Properti Tari Bali

4 Properti Tari Bali Lengkap beserta Gambar dan keterangannya

Properti Tari Bali – Bali atau yang dikenal dengan istilah Pulau Dewata ini merupakan salah satu pulau di Indonesia yang kaya akan kebudayaan. Hal ini tampak pada keberagaman tari tradisional di Bali. Tari tradisional Bali terdiri atas berbagai macam, diantaranya adalah tari kecak, tari pendet, tari legong, tari baris, tari margapati dan lain-lain.

Sebelum Anda mengenal lebih dalam mengenai masing-masing jenis tarian, Anda dianjurkan untuk mengetahui properti tari Bali, salah satunya adalah tari kecak. Tari kecak ini mengisahkan tentang Ramayana. Anda penasaran? Yuk, simak informasi selengkapnya mengenai properti tari kecak berikut ini.

Properti Tari Kecak Bali

1. Bunga Kamboja

Bunga Kamboja

Bunga kamboja merupakan bunga yang memiliki makna tersendiri yang menjadi ciri khas masyarakat di Bali. Pada umumnya bunga tersebut digunakan untuk berbagai ritual seperti upacara galungan dan lain-lain.

Selain itu, bunga kamboja juga sering digunakan sebagai properti tari Bali. Misalnya pada tari pendet dan tari barong bunga kamboja digunakan dalam sesajen. Pada tari kecak, bunga kamboja dipakai penari di telinga bagian kanan. Fungsi bunga kamboja adalah sebagai hiasan.

2. Gelang Kaki

Gelang Kaki

Gelang merupakan benda berbentuk lingkaran yang terbuat dari bahan logam. Gelang pada umumnya dipakai dipergelangan tangan dan berwarna kuning keemasan. Namun, pada tari kecak ini gelang dipakai di pergelangan kaki. Pada gelang kaki Anda dapat menjumpai adanya kerincingan sehingga akan menghasilkan bunyi saat kaki dihentakkan ke lantai.

3. Bara Api

Bara Api

Bara api merupakan salah satu properti tari Bali yang mana pada akhir tarian bara api dilempar ke lantai untuk diinjak-injak oleh penari. Para penari juga tidak menggunakan alas kaki. Kegiatan ini merupakan pertunjukkan atraktif yang paling menarik dan ditunggu-tunggu oleh para penonton.

4. Kostum

Kostum

Penari pria menggunakan kostum berupa celana hitam. Selain itu, dilengkapi juga dengan kain bermotif kotak-kotak berwarna hitam putih mirip dengan warna papan catur. Para penari bertelanjang dada dan tidak mengenakan pakaian atasan.

Pada kepala diikat dengan kain yang memiliki warna sama dengan kain yang dipakai sebagai bawahan. Penari yang berperan sebagai Sinta, Rama dan Hanoman menggunakan kostum mirip dengan kostum wayang wong.

4 Properti Tari Bali

Leave a Reply