disutradarai oleh Kabir Khan dan dirilis pada tahun 2015 lalu.

Film ini berkisah tentang Pawan yang ingin membantu gadis muslim Pakistan bernama Shahida atau Munni untuk pulang ke negaranya karena terpisah dari ibunya setelah pergi menjalani pengobatan. Keadaan India dan Pakistan yang sedang mengalami konflik membuat misi tersebut sangat sulit untuk dilakukan.

Banyak drama dengan bumbu komedi akan mewarnai jalannya cerita di film ini sehingga menontonnya akan membuat kita merasa fresh dan enggan untuk berpaling. Jika Anda menyukai genre tersebut, maka Anda harus menyiapkan tisu yang cukup banyak karena kisah haru di film ini akan cukup membekas.

  • Rilis: 2015
  • Genre: Drama, Komedi
  • Dibintangi: Salman Khan, Harshaali Maholtra

4. Dhoom 3 (5.4)

Dhoom 3 (5.4)

Dhoom 3 adalah kelanjutan dari dua sekuel film Dhoom yang dirilis pada tahun 2013 silam. Aamir Khan kembali menjadi aktor di balik film yang berkisah tentang aksi perampokan yang dilakukan oleh seorang pemain sirkus bernama Sahir ini. Nantinya, dia akan bertemu dengan dua sosok polisi Jay dan Ali.

Sahir yang diperankan oleh Aamir Khan merupakan seorang ahli sirkus dan memiliki keahlian di bidang ilusi yang membuatnya selalu berhasil dalam melancarkan aksi perampokannya di beberapa cabang Western Bank of Chicago.

Kejahatan yang dilakukan Sahir dipicu oleh kematian ayahnya setelah berurusan dengan bank yang bersangkutan. Sepanjang film ini kita akan disuguhkan aksi memukau seorang Sahir dalam menjalankan misi perampokan serta kelihaiannya untukĀ  kabur dari kejaran Jay dan Ali sebagai polisi dari India.

  • Rilis: 2013
  • Genre: Action
  • Dibintangi: Aamir Khan, Katrina Kaif

5. My Name is Khan (8.0)

My Name Is Khan (8.0)

Film India terbaik berikutnya datang dari film yang dibintangi oleh aktor besar India, Shah Rukh Khan. Film ini disutradarai oleh Karan Johar dan dirilis pada tahun 2010 silam. My Name is Khan bercerita tentang seorang penderita sindrom asperger bernama Rizwan yang ingin menemui presiden Amerika.

Hal itu ia lakukan demi mengembalikan kehidupannya seperti dulu kala pasca terjadinya kejadian terorisme di Amerika tahun 2007. Rizwan yang seorang muslim ingin mengubah pandangan orang Amerika tentang Islam karena kesalahpahaman mereka tentang Islam membuat anaknya harus meninggal akibat bullying.

My Name is Khan mendapatkan sambutan positif dari para kritikus di India, terutama dari segi penokohannya yang diisi oleh bintang-bintang ternama India. Kisah cinta Rizwan (Shah Rukh Khan) dan Mandira (Kajol) yang menarik namun tetap memberikan pesan moral tentang keagamaan.

  • Rilis: 2010
  • Genre: Drama, Romansa
  • Dibintangi: Shah Rukh Khan, Kajol

6. A Wednesday (8.1)

A Wednesday (8.1)

A Wednesday merupakan sebuah film karya sutradara Neeraj Pandey yang bercerita tentang ancaman pengeboman yang dilakukan oleh Rajesh Kumar terhadap seorang komisaris polisi bernama Prakash Rathod di sebuah kantor kepolisian.

Rajesh berkata pada Prakash bahwa bom tidak akan diledakkan jika keduanya mau bernegosiasi. Ketegangan terjadi selama proses negosiasi yang melibatkan seluruh jajaran kepolisian, reporter dan juga tahanan teroris di kepolisian.

Film berdurasi 103 menit ini sangat terasa ketegangannya meskipun sebagian besar isi filmnya berupa proses negosiasi antara komisaris polisi dan Rajesh si pelaku pengeboman. Jika Anda menyukai genre film triller atau yang berbau detektif, maka film ini bisa menjadi tontonan yang seru.

  • Rilis: 2008
  • Genre: Triller, Misteri
  • Dibintangi: Naseeruddin Shah, Anupam Kher

7. Kahaani (8.1)

Kahaani (8.1)

Meski jarang merilis film bertema misteri, India tetap mampu menyuguhkan tontonan yang cukup seru untuk disaksikan. Kahaani menjadi salah satu film bertema serupa yang cukup menegangkan untuk disaksikan seorang diri. Film ini sendiri disutradarai oleh Sujoy Ghosh dan dirilis pada tahun 2012 yang lalu.

Kisah bermula ketika seorang wanita yang tengah hamil memutuskan untuk mencari suaminya yang hilang tanpa sebab setelah dua bulan bertugas. Ia menempuh perjalanan dari London ke Kolkata, sebuah kota tempat suaminya ditugaskan. Sesampainya di sana, tak seorangpun tahu keberadaan suaminya.

Bukannya titik terang yang didapatkan oleh wanita tersebut, ia justru terlibat dalam berbagai masalah yang cukup rumit. Jika Anda bosan dengan film India yang bertema romansa ataupun drama, film ini bisa menjadi opsi lain dalam menikmati film Bollywood.

  • Rilis: 2012
  • Genre: Drama, Misteri
  • Dibintangi: Vidya Balan, Parambrata Chatterjee

8. Queen (8.2)

Queen (8.2)

Di urutan berikutnya, ada Queen yang juga memiliki rating cukup tinggi di IMDB. Film ini mengisahkan seorang perempuan asal kota Delhi yang tinggal di lingkungan keluarga yang sangat konservatif. Suatu ketika, ia akan melangsungkan sebuah pernikahan dengan seorang pria.

Sayangnya, rencana pernikahan yang sudah disiapkan harus gagal karena si calon suami tiba-tiba pergi meninggalkannya. Dari sinilah kehidupan perempuan tersebut mulai berubah. Ia tidak larut dalam kesedihan karena gagal melangsungkan pernikahan, tetapi justru pergi berlibur ke Paris dan Amsterdam.

Kepergiannya ke Paris yang seorang diri membawanya kepada berbagai pengalaman baru yang membuatnya menjadi lebih terbuka akan dunia dan juga turut menemukan jati dirinya. Salah satu film India terbaik yang cukup seru untuk disaksikan sendiri ataupun bersama teman.

  • Rilis: 2014
  • Genre: Drama, Komedi
  • Dibintangi: Kangana Ranaut

9. Dangal (8.4)

Dangal (8.4)

Lagi-lagi film dari Aamir Khan mampu menjadi salah satu film terbaik India dengan rating IMDB yang juga cukup tinggi. Kali ini, Aamir Khan berperan sebagai mantang pegulat Dangal yang melatih kedua anak perempuannya agar menjadi pegulat Dangal profesional.

Perjuangannya dalam melatih kedua anaknya tersebut menjadi drama tersendiri di dalam film ini. Sampai akhirnya, kedua anaknya tersebut bisa menjadi juara dalam gelaran gulat dangal ketika dewasa. Hal ini membuatnya bangga atas keberhasilan kedua anaknya tersebut.

Film ini dirilis pada tahun 2016 lalu dengan Walt Disney Pictures sebagai rumah produksinya. Sementara sutradara film ini dipegang oleh Nitesh Tiwari. Jika Anda adalah salah satu penggemar aktor Aamir Khan, maka film ini sebaiknya jangan sampai Anda lewatkan.

  • Rilis: 2016
  • Genre: Drama, Olahraga
  • Dibintangi: Aamir Khan

10. Tumbbad (8.3)

Tumbbad (8.3)

Tumbbad merupakan film horror India yang disutradarai oleh Rahi Anil Barve dan Anand Gandhi, serta dirilis pada tahun 2018. Bukan seperti film horror pada umumnya yang sering menyisipkan jumpscare di beberapa bagian, Tumbbad lebih menceritakan sebuah mitos tentang kisah dewa-dewa.

Pada film ini, dewa yang dimaksud adalah dewa Hastar yang melambangkan keserakahan. Diceritakan dalam film ini seorang anak bernama Vinayak yang begitu menginginkan kepingan emas yang dijanjikan oleh selingkuhan ibunya yang juga merupakan ayahnya sendiri.

Sampai di suatu hari ketika Vinayak beranjak dewasa, ia yang sempat meninggalkan Tumbbad bersama ibunya kembali datang ke desa tersebut dan berhasil menemukan cara untuk mendapatkan kepingan emas yang dicari. Cerita terus berlanjut bahkan sampai Vinayak memiliki anak.

  • Rilis: 2018
  • Genre: Horror, Mitologi, Misteri
  • Dibintangi: Shohum Shah, Ronjini Chakraborty

11. Pariyerum Perumal (8.8)

Pariyerum Perumal (8.8)

Daftar film terakhir yang juga menjadi salah satu film terbaik dari India adalah Pariyerum Perumal. Film ini bercerita tentang kisah cinta beda kasta yang dialami oleh mahasiswa hukum bernama Pariyerum Perumal dengan Jothi Mahalakshmi sehingga banyak konflik yang mewarnai kisah cinta mereka.

Seperti yang kita tahu selama ini tentang India, status sosial mereka sangat ditentukan oleh golongan kasta yang dimiliknya. Hal itu pula yang menjadikan mereka sulit untuk saling berpasangan, apalagi jika perbedaan kasta tersebut terlampau jauh.

Film yang dirilis pada tahun 2018 ini disutradarai oleh Mari Selvaraj dan diproduksi oleh Neelam Production. Ini juga merupakan debut Mari Selvaraj dalam menyutradarai sebuah film. Hasilnya, film ini mampu mendapatkan rating 8.8 di IMDB.

  • Rilis: 2018
  • Genre: Drama, Romansa
  • Dibintangi: Anandhi, Kathir

Film India memiliki kesan tersendiri bagi penikmat film di luar negeri, termasuk di Indonesia. Jika Anda merupakan salah satu penikmat film-film Bollywood, beberapa film India terbaik versi imdb yang sudah dibahas di atas wajib untuk ditonton karena dari segi penokohan dan juga jalan ceritanya sangatlah menarik.

11+ Film India Terbaik dengan Rating Tinggi, Wajib Nonton!

Leave a Reply