Playstore Tidak Bisa Download

Playstore Tidak Bisa Download, Begini Cara Mengatasinya

Playstore Tidak Bisa Download – Play Store adalah pusat download aplikasi yang ada di sebuah smartphone, dimana aplikasi ini sangat penting untuk menyediakan berbagai aplikasi terbaru. Namun apa jadinya bila aplikasi Playstore tidak bisa download, pastinya akan membuat sebagian pengguna merasa kebingungan.

Jangan khawatir karena aplikasi Playstore yang tidak bisa dibuka atau mengunduh, biasanya terjadi permasalahan di beberapa tempat. Anda bisa mengeceknya dan memperbaiki dimana permasalahan tersebut.

Cara Atasi Playstore tidak Bisa Download

1. Cek Koneksi Internet

Cek Koneksi Internet

Cek terlebih dahulu koneksi internet yang Anda gunakan, baik provider Anda ataupun jaringan wifi yang digunakan. Caranya cukup buka browser Anda dan lihat apakah internet bisa berjalan atau tidak, bila tidak berjalan maka Anda harus mengganti jaringan internet tersebut.

Ada kalanya koneksi internet bagus, namun tetap juga tidak bisa menggunakan Playstore. Disini matikan terlebih dahulu koneksi internet Anda, kemudian hidupkan lagi dan coba Anda gunakan kembali. Biasanya koneksi internet juga bisa mengalami hambatan karena terlalu lama aktif.

2. Bersihkan RAM Smartphone

Bersihkan RAM Smartphone

Apabila setelah mengecek jaringan internet ternyata baik-baik saja, maka selanjutnya Anda bisa membersihkan aplikasi yang berjalan di latar belakang. Umumnya kendala ini sering terjadi di beberapa smartphone, dimana banyak aplikasi yang berjalan sehingga RAM ponsel sangat terbebani.

Setelah itu coba kembali buka aplikasi Playstore Anda dan coba download aplikasi tertentu. Bila bisa berjalan dengan baik, maka permasalahan tidak bisa download berada di penggunaan yang terlalu berat.

3. Periksa Memori Internal

Periksa Memori Internal

Jangan lupa juga untuk memeriksa memori internal Anda, apakah masih terdapat ruang untuk mengunduh aplikasi yang Anda inginkan. Perlu diketahui bahwa harus ada space yang cukup agar Anda dapat menginstal aplikasi.

Misalnya Anda akan mengunduh aplikasi berukuran 500 mb, maka Anda perlu space setidaknya 1 gb lebih. Karena setelah Anda mengunduh aplikasi tersebut, memori internal masih harus memiliki space untuk menjalankan ataupun menyimpan data tambahan dari aplikasi yang Anda instal.

Oleh karena itu coba hapus atau pindahkan beberapa file besar, lalu coba kembali download aplikasi yang Anda inginkan di Playstore. Bila berhasil berarti kapasitas memori Anda sudah terlampau penuh, sehingga Anda bisa mulai untuk memberikan space lebih kepadanya.

4. Periksa Kartu SD

Periksa Kartu SD

Playstore tidak bisa download tidak hanya karena memori internal penuh, namun permasalahan kartu SD juga dapat membuat Anda tidak bisa melakukan download. Cobalah untuk melepas dan memasangnya kembali, namun bila belum berhasil lepas saja kartu SD Anda.

Bisa jadi kartu SD sudah tidak dapat digunakan, sehingga membuat perangkat handphone menjadi lag dan menyebabkan masalah download. Coba buka Playstore Anda kembali setelah Anda melepas kartu SD, jika berhasil maka kartu SD Anda sudah saatnya untuk diganti.

5. Lakukan Restart

Lakukan Restart

Bila cara diatas belum berhasil juga, cobalah untuk melakukan restart smartphone Anda. Pertama keluarlah dari aplikasi Playstore, kemudian matikan jaringan data dan lakukan pembersihan RAM. Setelah itu matikan smartphone Anda dan tunggu hingga benar-benar mati.

Jangan langsung nyalakan kembali, melainkan biarkan terlebih dahulu beberapa menit. Barulah hidupkan kembali smartphone Anda, lalu cobalah untuk membuka Play Store dan mengunduh sebuah aplikasi.

6. Cek Pengaturan Google Play Store

Cek Pengaturan Google Play Store

Bila masih Playstore tidak bisa download cobalah untuk mengecek juga pengaturan di Google Play Store, klik menu pengaturan di sebelah kanan atas dan pilih menu pengaturan. Kemudian cek preferensi download aplikasi, lalu pilih melalui jaringan apapun dan pilih selesai.

Selanjutnya keluarlah aplikasi dan lakukan refreshing, kemudian matikan jaringan data dan hidupkan lagi. Terakhir coba lagi untuk masuk aplikasi Playstore dan lakukan download aplikasi seperti biasa, bila berhasil maka permasalahannya adalah pengaturan download di Playstore.

Umumnya banyak orang yang lupa menyalakan download aplikasi only wifi, sehingga saat Anda menggunakan jaringan data provider Anda tidak bisa melakukan download. Hal ini bisa terjadi walaupun Anda tidak menyetelnya ke only wifi sebelumnya.

7. Gunakan Akun Google Lain

Cek Pengaturan Google Play Store

Cek juga akun Google yang Anda gunakan, biasanya permasalahan akun juga dapat mengganggu proses download. Anda bisa mencoba mengganti akun Google yang Anda gunakan, lalu coba kembali untuk mengunduh aplikasi di Playstore.

Bila belum berhasil juga, cobalah untuk membuat akun Google yang baru. Dengan demikian Playstore dapat Anda gunakan, apabila memang permasalahannya adalah akun Google yang Anda miliki sudah tidak bisa digunakan. Maka cara ini akan berhasil untuk Anda lakukan.

Meminjam akun Google teman juga bisa menjadi alternatif bagus, dimana Anda bisa membandingkannya dengan smartphone milik teman Anda. Masukkan akun ke dua perangkat yang sudah disiapkan, kemudian lakukan download aplikasi di Playstore.

Bila teman Anda berhasil mengunduh aplikasi di Playstore, namun Anda tetap tidak bisa mengunduhnya walaupun sudah menggunakan akun yang sama. Maka smartphone atau handphone Anda yang mengalami masalah seperti alamat email handphone yang tidak terdaftar.

8. Atasi Playstore tidak Bisa Download Dengan Pengaturan Waktu

Atasi Playstore tidak Bisa Download Dengan Pengaturan Waktu

Bukan hanya pengaturan aplikasi atau akun Google saja yang perlu Anda perhatikan, namun Anda juga perlu mengecek apakah waktu atau tanggal di Google Play Store sesuai dengan aslinya. Bila terdapat perbedaan waktu, Anda perlu menyamakannya terlebih dahulu.

Caranya masuklah ke ke Playstore, lalu pilih menu pengaturan waktu dan tanggal. Disini Anda bisa menggunakan setelan waktu otomatis atau mengaturnya secara manual, usahakan tanggal yang Anda masukkan benar sesuai aslinya.

Kemudian keluarlah dari aplikasi Playstore dan lakukan refreshing, setelah itu masuk lagi dan coba untuk mengunduh aplikasi yang Anda butuhkan. Bila belum berhasil coba periksa dan sesuaikan tanggal di ponsel Anda, caranya menuju pengaturan ponsel dan pilih submenu waktu dan tanggal.

9. Bersihkan Cache Google Play Store

Bersihkan Cache Google Play Store

Dari sekian banyak cara di atas namun belum berhasil juga, maka hapuslah data atau cache aplikasi Playstore Anda. Kemudian buka kembali dan masukkan akun Google, setelah itu cek apakah sudah bisa digunakan atau masih Playstore tidak bisa download.

Bila perlu kunjungi support Playstore dan tanyakan apa masalahnya, tunggu hingga pihak Google akan menghubungi Anda kembali. Cara ini bisa dilakukan bila Anda benar-benar sudah tidak tahu cara untuk memperbaikinya lagi.

10. Hapus Cache Pengelola Download

Hapus Cache Pengelola Download

Namun sebelum mengajukan permintaan bantuan ke support Playstore, Anda boleh mencoba menghapus cache dari pengelola download di perangkat Anda. Pilihlah menu pengaturan lalu masuk ke bagian pengelola download.

Kemudian hapus semua data yang ada di pengelola tersebut. Sekarang masuklah ke Playstore dan download aplikasi tertentu. Bila berhasil maka pengelola download Anda memang sudah penuh, sehingga susah untuk mengunduh atau menginstal aplikasi lagi.

11. Permasalahan Google Play Service

Permasalahan Google Play Service

Jangan lupa juga untuk memeriksa Google Play Service, caranya pergi ke pengaturan aplikasi dan carilah Google Play Service. Perlu diperhatikan bahwa Play Service dan Google Play Store adalah dua aplikasi berbeda.

Hapuslah semua data atau cache di Google Play Service Anda, kemudian buka kembali aplikasi Playstore dan lihat perbedaannya. Bila berhasil maka Anda bisa mengunduh aplikasi seperti biasa, namun bila belum berhasil akan muncul notifikasi di Playstore Anda tersebut.

Setelah Anda melakukan pembersihan Google Play Service, namun tetap tidak bisa juga. Maka hapuslah aplikasi tersebut, kemudian buka Playstore kembali dan Anda akan otomatis mengunduh Google Play Service, setelah itu gunakan untuk untuk mengunduh aplikasi lainnya.

12. Instal Ulang Google Play Store

Instal Ulang Google Play Store

Lakukan juga penginstalan aplikasi Playstore bila diperlukan, cara ini sudah menjadi cara yang sangat ekstrem. Dimana bila belum berhasil juga, maka besar kemungkinan permasalahan datang dari izin pengunduhan ataupun hal rumit lainnya.

Cara untuk melakukan instal ulang aplikasi Play Store adalah mengunjungi pengaturan, kemudian pilih pengelola aplikasi dan cari Playstore. Setelah itu klik aplikasi dan akan muncul beberapa pilihan pengaturan, disini Anda bisa memilih kembali ke setelan pabrik.

Dengan begitu otomatis aplikasi akan kembali seperti pengaturan awal, lalu bukalah aplikasi dan Anda akan disuruh untuk mengupdate aplikasi tersebut. Ikutilah perintah yang ada di Playstore hingga penginstalan ulang selesai, barulah Anda bisa menggunakan Playstore seperti biasa lagi.

13. Periksa Update Sistem Android

Periksa UpdateSistem Android

Untuk memastikan bahwa Playstore bisa digunakan untuk download lagi, maka Anda juga bisa melakukan update sistem Android. Bisa saja Anda lupa menginstal update Android terbaru, sehingga banyak aplikasi yang tidak dapat digunakan.

Pertama periksalah update sistem Android di pengaturan dan informasi ponsel, klik menu tersebut dan pilih lagi pembaruan sistem. Jika terdapat pembaruan sistem, download pembaruan tersebut dan lakukan instal terhadap handphone Anda.

Tunggu hingga proses update sistem selesai, selanjutnya periksa apakah Playstore sudah bisa Anda gunakan atau belum. Bila sudah berarti Anda perlu mengecek update ponsel setiap saat, karena update sistem sebenarnya sangat penting namun sering dihiraukan oleh para pengguna Android.

14. Hapus Proxy atau VPN

Hapus Proxy atau VPN

Masalah yang sering terjadi juga adalah penggunaan proxy atau VPN, dimana dengan mengubah sistem jaringan tentunya akan berdampak buruk. Salah satunya adalah hilangnya akses ke sejumlah aplikasi penting seperti Playstore.

Namun jangan khawatir karena Anda masih bisa menghapus variasi jaringan tersebut. Anda hanya perlu menghapus aplikasi VPN Anda, lalu kembalikan juga setelan pabrik di pengaturan jaringan di ponsel Anda tersebut.

Matikan dan search ulang jaringan data Anda, lalu sesuaikan provider yang sesuai dengan kartu Anda. Barulah periksa apakah aplikasi Playstore sudah bisa digunakan atau belum, bila belum maka permasalahannya bukan berada di Proxy atau VPN yang Anda gunakan.

15. Hubungi Support atau Kirim Email

Hubungi Support atau Kirim Email

Bagi Anda yang sudah menggunakan semua cara, namun masih tidak berhasil juga. Maka jalan satu-satunya adalah menghubungi support Playstore, dimana Anda bisa mengirim pertanyaan atau mengajukan keluhan melalui email.

Tunggu hingga pihak Playstore menjawab permasalahan Anda, lalu ikutilah instruksi dari admin untuk membantu Anda bisa mengunduh aplikasi lagi melalui Playstore. Cara ini adalah cara terakhir yang bisa Anda lakukan bila Playstore tetap tidak bisa digunakan di smartphone yang Anda miliki,

Mengunduh aplikasi melalui Playstore memang sudah sangat umum dilakukan, tentunya bila Playstore tidak bisa download akan menimbulkan banyak masalah. Untuk itulah beragam cara diatas bisa Anda terapkan bila mengalami hal tersebut.

Playstore Tidak Bisa Download, Begini Cara Mengatasinya

Advertisements

Leave a Reply