Aplikasi Perekam Layar

17 Aplikasi Perekam Layar (untuk android dan PC terbaik 2020)

Aplikasi Perekam Layar – Fungsi utama dari aplikasi perekam layar ialah menyimpan aktifitas apapun pada layar perangkat yang dinilai penting atau bernilai. Proses perekaman dan durasi tergantung kapasitas yang disediakan oleh aplikasi perekam untuk layar. Hasil akhirnya nanti berupa rekaman video yang menunjukkan arah navigasi termasuk waktu mengetikkan suatu kalimat di pesan teks atau chat.

Sudah banyak aplikasi yang menawarkan kegunaan merekam layar. Mengingat jumlahnya yang lumayan banyak, tentu saja sebagai pengguna perangkat mobile atau PC akan merasa kesulitan untuk memilih aplikasi perekaman layar apa yang terbaik untuk mendukung kebutuhan. Bukan hanya kebutuhan, secara penggunaan pun seharusnya tidak menyulitkan pemakai. Berikut rekomendasinya.

Rekomendasi Aplikasi Perekam Layar Perangkat Mobile

1. Perekam Layar dan Suara XRecorder

Perekam Layar dan Suara XRecorder

Rekomendasi pertama adalah aplikasi perekam layar XRecorder yang dibekali kemampuan merekam suara sekaligus dari aktifitas layar perangkat mobile. Selain merekam layar, XRecorder juga dapat digunakan untuk menangkap layar (screenshoot). Aplikasi XRecorder ditawarkan oleh InShot Inc yang dirilis pada tahun 2019.

XRecorder secara bawaannya sudah memiliki fitur No Watermark, sehingga pengguna tidak perlu khawatir adanya logo atau tanda air XRecorder di hasil akhir perekaman layar. Selain itu, pemakaian aplikasi ini juga tidak perlu melalui proses root dan yang paling menarik, tidak ada batas waktu maksimal untuk durasi perekaman layar.

Hasil akhir dari perekaman layar akan disimpan dalam kualitas tinggi berupa video Full HD. Lokasi penyimpanan hasil rekaman dapat dipilih secara bebas, apakah di memori internal atau eksternal. Mudah melakukan pause, trim, dan hasil rekaman dapat langsung dibagikan di platform akun sosial media yang dimiliki seperti Instagram, Twitter, Youtube, IGTV, dan Whatsapp.

XRecorder bisa diunduh di Google Play Store secara gratis, dan tanpa ada pembayaran apapun, kecuali untuk pembelian fitur tertentu yang harganya dimulai dari Rp84.000,-. Aplikasi XRecorder telah didownload lebih dari 50 juta kali. Ukurannya pun tidak akan membebani perangkat karena hanya sebesar 10 MB.

2. Rekam Layar AZ Record Screen

Rekam Layar AZ Record Screen

Tidak jauh berbeda dengan aplikasi pertama. AZ Recorder pada bawaannya sudah secara otomatis disertai fitur tanpa proses root, dan bebas watermark atau tanda air aplikasi di hasil akhir perekaman layar perangkat. Aplikasi ini dirilis pada tahun 2014 dan diusung oleh pabrikan developer AZ Screen Recorder.

AZ Record dapat diunduh secara gratis dan bebas melalui Play Store Google. Ukurannya hanya sekitar 17 MB. Fitur menarik dari AZ Recorder adalah adanya kemampuan untuk melakukan pause kemudian melalui proses rekaman kembali, memilih resolusi akhir video, frame rit, dan bit rate. Bahkan AZ Recorder memungkinkan untuk dilakukannya time lapse atau gerak lambat.

Meski gratis, namun AZ Recorder mengenakan biaya bagi pengguna untuk membuka kunci akses pada fitur-fitur seperti tombol ajaib kontrol screen, facecam, pembuat gif, trim video, menggambar di atas layar, dan lain sebagainya. Harganya sekitar Rp25.000,-

Tidak hanya merekam layar, aplikasi AZ Screen Recorder juga dilengkapi dengan kemampuan untuk sekaligus melakukan perekaman pada suara yang keluar dari perangkat mobile. Fitur perekam suara otomatis dapat dimatikan atau dipilih untuk sebatas merekam layar saja jika ingin merekam layar tanpa suara.

3. Screen Recorder Video Editor

Screen Recorder Video Editor

Aplikasi ini ditawarkan oleh Video Show Enjoy Mobi Video Editor dan Video Maker Inc. Dirilis pada tahun 2018 dan update terbaru dilakukan pada April 2020. Secara keseluruhan, aplikasi Screen Recorder atau akrab dikenal V Recorder ini merupakan aplikasi yang paling baik dalam memiliki user interface sehingga tidak menyulitkan interaksi pengguna.

Kemampuan menarik dari V Recorder adalah menangkap layar dengan satu kali sentuh, merekam layar, mengedit hasil rekaman, dan menambahkan efek yang diinginkan pada hasil rekaman layar tersebut tanpa mengurangi resolusi. Untuk resolusi hasil akhir video dapat dipilih sesuai dengan keinginan.

Fitur unik dari V Recorder adalah adanya filter-filter trendi, lucu, dan unik yang ditawarkan. Termasuk penyematan sticker yang telah disediakan oleh aplikasi. Lebih dari itu, aplikasi V Recorder juga dilengkapi dengan pilihan background musik yang hendak diletakkan sebagai latar belakang perekaman layar perangkat mobile.

Hasil akhir rekaman juga bisa memilih rasio ukuran video yang diinginkan, sehingga tidak selalu dalam keadaan portrait. Setelah merekam dan mengedit, video memungkinkan untuk langsung dibagikan pada platform akun sosial media yang dimiliki.

Aplikasi V Recorder yang serba lengkap ini dapat diunduh secara bebas dan gratis melalui Google Play Store. Besar ukuran dari V Recorder adalah 24 MB. Lumayan besar, namun dengan fitur kaya yang dibawa, rasanya sudah sesuai dengan besaran ukurannya.

4. ADV Screen Recorder yang Lengkap

ADV Screen Recorder yang Lengkap

ADV Screen Recorder merupakan jenis aplikasi perekam layar yang sederhana dan mudah dalam penggunaannya. Bahkan ukuran unduhan dari aplikasi ini tidak lebih dari 10 MB, sehingga sangat ringan bagi perangkat dan tentu saja tidak akan membebani performa penggunaan aplikasi yang multitasking.

Aplikasi ADV ditawarkan oleh developer ByteRev dan dirilis pada tahun 2015. Sayangnya, aplikasi ini mengenakan pembiayaan pada versi aplikasi yang lebih lengkap sebesar Rp20.000. Akan tetapi harga tersebut kiranya tidak terlalu mahal, sebab dengan kesederhanaan dan kemudahan aplikasi harga yang sebesar itu tentu selaras.

ADV Recorder memungkinkan pengguna untuk merekam dengan dua pilihan, yakni default dan advanced. Melakukan pause ketika sedang merekam. Menggambar pada layar rekaman perangkat mobile. Menambahkan teks pada rekaman dengan kustomisasi yang kaya, memotong video, dan menyetel peletakkan banner pada hasil rekaman layar.

5. iRecorder Aplikasi Perekam Layar

iRecorder Aplikasi Perekam Layar

Rekomendasi selanjutnya dari aplikasi merekam layar perangkat mobile adalah iRecoder. Aplikasi ini adalah aplikasi yang cukup populer digunakan oleh para pemakai perangkat mobile. Mampu merekam gameplay, video, pertunjukan langsung, dan chat video yang dilakukan. Serta dilengkapi fitur tombol mengapung pada perangkat yang memungkinkan aksi sekali sentuh.

Aplikasi ini sepenuhnya gratis dan secara bawaan sudah tidak ada pemakaian watermark di dalam aplikasinya. Bahkan tidak perlu melakukan root apabila ingin memasang aplikasi iRecorder, karena telah tersedia secara bebas di Google Play Store.

Lebih dari itu, aplikasi ini juga tidak membatasi durasi perekaman layar yang dilakukan, sehingga tidak perlu khawatir akan terjadi penghentian dari aplikasi. Hasil akhir rekaman dapat diolah dengan berbagai kualias dan resolusi yang sangat beragam, termasuk hingga kualitas 1080p.

6. Screen Recorder Lollipop

Screen Recorder Lollipop

Berikutnya ada aplikasi Lollipop Screen Record. Aplikasi ini hanya dapat digunakan di perangkat dengan sistem Android minimal Android 5.0. Pemasangan aplikasi tidak perlu melakukan rooting dan sudah terbebas dari Watermark secara otomatis.

Menariknya, aplikasi ini memiliki manajemen yang kuat. Yakni dengan kemampuan fitur memisahkan folder tersendiri bagi aplikasi-aplikasi yang sering digunakan, kemudian dari folder tersebut secara mandiri akan langsung memanggil aplikasi Lollipop untuk merekam layar.

Aplikasi ini dapat menyimpan dirinya sendiri dan hasil rekaman pada kartu slot eksternal, menghentikan perekaman lalu memulainya lagi, merekan audio secara bersamaan, dan menggunakan kamera pada perangkat mobile. Aplikasi Lollipop screen record bisa diunduh di Google Play Store. Ukuran aplikasi hanya sebesar 3 MB.

7. IOs Assistive Touch Rekam Layar

IOs Assistive Touch Rekam Layar

Dari sekian banyak aplikasi perekam layar bagi perangkat mobile, kemungkinan besar IOs Assistive Touch merupakan aplikasi paling unggulan. Seperti Slogannya, aplikasi gila, dan memang aplikasi rekam layar yang bernuansa iOs ini sunguh gila. Bayangkan saja, di perangkat android, terdapat bawaan fitur yang lumrahnya hanya bisa dijumpai di perangkat IOs.

Aplikasi Assistive Touch ini memang membawa nuansa IOs yang sangat kuat. Pengguna Android akan dibawa merasakan pengalaman memakai perangkat IOs. Bahkan aplikasi ini sangat menyerupai tombol assistive yang terdapat di perangkat IOs secara utuh. Menggunakan aplikasi ini, pengguna android dapat melakukan akses cepat pada fitur di dalam perangkat mobile.

Akses cepat tersebut antara lain mengarahkan pengguna menuju fitur rotasi layar, mengatur volume suara, brightness, senter, mode silent perangkat mobile, mengunci layar perangkat, screenshoot, dan tentu saja melakukan perekaman aktifitas layar perangkat. Bahkan aplikasi ini dapat diberi sematan dari aplikasi yang sering digunakan.

Aplikasi yang menyerupai IOs ini hanya dapat dipakai bagi pengguna perangkat mobile Android 5 ke atas. Sistem operasi di bawah Android 5 tidak akan dapat memakai aplikasi ini. Ditawarkan oleh developer FA dan baru melakukan perilisan pada tahun 2019. Jenis aplikasi yang inovatid dan cenderung pemain baru.

Satu hal yang menjadi catatan menarik dari Assistive Touch IOs versi Android ini ialah sudah terhubung dengan pusat kontrol IOS 13 – Perekam Layar, sehingga untuk membuka pusat kontrol atau tombol on/off pada perangkat memungkinkan menggunakan dukungan sidik jari yang telah disediakan perangkat. Aplikasi IOS Assitive Touch bisa diunduh di Google Play Store gratis.

8. Super Screen Record

Super Screen Record

Berikutnya ada aplikasi Super Screen perekam layar. Sebuah aplikasi yang menawarkan beragam keunggulan, antara lain, semua akses fitur aplikasi tersedia secara gratis, tanpa perlu melakukan rooting, tanpa watermark, unlimited record screen, screenshoot, dan mampu mengubah hasil rekaman ke bentuk tampilan gif.

Hasil akhir video rekaman layar akan langsung diubah ke dalam mode Full HD sehingga tentu saja sangat memuaskan pemakai. Menyediakan variasi pilihan kecepatan Bit Rate, besaran resolusi, dan lokasi penyimpanan yang bisa diletakkan di eksternal maupun internal.

Satu hal yang sangat menarik dari Super Screen record adalah kemampuan uniknya berupa penghentian proses perekaman layar cukup dengan menggoyangkan perangkat. Ketika perangkat digoyangkan saat merekam, maka otomatis rekaman akan berhenti secara sendirinya.
Dilengkapi dengan brush tool sehingga dapat memberi coretan pada layar hasil rekaman, dan juga dibekali dengan penyunting video yang kaya fitur, seperti memangkas video, memotong video, menambahkan musik latar belakang, dan mengompres video agar tidak terlalu berlebih ukuran yang diinginkan.

Super Screen dapat diunduh secara bebas dan gratis di Google Play Store. Ukuran pengunduhan aplikasi Super Screen hanya sekitar 25 MB, telah dirilis sejak tahun 2017 dan ditawarkan oleh pabrikan aplikasi HappyBees.

9. Safe Partner REC-SCREEN RECORDER

Safe Partner REC-SCREEN RECORDER

Nama asli aplikasinya REC-Screen Recorder, ditawarkan oleh pabrikan Safe Partner dan dirilis pada tahun 2016. Sebuah aplikasi rekomendasi rekam layar yang terakhir. Aplikasi REC-Screen Recorder merupakan aplikasi favorit yang paling sering digunakan oleh pemakai perangkat mobile. Aplikasi yang mudah dan penuh dengan akses lengkap pada fitur-fiturnya.

Kelebihan dari REC-Screen Recorder ialah kemampuannya untuk menangkap audio dengan kualitas tinggi. Setinggi kualitas perekaman layarnya. Selain itu, aplikasi ini juga tidak memberi batasan pada durasi perekaman layar perangkat mobile. Bahkan aplikasi ini mampu menampilkan layar mengapungnya saat sedang proses melakukan perekaman layar mobile.

Pada hasil akhir, bila ingin menghentikan proses perekaman, cukup dengan menggoyangkan beberapa kali perangkat mobile yang digunakan. Maka secara otomatis, proses perekaman akan terhenti. Lebih dari itu, REC-Screen Recorder juga dapat langsung disunting hasil video pengambilan layarnya dan dibagikan ke berbagai pilihan platform media sosial yang dimiliki.

Untuk detail perekaman, aplikasi yang ditawarkan Safe Partner Inc ini juga mampu melakukan jenis perekaman secara portrait maupun lanskap, sehingga memudahkan untuk mengambil aktifitas perangkat yang sesuai dengan keinginan dan tampilan yang dikelola.

Rekomendasi Aplikasi Perekam Layar untuk PC

1. OBS Studio Screen Record

OBS Studio Screen Record

Aplikasi OBS Studio ini merupakan aplikasi untuk merekam layar PC/laptop yang dapat digunakan pada platform Windows, macOS, dan Linux. Kemenarikan dari aplikasi ini terdapat pada kemampuannya melakukan rekaman layar secara streaming dan mengekspor hasil rekam layar ke dalam format Full HD.

OBS Studio juga sangat cocok dipakai oleh para gamers ketika ingin merekam layar permainan game. Seperti yang dilakukan banyak youtubers spesialis game. Kelebihan lain dari aplikasi OBS terletak pada durasi tak berjangka yang diterapkan, sehingga aplikasi dimungkinkan merekam aktifitas layar PC/laptop dalam durasi panjang.

Selain itu, dari bawaannya saja, OBS Studio sudah dapat digunakan dengan bebas iklan dan tersedia secara gratis atau open source. Semua orang bisa secara lepas memanfaatkan aplikasi OBS Studio. Karena OBS Studio langsung terintegrasi dengan graphics card, perekaman layar akan terus berjalan meski sebuah aplikasi yang sedang direkam diminimize.

OBS Studio bisa diunduh melalui website resminya di OBS Project (dot) com. Sejauh ini, OBS Studio menjadi pilihan utama bagi para gamers yang gemar merekam permainan mereka sendiri. Mengingat kemampuan OBS yang langsung terintegrasi ke graphic card.

2. Apowersoft Online Free Screen Record

Apowersoft Online Free Screen Record

Aplikasi perekam layar Apowersoft Online Free Screen Record agak berbeda dengan jenis aplikasi rekam layar yang lain. Sebab, secara fungsi, Apowersoft lebih kuat ketika digunakan sebagai aplikasi pendukung presentasi berbasis virtual. Sehingga kurang cocok dipakai oleh para gamers.

Apowersoft memang menawarkan layanan perekam layar yang telah disesuaikan dengan kebutuhan bisnis. Atas dasar fokus penggarapan yang demikian, Apowersoft nampak kuat ketika dioptimalisasikan penggunaannya dalam rangka menggarap sebuah bisnis. Fitur menariknya antara lain memudahkan proses perekaman aktifitas layar yang sifatnya tutorial atau petunjuk penggunaan.

Selain itu, Apowersoft juga dapat melakukan sinkronisasi dengan webcam PC/laptop, mengambil gambar layar (capture), merekam audio baik dari suara internal perangkat maupun dari luar perangkat PC/laptop. Disertai juga dnegan keyboard terkustomisasi sehingga mempersingkat proses perekaman layar PC/laptop.

Untuk hasil akhirnya, Apowersoft menyediakan beberapa pilihan format video screen recording. Antara lain MP4, WMV, AVI, MOV, dan lain sebagainya. Termasuk mengubah hasil rekam layar menjadi sebuah gambar gif. Selesai mengedit, hasil rekaman juga bisa langsung disebarkan pada platform-platform media sosial atau disimpan di cloud service Google Drive atau One Drive.

3. ShareX Video Online Recorder

ShareX Video Online Recorder

Aplikasi berikutnya adalah ShareX. Sebuah aplikasi perekam layar yang memang dikhususkan untuk pengguna yang sedang online dan ingin merekam aktifitas berselancar di internet. Walau tersedia secara online saja, ShareX lumayan mumpuni untuk dijadikan aplikasi perekam selama sedang menjalani aktifitas online di internet.

Hingga saat ini, ShareX menjadi aplikasi utama bagi pengguna PC/laptop yang ingin merekam aktifitas layar mereka saat berada di internet. Hasil rekam tidak hanya tersimpan dalam format video beresolusi tinggi, tapi juga dapat ditransmisikan menjadi gambar bergerak .gif di dalam penyimpanan PC/laptop.

Sayangnya, ShareX video hanya dapat digunakan pada platform Windows. Sehingga pengguna sistem operasi MacOs dan Linux tidak dimungkinkan memakai aplikasi ShareX.Tidak perlu khawatir, ShareX secara otomatis tidak menyertakan watermark pada hasil akhir perekaman dan tidak ada pengenaan biaya pemakaian.

4. Flashback Express Screen Recorder

Flashback Express Screen Recorder

Hanya dapat tersedia dan digunakan oleh pengguna PC/laptop dengan sistem operasi Windows. Memberi tampilan desain user interface yang menyenangkan dan memudahkan navigasi pengguna PC/laptop yang ingin merekam aktifitas layar mereka. Memiliki beragam pilihan output hasil rekaman layar, dan bisa disinkronisasikan dengan fitur webcam yang terdapat pada PC/laptop.

Flashback Express juga tidak akan mengganggu hasil rekaman dengan munculnya watermark yang buruk rupa. Bahkan tidak ada batas waktu durasi perekaman. Fitur-fitur dari Flashback Express yang begitu kaya dan tersedia secara gratis ini secara tidak langsung menjadikan Flashback Express sebagai saingan berat platform-platform aplikasi perekam layar PC/laptop yang lainnya.

Hal yang lebih menarik lagi dari Flashback Express ialah, selain didesain cantik, Flasback Record Express mampu menyeleksi area layar yang ingin dicapture atau direkam. Setelah selesai merekam, ada banyak pilihan output resolusi, antara lain WMV, AVI, dan MP4. Pun aplikasi perekam layar Flashback Express bisa langsung dishare pada Youtube.

Untuk mengunduh aplikasi rekam layar Flashback Express Screen Recorder, cukup kunjungi website resminya di flashbackrecorder (dot) com. Flashback Expres sangat representatif digunakan gamers PC/laptop.

5. Screencast O Matic

Screencast O Matic

Aplikasi rekam layar berbasis browser gratis yang menawarkan begitu banyak fitur, itulah Screencast O Matic. Bisa digunakan pada platform Windiws dan MacOs, namun hanya bisa digunakan secara online melalui jaringan ChromeOS pada alat pencari PC/laptop. Hampir sama seperti ShareX.

Karena berbasis browser, tentu saja Screencast O Matic tidak menyediakan versi aplikasi yang dapat diunduh. Penggunaannya bisa dilakukan apabila mengunjungi website resminya di screencast-o-matic (dot) com. Terlebih dahulu harus mendaftarkan diri secara gratis sebelum memakai Screencast O Matic.

Sayangnya, durasi maksimal yang diberikan oleh Screencast O Matic tidak boleh melebihi dari angka limabelas (15) menit. Maksimal merekam aktifitas layar PC/laptop hanya sepanjang 15 menit saja. Mengingat aplikasi Screencast O Matic berbasis browser, maka salah satu fitur unggulannya ialah terintegrasikan dengan berbagai website populer.

Adapun seperti zoom, youtube, dan lain sebagainya. Hasil dari rekam layar nanti dapat dipublikasikan langsung pada platform zoom atau Youtube. Walaupun berbasis online, Screencast tetap lumayan canggih karena mampu menangkap suara audio yang berasal dari PC/laptop maupun dari luar PC/laptop.

Bahkan Screencast juga tersambung otomatis dengan cloud drive atau ruang penyimpanan awan seperti One Drive atau Google Drive, sehingga setelah merekam aktifitas layar, hasil rekaman bisa langsung disimpan secara aman di penyimpanan awan online.

6. Free Cam

Free Cam

Aplikasi untuk merekam aktifitas layar pada PC/layar yang cukup populer dan mudah untuk digunakan. Desain tampilan user interfacenya lumayan komunikatif dan tidak berbelit. Hasil akhir rekam layar secara otomatis sudah bebas dari watermark dan tanpa ada penerapan batas waktu durasi perekaman. Bahkan tidak akan ada iklan yang mengganggu di dalam aplikasi.

Hasil rekaman dapat langsung diekspor dengan output berupa video resolusi tinggi atau Full HD. Menyediakan fitur editing video untuk hasil rekaman layarnya. Seperti menyeleksi bagian yang tidak diinginkan atau memotong bagian tertentu di dalam hasil rekam video dan hasil akhir akan disimpan dalam format WMV.

Apabila ingin langsung mempublikasikan, Free Cam telah terintegrasi langsung dengan platform Youtube. Sehingga setelah memakai aplikasi perekam Free Cam dan ingin menyajikan hasil rekaman di Youtube, pengguna akan langsung diarahkan menuju akun Youtube miliknya sendiri.

Sayangnya, aplikasi Free Cam tidak menyediakan pilihan selain format WMV untuk hasil akhir rekaman layar yang sudah dilakukan. Pun aplikasi ini tidak memungkinkan atau memang tidak dilengkapi dengan fitur yang tertaut otomatis ke fitur Webcam pada PC maupun laptop. Free Cam bisa diunduh secara gratis pada website resminya freescreenrecording (dot) com.

7. DVD Video Soft’s Free Video Screen Recorder

DVD Video Soft’s Free Video Screen Recorder

Selanjutnya ada aplikasi untuk merekam aktifitas layar pada laptop atau PC yang bernama DVD Video Soft Free. Tersedia secara bebas dan gratis. Dapat diunduh pada website resminya di website dvdvideosoft (dot) com. Sampai hari ini, DVD Video Soft merupakan aplikasi perekam layar yang sangat representatif digunakan untuk merekam aktifitas Skype.

Menawarkan format output berupa MP4, BMP, TGA, JPEG, PNG, dan GIF. Aplikasi ini juga menyediakan sepuluh pilihan bahasa penggunaan pada aplikasi.

Tidak ada batas durasi yang diterapkan oleh aplikasi DVD Video Soft, dan juga dimungkinkan tidak ada pemberian watermark pada hasil akhir output rekaman layar PC/laptop. Menyajikan tampilan yang mudah dengan desain yang asyik, sehingga sangat user friendly.

Sayangnya, aplikasi rekam layar DVD Video Soft hanya dapat merekam audio yang berasal dari microphone saja. Dengan kata lain tidak memungkinkan merekam audio yang keluar dari aplikasi di dalam PC maupun laptop.

8. Cam Studio Screen Record

Cam Studio Screen Record

Sebuah pilihan untuk merekam layar aktifitas PC/laptop dengan minimalis, mudah, dan sama sekali tidak ribet. Yakni Cam Studio. Pilihan terbaik untuk merekam aktifitas layar secara tunggal, maksudnya hanya pada satu aplikasi yang ingin direkam saja yang dapat direkam. Tidak untuk aktifitas keseluruhan layar.

Aplikasi Cam Studio merupakan aplikasi open source yang dapat diunduh secara bebas dan gratis melalui laman camstudio (dot) org. Output dari aplikasi ini hanya AVI, dan SWF. Memang sengaja didesain demikian karena fokus pada penggunaan singkat dengan hasil ukuran yang tidak terlalu besar. Sehingga aplikasi ini sangat ringan penggunaannya.

Memilih Aplikasi Perekam Layar Terbaik

Memilih Aplikasi Perekam Layar Terbaik

Demikianlah tujuh belas rekomendasi aplikasi untuk merekam aktifitas layar. Sembilan aplikasi rekomendasi untuk merekam aktifitas layar perangkat mobile dan delapan aplikasi perekam layar untuk aktifitas pada PC/laptop. Silahkan pilih rekomendasi aplikasi yang memang cocok dengan apa yang dibutuhkan, sehingga dalam penggunaannya memang langsung sesuai tanpa ada kekurangan.

17 Aplikasi Perekam Layar (untuk android dan PC terbaik 2020)

Leave a Reply