Aplikasi Video Call

25 Aplikasi Video Call (Terbaik 2020)

Daftar Rekomendasi Aplikasi Video Call Terbaik

25 Aplikasi Video Call – Teknologi yang berkembang sangat pesat memberikan dampak positif bagi seluruh kegiatan manusia, tidak terkecuali dalam hal berkomunikasi. Saat ini Anda tidak perlu bertemu secara langsung jika ingin bertatap muka dengan lawan bicara Anda. Hanya dengan menggunakan aplikasi video call, Anda dapat bertatap muka dengan keluarga atau sahabat Anda walaupun tidak di satu tempat yang sama.

Tidak hanya dapat digunakan untuk sekadar berbicara atau menanyakan kabar, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk keperluan perkantoran seperti rapat jarak jauh atau hal-hal mendesak lainnya. Saat ini sudah banyak aplikasi yang telah mendukung video call di dalam fiturnya. Berikut adalah beberapa rekomendasi aplikasi video call terbaik yang dapat menjadi referensi untuk Anda gunakan.

Aplikasi Video Call

1. Skype

Skype

Skype yang telah dirilis sejak pertengahan 2010 menjadi salah satu pionir dalam aplikasi video call. Hingga saat ini pun aplikasi ini masih banyak digunakan oleh sebagian besar orang untuk berkomunikasi tatap muka karena penggunaannya yang mudah dan interface yang sederhana. Saat ini Skype telah diunduh lebih dari 1 triliun kali dan memiliki rating 4.3 di playstore.

Tidak hanya video call, aplikasi ini pun memiliki berbagai macam fitur lainnya yang mendukung Anda untuk berkomunikasi, seperti chat, SMS, dan voice calls. Aplikasi ini pun dapat dipergunakan untuk meeting jarak jauh karena dapat mengundang peserta lain untuk bergabung di ruang percakapan yang sama.

Skype dapat digunakan oleh semua sistem operasi seperti iOS, android, windows, dan mac. Hal lainnya yang menjadi kelebihan dari Aplikasi ini adalah dapat digunakan dengan gratis tanpa adanya batas waktu pemakaian.

2. Google Duo

Google Duo

Aplikasi garapan developer Google LLC ini menjadi salah satu aplikasi tatap muka yang paling banyak digunakan selanjutnya. Seperti halnya Skype, Google Duo telah diunduh lebih dari 1 triliun kali, hal ini yang membuat kredibilitas dari Google Duo tidak perlu dipertanyakan kembali.

Walaupun diciptakan oleh Google, aplikasi ini pun dapat diunduh dan digunakan oleh perangkat iOS. Dapat membuat sebuah ruang percakapan hingga 8 orang di dalam satu waktu yang sama, memungkinkan Anda untuk melakukan hal-hal penting yang berurusan dengan masalah perkantoran, seperti meeting atau video conference.

Fitur yang menarik dari aplikasi Google Duo adalah Video Messaging. Jadi Anda dapat membuat sebuah video yang dapat ditambahkan dengan stiker atau emoji untuk dikirimkan ke rekan atau sahabat di kontak Google Duo Anda.

3. Facebook Messenger

Facebook Messenger

Tidak hanya dapat digunakan untuk melakukan chatting, aplikasi bawaan Facebook ini pun menyediakan fitur video calls untuk membantu penggunanya dalam berkomunikasi lebih mudah. Walaupun bawaan Facebook, untuk menggunakannya aplikasi ini harus diunduh secara terpisah dari Facebook melalui playstore maupun appstore.

Kelebihan utama dari aplikasi ini adalah dapat melakukan voice chat hingga 50 orang di dalam satu waktu yang sama. Anda juga dapat melakukan video calls hingga 6 orang di dalam satu ruang percakapan yang sama. Tentunya hal ini sangat membantu Anda berkomunikasi di dalam sebuah grup untuk sekedar berkomunikasi atau untuk mengambil sebuah keputusan yang cepat.

Hanya memiliki ukuran aplikasi sebesar 8.8 MB membuat Facebook Messenger dapat digunakan pada perangkat ponsel pintar dengan spesifikasi yang rendah tanpa perlu takut kinerja ponsel menjadi lambat.

4. WhatsApp

WhatsApp

WhatsApp dikenal dengan aplikasi chatting dan voice call yang banyak digunakan oleh sebagian besar orang untuk berkomunikasi. Namun WhatsApp juga dapat digunakan sebagai aplikasi video call yang tidak kalah menarik dengan aplikasi lainnya. Hasil gambar dan suara ketika menggunakan fitur video call nya pun memiliki kualitas yang tinggi.

Penggunaannya yang cukup mudah dan sederhana juga menjadi kelebihan dari aplikasi WhatsApp. WhatsApp dapat melakukan panggilan tatap muka hingga 4 orang dalam satu waktu yang sama. Walaupun lebih sedikit jika dibandingkan aplikasi tatap muka lainnya, WhatsApp tetap memiliki banyak pengguna dan terus bertambah setiap waktu.

5. Line

Line

Seperti halnya WhatsApp, sejatinya Line adalah aplikasi messenger yang memiliki fitur voice call dan video call untuk membantu penggunanya dalam berkomunikasi. Hal unik dari fitur video call pada Line adalah Anda dapat menggunakan berbagai macam filter lucu dan keren yang dapat digunakan oleh semua orang yang terdapat di dalam ruang percakapan tersebut.

Fitur video call pada Line pun dapat digunakan oleh penggunannya yang memiliki perangkat yang berbeda. Penggunaannya yang mudah dan sederhana pun menjadi salah satu alasan banyak orang yang menggunakan aplikasi ini untuk berkomunikasi, terlebih untuk melakukan video calls.

Sebagian besar pengguna dari Line adalah milenial karena Line memiliki tampilan aplikasi yang terkesan modern. Ditambah lagi dengan fitur lini masa yang membuat Anda dapat mengetahui informasi terbaru dengan cepat dan mudah.

6. Zoom

Zoom

Untuk Anda yang sering melakukan meeting secara online, Zoom adalah aplikasi video call yang tepat untuk Anda gunakan. Dapat melakukan panggilan hingga 1.000 orang adalah kelebihan utama dari aplikasi Zoom dibandingkan aplikasi lainnya. Hal ini lah yang membuat banyak perusahaan yang menggunakan Zoom untuk melakukan meeting secara online.

Walaupun dapat digunakan dengan gratis, aplikasi ini hanya dapat melakukan video conference maksimal hingga 40 menit saja dan jika ingin melanjutkan percakapan, harus mengulangnya dari awal lagi. Zoom dapat digunakan oleh semua perangkat dan sistem operasi, dari windows, android, iOS, dan Mac.

Zoom juga telah terintegrasi dengan beberapa media penyimpanan online seperti Google Drive atau Dropbox untuk membagikan foto. Ukuran aplikasinya yang hanya sebesar 16 MB dan memiliki banyak ulasan yang positif juga menjadi hal yang dapat Anda pertimbangkan untuk menggunakan aplikasi ini.

7. Discord

Discord

Aplikasi besutan Discord Inc ini memiliki cara yang unik dalam memfasilitasi penggunanya dalam berkomunikasi. Mereka membuat sebuah game sebagai media dalam melakukan chatting, voice call, dan video calls. Hingga saat ini, Discord telah digunakan lebih dari 250 juta gamer untuk melakukan komunikasi di seluruh dunia.

Anda hanya perlu menyalin dan menempelkan link yang untuk mengundang teman atau kerabat Anda bergabung di grup obrolan tersebut. Dengan bertatapan muka walaupun secara online, Anda dapat berkomunikasi dengan mudah dalam memainkan sebuah game. Aplikasi Discord telah diunduh lebih dari 100 juta kali dan mendapatkan rating yang cukup bagus di playstore.

Namun kekurangan dari aplikasi ini adalah memakan ruang penyimpanan smartphone Anda yang besar. Dengan ukuran file sebesar 59 MB, tentu akan memberatkan kinerja smartphone terlebih jika Anda memiliki smartphone dengan spesifikasi yang rendah.

8. Facetime

Facetime

Aplikasi tatap muka ini dikhususkan untuk pengguna yang memiliki perangkat dengan sistem operasi iOS. Walaupun hanya dapat digunakan untuk perangkat Apple saja, aplikasi ini dapat menampung hingga 32 orang dalam satu waktu yang sama.

Hal ini lah yang membuat pengguna Apple cukup menggunakan aplikasi bawaan Facetime tanpa perlu mengunduh aplikasi tatap muka lainnya. Anda juga dapat menggunakan kamera depan dan kamera belakang untuk memperlihatkan objek secara real ke lawan bicara Anda.

Interface nya yang simpel seperti halnya aplikasi bawaan Apple lain sangat memudahkan Anda ketika menggunakannya. Aplikasinya yang ringan pun akan tetap memberikan kinerja yang optimal untuk perangkat Anda ketika sedang menggunakan aplikasi ini.

9. Houseparty

Houseparty

Aplikasi garapan developer Life on Air ini menjadi salah satu aplikasi video call populer yang banyak digunakan oleh remaja. Houseparty telah diunduh lebih dari 10 juta kali, hal ini yang membuat aplikasi ini dapat menjadi salah satu referensi bagi Anda.

Aplikasi ini pun dapat diunduh dan digunakan oleh perangkat iOS, Android, maupun dengan Web. Dapat membuat sebuah ruang percakapan hingga 6 orang di dalam satu waktu yang sama, memungkinkan Anda untuk melakukan hal-hal penting yang berurusan dengan perkantoran maupun hanya sekedar menanyakan kabar ke teman-teman Anda.

Fitur yang menarik dari aplikasi ini adalah Anda dapat mengundang teman-teman Anda secara mudah dan cepat untuk bergabung di suatu grup obrolan. Anda juga akan diberikan notifikasi jika terdapat teman atau kerabat yang sedang menggunakan aplikasi ini untuk dapat Anda undang.

10. Tango

Tango

Selain performanya yang bagus, aplikasi ini memberikan kualitas video call yang tinggi. Pihak developer pun terus mengembangkan fitur yang dimilikinya dari tahun ke tahun agar aplikasi ini memudahkan penggunanya ketika berkomunikasi. Dengan aplikasi ini Anda dapat menjadi penyiar full time, menyapa para penggemar atau teman baru.

Hal unik dari aplikasi ini adalah jika Anda secara rutin menggunakan fitur Tango Live kemungkinan akan mendapatkan uang dengan jumlah yang besar. Jika Anda sebagai pemirsa, Anda pun dapat dimungkinkan untuk bergabung dengan penyiar Anda di dalam satu ruang video call yang sama. Anda juga dapat menggunakan filter yang tersedia agar siaran lebih menarik untuk ditonton.

Aplikasi ini banyak mendapatkan review yang positif dari para penggunannya. Terbukti jika dilihat dari ratingnya yang sebesar 4.4 di playstore. Tango sendiri pun telah diunduh lebih dari 100 juta kali dan dapat digunakan dengan gratis.

11. Imo

Imo

Imo adalah aplikasi video call dan chating besutan developer imo.im yang menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak memiliki pengguna. Imo telah diunduh lebih dari 500 juta kali melalui playstore, hal ini membuat aplikasi ini menjadi populer di kelasnya.

Anda dapat menerima atau melakukan panggilan video yang dapat tersambung ke beberapa jaringan seperti 2G hingga 4G atau WiFi. Dengan menggunakan Imo Anda pun dapat membuat sebuah grup obrolan untuk membagikan foto atau video. Salah satu keunggulan aplikasi ini dibandingkan aplikasi lainnya adalah tidak memakan ruang penyimpanan yang besar.

Aplikasi ini hanya memakan ruang penyimpanan sebesar 5.37 MB saja. Tentunya aplikasi ini mendukung segala jenis smartphone walaupun memiliki spesifikasi yang rendah. Seperti halnya aplikasi Line, Imo juga menyediakan stiker lucu dan keren untuk dibagikan ke teman Anda yang menggunakan aplikasi Imo juga.

12. JusTalk

JusTalkJusTalk

Anda yang ingin melakukan video call dengan cara yang mudah tapi memiliki kualitas yang bagus, aplikasi JusTalk mungkin dapat menjadi referensi bagi Anda. Aplikasi ini memang dikhususkan untuk cara komunikasi menggunakan media video, baik video chat maupun video group call. video chat dapat digunakan jika Anda melakukan komunikasi tatap muka dengan satu orang saja.

Sedangkan untuk video group call Anda dapat mengundang dan melakukan komunikasi bersama teman Anda di satu waktu yang sama. JusTalk pun menyediakan fitur stiker, mengganti background video, dan mengirim video agar proses komunikasi menjadi lebih menyenangkan dan menarik.

Namun karena berbagai fitur menarik yang ada didalamnya, aplikasi ini memiliki ukuran file yang cukup besar, yaitu 35 MB. Hal ini membuat Anda harus menggunakan smartphone yang memiliki spesifikasi cukup besar agar performanya tetap optimal. Telah diunduh lebih dari 10 juta kali, aplikasi ini menjadi salah satu yang terbaik di kelasnya.

13. HOLLA

HOLLA

Aplikasi selanjutnya yang dapat menjadi pilihan Anda dalam melakukan video call adalah HOLLA. Konsep yang dimiliki aplikasi ini sedikit berbeda dengan aplikasi lainya, karena dapat dikatakan HOLLA adalah termasuk di dalam aplikasi dating. Mereka menawarkan konsep video call dalam mencari pasangan, berbeda dengan aplikasi lain yang rata-rata menggunakan konsep chatting.

Jadi cara kerjanya adalah Anda perlu “matching” terlebih dahulu dengan pasangan Anda untuk dapat melakukan video call. Proses video call pun dapat digunakan dengan mudah dan gratis untuk semua panggilan internasional. Tidak hanya mencari pasangan, Anda pun dapat menggunakan aplikasi ini untuk mencari teman baru di seluruh dunia.

Telah diunduh lebih dari 10 juta kali dan sebagian besar penggunannya memberikan ulasan yang positif terhadap aplikasi ini. Namun untuk menggunakan aplikasi HOLLA Anda perlu mempersiapkan smartphone dengan memori dan spesifikasi yang cukup besar, karena aplikasi ini memiliki ukuran file sebesar 75 MB.

14. WeChat

WeChat

Line dan WhatsApp memiliki kompetitor dalam memberikan layanan chatting dan video call bagi para penggunannya, yaitu WeChat. Bahkan WeChat mengklaim bahwa mereka memiliki fasilitas panggilan video dengan kualitas terbaik di seluruh dunia. Namun untuk mendukung fitur tersebut, Anda perlu menggunakan koneksi internet yang stabil.

Dengan fitur-fitur yang diberikan tersebut, aplikasi ini pun telah diunduh lebih dari 100 juta kali dan salah satu aplikasi yang memiliki paling banyak penggunanya. Anda juga dapat membuat sebuah gru16. p obrolan dan dapat melakukan chatting hingga panggilan suara di dalam grup tersebut. Anda dapat membuat grup obrolan dengan maksimal anggotanya mencapai 500 orang.

15. KakaoTalk

KakaoTalk

Salah satu aplikasi dalam berkomunikasi yang menjadi pionir hadirnya aplikasi lainnya, yaitu KakaoTalk. Aplikasi garapan developer Kakao Corporation ini telah hadir sejak tahun 2012 dan menjadi pesaing dari aplikasi Line dan Blackberry Messenger pada saat itu. KakaoTalk dapat melakukan panggilan suara maupun video dengan gratis ke seluruh dunia.

Keunggulan aplikasi KakaoTalk adalah terletak pada fitur video call nya. Mereka memberikan kualitas gambar dan suara yang baik agar komunikasi menjadi lebih lancar. KakaoTalk pun menawarkan filter suara dan group chat dengan dukungan Android Wear di dalam aplikasinya. Anda dapat mengunduh aplikasi ini secara gratis melalui playstore maupun appstore.

16. Bermuda Video Chat

Bermuda Video Chat

Aplikasi video call yang menjadi rekomendasi selanjutnya adalah Bermuda Video Chat. Dengan menggunakan aplikasi ini Anda dapat melakukan panggilan video dengan lebih dari satu orang. Dapat digunakan untuk panggilan video ke teman hingga keluarga dalam jumlah yang banyak. Aplikasi garapan developer Bermuda Inc telah diunduh lebih dari 10 juta kali di playstore.

Penggunanya pun banyak yang memberikan review positif setelah memakai aplikasi ini untuk panggilan video. Anda dapat menggunakan filter gender dan wilayah agar menemukan teman yang sesuai dengan keinginan Anda. Aplikasi ini menyediakan stiker dan filter kamera untuk mengekspresikan Anda.

17. Camfrog

Camfrog

Camfrog adalah salah satu aplikasi yang dapat dikategorikan sebagai media sosial. Jika sebagian besar aplikasi media sosial mengandalkan fitur chatting untuk berkomunikasi, aplikasi ini menawarkan fitur video call untuk memudahkan penggunanya dalam berkomunikasi. Dengan adanya video call Anda akan lebih mengenal dengan teman-teman sesama Camfrog.

Aplikasi ini dapat digunakan untuk lintas platform, dari iPhone, iPad, android, hingga PC. Camfrog juga memiliki daftar kontak sendiri agar memudahkan Anda dalam melakukan pencarian kontak. Ukuran aplikasinya yang tidak terlalu besar juga membuat aplikasi ini dapat digunakan oleh semua jenis smartphone maupun komputer walaupun memiliki spesifikasi yang rendah.

18. Hangouts Meet

Hangouts Meet

Aplikasi video tatap muka lainnya yang dibuat oleh Google LLC yaitu Hangout Meet. Apple memiliki aplikasi Facetime, Google membuat Hangout Meet dengan sistem kerjanya yang mirip dengan Facetime. Selain dapat melakukan panggilan video, aplikasi ini juga dapat mengirim pesan SMS dan melakukan panggilan suara.

Uniknya, aplikasi Hangouts Meet sepertinya juga mengadopsi sistem kerja dari skype yang jika Anda melakukan video call melalui smartphone, lawan bicara Anda dapat menjawab panggilan tersebut melalui perangkat komputer atau Mac. Dengan adanya fitur ini tentu berkomunikasi menjadi lebih mudah tanpa adanya batasan.

Aplikasi ini dapat diunduh dengan gratis di playstore maupun appstore. Mereka mengklaim bahwa telah memiliki pengguna lebih dari 10 juta orang di seluruh dunia. Membuat Hangouts Meet menjadi salah satu aplikasi video tatap muka paling populer.

19. Slack

Slack

Aplikasi ini lebih cocok digunakan untuk keperluan perkantoran atau bisnis yang sering melakukan meeting online. Slack adalah aplikasi percakapan berbasis grup yang dapat Anda gunakan untuk membahas suatu topik tertentu.

Selain dapat melakukan percakapan, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk membagikan dokumen hingga melakukan video call antar anggota hingga 15 orang. Slack pun juga telah terhubung secara langsung pada beberapa media penyimpanan online, seperti Google Drive dan Dropbox. Aplikasi ini pun juga terhubung ke beberapa media sosial, seperti Twitter dan Facebook.

Telah diunduh lebih dari 10 juta kali dan banyak mendapatkan review yang positif dari para penggunannya. Sayangnya, para penggunanya banyak yang mengeluh karena aplikasi ini belum hadir dalam bahasa Indonesia.

20. Cisco Webex Meetings

Cisco Webex Meetings

Aplikasi garapan developer Cisco System ini menjadi aplikasi video call selanjutnya yang dapat Anda jadikan pilihan. Walaupun namanya kurang terkenal dibandingkan aplikasi lainnya, aplikasi ini banyak digunakan oleh perusahaan besar untuk melakukan video conference antar anggotanya.

Untuk jumlah anggota yang dapat masuk ke sebuah ruang panggilan, tergantung dari paket yang digunakan oleh perusahaan tersebut. Namun jika Anda menggunakan paket yang tertinggi, jumlah maksimal anggota yang dapat masuk dapat mencapai 100 orang. Aplikasi ini telah mendukung beberapa fitur canggih seperti Google Assistant dan Google Home Hub.

Terdapat juga fitur papan virtual untuk menggambar hingga fitur mengunggah dokumen dalam memudahkan kegiatan meeting. Cisco Webex dapat digunakan oleh perangkat android maupun iOS dengan gratis.

21. Botim

Botim

Aplikasi ini memiliki tampilan yang sederhana namun tetap memiliki fitur-fitur yang menunjang Anda dalam berkomunikasi. Selain dapat digunakan untuk video call, Botim juga dapat melakukan panggilan suara dan juga chatting dengan gratis. Anda juga dapat melakukan pesan suara dengan mudah dan cepat layaknya Anda menggunakan aplikasi WhatsApp.

Kelebihan utama dari aplikasi ini adalah dapat membuat grup percakapan hingga maksimal 500 orang. Terdapat juga emoji bawaan untuk membuat percakapan dengan teman di dalam grup menjadi lebih menarik. Telah diunduh lebih dari 10 juta kali dan sebagian besar penggunannya memberikan ulasan yang positif jika dilihat di kolom review playstore.

22. SOMA Video

SOMA Video

SOMA Video memberikan pengalaman video call yang menarik dengan resolusi yang tinggi dan beberapa fitur canggih lainnya. Kelebihan dari aplikasi ini adalah hadir dengan tampilan antarmuka yang sederhana dan mudah digunakan bagi pengguna yang pertama kali memakai aplikasi ini. Anda pun dapat mengirimkan pesan dengan stiker-stiker lucu yang dapat digunakan dengan gratis.

Ketika video call Anda pun dapat menggunakan filter-filter lucu agar komunikasi menjadi lebih seru dengan teman atau keluarga Anda. SOMA Video menjamin keamanan data penggunanya karena hanya Anda dan lawan bicara Anda yang dapat mengakses percakapan. Anda juga dapat membuat grup percakapan hingga mencapai 500 orang.

23. Hala Obrolan Video

Hala Obrolan Video

Aplikasi video call ini hadir dengan beberapa fitur menarik seperti efek 3D, filter, hingga kumpulan stiker menarik yang dapat digunakan dengan gratis. Anda dapat menggunakan filter tersebut ketika melakukan panggilan tatap muka yang membuat muka Anda memiliki efek-efek lucu. Hal ini membuat video call menjadi semakin seru dan juga lebih menyenangkan.

Kualitas gambar dan suara yang dihasilkan aplikasi Hala ini pun cukup bagus jika Anda memiliki koneksi internet yang stabil. Aplikasi Hala pun memiliki daftar kontak sendiri untuk memudahkan Anda dalam melakukan pencarian kontak. Hanya dengan mendaftarkan nomor telepon, kontak teman atau keluarga Anda telah masuk di dalam daftar kontak aplikasi Hala.

24. GoToMeeting – Video Conferencing & Online Meeting

GoToMeeting - Video Conferencing & Online Meeting

Aplikasi garapan developer LogMein, Inc ini memberikan layanan meeting online dengan mudah dan cepat. Aplikasi ini cocok digunakan untuk keperluan rapat kerja yang bersifat pribadi karena GoToMeeting hanya dapat digunakan oleh satu lawan bicara saja. Kualitas video dan suara yang profesional juga menjadi salah satu kelebihan dari aplikasi ini.

Anda juga dapat mengatur waktu rapat kerja dan penyampaian materi yang mudah dengan menggunakan fitur yang terdapat dalam aplikasi GoToMeeting. Dengan menggunakan aplikasi ini tentu pekerjaan Anda menjadi lebih efektif karena tidak perlu langsung bertatap muka. Telah digunakan lebih dari 5 juta kali dan memiliki rating 4.5 daro 5.0 di playstore.

25. ALO – Sosial Video Chat

ALO – Sosial Video Chat

Aplikasi terakhir yang dapat menjadi referensi Anda dalam memilih aplikasi video call adalah ALO – Social Video Chat. Aplikasi garapan developer KLOUNGE ini menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan karena telah diunduh lebih dari 1 juta kali.

Aplikasi ini pun memiliki ukuran tidak terlalu besar yaitu hanya 23 MB yang tentunya masih dapat digunakan oleh semua jenis smartphone. ALO juga menyediakan beberapa filter di dalam video call agar percakapan menjadi lebih menarik. Anda juga dapat melakukan panggilan dengan mudah dan cepat dengan fitur direct call yang dimiliki aplikasi ini.

Adanya aplikasi video call tersebut, tentunya berkomunikasi menjadi lebih mudah dan dapat dilakukan kapan saja serta di mana saja. Aplikasi ini pun dapat digunakan untuk kepentingan perkantoran yang harus melakukan video conference jika tidak memungkinkan untuk melakukan pertemuan langsung.

25 Aplikasi Video Call (Terbaik 2020)

Leave a Reply