6+ Cara Transfer dari OVO ke Dompet Digital Lain, Jangan Sampai Salah ya!

Cara Transfer dari OVO – Dewasa ini aplikasi dompet digital mulai marak digunakan banyak orang. Salah satu aplikasi dompet digital yang terkenal adalah OVO. Bahkan dari waktu ke waktu pengguna OVO semakin banyak. Karena selain menjadi dompet, OVO juga bisa mengirimkan uang dengan cara transfer dari OVO.

Nah, dengan begitu jika Anda menggunakan OVO, tidak hanya terbatas untuk membantu pembayaran saja. Namun, juga bisa untuk transfer uang ke beberapa alat pembayaran lainnya.

Pengertian OVO

Pengertian OVO

Nah, sebelum masuk ke pembahasan masalah cara transfer dari OVO, lebih baik Anda memahami kembali apa itu OVO. Perlu Anda ketahui bahwa OVO merupakan perusahaan layanan keuangan atau disebut juga dengan fintech/financial technology yang fokus pada pembayaran digital.

OVO merupakan salah satu layanan dari PT. Visionet Internasional. Sampai tahun 2018 lalu, sudah ada sampai 500 ribu gerai offline yang terbesar di semua kawasan di Indonesia. Tidak heran jika jumlah penggunanya terus mengalami pertambahan yang besar.

Apalagi selain memberikan layanan pembayaran digital, OVO juga bekerjasama dengan beberapa perusahaan lain seperti Grab. Selain itu, juga bekerjasama dengan banyak toko online dan offline untuk membantu pembayaran yang lebih praktis dan cepat.

Syarat Sebelum Transfer Saldo Dari OVO

Syarat Sebelum Transfer Saldo Dari OVO

OVO memberlakukan beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh para penggunanya jika ingin melakukan transfer saldo. Jika syarat-syarat ini tidak bisa dipenuhi, maka proses transfer saldo akan mengalami kegagalan. Berikut ini beberapa syaratnya:

  1. Syarat pertama yang sangat utama dan tidak boleh dilewatkan adalah status akun OVO sudah di- Jika Anda sudah melakukan upgrade status akun OVO, maka akan berubah menjadi akun OVO Premiere.
  2. Syarat selanjutnya yang harus Anda patuhi adalah jumlah saldo yang ditransfer ke dompet lain adalah minimal Rp000,-. Untuk jumlah saldo maksimal yang dikirim tidak ada batasan sama sekali.
  3. Setelah itu, Anda bisa menikmati gratis biaya pengiriman sampai 10 kali dalam kurun waktu satu bulan. Dengan demikian jika dalam satu bulan tersebut Anda melebihi batas gratis biaya transaksi yaitu 10 kali, maka dikenakan biaya yaitu Rp500,- per transaksi.
  4. Berikutnya pastikan juga bahwa aplikasi OVO yang Anda gunakan untuk transfer saldo adalah versi yang terbaru.

Cara Upgrade OVO Ke Premiere

Anda tentunya sudah membaca pada penjelasan sebelumnya bahwa sebelum bisa mengirimkan saldo OVO, maka akun OVO harus Premiere. Bagi Anda yang bingung bagaimana caranya mengubah ke Premiere, bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka aplikasi OVO yang ada di dalam smartphone Anda.
  • Setelah itu, pada saat berada di halaman pertama aplikasi, tekan pada tulisan “OVO ID”. Berikutnya Anda akan berada di halaman selanjutnya dan cari tulisan dan tekan “Upgrade” serta tekan “Upgrade Sekarang”.

Lalu Anda akan berada di halaman selanjutnya dan cari tulisan dan tekan “Upgrade” serta tekan “Upgrade Sekarang”

  • Sesudahnya, Anda akan dihadapkan pada pilihan selanjutnya. Untuk Upgrade Online, maka Anda akan melewati proses peningkatan OVO ke Premiere secara online.

Namun, ada juga pilihan tanpa online yaitu Anda bisa datang ke gerai OVO yang tersebar di banyak tempat seluruh Indonesia. Jika tidak ingin datang ke gerai tekan saja “Upgrade Online” dan tekan “Mulai” untuk memproses peningkatan status akun OVO Anda.

  • Anda akan berada di halaman upload identitas diri. Anda harus menyiapkan KTP yang masih jelas tulisan identitasnya. Posisikan KTP Anda sesuai permintaan aplikasi dan ambil fotonya. Selain itu, Anda juga wajib foto selfie bersama dengan KTP untuk memastikan keasliannya.

Lalu Anda akan berada di halaman upload identitas diri. Anda harus menyiapkan KTP yang masih jelas tulisan identitasnya. Posisikan KTP Anda sesuai permintaan aplikasi dan ambil fotonya

  • Ketika semua tahapan di atas sudah Anda lewati, selanjutnya tunggu saja permohonan akun OVO Premiere sedang ditinjau oleh perusahaan.
  • Saat proses upgrade berhasil, Anda akan mendapatkan pemberitahuan mengenai hal tersebut.

Cara Transfer Dari OVO

Anda tentunya sudah paham, bahwa OVO juga membuka layanan pengiriman dana dompet ke platform dompet lainnya. Namun, Anda tidak bisa langsung memanfaatkan layanan ini ketika baru menjadi pengguna OVO.

Ada beberapa syarat yang harus Anda penuhi agar bisa melakukan transfer menggunakan OVO. Syarat tersebut seperti akun OVO yang Anda gunakan harus Premiere atau pengguna premium. Karena jika belum OVO Premiere, maka pilihan menu untuk mengirim uang tidak tersedia.

Jika akun OVO Anda sudah Premiere, maka bisa menikmati layanan pengiriman dana dari dompet ke beberapa penyimpanan lainnya. Berikut ini cara penggunaanya:

1. OVO Ke OVO Lain

Layanan pertama yang bisa Anda gunakan adalah mengirimkan dana OVO dari satu orang ke orang lain sesama pengguna OVO. Hal ini biasa dilakukan jika ingin memberi teman saldo OVO atau lainnya. Berikut caranya:

  • Cara awal bukalah aplikasi OVO yang sudah Anda miliki di smartphone.
  • Setelah aplikasi OVO terbuka, carilah menu dengan tulisan “Transfer”. Menu ini biasanya akan langsung terlihat di halaman awal aplikasi OVO. Jadi, tidak akan sulit ditemukan.

Setelah aplikasi OVO terbuka, carilah menu dengan tulisan “Transfer”. Menu ini biasanya akan langsung terlihat di halaman awal aplikasi OVO. Jadi tidak akan sulit ditemukan

  • Nah, jika Anda sudah mengklik tulisan Transfer tadi, maka selanjutnya akan dikirim ke halaman aplikasi berupa pengisian jumlah saldo yang ingin dikirimkan. Anda harus ingat bahwa jumlah minimal pengiriman saldo OVO adalah Rp000,-.
  • Langkah selanjutnya ketika sudah mengisi jumlah pengiriman saldo OVO, pilih tulisan “Antar OVO” untuk pengiriman saldo ke sesama pengguna OVO.

Langkah selanjutnya ketika sudah mengisi jumlah pengiriman saldo OVO, pilih tulisan “Antar OVO” untuk pengiriman saldo ke sesama pengguna OVO

  • Masukkan juga nomor telepon yang menjadi tujuan pengiriman saldo OVO tersebut. Untuk tahap ini, Anda bisa memasukkan nomor telepon dengan cara memilih nomor dari kontrak yang ada di handphone.
  • Pastikan juga formulir pengiriman saldo sudah Anda isi dengan benar dan tidak ada kesalahan.
  • Selanjutnya, klik tulisan “Transfer” untuk memulai pengiriman saldo OVO. Tinjau kembali semua data-data pengiriman yang sudah Anda isi tadi sudah benar atau belum. Jika sudah tekan tulisan “Konfirmasi” untuk mengirimkannya.
  • Anda akan diminta untuk memasukkan kode keamanan OVO pada kolom yang sudah disediakan. Isikan dengan kode keamanan yang Anda gunakan.
  • Jika pengiriman saldo OVO ke OVO berhasil, maka akan muncul sebuah pemberitahuan bahwa pengiriman sukses.

2. OVO Ke Bank

Anda bisa mengirimkan saldo OVO ke hampir semua bank yang ada di Indonesia jika sudah menjadi OVO Premiere. Berikut cara transfer saldo OVO ke rekening bank:

  • Caranya pertama buka aplikasi OVO dan masuk dengan akun yang sudah Anda miliki.
  • Setelah itu, klik tulisan “Transfer” yang ada pada halaman pertama aplikasi. Tekan pada menu “Ke rekening bank” untuk mengirimkan saldo ke teman lain yang juga menggunakan OVO.

Tekan pada menu “Ke rekening bank” untuk mengirimkan saldo ke teman lain yang juga menggunakan OVO

  • Jika sudah, selanjutnya Anda harus memasukkan berapa nominal saldo OVO yang ingin dikirim ke rekening bank.
  • Langkah selanjutnya jika sudah mengisi jumlah saldo, geser ke bawah pada tulisan bank. Ketika sudah Anda geser, maka akan terlihat banyak sekali pilihan bank yang tersedia untuk pengiriman saldo. Carilah nama bank tujuan yang ingin Anda kirimi saldo OVO.
  • Anda juga bisa menggunakan fitur pencarian atau “Search” untuk menemukan nama bank tujuan lebih cepat.
  • Ketika nama bank tujuan sudah ketemu, selanjutnya klik pada kolom nomor rekening tujuan dan masukkan kombinasi nomor rekening yang akan dikirimi saldo OVO. Anda harus memasukkan nomor rekening ini tanpa menggunakan spasi.
  • Anda juga bisa memasukan beberapa kata sebagai pesan yang akan terlampir kepada penerima saldo OVO saat saldo terkirim. Tapi pilihan ini juga bisa Anda kosongkan.
  • Lihat kembali detail transaksi yang akan Anda lakukan tersebut. Cek apakah semua data sudah benar dan jika sudah klik tulisan “Konfirmasi” yang ada di bagian bawah.
  • Setelah itu, masukkan juga kode keamanan OVO yang sudah Anda buat sebelumnya, kemudian proses pengiriman saldo akan berlangsung dan tunggu saja beberapa menit.
  • Salah satu tanda bahwa transaksi pengiriman saldo OVO ke rekening bank berhasil adalah muncul pemberitahuan transaksi sukses.

salah satu tanda bahwa transaksi pengiriman saldo OVO ke rekening bank berhasil adalah muncul pemberitahuan transaksi sukses

3. OVO Ke DANA

Tidak beda dari beberapa cara transfer dari OVO, Anda juga bisa mengirimkan saldo OVO ke DANA. Anda bisa mengikuti beberapa cara berikut ini:

  • Tahap pertama pastinya Anda harus membuka aplikasi OVO yang versi terbaru. Jika versi lama biasanya akan terjadi masalah ketika Anda mencoba menggunakan fitur-fitur di dalamnya.
  • Langkah selanjutnya pada halaman awal aplikasi OVO, akan ada banyak sekali pilihan menu yang bisa Anda gunakan. Jika hanya ingin transfer saldo OVO ke akun DANA, maka pilih saja menu dengan tulisan “Transfer”.
  • Tahap berikutnya ketika berada di dalam menu Transfer tadi, carilah tulisan “Ke Rekening Bank”. Setelah itu, Anda harus mencari bank tujuan transfer untuk bisa melanjutkan pengiriman saldo ke akun DANA.
  • Bagi Anda yang ingin mengirimkan saldo ke DANA, maka pada kolom pencarian tuliskan nama bank yaitu “Bank CIMB NIAGA”.
  • Setelah itu untuk nomor rekening, Anda bisa isikan dengan kombinasi kode 8059 diikuti oleh nomor handphone yang tersambung ke aplikasi DANA. Contohnya seperti “8059082123456789”.
  • Jika tahap-tahap di atas sudah Anda lewati, maka selanjutnya Anda harus mengisikan berapa saldo OVO Anda yang ingin dikirimkan ke akun DANA. Perlu diingat bahwa minimal pengiriman saldo DANA adalah sebesar Rp000,-.
  • Pada kolom pesan, Anda bisa isikan dengan beberapa kata untuk disampaikan kepada pihak penerima saldo. Namun, pada kolom ini jika dikosongkan juga tidak menjadi masalah. Jika sudah, tekan tombol “Lanjutkan” untuk mulai memproses transfer saldo.
  • Anda akan diperintahkan untuk mengecek data-data transaksi yang akan dilakukan. Pastikan semua sudah benar tanpa ada data yang salah. Setelah itu, tekan tulisan “Transfer” dan saldo OVO akan dikirimkan ke akun DANA.

Jika hanya ingin transfer saldo OVO ke akun DANA, maka pilih saja menu dengan tulisan “Transfer”

  • Tunggu saja sampai ada pemberitahuan bahwa saldo yang Anda kirim sudah diterima oleh penerima. Cek apakah saldo Anda berkurang atau tidak. Jika sudah berkurang, maka proses transfer sudah berhasil.

4. OVO Ke GoPay

Salah satu pesaing berat OVO dalam pelayanan dompet digital adalah dengan GoPay. Tapi meski begitu, keduanya masih menjalin kerjasama agar bisa mentransfer saldo satu sama lain. Berikut ini cara transfer dari OVO ke GoPay:

  • Langkah awal yang harus Anda kerjakan adalah membuka aplikasi OVO yang sering digunakan.
  • Ketika masih berada di halaman awal aplikasi OVO, langsung cari pilihan menu yang memiliki tulisan “Transfer” untuk bisa mengirim ke akun GoPay.

ketika masih berada di halaman awal aplikasi OVO, langsung cari pilihan menu yang memiliki tulisan “Transfer” untuk bisa mengirim ke akun GoPay

  • Selanjutnya jika menu Transfer sudah Anda tekan, maka akan muncul perintah pengisian identitas bank tujuan. Pada tahap ini, kolom “Bank Tujuan” isikan dengan nama bank “PERMATA BANK
  • Lalu berikutnya pada kolom “Nomor Rekening”, isi dengan kode awal “898” dan diikuti oleh nomor handphone akun GoPay. Contoh input nomor rekening GoPay seperti 898081259123456.
  • Selanjutnya isi juga kolom nominal jumlah transfer sesuai dengan berapa saldo yang akan Anda kirim dari OVO ke GoPay.
  • Jika semua kolom sudah terisi dengan benar, selanjutnya tekan tombol “Lanjutan” untuk memproses transfer saldo. Perhatikan, jika nomor GoPay yang Anda masukkan sudah benar, maka akan muncul nama pemilik akun GoPay. Tapi jika salah, maka tidak akan muncul.

Jika semua kolom sudah terisi dengan benar, selanjutnya tekan tombol “Lanjutan” untuk memproses transfer saldo

  • Saat nama sudah sesuai dengan tujuan, selanjutnya tekan tulisan ”Transfer” dan tunggu sampai ada pemberitahuan selanjutnya.

5. OVO ke LinkAja Lewat BRIVA

  • Tahap pertama jika ingin menjalankan cara transfer dari OVO ke LinkAja adalah bukalah aplikasi OVO yang Anda miliki.
  • Saat Anda masih di halaman pertama dari aplikasi OVO, carilah menu yang bertuliskan “Transfer”. Pada menu inilah Anda bisa menikmati berbagai pilihan cara transfer.
  • Jika Anda ingin mengirimkan saldo OVO ke penerima yang menggunakan dompet digital LinkAja, maka harus memilih pilihan transfer “Ke Rekening Bank”.

Jika Anda ingin mengirimkan saldo OVO ke penerima yang menggunakan dompet digital LinkAja, maka harus memilih pilihan transfer “Ke Rekening Bank”

  • Ketika menu itu sudah Anda pilih, maka akan muncul kolom mengenai jumlah saldo yang akan dikirimkan. Tuliskan saja saldo yang ingin Anda kirim ke akun LinkAja.
  • Pada menu yang bertuliskan “Nama Bank”, pilih saja Bank BRI.

Pada menu yang bertuliskan “Nama Bank”, pilih saja Bank BRI

  • Jika sudah Anda pilih transfer ke Bank BRI, maka akan muncul perintah memasukkan nomor rekening tujuan.

Nah, perhatikan pada tahap ini. Anda harus memasukkan kode BRIVA LinkAja yaitu kombinasi angka 91188 dilanjutkan nomor telepon yang terhubung ke LinkAja. Agar lebih mudah, contoh penggunaanya seperti “91188081259123456”.

  • Saat kolom sudah Anda isi sesuai dengan perintah di atas, selanjutnya bisa menekan tulisan “Transfer” untuk memulai proses pengiriman saldo.
  • Anda harus sabar menunggu beberapa saat sampai transaksi transfer saldo benar-benar berhasil dilakukan.

6. OVO Ke ShopeePay

Selain bisa mengirimkan saldo OVO ke dompet digital, Anda juga bisa mentransfer saldo ke akun toko online seperti Shopee lewat ShopeePay. Untuk mengetahui caranya, perhatikan berikut ini:

  • Langkah pertama bukalah aplikasi toko online Shopee dan login dengan akun Shopee yang Anda miliki.
  • Setelah itu, pilih menu “Saya” tepat di bagian pojok kanan layar bergambar kepala.
  • Tahap selanjutnya klik menu yang bertuliskan “ShopeePay” dan Anda akan langsung masuk ke dalam halaman pengaturan ShopeePay.

Tahap selanjutnya klik menu yang bertuliskan “ShopeePay” dan Anda akan langsung masuk ke dalam halaman pengaturan ShopeePay

  • Pada halaman tersebut tekan pada menu “Isi Saldo”.
  • Selanjutnya pilih menu “Bank Transfer” dan dari beberapa pilihan bank pilih saja “Bank Mandiri”.
  • Jika sudah Anda klik, maka akan muncul sebuah halaman detail informasi isi saldo ShopeePay. Isinya biasanya berupa nomor Virtual Account Bank Mandiri dan salinlah nomor tersebut.

Jika sudah Anda klik, maka akan muncul sebuah halaman detail informasi isi saldo ShopeePay

  • Langkah selanjutnya masuk ke aplikasi OVO dan tekan tulisan “Transfer” di halaman pertama.
  • Pilih menu “Transfer Bank” dan pilih Bank Mandiri sebagai tujuannya. Masukkan saja nomor rekening dengan Virtual Account yang sudah Anda salin sebelumnya.
  • Masukkan juga berapa saldo yang ingin Anda transfer ke ShopeePay.
  • Setelah itu, tekan “Konfirmasi Transfer” dan akan muncul detail transaksi termasuk biaya yang dibebankan kepada Anda.
  • Jika sudah setuju tekan “Transfer” dan masukkan Pin OVO. Setelah itu, proses transfer akan berjalan dan tunggu sampai ada pemberitahuan lanjutan.

OVO sekarang menjadi salah satu dari gaya hidup yang tidak bisa dilepaskan, karena memang OVO bisa menawarkan banyak kemudahan dan keuntungan. Setelah membaca beberapa cara transfer dari OVO di atas, Anda akan lebih mudah lagi dalam memanfaatkan semua layanan dari OVO.

6+ Cara Transfer dari OVO ke Dompet Digital Lain, Jangan Sampai Salah ya!

Advertisements

Add Comment