properti tari legong

7 Properti Tari Legong (Lengkap dengan gambar dan deskripsi)

Properti Tari Legong – Ada cukup banyak tari tradisional daerah yang menjadi perwujudan rasa syukur serta ucapan terima kasih kepada nenek moyang yang sudah menghadirkan banyak keberkahan. Salah satu tari tradisional yang demikian itu ialah Tari Legong dari Bali. Meskipun demikian, Tari Legong saat ini sudah menjelma menjadi salah satu tarian hiburan bahkan tarian penyambutan terhadap tamu yang datang.

Tari Legong begitu khas dengan gerakan tangan penari, liukan tubuh serta lirikan matanya yang cenderung tajam. Selain itu, tari ini juga sangat khas dengan properti yang digunakan. Adapun properti Tari Legong yang utama ialah kipas. Selain kipas, tentu ada properti pendukung lain, di mana beberapa di antaranya akan dijelaskan di bawah ini.

Daftar Properti Tari Legong

1. Gelungan

Gelungan

Mulai dari yang pertama yakni gelungan. Gelungan ini sebenarnya adalah hiasan kepala yang terdiri atas beberapa jenis sementara untuk penggunaannya nanti akan disesuaikan dengan jenis tarian yang hendak ditampilkan.

Di antara jenis gelungan tersebut, salah satunya ialah gelungan legong sambeh bintang yang dibuat dari janur atau ron yang kemudian dihias dengan plendo dan daun puring. Bentuknya seperti uang kepeng kemudian ditambahkan warna putih, hijau, merah serta bunga-bunga yang menjadi hiasan kepala.

Selanjutnya ialah gelungan papundakan. Ini adalah gelungan yang mempunyai mahkota berbentuk segitiga di bagian belakangnya. Umumnya, gelungan ini digunakan pada Legong Keraton. Ada pula gelungan pepusungan yang sangat khas dengan lipatan rambut pada bagian belakangnya.

Sementara pada rambut bagian samping serta depan akan diberi hiasan yang berupa bunga kamboja.

2. Kipas Tangan

Kipas Tangan

Kipas tangan adalah properti yang membuat Tari Legong begitu khas. Kipas ini berwarna terang, cenderung mengkilap dan umumnya pada bagian tengahnya mempunyai corak yang panjang dan lancip di bagian ujungnya.

3. Udeng

Udeng

Seperti yang sudah diketahui bersama, udeng adalah ikat kepala. Namun, udeng yang digunakan para penari Tari Legong umumnya adalah udeng pepundakan yang mempunyai bentuk segitiga di bagian belakangnya.

4. Kembang Goyang

Kembang Goyang

Properti Tari Legong yang selanjutnya ialah kembang goyang. Kembang goyang ini salah satu dari properti hias yang dipasang berdekatan dengan mahkota. Bentuknya memanjang ke arah atas dan terdiri atas bunga-bunga berwarna putih yang disusun sedemikian rupa.

Sementara bagian ujung atasnya terdapat bunga berwarna merah. Kembang goyang ini membuat tarian menjadi lebih menarik. Pasalnya, bunga akan ikut bergoyang sesuai dengan gerakan kepala penarinya.

5. Mahkota Kepala

Mahkota Kepala

Selanjutnya ialah mahkota kepala. Mahkota ini juga termasuk properti hias yang juga wajib ada saat pertunjukan. Warna keemasannya sangat menarik dengan tambahan hiasan yang menjuntai di bagian kanan dan kirinya. Hiasan ini juga akan melambai-lambai mengikuti gerakan kepala sang penari.

6. Badong

Badong

Properti Tari Legong lainnya disebut sebagai badong. Sama seperti mahkota kepala, badong inipun mahkota hias yang dikenakan di leher seperti kalung. Oleh sebab itu, saat dikenakan badong akan menutupi bagian leher bawah hingga dada bagian atas. Umumnya, badong dibuat dari kulit hewan.

7. Gelang

Gelang

Gelang yang dikenakan para penari adalah gelang dengan ukiran khas tradisional Bali. Gelang ini berbentuk bulat, dibuat dari perak dan beratnya hanya sekitar 25 mg. Dengan berat yang tidak seberapa itu, tentu para penari tidak akan kesulitan menggerakkan tangannya.

Selain memakai berbagai properti di atas, para penari juga harus mengenakan kostum atau busana yang berupa pakaian adat khas Pulau Dewata. Sementara pertunjukannya sendiri nanti juga akan diiringi oleh musik Gamelan Semar Pagulingan.

7 Properti Tari Legong (Lengkap dengan gambar dan deskripsi)

Leave a Reply