aplikasi edit video

24 Aplikasi Edit Video (untuk ponsel dan PC)

Aplikasi Edit Video – Saat ini kebutuhan terhadap aplikasi edit video yang berkualitas semakin meningkat. Terutama bagi orang-orang yang aktif di berbagai platform sosial media dan aplikasi video seperti YouTube. Saat ini kegiatan editing video menjadi salah satu pekerjaan yang cukup menjanjikan di masa depan. Bagi para pemula bisa memulai edit video dengan aplikasi versi Android dan dilanjutkan dengan versi PC.

Para developer editing pun seolah memahami kondisi dan kebutuhan para pelanggan. Sehingga aplikasi yang dibuat seringkali dibagi menjadi 2 bagian yaitu versi trial dan premium. Versi trial bisa dimanfaatkan bagi seseorang yang baru mempelajari editing video. Sedangkan versi premium digunakan kalangan profesional dan konten kreator handal karena dibebankan biaya berlangganan.

24 Aplikasi Edit Video untuk Ponsel dan PC

Aplikasi edit video yang dioperasikan pada ponsel pintar memiliki cara kerja lebih praktis dan menghasilkan video dengan kualitas cukup bagus. Kemudian memiliki jumlah file yang lebih ringan sehingga ponsel tidak mengalami lag. Sedangkan mengedit video pada PC atau laptop sangat nyaman digunakan karena akses layar lebih besar dan tools yang lebih lengkap.

Selain menciptakan versi trial dan premium, maka developer editing video dari seluruh dunia juga menyiapkan 2 mode penggunaan aplikasi. Para pengguna bisa memilih versi mobile dan versi desktop yang disesuaikan berdasarkan kebutuhan. Pemilihan aplikasi yang tepat akan memudahkan setiap pengguna untuk mempelajari hal-hal baru dalam membuat konten dan editing video.

Simak rekomendasi aplikasi edit video terbaik untuk pengguna ponsel pintar, PC atau laptop berikut ini!

1. Adobe Premier Clip

Adobe Premier Clip

Aplikasi pertama adalah Adobe Premiere Clip sebagai versi ringan dari Adobe Premier Pro. Kemudian spesifikasi ponsel itu sendiri akan memperlancar proses editing dan menghindari lag. Saat ini aplikasi Adobe Premier Clip dapat diunduh secara mudah dan gratis melalui Play Store dan App Store.

Adapun tools yang tersedia untuk edit video dalam Adobe Premiere Clip di antaranya: drag dan down video klip kemudian disusun sesuai keinginan. Kemudian memotong durasi video, tools transisi dan menambah aneka efek menarik. Berkat ketelitian dan ketekunan saat mengedit video, maka tidak menutup kemungkinan akan menghasilkan video berkualitas meski masih pemula.

Pengguna bisa mengirimkan file video yang sudah diedit pada Adobe Premiere Clip ke Adobe Premiere Pro versi desktop. Sehingga video yang dibuat dapat dilengkapi dengan aneka tools pilihan untuk hasil lebih maksimal.

2. PowerDirector

PowerDirector

Aplikasi edit video selanjutnya adalah PowerDirector yang bisa digunakan secara mudah oleh para pengguna ponsel pintar. Meskipun terbilang mudah digunakan, namun PowerDirector dilengkapi dengan tools dan fitur yang cukup banyak. Tools edit video yang tersedia terdiri dari aneka efek dan transisi menarik. Kemudian menyatukan banyak klip dalam satu video dan first tutorial untuk pemula.

Pengguna juga dapat menyimpan project sementara dan kerjakan kembali saat waktu telah memungkinkan. Kemudian aplikasi PoweDirector juga telah terhubung dengan aneka media sosial. Sehingga video yang dibuat dapat segera dibagikan pada akun media sosial pribadi dengan lebih mudah.

3. VideoShow

VideoShow

Rekomendasi aplikasi selanjutnya adalah VideoShow sebagai salah satu aplikasi edit video terpercaya bagi pengguna ponsel pintar. Terdapat banyak fitur yang diperoleh pengguna seperti menambahkan efek, musik dan teks dengan aneka gaya tulisan.

Selain beragam efek, tambahkan pula suara atau dubbing secara langsung saat video diputar. Kemudian VideoShow juga tidak membatasi jumlah durasi video yang dibuat. Terdapat fitur unik yaitu kompres video agar ukuran file video lebih ringan. Meskipun ukuran video jadi lebih ringan, akan tetapi kualitas video yang dibuat tidak akan berkurang.

4. FilmoraGo

FilmoraGo

Aplikasi FilmoraGo adalah aplikasi yang tersedia dalam versi mobile maupun desktop. Aplikasi ini sangat cocok bagi pengguna yang terbiasa membuat video untuk kebutuhan media sosial seperti Instagram atau Facebook. Sehingga tidak heran jika aplikasi ini paling diminati oleh para pengguna untuk beragam kebutuhan video dengan tools yang cukup lengkap.

Developer FilmoraGo membekali cukup banyak tools meskipun pada versi gratis. Sehingga pengguna memperoleh beberapa fitur dasar saat menggunakan aplikasi tersebut. FilmoraGo dilengkapi dengan fitur memotong video, tema menarik, aneka transisi dan slow motion. Kemudian tambahkan juga musik dan aneka jenis teks dengan rasio beragam mulai dari 1:1 sampai 16:9.

FilmoraGo juga menyediakan fitur berbagi ke berbagai situs media sosial ternama. Sehingga pengguna dapat langsung unggah video yang sudah selesai. Supaya kegiatan hobi atau tujuan marketing tersebut dapat menambah pundi-pundi rupiah pada tabungan. Kemudian pengguna bisa meningkatkan kemampuan edit sampai tahap profesional.

5. Movie Maker Filmmaker

Movie Maker Filmmaker

Aplikasi edit video selanjutnya adalah Movie Maker Filmmaker sebagai penolong bagi para pemula untuk urusan edit video. Para pengguna tidak membutuhkan alat editing yang banyak seperti laptop dan alat lainnya. Cukup gunakan satu aplikasi ini untuk hasilkan video yang bagus. Movie Maker dapat mengolah video mentah untuk diubah menjadi video dengan kualitas terbaik.

Adapun fitur yang diperoleh ketika menggunakan aplikasi Movie Maker adalah memotong video, menambahkan efek dan filter. Kemudian menambahkan musik pilihan supaya video yang dihasilkan jadi lebih menarik.

6. VivaVideo

VivaVideo

VivaVideo adalah aplikasi yang sempat menghebohkan para pegiat media sosial. Sehingga banyak pengguna yang akhirnya memilih VivaVideo untuk membuat aneka video menarik. Ciri khas yang identik dengan VivaVideo adalah kehadiran ratusan efek yang cocok untuk feed stories. Sehingga video yang dibuat dapat diselesaikan lebih cepat, terkesan lucu dan meriah.

Fitur lain yang tersedia ketika menggunakan aplikasi VivaVideo adalah memotong video dan menyatukan banyak klip menjadi kesatuan yang utuh. Kemudian dilengkapi dengan efek slowmotion yang masih disukai oleh para pengguna hingga saat ini. Sehingga hasil akhir video akan terlihat menarik dan profesional.

7. KineMaster

KineMaster

Aplikasi KineMaster adalah andalan bagi para vlogger pemula yang ingin merasakan aneka tools profesional. Meskipun pengguna memilih menggunakan KineMaster versi mobile yang ringan. Akan tetapi developer tetap melengkapi fitur ringannya dengan tools cukup lengkap.

Adapun keunggulan dan fitur yang diperoleh ketika edit video adalah memotong video, menambah musik, efek dan filter menarik. Kemudian KineMaster melengkapi kemudahan bagi pengguna untuk import file pada berbagai media penyimpanan. Video yang sudah selesai bisa disimpan pada area penyimpanan ponsel maupun langsung dibagikan ke dalam akun media sosial.

8. Magisto

Magisto

Magisto adalah aplikasi yang tepat untuk dicoba bagi pemula. Sebab Magisto memiliki fitur edit video dan foto secara otomatis. Tugas pengguna hanyalah mengimpor file mentah ke dalam aplikasi dan biarkan Magisto meramu bahan tersebut menjadi video yang berkualitas. Pada versi gratis, pengguna akan memperoleh watermark dalam video dan bebas watermark pada versi premium.

9. Inshot

Inshot

Aplikasi Inshot hampir serupa dengan VivaVideo dan VideoShow yang mampu melakukan beberapa fitur inti saja. Salah satunya seperti menambahkan musik pilihan, edit background, menambah teks sesuai style dan font pilihan. Selain edit video, Inshot juga dapat mengedit foto dengan tools yang lengkap. Sehingga dapatkan video dan foto berkualitas untuk koleksi media sosial terbaik.

10. Quik

Inshot

Aplikasi Quik bisa menjadi andalan bagi pengguna yang ingin mencari aplikasi edit video mudah. Pengguna bisa memotong video kemudian menambah teks dengan berbagai gaya font dan efek menarik. Lalu video jadi semakin lengkap dengan menambahkan musik favorit.

Pengguna dapat memilih kualitas gambar video pada kisaran 108 piksel hingga 720 piksel. Kemudian setelah video selesai diedit, pengguna boleh langsung unggah video tersebut ke dalam berbagai akun media sosial.

11. iMovie

iMovie

Kini pengguna ponsel iOS dapat mempertajam kemampuan edit video menggunakan bantuan aplikasi iMovie. Aplikasi ini memang cocok bagi pemula karena tampilan kerja editing yang masih terkesan sederhana. Sehingga pengguna tidak dipusingkan dengan berbagai tools yang banyak dan terkesan kurang familiar.

Terdapat beragam fitur dan keunggulan yang tersedia untuk mendapatkan video berkualitas. Salah satu fiturnya adalah aneka macam transisi dan efek video. Lalu pilihan animasi dan template terbaik untuk diaplikasikan pada video. Apabila pengguna ingin beralih menggunakan iMovie versi desktop maka pastikan video telah diekspor ke iCloud. Kemudian buka langsung video tersebut di dalam PC.

12. Funimate

Funimate

Sesuai namanya, aplikasi edit video Funimate memang bertujuan untuk membuat beragam jenis video lucu yang menarik. Kemudian ditambah dengan tampilan yang user friendly untuk pengguna pemula. Adapun keunggulan yang bisa dimanfaatkan ketika edit video dengan Funimate di antaranya: filter video dan efek-efek yang lucu. Sehingga cocok digunakan untuk stories media sosial.

13. ActionDirector

ActionDirector

Para pengguna diberi kesempatan untuk melatih kemampuan edit video hingga mencapi tahap profesional melalui ActionDirector. Pada awalnya aplikasi ini hanya tersedia dalam versi desktop saja. Akan tetapi saat ini bisa diakses menggunakan ponsel pintar para pengguna. Sehingga jadikan kesempatan ini untuk belajar lebih baik guna menghasilkan video yang berkualitas dan menarik.

Tampilan aplikasi juga terbilang user friendly sehingga pengguna awam sekalipun bisa mengoperasikan aneka tools dengan mudah. Adapun tools yang diperoleh pada aplikasi ActionDirector di antaranya: memotong video, musik pilihan, format 4K dan atur kecepatan video.

14. AVS Video Editor

AVS Video Editor

AVS Video Editor menjadi salah satu aplikasi yang digunakan untuk kebutuhan edit video versi desktop. Kemudian cocok digunakan bagi para pemakai laptop dengan spesifikasi ringan. AVS dilengkapi dengan keunggulan editing menarik seperti menyunting video beresolusi tinggi dengan lebih cepat.

Keunggulan lain yang diperoleh pengguna ketika menggunakan AVS Video Editor, di antaranya: memotong video dan menambahkan teks sesuai font style pilihan pengguna. Kemudian aplikasi AVS Video Editor juga dilengkapi dengan lebih dari 300 pilihan transisi dan efek video. Sehingga pengguna dapat berkreasi untuk menciptakan video yang menarik dan lebih kreatif.

15. Corel Video Studio

Corel Video Studio

Aplikasi edit video yang bisa dicoba pada versi desktop selanjutnya adalah Corel Video Studio. Sebelumnya perusahaan Corel memang telah memiliki aplikasi untuk pembuatan vector. Kemudian saat ini semakin lengkap dengan tambahan editing video. Meskipun masih pemula, akan tetapi aplikasi Corel Video Studio ini terbilang cukup mudah untuk dioperasikan pertama kali.

Hal tersebut dibuktikan dari tampilan interface yang simpel dan telah dilengkapi dengan tools mumpuni. Pengguna akan disajikan lembar kerja layaknya editor profesional dengan aneka tools lengkap namun bisa dioperasikan dengan mudah. Semakin pengguna mahir mengetahui tiap kegunaan dan teknik editing, maka akan semakin mudah pula dalam menggunakan aplikasi.

16. Adobe Premiere Pro

Adobe Premiere Pro

Aplikasi Adobe Premiere Pro adalah versi tertinggi dibandingkan dengan versi Adobe Premiere Clip. Perusahaan Adobe telah sejak lama menguasai pasar aplikasi edit video. Sehingga tidak heran jika peminat aplikasi ini memiliki jumlah yang sangat banyak dari seluruh dunia. Para pengguna dapat memperoleh fitur dasar editing hingga fitur profesional untuk menghasilkan video berkualitas.

Adobe Premiere Pro bisa menjadi jawaban bagi pengguna yang sudah mahir dan menjadikan kegiatan video sebagai salah satu profesi. Hal ini berkaitan dengan fasilitas dan biaya berlangganan untuk memperoleh akses yang lebih luas. Sehingga memanfaatkan aplikasi canggih untuk profesi impian adalah hal yang tepat supaya mendukung kinerja jadi lebih baik.

17. Sony Vegas Pro 13

Sony Vegas Pro 13

Secara sepintas para pengguna pemula sudah mampu menebak jika aplikasi ini adalah besutan perusahaan ternama Sony. Ya, hal tersebut memang benar adanya. Sony Vegas Pro 13 adalah aplikasi yang membantu setiap pengguna untuk memperoleh aplikasi edit video terbaik. Kemudian dikemas dengan cara kerja editing yang lebih mudah.

Aplikasi yang diciptakan oleh perusahaan Sony ini memang diperuntukkan bagi kaum profesional untuk mempermudah kinerja editting setiap hari. Tersedia beragam fitur menarik untuk menghasilkan video terbaik yang dikombinasikan dengan trik editing profesional.

Langkah pertama untuk mengawali aplikasi ini juga terbilang mudah, pengguna hanya perlu melakukan drag pada video yang akan dibuat. Kemudian secara otomatis lembar kerja akan dibagi menjadi dua bilah edit, pertama bilah video dan kedua bilah sound. Langkah selanjutnya gunakan aneka efek, filter dan fitur menarik lainnya untuk ciptakan video berkualitas yang tampak profesional.

18. Windows Movie Maker

Windows Movie Maker

Sesuai namanya, aplikasi Windows Movie Maker hanya bisa digunakan pada PC atau laptop berbasis Windows. Sehingga aplikasi ini adalah persembahan eksklusif bagi para pengguna setia Windows di seluruh dunia. Membuat para pegiat editing video bisa menciptakan video yang bagus dan keren sesuai kebutuhan dari laptop sendiri.

Pada tampilan interface, aplikasi ini tergolong mudah untuk dioperasikan dan masih sederhana. Sehingga aplikasi ini cocok bagi para pemula yang baru mengetahui aneka istilah dan tools untuk editing video pada PC atau laptop. Hal ini ditunjukkan dengan beberapa tools unggulan yang coba ditawarkan oleh developer kepada para pengguna.

19. Camtasia

Camtasia

Camtasia adalah aplikasi untuk mengedit video yang bisa dioperasikan pada PC atau laptop berbasis Windows dan Mac. Sehingga penggunanya bisa menjadikan aplikasi ini sebagai salah satu aplikasi unggulan untuk editing video.

Aplikasi Camtasia dilengkapi dengan lebih banyak fitur untuk proses sunting video. Sehingga Camtasia dinobatkan sebagai aplikasi versi desktop yang ramah untuk para pemula maupun kalangan profesional. Developer memberikan jaminan tersendiri jika aplikasi yang diusungnya memang mudah digunakan dengan fitur lebih lengkap.

20. VideoPad Video Editor

VideoPad Video Editor

VideoPad Video Editor adalah aplikasi versi desktop setelah versi android yang telah diproduksi sebelumnya. Apabila versi mobile hadir dengan tampilan interface lebih sederhana, maka versi desktop terbilang lebih komplit dari segi tools maupun fitur lainnya. Secara umum, aplikasi edit video ini dapat digunakan oleh pengguna PC berbasis Windows dalam beragam versi.

Salah satu fitur yang dapat digunakan oleh para pengguna adalah fitur drag or drop dan memotong video. Kemudian tersedia aneka efek menarik untuk memperkaya konten video. Selain itu tidak lupa aneka jenis transisi untuk beragam kebutuhan video yang sesuai dengan konsep video itu sendiri.

21. Lightworks

Lightworks

Aplikasi edit video Lightworks adalah aplikasi yang bisa digunakan bagi para pegiat edit video dalam PC atau laptop. Selain itu developer juga memberi klaim bahwa aplikasi ini adalah aplikasi editing untuk kalangan profesional. Pernyataan tersebut memang senada dengan fitur dan keunggulan yang lengkap. Sehingga para pengguna memiliki aplikasi yang komplit ketika edit video.

Salah satu keunggulan aplikasi Lightworks adalah mampu mengedit aneka file video dengan beraneka macam resolusi. Seperti resolusi HD, NTSC dan PAL. Sehingga pengguna aplikasi Lightworks memiliki jumlah pengguna yang sangat banyak. Terutama setelah dilakukan tes uji secara langsung oleh editor profesional yang membuat kualitas aplikasi tidak lagi diragukan.

22. VSDC

VSDC

Aplikasi VSDC adalah salah satu pilihan aplikasi terbaik yang sering digunakan oleh pegiat editing video. Keunggulan yang dimiliki oleh aplikasi VSDC adalah aplikasi bebas dari tanda air atau watermark, sehingga tampilan video lebih eksklusif. Kemudian proses install aplikasi juga terbilang mudah dan cepat di dalam setiap PC pengguna.

Keunggulan lain dari aplikasi VSDC juga berasal dari tampilan interface yang mudah dan aman untuk dioperasikan. Kemudian dilengkapi dengan fitur memotong video, efek, filter dan transisi dalam jumlah yang banyak. Sehingga pengguna dapat memanfaatkan fasilitas yang ada untuk menciptakan video terbaiknya.

23. Cyberlink PowerDirector 17

Cyberlink PowerDirector 17

Aplikasi video besutan dari perusahaan Cyberlink bernama Cyberlink PowerDirector 17 sebagai salah satu aplikasi edit versi desktop yang ringan. Meskipun versi ringan akan tetapi pihak developer telah melengkapi dengan aneka fitur dan keunggulan yang mumpuni.

Cyberlink PowerDirector 17 menyediakan menu untuk editing secara manual. Kemudian fitur unik untuk mengedit video menggunakan fitur Express Video Creation. Sehingga pengguna dapat mengedit dengan cara yang lebih cepat dan otomatis.

Secara umum Cyberlink PowerDirector 17 adalah aplikasi yang diperuntukkan untuk kebutuhan editing profesional. Salah satu fitur yang dapat diperoleh di antaranya: 360 video editing, Chroma key, color adjustment dan motion tracking. Apabila ingin menggunakan aplikasi ini maka siapkan ruang sebesar 2GB untuk menginstall aplikasi dan ruang tambahan lainnya supaya bebas dari lag.

24. Pinnacle Studio 16

Pinnacle Studio 16

Tampilan interaktif dan fitur yang lengkap adalah ciri khas dari aplikasi Pinnacle Studio 16. Kemudian cocok digunakan bagi pemilik channel konten kreator seperti YouTube. Memiliki beragam fitur yang wajib untuk dicoba. Salah satunya fitur screen recording yang biasa digunakan untuk channel tutorial. Kemudian cocok untuk para gamers profesional ketika merekam tips atau teknik permainan.

Pinnacle Studio 16 telah dilengkapi dengan lebih dari 1500 efek dan template untuk berbagai kebutuhan editing. Kemudian tersedia fitur yang lebih banyak lagi apabila pengguna bersedia melakukan pembayaran atau berlangganan aplikasi dengan harga tertentu.

Penggunaan aplikasi edit video menjadi salah satu list kebutuhan para pegiat editing dari seluruh dunia, baik pemula maupun profesional. Para pengguna aplikasi editing selalu menggunakan pedoman kenyamanan dalam menentukan aplikasi terbaik. Sehingga coba terlebih dahulu beragam aplikasi kemudian tentukan satu hingga dua aplikasi utama untuk membuat beragam video terbaik.

24 Aplikasi Edit Video (untuk ponsel dan PC)

Leave a Reply