Cara Screenshot Oppo Paling Mudah 2020

12+ Cara Screenshot Oppo Paling Mudah 2021 Tidak Ribet

Cara Screenshot Oppo – Cara Screenshot Oppo Paling Mudah. Seiring berkembangnya dunia digital, screenshot menjadi salah satu fitur wajib yang harus ada di smartphone. Hal ini tidak bisa lepas dari fungsinya yang amat penting.

Salah satunya untuk membagikan halaman di layar, menyimpan foto yang tidak dapat diunduh hingga mengabadikan ruang obrolan. Fitur screenshot sudah disediakan di hampir semua jenis ponsel, termasuk Oppo. Cara menggunakannya tidak rumit tapi tidak semua pengguna tahu cara mengoperasikannya.

Cara Screenshot Oppo Terbaru Yang Harus Anda Tahu

Ada banyak cara untuk screenshot Oppo terbaru yang harus pengguna ketahui. Setiap cara memiliki langkah berbeda-beda. Sebagai pengguna, sudah sewajarnya jika paham betul mengenai cara screenshot ini.

Jadi jika nantinya membutuhkan fitur ini, Anda tidak lagi kebingungan. Bagi yang ingin tahu seperti apa caranya, simak cara mudah menggunakan fitur screenshot Oppo berikut;

1. Cara Screenshot yang Paling Umum di HP Oppo

Cara Screenshot yang Paling Umum di HP Oppo

Cara pertama yang bisa dicoba adalah cara yang paling umum digunakan para pengguna gadget, termasuk HP Oppo. Sama dengan ponsel lain pada umumnya, HP Oppo juga memungkinkan penggunanya untuk memberi aktivitas penangkapan layar khusus.

Biasanya mengandalkan tombol volume dan power dari ponsel. Tapi beberapa seri juga memiliki tombol berbeda. Cara pertama ini bisa dibilang sangat mudah, tidak ribet dan tampak sangat sederhana. Berikut tutorial caranya:

  • Pertama, buka halaman, foto, dokumen atau lainnya yang ingin disimpan dalam tangkapan layar
  • Tekan tombol volume turun dan power secara bersamaan. Melihat bentuk body smartphone, tombol Power di ponsel Oppo ada di bagian kanan body smartphone. Untuk tombol volume turun ada di bagian sebelah kiri smartphone
  • Tekan saja kedua tombol tadi secara bersamaan kira-kira 2 detik
  • Selanjutnya layar akan berkedip sesaat yang menjadi tanda jika proses tangkapan layar sedang dilakukan. Bagi yang tidak mengaktifkan mode bisu, umumnya smartphone juga berbunyi seperti nada shutter pada kamera
  • Hasil penangkapan layar langsung ditunjukkan sesaat setelah layar ponsel tadi berkedip. Hasilnya langsung disimpan di file foto galeri.

Cara screenshot paling mudah ini untuk beberapa seri tidak hanya menggunakan tombol volume turun saja. Beberapa seri Oppo juga ada yang menggantinya dengan tombol Power + Volume Naik. Jadi sesuaikan saja dengan prosesor di smartphone Oppo masing-masing.

Baca juga : Cara screenshoot iphone/su_note]

2. Cara Screenshot Tiga Jari

Cara Screenshot Tiga Jari

Cara screenshot Oppo berikutnya adalah menggunakan cara tiga jari yang sedang populer saat ini. Bagi yang merasa kesulitan dengan menekan tombol Volume + Power yang sudah dibahas di atas, Anda dapat menggantinya dengan menangkap layar menggunakan metode tiga jari.

Sebelum menerapkan cara ini, pastikan smartphone sudah dalam kondisi Quick Gesture. Cara screenshot kedua ini tidak akan berhasil jika Anda tidak mengaktifkan fitur ini. Adapun cara dan langkahnya sebagai berikut;

  • Langkah pertama, Anda bisa masuk ke menu Settings pada smartphone masing-masing (Pengaturan) pada smartphone
  • Selanjutnya cari pilihan Gesture and Motion (Gestur dan Gerakan)
  • Aktifkan opsi Screenshot 3 Jari dengan menggeser bentuk lingkaran putih ke arah kanan hingga garis horizontal di lingkaran tersebut berubah menjadi warna hijau
  • Jika opsi tadi sudah aktif, Anda dapat kembali ke halaman yang ingin di screenshot tadi
  • Langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah dengan menggesekkan tiga jari tangan ke arah layar secara bersamaan. Ingat, Anda harus menggerakkan jari ke atas dan berikutnya ke bawah. Biasanya jika arahnya kebalik, fungsi ini tidak akan bekerja. Mengingat menggerakkan jari ke bawah dan lalu ke atas juga punya fungsi yang berbeda.
  • Berikutnya layar akan kembali berkedip putih sesaat dan disertai dengan nada shutter kamera jika suara ponsel diaktifkan. Ini menandakan jika proses perekaman layar sudah dilakukan oleh sistem
  • Jika prosesnya telah selesai, hasil tangkapan layar secara otomatis akan ke bentuk file gambar. Anda dapat melihat hasilnya file tadi di galery smartphone yang sudah disediakan

3. Screenshot Panjang

Screenshot Panjang

Saat searching di Google dan menemukan ada artikel yang bagus di website, kadang kita ingin menyimpan artikel tadi secara keseluruhan untuk dibaca di lain waktu. Umumnya pengguna mengkhawatirkan satu tangkapan layar yang tidak dapat menyimpan artikel secara keseluruhan.

Jika dilakukan beberapa kali tangkapan, tentunya akan merepotkan. Jika hal ini adalah masalah Anda, maka tidak perlu khawatir lagi. Karena sekarang fitur screenshot di Oppo sudah menyediakan fitur panjang. Maksudnya pengguna dapat menangkap layar yang lebih panjang.

Cara menikmati fitur ini tidaklah sulit sedikitpun. Penasaran bagaimana cara screenshot Oppo panjang ini? Bagi yang penasaran tinggal simak tutorialnya berikut:

  • Pertama-tama, Anda harus membuka terlebih dahulu halaman artikel yang ingin di screenshot panjang tadi
  • Tangkap layar seperti biasanya dengan menekan tombol Volume Turun dan Power secara bersamaan. Atau juga bisa mengusapkan tiga jari ke layar dengan arah atas ke bawah. Namun pastikan sudah menyalakan fitur Quick Gesture
  • Selanjutnya layar akan berkedip yang menjadi tanda jika proses perekaman layar sudah berjalan. Anda tinggal menunggu hasil tangkapan layar hingga menu screenshot muncul di layar smartphone
  • Jika tangkapannya sudah muncul, selanjutnya tinggal pilih opsi screenshot panjang untuk meneruskan hasil tangkapan layar yang sudah dilakukan sebelumnya
  • Gulirkan halaman ke arah bawah untuk menambah panjang dari tangkapan layar yang sedang dilakukan. Anda bisa berhenti jika sudah menyelesaikan bagian mana yang ingin di screenshot panjang tadi.
    Setelah langkah tadi diselesaikan, jangan lupa menyimpan hasil tangkapan layar panjang yang sudah dilakukan dengan klik Save.
  • Sama dengan tangkapan layar pada umumnya, hasil dari screenshot panjang ini akan langsung tersimpan dalam bentuk foto. Anda bisa memeriksa hasilnya lewat menu gallery di smartphone masing-masing.

Cara seperti ini bukan hanya untuk menyimpan artikel yang bagus saja. Pengguna juga dapat memakainya untuk mengabadikan ruang obrolan dengan konsep screenshot panjang yang sudah dibahas sebelumnya. Misalnya seperti tutorial produk yang dikirimkan melalui WhatsApp atau sebagainya.

4. Screenshot Oppo Via Aplikasi

Bagi yang tidak terbiasa dengan cara yang sudah disebutkan di awal, Anda juga bisa mengandalkan aplikasi screenshot untuk cara screenshot Oppo yang kita bahas kali ini. Ada berbagai aplikasi screenshot Oppo yang bisa dimanfaatkan.

Setiap aplikasi menyediakan fitur dan kelebihan masing-masing. Semua aplikasi dapat diunduh secara gratis atau berbayar di Google Play Store. Biasanya aplikasi screenshot yang dimaksud bukan hanya untuk mengambil gambar di layar saja.

Namun ada beberapa fitur yang memugkinkan pengguna untuk menambah tulisan, mengedit hasil gambar dan sebagainya. Bagi yang penasaran mengenai aplikasi screenshot ini, simak aplikasi-aplikasi screenshot berikut:

a. Screenshot Capture Recorder

Screenshot Capture Recorder

Melalui aplikasi ini, Anda dapat mengatur sendiri capturing methods paling nyaman yang ingin digunakan. Misalnya saat ingin menggunakan aplikasi di smartphone, Anda bisa menambahkan getaran atau suara untuk tanda penangkapan layar. Semua settingan bisa diatur sesuai keinginan pengguna.

Fitur yang disediakan di aplikasi memang tampak sederhana dan tidak ada yang istimewa. Namun fitur yang dimaksud akan sangat berguna jika Anda membutuhkan modifikasi saat mengambil capture melalui layar smartphone.

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.tools.screenshoot

b. Screenshot – Screen Grabber

Screenshot Screen Recorder

Berikutnya ada aplikasi yang diberi nama Screenshot Screen Grabber. Aplikasi ini dibesutkan oleh Jared.co. Cara kerja yang mudah dan lebih lengkap fiturnya menjadikan aplikasi ini paling bagus untuk menangkap layar di smartphone. Hal tersebut dibuktikan dengan jumlah penggunanya di Google Play Store.

Baca juga : Cara screenshoot hp samsung

Saat ingin menangkap layar, Anda cukup klik satu kali saja. Selanjutnya sudah dapat melihat hasil screenshot tadi. Hasil tangkapan bisa dikirimkan ke email atau sosial media sesuai kebutuhan. Artinya, Anda tidak perlu ribet jika hasil screenshot ini ingin dibagikan ke media sosial.

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.jaredco.screengrabber8

c. Screenshot & Screen Recorder

Screenshot Screen Recorder

Selanjutnya ada aplikasi screenshot yang bisa digunakan berikut ini. Aplikasi screenshot ini cukup populer dengan segala fitur yang dihadirkan untuk para pengguna. Di aplikasi ini, Anda dapat menentukan sendiri tipe screenshot yang ingin digunakan.

Jadi ada dua cara untuk screenshot melalui aplikasi ini. Pertama Anda dapat menggoyangkan HP dan kedua bisa klik satu kali di tombol tertentu yang sudah dihadirkan. Hal menarik dari aplikasi adalah screen recorder yang fungsinya juga bisa merekam layar. Cukup menarik bukan?

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.idea.screenshoot

d. Screenshot

Screenshot

Selanjutnya ada aplikasi screenshot yang paling banyak di download pengguna android di Google Play Store, yakni aplikasi Screenshot. Aplikasi ini bisa dijadikan alternatif cara screenshot Oppo dengan metode yang sangat mudah dan anti ribet. Anda bisa screenshot dan mengambil langkah berikutnya.

Misalnya dengan mengedit gambar tangkapan layar tadi, menambahkan teks ataupun memberi desain yang lebih menarik. Interface dari aplikasi bisa dibilang sangat mudah dan sederhana. Jadi cocok sekali untuk pengguna pemula yang baru saja memakai aplikasi populer ini.

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.enlightment.screenshot

e. Screenshot Touch

Screenshot Touch

Ingin menangkap layar di android? Caranya sangat mudah dan praktis karena ada berbagai aplikasi yang bisa dimanfaatkan. Cukup sekali sentuh saja dan otomatis layar akan menangkap tangkapan layar dengan sistem kerja tersendiri. Aplikasi dari Daejong Kim ini memang sangat bagus untuk menangkap layar.

Di aplikasi yang dikenal dengan nama Screenshot Touch ini, para pengguna dapat menikmati fitur tangkapan layar yang lebih mudah. Anda dapat menyentuh layar, menggoyangkan ponsel atau dengan notification area. Di aplikasi juga tersedia untuk merekam video layar juga.

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.mdiwebma.screenshot

f. Screenshot Easy

Screenshot Easy

Aplikasi ini memiliki konsep screenshot yang memang mudah seperti namanya. Aplikasi gratis dari Google Store ini menjadi salah satu aplikasi untuk menangkap layar yang paling mudah untuk dicoba. Cara menangkap layar juga hampir sama dengan cara lain yang sudah dibahas di awal.

Pertama, pengguna dapat menangkap layar dengan menekan volume dan power. Atau dengan menerapkan cara kedua dengan menekan power dan home. Setelah menekan tombol tadi, aplikasi langsung menangkap layar dengan waktu 2 detik. Cukup mudah dan tentunya tidak memakan waktu.

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.icecoldapps.screenshoteasy

g. Screen Master

Screen Master

Bagi yang sedang mencari aplikasi ringan untuk keperluan screenshot, maka aplikasi bernama Screenshot Master ini bisa menjadi pilihan terbaik. Aplikasi ini hanya berukuran 5 MB sehingga aman untuk smartphone berkapasitas ringan.

Meskipun ringan, tapi kualitas aplikasi untuk menangkap layar tidak bisa dianggap remeh. Aplikasi menjamin hasil tangkapan layar dengan resolusi HD. Tak hanya itu, Anda dapat mengatur hasil tangkapan ke memori eksternal. Ada 3 cara untuk screenshot di aplikasi ini, Shaking device, Web capture dan juga Floating button.

https://play.google.com/store/apps/details?id=pro.capture.screenshot

Cara screenshot Oppo memang beragam sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pengguna. Fitur screenshot sangat membantu pengguna Oppo karena mempermudah segala pekerjaannya.

12+ Cara Screenshot Oppo Paling Mudah 2021 Tidak Ribet

Advertisements

Leave a Reply