HP Buatan Indonesia

14+ HP Buatan Indonesia yang Tidak Kalah Canggih Dari Hp Lainnya

HP Buatan Indonesia  РPerkembangan teknologi smartphone memang tidak ada habisnya. Anda bisa memperhatikannya sendiri, berapa kali merk terkenal di tanah air merilis flagship terbaru. Namun, sudahkah Anda mengetahui HP buatan Indonesia yang tak kalah kualitasnya dibanding merk-merk tersebut?

Meski produk smartphone Indonesia belum seramai vendor asing, deretan HP berikut ini layak menjadi perhatian. Tidak hanya itu, harganya pun lebih terjangkau dengan kualitas yang cukup baik di kelasnya.

Daftar HP Buatan Indonesia Murah dan Awet

1. Evercoss Xtream 2

Evercoss Xtream 2

Spesifikasi
Resolusi Layar4,5 inch
RAM1 GB
Kamera Depan2 MP
Kamera Belakang5 MP
Baterai1.700 mAh
Memori Internal16 GB

Jika Anda mencari HP Evercoss yang memberikan fitur basic, tipe Xtream 2 ini bisa menjadi pilihan. Ponsel ini memiliki ukuran layar yang sangat minimalis, yaitu 4,5 inch. Kapasitas penyimpanan ponsel ini adalah 1/16 GB yang masih cukup memadai.

Tersedia kamera standar dengan resolusi 5 MP dan kamera selfie 2 MP. Selain itu, fitur tersebut juga sudah dilengkapi flash untuk hasil foto yang lebih baik. Jika Anda mencari ponsel yang digunakan untuk sekedar chatting, Evercoss Xtreme 2 ini memang layak jadi pilihan.

Namun, tampaknya Anda perlu menghemat baterai karena kapasitas yang ditawarkan hanya sekitar 1.700 mAh.

2. Evercoss Xtream 2 Pro

Evercoss Xtream 2 Pro

Spesifikasi
Resolusi Layar5,5 inch
RAM1 GB
Kamera Depan2 MP
Kamera Belakang8 MP
Baterai2.100 mAh
Memori Internal16 GB

Evercoss menghadirkan versi pro dari seri Xtreme yang tentunya dengan spesifikasi lebih baik. Jika di versi sebelumnya ukuran layar sangat minim, Anda bisa lebih leluasa dengan layar 5,5 inch. Selain itu, kapasitas baterai pun lebih mumpuni dengan 2.100 mAh.

Ponsel ini juga masih menunjang kegiatan berfoto sehari-hari dengan resolusi kamera belakang 8 MP. Namun, fitur kamera tidak dilengkapi flash, sehingga kualitasnya kurang baik di pencahayaan minim.

3. Luna X Pro

Luna X Pro

Spesifikasi
Resolusi Layar6,88 inch
RAM4 GB
ChipsetMediaTek Helio P22
CPUOcta-core
Kamera Depan5 MP
Kamera Belakang13 MP
Baterai4.100 mAh
Memori Internal32 GB
Memori EksternalMicroSD up to 64 GB

Bagi Anda yang mencari smartphone dengan keunggulan layar lebar, Luna X Pro ini bisa menjadi pilihan. Kualitas yang ditawarkan tidak kalah menarik dibanding smartphone terkenal dari vendor lain. Ponsel ini dipacu oleh Helio P22 yang sudah cukup tangguh untuk smartphone lokal.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa menikmati resolusi layar HD+ yang jernih. Smartphone ini memberikan jumlah RAM yang cukup besar dibanding lainnya, yaitu sebesar 4 GB.

Hal ini merupakan keunggulan menarik karena smartphone kisaran 1 juta biasanya hanya memiliki RAM 2 GB. Kapasitas 4.100 mAh dirasa sudah cukup untuk pemakaian standar sehari-hari. Bagi Anda yang menyukai kegiatan fotografi, kamera yang disediakan pun cukup mumpuni.

Anda bisa mengubah hasil foto menjadi lebih jernih karena kehadiran kualitas AI pada bagian kamera HP tersebut. Mengambil foto pun tidak perlu diragukan lagi hasilnya. Anda bisa memotret foto dengan dual kamera belakang yang bekerja cukup baik.

4. Evercoss M6

Evercoss M6

Spesifikasi
Resolusi Layar5,7 inch
RAM3 GB
ChipsetUNISOC SC9863a
CPUOcta-core 1.6 GHz
Kamera Depan5 MP
Kamera Belakang8 MP
Baterai3200 mAh
Memori Internal16 GB
Memori EksternalMicroSD up to 32 GB

Ponsel lokal satu ini memang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Sejak awal kemunculannya, ponsel ini memang cukup menarik perhatian karena harganya yang terjangkau. Evercoss akhirnya merilis tipe M6 ini yang dibanderol sekitar Rp800.000,-.

Smartphone ini menggunakan chipset Unisoc SC9863a, cukup menarik untuk entry level di bawah satu juta. CPU-nya sendiri mengandalkan ARM Cortex A55 yang berkerja dengan baik dengan kecepatan 1,6 GHZ.

Bisa disimpulkan bahwa ponsel ini memiliki otak yang sudah cukup bagus untuk rentang harga delapan ratus ribuan.

Sayangnya, tipe sensor yang diterapkan tidak terlalu lengkap. Bahkan tidak terdapat opsi auto brightness yang bermanfaat ketika Anda berpindah tempat dengan pencahayaan berbeda.

Desain bodi ponsel ini mengikuti tren kekinian dengan menghadirkan dua kamera tambahan yang hanya berfungsi untuk tampilan. Menariknya, smartphone ini menyediakan fitur deteksi wajah dengan kamera depan 5 MP.

5. Advan G5

Advan G5

Spesifikasi
Resolusi Layar6,2 inch
RAM4 GB
ChipsetUnisoc SC9863A
CPUOcta-core 1.6 GHz
Kamera Depan5 MP
Kamera Belakang13 MP + 0,3 MP + 0,3 MP
Baterai4.000 mAh
Memori Internal32 GB
Memori EksternalMicroSD up to 64 GB

Advan G5 bisa dibilang memiliki spesifikasi bersaing dengan vendor asing. Kapasitas baterai super awet yang ditawarkan menjadi keunggulan tersendiri. Smartphone entry level ini mengusung Unisoc SC9863A sebagai chipsetnya.

Terdapat tiga desain lensa kekinian seperti iPhone 11, desain ini memang cukup menarik perhatian. Resolusi kamera yang ditawarkan memang tidak terlalu spesial, yaitu 13 MP dan 0,3 MP. Sedangkan untuk kamera selfie tersedia 0,5 MP dengan resolusi layar 6,2 inch.

Mengingat harganya yang sangat terjangkau, rasanya tidak kaget jika layar touch screen yang digunakan masih IPS LCD. Secara tampilan dan spesifikasi, ponsel ini memang tidak terlalu  menonjol. Namun, masih layak dijadikan pilihan untuk menunjang aktivitas mobile Anda.

Chipset yang diusung Advan G5 memang tidak bisa dianggap buruk. Otak dari smartphone tersebut masih bisa memproses data HP yang menghadirkan memori internal 32 GB ini.

6. Mito Z2

Mito Z2

Spesifikasi
Resolusi Layar5,5 inch
RAM4 GB
Tipe LayarIPS Full view
Kamera Depan8 MP
Kamera Belakang13 MP + VGA
Baterai3.500 mAh

Jika membahas HP lokal di tanah air, merk Mito memang selalu berada dalam list. Mito menghadirkan Mito Z2 di tahun 2020 dan siap bersaing dengan vendor ponsel lain. Seperti yang telah diketahui sebelumnya, ponsel ini memang telah menghadirkan seri Z sebagai generasi awal.

Setelah itu, di tahun 2019 mulai muncul versi berikutnya berupa Mito Z1. Kemunculan ponsel tersebut memang cukup mendapat feedback positif dari masyarakat. Oleh karena itu, seri Z2 hadir dengan harga yang tak kalah terjangkau, yaitu sekitar Rp900.000,-.

Pada awalnya, banyak pengguna yang tidak berekspektasi lebih terhadap HP di bawah satu juta ini. Namun, rupanya Mito Z2 termasuk yang unggul di kelasnya. Kapasitas baterai 3.500 mAh sudah mumpuni untuk menunjang kegiatan chat dan sosial media Anda sehari-hari.

Selain itu, ponsel ini sudah dilengkapi teknologi Face Unlock dan fitur pemindai sidik jari. Hal tersebut merupakan salah satu kelebihan yang patut dipertimbangkan. Bagi Anda yang menyukai fotografi smartphone, mungkin kamera yang ditawarkan ponsel ini belum cukup mumpuni.

7. Advan G3 Pro 2020

Advan G3 Pro 2020

Spesifikasi
Resolusi Layar6,3 inch
RAM4 GB
ChipsetUnisoc SC9863A
CPUOcta-core 1.6 GHz + 1.2 GHz
Kamera Depan8 MP
Kamera Belakang12 MP + QVGA
Baterai3.000 mAh
Memori Internal64 GB
Memori EksternalMicroSD up to 128 GB

Advan memang menjadi salah satu vendor lokal smartphone yang patut diperhitungkan. Inovasi yang ditawarkan memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Bahkan Anda bisa melihatnya di seri terbaru Advan G3 Pro yang baru dirilis 2020 ini.

Smartphone low-end ini memiliki spesifikasi yang menarik perhatian dengan harga tidak sampai Rp2.000.000,-. Keunggulan berupa harga yang terjangkau ini layak menjadi pertimbangan Anda ketika hendak membeli ponsel.

Pengguna bisa menyimpan cukup banyak file karena dibekali memori internal 64 GB dan RAM 4 GB. RAM yang cukup besar tersebut memang tidak diimbangi dengan chipset yang terlalu spesial. Unisoc SC9863A masih setia diusung Advan sebagai otaknya.

Ponsel ini bertipe dual kamera di bagian belakangnya. Anda bisa menghasilkan foto yang cukup bagus dengan resolusi kamera 13 MP. Namun, sebaiknya tidak terlalu berharap lebih dengan kamera satunya yang hanya berupa QVGA.

8. Advan NASA

Advan NASA

Spesifikasi
Resolusi Layar5,2 inch
RAM2 GB
ChipsetUnisoc SC9832E
CPUOcta-core 1.4 GHz
Kamera Depan2 MP
Kamera Belakang5 MP
Baterai2.450 mAh
Memori Internal16 GB
Memori EksternalMicroSD up to 64 GB

Di era smartphone yang semakin terjangkau, Anda mungkin tidak akan kesulitan untuk mendapatkan ponsel di bawah Rp1.000.000,-. Tersedia banyak pilihan yang bisa diambil, salah satunya adalah Advan NASA.

Ponsel dengan resolusi 5,2 inch ini memang menghadirkan spek yang minimalis. Hal ini bisa dilihat dari ukuran memori yang hanya 2/16 GB. Selain itu, fitur kamera memang dibuat seminimalis mungkin dengan kamera belakang 5 MP dan kamera selfie 2 MP.

Rasanya sudah sangat wajar jika spek yang ditawarkan membuat ponsel ini dijual dengan harga murah. Ponsel ini masih cukup menunjang untuk melakukan aktivitas chat dan sosial media. Namun, Anda sebaiknya tidak berharap lebih untuk bermain game.

9. Mito W1

Mito W1

Spesifikasi
Resolusi Layar5,7 inch
RAM4 GB
Kamera Depan5 MP
Kamera Belakang12 MP + VGA
Baterai2.500 mAh
Memori Internal32 GB

Mito W1 hadir dengan dual kamera dengan resolusi masing-masing 12 MP dan VGA. Selain itu, pengguna juga masih bisa berselfie ria dengan kamera selfie beresolusi 5 MP. Terdapat tipe layar full view yang berukuran cukup pas untuk aktivitas sehari-hari.

Jika Anda memiliki hobi berfoto dan menguploadnya di sosial media, rasanya smartphone ini masih cukup menunjang. Smartphone ini masih cukup lancar untuk menjelajahi Youtube, Instagram, dan Twitter. Selain itu, kapasitas baterai cukup awet dari pagi hingga sore sejumlah 2.500 mAh.

10. Mito S1

Mito S1

Spesifikasi
Resolusi Layar5,5 inch
RAM500 MB
Kamera Depan2 MP
Kamera Belakang5 MP + 5 MP
Baterai2.100 mAh
Memori Internal4/16 GB

Mito kembali menghadirkan tipe smartphone yang cukup layak Anda jadikan pilihan untuk aktivitas sehari-hari. Namun, desain ponsel ini memang tidak terlalu mengikuti model kekinian. Ukuran bezel masih dirasa cukup tebal dan tidak cukup praktis.

Namun, ponsel bisa menjadi pilihan jika tujuan Anda hanya untuk sekedar chatting, telpon, atau media sosial. Ponsel ini dilengkapi dengan dual kamera 5 MP + 5MP yang masih cukup optimal untuk berfoto ria. Namun, Mito S1 masih kurang memadai jika digunakan untuk bermain game berat.

11. SPC L60 Turbo

SPC L60 Turbo

Spesifikasi
Resolusi Layar5,0 inch
RAM2 GB
Kamera Depan5 MP
Kamera Belakang5 MP
Baterai2.000 mAh
Memori Internal2/16 GB

SPC memang belum menjadi vendor yang cukup populer di tanah air. Namun, beberapa produknya memang layak diperhitungkan karena harganya yang terjangkau. Ponsel ini memiliki tampilan yang cukup jernih dengan resolusi layar cukup minimalis, yaitu 5,0 inch.

HP buatan Indonesia ini masih layak dijadikan pilihan untuk tujuan komunikasi yang standar. Beberapa jenis sosial media, seperti Facebook, WhatsApp, dan Instagram masih bisa beroperasi lancar. Selain itu, Anda juga masih bisa melakukan streaming Youtube tanpa perlu khawatir.

Ponsel ini dibekali baterai dengan kapasitas 2.000 mAh yang tentunya masih cukup mumpuni untuk pemakaian wajar sehari-hari.

12. Advan 520 Prime

Advan 520 Prime

Spesifikasi
Resolusi Layar5,0 inch
RAM1 GB
Kamera Depan5 MP
Kamera Belakang2 MP
Baterai2.450 mAh
Memori Internal1/16 GB

Advan hadir kembali dengan tipe ponsel minimalis yang layak untuk kegiatan sehari-hari. Ponsel ini menggunakan layar beresolusi 5 inch yang masih cukup baik menampilkan berbagai menu.

Menariknya, HP buatan Indonesia ini memiliki fitur GlocalMe yang memungkinkan Anda terhubung ke jaringan internet secara otomatis.

Meski memiliki spesifikasi dasar cukup minim, nyatanya ponsel ini masih memiliki fitur spesial. Advan S50 Prime memungkinkan Anda membuka kunci dengan Face ID.

Sayangnya, fasilitas penyimpanan hanya sekitar 1/16 GB yang membuat Anda tidak bisa banyak menginstall aplikasi. Prosesor yang digunakan ponsel ini berupa Quad Core 1,3 GHz yang masih layak untuk penggunaan sehari-hari.

Baterai dengan kapasitas 2.450 mAh rasanya masih cukup untuk pemakaian wajar. Selain itu, pengguna juga masih bisa berfoto ria dengan resolusi kamera belakang 5 MP dan selfie 2 MP. Dengan demikian, ponsel ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk penggunaan standar.

13. Evercoss U50C

Evercoss U50C

Spesifikasi
Resolusi Layar5,0 inch
RAM1 GB
Kamera Depan5 MP
Kamera Belakang13 MP
Memori Internal1/16 GB

HP buatan Indonesia berikutnya yang layak Anda pertimbangkan adalah Evercoss U50C. Vendor satu ini mengeluarkan ponsel dengan kamera belakang yang bisa berputar 180 derajat. Anda bisa menghasilkan gambar yang cukup baik dengan resolusi kamera belakang 13 MP.

Selain itu, Anda juga masih bisa berselfie ria dengan kamera depan yang masih cukup mumpuni. Sayangnya, ponsel dengan ukuran layar 5,0 inch ini tidak memberikan kapasitas RAM yang cukup besar.

Penyimpanan memori yang dihadirkan hanya 1/16 GB, sehingga cukup terbatas. Namun, HP Evercoss ini masih cukup menunjang kegiatan sosial media Anda sehari-hari. Selain itu, ponsel ini juga lancar digunakan untuk streaming Youtube dan browsing.

14. Advan i6C

Advan i6C

Spesifikasi
Resolusi Layar5,0 inch
RAM1 GB
Kamera Depan5 MP
Kamera Belakang13 MP
Memori Internal1/16 GB

Seri Advan yang satu ini mendukung penyimpanan 2/32 GB. Ponsel ini dibekali otak berupa seri octa core yang masih cukup layak. Selain itu, Anda juga dapat mengandalkan fitur keamanan berupa Face ID dan anti pencurian.

Ponsel dengan layar 5,5 inch ini juga telah dibekali kamera selfie 5 MP yang masih menunjang kegiatan berfoto sehari-hari. Selain itu, hasil potret dengan kamera utama 8 MP juga masih cukup jernih untuk dilihat.

Jika Anda mencari HP buatan Indonesia dengan fitur keamanan yang memadai, Advan i6C bisa menjadi pilihan yang tepat.

Beberapa rekomendasi HP buatan Indonesia di atas memang layak Anda perhitungkan. Terutama jika kebutuhan Anda hanya untuk sekedar chatting WhatsApp atau sosial media lainnya. Selain itu, keawetan ponsel lokal nyatanya masih cukup baik, lho.

14+ HP Buatan Indonesia yang Tidak Kalah Canggih Dari Hp Lainnya

Advertisements

Leave a Reply