Peta Malaysia beserta wilayah, iklim, dan kekayaan alam

Peta Malaysia – Malaysia merupakan salah satu negara di kawasan Asia Tenggara. Negara yang satu ini yaitu tetangga dekat dari negara Indonesia. Pada peta Malaysia, terlihat jelas bahwa kawasan Malaysia terbagi menjadi dua bagian. Bagian pertama yaitu terletak di bagian utara Pulau Sumatera dan yang satu bagian terletak di bagian utara Pulau Kalimantan.

Ibu kota Malaysia yaitu Kuala Lumpur, sebuah kota yang menjadi pusat administratif negara Malaysia. Negara ini juga dikenal sebagai negara Melayu, karena penduduk Malaysia mayoritas adalah dari suku Melayu. Penduduk Malaysia hampir sama dengan penduduk yang ada di Pulau Sumatera. Negara ini bersifat federal, sehingga berbeda dengan Indonesia yang berbentuk republik.

Antara Indonesia dan Malaysia memiliki hubungan erat dan kekerabatan. Hal ini karena Malaysia dan Indonesia berbatasan langsung dan letaknya sangat dekat. Hubungan yang erat ini terlihat dari beberapa bentuk kerja sama yang telah dilakukan oleh kedua negara besar ini. Dari mulai bidang pendidikan, ekonomi, budaya, politik, dan lain sebagainya.

Peta Negara Malaysia

Peta Negara Malaysia

Letak Malaysia Secara Astronomis

Letak Malaysia Secara Astronomis

Malaysia secara astronomis terletak pada garis 1 derajad lintang utara hingga 7 derajad celcius lintang utara dan 100 derajad bujur timur hingga 119 derajad bujur timur. Jika dilihat dari letak astronomis, maka dapat diketahui bahwa seluruh wilayah Malaysia terletak di bagian lintang utara. Negara ini memiliki iklim tropis karena lokasinya sangat dekat dengan jalur lintas garis khatulistiwa.

Letak Malaysia Secara Geografis

Letak Malaysia Secara Geografis

Jika dilihat secara geografis, negara Malaysia berbatasan langsung dengan beberapa negara di Asia Tenggara, seperti Singapura, Indonesia dan Brunei Darussalam. Negara ini juga berbatasan dengan laut Sulu, Laut Sulawesi dan laut Cina Selatan. Inilah yang juga mempengaruhi iklim dan kebudayaan yang ada di negara Malaysia ini.

Letak geografis negara ini terbagi menjadi dua bagian, Malaysia yang berada di bagian utara Pulau Sumatera berdekatan dengan wilayah Singapura. Sedangkan Malaysia yang berada di bagian barat Pulau Kalimantan berbatasan langsung dengan Indonesia dan Brunei Darussalam.

Lokasi Malaysia secara astronomis dan geografis mempengaruhi kondisi alam di negara tersebut. Kondisi bentangan alam yang ada di Malaysia cukup bagus dan hijau, sehingga terdapat banyak hutan dan perkebunan di negara tersebut. Selain itu, di negara ini juga terdapat banyak kota besar yang cukup terkenal dan menjadi destinasi wisata untuk para wisatawan mancanegara.

Sejarah Singkat Negara Malaysia

Sejarah Singkat Negara Malaysia

Malaysia merupakan sebuah negara federasi dan terdiri dari 13 negara bagian dan 3 negara persekutuan dan termasuk dalam kawasan Asia Tenggara. Malaysia beribu kota di Kuala Lumpur dan Putrajaya menjadi salah satu pusat pemerintahan persekutuan. Negara ini memiliki jumlah penduduk lebih dari 27 juta jiwa.

Negara Malaysia dipisahkan menjadi dua kawasan yaitu Malaysia Timur dan Malaysia Barat oleh kepulauan Natuna. Kepala negara Malaysia dipimpin oleh Pertuan Agung, sedangkan pemerintahannya di kepalai oleh seorang perdana menteri.

Sistem yang dianut oleh pemerintahan negara Malaysia yaitu mirip dengan sistem Parlementer Westminster. Malaysia sendiri menjadi negara persekutuan sebelum tahun 1963. Sebelumnya terdapat sekelompok koloni yang didirikan oleh Britania Raya pada abad ke-18 akhir. Sehingga sebagian dari Malaysia Barat modern terdapat beberapa kerajaan yang terbentuk secara terpisah-pisah.

Sebenarnya sejarah berdirinya negara Malaysia ada hubungannya dengan sejarah berdirinya negara Indonesia. Malaysia berdiri dengan kerajaan induk tertua di Malaka. Sedangkan pendiri Malaka yaitu seorang pangeran yang berasal dari Sumatera Sriwijaya.

Semenanjung Malaysia berkembang pesat menjadi salah satu pusat perdagangan di Asia Tenggara, karena berkembangnya perdagangan antara India, China dan negara-negara lainnya yang melalui Selat Malaka. Pada awal abad ke-15, seorang sultan dari Malaka tersebut didirikan oleh dinasti dan dimulai dari pengeran yang berasal dari Palembang.

Setelah Malaka menjadi ibukota Kesultanan, maka dapat mengontrol wilayah hingga saat ini di Semenanjung Malaysia. Kerajaan ini berdiri selama lebih dari satu abad dan di dalam periode tersebut, maka disebarkan agama Islam keseluruh kepulauan Melayu.Maka dari itu, Malaka menjadi salah satu pelabuhan perdagangan penting yang berada di tengah-tengah rute perdagangan India dan China.

Portugal menjadikan Malaka menjadi sebuah koloni pada tahun 1511 dengan kekuatan militer, yang kemudian mengakhiri Kesultanan Militer. Namun sultan terakhir melarikan diri ke daerah Kampar Malaysia dan menutup hayatnya di sana.

Iklim di Malaysia

Iklim di Malaysia

Bentang alam yang ada di Malaysia terbagi menjadi dua kawasan penting, yaitu bagian timur dan barat. Wilayah tersebut dipisahkan oleh Kepulauan Natuna dan Laut Cina Selatan, Indonesia. Malaysia Barat terletak di Semenanjung Malaya dan terdiri dari 11 negara bagian.

Sedangkan Malaysia Timur terletak di Pulau Borneo (Kalimantan utara) dan terdiri dari 2 bagian negara yang berbatasan langsung dengan kawasan Brunei Darussalam dan Indonesia. Lalu bagaimana dengan iklim di Malaysia?

Kondisi iklim di Malaysia berkaitan dengan musim dan cuaca, tidak terlepas dimana lokasinya berada. Negara Malaysia terletak dikawasan Asia Tenggara, berbatasan langsung dengan Indonesia, Brunei Darussalam, Filipina, Singapura dan Thailand. Karena letaknya yang sangat dekat, maka iklim di Malaysia tidak beda dengan negara Indonesia.

Iklim di Malaysia yaitu iklim hujan tropis atau sering disebut juga iklim khatulistiwa. Hutan hujan tropis yaitu salah satu jenis iklim tropis, di mana tidak ada terjadinya musim kering. Curah hujan rata-rata 60 mm untuk setiap bulannya. Wilayah yang memiliki iklim hujan tropis sering disebut Af.

Beberapa kawasan di Malaysia yang memiliki iklim hujan tropis, antara lain Kinabalu, Kuala Lumpur, Shah Alam, Petaling Jaya, Kuala Trengganu, Kuching, Miri, Malak, Alor Setar, Ipoh, George Town dan Johor Bahru.

Ciri-Ciri Iklim Hutan Hujan Tropis (Khatulistiwa) di Malaysia

  • Hujan yang terjadi tahunan 2000 hingga 2500 mm.
  • Suhu rata-rata antara 24 hingga35 derajad celcius.
  • Kelembapan udara cukup tinggi.
  • Panas dan lembab berlangsung sepanjang tahun.

Pergerakan udara atau angin sangat berpengaruh terhadap iklim yang ada di Malaysia. Di negara ini terdapat 3 jenis angin yang sangat berpengaruh terhadap kondisi cuaca, diantaranya yaitu angin muson timur, barat dan angin sumatera. Angin monson barat terjadi pada bulan Mei sampai September.

Angin ini dapat menyebabkan hujan pada wilayah barat Semenanjung Malaysia terutama daerah Sabah dan Sarawak. Sedangkan angin monson timur terjadi pada bulan November sampai Maret. Angin monson timur bisa menyebabkan hujan lebat di wilayah pantai timur Semenanjung Malaysia. beberapa wilayah lain seperti Trengganu, Kelantan dan Pahang.

Jenis angin yang ketiga yaitu angin peralihan atau angin sumatera yang terjadi pada bulan April sampai Mei dan September sampai Oktober. Biasanya jenis angin ini dapat menyebabkan hujan deras yang disertai petir.
Setiap kawasan di daerah Malaysia tentu memiliki iklim yang berbeda dan tergantung dari letak geografisnya. Sebagai contoh saja, bahwa di dataran tinggi tentu memiliki iklim yang berbeda dengan wilayah yang di dekat pantai.

Ciri-ciri iklim di dataran tinggi yaitu jarang turun hujan, udara kering dan kelembapan udara rendah. Sedangkan iklim di daerah dekat pantai yaitu sering terjadinya hujan lebat dan disertai angin atau badai, banyak terdapat awan dan suhu tahunan rata-rata rendah.

Masyakat dan Budaya Malaysia

Masyakat dan Budaya Malaysia

Sudah berawal sejak abad pertama, bahwa kebhinekaan negara Malaysia terbentuk dalam waktu yang cukup lama, pada saat kepulauan Melayu menjadi salah satu dari jaringan dagang yang terbentang di Samudra Hindia hingga China.

Karakteristik yang paling terlihat dari orang Malaysia yaitu dari kebhinekaan mereka, seperti etnis, bahasa, agama, budaya, ketaatan dan makanan. Hal itu menjadi campuran yang rumit, namun terwujud jelas pada saat pameran budaya yang menyasar ke turis. Namun tidak terlihat dalam kehidupan sehari-hari seperti dari pakaian, ritual dan bahasa.

Sejak saat itu, maka dimulailah yang disampaikan oleh sejarawan dan disebut penyaringan lembut antara suku-suku yang berbeda. Proses tersebut berkelanjutan dan menghasilkan masyarakat dengan berbagai tanah dan mengalami hibridasi serta heterogenitas selama ratusan tahun.

Meskipun saat ini nilai-nilai etnis suatu kelompok sangat ditaati, terutama yang berhubungan dengan pernikahan, agama, peminjaman dan juga adaptasi antara kelompok yang satu dengan kelompok yang lain sehingga tersebar luas secara kreatif.

Dalam etnis tersebut, terkadang di di cela, di rangkul dan peminjaman tersebut tidak dapat dihindari di Malaysia karena batas-batas budaya yang sudah cukup berpori. Oleh sebab itu, masyarakat dalam suatu kelompok etnis merupakan titik awal untuk memahami orang Malaysia.

Kota-Kota Terkenal di Malaysia

Kota-Kota Terkenal di Malaysia

Ada beberapa kota terkenal di Malaysia, kota-kota tersebut besar dan dapat Anda lihat secara langsung di peta Malaysia. Setiap kota yang ada di Malaysia memiliki karakteristik yang berbeda. Berikut ini akan disajikan informasi mengenai kota-kota terkenal yang ada di Malaysia.

1. Kuala Lumpur

Kuala Lumpur merupakan salah satu kota yang paling terkenal di Malaysia. Hal ini wajar, karena kota ini sebagai ibu kota negara Malaysia. Bisa di bilang bahwa Kuala Lumpur menjadi pusat kota negara Malaysia dan mengalami perkembangan secara pesat dibandingkan dengan kota-kota lainnya.

Sebagai kota yang indah, cantik dan rapi maka tidak heran jika kota ini menjadi destinasi para wisatawan mancanegara. Selain itu, kantor-kantor parlemen Malaysia juga dibangun di Kuala Lumpur. Akses menuju kota ini sangat mudah, karena di kota ini terdapat Bandar Udara Internasional. Sarana dan prasarana di kota ini terbilang sangat lengkap.

 

2. Alor Setar

Kota besar dan terkenal berikutnya di Kuala Lumpur yaitu Alor Setar. Kota ini berada di wilayah Kedah dan merupakan kota yang maju akan Industrinya. Kota ini memang tidak seluas kota KualaLumpur, namun bisa dikatakan bahwa kota ini memiliki kontribusi yang besar untuk masyarakatnya. Sehingga penduduk yang bertempat tinggal di kota ini makmur dan sejahtera.

 

3. Johor Bahru

Johor baru merupakan kota besar yang cukup terkenal di Malaysia, kota ini juga terkenal dengan sebutan Tanjung Puteri. Kota ini merupakan kota terbesar kedua di Malaysia dan terkenal sebagai salah satu kawasan yang kaya akan keragaman budayanya. Jika Anda berkunjung ke Johor Bahru, maka akan melihat kekentalan budaya di kota tersebut.

Jika Anda ingin menyaksikan langsung keragaman kebudayaan di Malaysia, maka datanglah ke kota Johor Bahru. Di kota ini Anda akan menemukan banyak sekali tempat wisata menarik yang ramai dengan pengunjung. Bahkan di kota ini juga terdapat tempat wisata yang memiliki asal usul sejarah yang panjang.

Kota ini letaknya sangat dekat dengan laut dan berada di bagian Semenanjung Malaysia atau Malaysia bagian selatan.

4. Shah Alam

Kota Shah Alam atau dulu disebut Kota Batu Tiga merupakan salah satu kota di Malaysia yang terkenal dengan perkebunan kelapa sawitnya. Karena perkebunan sawit di kota ini cukup luas dan merupakan penghasil sawit terbesar di Malaysia.

Di kota ini terdapat banyak industri yang cukup berkembang, salah satunya yaitu industri kelapa sawit. Sehingga negara Malaysia memberikan perhatian khusus terhadap kota ini, karena potensi kawasan yang dimiliki kota ini.

 

5. Subang Jaya

Subang Jaya merupakan salah satu kota terkenal yang berada di kawasan lembah Kelang. Kota ini juga termasuk kota yang memiliki perkembangan yang sangat baik. Perkembangan tersebut tentu saja didorong karena kekayaan alamnya yang terdapat pada kota tersebut. Bahkan kepadatan penduduk di kota ini tidak kalah dengan penduduk yang ada di Kuala Lumpur.

Di kota ini juga terdapat fasilitas yang cukup lengkap. Sarana dan prasarana untuk kesehatan dan pendidikan yang ada di kota ini terbilang lengkap. Hal itulah yang membuat penduduk di Kota Subang Jaya dapat hidup makmur dan sejahtera.

Kekayaan Alam di Malaysia

Kekayaan Alam negara Malaysia

Malaysia memiliki beberapa kekayaan alam yang sangat terkenal, mulai dari pegunungan, sungai dan kekayaan pantainya.

1. Pegunungan

Malaysia memiliki kekayaan alam berupa pegunungan dan ada banyak gunung yang terkenal. Beberapa pegunugan yang terkenal di Malaysia antara lain, Gunung Highlands, Gunung Kinabalu, Gunung Jerai dan gunung Ledang. Pegunungan tersebut sangat hijau dan menghasilkan kayu-kayu yang berkualitas tinggi.

2. Sungai

Selain pegunungan yang terkenal, negara Malaysia juga memiliki kekayaan alam lainnya yaitu sungai. I Beberapa sungai terkenal yang ada di Malaysia antara lain Sungai Negeri Sembilan, Sungai Lata Kijang dan masih ada beberapa sungai lainnya. Secaca umum, ciri-ciri sungai di Malaysia hampir sama dengan sungai yang ada di Indonesia.

3. Pantai

Tidak hanya Indonesia saja, Malaysia juga berbatasan langsung dengan laut, sehingga tidak heran jika negara ini memiliki banyak pantai yang terkenal indah dan cantik. Ada beberapa pantai yang sangat terkenal di Malaysia yaitu Pantai Merdeka, Pantai Cahaya Bulan dan Pantai Morib

Kekayaan alam yang dimiliki negara Malaysia membuat penduduk negara ini menjadi makmur dan sejahtera, salah satunya untuk mesalah peekonomiannya. Selain itu, Malaysia juga memiliki letak yang strategis, hal itu yang jelas memberikan banyak keuntungan untuk negara tersebut.

Negara Malaysia juga merupakan negara besar yang menjadi tetangga Indonesia dan memiliki hubungan kerjasama yang baik dalam berbagai bidang. Malaysia juga memiliki sumber daya alam unggulan yang bisa dieksploitasi seperti bahan bakar fosil untuk minyak bumi, kayu dan gas alam.

Selain itu, negara ini juga masih memiliki sumber daya logam yang cukup terkenal seperti tembaga, timah, bauksit dan bijih besi. Beberapa kekayaan alam tersebut dapat diekspor ke negara lainnya, sehingga dapat menambah devisa negara tersebut.

Dengan mengetahui peta negara Malaysia secara lengkap dengan berbagai penjelasan mengenai letak geografis, letak astronomis, sejarah negara Malaysia, iklim, kekayaan alam dan budaya yang ada di Malaysia semoga bermanfaat. Sehingga bisa menambah wawasan Anda mengenai negara Malaysia, salah satu negara di Asia Tenggara.

Leave a Reply