5+ Cara Mematikan Update Windows 10 Tanpa Ribet

Cara Mematikan Update Windows 10 – Windows 10 menjadi sistem operasi termutakhir yang diluncurkan oleh Microsoft bagi pengguna komputer atau laptop. Kehadiran Windows 10 menjadi sistem operasi terbaik dan terpopuler bagi banyak pengguna. Namun, banyak pengguna yang mencari tahu cara mematikan update Windows 10.

Alasannya dikarenakan Windows 10 memiliki banyak pembaruan yang bisa dilakukan secara otomatis. Hal ini tentunya sangat mengganggu kenyamanan pengguna dalam mengoperasikan komputer atau laptop. Tetapi, kini Anda sudah bisa mengetahui cara untuk menonaktifkan proses pembaruan tersebut.

Daftar Cara Mematikan Update Windows 10

Banyaknya jumlah pengguna yang mencapai lebih dari 1.5 miliar di seluruh dunia, membuat Windows 10 hadir dengan banyak keunggulan. Pihak Microsoft juga mengklaim bahwa Windows 10 merupakan perpaduan antara kelengkapan fitur Windows 7 dan tampilan interface dari Windows 8.1.

Jenis Windows 10 juga sangat beragam dan telah disesuaikan dengan kebutuhan, seperti Windows 10 Home, Windows 10 Pro, Windows 10 Mobile, Windows 10 Enterprise, hingga Windows 10 Pro Workstation. Tentunya ini, membuat Microsoft cocok untuk Anda gunakan dalam berbagai kebutuhan.

Adanya pembaruan bertujuan untuk meningkatkan kinerja yang ada di Windows 10 melalui bantuan layanan Windows Update. Selain itu, kehadiran software terbaru ini juga bisa berguna agar perangkat sistem operasi dapat kompatibel dengan banyak aplikasi.

Kendati memiliki manfaat yang sangat penting pada keberlangsungan komputer, tetap saja terdapat pengguna yang merasa terganggu dengan pembaruan tersebut. Hal ini tentunya, membuat pengguna ingin mencari tahu bagaimana cara mematikan update Windows 10.

Berikut ini cara-cara yang bisa Anda lakukan dalam proses untuk mematikan pembaruan atau update pada Windows 10.

1. Melalui Bantuan Control Panel

Cara pertama yang bisa Anda lakukan dalam mematikan update Windows 10 adalah melalui bantuan Control Panel. Cara ini menjadi sangat mudah dan tergolong cukup simple bagi banyak pengguna. Hal ini dikarenakan pengguna hanya perlu masuk ke beberapa menu dan kemudian klik Disabled.

Di bawah ini cara yang bisa Anda lakukan dalam mematikan update Windows 10 melalui bantuan Control Panel.

  • Pertama, buka terlebih dahulu perangkat komputer atau laptop yang ingin Anda matikan update pembaruan Windows 10.
  • Setelah halaman menu tampil, kini Anda bisa klik menu “Start” dan masuk ke opsi “Control Panel”.

Setelah halaman menu tampil, kini Anda bisa klik menu Start dan masuk ke opsi Control Panel

  • Selanjutnya, masuk ke bagian “System and Security”, lalu arahkan mouse ke opsi “Administrative Tools”.
  • Pada bagian ini, Anda akan melihat banyak tools dengan berbagai fungsi. Untuk mematikan proses update Windows 10, maka Anda harus memilih tools “Service” dan kemudian klik dua kali pada bagian menu “Windows Update”.

Pada bagian ini, Anda akan melihat banyak tools dengan berbagai fungsi. Untuk mematikan proses update Windows 10, maka Anda harus memilih tools Service

  • Terakhir, Anda bisa mengubah informasi Startup Type menjadi “Disabled”, lalu klik tombol “STOP” pada bagian opsi Service Status dan pilih menu “OK” untuk menyimpan hasil perubahan. Secara otomatis komputer atau laptop akan melakukan proses restart.

Cara ini menjadikan laptop atau komputer Anda tidak akan lagi melakukan proses update Windows 10 untuk selamanya. Namun, jika Anda ingin melakukan pembaruan, maka bisa mengaktifkan kembali proses di atas. Cara yang dilakukan juga sama, cukup mengganti menu “Disable” menjadi “Enable”.

2. Cara Mematikan Update Windows 10 “Melalui Metered Connection”

Tindakan berikutnya yang bisa digunakan untuk cara mematikan update Windows 10 adalah melalui bantuan dari Metered Connection. Cara ini bisa Anda lakukan ketika komputer sudah terhubung ke jaringan internet. Namun, perlu diketahui bahwa cara ini tidak mematikan proses update secara total.

Melainkan Metered Connection hanya membatasi akses internet yang digunakan oleh sistem operasi dalam melakukan proses pembaruan. Hal ini tentunya sangat membantu bagi Anda yang melakukan pembagian jaringan internet untuk laptop melalui fitur hotspot seluler yang ada di ponsel pintar.

Di bawah ini kiat-kiat yang bisa Anda lakukan dalam untuk membatasi akses internet dalam proses update Windows 10.

  • Kiat pertama Anda dapat membuka laptop atau komputer dan menghubungkannya ke jaringan internet.
  • Setelah berhasil masuk ke jaringan WiFi, kini Anda bisa beralih ke menu utama dari tampilan Windows 10.
  • Selanjutnya, masuk ke bagian menu “Settings”, lalu pilih opsi “Network dan Internet”.

Cara Mematikan Update Windows 10

  • Pada bagian menu Wi-Fi, Anda bisa pilih “ADVANCED OPTIONS” dan lakukan perubahan pada pengaturan “Set as metered connection”.

Pada bagian menu Wi-Fi, Anda bisa pilih ADVANCED OPTIONS dan lakukan perubahan pada pengaturan Set as metered connection

  • Anda bisa menggulir menu dan lakukan geser ke kanan agar opsi Metered Connection menjadi “ON”.
  • Terakhir, Anda bisa klik “Save” untuk menyimpan perubahan dan pilih menu silang untuk menutup jendela tersebut.

Jika Anda sudah berhasil mengubah Metered Connection menjadi “ON”, maka setiap laptop atau komputer yang terhubung ke internet tidak akan melakukan update secara otomatis. Namun, jika Anda ingin melakukan pembaruan sistem, maka bisa mengubah kembali Metered Connection menjadi “OFF”.

3. Melalui Konfigurasi Windows Update

Tindakan lain yang bisa dilakukan untuk cara mematikan update Windows 10 adalah melalui bantuan konfigurasi Windows Update. Bagi Anda yang menggunakan Windows 10 seri Pro, Education, dan Enterprise, maka cara mematikan update Windows melalui Control Panel tidak bisa dilakukan.

Alasannya dikarenakan seri Windows 10 ini, memang diharuskan tunduk kepada ketentuan update dari pihak Microsoft. Hal ini tentunya sangat menyulitkan Anda dalam mematikan proses update Windows 10 yang mungkin bisa mengganggu pekerjaan ataupun aktivitas lainnya.

Berikut ini cara-cara untuk mematikan update Windows 10 secara paksa melalui bantuan konfigurasi dari Windows Update.

  • Cara pertama, Anda bisa menghidupkan komputer atau laptop dan tunggu hingga tampil menu utama dari Windows 10.
  • Selanjutnya, Anda dapat masuk ke jendela Windows Run dengan cara klik tombol Windows dan R secara bersamaan pada keyboard.
  • Pada jendela baru ini, Anda diminta untuk memasukkan perintah “msc” dan klik “OK”.

Pada jendela baru ini, Anda diminta untuk memasukkan perintah gpedit msc dan klik OK

  • Kemudian, masuk ke opsi menu “Computer Configuration”, lalu pilih “Administrative Template”.
  • Pada bagian menu ini, masuk ke “Windows Components” dan klik “Windows Update”.
  • Selanjutnya, akan tampil beberapa tool dan Anda bisa memilih “Configure Automatic Update” dengan cara klik dua kali pada bagian mouse.

Selanjutnya, akan tampil beberapa tool dan Anda bisa memilih Configure Automatic Update dengan cari klik dua kali pada bagian mouse

  • Terakhir, Anda hanya perlu mengubah Configure Automatic Update menjadi “Disable” untuk mematikan update Windows 10.

Cara ini membuat komputer atau laptop tidak akan bisa melakukan pembaruan Windows secara otomatis. Jika Anda ingin melakukan pembaruan Windows, maka bisa mengubah Configure Automatic Update menjadi “Enable”.

4. Melalui Defer Upgrade

Jika ketiga cara sebelumnya tidak bisa mematikan proses update Windows 10, maka cara terbaik yang bisa Anda gunakan adalah melalui bantuan Defer Upgrade. Meski tidak bisa mematikan update secara total, fitur ini memiliki fungsi untuk menunda pengiriman update hingga maksimal delapan bulan.

Hal ini tentunya juga akan membuat pengguna masih bisa mendapatkan patch security sehingga komputer tetap aman dari serangan virus ataupun malware, meski tidak mendapatkan proses pembaruan yang berkala dalam meningkatkan fitur perangkat laptop atau komputer.

Berikut ini cara yang bisa Anda lakukan untuk menonaktifkan pemberitahuan Windows Update 10 melalui bantuan Defer Upgrade.

  • Pertama, Anda bisa membuka terlebih dahulu komputer atau laptop yang memiliki sistem operasi Windows 10.
  • Selanjutnya, masuk ke menu “Pengaturan” dan pilih opsi “Update & Security” pada bagian layanan Windows Update.

Selanjutnya, masuk ke menu Pengaturan dan pilih opsi Update & Security pada bagian layanan Windows Update

  • Di tampilan ini, Anda dapat mengarahkan kursor ke sebelah kanan dan klik bagian “Advanced Options”.

Di tampilan ini, Anda dapat mengarahkan kursor ke sebelah kanan dan klik bagian Advanced Options

  • Terakhir akan tampil jendela baru yang berisikan banyak opsi, Anda dapat memilih menu Defer Upgrade dan klik centang untuk mengaktifkan penundaan pada Windows 10.

Jika rentang waktu yang ditentukan sudah melewati 8 bulan, maka Windows Update akan segera melakukan pembaruan secara otomatis pada perangkat laptop atau komputer. Anda bisa melakukan perpanjangan jika tidak ingin melakukan pembaruan pada Windows 10.

5. Melalui Bantuan Command PowerShell

Command PowerShell menjadi cara lainnya yang bisa Anda gunakan untuk mematikan update Windows 10 dengan paksa. Cara ini juga hampir sama dengan sebelumnya, yakni berfungsi untuk mematikan pembaruan pada sistem operasi Windows 10.

Perlu diketahui bahwa PowerShell merupakan CLI atau Command Line Interface sekaligus bahasa pemrograman yang dikembangkan secara langsung oleh pihak Microsoft. Tampilan dari antarmuka PowerShell terlihat mirip dengan UNIX Shell.

Hal ini dikarenakan perusahaan Microsoft membangun PowerShell dengan sistem OOP atau Object Oriented Programming. Beberapa sistem operasi yang masih menggunakan kemampuan ini, yaitu Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, hingga Windows 7.

Di bawah ini cara untuk mematikan mematikan update Windows 10 melalui bantuan PowerShell.

  • Pertama Anda bisa membuka terlebih dahulu komputer atau laptop secara normal.
  • Selanjutnya, pada bagian menu utama Anda bisa melakukan pencarian dengan mengetikan perintah “PowerShell” dan klik enter pada keyboard.

Selanjutnya, pada bagian menu utama Anda bisa melakukan pencarian dengan mengetikan perintah PowerShell dan klik enter pada keyboard

  • Setelah jendela PowerShell terbuka, maka Anda dapat memasukkan perintah command ‘Stop-service-wuauserv‘, ‘Set-service wuauserv-Startup Disabled‘.

Setelah jendelan PowerShell terbuka, maka Anda dapat memasukkan perintah command Stop-sevice-wuauserv

  • Jika ingin melakukan pengecekan, Anda bisa langsung melakukan pemeriksaan dengan cara mengetikan command ‘Get-wmiobject win32 service-filter “name=’wuauserv‘”.
  • Jika berhasil, maka secara otomatis Start Mode akan berubah menjadi Disable dan State menjadi Stopped.

Namun, jika Anda ingin mengaktifkan kembali menu Windows Update, maka bisa memasukkan perintah command ‘Set-sevice wuauserv-Startup manual‘, ‘Start-service-wuauserv‘. Selanjutnya, pengaturan akan otomatis kembali ke seperti semula dan Windows nantinya akan melakukan update.

6. Melalui Win Update Stop

Melalui Win Update Stop

Tindakan terakhir yang bisa Anda gunakan dalam cara mematikan update Windows 10, yaitu melalui bantuan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi ini menjadi alternatif terbaik untuk Anda yang beranggapan bawah cara-cara di atas tergolong sangat rumit dan menyusahkan.

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini memang dirancang secara khusus untuk menghentikan paksa proses update otomatis yang sering dilakukan oleh operasi sistem Windows 10. Selain hadir sebagai aplikasi yang praktis, aplikasi ini juga termasuk sangat kecil, yakni berukuran 2 MB.

Tidak hanya itu, Anda juga dapat melakukan unduhan aplikasi ini secara gratis. Sistem kerja dari aplikasi ini juga bisa dilakukan dengan mudah. Cukup mengunduh aplikasi di perangkat laptop atau komputer Windows 10, lalu menjalankannya dan klik tombol “Disable” untuk mematikan pembaruan.

Adanya enam cara mematikan update Windows 10 ini menjadi cara terbaik untuk Anda yang merasa terganggu dengan adanya pembaruan yang ditampilkan oleh Windows. Sebagian cara di atas juga dapat dilakukan dengan mudah. Selain itu, terdapat juga aplikasi untuk Anda yang ingin lebih praktis.

5+ Cara Mematikan Update Windows 10 Tanpa Ribet

Advertisements

Add Comment