Telegram Web : Keunggulan, Cara Membuka, Manfaat dll Terlengkap 2021

Telegram Web – Berbicara mengenai platform chat, mungkin dalam benak Anda akan langsung terbayang WhatsApp. Padahal, masih ada aplikasi Telegram yang tak kalah banyak digunakan. Baik Telegram web maupun versi mobile, keduanya sama-sama menyediakan fitur chat simple dan mudah dipahami.

Platform asal Rusia ini memang sempat menjadi perbincangan hangat karena sempat diblokir oleh Kominfo. Namun, hal tersebut bersifat sementara dan hanya pada versi web saja. Bagi Anda yang ingin mengetahui cara menginstal dan menggunakan Telegram versi desktop, berikut ulasannya:

Keunggulan Telegram sebagai Platform Komunikasi Online

Sebagai salah satu platform chat populer, Telegram memang memberikan banyak keunggulan. Meskipun masih kalah bersaing dengan WhatsApp, aplikasi ini memiliki sejumlah kelebihan yang tidak dimiliki platform tersebut. Apa sajakah itu? Simak ulasannya di bawah ini:

1. Tersedia Penyimpanan secara Cloud

Tersedia Penyimpanan secara Cloud

Penyimpanan cloud memang menjadi salah satu fitur yang banyak dibutuhkan di era digital ini. Mobilitas yang semakin padat kerap kali membuat seseorang lebih memilih jenis penyimpanan yang praktis ini.  Salah satu platform yang mengadopsi sistem ini adalah Telegram.

Setiap chat, gambar, dokumen, video, dan file lainnya akan tersimpan secara otomatis dengan media penyimpanan awan. Pengguna pun bisa dengan leluasa login dan logout kapanpun. Anda tidak perlu mengkhawatirkan akan kehilangan data, pihak Telegram akan secara otomatis menyimpannya.

Berbeda dengan aplikasi WhatsApp yang harus melakukan pencadangan data terlebih dahulu. Apalagi terdapat batasan penyimpanan yang hanya 1,5 GB untuk setiap dokumen.

2. Pilihan Pengiriman File tanpa Kompres

Pilihan Pengiriman File tanpa Kompres

Seperti yang telah diketahui, file yang dikirim lewat WhatsApp memang akan mengecil secara otomatis. Jika Anda ingin mengirim file dalam ukuran asli, pengiriman harus dilakukan melalui fitur dokumen.

Hal ini berbeda dengan Telegram yang menyediakan dua pilihan. Ketika hendak mengirimkan file foto atau video, pengguna bisa memilih apakah akan mengirim versi kompres atau versi original.

3. Jumlah Anggota Grup Lebih Besar

Jumlah Anggota Grup Lebih Besar

Kapasitas grup di WhatsApp adalah sampai 256 anggota. Sedangkan Telegram umumnya menyediakan kapasitas standar sebanyak 200 anggota. Namun, Anda bisa memperbesar kapasitas anggota grup di Telegram hingga berkali-kali lipat, lho.

Caranya adalah dengan memanfaatkan fitur super group yang bisa menaikkan kapasitas hingga 5.000 orang. Jumlah luar biasa ini bisa dimanfaatkan untuk membuat grup alumni kampus atau untuk keperluan lainnya.

4. Tersedia Fitur Secret Chat

Tersedia Fitur Secret Chat

Bicara soal keamanan dan privasi, Telegram memang tidak bisa dianggap remeh. Anda bisa memanfaatkan fitur secret chat untuk menjaga privasi percakapan. Fitur ini dibuat secara dua arah antara pengirim dan penerima dengan masing-masing satu perangkat.

Dengan demikian, secret chat tersebut tidak dapat diakses di gadget lain dan tidak disimpan secara cloud. Tidak hanya itu, chat rahasia ini juga akan terhapus jika Anda logout dari perangkat yang digunakan. Setelah login kembali, seluruh chat rahasia akan terhapus sepenuhnya.

Tidak hanya itu, chat tersebut pada dasarnya juga akan tetap hilang karena sudah dirancang dengan sistem timer.

5. Praktis Memasukkan Beberapa Kontak Sekaligus

Praktis Memasukkan Beberapa Kontak Sekaligus

Ini merupakan fitur unggulan yang sangat bermanfaat ketika pengguna harus mengganti nomor. Anda tidak perlu khawatir akan kehilangan chat dan kontak ketika berganti nomor. Dengan demikian, pengguna tidak perlu memindahkan seluruh kontak ke nomor Telegram baru.

Cukup gunakan menu setting lalu masukkan nomor baru Anda. Setelah itu, Telegram akan secara otomatis menambah semua kontak ke nomor baru yang Anda masukkan tadi.

6. Bisa Upload Banyak Foto Profil

Bisa Upload Banyak Foto Profil

Ketika menggunakan aplikasi chat lain, biasanya Anda hanya bisa menambahkan satu foto profil. Hal ini berbeda dengan Telegram yang bisa mengunggah banyak foto dalam satu waktu, lho. Foto yang dilihat kontak Anda adalah yang terbaru di-update.

Namun, pengguna  bisa melihat foto profil apa saja yang pernah digunakan cukup dengan menggesernya saja.

7. Terdapat Fitur Chat Bot

Terdapat Fitur Chat Bot

Kelebihan Telegram selanjutnya adalah adanya fitur chat bot. Meski kerap kali dianggap remeh, padahal fitur pesan otomatis ini bisa memberikan manfaat tersendiri, lho.

Di antaranya adalah mengetahui berita terbaru, mengetahui ramalan cuaca, menerjemahkan bahasa, ramalan cuaca, dan lainnya. Chat bot ini juga bermanfaat bagi kontak yang memiliki minat di suatu bidang yang sama.

Cara Buka Telegram di Komputer/Laptop

Membuka Telegram di komputer/laptop memang kerap kali menjadi kebutuhan seseorang. Oleh karena itu, Anda perlu memahami bagaimana cara membuka aplikasi ini di desktop. Berikut dua cara cara mudah yang bisa Anda lakukan:

1. Menggunakan Browser

Cara ini bisa digunakan apabila Anda tidak memiliki file instalasi Telegram official. Anda cukup menggunakan browser yang terinstall di perangkat PC/laptop. Untuk lebih jelasnya, simak langkah mudahnya berikut ini:

  • Buka aplikasi browser di perangkat Anda (Opera, Google Chrome, Mozilla Firefox, Edge, Safari, dan lain-lain).
  • Ketikkan alamat website Telegram web yaitu di https://web.telegram.org.
  • Login menggunakan nomor HP yang telah didaftarkan di Telegram. Pada langkah ini, pastikan setting lokasi yang dipilih adalah Indonesia).

Login menggunakan nomor HP yang telah didaftarkan di Telegram. Pada langkah ini, pastikan setting lokasi yang dipilih adalah Indonesia

  • Lakukan verifikasi nomor.

Lakukan verifikasi nomor

  • Selesai.

Telegram akan memasukkan kode verifikasi ke nomor HP yang Anda masukkan. Pastikan bahwa nomor telepon memang telah terintegrasi dengan akun Telegram Anda. Ketikkan kode verifikasi di kolom yang disediakan.

Proses verifikasi ini tidak akan berlangsung lama, bahkan tidak sampai 1 menit. Oleh karena itu, pastikan smartphone Anda masih berada dalam jangkauan ketika hendak login di Telegram web.

Seperti yang telah disebutkan di atas, Telegram menggunakan sistem cloud computing. Artinya, seluruh data berupa chat, foto, video, dan lainnya akan tersimpan di server Telegram, baik ketika Anda membuka akun di smartphone maupun desktop.

2. Menggunakan File Instalasi untuk Desktop

Cara untuk membuka Telegram web berikutnya adalah melalui file instalasi. Anda bisa mendapatkan file tersebut dengan mudah di website resmi yang menyediakannya. Tidak kalah dengan versi browser, cara ini juga sangat mudah dilakukan.

Pastikan PC/laptop Anda memiliki jaringan internet yang bagus. Hal ini karena Anda akan melakukan proses download dan instalasi. Berikut langkah-langkah mudah yang bisa dilakukan:

  • Buka browser apa saja yang terinstall di desktop Anda.
  • Kunjungi halaman resmi Telegram yang menyediakan file instalasi Telegram web. Anda bisa mendapatkannya di laman https://desktop.telegram.org/.

Kunjungi halaman resmi Telegram yang menyediakan file instalasi Telegram web. Anda bisa mendapatkannya di laman

  • Download file instalasi dengan cara klik Get Telegram for Windows atau sesuaikan dengan OS yang Anda gunakan.
  • Proses download akan segera berlangsung dan biasanya tidak akan memakan waktu lama karena aplikasi berukuran cukup kecil.
  • Lakukan instalasi file yang selesai di-download.
  • Buka aplikasi dan pastikan setting lokasinya adalah Indonesia.
  • Setelah itu, lakukan registrasi menggunakan nomor telepon yang ingin Anda gunakan untuk akun Telegram.

Setelah itu, lakukan registrasi menggunakan nomor telepon yang ingin Anda gunakan untuk akun Telegram

  • Verifikasi nomor, selesai.

Proses verifikasi nomor memang penting dilakukan ketika Anda membuka akun Telegram. Baik di browser maupun di file instalasi. Dengan metode ini, Anda tidak perlu khawatir ketika aktivitas Telegram terhenti ketika ditutup.

Manfaat Menggunakan Telegram Web di Komputer/Laptop

Menggunakan Telegram versi web memang dapat memberikan berbagai manfaat bagi penggunanya. Seperti yang telah diketahui, Telegram menjadi salah satu aplikasi chat yang banyak digunakan setelah WhatsApp.

Oleh karena itu, Anda akan mendapatkan kelebihan berikut ini di Telegram desktop:

1. Efisiensi Pekerjaan

Efisiensi Pekerjaan

Para pekerja kantoran kerap kali menerapkan sistem kerja kolaborasi dalam untuk menyelesaikan jobdesknya. Salah satu aplikasi penunjang yang banyak digunakan adalah Telegram.

Oleh karena itu, pekerjaan yang membutuhkan Telegram akan lebih efektif dikerjakan dengan menggunakan Telegram versi web. Terlebih aplikasi ini tidak memiliki batas maksimum ukuran file yang boleh dikirim, bahkan untuk durasi video sekalipun.

Pengguna bisa dengan leluasa saling berkirim file berukuran besar langsung dari komputer atau laptop.

2. Tidak Perlu Berganti Gadget

Anda akan diminta untuk mengisi nama grup yang akan dibuat

Kelebihan kedua yang bisa dirasakan adalah Anda tidak akan disibukkan dengan bergonta-ganti gadget untuk Telegram. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menginstall Telegram menggunakan file instalasi. Selain lebih praktis, tampilannya pun akan melalui proses loading lebih cepat.

Jika Anda menggunakan Telegram desktop melalui web, sangat disarankan untuk melakukan logout. Hal ini untuk menghindari penyalahgunaan oleh pihak tertentu.

Cara Menggunakan Telegram Web

Setelah mengetahui manfaat dan cara instalasinya, selanjutnya Anda perlu mengetahui cara menggunakan Telegram desktop. Bagi yang sudah terbiasa dengan platform chat ini mungkin tidak akan mengalami masalah berarti.

Namun, cara-cara di bawah ini akan sangat berguna bagi pemula yang baru mengenal Telegram. Berikut beberapa cara menggunakan Telegram desktop yang bisa Anda ikuti:

1. Menambah Kontak

Menambah Kontak

Cara menggunakan Telegram yang satu ini tentunya penting untuk dipahami. Hal ini karena Telegram pada dasarnya merupakan platform komunikasi, sehingga Anda perlu menambah kontak. Berikut cara-cara mudah yang bisa dilakukan:

  • Buka aplikasi Telegram di desktop Anda.
  • Pada tampilan awal aplikasi, klik ikon tiga buah garis di pojok kiri atas.
  • Klik menu Contacts, semua kontak di phonebook Anda yang terdaftar Telegram akan ditampilkan. Konsepnya sama seperti WhatsApp, dimana Anda akan menemukan kontak secara otomatis berdasarkan data di phonebook.
  • Klik pilihan New Contact untuk menambahkan kontak baru.
  • Terdapat tiga bagian yang perlu Anda isi, yaitu nama depan, nama belakang, dan nomor kontak teman Anda.
  • Untuk mengisi nomor kontak, Anda bisa menambahkan kode negara (+62 untuk Indonesia).
  • Pastikan nomor yang Anda input sudah benar.
  • Klik Save.

Menambah kontak pada dasarnya bisa juga dilakukan berdasarkan lokasi sekitar. Namun, menu ini tampaknya baru berlaku untuk Telegram versi mode yang mengharuskan Anda mengaktifkan GPS.

2. Membuat Grup Baru

Fitur grup menjadi salah satu unggulan dari Telegram. Anda bisa saling berbagi data dan informasi dalam ukuran yang tanpa batas. Selain itu, jumlah anggota pun bisa mencapai ribuan, lho, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi telegram di PC/laptop, kemudian login.
  • Pada tampilan awal aplikasi, klik tanda garis tiga yang berada di pojok kiri atas.
  • Klik pilihan New Group.
  • Anda akan diminta untuk mengisi nama grup yang akan dibuat.

Anda akan diminta untuk mengisi nama grup yang akan dibuat

  • Setelah itu, klik Next.
  • Masukkan anggota grup atau member yang akan diajak bergabung.
  • Setelah selesai memilih anggota, klik Create.

Setelah selesai memilih anggota, klik Create

Jika Anda sudah melewati langkah-langkah di atas, grup Telegram pada dasarnya sudah berhasil dibuat. Namun, Anda bisa mengupgradenya menjadi supergroup yang bisa menampung lebih banyak anggota. Bahkan hingga jumlahnya ribuan, berikut langkah mudahnya:

  • Klik pilihan Manage Group, lalu Upgrade to Supergroup.

Klik pilihan Manage Group, lalu Upgrade to Supergroup

  • Pilih opsi CONVERT pada tampilan berikutnya.
  • Selesai.

Setelah meng-upgrade grup, Anda bisa melengkapi informasi grup yang baru saja dibuat. Selain itu, ikon grup juga bisa ditambahkan. Jika Anda ingin mengundang anggota ke grup tersebut, cukup bagikan link invite grup. Selain itu, masih banyak pilihan lainnya yang bisa dilakukan di menu grup.

3. Memasukkan Bot ke Grup

Seperti yang telah diketahui, fitur bot Telegram memang bisa menjadi kelebihan tersendiri. Fitur unik ini diprogram khusus untuk meningkatkan fungsi sebuah chat room maupun grup. Tak jarang pengguna memanfaatkan hal ini untuk bisnis maupun hobi.

Adapun cara untuk memasukkan bot ke dalam grup ternyata sangat mudah dilakukan, yaitu sebagai berikut:

  • Klik grup yang ingin ditambahkan bot di dalamnya.
  • Pilih menu Add member.

Pilih menu Add member.

  • Di kolom pencarian, Anda bisa mengetikkan username bot yang akan dimasukkan.
  • Misalnya ketika Anda akan menginvite bot seputar game @game_indonesia.
  • Klik nama bot yang sesuai, lalu klik Next.

Klik nama bot yang sesuai, lalu klik Next

  • Bot berhasil dimasukkan.

Fitur bot ini cukup populer di kalangan pengguna Telegram. Terutama ketika pengguna ingin memperdalam minat dan hobinya, tentu fitur bot ini bisa menjadi pilihan.

4. Mengubah Tampilan menjadi Mode Gelap

Fitur dark mode atau night mode tampaknya menjadi hal wajib yang perlu dimasukkan dalam sebuah aplikasi. Mengingat semakin banyak platform yang melengkapi fiturnya dengan mode ini. Bagi Anda yang tidak terlalu menyukai mode terang, fitur dark mode ini tentu bisa menjadi pilihan.

Namun, hal ini kembali kepada selera masing-masing pengguna. Lalu, bagaimana cara mengaktifkan fitur dark mode di Telegram desktop? Berikut langkah-langkah mudahnya:

  • Buka aplikasi Telegram di desktop Anda.
  • Pastikan Anda telah login, lalu klik ikon di sebelah pojok kiri atas berupa ikon garis tiga.
  • Klik pilihan Night Mode.

Klik pilihan Night Mode

  • Tampilan Telegram Anda akan menjadi bertema gelap.

Tampilan telegram Anda akan menjadi bertema gelap

Cara pertama ini memang sangat mudah dilakukan ketika Anda membutuhkan mode gelap. Tampilan Telegram desktop Anda seketika akan berubah saat itu juga. Namun, cara ini hanya akan mengubah mode siang menjadi mode malam atau sebaliknya.

5. Melakukan Kustomisasi Tampilan

Melakukan Kustomisasi Tampilan

Pada dasarnya , kustomisasi ini masih bersifat standar. Namun, tentunya akan sangat berguna apabila Anda bosan dengan tampilan Telegram desktop yang begitu-begitu saja. Anda bisa mengubah background di room chat dan memilih tema.

Terdapat beberapa tema yang disediakan Telegram. Namun, Anda juga dapat memilih gambar dari galeri PC/laptop Anda. Untuk lebih jelasnya, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka aplikasi Telegram yang sudah terinstall di komputer/laptop Anda.
  • Klik menu di bagian pojok kiri atas, lalu pilih Settings.
  • Pilih Chat Settings.
  • Pada bagian Themes, Anda bisa memilih tema Classic, Day, Tinted, atau Night. Sedangkan untuk bagian Chat background, Anda bisa memilih gambar dari galeri.
  • Selain itu, Anda juga dapat membuat model background menjadi tile atau berbingkai, caranya dengan centang bagian Tile Background.

Anda bisa mengeksplorasi di bagian menu Chat Settings sesuai keinginan. Terutama ketika bosan menggunakan tema standar yang sudah default dari Telegram. Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk mengubah background chat sesuai selera.

Beberapa informasi dan tutorial Telegram desktop di atas memang dapat memudahkan Anda dalam menggunakan platform chat ini. Perlu diketahui pula penggunaan Telegram di PC/laptop memang lebih efektif untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan.

Telegram Web : Keunggulan, Cara Membuka, Manfaat dll Terlengkap 2021

Advertisements

Add Comment