27+ Ucapan Aqiqah (Lengkap dengan contoh kartu ucapan dan do'a aqiqah) 1

27+ Ucapan Aqiqah (Lengkap dengan contoh kartu ucapan dan do’a aqiqah)

Ucapan Aqiqah – Islam mengajarkan umatnya untuk melaksanakan aqiqah sebagai bukti dari rasa syukur hamba-Nya atas kelahiran bayi yang telah diberikan Allah SWT.. Biasanya aqiqah dilakukan dalam waktu satu atau dua minggu, setelah bayi lahir. Untuk mengadakan acara aqiqah, Anda harus menyembelih kambing serta mengolahnya untuk undangan dan berbagai ucapan aqiqah harus Anda persiapkan.

Indonesia memiliki budaya sendiri dalam melaksanakan aqiqah, tidak menyembelih kambing saja, tapi juga diikuti dengan upacara adat. Dasarnya, rangkaian acara aqiqah yang dianjurkan adalah menyembelih kambing, mengolahnya menjadi masakan yang siap disantap, serta memotong rambut bayi hingga habis. Berikut ini ada beberapa ucapan dan doa aqiqah, yang bisa Anda gunakan.

Ucapan Aqiqah Singkat

Ucapan Aqiqah Singkat

Saat menghadiri acara aqiqah, pastinya Anda harus memberikan ucapan selamat dan doa yang terbaik bagi bayi dan keluarganya. Ucapan tersebut mewakili rasa bahagia dan syukur atas kelahiran bayi tersebut, keluarga yang mendapat ucapan aqiqah pun akan merasa senang karena orang di sekitarnya turut merasakan bahagia. Simak beberapa ucapan selamat untuk aqiqah berikut ini.

“Selamat sahabatku, akhirnya kamu selesai menjalankan salah satu syariat islam. Kini anakmu sudah diaqiqah, semoga kelak dia bisa menjadi anak yang cerdas dan takwa kepada Allah.”

“Selamat ya aqiqahnya berjalan lancar, semoga anakmu selalu sholeh dan membanggakan orangtua.”

“Ini jadi momen mengharukan, melihat sahabatku sudah melaksanakan aqiqah anaknya. Semoga anakmu tumbuh sehat dan cerdas, aku selalu ingat perjuanganmu dulu, tetap nikmati proses menjadi orangtua ya.”

“Selamat aqiqah untuk anakmu ya, maaf aku tidak bisa hadir. Meskipun tidak hadir, doaku yang terbaik untuk pertumbuhan anakmu.”

“Selamat atas kelancaran acara aqiqah ini, semoga anakmu tumbuh sholeh dan menjaga batasan yang sudah ditetapkan Allah.”

“Selamat aqiqah kawan, semoga anakmu selalu berbakti dan membawamu ke surga nanti.”

“Acara aqiqah ini menjadi awal dari kesholehan anakmu, selamat aqiqah ya semoga semua harapan yang kamu simpan di nama anakmu bisa terwujud.”

“Barakallah atas aqiqahnya, semoga Allah memberikan keturunan terbaik untuk keluargamu.”

“Alhamdulillah ya, penantian selama ini tidak sia-sia akhirnya kamu mencapai proses aqiqah untuk bayimu. Selamat berbahagia, semoga kelak dia menjadi anak yang selalu membanggakan.”

“Selamat aqiqah, semoga amanah ini selalu kamu jaga dan kamu berhasil mencetak generasi sholeh dan cerdas.”

“Jagalah harta berharga ini selalu, karena karunia ini telah Allah percayakan pada kalian berdua sebagai orangtua. Selamat aqiqah!”

“Di hari aqiqah ini, semoga Allah senantiasa memberikan yang terbaik untuk bayi ini dan keluarganya. Jangan lelah untuk terus bersabar, merawat, dan mendidik bayi soleh ini.”

“Kelak bayimu ini akan menjadi penolongmu di akhirat, selamat atas amanah yang dikaruniakanNya, semoga aqiqah ini menjadi berkah.”

“Anak adalah karunia paling berharga dalam sebuah keluarga, semoga aqiqah ini menjadi awal dari kebahagian yang hakiki selama kamu menjadi seorang ibu.”

“Semoga aqiqah ini menjadi berkah bagi bayi dan keluarga, dan semoga sedekah yang dikeluarkan menjadi penyelamat keluarga di akhirat nanti.”

“Selamat karena kini si penyejuk hati telah diaqiqah, semoga kelak dia menjadi anak berbakti dan membanggakan.”

“Kebahagiaan orangtua adalah melihat anaknya tumbuh sholeh dan cerdas, semoga aqiqah dan sedekah ini bisa menjadi doa terbaik bagi bayimu.”

“Semoga Allah memberi keberkahan disetiap aqiqah ini, semoga doa orang-orang terdekat dikabulkan.”

“Bayi adalah makhluk suci yang baru datang ke dunia ini, selamat aqiqah semoga kelak bayi ini membawa harum nama keluarga kamu.”

“Maaf tidak bisa hadir, semoga setelah aqiqah ini bayimu selalu sehat, sholeh, serta berbakti pada kedua orang tua.”

Ucapan Aqiqah untuk Bayi Perempuan

Ucapan Aqiqah untuk Bayi Perempuan

Semua orang tua punya harapan untuk memiliki anak perempuan yang cantik, serta tumbuh dengan menaati aturan agama. Kelahiran seorang bayi merupakan kabar bahagia bagi sanak saudara, dan tentunya kerabat serta keluarga. Berikut ini beberapa contoh ucapan aqiqah untuk bayi perempuan, ucapan ini mewakili doa serta rasa turut serta bahagia bagi keluarga yang telah dikaruniai bayi.

“Selamat bagi keluarga atas hadirnya bayi yang cantik ini. Dengan adanya aqiqah ini, semoga kelak bayi ini akan menjadi anak solehah dan taat.”

“Selamat karena telah dikaruniai bayi cantik. Semoga ketika tumbuh dewasa tidak hanya cantik parasnya akan tetapi cantik hatinya juga.”

“Selamat atas keberkahan yang melimpah, atas lahirnya bayi yang cantik. Semoga kelak akhlaknya pun cantik dan patuh pada orang tua serta menjadi orang yang cerdas dan pintar.”

“Selamat lahir ke dunia, kamu telah berhasil melahirkan putri cantikmu. Semoga menjadi penyejuk hati bagi kedua orang tuanya. Semoga orang tuanya dapat medidik anak dengan baik dan berbakti.”

“Bayi kamu cantik sekali, semoga dengan aqiqah ini keberkahan selalu melimpah bagi bayi dan keluarga.”

“Tiada kata yang lebih indah, selain ucapan doa dan syukur atas kelahiran bayi cantikmu. Semoga aqiqah ini menjadi pintu berkah dari-Nya.”

“Menjadi orang tua adalah nikmat yang harus disyukuri sepanjang masa, rawat lah bayi cantik ini sepenuh hati dan insyaallah keridhoan Allah akan selalu bersamamu.”

“Hari ini adalah aqiqah bagi bayi cantikmu, semoga selalu dilimpahkan keberkahan dan kesabaran dari Allah swt.”

“Hari aqiqah ini akan menjadi sangat bersejarah, karena pintu keberkahan dan kebahagiaan sudah dibuka lebar untuk bayi cantik dan keluargamu.”

“Bayi perempuan akan menjadi kesayangan ayah dan teman bagi ibunya, selamat aqiqah.”

Ucapan Aqiqah untuk Bayi Laki-laki

Ucapan Aqiqah untuk Bayi Laki-laki

Kelahiran bayi laki-laki juga pastinya merupakan hal yang sangat membahagiakan, karena menjadi anugerah dan rezeki dari Tuhan bagi pasangan orangtuanya. Karena dengan adanya anak laki-laki, kelak ia akan mengemban tanggung jawab yang besar bagi ibu dan adik perempuannya. Berikut beberapa ucapan aqiqahnya.

“Selamat bayi kamu sangat tampan dan lucu, semoga ia tumbuh menjadi anak yang kuat dan berbakti pada orangtua.”

“Selamat datang ke dunia, semoga bayi ini menjadi anak soleh, taat, dan bertanggung jawab atas apa yang diperbuatnya.”

“Bayi laki-laki menjadi kebanggaan bagi orang tua, pertumbuhannya harus sangat diperhatikan karena ia harus punya jiwa pemimpin sejak dini. Selamat berjuang mendidik bayi tampan ini!”

“Jagoan kecilmu nantinya akan tumbuh menjadi jagoan besar yang melindungimu, semoga selalu sehat dan bahagia ya!”

“Hari aqiqah yang penuh berkah dan doa bagi bayi ini, semoga kelak ia bisa menjadi pemimpin dan meraih cita-cita yang mulia.”

“Hal yang paling penting dari aqiqah, adalah doa dari kerabat agar bayinya menjadi anak soleh dan taat. Selamat mengemban tanggung jawab!”

“Semoga bayi laki-laki ini tumbuh kuat, tegar, dan bertanggung jawab. Kamu pasti bangga punya bayi tampan seperti dia.”

“Selamat aqiqah, semoga keberkahan dan keridhoan dari Allah selalu terbuka lebar bagi keluarga dan bayimu.”

“Si kecil ini sudah terlihat pemberani, semoga ia tumbuh menjadi seorang dewasa yang bijaksana.”

“Bayi tampan dan menawan menjadi idaman semua orangtua, selamat kamu sudah memilikinya. Semoga setelah aqiqah ini kebahagiaan selalu bersama kalian.”

Ucapan Aqiqah dalam Bahasa Inggris

Ucapan Aqiqah dalam Bahasa Inggris

Bayi mungil yang lahir di tengah pasangan suami istri, merupakan hal yang sangat membahagiakan bagi keluarga. Setelah tujuh hari dari kelahiran tentunya akan diadakan aqiqah, mungkin sudah banyak ucapan aqiqah yang mainstream digunakan. Namun akan sedikit berbeda jika menggunakan bahasa Inggris, ketahui dulu artinya sebelum memberi ucapan, simak contoh kata-katanya.

“Congratulations on the presence of this beautiful baby, this moment is a wonderful time for family and friends. We hope that your life will be full of fun, and this baby will give a new color to your life.”

Terjemahan: “Selamat atas kehadiran bayi cantik ini, momen ini menjadi waktu yang indah untuk keluarga dan sahabat. Kami berharap hidup kamu akan penuh kesenangan, dan bayi ini akan memberi warna baru dalam hidup kalian.”

“The most extraordinary part of a parent’s life is seeing a part of you in your baby. Congratulations raising your baby with all my heart, he will make a house full of love.”

Terjemahan: “Bagian paling luar biasa dalam hidup orang tua adalah melihat sebagian dirimu ada dalam diri bayimu. Selamat membesarkan bayimu dengan sepenuh hati, dia akan membuat rumah penuh cinta.”

“Having a baby is the greatest thing in life, the lifestyle will really change to be busier but your heart will always be happy because of him. Be a good parent!”

Terjemahan: “Mempunyai bayi adalah hal terhebat dalam hidup, gaya hidup akan sangat berubah menjadi lebih sibuk tapi hatimu akan selalu gembira karena dia. Jadilah orang tua yang baik!”

“There is no gift more beautiful than a marriage than blessed with a cute baby, I’m very happy to see this new family. May God always give love and happiness from year to year. Congratulations on being a happy parent!”

Terjemahan: “Tidak ada hadiah yang lebih indah dari sebuah pernikahan selain dikaruniai seorang bayi lucu, aku bahagia sekali melihat keluarga baru ini. Semoga Tuhan selalu memberikan cinta dan kebahagiaan dari tahun ke tahun. Selamat menjadi orang tua bahagia!”

“Seeing the baby grow up and be smart is the most moving thing of all time, you will feel that happiness. Keep caring for this baby lovingly, even though it makes your day busier.”

Terjemahan: “Melihat bayi tumbuh dewasa dan cerdas adalah hal yang paling mengharukan sepanjang masa, kamu akan merasakan kebahagiaan itu. Tetap jagalah bayi ini dengan penuh kasih, meskipun dia menjadikan harimu lebih sibuk.”

“Your little baby is so beautiful and smart, I like her smile. May he always be a source of happiness in your family.”

Terjemahan: “Bayi kecilmu begitu cantik dan pintar, aku suka senyumnya. Semoga dia selalu menjadi sumber kebahagiaan di keluargamu.”

“Amazing day, congratulations on the birth of your new baby, he’s so cool like you guys.”

Terjemahan: “Hari yang luar biasa, selamat atas kelahiran bayi barumu dia sangat keren seperti kalian.”

Contoh Kartu Ucapan Aqiqah dalam Berkat

Contoh Kartu Ucapan Aqiqah dalam Berkat

Selain dengan bahasa Inggris. penyampaian ucapan aqiqah juga dapat disampaikan dengan cara menempelnya di berkat atau box nasi. Biasanya kartu ucapan ini diletakkan di dalam kotak nasi, yang diberikan kepada pengunjung atau tamu yang hadir. Sebagai ucapan terimakasih karena sudah berkenan hadir dan mendoakan bayi yang baru lahir, simak contoh ucapannya dalam berkat.

“Bismillahirohmanirohim, Alhamdulillah atas ridho-Nya telah lahir putra kami yang bernama Yudi Nurdian dengan selamat. Semoga putra kami menjadi anak sholehah dan taat kepada Allah swt.”

“Kami sangat bersyukur di hari aqiqah ini, karena putri kami yang bernama Lily telah lahir dengan selamat. Semoga putri kami dapat tumbuh menjadi putri sholehah dan membanggakan.”

“Tiada kata yang berucap selain ucapan rasa syukur kepadanya, karena atas ridhonya bayi kami telah lahir dengan selamat pada 28 Agustus 2019, yang diberi nama Restu Pinuji. Semoga keberkatan selalu dilimpahkan oleh-Nya.”

“Kehadiran Anda sekalian sangat berarti bagi kami, terima kasih telah meluangkan waktu untuk aqiqah putra kami. Semoga putra kami yang bernama Timo bisa tumbuh menjadi anak baik dan sholeh. ”

“Bismillahirrohmanirrohim, saya sangat bersyukur di hari ini. Atas ridho dan karunianya, telah lahir putra kami yang diberi nama Gino Muhammad. Semoga kelak dia menjadi anak yang sukses dan taat kepada Allah swt.”

“Telah dilaksanakan aqiqah pada hari Senin 21 maret 2020, atas lahirnya bayi kami yang bernama Shireen Amira dengan sehat dan selamat. Semoga dengan aqiqah ini keberkahan dan kebaikan selalu dilimpahkan oleh Allah.”

Doa Aqiqah

Doa Aqiqah

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, aqiqah adalah bentuk rasa syukur hambanya kepada Tuhan. Maka dari itu, acara aqiqah pastinya akan penuh dengan doa dan rasa syukur. Ada berbagai macam doa yang bisa dipanjatkan saat aqiqah, mulai dari doa untuk keluarga bayi dan doa untuk bayi itu sendiri. Berikut ini beberapa doa yang bisa Anda gunakan untuk aqiqah.

1. Doa untuk Keluarga Bayi

“Barakallahu Laka fil Mawhuubi Laka wa Syakartal Waahib, wa Balagha Asyuddahaa, wa Ruziqta Birrohaa”.

Artinya “semoga Allah memberikan berkah padamu dan juga pada anakmu. Semoga kamu senantiasa bersyukur kepada Sang Pemberi, dan bayi ini dapat dewasa, serta semoga kamu diberikan kebaikan darinya.” (Doa dari Hasan Al-Bashri ketika mendoakan bayi baru lahir).

2. Doa untuk Bayi yang Baru Lahir

“Ja’alahallahu Mubaarokan ‘Alaika wa ‘Ala Ummati Muhammadin”.

Artinya  “Semoga Allah selalu memberi keberkahan untuknya dan untukmu serta untuk umat Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam” (Doa dari At-tabhrani ketika memberi ucapan aqiqah pada seorang bayi)

اللهم اجْعَلْهُ بَارًّا تَقِيًّا رَشِيْدًا وَأَنْبِتْهُ فِي الْإِسْلَامِ نَبَاتًا حَسَنًا

Allâhummaj’alhu bârran taqiyyan rasyîdan wa-anbit-hu fil islâmi nabâtan hasanan

Artinya “Ya Allah, jadikan lah bayi ini sebagai orang baik, bertakwa, serta cerdas. Tumbuhkanlah bayi ini dalam Islam dengan pertumbuhan yang baik.”

  •         وَإِنّي أُعِيذُهَا بِكَ وَذُرِّيَّتَهَا مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

Wa innî u’îdzu bika wadzurriyyatahâ minasysyaithânir rajîm

Artinya: “Aku meminta perlindungan untuk bayi ini dan untuk anak-anak keturunannya kelak hanya kepada (pemeliharaan) Mu dari setan yang terkutuk.”

  •         أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّآمَّةِ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَآمَّةٍ وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لَآمَّةٍ

A’ûdzu bikalimatiLlâhi at-tâmmati min kulli syaithânin wa hâmmatin wamin kulli ‘ainin lâmmatin

Artinya: “Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah dari godaan setan, kesulitan, dan segala sesuatu yang jahat.”

Doa-doa tersebut bukan hadits dari Rasulullah, akan tetapi doa yang pernah dipanjatkan oleh para sahabat Nabi dan ulama. Anda boleh saja menggunakan doa tersebut, untuk meminta keberkahan dan kebaikan untuk bayi yang baru lahir serta untuk keluarganya. Setiap ulama memiliki doa yang berbeda-beda, namun tujuannya tetap sama yaitu meminta berkah dari Allah swt.

Ada banyak sekali doa dan ucapan aqiqah yang bisa Anda gunakan, beberapa contoh dan referensinya telah kami berikan. Pada dasarnya, ucapan dan doa aqiqah ini bertujuan untuk memberikan doa dan menebarkan kebaikan. Sesuai dengan sunnah agama islam, bahwa saudara muslim yang diundang ke acara aqiqah wajib menghadirinya.

6 Ucapan Aqiqah (Lengkap dengan contoh kartu ucapan dan do’a aqiqah)

Leave a Reply