Cara Screenshot Iphone

8+ Cara Screenshot iPhone Sangat Mudah Dan simpel

Cara Screenshot iPhone  – Pengguna iPhone selalu disuguhkan dengan fitur canggih dan terbaru, salah satunya adalah fitur screenshot yang dimiliki oleh ponsel tersebut. Kini terdapat banyak cara screenshot iPhone yang bisa dilakukan, seperti menggunakan tombol fisik, back tap, assitive touch, dan masih banyak lainnya.

Selain untuk mempermudah penggunanya, fitur screenshot iPhone juga didesain untuk meningkatkan kualitasnya. Mulai dari gambar yang lebih bersih, tambahan screenshot rolling, hingga editing yang lebih menarik.

8 Cara Screenshot iPhone

1. Screenshot Menggunakan Tombol Home dan Power

Screenshot Menggunakan Tombol Home dan Power

Menggunakan tombol fisik adalah cara sederhana untuk menangkap layar di ponsel, untuk iPhone sendiri Anda bisa menggunakan tombol home dan power. Caranya pergilah ke halaman yang ingin Anda ambil gambarnya, kemudian ikuti langkah berikut:

  • Scroll ke atas dan ke bawah hingga seluruh bagian penting masuk ke layar, lalu tekanlah tombol home dan power secara bersamaan.
  • Tahanlah beberapa saat hingga ponsel bergetar, layar berkedip, ataupun terdengar suara shutter.
  • Untuk melihat hasil tangkapan layar, Anda bisa pergi ke galeri dan masuk folder screenshot. Di sini Anda bisa melihat ataupun mengedit hasil screenshot sesuai dengan keinginan Anda.

2. Screenshot Menggunakan Tombol Power dan Volume

Screenshot Menggunakan Tombol Power dan Volume

Bukan hanya tombol home dan power saja, namun Anda juga bisa menggunakan tombol power serta volume di iPhone. Caranya sama yaitu dengan mengunjungi sebuah halaman terlebih dahulu, lalu persisikan bagian atas dan bawah hingga semua masuk ke tampilan layar.

Tekan dan tahan kedua tombol power serta volume secara bersamaan, di sini Anda bisa menggunakan volume up ataupun volume down. Tunggu beberapa saat hingga terdapat notifikasi bahwa layar telah berhasil ditangkap, notifikasi ini bisa berupa flash, getaran, ataupun suara shutter.

Selain itu, ada juga notifikasi berupa layar yang mengecil dan menjadi gambar mini. Dari sini Anda sudah dapat melihat hasil screenshot. Cukup dengan mengklik gambar mini yang muncul di sisi layar, screenshot tersebut bisa Anda edit ataupun ditambahkan catatan bila dibutuhkan.

3. Screenshot Menggunakan Touch ID dan Tombol Atas

Screenshot Menggunakan Touch ID dan Tombol Atas

Ada juga iPhone yang mempunyai cara screenshot dengan menggunakan Touch ID dan tombol atas, caranya hampir sama dengan screenshot tombol fisik lainnya. Anda hanya harus masuk ke halaman yang akan di screenshot, kemudian lakukan cara berikut:

  • Tekan Touch ID yang ada di bagian bawah layar, tekanlah bersama dengan tombol yang ada di bagian atas iPhone.
  • Tahan hingga layar ditangkap dan muncul gambar mini yang muncul sekilas di sudut layar iPhone
  • Gambar mini tersebut bisa Anda klik untuk membuka atau mengeditnya, bila Anda tidak mengkliknya gambar tersebut menghilang.
  • Otomatis gambar screenshot akan segera tersimpan di galeri Anda.

4. Screenshot Menggunakan Fitur Back Tap

Terdapat cara screenshot di iPhone terbaru yang bisa Anda coba, fitur tersebut bernama Back Tap Screenshot. Fitur ini memungkinkan Anda dapat melakukan screenshot, hanya dengan mengetuk dua kali bagian belakang Iphone saja.

Cara screenshot iPhone ini hadir di iOS 14, agar fitur ini aktif Anda bisa masuk ke pengaturan terlebih dahulu. Setelah itu, lanjutkan dengan langkah berikut:

  • Pilih opsi Aksesibilitas, scroll ke bawah dan klik Touch.
  • Selanjutnya aktifkan Back Tap dengan menekan pilihan tersebut.

Selanjutnya aktifkan Back Tap dengan menekan pilihan tersebut

  • Setelah itu, akan muncul beberapa pilihan yang bisa dimasukkan Back Tap, seperti screenshot, control center, pengaturan volume, dan masih banyak lainnya.
  • Centanglah pilihan sesuai dengan kebutuhan Anda, klik selesai dan aktifkan Back Tap di iPhone Anda tersebut.
  • Bila sudah aktif Anda bisa segera mencobanya, carilah laman yang ingin Anda simpan dan sesuaikan batas atas dan bawahnya.
  • Untuk melakukan screenshot Anda tinggal mengetuk sebanyak tiga kali bagian belakang body iPhone.

Untuk melakukan screenshot Anda tinggal mengetuk sebanyak tiga kali bagian belakang body iPhone

  • Apabila sebelumnya Anda hanya memilih opsi screenshot, maka iPhone akan segera mengambil tangkapan layar. Namun bila Anda mencentang pilihan seperti volume, control center, ataupun pilihan lain, maka setelah Back Tap Anda harus memilih lagi opsi yang akan muncul di layar.

Tunggu beberapa saat hingga layar tertangkap, kemudian Anda sudah berhasil melakukan screenshot dengan cara Back Tap. Cara ini tentunya sangat mudah dan cepat, cocok untuk digunakan saat kebutuhan darurat.

5. Cara Screenshot iPhone Menggunakan Assistive Touch

Penggunaan Assistive Touch sudah sangat sering digunakan untuk membantu operasi iPhone, salah satu menunya adalah screenshot layar bila sedang dibutuhkan. Pertama aktifkan terlebih dahulu Assistive Touch di iPhone Anda.

Cara untuk mengaktifkan Assistive Touch iPhone sangat sederhana, masuklah ke menu pengaturan dan pilih Assistive Touch. Sesuaikan pengaturan sesuai dengan keinginan Anda dengan memberikan check list pilihan yang ada, seperti perekam layar, screenshot, dan lain sebagainya. Selanjutnya ikuti langkah ini:

  • Klik aktifkan dan akan muncul icon menu bar pada sisi layar.

Klik aktifkan dan akan muncul icon menu bar pada sisi layar

  • Setelah itu, carilah halaman yang ingin dilakukan screenshot, lalu sesuaikan sisi atas dan bawah hingga bagian penting masuk ke layar.
  • Klik icon menu bar Assistive Touch yang ada di sisi layar.

Klik icon menu bar Assistive Touch yang ada di sisi layar

  • Akan muncul beberapa pilihan pada menu tersebut, tekanlah pilihan atau icon screenshot.
  • Tunggu beberapa saat dan otomatis layar akan di screenshot dengan sendirinya.

Selain itu, banyak opsi editing screenshot yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Untuk menonaktifkan fitur ini, cukup tekan icon menu bar Assistive Touch.

Selanjutnya pilih icon matikan yang berada paling bawah, klik dan icon menu bar Assistive Touch akan menghilang dengan sendirinya.

6. Cara Screenshot iPhone dengan Aplikasi

Selain menggunakan fitur bawaan iPhone, Anda juga bisa melakukan screenshot dengan menggunakan sebuah aplikasi. Tentu saja cara screenshot di iPhone dengan aplikasi lebih profesional, dimana Anda bisa melakukan berbagai jenis screenshot dan editing dalam satu waktu.

Pertama download dan install terlebih dahulu aplikasinya di App Store, contoh aplikasi yang bagus adalah Screenshot Maker Pro, Screenshot Frame Master, ataupun Screenshot Editor. Setelah Anda menginstalnya, masuklah ke dalam aplikasi tersebut dan lakukan cara berikut:

  • Sesuaikan opsi screenshot sesuai kebutuhan Anda, caranya centang beberapa bagian yang penting.
  • Bila dirasa cukup, selanjutnya klik tombol start yang ada di bagian bawah. Akan muncul status bar di sisi layar iPhone Anda.

Bila dirasa cukup, selanjutnya klik tombol start yang ada di bagian bawah. Akan muncul status bar di sisi layar iPhone Anda

  • Pilih laman yang ingin Anda screenshot dan sesuaikan sisi-sisinya, lalu klik status bar aplikasi yang ada di bagian sisi layar.

Pilih laman yang ingin Anda screenshot dan sesuaikan sisi-sisinya, lalu klik status bar aplikasi yang ada di bagian sisi layar

  • Halaman akan secara otomatis di screenshot dan disimpan di galeri foto Anda, Anda bisa melihatnya langsung dari gambar kecil yang muncul setelah screenshot

Selain itu ,Anda juga bisa memotongnya lagi dan memisahkan bagian-bagian penting, memberi catatan tertentu, ataupun menggabungkan beberapa screenshot. Salah satu kelebihan penggunaan aplikasi memang terdapatnya banyak opsi edit yang bisa dilakukan.

7. Cara Screenshot iPhoneScreenshot Menggunakan Goyangan”

Cara Screenshot iPhone "Screenshot Menggunakan Goyangan"

Akhir-akhir ini terdapat cara unik untuk melakukan screenshot, cara tersebut adalah dengan menggunakan goyangan atau biasa disebut shake. Untuk iPhone sendiri belum banyak yang bisa digunakan untuk hal tersebut, namun Anda bisa melakukannya dengan bantuan aplikasi.

Caranya sangat sederhana yaitu carilah aplikasi yang menyediakan fitur shake screenshot, kemudian install dan masuklah ke aplikasi tersebut. Aktifkan opsi atau pilihan fitur shake screenshot, lalu klik tombol mulai atau start hingga muncul menu notifikasi bar di layar iPhone Anda.

Selanjutnya cari halaman yang ingin Anda tangkap layarnya, setelah itu tinggal goyangkan iPhone ke kanan dan ke kiri hingga screenshot berhasil dilakukan. Simpan hasil screenshot dan Anda siap melihatnya di penyimpanan Anda.

8. RollingScreenshot

Terkadang banyak pengguna iPhone yang butuh rolling screenshot, baik untuk menyimpan data yang banyak atau sekedar menyimpan laman yang panjang. Umumnya terdapat beberapa cara screenshot di iPhone secara rolling yang bisa Anda lakukan.

a. Rolling Screenshot dengan Fitur Bawaan

Rolling Screenshot dengan Fitur Bawaan

Menggunakan fitur bawaan seperti kombinasi tombol bisa untuk dilakukan, walaupun biasa digunakan untuk menangkap layar biasa, namun ia juga dapat digunakan untuk rolling screenshot. Caranya adalah dengan mengunjungi laman yang memiliki scroll panjang ke bawah.

Berikutnya lakukan screenshot seperti biasa dengan menekan kombinasi tombol secara bersamaan, tunggu beberapa saat hingga layar berhasil ditangkap. Setelah itu, akan muncul menu bar kecil yang ada di bagian sisi layar.

Tekan menu bar tersebut dan pilihlah opsi tangkapan layar panjang, Anda akan diarahkan ke halaman yang ingin di-screenshot. Tap dan tarik ke bawah hingga batas yang diinginkan, setelah itu lepaskan tap dan otomatis halaman akan disimpan secara vertikal.

b. Rolling Screenshot dengan Assistive Touch

Rolling Screenshot dengan Assistive Touch

Pengaplikasian Assistive Touch juga bisa dilakukan, bahkan dengan cara screenshot iPhone yang satu ini akan lebih mudah. Hal ini karena sudah ada menu rolling capture di Assistive Touch, Anda tinggal mengaktifkannya dengan melakukan centang pada pengaturan.

Selanjutnya cari halaman yang ingin Anda screenshot secara rolling, kemudian tentukan batas atasnya dan klik tombol Assistive Touch. Pilih opsi screen capture dan otomatis layar akan di-screenshot, tarik ke bawah hingga batas paling bawah yang diinginkan.

Setelah sampai batas bawah yang diinginkan, gambar screenshot akan segera disimpan di galeri. Bila Anda kesalahan, Anda bisa melakukan hal yang sama untuk mengulanginya lagi. Anda juga dapat mengedit screenshot tersebut seperti screenshot pada umumnya.

c. Rolling Screenshot dengan Aplikasi

Rolling Screenshot dengan Aplikasi

Ada juga cara rolling screenshot dengan menggunakan aplikasi, dimana cara ini bahkan lebih bagus dan akurat. Anda bisa menentukan batas atas dan batas bawah benar-benar sesuai kebutuhan, karena Anda bisa menarik dan mengulur batas dengan cara yang manual.

Caranya pertama pilih aplikasi screenshot yang ada di App Store, kemudian masuklah ke dalam aplikasi tersebut. Pilih opsi scroll capture dan tekan tombol start, otomatis akan muncul menu bar di bagian sisi layar iPhone Anda.

Pergilah ke halaman yang ingin Anda rolling screenshot, setelah itu klik menu bar di sisi layar. Anda akan diarahkan untuk menentukan bagian atas yang biasa Anda tarik dan ulur, lalu scroll ke bawah dan lakukan hal yang sama dengan tarik dan ulur hingga batas paragraf yang diinginkan.

Setelah itu, klik save dan gambar screenshot Anda berhasil disimpan, pergilah ke penyimpanan untuk melihat hasil rolling screenshot yang telah Anda ambil. Untuk menonaktifkan rolling screenshot atau mematikan aplikasinya, tinggal masuk kembali ke aplikasi tersebut dan klik tombol off.

Cara screenshot iPhone terkenal sangat mudah dan praktis, di sisi lain tingkat kejernihan dan akurasinya sangatlah tajam. Cocok untuk menyimpan halaman atau data penting dalam bentuk screenshot.

8+ Cara Screenshot iPhone Sangat Mudah Dan simpel

Advertisements

One Response

  1. lala lativa Januari 13, 2021

Leave a Reply