Cara Screenshot Samsung Mudah 100% work

Cara Screenshot Samsung  – Screenshot merupakan salah satu fitur yang sangat sering digunakan, baik untuk menyimpan data, informasi, ataupun menangkap momen tertentu. Setiap ponsel Android mempunyai cara screenshot yang berbeda, seperti cara screenshot Samsung yang sangat unik dan beragam.

Melihat kebutuhan screenshot yang sangat penting, membuat Samsung meningkatkan fitur satu ini. Kini pengguna samsung bisa melakukan screenshot dengan lebih mudah, dimana banyak opsi yang bisa dilakukan untuk dapat menangkap layar di smartphone Samsung.

8 Cara Screenshot Samsung

1. Cara Screenshot Menggunakan Tombol Power dan Home

Cara Screenshot Menggunakan Tombol Power dan Home

Menggunakan tombol fisik adalah cara paling umum untuk melakukan screenshot, Samsung sendiri menggunakan tombol power dan home untuk dapat melakukan screenshot. Namun, cara ini hanya bisa dilakukan oleh Samsung versi lama, terutama yang masih mempunyai tombol fisik home.

  • Caranya pergilah ke halaman atau laman yang ingin Anda screenshot
  • Selanjutnya tekan tombol power di samping kanan handphone dan tombol home yang ada di bawah layar secara bersamaan.
  • Tunggu beberapa saat hingga layar berkedip, tangkapan layar sudah bisa tersimpan di galeri Anda.

2. Cara Screenshot dengan Tombol Home dan Volume

Cara Screenshot dengan Tombol Home dan Volume

Selain menggunakan tombol power dan home, Anda juga bisa menggunakan tombol home dan volume. Caranya hampir sama yaitu dengan mengunjungi halaman yang ingin ditangkap, kemudian tekanlah tombol home dan volume secara bersamaan.

Tunggulah beberapa saat hingga layar berkedip, lalu hasil screenshot akan tersimpan secara otomatis di penyimpanan Anda. Cara screenshot Samsung ini bisa dilakukan untuk semua jenis smartphone Samsung, cocok bila Anda ingin menangkap layar dengan mudah dan cepat.

3. Cara Screenshot dengan Menyapu Layar

Pada smartphone terbaru yang dikeluarkan Samsung, terdapat fitur screenshot yang unik. Fitur ini disebut dengan Palm Swipe Gesture, dimana Anda bisa melakukan screenshot dengan cara menyapu layar ponsel atau disebut swipping layar.

  • Buka menu pengaturan pada smartphone Samsung Anda terlebih dahulu, lalu bukalah menu yang bernama Advanced Features.
  • Setelah itu, lanjutkan ke menu Motion and Gesture, berikutnya pilih Palm Swipe to Capture dan klik aktifkan.

Setelah itu, lanjutkan ke menu Motion and Gesture, berikutnya pilih Palm Swipe to Capture dan klik aktifkan

  • Setelah fitur Palm Swipe to Capture aktif, Anda bisa langsung mengunjungi halaman atau laman yang ingin di screenshot.
  • Cara yang perlu Anda lakukan adalah meletakkan tangan Anda di atas layar ponsel dengan posisi vertikal, pastikan sebagian besar telapak menyentuh layar smartphone.
  • Secara perlahan gerakkan tangan Anda dari kanan ke kiri, ataupun sebaliknya. Tunggu hingga proses selesai dan smartphone akan mengeluarkan suara shutter. Di sini Anda telah berhasil melakukan screenshot menggunakan cara sweeping layar.

Secara perlahan gerakkan tangan Anda dari kanan ke kiri, ataupun sebaliknya. Tunggu hingga proses selesai dan smartphone akan mengeluarkan suara shutter. Di sini Anda telah berhasil melakukan screenshot menggunakan cara sweeping layar.

Selain menggunakan penyapuan layar dengan telapak tangan, Anda juga dapat melakukannya dengan tiga jari. Caranya sama yaitu dengan mengusap layar dari kanan ke kiri atau sebaliknya, pastikan ketiga jari menyentuh layar smartphone secara bersamaan.

Tunggu beberapa saat hingga smartphone mengambil tangkapan layar, bila belum berhasil ulangi lagi hingga hasilnya sesuai dengan keinginan Anda. Hal ini karena untuk dapat melakukannya, ketiga jari Anda harus benar-benar menyentuh layar dan dalam keadaan kering agar Samsung merespon.

4. Cara Screenshot dengan Assistive Touch

Metode screenshot Samsung lainnya adalah dengan menggunakan Assistive Touch, fitur ini bisa Anda aktifkan bila ingin mengambil screenshot yang lebih optimal. Untuk mengaktifkannya dan menggunakannya, Anda bisa melakukan cara berikut:

  • Masuk menu pengaturan, lalu pilih opsi Aksesibilitas dan masuk ke Interaction & Dexterity.
  • Selanjutnya aktifkan menu Asisten dengan melakukan centang, secara otomatis Assistive Touch akan aktif dan otomatis muncul di sisi layar.

Selanjutnya aktifkan menu Asisten dengan melakukan centang, secara otomatis Assistive Touch akan aktif dan otomatis muncul di sisi layar

  • Setelah itu, arahkan layar ke halaman yang ingin Anda simpan, lalu sesuaikan batas atas dan batas bawahnya sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Setelah halaman yang ingin diambil dirasa sudah sesuai atau pas, maka Anda bisa masuk ke menu Assistive Touch yang ada di sisi layar.

Setelah halaman yang ingin diambil dirasa sudah sesuai atau pas, maka Anda bisa masuk ke menu Assistive Touch yang ada di sisi layar

  • Pilih tombol tangkapan layar dan klik ok, tunggu beberapa saat dan halaman sudah berhasil Anda screenshot dengan sempurna.

Selain itu dengan menu Assistive Touch ini, Anda bisa melakukan beberapa pilihan seperti rolling screenshot, menambahkan catatan, ataupun opsi lainnya. Sangat bagus untuk Anda gunakan bila ingin menyimpan halaman yang berisi dokumen ataupun informasi penting.

5. Cara Screenshot Samsung Galaxy Note dengan S Pen

Bagi Anda pengguna Samsung Galaxy Note tentunya akan lebih dimudahkan lagi, teknologi S Pen bisa digunakan untuk melakukan screenshot dengan mudah dan cepat. Terdapat tiga cara screenshot Samsung dengan S Pen, yaitu:

a. Menggunakan Stylus S Pen

Menggunakan Stylus S Pen

Untuk menggunakan S Pen, pertama tariklah stylus S Pen keluar dari ponsel Samsung Anda. Kemudian otomatis ponsel Anda akan masuk ke menu air command, setelah itu tekan tombol kecil yang ada di ujung S Pen.

Tekan beberapa saat, kemudian arahkan S Pen ke arah layar sampai menyentuhnya. Samsung Anda akan berkedip dan berhasil menangkap layar, Anda bisa melihat hasilnya dengan mengunjungi penyimpanan ataupun galeri.

b. Menggunakan Fitur Scrapbooker

Menggunakan Fitur Scrapbooker

Selanjutnya ada juga fitur bernama Scrapbooker, dimana fitur ini bisa mengambil screenshot dengan lebih mudah. Ambilah S Pen dari ponsel Samsung Anda terlebih dahulu, lalu masuk ke menu air command dengan klik dan tahan tombol kecil di S Pen.

Nah, setelahnya sentuhkan pada layar Samsung Anda. Setelah air command aktif, langkah selanjutnya adalah arahkan smartphone ke laman yang ingin Anda screenshot.

Gambarlah lingkaran menggunakan S Pen di bagian layar yang ingin diambil, secara otomatis layar akan menangkap gambar sesuai dengan keinginan Anda.

c. Screen Write

Screen Write

Hampir sama dengan fitur sebelumnya, fitur screen write juga dapat menangkap layar dengan menggunakan S Pen. Caranya pergilah ke halaman di mana Anda ingin mengambil screenshot, kemudian tuliskan sesuatu di layar menggunakan S Pen yang dimiliki.

Angkat S Pen dari layar dan tunggu beberapa saat, layar akan berkedip dan Anda berhasil melakukan screenshot. Uniknya Anda juga dapat menambahkan tulisan di screenshot tersebut, baik catatan kecil, tags, ataupun mengedit sesuai dengan kebutuhan Anda.

6. Cara Screenshot dengan Aplikasi

Terdapat banyak sekali aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk mengambil screenshot, aplikasi-aplikasi ini bisa Anda dapatkan secara gratis di Playstore. Cara screenshot Samsung dengan aplikasi sangatlah mudah, terlebih dahulu install aplikasi yang dibutuhkan.

Aplikasi seperti Screenshot Pro, Screenshot Capture, hingga Assistive Touch for Android bisa menjadi pilihan Anda.

  • Setelah menginstal salah satu aplikasi screenshot tersebut, masuklah ke dalam aplikasinya.
  • Di sini Anda bisa mengaktifkan aplikasinya, lalu akan muncul tombol screenshot yang berupa menu bar, icon, ataupun dalam bentuk notifikasi bar.

Di sini Anda bisa mengaktifkan aplikasinya, lalu akan muncul tombol screenshot yang berupa menu bar, icon, ataupun dalam bentuk notifikasi bar

  • Setelah itu, arahkan layar smartphone Anda ke halaman yang ingin diambil gambarnya.

Setelah itu, arahkan layar smartphone Anda ke halaman yang ingin diambil gambarnya

  • Tekan tombol screenshot yang telah disediakan oleh aplikasi screenshot, umumnya setiap aplikasi memberikan tombol yang berbeda-beda.
  • Tekan dan tunggu beberapa saat hingga layar berkedip, ponsel bergetar, ataupun suara shutter

Anda telah berhasil mengambil screenshot dari laman tersebut, dimana untuk mengeceknya tinggal masuk aplikasi screenshot ataupun langsung ke penyimpanan ponsel Anda. Perlu diketahui bahwa penyimpanan screenshot menggunakan aplikasi, pastinya masuk ke folder dengan nama aplikasinya.

7. Cara Screenshot Samsung “Cara Screenshot dengan Shake”

Cara Screenshot Samsung

Cara screenshot unik Samsung lainnya adalah dengan shake atau goyangan, fitur ini sebenarnya hanya ada di beberapa smartphone Samsung saja. Namun bila tidak menemuinya di smartphone Anda, maka Anda bisa mengunduh aplikasi screenshot di Playstore.

Salah satu aplikasi yang bisa screenshot shake adalah Screen master. Cara melakukannya cukup masuk ke aplikasi dan centang pilihan “goyang untuk screenshot”, atur sensitivitasnya, dan klik tombol aktifkan atau start screen capture.

Berikutnya pilih halaman yang ingin Anda simpan, lalu goyangkan smartphone Anda ke kiri dan ke kanan. Otomatis layar akan di screenshot dan masuk ke penyimpanan Anda, untuk menonaktifkannya cukup masuk kembali ke aplikasi dan tekan tombol screen capture.

8. Cara Rolling Screenshot

Ada kalanya halaman yang ingin di screenshot memiliki baris yang panjang, sehingga Anda perlu melakukan rolling screenshot. Fitur ini bisa dilakukan di ponsel Samsung dengan sangat mudah, mengingat banyak cara yang bisa diterapkan.

a. Menggunakan Fitur Bawaan

Menggunakan Fitur Bawaan

Untuk melakukan rolling screenshot dengan fitur bawaan sangatlah mudah, Anda hanya perlu masuk ke halaman yang dipilih. Cara screenshot di HP Samsung seperti ini tetap bisa menggunakan tombol ataupun Assistive Touch, lalu setelah screenshot berhasil akan muncul menu kecil di sisi layar.

Klik menu tersebut dan pilih more, dalam menu more klik tangkapan layar panjang. Selanjutnya tentukan batas atas dan tarik ke bawah hingga batas bawah, setelah itu screenshot rolling sudah berhasil Anda simpan. Untuk meninjaunya bisa mengunjungi penyimpanan atau galeri.

b. Menggunakan S Pen

Menggunakan S Pen

Untuk pengguna Samsung Galaxy Note, Anda bisa mengeluarkan terlebih dahulu S Pen. Setelahnya air command akan muncul dan pilih menu screen write, lalu masuklah ke halaman web ataupun laman lain yang ingin Anda screenshot.

Setelah itu, pilihlah menu screen write yang telah Anda buka tadi dengan cara pop up, akan muncul beberapa pilihan dan tekanlah opsi scroll capture. Smartphone Samsung akan menangkap layar dan scroll ke bawah secara otomatis.

Untuk menentukan batas bawah atau menghentikannya, tekan lagi pilihan scroll capture. Tunggulah beberapa saat dan tangkapan layar panjang berhasil disimpan, Anda bisa melihat, memperbesar, ataupun memotongnya lagi bila diperlukan.

c. Menggunakan Aplikasi

Menggunakan Aplikasi

Bila ponsel Samsung Anda belum terdapat fitur rolling screenshot, Anda tetap bisa melakukan rolling screenshot dengan bantuan aplikasi. Caranya bisa dengan menginstal aplikasi terlebih dahulu, kemudian bukalah aplikasi screenshot yang Anda pilih.

Selanjutnya bukalah menu opsi pada aplikasi screenshot, centanglah pilihan tangkapan layar panjang dan klik start. Setelah itu, pergilah ke halaman yang ingin Anda ambil dengan cara scroll, klik tombol atau menu aplikasi yang ada di sisi layar.

Secara otomatis layar akan melakukan scroll ke bawah, hal tersebut adalah tanda layar sedang di screenshot ke arah bawah. Untuk menghentikannya tekan tombol atau menu screenshotnya lagi, layar akan berkedip dan menyimpan hasil tangkapan layar panjang yang Anda lakukan.

Cara screenshot Samsung memang sangatlah beragam, tentunya hal ini disesuaikan dengan kebutuhan ataupun kenyamanan Anda. Selain itu, fitur menarik seperti note, rolling, hingga editing akan membantu Anda bila membutuhkan jenis screenshot tertentu.

Cara Screenshot Samsung Mudah 100% work

 

Advertisements

One thought on “Cara Screenshot Samsung Mudah 100% work

  1. Pingback: 8+ Cara Screenshot iPhone Sangat Mudah Dan simpel

Add Comment