Cara Cek Tagihan Listrik PLN

Cara cek tagihan listrik PLN Terbaru Dan Work 100%

Cara cek tagihan listrik PLN  – Pada kondisi tertentu, mungkin Anda ingin mengetahui berapa total tagihan listrik selama satu bulan yang lalu. Bisa jadi ingin membayarkannya ketika sedang berada di luar rumah, tapi lupa berapa total tagihan. Oleh karena itu, Anda perlu tahu beberapa cara cek tagihan listrik PLN.

Bahkan saat ini ada banyak cara yang bisa Anda pakai untuk mengetahui total tagihan. Mengingat perkembangan teknologi yang terjadi, membuat semua persoalan menjadi jauh lebih mudah dan cepat.

Perbedaan Listrik Prabayar dan Pascabayar

Sebelum masuk ke pembahasan mengenai masalah cara mengecek tagihan listrik PLN, Anda harus memahami dulu perbedaan listrik prabayar dan pascabayar. Pasalnya, kedua sistem pembayaran listrik tersebut memiliki banyak sekali perbedaan. Berikut ini penjelasannya:

1. Listrik Prabayar

Listrik Prabayar

Jika didasarkan pada penjelasan resmi dari pihak PLN, listrik prabayar adalah sebuah produk pelayanan dimana para pelanggan menggunakan tenaga listrik. Sedangkan, pada penggunaan tenaga listrik, pengguna menggunakan meter elektronik prabayar dengan pembayaran di awal waktu.

Jika Anda merupakan pelanggan listrik dari PLN yang ingin bisa menyesuaikan pengeluaran bulanan, maka bisa menggunakan listrik prabayar ini. Pasalnya, cara pembayarannya sangat mudah sekali dan cepat.

Anda hanya harus membeli pulsa listrik untuk mengisi kembali meter elektronik agar berfungsi. Saat ini sebagian besar pelanggan di Indonesia juga sudah menggunakan listrik prabayar.

a. Kelebihan Listrik Prabayar

Terdapat cukup banyak kelebihan dari pembayaran listrik jenis ini. Salah satu yang diandalkan pada listrik prabayar ini adalah masalah kepraktisan pembelian pulsa listrik. Ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh listrik prabayar ini. Berikut ini kelebihannya yang bisa Anda rasakan:

  • Tidak diberlakukan denda atau sanksi jika pelanggan telat melakukan pembayaran tagihan listrik. Karena jika pulsa habis, maka listrik otomatis akan mati.
  • Tingkat prediksi dan penghitungan pengeluaran yang sangat rinci dan terukur. Cocok sekali bagi Anda yang ingin memanajemen pengeluaran rumah tangga dengan ketat.
  • Tingkat risiko kesalahan pencatatan meteran dari para petugas PLN sangat rendah sekali.
  • Memiliki jaringan pulsa listrik yang sangat luas sekali. Anda bisa menemukan pulsa listrik di mana saja, termasuk di konter pengisian pulsa handphone. Dengan demikian, tidak perlu khawatir pada masalah pengisian kembali meteran listrik jika sudah habis.
    • Apalagi saat ini maraknya situs jual beli online juga membuat pembayaran atau pembelian pulsa menjadi jauh lebih praktis dan cepat.
  • Sangat direkomendasikan bagi Anda yang memiliki bisnis kos-kosan. Karena dengan adanya pulsa listrik atau token, pengeluaran bulanan bisa diatur dan tidak perlu khawatir membengkak.

2. Listrik Pascabayar

listrik pascabayar

Lawan dari listrik prabayar adalah listrik pascabayar. Perbedaan utamanya adalah pihak PLN akan memberikan Anda akses penggunaan listrik secara bebas tanpa ada batasan selama sebulan.

Namun, setelah itu, Anda akan dikirimi tagihan listrik kepada para pelanggan setiap bulannya. Oleh karena itu, penting sekali bagi para pengguna listrik pascabayar untuk mengetahui cara cek tagihan listrik.

Hal tersebut perlu dilakukan, agar pengguna tidak kaget jika tiba-tiba ternyata jumlah tagihan membengkak sangat tinggi. Pasalnya, listrik pascabayar ini tidak bisa Anda atur seberapa banyak batas konsumsinya.

Banyak juga yang menilai, bahwa listrik pascabayar ini membuat para penggunanya menggunakan listrik tanpa ada kontrol. Mengingat listrik akan tetap menyala selama 24 jam, sehingga pengguna bisa leluasa untuk menggunakannya tanpa batasan.

Sayangnya meski bebas menggunakannya, jika Anda sampai telat membayarkan tagihan setiap bulan, maka akan dikenakan denda atau sanksi. Tentunya ini sangat merugikan sekali, apalagi jika jumlah tagihan tanpa disadari mengalami kenaikan yang sangat banyak.

Cara pembayaran listrik pascabayar sebenarnya juga termasuk cukup rumit. Pasalnya, hanya beberapa pihak tertentu saja yang menyediakan pembayaran listrik pascabayar.

a. Kelebihan Listrik Pascabayar

Biasanya Anda bisa membayarkan tagihan bulanan ke kantor PLN langsung, Kantor Pos, atau secara online. Namun, meski terkesan banyak sisi kekurangannya, sebenarnya ada beberapa kelebihan yang terdapat pada layanan listrik pascabayar. Berikut ini kelebihannya:

  1. Tidak memiliki risiko listrik tiba-tiba mati mendadak, karena pulsa listrik sudah habis. Pada dasarnya Anda bisa menggunakan layanan listrik dari PLN dengan bebas, jika menggunakan pascabayar. Jadi, tidak ada pemadaman secara otomatis seperti yang terjadi pada prabayar.
  2. Tidak membutuhkan pengisian pulsa listrik secara berkala dan mandiri. Namun, Anda tetap diwajibkan untuk melakukan pembayaran tagihan listrik yang dibebankan setiap bulannya.

Cara cek tagihan listrik PLN

1. Lewat Aplikasi PLN Mobile

a. Pengguna iOS

Cara pertama yang bisa Anda coba gunakan adalah lewat aplikasi PLN Mobile. Keberadaan aplikasi ini sangat membantu sekali bagi Anda yang ingin tahu tagihan PLN dengan mudah dan cepat. Berikut ini cara mengecek tagihan PLN lewat PLN Mobile bagi pengguna iOS:

  • Tahap pertama untuk bisa mengecek tagihan PLN hanya lewat aplikasi adalah masuk ke dalam App Store iOS. Setelah itu, carilah aplikasi PLN Online yang merupakan aplikasi resmi dari PLN dan klik download.
  • Tunggu beberapa saat sampai proses download dan install selesai dengan sempurna.
  • Tahap selanjutnya, buka aplikasi PLN Online yang sudah Anda pasang di iPhone. Setelah itu, carilah menu informasi yang ada pada bagian Menu.
  • Carilah kembali tulisan “Informasi Tagihan dan Token Listrik” untuk mengetahui tagihan listrik Anda.

Carilah kembali tulisan “Informasi Tagihan dan Token Listrik” untuk mengetahui tagihan listrik Anda

  • Setelah itu, Anda diwajibkan untuk memasukkan nomor ID Pelanggan agar bisa diketahui total tagihannya.
  • Selanjutnya, tekan tombol “Cari”. Secara otomatis aplikasi PLN Online akan menampilkan hasil berapa tagihan listrik yang harus dibayarkan pada bulan tersebut.

Lalu tekan tombol “Cari”. Secara otomatis aplikasi PLN Online akan menampilkan hasil berapa tagihan listrik yang harus dibayarkan pada bulan tersebut

b. Pengguna Android

Selain tersedia bagi para pengguna iOS, aplikasi PLN Online juga bisa digunakan untuk smartphone berbasis Android. Tentunya cara penggunaan aplikasinya tidak akan jauh berbeda. Berikut ini cara penggunaan PLN Online untuk tahu total tagihan listrik:

  • Pertama pastinya Anda harus mendownload aplikasi PLN Online. Anda bisa mencari dan mendapatkannya secara gratis di pusat aplikasi Play Store. Pastikan aplikasi terpasang sebelum menggunakannya.
  • Setelah itu, buka saja aplikasi yang sudah Anda download tadi dan akan terlihat banyak menu dari aplikasi PLN Online ini. Tekan saja pada tab Menu dan carilah tulisan “Informasi”.

Setelah itu buka saja aplikasi yang sudah Anda download tadi dan akan terlihat banyak menu dari aplikasi PLN Online ini. Tekan saja pada tab Menu dan carilah tulisan “Informasi”

  • Jika Anda sudah berada di dalam menu “Informasi”, cari kembali menu yang memiliki tulisan “Informasi Tagihan dan Token Listrik” dan tekan tulisan tersebut.

Lalu jika Anda sudah berada di dalam menu “Informasi” cari kembali menu yang memiliki tulisan “Informasi Tagihan dan Token Listrik” dan tekan tulisan tersebut

  • Jika sudah, maka Anda akan diminta untuk mengisi kolom yang kosong dengan Nomor Meteran. Pastikan kembali nomor yang Anda masukkan benar.
  • Agar proses cara cek tagihan listrik bisa berjalan lancar. Selanjutnya tekan “Cari” dan Anda bisa melihat total tagihan yang harus dibayar.

2. Lewat Email PLN

Lewat Email PLN

Seiring dengan perkembangan teknologi dan juga penggunaan internet yang semakin mudah, ternyata Anda bisa memanfaatkan email untuk cek tagihan listrik. Ini menjadi pilihan yang sangat menarik sekali dan bisa Anda coba.

Sebelum Anda bisa menikmati layanan cek tagihan lewat email ini, maka harus mendaftarkan diri dahulu sebagai e-billing PLN.

3. Lewat Situs Resmi PLN

Layaknya dengan menggunakan email, pihak PLN juga terus mengembangkan layanannya kepada para pelanggan seperti cara cek tagihan listrik lewat situs resmi PLN. Tentunya cara ini bisa Anda gunakan kapan saja dan di mana saja dengan bermodalkan internet. Berikut ini caranya:

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah masuk ke dalam situs resmi yang disediakan oleh PLN yaitu https://layanan.pln.co.id/

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah masuk ke dalam situs resmi yang disediakan oleh PLN yaitu httpslayananplncoid

  • Setelah Anda masuk ke dalam situs resmi tersebut, maka akan muncul tampilan layanan dari PLN. Carilah tulisan “Informasi Tagihan Listrik/ Pembelian Token” untuk bisa mengetahui berapa tagihan Anda. Tulisan itu bisa ditemukan pada submenu “Informasi” di kiri layar.
  • Jika sudah berada di halaman baru, maka Anda harus login dengan menggunakan email, kata sandi dan juga mengisi captcha. Klik tulisan “Masuk” yang berada di dekat kolom email. Ini bisa dilakukan jika sudah memiliki akun, tapi jika Anda belum memiliki akun, maka harus daftar dulu.
  • Cara daftar sebagai pengguna baru yaitu pada menu “Login” tadi, pilihlah tulisan “Sign Up” atau “Daftar Akun”. Jika sudah Anda klik, maka akan muncul banyak sekali kolom yang harus Anda isi dengan informasi yang benar.

Cara daftar sebagai pengguna baru yaitu pada menu “Login” tadi, pilihlah tulisan “Sign Up” atau “Daftar Akun”

  • Anda harus mengisi semua kolom seperti nama pemohon akun, nomor handphone dan lain-lain. Setelah semua diisi, tekan tulisan “Daftar” yang ada di bagian bawah dan Anda sudah memiliki akun.
  • Ketika Anda sudah berhasil masuk menggunakan akun baru, kembalilah ke menu dengan tulisan “Informasi tagihan dan token listrik”. Pada menu itulah Anda bisa mengetahui berapa jumlah tagihan yang harus dibayarkan.

4. Lewat SMS

Cara ini juga mungkin sudah terpikirkan, namun jarang sekali digunakan para pelanggan PLN. Anda bisa mencoba mengecek berapa tagihan listrik dengan mengirimkan pesan singkat atau SMS. Ada banyak pilihan jika Anda ingin menggunakan layanan tagihan lewat SMS ini.

Anda bisa memilih mengecek tagihan per bulan dan mengecek tagihan rutin setiap bulan dengan berlangganan. Namun, Anda akan diberlakukan biaya sekitar Rp500,- setiap SMS untuk menikmati layanan ini. Berikut ini beberapa cara menggunakanya:

a. Cara Cek Per Bulan

Cara Cek Per Bulan

Bagi Anda yang ingin tahu cara cek tagihan listrik hanya pada bulan tertentu, bisa dengan layanan cek per bulan. Caranya kirimkan SMS dengan isi “REK (spasi) Nomor Meteran Pelanggan” dan kirimkan isi SMS ini ke 8123.

Untuk contohnya Anda bisa menggunakan format seperti ini, REK 000123456 kirim menuju 8123. Setelah itu, Anda akan menerima pesan SMS mengenai besaran tagihan listrik pada bulan tersebut.

b. Cara Berlangganan Informasi Tagihan Setiap Bulan

Cara Berlangganan Informasi Tagihan Setiap Bulan

Anda juga bisa berlangganan informasi mengenai total tagihan listrik setiap bulannya lewat SMS. Caranya dengan mengetik “PLN(spasi)On(spasi)Nomor ID Pelanggan” dan kirimkan menuju 8123.

Contoh SMS layanan berlangganan tagihan listrik seperti ini, PLN ON 000123456 kirim ke 8123.

c. Cara Berhenti Berlangganan

Cara Berhenti Berlangganan

Banyak juga para pelanggan PLN yang pernah berlangganan SMS pemberitahuan total tagihan listrik setiap bulan. Namun, mereka bingung bagaimana cara menghentikan langganan pemberitahuan tersebut.

Caranya sebenarnya sangat mudah sekali yaitu dengan mengetik SMS isinya “PLN(spasi)OFF(spasi)Nomor Meteran Anda” dan kirimkan 8123.

Sebagai contohnya jika ingin berhenti berlangganan yaitu PLN OFF 000123456 kirim ke nomor 8123.

Penting sekali bagi Anda sebagai pelanggan listrik PLN untuk mengetahui cara cek tagihan listrik PLN dan layanan-layanannya. Dengan demikian, setelah mengetahuinya Anda bisa menjadi lebih bijak dalam menggunakan dan menikmati setiap layanan yang diberikan.

Cara cek tagihan listrik PLN Terbaru Dan Work 100%

Advertisements

No Responses

Leave a Reply