7+ Cara Masuk Safe mode Windows 10 beserta Fungsinya Terbaru (Terlengkap)

Cara Masuk Safe mode Windows 10 – Safe mode merupakan fitur dari sistem operasi Windows yang bisa dimanfaatkan sebagai Troubleshooting. Kehadiran fitur ini membuat Anda perlu mengetahui cara masuk Safe mode Windows 10 jika sewaktu-waktu komputer atau laptop yang dimiliki mengalami suatu masalah.

Masalah yang bisa diatasi termasuk sangat beragam, seperti mengatasi program atau aplikasi yang tidak bisa berjalan secara normal, menonaktifkan aplikasi tertentu, hingga mendeteksi infeksi virus yang ada di perangkat komputer. Selain itu, cara untuk mengaktifkan fitur ini juga tergolong cukup mudah.

Di bawah ini ulasan lengkap mengenai cara masuk dan keluar safe mode Windows 10 beserta Fungsinya.

Cara Masuk Safe mode Windows 10

Pada pengaktifan fitur safe mode, Windows hanya memuat berbagai driver sesuai dengan program penting yang akan digunakan untuk proses startup. Penggunaan program yang sedikit ini, membuat pengaturan serta aplikasi yang mengalami masalah tidak bisa berjalan di perangkat komputer.

Hal ini tentunya, membuat Anda harus melakukan pengecekan serta perbaikan agar komputer dapat berjalan dengan normal. Cara terbaik yang bisa Anda gunakan adalah melalui bantuan fitur safe mode yang ada di operasi sistem Windows.

Terdapat banyak metode untuk masuk ke safe mode Windows 10. Semua cara ini bisa Anda dapatkan di bawah. Tentunya ini, semakin memudahkan Anda untuk mengecek dan memperbaiki masalah yang ada di komputer.

Berikut ini tiga cara untuk masuk ke fitur safe mode Windows 10 yang bisa Anda terapkan.

1. Menggunakan System configuration

Menggunakan System Configuration

Tindakan pertama yang bisa Anda lakukan untuk cara masuk safe mode Windows 10 adalah menggunakan System configuration. Cara ini tergolong sangat mudah dan simple. Anda hanya perlu mengetikan “system configuration” atau “msconfig” pada bagian kolom pencarian Windows Search.

Selanjutnya, Anda hanya perlu menekan enter pada keyboard atau klik bagian samping kolom untuk melakukan penelusuran. Secara otomatis, maka akan tampil jendela baru berupa System configuration pada bagian layar.

Kemudian, Anda bisa beralih ke tab Boot, lalu klik centang di opsi “Safe Boot” yang ada pada bagian kiri bawah. Pada bagian bawah ini juga terdapat empat macam metode yang bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan keinginan, yakni:

  • Minimal: Memiliki fungsi untuk menjalankan safe mode dengan membuat beberapa driver dan service yang tergolong penting. Namun, tetap menampilkan Windows dengan gaya yang standar.
  • Alternate Shell: Memiliki fungsi untuk menjalankan safe mode dengan bantuan fitur CMD atau Command Prompt tanpa Windows GUI. Pada fitur ini, Anda diperlukan pemahaman mengenai penggunaan Windows tanpa bantuan mouse
  • Active Directory Repair: Memiliki fungsi untuk menjalankan safe mode dengan akses ke bagian komponen komputer. Penerapan fitur ini sangat cocok untuk Anda yang mengalami masalah atau kegagalan dalam memasang hardware baru.
  • Network: Memiliki fungsi untuk menjalankan safe mode dengan bantuan driver tambahan serta service untuk akses jaringan. Selain itu, tampilan pada safe mode ini juga sudah mengusung Windows GUI Standar.

Jika Anda sudah menentukan opsi metode yang ingin digunakan dalam cara masuk safe mode Windows 10, kini selanjutnya Anda hanya perlu klik tombol “Apply” dan “OK” yang ada pada bagian bawah. Terakhir akan muncul pertanyaan apakah ingin melakukan restart sekarang atau tidak.

Anda bisa klik sekarang untuk segera melakukan proses restart dan masuk ke fitur safe mode Windows 10. Pada tampilan ini akan disesuaikan dengan opsi yang telah Anda pilih sebelumnya pada bagian boot system configuration.

2. Menggunakan Tombol F8

Metode untuk cara masuk safe mode Windows 10 selanjutnya yang bisa Anda gunakan adalah melalui tombol F8 yang ada di keyboard. Pengguna hanya perlu menekan tombol tersebut saat komputer atau laptop melakukan proses booting, lalu memilih jenis safe mode sesuai keinginan.

Namun, cara ini tidak bisa Anda terapkan secara langsung. Hal ini terkait dengan Windows 10 yang memiliki tujuan untuk mempercepat proses booting komputer. Anda bisa menggunakan trik khusus agar cara ini bisa kembali digunakan untuk komputer dengan sistem operasi Windows 10.

Berikut ini kiat-kiat untuk mengembalikan settingan default booting pada sistem operasi Windows 10.

  • Kiat pertama, Anda perlu menghidupkan terlebih dahulu perangkat laptop atau komputer yang memiliki sistem operasi Windows 10.
  • Setelah masuk ke halaman utama Windows, Anda bisa klik kanan pada bagian menu “Start”, lalu pilih opsi CMD atau Command Prompt (Admin).

Setelah masuk ke halaman utama Windows, Anda bisa klik kanan pada bagian menu Start, lalu pilih opsi CMD atau Command Prompt

  • Selanjutnya, klik tombol “Yes” jika muncul peringatan dari User Account Control.
  • Namun, jika Anda ingin lebih cepat bisa menekan tombol kombinasi antara Windows dan R. Pada tampilan jendela Windows Run, Anda dapat mengetikan “cmd” atau Command Prompt.
  • Setelah Command Prompt terbuka, Anda bisa memasukkan perintah berupa:

bcdedit /set {default} bootmenupolicy legacy

Setelah Command Prompt terbuka, Anda bisa memasukkan perintah berupa

  • Kemudian, tekan enter pada keyboard dan komputer akan melakukan proses restart secara otomatis.

Kini setiap komputer atau laptop melakukan proses booting, maka Anda sudah bisa klik tombol F8 untuk cara masuk safe mode Windows 10. Namun, jika dirasa komputer atau laptop membutuhkan proses booting yang lebih lama, Anda bisa menonaktifkan settingan default tersebut.

Cara yang bisa dilakukan hampir sama dengan sebelumnya. Anda bisa masuk ke tampilan CMD atau Command Prompt, lalu masukkan perintah “bcdedit /set {default} bootmenupolicy legacy”. Kemudian, tekan tombol enter pada keyboard dan komputer secara otomatis melakukan proses restart.

3. Menggunakan Advanced Startup

Cara terakhir yang bisa Anda gunakan untuk cara masuk ke safe mode Windows 10 adalah melalui Advanced Startup. Berbeda dengan sebelumnya, pada cara ini perlu Anda lakukan dalam mode normal sehingga bisa mengaktifkan safe mode untuk komputer Windows 10.

Di bawah ini cara yang bisa Anda lakukan untuk masuk ke safe mode Windows 10.

  • Cara pertama yang perlu Anda lakukan adalah menekan tombol “Start” pada bagian keyboard.
  • Selanjutnya, masuk ke bagian opsi “Settings” dan secara otomatis akan tampil jendela baru.
  • Pada jendela ini, Anda bisa memilih menu “Update & Security”. Lalu, masuk ke bagian kolom “Recovery”.

Pada jendela ini, Anda bisa memilih Update Security. Lalu, masuk ke bagian kolom Recovery

  • Kemudian, pilih opsi Advanced Startup pada bagian tengah dan klik tombol “Restart Now”.
  • Secara otomatis, komputer akan melakukan proses restart dan masuk ke menu Recovery mode.
  • Pada bagian ini terdapat tiga opsi pilihan yang bisa Anda gunakan, yakni Continue, Troubleshoot, dan Turn off your PC.
  • Anda dapat memilih Troubleshoot, lalu Advances Options dan pilih sesuai keinginan.

Anda dapat memilih Troubleshoot, lalu Advances Options dan pilih sesuai keinginan

  • Setelah menentukan pilihan, maka selanjutnya Anda dapat masuk ke bagian “Startup Setting”. Lalu, klik menu “Restart Your Computer”.
  • Jika sudah berhasil melakukan proses restart, maka Anda akan disuguhkan dengan berbagai macam pilihan startup termasuk juga pilihan untuk melakukan proses Safe mode pada Windows 10.

Cara Keluar dari Safe mode Windows 10

Jika sebelumnya Anda telah mengetahui cara untuk masuk ke safe mode Windows 10, kini selanjutnya Anda perlu tahu cara untuk keluar dari safe mode tersebut. Tentunya ini perlu Anda pahami agar bisa menggunakan komputer atau laptop dengan keadaan mode normal.

Terdapat dua mode cara yang bisa Anda gunakan untuk keluar dari safe mode Windows 10. Mulai dari cara menggunakan Msconfig ataupun bantuan dari Command Prompt. Kedua cara ini bisa Anda lakukan secara mudah dan sederhana.

Di bawah ini cara untuk keluar dari safe mode Windows 10.

1. Menggunakan Msconfig

Menggunakan Msconfig

Ketika berada dalam safe mode, Anda bisa keluar dari mode tersebut dengan cara menggunakan bantuan dari msconfig. Pada bagian ini, hilangkan tanda centang untuk bagian safe mode. Setelah itu, pastikan Anda melakukan proses restart agar komputer keluar dari tampilan safe mode.

2. Menggunakan Command Prompt

Menggunakan Command Prompt

Selain menggunakan msconfig, Anda juga bisa keluar dari safe mode Windows 10 menggunakan bantuan Command Prompt atau CMD. Tentunya, Anda memerlukan baris perintah atau command line agar dapat keluar dari mode tersebut.

Perintah yang bisa Anda masukkan, yakni “bcdedit /deletevalue {current} safeboot”. Selanjutnya, Anda bisa menekan tombol enter yang ada keyboard. Secara otomatis, komputer atau laptop akan melakukan proses restart.

Fungsi Safe mode Pada Windows 10

Windows menjadi sistem operasi terbesar yang memiliki banyak pengguna. Hadir dengan tampilan  antarmuka yang user friendly, membuat sistem ini bisa digunakan secara mudah oleh setiap pengguna. Tentunya ini juga sangat membantu pengguna awan sehingga lebih bebas dalam mengoperasikannya.

Berikut ini hal-hal penting yang bisa Anda dapatkan dari fungsi safe mode yang ada di Windows 10.

1. Mendeteksi Kerusakan

Mendeteksi Kerusakan

Fungsi utama dari safe mode adalah untuk mendeteksi kerusakan sehingga menyebabkan kesalahan pada perangkat komputer. Terdapat dua cakupan yang bisa Anda lakukan melalui safe mode, yakni pada bagian komponen hardware dan software yang terpasang di perangkat komputer.

Hal ini dikarenakan komputer atau laptop bisa saja mengalami suatu masalah yang tidak dapat terdeteksi oleh para pengguna. Tentunya ini membuat pengguna menjadi bingung untuk melakukan perbaikan. Adanya safe mode ini dapat Anda manfaatkan untuk mencari kesalahan tersebut.

2. Cara Masuk Safe mode Windows 10 “Menangani dan Memperbaiki Kerusakan”

2. Cara Masuk Safe mode Windows 10

Fungsi selanjutnya yang bisa Anda dapatkan dari safe mode, yakni bisa menangani dan memperbaiki kerusakan pada bagian sistem. Hal ini bisa berupa uninstall aplikasi yang dapat menyebabkan komputer error, menonaktifkan aplikasi tertentu, dan lain sebagainya.

3. Menghapus Virus atau Malware

Menghapus Virus atau Malware

Fungsi lainnya dari safe mode, yaitu memungkinkan pengguna untuk menghapus virus ataupun malware yang menyerang komputer. Umumnya, virus ataupun malware tidak bisa berjalan dalam komputer yang mengaktifkan mode aman atau safe mode.

Adanya opsi ini, membuat virus atau malware yang sulit untuk diatasi bisa dengan mudah Anda hapus. Hal ini dikarenakan jendela Command Prompt yang diaktifkan pengguna masih dapat dijalankan sehingga mungkinkan pengguna untuk membuka antivirus ataupun antimalware.

4. Cara Masuk Safe Mode Windows 10 “Melakukan System Restore”

4. Cara Masuk Safe Mode Windows 10

Fungsi terakhir dari safe mode Windows 10 yang bisa Anda dapatkan adalah support untuk melakukan system restore. Meskipun cara ini bisa dilakukan dalam mode normal, tetapi system restore yang dijalankan tidak cukup aman untuk perangkat komputer atau laptop.

Banyaknya cara masuk safe mode Windows 10, membuat Anda kini menjadi lebih mudah dalam melakukan pengecekan pada perangkat laptop. Selain itu, fungsi dari safe mode juga tergolong sangat beragam sehingga kesalahan ataupun kerusakan bisa terdeteksi secara mudah.

7+ Cara Masuk Safe mode Windows 10 beserta Fungsinya Terbaru (Terlengkap)

Advertisements

Add Comment