properti tari tandak

2 Properti Tari Tandak (Lengkap beserta gambar dan deskripsi)

Properti Tari Tandak – Tari Tandak merupakan tarian tradisional yang berasal dari Provinsi kepulauan Riau. Tarian ini termasuk ke dalam tarian pergaulan dan biasanya penarinya terdiri dari kaum pria dan wanita. Tarian ini sangat populer di daerah Riau dan Kepulauan Riau. Properti tari tandak memiliki ciri khas dari wilayah tersebut, bahkan tidak hanya dari propertinya saja namun juga dari bentuk tariannya yang berupa pantun.

Pantun atau nyanyian yang dibawakan mengandung hal-hal yang ada di bumi atau tentang kehidupan manusia sehari-hari. Tarian ini dibentuk atas gabungan dari seni sastra dan seni tari. Pada dasarnya tari tandak merupakan salah satu kesenian dan budaya yang berisi unsur bela diri dari Minang Kabau.

Properti yang Digunakan dalam Tari Tandak

Dalam sebuah pertunjukan tari tandak, maka dibutuhkan beberapa properti yang digunakan agar menambah keindahan tarian tersebut. Beberapa properti tari tandak yang digunakan diantaranya yaitu kostum yang dikenakan, aksesoris dan alat musik untuk mengiringi tarian tersebut. Berikut ini pembehasan lengkapnya.

1. Kostum tari tandak

Kostum tari tandak

Busana yang dikenakan penari tandak yaitu busana tradisional khas Provinsi Riau. Penari pria menggunakan baju berlengan panjang dan juga celana panjang. Di bagian pinggang akan dilengkapi dengan kain panjang yang diikatkan pada bagian pinggang.

Selain itu, penari juga mengenakan peci atau penutup kepala  dan sarung yang digunakan pada saat menari. Biasanya busana yang dikenakan penari pria dan wanita terbuah dari bahan kain yang halus dan berwarna cerah. Hal itu bertujuan untuk menambah kecantikan dan keindahan saat menari di atas panggung.

Sedangkan busana tari tandak yang dikenakan penari wanita terdiri dari busana kebaya yang dilengkapi dengan kain panjang untuk bagian bawahnya. Tidak hanya busana saja, pada penari wanita akan dilengkapi aksesoris seperti kalung panjang, anting dan gelang yang terbuat dari bahan logam.

Tidak hanya itu saja, Penari wanita biasanya akan dilengkapi dengan aksesoris yang dikenakan pada bagian kepala. Aksesoris ini terbuat dari bahan logam berwarna emas yang bentuknya agak panjang. Cara pemakaiannya, rambut akan dibentuk sanggul terlebih dahulu, kemudian aksesoris ini akan dijepitkan di atas sanggul.

2. Pengiring musik tari tandak

Pengiring musik tari tandak

Dalam pementasan tari tandak akan dilengkapi dengan alat musik tradisional yang berupa rebana, kordean serta beberapa alat musik pendukung lainnya. Selain alat musik, tarian ini juga akan diiringi dengan lantunan pantun, syair dan juga lagu yang menggunakan irama melayu. Alat musik dan lagu tersebut yang akan mengiringi gerakan tarian.

Dari beberapa properti tari tandak yang digunakan saat melakukan pertunjukan, semoga dapat menambah wawasan Anda mengenai kesenian dan budaya di Indonesia. Sehingga Anda lebih mencintai budaya sendiri dan tetap menjaganya agar tidak hilang ditelan jaman.

2 Properti Tari Tandak (Lengkap beserta gambar dan deskripsi)

Leave a Reply