Cara Reset Akun Mi Dengan Mudah Easy Tanpa Ribet dan Anti Gagal

Reset Akun Mi  – Bagi pengguna setia Xiaomi, tentunya sudah tidak asing dengan MI Account. Layanan ini mendukung berbagai kebutuhan aktivitas smartphone Xiaomi secara umum. Reset akun MI diperlukan bagi pengguna dalam kondisi tertentu.

Misalnya ketika hendak menjual ponsel Xiaomi yang dimiliki ke orang lain. Tentu saja Anda perlu menghapus data-data yang tidak tidak seharusnya dimiliki orang lain. Begitu pula pembeli smartphone bekas, pastinya mereka melakukan reset.

Apa Itu Akun Mi dan Mi Cloud?

Apa Itu Akun Mi dan Mi Cloud

Terkadang pengguna Xiaomi masih ada yang bingung mengenai perbedaan akun Mi dan Mi Cloud. Pada dasarnya, kedua hal tersebut merupakan fitur yang berbeda. Tidak semua pengguna akun Mi memanfaatkan Mi Cloud dengan optimal.

Akun Mi memang dirancang vendor Xiaomi agar penggunanya bisa memanfaatkan berbagai fitur Xiaomi dengan optimal. Anda bisa mendaftar menggunakan nomor telepon maupun alamat email saat pertama kali mengaktifkan akun ini.

Selain fitur akun Mi, vendor asal Tiongkok ini juga menyediakan fitur Mi Cloud. Sesuai dengan namanya, fitur ini berfungsi sebagai media penyimpanan secara cloud.

Semua file yang Anda miliki akan di backup secara otomatis, baik file dokumen, foto, maupun video. Khususnya yang tersimpan di memori internal smartphone. Tidak hanya itu, Mi Cloud juga menyimpan data penting lainnya, seperti kontak, rekaman, catatan, hingga aplikasi.

Memiliki backup dari data yang penting memang penting dilakukan. Terutama bagi yang memiliki mobilitas tinggi dan tidak mau ribet. Oleh karena itu, media penyimpanan cloud akan sangat berguna nantinya. Bagi pengguna Xiaomi, vendor ini telah menyediakannya dalam Mi Cloud. 

Mengapa Perlu Melakukan Reset Akun Mi?

Mengapa Perlu Melakukan Reset Akun Mi

Adanya fitur Mi Cloud memang bisa menjadi solusi bagi pengguna Xiaomi agar tidak kehilangan datanya. Namun, tak jarang banyak pengguna yang belum begitu memahami fungsi fitur ini. Padahal, Mi Cloud bisa diandalkan ketika sewaktu-waktu ponsel hilang atau dicuri. 

Setidaknya, Anda memiliki backup data yang mungkin terdapat file penting di dalamnya. Ketika smartphone yang hilang di reset orang lain tanpa menghapus akun MI, smartphone justru akan terkunci. Smartphone Xiaomi tidak bisa di reset sembarangan jika masih ada akun Mi yang login

Meski terkesan merepotkan, namun hal tersebut akan sangat membantu ketika seseorang kehilangan smartphone. Jika akun Mi masih tersinkronisasi dengan ponsel Xiaomi, jangan harap bisa melakukan hard reset. Hard reset seringkali dilakukan pencuri Hp agar bisa barang curiannya bisa dijual.

Oleh karena itu, solusi yang paling tepat dilakukan adalah memasukkan kata sandi akun Mi. Hal ini tentu menjadi musibah bagi pencuri ponsel, namun bagaimana jika kondisi ini menimpa pemilik ponsel?

Reset Mi Account memang diperlukan ketika ponsel berpindah tangan ke orang lain. Cara menghapus akun Mi sebenarnya tidak sulit, Anda bisa melakukannya sendiri tanpa harus ke tempat service.

Namun, tak jarang pengguna Xiaomi lupa dengan email dan kata sandi akun Mi tersebut. Oleh karena itu, simak cara-cara hapus akun Mi dengan berbagai kondisi yang bisa disesuaikan.

Cara Reset Akun Mi dan Mi Cloud

Cara reset Mi Account di bawah ini bisa dipilih sesuai kebutuhan. Apabila menghapus akun Mi, tidak selalu Mi Cloud pun akan ikut terhapus. Oleh karena itu, penghapusan akun Mi bisa dilakukan secara permanen maupun tidak. Untuk lebih jelasnya, simak cara-caranya di bawah ini.

1. Reset Akun Mi dengan Password

Cara reset Mi Account ini bisa dilakukan apabila Anda mengingat password yang digunakan untuk membuat akun Mi pertama kali. Langkah ini terbilang sangat mudah asalkan kata sandi bisa diingat pengguna. Berikut langkah-langkah mudah reset Mi Account yang bisa dilakukan.

  • Buka smartphone Xiaomi, lalu masuk ke menu Setelan.

Buka smartphone Xiaomi, lalu masuk ke menu Setelan

  • Klik opsi akun Mi, lalu pilih menu Keluar. 

Klik opsi akun Mi, lalu pilih menu Keluar

  • Ketika memilih logout, pengguna akan diminta memasukkan kata sandi Mi Account.
  • Akan muncul tiga opsi yang bisa dipilih, misalnya simpan, hapus, dan batal.
  • Karena tujuan utamanya adalah untuk melakukan reset, maka klik opsi hapus dari perangkat saat ini.
  • Restart smartphone dengan menekan tombol Power.
  • Setelah dinyalakan kembali, akun Mi sudah kosong, begitu pula dengan fitur Mi Cloud. Ponsel pun akan memiliki tampilan seperti baru kembali.

Cara melakukan reset Mi Account di atas bisa dilakukan jika Anda mengingat password yang benar. Jika pengguna hanya mengingat alamat email atau nomor telepon, hal ini tidak masalah. Nantinya pihak Xiaomi akan memverifikasi agar password bisa disetel ulang.

2. Reset Akun Mi Lupa Password

Hal ini kerap kali terjadi ketika seseorang baru saja membeli ponsel Xiaomi second. Tidak semua orang cukup detail ketika menjual kembali smartphonenya. Tak jarang yang masih meninggalkan akun Mi tanpa menghapusnya terlebih dahulu.

Jika Anda mengalami hal seperti itu, salah satu solusinya adalah melakukan reset sendiri. Namun, hal ini tidak bisa dilakukan apabila pengguna lama lupa password akun Mi yang pernah dibuat. Tidak perlu khawatir, akun Mi tetap bisa dikosongkan dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Nyalakan ponsel Xiaomi, lalu masuk ke menu Setelan.
  • Klik opsi Setelan tambahan.

Klik opsi Setelan tambahan

  • Tap menu Cadangkan & setel ulang.
  • Setelah itu, pilih Kembalikan ke Setelan Pabrik.

Setelah itu, pilih Kembalikan ke Setelan Pabrik

  • Klik opsi menu Setel Ulang Telepon.
  • Ponsel Xiaomi akan melakukan restart secara otomatis.

Cara di atas bisa menjadi solusi jika Anda benar-benar lupa password yang digunakan untuk Mi Account. Metode di atas memanfaatkan menu recovery yang pastinya akan berakibat pada tampilan ponsel yang kembali ke pengaturan pabrik.

3. Menonaktifkan Akun Mi dari Ponsel

Memang tidak semua pengguna Xiaomi ingin mengaktifkan akun Mi. Beberapa justru tidak terlalu suka karena alasan-alasan tertentu. Oleh karena itu, Anda bisa memilih untuk menonaktifkannya saja. Caranya pun tak kalah mudah dengan yang telah diulas di atas.

Menonaktifkan akun Mi juga penting dilakukan ketika perangkat smartphone hendak dijual. Dengan demikian, data yang bersifat pribadi tidak terbawa oleh orang lain. Berikut tahap-tahap menonaktifkan Mi Account yang mudah dilakukan.

  • Buka smartphone, lalu pilih menu Setelan.
  • Klik opsi Mi Account, lalu tap Keluar.

Klik opsi Mi Account, lalu tap Keluar

  • Akan muncul beberapa pilihan, yaitu simpan, hapus, dan batal.
  • Untuk menonaktifkan fitur akun Mi, pilih opsi hapus.

Untuk menonaktifkan fitur akun Mi, pilih opsi hapus

  • Masukkan kata sandi Mi Account.
  • Selesai.

Memang tidak semua pengguna Xiaomi ingin memanfaatkan fitur Mi Account maupun Mi Cloud. Oleh karena itu, Anda bisa menonaktifkannya sendiri dengan mengikuti langkah-langkah di atas. Jika berubah pikiran dan ingin membuat Mi Account, tentu caranya sangat mudah.

Pada ponsel yang sudah dihapus Mi Account-nya, pengguna tinggal menyiapkan alamat email atau nomor telepon aktif. Setelah itu atur kata sandi sesuai aturan yang berlaku. Setelah itu, akun Mi yang dibuat sudah siap digunakan.

Jangan lupa pula manfaatkan menu Mi Cloud agar tidak perlu susah-susah membackup data nantinya.

4. Reset Akun Mi melalui Website Resmi Xiaomi

Setelah melakukan reset Mi Account melalui ponsel, maka penghapusan secara keseluruhan bisa dilakukan. Hal ini pada dasarnya tergantung pada kebutuhan pengguna. Jika Anda hanya ingin menghapus akun Mi di smartphone saja, cara ini tidak perlu dilakukan.

Namun, beberapa orang memang ingin menghapus fitur Mi Account ini secara keseluruhan. Ternyata cara-caranya pun cukup mudah dilakukan sendiri, yaitu sebagai berikut.

Buka browser, lalu kunjungi website resmi Mi Account

  • Login menggunakan akun Mi yang telah dihapus sebelumnya di smartphone.
  • Jika sudah berhasil login, akan muncul menu pop up otomatis berisi pertanyaan “delete your Mi Account?

Jika sudah berhasil login, akan muncul menu pop up otomatis berisi pertanyaan delete your Mi Account

  • Jika sudah benar-benar yakin, beri centang YES.
  • Tap DELETE Account.
  • Pihak Xiaomi akan mengirimkan email verifikasi penghapusan akun Mi.
  • Cek inbox email untuk mendapatkan 6 digit kode verifikasi yang perlu dimasukkan.
  • Kembali ke laman Mi Account, ketikkan kode verifikasi penghapusan akun Mi.
  • Klik Submit.
  • Pilih menu Delete.
  • Selesai, semua data yang terkoneksi dengan akun Mi tersebut akan hilang.

5. Reset Akun Mi dari Ponsel Second

Reset Akun Mi dari Ponsel Second

Cara ini bisa menjadi pilihan ketika reset Mi Account gagal dilakukan di menu setelan maupun website resmi. Cara menghapus akun Mi dari ponsel second bisa dengan melakukan flashing. Flashing artinya memperbarui firmware pada sebuah smartphone.

Proses ini memiliki tahap-tahap yang cukup membingungkan bagi pemula. Bahkan bisa berakibat ponsel mengalami bootloop jika dilakukan dengan sembarangan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika menggunakan jasa flashing yang sudah ahli.

Melakukan flashing artinya menghapus data di dalam smartphone secara keseluruhan. Hal ini berbeda dibanding sekedar reset ke pengaturan pabrik. Flashing cenderung lebih beresiko dan bisa mengakibatkan kerusakan sistem, terlebih jika tidak dilakukan dengan hati-hati.

Jika ingin melakukan flashing sendiri, Anda perlu memperhatikan panduan yang tepat. pihak Xiaomi sendiri sudah melampirkan firmware yang sesuai untuk melakukan flashing. Firmware yang digunakan setiap ponsel memang tidak selalu sama.

Jika salah menggunakan firmware untuk flashing, ponsel bisa mengalami kerusakan sistem yang cukup parah. Selain firmware, masih ada beberapa tools yang diperlukan untuk melakukan flashing. Misalnya laptop atau PC yang siap digunakan.

Apabila opsi ini menjadi pilihan, pastikan Anda mempersiapkan segala perlengkapannya dengan baik. Begitu pula dengan resiko yang mungkin terjadi, misalnya ponsel bisa mengalami bootloop.

6. Reset Akun Mi Lupa Email dan Terkunci

Jika hanya lupa password Mi saja, solusinya memang cukup mudah. Anda cukup masuk ke alamat email atau menggunakan nomor telepon yang masih aktif. Nantinya, pihak Xiaomi akan mengirimkan kode verifikasi. Namun, bagaimana jika lupa alamat email atau nomor ponsel sudah tidak aktif?

Padahal keberadaan alamat email dan nomor telepon sangat penting untuk melakukan reset. Tidak perlu khawatir, proses reset tetap bisa dilakukan meskipun akun Mi terkunci dan lupa email. Pihak Xiaomi sendiri menyediakan fitur Permohonan Buka Kunci untuk penggunanya.

Dengan demikian, akun Mi yang terkunci bisa dibuka kembali. Untuk lebih jelasnya, simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Buka browser di smartphone, lalu kunjungi halaman situs

  • Setelah itu, klik opsi menu “Permohonan Buka Kunci”.
  • Kemudian akan ditampilkan informasi bahwa fitur permohonan buka kunci ini hanya bisa dilakukan dengan memasukkan identitas dan bukti pembelian ponsel Xiaomi. Bagi yang tidak memiliki bukti pembelian, permohonan ini tidak bisa dilanjutkan.
  • Klik tombol “MULAI”.
  • Pembuktian bahwa smartphone Xiaomi benar-benar milik pribadi bisa dilakukan dengan memasukkan nomor IMEI ponsel. Selain itu, masukkan juga negara pembelian ponsel Xiaomi tersebut.

Pembuktian bahwa smartphone Xiaomi benar-benar milik pribadi bisa dilakukan dengan memasukkan nomor IMEI ponsel

  • Untuk melihat identitas ponsel atau IMEI, bisa dilihat di bagian belakang dus book Xiaomi.
  • Masukkan nomor IMEI dengan tepat, lalu pilih negara pembelian
  • Klik Berikutnya.
  • Setelah itu, tap Lewati.
  • Pada langkah ini, Anda akan diminta untuk mengisi form pembelian smartphone yang dibeli.
  • Pengguna harus mengisi tempat dimana membeli smartphone.
  • Isikan nomor Pesanan dengan tepat.
  • Jika membeli ponsel Xiaomi di mi.com, proses ini akan lebih mudah dan cepat. Namun, jika membelinya di tempat lain, maka fotokan saja dus book atau kotak kemasan.
  • Setelah itu, upload invoice pembelian ponsel.
  • Klik menu Berikutnya.
  • Langkah berikutnya adalah memasukkan nomor HP aktif agar pihak Xiaomi bisa mengirimkan kode verifikasi melalui pesan.
  • Buka SMS yang dikirimkan, copy kode verifikasi lalu paste ke kolom yang disediakan.
  • Klik Berikutnya.

 Jika mengikuti langkah-langkah di atas dengan teliti, permohonan buka kunci akan segera diproses oleh Xiaomi. Anda perlu meninjau permohonan ini dalam periode tertentu.Biasanya, proses berlangsung kurang lebih selama 3 hari kerja.

Pengguna akan mendapatkan hasil permohonan buka kunci via SMS ke nomor HP yang telah dimasukkan. Jika permohonan pembukaan blokir akun Mi diterima, Xiaomi akan mengirimkan sms balasan berupa akun Mi yang sudah bisa dibuka.

Jika sudah ke tahap tersebut, Anda  bisa memasukkan kartu SIM yang terhubung dengan jaringan internet. Setelah itu, buka Mi Account yang sudah bisa digunakan kembali.

7. Reset Akun Mi secara Permanen

Penghapusan akun Mi tidak hanya di ponsel Xiaomi saja. jika pengguna ingin menghapus seluruh data, kontak, foto, video, catatan, dll, caranya cukup mudah. Jika Anda tidak masalah dengan hal tersebut, ikutilah langkah-langkahnya di bawah ini.

Buka browser lalu kunjungi laman

  • Pada tampilan awal halaman, login menggunakan akun MI yang ingin dihapus.
  • Login menggunakan alamat email atau nomor telepon, kemudian masukkan kata sandi.
  • Klik Masuk.
  • Setelah itu, akan ditampilkan konsekuensi apabila penghapusan akun Mi dilanjutkan. Pihak Xiaomi akan mengkonfirmasi bahwa penghapusan akun secara permanen tidak bisa dipulihkan kembali.
  • Jika sudah yakin dengan resiko tersebut, klik tulisan “Ya, saya ingin hapus secara permanen Akun Mi saya dan seluruh datanya.

Jika sudah yakin dengan resiko tersebut, klik tulisan Ya, saya ingin hapus secara permanen Akun Mi saya dan seluruh datanya

  • Tunggu sampai tanda centang ditampilkan, lalu klik Hapus Akun Mi.

Perlu diingat bahwa penghapusan akun Mi tidak bisa dilakukan pada smartphone yang terkunci. Maka sebelum menghapus Mi Account secara permanen, pastikan Anda bisa membukanya seperti langkah-langkah di atas. Jika smartphone sudah dibuka, penghapusan akun bisa dilanjutkan.

8. Menghubungi Official Xiaomi

Menghubungi Official Xiaomi

Jika melakukan reset dengan di smartphone maupun website resmi masih gagal, Anda bisa menghubungi pihak Xiaomi. Terlebih jika takut melakukan flashing  malah akan menimbulkan kerusakan.

Oleh karena itu,tidak ada salahnya untuk menghubungi Official Xiaomi untuk informasi lebih detail. Customer service Xiaomi akan melayani pelanggan dengan baik. Termasuk keluh kesah mengenai proses reset yang mengalami kendala.

Berikut cara menghubungi pihak Xiaomi Indonesia melalui berbagai platform.

Beberapa cara untuk melakukan reset Mi Account di atas bisa dipilih sesuai kondisi Anda. Jika terdapat cara memiliki resiko, tentunya pengguna harus mempertimbangkannya dengan matang. Pilihlah metode yang paling tepat agar proses reset berlangsung dengan lancar.

Cara Reset Akun Mi Dengan Mudah Easy Tanpa Ribet dan Anti Gagal

Advertisements

Add Comment