Properti Tari Pendet

6 Properti Tari Pendet Lengkap beserta Gambar dan Deskripsi

Properti Tari Pendet – Tari Pendet yang berasal dari Bali merupakan tari yang paling diminati oleh wisatawan yang berkunjung ke Bali. Tari pendet juga salah satu seni tari yang paling tua di Bali. Tidak hanya gerakan yang unik, properti tari pendet juga dinilai sangat kental dengan budaya Bali. Karena popularitas tari pendet yang sangat tinggi, maka tari ini dijadikan sebagai salah satu ikon khas bagi pulau Bali.

Dahulu kala, tari pendet hanya dilakukan sebagai hiburan masyarakat beragama Hindu yang sedang melakukan upacara ritual ibadah. Tapi sekarang tari pendet beralih fungsi menjadi hiburan wisatawan maupun warga lokal. Umumnya penari pendet dibawakan oleh para wanita dengan gerakan-gerakan yang lincah.

Properti Tari Pendet

Tari pendet yang dikenal sangat kental dengan budaya Bali memiliki gerakan dan properti yang menarik untuk dibahas. Untuk lebih memahami seni tari tradisional ini, tidak ada salahnya Anda mengetahui properti apa saja yang digunakan beserta fungsi maupun maknanya. Simak penjelasan properti tari pendet beserta fungsinya di bawah ini.

1. Mahkota

Mahkota

Properti tari pendet yang pertama adalah mahkota. Jika Anda pernah melihat pertunjukan tari pendet, Anda akan melihat setiap penari tari pendet mengenakan mahkota yang indah di kepalanya. Mahkota ini digunakan sebagai hiasan pelengkap busana penari.

Sedangkan bentuk dan besarnya mahkota beragam, sehingga bisa disesuaikan dengan kostum penari pendet yang akan beraksi.  Warna kuning keemasan mahkota juga sering kali ditambahkan dengan bunga-bunga seperti bunga cempaka, kamboja dan juga mawar.

2. Tapih

Tapih

Tidak jauh berbeda dengan tari tradisional lainnya di Indonesia, tari pendet juga menggunakan kain khusus sebagai bawahannya. Kain yang digunakan dihiasi dengan motif batik crapcrap. Sebagai pelengkap, para penari juga akan menggunakan sabuk stragen di bagian pinggul untuk mengikat dan mengencangkan tapih.

3. Kemben

Kemben

Properti tari pendet selanjutnya adalah kemben. Jika bawahan penari menggunakan tapih, maka atasannya adalah kemben. Kemben merupakan kain yang dibentuk sedemikian rupa sehingga menutupi tubuh bagian dada hingga pinggang penari. Umumnya kemben berwarna merah atau emas.

4. Selendang

Selendang

Selendang atau biasa disebut dengan Kacrik Prade adalah sebuah kain panjang yang dililitkan pada tubuh penari selama pertunjukan berlangsung. Selendang umumnya berwarna merah atau kuning dan dililitkan pada bagian pinggang penari.

5. Gelang

Gelang

Properti tari pendet satu ini sudah tidak terlalu sering digunakan saat ini. Gelang yang terbuat dari perak dan dilapisi warna emas akan menambah kecantikan para penari. Warna emasnya pun sangat serasi dipadukan dengan mahkota dan kostum penari yang juga umumnya berwarna kuning atau emas.

6. Bokor (Nampan)

Bokor (Nampan)

Properti utama dari pertunjukan tari pendet adalah Bokor atau nampan berbentuk cekung dengan tepi yang lebar. Bokor biasanya dipegang oleh para penari menggunakan tangan kanannya. Bokor berisi berbagai bunga warna-warni dan janur kuning dan akan ditumpahkan ke hadapan penonton sebagai simbol ucapan selamat datang.

Meskipun tidak terlalu banyak, namun properti tari pendet sangat kental dengan budaya dan adat dalam kepercayaan agama Hindu. Dengan keunikannya tersebut, tidak heran jika tari pendet menjadi salah satu tari yang paling digemari oleh para wisatawan. Semoga artikel ini menambah pengetahuan Anda dan bisa bermanfaat!

6 Properti Tari Pendet

Leave a Reply