Cara Menyatukan File PDF

6+ Cara Menyatukan File PDF yang Benar, Tidak Acak-acakan

Cara Menyatukan File PDF  – Format PDF akhir-akhir ini mulai banyak digunakan, baik untuk ebook, penyimpanan data, hingga proses pengiriman dokumen. Ada kalanya pengguna tidak tahu cara menyatukan file PDF, membuka, ataupun mengedit file yang satu ini.

PDF memang memerlukan cara khusus untuk membuka atau mengeditnya, hal ini karena file tersebut mencakup banyak format teks, gambar, ataupun grafik. Untuk dapat membuka dan mengedit file PDF sebenarnya banyak cara yang bisa Anda lakukan.

6 Cara Menyatukan File PDF

1. Menyatukan File PDF dengan Adobe Acrobat

Adobe Acrobat merupakan pengembang utama format PDF, tentunya ia tidak hanya memiliki sistem untuk membuat PDF saja. Namun Anda juga dapat mengedit file PDF, seperti menggabung file menggunakan Adobe Acrobat. Caranya juga sangat sederhana, yaitu:

  • Unduh terlebih dahulu aplikasi Adobe Acrobat di laptop Anda, kemudian bukalah aplikasinya hingga terbuka laman awal Adobe Acrobat.

Unduh terlebih dahulu aplikasi Adobe Acrobat di laptop Anda, kemudian bukalah aplikasinya hingga terbuka laman awal Adobe Acrobat

  • Selanjutnya arahkan kursor ke bagian yang ada di pojok kiri atas, klik menu dan Anda akan melihat beberapa pilihan.
  • Carilah combine files dan klik pilihan tersebut, lalu Anda bisa klik add files untuk menambahkan file PDF.
  • Berikutnya Anda akan diarahkan ke penyimpanan yang ada di laptop, di sini pilih beberapa file yang ingin Anda gabungkan.
  • Setelah memilih file yang Anda ingin gabungkan, Anda bisa tekan tambahkan.

Setelah memilih file yang Anda ingin gabungkan, Anda bisa tekan tambahkan

  • File PDF yang dipilih akan dimasukkan aplikasi dan Anda bisa mulai mengeditnya, setelah selesai tinggal klik save as.
  • Terakhir pilihlah folder tempat penyimpanan dan klik save, otomatis file PDF Anda sudah menjadi satu sekarang.

2. Menyatukan File PDF Via Word

Menyatukan File PDF Via Word

Selain menggunakan aplikasi Adobe Acrobat, Anda juga dapat menyatukan PDF dengan menggunakan Word. Cara menyatukan file melalui Word sangatlah mudah, terlebih dahulu Anda harus mengubah format PDF menjadi Word terlebih dahulu.

Terdapat banyak situs yang dapat Anda gunakan untuk mengubah PDF ke Word, caranya hanya meng-upload file ke situs tersebut dan lakukan converter. Tunggu hingga proses selesai dan Anda bisa mulai menggabung file yang sudah berbentuk Word tersebut.

Setelah berhasil menggabung file di Word, Anda bisa klik menu dan lakukan save as. Pilih save dalam bentuk PDF, lalu simpan di folder yang Anda inginkan. Klik save dan Anda sudah mendapatkan file PDF Anda sudah menjadi satu.

3. Cara Menyatukan File PDF Secara Online

Penggunaan cara online seringkali menjadi pilihan untuk menyatukan PDF, hal ini karena dengan online dinilai lebih mudah dan cepat. Apalagi banyak sekali situs yang menyediakan penggabungan file PDF secara gratis, tentunya setiap situs juga memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri.

a. Menyatukan file di iLovepdf

Menyatukan file di iLovepdf

  1. Kunjungilah situs iLovepdf dan daftarlah terlebih dahulu dengan alamat email, kemudian masuklah dan Anda akan diberi berbagai pilihan pengeditan file PDF.
  2. Carilah menu Merge PDF dan klik menu tersebut, Anda akan diarahkan menuju laman baru.
  3. Selanjutnya pilih tombol Select PDF Files, lalu akan terbuka jendela penyimpanan laptop Anda.
  4. Carilah file yang ingin dipilih, klik beberapa file PDF dan tekan tombol upload.
  5. Setelah itu klik tombol Merge PDF, tunggu beberapa saat hingga proses selesai.

Anda tinggal mendownload file yang sudah digabung dengan menekan tombol Download Maged PDF, setelah download selesai Anda bisa melihatnya di penyimpanan laptop Anda.

b. Menyatukan file di Smallpdf

Menyatukan file di Smallpdf

Situs Smallpdf juga tak kalah populer dengan iLovepdf, cara menyatukan file berupa PDF secara online ini adalah dengan mengunjungi situsnya. Selanjutnya, ikuti cara di bawah ini:

  1. Anda bisa langsung mencari menu Menggabungkan PDF, klik menu tersebut dan Anda akan diarahkan ke halaman baru.
  2. Berikutnya klik tambahkan file dan pilih file PDF di penyimpanan Anda, kemudian setelah memilih beberapa file tekanlah Gabungkan PDF.
  3. Tunggu hingga proses selesai dan Anda bisa mengunduhnya.

c. Menyatukan file di Foxit software

Menyatukan file di Foxit software

Foxit software adalah software yang sudah dikenal untuk mengedit file PDF, selain menggunakan software Anda juga bisa langsung menuju situsnya. Caranya hampir sama dengan situs-situs lainnya, Anda cukup meng-upload file PDF yang ingin digabungkan.

Tunggulah hingga proses selesai dan Anda siap mendownloadnya. Bila ingin menambahkan file PDF lagi, tinggal klik tambahkan dan pilih file PDF yang ingin digabungkan. Klik lagi gabungkan dan tunggu hingga proses selesai.

4. Menyatukan File PDF di Smartphone

Menyatukan File PDF di Smartphone

Terdapat juga cara menyatukan file PDF dengan menggunakan smartphone, cara ini bisa Anda gunakan karena dinilai bisa dilakukan di manapun. Caranya tentu saja bisa menggunakan aplikasi Android ataupun situs internet.

Ada beberapa aplikasi yang bisa Anda pilih, seperti WPS, Xodo PDF, All PDF, dan masih banyak lainnya. Berikut cara menggunakannya untuk menggabungkan file PDF:

  • Pertama install terlebih dahulu salah satu aplikasi di atas, kemudian bukalah aplikasi di smartphone yang Anda miliki.
  • Selanjutnya klik menu yang ada di pojok kanan atas, carilah menu Merge PDF atau Gabungkan PDF.
  • Klik menu tersebut dan Anda akan diarahkan ke penyimpanan, baik penyimpanan smartphone, Google Drive, Drop Box, ataupun penyimpanan lainnya.
  • Pilih beberapa file PDF yang ingin digabung, kemudian tekan tombol gabungkan atau icon yang ada di bagian pojok kanan bawah.
  • Setelah itu, tinggal tunggu proses berjalan, bila sudah selesai Anda bisa melihatnya.

Bila menggunakan aplikasi Android biasanya Anda tidak perlu menyimpannya, karena sudah akan tersimpan secara otomatis.

Ada juga beberapa aplikasi yang menyuruh Anda menentukannya sebelum melakukan penggabungan, sehingga setelah proses gabung maka file akan otomatis tersimpan.

5. Menyatukan File PDF dengan MacBook

Pengguna Apple MacBook pasti akan sangat mudah bila ingin menyatukan file PDF, bahkan terdapat beberapa opsi lainnya yang tidak ditemukan di laptop lain. Bahkan Anda tidak perlu lagi menginstal aplikasi ataupun mengunjungi situs untuk mengedit file PDF.

a. Menyatukan Dua File PDF yang Berbeda

Menyatukan Dua File PDF yang Berbeda

  • Bukalah file PDF yang Anda ingin gabungkan, kemudian pilih pratinjau dan akan muncul gambar kecil di bar yang ada pada samping layar.
  • Untuk menambahkan PDF lain tinggal klik menu edit, lalu pilih masukkan dan cari dokumen PDF yang ingin ditambahkan.
  • Setelah membukanya otomatis PDF akan ditambahkan di bagian bawah, Anda bisa mengubah atau mengurutkan bagian-bagian halaman PDF tersebut.
  • Bila sudah selesai tinggal klik menu File dan pilih Ekspor.
  • Tentukan tempat penyimpanan lalu beri nama file dan klik save, di sini Anda sudah mendapatkan dua file PDF yang berhasil dijadikan satu.

b. Menyatukan Sebagian File PDF dengan PDF Lainnya

Menyatukan Sebagian File PDF dengan PDF LainnyaMenyatukan Sebagian File PDF dengan PDF Lainnya

Selain menggabungkan dua file secara langsung, ada kalanya Anda hanya ingin menambahkan sebagian file PDF saja ke PDF lainnya. Cara menyatukan sebagian file PDF ini bisa Anda lakukan dengan menggunakan MacBook, yakni:

  • Pertama bukalah satu file PDF yang ingin Anda gabung, kemudian klik pratinjau dan akan muncul gambar kecil di sisi kiri layar.
  • Berikutnya perkecil halaman PDF dengan mengklik minimize di pojok kanan atas, lalu bukalah lagi file PDF lainnya yang ingin disatukan.
  • Lakukan hal yang sama yaitu pilih pratinjau hingga muncul gambar kecil di sisi halaman.
  • Tarik gambar kecil tersebut ke arah laman pertama yang Anda buka tadi, letakkan gambar di bagian pratinjau atau sisi sebelah kiri layar. Gambar inilah yang merupakan sebagian file yang ingin Anda tambahkan.
  • Otomatis isi file PDF tersebut akan berpindah ke file PDF pertama, lalu urutkan file PDF sesuai dengan keinginan Anda.
  • Setelah selesai tinggal pilih save as, pilih folder dan beri nama file PDF.
  • Terakhir klik save maka Anda sudah berhasil menggabungkan file PDF tersebut.

6. Menyatukan File PDF dengan Software

Cara menyatukan file PDF dengan software adalah cara paling profesional untuk dilakukan, dimana terdapat lebih banyak opsi editing yang bisa Anda lakukan. Selain itu, menggunakan software juga bersifat seterusnya dan tidak ada batasan penggunaan.

a. Nitro PDF

Nitro PDF

Nitro PDF menjadi yang paling sering digunakan, software ini bisa digunakan membuat PDF, mengedit PDF, ataupun menggabungkan format lain dengan file PDF.

Untuk menggunakannya unduh terlebih dahulu Nitro PDF atau Nitro Pro 8, selanjutnya masuklah ke dalam software tersebut. Setelah itu, ikuti cara berikut:

  • Arahkan kursor ke bagian menu Nitro PDF, lalu pilih menu yang bernama Combine Files dan klik menu tersebut.
  • Anda akan masuk ke file penyimpanan, lalu pilih beberapa file PDF yang akan Anda gabungkan menjadi satu.
  • Setelah itu klik tambahkan dan otomatis file akan masuk ke Nitro PDF, Anda bisa mengurutkan atau merapikan lagi file dokumen yang ada.
  • Caranya cukup tekan Move Up atau Move Down, Anda juga bisa mengubah urutan dengan menarik file tersebut sesuai dengan keinginan.
  • Bila sudah selesai klik save dan pilih tempat penyimpanan, ubah nama file PDF lalu tekan tombol Create.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses selesai.

b. Foxit Phantom PDF

Foxit Phantom PDF

Software bernama Foxit Phantom PDF juga sangat populer untuk Anda gunakan, Anda bisa mengunduh dan menginstalnya terlebih dahulu. Setelahnya masuklah ke dalam software tersebut, pilih file yang ada di pojok kanan atas.

Selanjutnya cari menu Create dan pilih Multiples Files, Anda akan segera diarahkan menuju tempat penyimpanan. Kemudian pilih file-file PDF yang akan disatukan, lalu klik Add File hingga semua file masuk ke Foxit Phantom PDF.

Setelah semua file PDF masuk, Anda bisa mengubah, mengurutkan, ataupun menghapus bagian-bagian tertentu. Bila sudah sesuai dengan keinginan, Anda bisa klik Convert dan buat folder penyimpanannya. Tunggu hingga proses selesai dan Anda bisa melihat hasilnya di penyimpanan.

c. Adobe Reader

Adobe Reader

Walaupun fungsi utama software Adobe Reader untuk membaca file PDF, namun software ini juga dapat digunakan untuk menyatukan PDF. Cara menyatukan file PDF melalui Adobe Reader adalah dengan membuka dokumen yang ingin disatukan terlebih dahulu, dan lakukan cara berikut:

  • Pilih Tab Tools yang ada di bagian atas, klik menu yang bernama Combine Files.
  • Tambahkan file PDF dengan menekan tombol Add Files, bila sudah semuanya maka Anda bisa klik Combine dan PDF akan masuk ke Adobe Reader dengan keadaan sudah menjadi satu.
  • Terakhir simpanlah hasilnya di menu save as, lalu letakkan di folder penyimpanan sesuai dengan keinginan Anda.
  • Klik lagi save dan proses menyatukan file PDF telah selesai dilakukan.

File PDF memang sangat sering digunakan untuk berbagai kebutuhan, tentunya mengetahui cara menyatukan file PDF akan sangat berguna nantinya. Terutama untuk Anda yang sering menggunakan format yang satu ini.

6+ Cara Menyatukan File PDF yang Benar, Tidak Acak-acakan

Advertisements

Leave a Reply