Cara Daftar WeChat

3+ Cara Daftar WeChat : Pengertian, Kelebihan, Plus Mengatasi ketika Gagal Daftar

Cara Daftar WeChat  – Di zaman sekarang yang serba maju, siapa yang tidak kenal dengan aplikasi perpesanan WeChat. Walaupun tidak memiliki jumlah pengguna yang sangat besar layaknya WhatsApp, WeChat tetap menjadi primadona. Namun, masih banyak yang bingung cara daftar WeChat.

Beberapa orang masih bingung bagaimana tahapannya dan yang lain mengalami masalah pada saat security check. Oleh karena itu, Anda harus bisa mengetahui bagaimana cara pendaftaran yang benar.

Apa Itu Aplikasi WeChat?

Apa Itu Aplikasi WeChat

Bagi Anda yang kurang mengikuti perkembangan teknologi, mungkin tidak begitu paham apa itu WeChat. Perlu diketahui bahwa WeChat merupakan salah satu aplikasi perpesanan atau chatting yang berasal dari luar negeri, tepatnya dari China.

WeChat sangat disukai banyak orang, karena memiliki cara penggunaan yang hampir sama seperti aplikasi perpesanan lainnya. Selain itu, banyak juga yang mengatakan bahwa WeChat memiliki fitur yang jauh lebih lengkap dan menarik, dibandingkan beberapa aplikasi pesan lainnya.

Aplikasi WeChat sendiri sangat terkenal di negeri asalnya yaitu China. Bahkan hampir sebagian besar penduduk China menggunakan aplikasi ini untuk komunikasi. Tidak heran lagi jika pada akhirnya WeChat juga merilis salah satu fitur yang bermanfaat bagi warga China, yaitu WeChat Pay.

Namun perlu Anda ketahui, sebenarnya alasan utama WeChat banyak digunakan di China adalah karena aplikasi yang diizinkan oleh pemerintah negara tersebut sangat terbatas.

Penggunaan aplikasi buatan luar negeri seperti WhatsApp dan LINE dibatasi sangat ketat, sehingga hanya bisa menggunakan WeChat.

Kelebihan WeChat dari Aplikasi Perpesanan Lain

Tentunya sebelum memasang aplikasi dan daftar akun WeChat, Anda memiliki alasan tersendiri mengapa memilih aplikasi yang satu ini. Sebenarnya tidak heran lagi jika banyak yang tertarik dengan WeChat, karena aplikasi ini memiliki banyak kelebihan. Berikut ini kelebihan tersebut:

1. Fitur Shake

Fitur Shake

WeChat hadir sebagai sebuah aplikasi perpesanan dengan fitur-fitur yang sangat unik dan menarik. Salah satu fitur yang menarik itu adalah Shake yang juga menjadi penyebab banyak pengguna masih betah menggunakan WeChat.

Jadi,fitur Shake ini adalah tujuannya untuk menghubungkan Anda dengan orang tidak dikenal yang juga menggunakan fitur Shake ini. Dengan demikian, Anda bisa memperluas jaringan pertemanan atau bahkan bisa bertemu dengan lawan jenis yang menarik.

Karena itulah, banyak orang yang masih menggunakan WeChat sebagai hiburan. Ketika Anda masuk ke tab sosial di dalam aplikasi ini dan memiliki tulisan Shake, maka akan muncul pengguna lain yang bisa Anda hubungi.

2. Look Around

look around

Masih dalam tujuan yang sama, fitur Look Around akan memberikan layanan seperti pada fitur Shake. Perbedaanya adalah Anda bisa mencari pengguna WeChat lain dengan jarak tertentu dari lokasi Anda saat itu juga.

Ketika menggunakan fitur ini, Anda bisa mengatur berapa jarak orang yang akan dideteksi dengan Look Around. Setelah itu, akan muncul beberapa orang yang berada dalam radius tersebut. Orang-orang yang muncul di dalam daftar bisa Anda hubungi saat itu juga.

Biasanya fitur ini akan memanfaatkan sinyal GPS yang ada pada smartphone Anda. Setelah itu, WeChat akan mendeteksi dalam jarak beberapa ratus meter apakah ada pengguna yang aktif atau tidak.

3. Hold to Talk

Hold to Talk

Kelebihan aplikasi perpesanan WeChat selanjutnya adalah adanya fitur yang disebut dengan Hold to Talk. Fitur ini sangat menarik sekali untuk Anda coba jika sedang menggunakan aplikasi WeChat.

Jadi, aplikasi ini sama halnya seperti pesan suara dan seperti sedang menggunakan handy talky. Cara penggunaan fitur yang satu ini sebenarnya juga sangat mudah sekali.

Ketika sedang dalam kondisi chatting dengan teman, tekan dan tahan menu tersebut untuk mengirimkan pesan suara. Lepaskan jika semua yang ingin Anda sampaikan sudah cukup.

2 Cara untuk Daftar WeChat

1. Lewat Android

  • Tahap pertama sebelum Anda melangkah ke proses cara daftar WeChat adalah pastikan sudah men-download aplikasinya. Anda bisa mendapatkan aplikasi WeChat secara gratis di pusat aplikasi Play Store.

Tahap pertama sebelum Anda melangkah ke proses cara daftar WeChat adalah pastikan sudah mendownload aplikasinya

  • Setelah proses download selesai dan aplikasi WeChat terpasang di perangkat Android, bukalah aplikasi tersebut. Pastikan juga bahwa sudah terhubung ke jaringan internet, karena tanpa jaringan internet Anda tidak bisa mendaftarkan diri ke WeChat.
  • Jika aplikasi sudah terbuka, Anda akan dihadapkan pada dua pilihan menu awal yaitu “Login” dan “Sign Up”. Untuk menu Login lebih dikhususkan jika Anda sudah mempunyai akun WeChat. Namun, jika ingin mendaftarkan diri karena pengguna baru, Anda bisa pilih “Sign Up”.
  • Setelah menekan tulisan Sign Up, maka Anda akan diantarkan ke halaman pendaftaran pengguna baru. Di sini Anda harus mengisi beberapa data pribadi dengan lengkap seperti nama, negara, nomor telepon, dan juga password.
  • Pastikan semua data yang Anda tuliskan pada formulir ini sudah benar, kemudian tekan tulisan “Sign Up” pada kolom hijau tepat di bawah formulir tersebut.

Pastikan semua data yang Anda tuliskan pada formulir ini sudah benar dan terakhir tekan tulisan “Sign Up” pada kolom hijau tepat di bawah formulir tersebut

  • Selanjutnya Anda harus memberikan persetujuan pada menu kebijakan dan privasi dari WeChat. Anda bisa menekan tombol “Next” untuk melewatinya.
  • Anda juga harus bisa melewati tahap yang dinamakan “Security Check”. Tujuan dari tahap ini adalah agar sistem WeChat bisa memastikan, bahwa yang sedang mendaftar WeChat bukan merupakan bot atau robot dan benar manusia asli.
  • Untuk memulai tahap Security Check tekan tulisan “Start” dan Anda bisa menggeser kotak puzzle, serta menempatkannya tepat di titik yang diinginkan.
  • Langkah selanjutnya jika sudah melewati tahap di atas, tunggulah beberapa saat, maka akan muncul sebuah pop-up konfirmasi pengiriman kode rahasia. Pastikan nomor yang tertuliskan pada pop-up sudah benar dan tekan saja “OK”.
  • Pihak WeChat akan mengirimkan kode rahasia untuk konfirmasi pendaftaran. Jadi, jika nomor yang Anda masukkan salah, proses pendaftaran WeChat bisa gagal dan harus diulangi lagi.
  • Tahap selanjutnya, Anda harus mengisikan kode verifikasi nomor telepon yang sudah dikirimkan oleh WeChat lewat SMS. Isikan kombinasi angka yang ada pesan SMS tersebut ke dalam kolom “Verification Code”.
  • Namun, jika nomor telepon Anda terpasang pada Android yang sama untuk menggunakan WeChat, maka verifikasi biasanya akan berjalan secara otomatis tanpa memasukkan kode.
  • Setelah melewati proses verifikasi nomor telepon yang terdaftar di WeChat, berarti Anda sudah memiliki akun WeChat. Anda akan dihadapkan pada menu kontak WeChat dan jika tidak tertarik mengaturnya bisa langsung saja melewati tahap ini.
  • Anda sudah bisa menikmati aplikasi perpesanan WeChat dengan bebas dan menikmati semua fitur di dalamnya.

Anda sudah bisa menikmati aplikasi perpesanan WeChat dengan bebas dan menikmati semua fitur di dalamnya

2. Lewat PC

Ternyata aplikasi perpesanan WeChat tidak hanya terbatas bisa Anda gunakan di smartphone saja. Anda juga bisa menggunakan PC untuk menikmati layanan perpesanan canggih dari WeChat. Cara daftar WeChat lewat PC tentunya juga berbeda dari Android. Berikut ini caranya:

  • Pertama Anda harus men-download aplikasi WeChat versi PC yang bisa didapatkan dengan bebas di dalam internet. Pasang juga aplikasi WeChat PC tersebut.
  • Setelah itu, bukalah aplikasi WeChat tersebut dan carilah menu “QR Code”. Jadi, Anda akan memanfaatkan fitur QR Code untuk bisa masuk ke dalam WeChat versi PC.
  • Tahap selanjutnya buka aplikasi WeChat yang ada di Android Anda. Cari menu dengan tulisan “Discovery”, kemudian cari kembali “Scan QR Code”, maka akan ditampilkan menu kode QR.

Cari menu dengan tulisan “Discovery” kemudian cari kembali “Scan QR Code” maka akan ditampilkan menu kode QR

  • Berikutnya, Anda harus melakukan scan QR Code yang sudah ditampilkan pada WeChat PC sebelumnya. Ini menjadi salah satu cara untuk bisa mengkonfirmasi, bahwa akun WeChat yang masuk ke PC adalah asli bukan penipuan.
  • Untuk melanjutkan menikmati layanan WeChat versi PC, Anda bisa menekan tombol “Enter” yang ada di bagian bawah. Setelah itu, Anda sudah masuk ke dalam WeChat versi PC dengan akun yang sama pada Android tadi.

Setelah itu Anda sudah masuk ke dalam WeChat versi PC dengan akun yang sama pada Android tadi

Mengatasi Gagal Daftar WeChat

Banyak para pengguna WeChat yang mengeluhkan mereka gagal mendaftarkan diri. Sebagian besar kegagalan itu terjadi saat berada pada tahap verifikasi keamanan. Ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi masalah cara daftar WeChat yang gagal ini.

1. Cara Pertama

Cara Pertama

Cobalah dengan menggunakan kartu SIM dari Telkomsel. Setelah itu, coba kembali mendaftarkan diri ke akun WeChat. Jika masih terjadi masalah saat berada pada tahap verifikasi keamanan, berarti Anda harus mencoba cara selanjutnya.

2. Cara Kedua

Cara Kedua

Bisa Anda coba dengan menggunakan smartphone yang belum pernah dipasangi aplikasi WeChat sebelumnya. Smartphone yang belum pernah sama sekali dipasangi WeChat memiliki peluang yang besar untuk lolos dari masalah verifikasi keamanan.

Selain itu, banyak yang memberikan saran agar ketika mendaftarkan diri sebagai akun WeChat, gunakan nomor yang memiliki 12 digit angka. Karena berdasarkan pengalaman, nomor dengan 11 dan 13 digit sangat sulit lolos dari verifikasi keamanan WeChat.

3. Cara Ketiga

Jika masih terjadi masalah, Anda harus mengatasinya dengan melaporkan kegagalan cara daftar WeChat ke pihak WeChat itu sendiri. Anda bisa mengikuti beberapa tahapan di bawah ini:

Setelah itu, klik pada kolom url di bagian atas layar dan ketik https help wechat com oshelpcenter

  • Setelah Anda masuk ke dalam menu bantuan WeChat, pilih saja sistem operasi atau OS yang akan Anda gunakan untuk mendaftarkan diri ke WeChat. Biasanya jenis sistem operasi yang umum digunakan adalah Android dan iOS.
  • Jika sudah, maka Anda diwajibkan mengisi beberapa informasi tambahan seperti negara asal pemohon. Selanjutnya pilih tulisan “Tidak bisa menerima kode SMS”. Tulisan ini lokasinya biasanya tepat di bagian menu “Kategori”.
  • Berikan penjelasan atau deskripsi mengenai masalah yang sedang Anda alami pada cara daftar WeChat yang gagal. Jangan lupa untuk mengatakan bahwa Anda merupakan pengguna baru di WeChat dan tidak bisa melakukan pendaftaran.
  • Tahap selanjutnya Anda wajib untuk memasukkan nomor telepon pada bagian kolom yang tersedia. Jangan lupa juga untuk memulai penulisan nomor telepon ini dengan kode negara Indonesia yaitu +62.
  • Berikutnya, masukkan juga alamat email yang sampai saat ini masih Anda pakai. Jika alamat email salah, maka Anda akan kesulitan untuk menerima balasan atas keluhan yang sudah diajukan sebelumnya. Terakhir kirimkan permohonan keluhan yang sudah Anda buat tersebut.

Lalu masukkan juga alamat email yang sampai saat ini masih Anda pakai

  • Jika semua tahapan sudah Anda lalui, maka selanjutnya tinggal menunggu bagaimana respon dari pihak WeChat atas keluhan yang diajukan tadi. Dari balasan itu. Anda akan bisa tahu sebenarnya masalah apa yang menyebabkan cara daftar WeChat mengalami kegagalan.

Setelah mengetahui cara daftar dan mengatasi gagal daftar WeChat, Anda bisa membantu teman yang kesulitan ketika mendaftar aplikasi perpesanan ini. Selain itu, juga bisa mengantisipasi kegagalan jika ingin daftar WeChat sendiri.

3+ Cara Daftar WeChat : Pengertian, Kelebihan, Plus Mengatasi ketika Gagal Daftar

Leave a Reply