20+ Motif Geometris : Batik, Belah ketupat Dang Bayak Lagi (Super Lengkap) 1

20+ Motif Geometris : Batik, Belah ketupat Dang Bayak Lagi (Super Lengkap)

Motif Geometris – Banyak sekali jenis ragam hias yang tersebar di seluruh dunia. Salah satunya adalah motif geometris. Banyak yang belum tahu bahwa motif ini merupakan motif yang tergolong paling tua apabila di bandingkan dengan motif ragam hias lainnya.

Nama geometris yang dipilih dalam motif ini bukanlah tanpa alasan. Geometris karena penyusun dari motif ini seluruhnya adalah bentuk geometri. Baik geometri datar atau geometri bidang. Hal ini yang menjadi corak dari jenis motif ini.

Motif ini juga banyak digemari, pasalnya susunan garis yang membentuk suatu bidang menunjukkan bentuk keteraturan yang indah.  Berikut ini merupakan ragam jenis motif geometris.

Ragam Motif Geometris Batik

Ragam Motif Geometris Batik

Motif ini sebenarnya sempat popular. Namun tidak menunggu waktu lama, motif batik sudah sangat sulit ditemukan di berbagai ornament atau hiasan dinding. Selain itu, banyak juga kain atau pakaian yang menggunakan motif jenis ini sebagai penghias nya.

Motif batik termasuk ke dalam motif geometris, sebab dalam penyusunan nya atau penggamabarannya, motif ini menggunakan unsur garis dan unsur geometris lainnya. Sehingga motif batik lebih masuk ke dalam motif geometris. Namun, meskipun terdiri dari banyak unsur, namun bentuk yang menjadi dominan dari motif ini adalah lingkaran.

Di Indonesia sendiri telah banyak ditemui motif yang berjenis ini, adanya motif batik meander, motif batik banji, motif batik ceplokan, motif batik tumpal, motif batik swastika dan masih banyak yang lainnya.

Ragam Motif Geometris Belah Ketupat

Ragam Motif Geometris Belah Ketupat

Ragam motif yang satu ini merupakan motif yang memiliki bentuk penentu dasar berupa belah ketupat. Jika diperhatikan secara langsung, motif jenis ini cenderung lebih banyak digunakan sebagai bentuk dari berbagai anyaman yang berguna dalam rumah tangga. Misalnya tas, dan lain-lain. Namun, terdapat pula motif ini yang disusun sedemikian indah sehingga bisa dijadikan sebagai hiasan dinding.

belah ketupat yang digunakan sama persis dengan bangun datar pada umumnya. Bukan digambar atau sebagainya. Jadi, anyaman disusun sedemikian rupa, sehingga membentuk suatu bangun yaitu belah ketupat. Tentunya bangun yang terbentuk dalam motif tersebut disertai dengan hiasan-hiasan yang memperindah motif. Bahkan, bangun belah ketupat yang ada dalam motif ini sedikit diberi kombinasi yang berbeda dari bentuk umumnya.

Ragam Motif Geometris Bunga 1 Buah

Ragam Motif Geometris Bunga 1 Buah

Bunga merupakan bentuk gambar yang paling indah. Pasalnya berbagai titik, garis serta unsur geometris lainnya jika dibentuk menjadi suatu rangkaian akan terbentuk bangun bunga. Bangun tersebut tentu saja memiliki keseimbangan di antara sisi-sisinya. Hal ini lah yang menyebabkan motif bunga terlihat sangat teratur.

Kemudian warna juga bisa dikombinasikan sesuai dengan keinginan. Namun, pada saat menggunakan motif bunga, kebanyakan warna yang digunakan adalah merah, hijau dan kuning. Hal ini merupakan warna implementasi bunga sungguhan.

Motif bunga satu buah ini maksudnya, dalam suatu ornament atau dalam suatu kain, motif bunga hanya diberikan sebanyak 1 buah. Namun, bentuknya amat besar. Sehingga memiliki nilai seni yang tergolong tinggi.

Ragam Motif Geometris Bunga

Ragam Motif Geometris Bunga

Bunga merupakan lambing dari suatu estetika kecantikan rupa. Bunga lebih identic dengan sifat feminim dari wanita. Begitu pula penggunaan bunga dalam ragam motif geometris. Bentuk bunga yang digunakan memang indah. Tetap mengacu pada bentuk bunga yang asli, bedanya dalam ragam hias, bunga diberi beberapa kombinasi tambahan. Kombinasi tersebut menjadikan bunga memiliki efek geometris yang mendalam.

Berbeda dengan gambar motif bunga sebelumnya. Motif bunga yang ini, terdiri dari banyak bunga dengan penggambaraan yang tertata dan tersusun secara rapi. Pembuat motif bisa menyalurkan ide mereka dengan berbagai macam bentuk bunga namun tetap tertata dan teratur.

Ragam Motif Geometris Busur

Ragam Motif Geometris Busur

Busur memiliki bentuk yang hamper sama dengan lingkaran. Oleh karena itu, ragam motif geometris busur memiliki bentuk dasar lingkaran yang tidak penuh. Busur sendiri ternyata memiliki nilai dan makna yang cukup dalam. Kekuatan, kekokohan dan lain sebagainya merupakan penggambaran makna dari bangun busur yang digunakan dalam motif.

Ragam motif geometris busur umumnya disusun dengan sederhana. Ada yang hanya menggunakan dua komponen warna yaitu putih dan hijau. Kemudian ada pula yang menggunakan lebih dari dua kombinasi warna dan sebagainya. Meskipun demikian, bentuk busur yang digunakan dalam motif ini memiliki keteraturan sebagai salah satu ciri khas dari motif.

Ragam Motif Geometris Daun

Ragam Motif Geometris Daun

Daun merupakan bagian dari tumbuhan yang memiliki peranan penting sebagai kelangsungan hidup tumbuhan. Nyatanya daun juga memiliki nilai yang sangat dalam, yaitu kesederhanaan. sehingga apa yang tersirat saat melihat motif daun bukan sekedar keindahan nya saja, namun orang akan memahami makna yang lebih dalam yaitu kesederhanaan.

Motif daun ini memang biasanya lebih digunakan dalam motif pakaian. Pakaian orang jawa pada zaman dahulu seperti jarik dan lain sebagainya, cenderung menggunakan motif daun untuk menampilkan sisi keindahan nya.

Bukan hanya motif nya saja, namun warna kombinasi yang digunakan dalam motif ini turut memberikan makna yang berkesan. Pemilihan warna akan membuat motif daun ini menjadi lebih hidup dan lebih unik lagi.

Ragam Motif Geometris Hitam Putih

Ragam Motif Geometris Hitam Putih

Hitam putih merupakan gradasi warna yang memiliki keindahan tersendiri. Asal mula dari semua warna ini sering digunakan sebagai motif ragam hias. Begitu pula dengan motif geometris. Motif geometris hitam putih memiliki keelokan garis geometri yang tersusun sedemikian rupa namun memiliki makna nilai seni yang tinggi.

Garis hitam putih disusun seperti tidak memiliki aturan atau acak, namun ternyata tetap terdapat suatu keteraturan di dalamnya apabila di perhatikan dengan cara seksama dan teliti. Motif geometris hitam putih ini sering dijadikan sebagai motif dari ubin. Pasalnya pemilihan motif geometris sebagai ubin, mampu menambah integritas pada suatu rumah.

Ragam Motif Geometris Kawung

Ragam Motif Geometris Kawung

Motif kawung merupakan motif yang paling banyak dijumpai. Pasalnya motif ini seperti memiliki pembuatan yang amat mudah, dan dapat digunakan di berbagai kondisi atau tempat. Hanya saja penggunaan nya akan lebih baik jika disertai dengan teknik pewarnaan yang tinggi. Teknik pewarnaan dapat diatur dengan mengkombinasikan berbagai warna yang memiliki keterpaduan atau kontras.

Kawung memiliki bentuk yang hamper mirip dengan kolang-kaling. Sehingga apabila Anda mendapati suatu benda dengan motif seperti gambar kolang kaling, maka dapat di identifikasi sebagai motif kawung. Motif ini bukan hanya memiliki makna keindahan saja, tetapi lebih dalam ke makna elegan dan juga keanggunan. warna yang sering digunakan sebagai implementasi motif ini adalah hitam putih.

Ragam Motif Geometris Keramik

Ragam Motif Geometris Keramik

Motif hias keramik memang memiliki keunikan. Motif ini biasanya tersusun secara rapi. Namun, meskipun penyusunan tidak dilakukan secara rapi, motif ini juga tetap menunjukkan nilai seni yang tinggi. Umumnya setiap keramik memiliki bentuk yang apabila dirangkai, maka akan terbentuk motif baru yang memiliki ukuran lebih besar.

Keramik yang memiliki motif geometris dinilai memiliki makna yang mendalam. Mulai dari segi estetika pada motifnya hingga melambangkan suatu kemewahan. Namun, tergantung dari jenis motif keramik yang digunakan. Saat ini banyak ditemui motif keramik namun dengan berbagai perpaduan garis geometris. Perpaduan inilah yang mengubah motif keramik menjadi lebih indah dari pada biasanya.

Ragam Motif Geometris Kompas Lingkaran

Ragam Motif Geometris Kompas Lingkaran

Seperti namanya yaitu motif kompas lingkaran. Motif ini memang mengambil nama tersebut dikarenakan bentuknya yang menyerupai kompas. Pada umumnya kompas yang memiliki bentuk lingkaran dengan disertai jarum sebagai penunjuk arah. Motif ini juga memiliki bentuk dasar sebuah geometri datar yaitu lingkaran.

Bukan hanya lingkaran, ternyata sebagai upaya untuk mengimplementasikan jarum penunjuk arah, maka bangun geometri yang digunakan adalah bentuk segitiga. Kedua bangun tersebut di padukan dan akan terbentuk suatu bentuk yang indah dengan nilai estetika tinggi. Motif kompas lingkaran ini harus disesuaikan dengan warna. Karena warna memiliki peran penting agar motif tersebut akan Nampak menjadi hidup.

Ragam Motif Geometris Mega Mendung

Ragam Motif Geometris Mega Mendung

Motif mega mendung merupakan motif yang telah memasuki kancah internasional. Bahkan terakui menjadi motif dengan corak indah. Sama seperti namanya, maka bentuk atau gambaran dari motif ini menyerupai mega mendung. Hanya pembeda nya adalah corak warnanya saja.

Apabila dilihat secara sekilas memang motif ini seperti tidak beraturan. Namun, apabila diperhatikan, pembuatan motif ini memerlukan ketelitian yang tinggi, agar terjadi keterpaduan antar gambar geometris yang digunakan.

Mega mendung memiliki warna yang wajib ada yaitu biru. Kemudian terdapat suatu gradasi warna yang mencolok dan terdiri dari 7 tingkatan. Ternyata ke 7 tingkatan gradasi warna tersebut memiliki makna tersendiri. Maknanya yaitu sesuai dengan banyak lapisan di langit dan di bumi.

Ragam Motif Geometris Melengkung

Ragam Motif Geometris Melengkung

Motif geometris melengkung memiliki konsep utama berupa garis lengkung. Garis lengkung tersebut dikombinasikan dengan berbagai garis geometri kemudian akan membentuk suatu motif yang unik dan indah.

Motif geometri biasanya digunakan pada ornament-ornamen yang keras seperti dinding dan lain sebagainya. Selain itu, motif ini juga biasa ditemui pada perabot rumah tangga. Karena keindahan nya motif ini juga menjadi salah satu motif yang di pelajari dalam membatik.

Terkait dengan warna yang digunakan, umumnya motif ini memiliki lebih dari 1 warna kombinasi. Tetapi tidak terlalu banyak. Motif garis lengkung memiliki suatu nilai yang dalam yaitu memiliki makna suatu kesederhanaan.

Ragam Motif Geometris Parang

Ragam Motif Geometris Parang

Motif ini bisa dibilang sebagai motif yang paling popular dan paling kuno di Indonesia.  Sebenarnya bisa di bilang bahwa penamaan ini merupakan hasil modifikasi dari kata pereng. Apabila dilihat lebih lanjut maka motif ini hampir mirip seperti sebuah lereng. Motif ini terdiri dari suatu garis yang di bentuk sedemikian rupa sehingga membentuk keteraturan. Memiliki bentuk utama berupa garis yang melengkung. Membuat motif ini tidak terlalu kaku.

Motif ini memang sangat melekat dengan budaya Jawa. Pasalnya, motif parang lahir di daerah Solo, Jawa Tengah. Motif yang membentuk suatu keteraturan dan berkesinambungan tersebut memiliki makna dalam tersendiri. Makna yang terdapat dalam motif ini adalah budaya turun temurun.

Ragam Motif Geometris Segi Enam

Ragam Motif Geometris Segi Enam

Segi enam merupakan suatu bangun datar geometris yang memiliki sisi berjumlah 6 dengan besar sudut secara keseluruhan 360 derajat. Bangun ini merupakan suatu modifikasi. Dapat membentuk segi empat, segilima dan sebagainya. Namun, dalam motif geometris, hanya bangun segi enam yang menjadi ikon.

Umumnya motif ini lebih sering digunakan sebagai penghias dinding. Karena memiliki bentuk geometris yang lebih cocok digunakan untuk suatu ornament. Sehingga akan jarang ditemui motif ini pada pakaian dan sejenisnya.

Motif segi enam sendiri memiliki makna yang tersirat dan mendalam. Penggunaan motif ini dalam suatu desain interior rumah dapat memberikan arti adanya integritas yang tinggi. Sehingga banyak orang yang menggunakannya untuk menunjukkan tingkat integritasnya.

Ragam Motif Geometris Segitiga Kombinasi

Ragam Motif Geometris Segitiga Kombinasi

Motif ini memiliki keunikan. Keunikan dari motif tersebut terlihat dari adanya bentuk segitiga campuran yang dikombinasikan namun tetap memiliki kepaduan. Segitiga yang digunakan dalam segitiga kombinasi merupakan kumpulan dari berbagai bentuk segitiga. Terdapat segitiga, sembarang, siku-siku, sama sisi dan sama kaki. Namun dari keseluruhan segitiga, ditarik suatu garis yang mampu memberikan kombinasi menarik dari gabungan keseluruhan.

Makna yang terkandung dalam motif ini bisa dibilang sangat erat kaitannya dengan keberagaman. Penggunaan segi tiga ini melambangkan persatuan. Setiap orang memiliki perbedaan dan keunikan tersendiri. namun dari keunikan tersebut akan terbentuk suatu keragaman yang menjadi alasan adanya persatuan. Motif ini amat unik sehingga bisa digunakan di berbagai aspek. Mulai dari ornamen-ornamen, desain dan lain sebagainya.

Ragam Motif Geometris Segitiga

Ragam Motif Geometris Segitiga

Motif yang satu ini bisa dibilang menjadi motif yang mewah dan unik. Motif ini tersusun dari banyak segitiga dengan bentuk dan model yang sama. Namun, bentuk segitiga yang digunakan dalam motif ini memiliki keunikan. Tidak sama seperti bentuk segitiga pada umumnya.

Motif ini memang memiliki kesan menarik karena warna yang digunakan sangat berbeda dengan motif yang lain. Warna yang digunakan sangat menyala dan juga amat kontras. Hal inilah yang membuat motif ini menjadi Nampak hidup. Karena motif ini memiliki tingkat kerapian yang tinggi. Sehingga penggunaan motif ini di dalam desain interior rumah dapat memberikan kesan rapi pada rumah.

Ragam Motif Geometris Tak Berujung

Ragam Motif Geometris Tak Berujung

Motif geometris ini merupakan motif yang memiliki keunikan tersendiri. motif ini terbentuk dari suatu garis yang dibentuk sedemikian rupa namun jika di perhatikan, tidak memiliki titik ujung. Motif ini memiliki tingkat keteraturan yang tinggi. Seluruh aspek yang terdapat dalam motif ini memuat suatu keseimbangan.

Motif ini tidak hanya terdiri dari satu jenis, tetapi ada yang berbentuk dua dimensi hingga tiga dimensi. Penggunaan garis dalam motif ini memang tidak memiliki dasar tepi. Sehingga apabila dilihat, motif ini memiliki ketersinambungan hingga panjang dan tidak memiliki titik ujung. Hal inilah yang membuat motif ini lebih unik dan menjadi sangat menarik.

Ragam Motif Geometris Tribal

Ragam Motif Geometris Tribal

Motif ini menggunakan corak garis dengan perpaduan yang beranekaragam. Perpaduan garis ini tersusun secara terstruktur. Apabila dilihat secara menyeluruh, maka motif ini seperti menampilkan suatu keragaman yang terjadi antar suku. Kemudian dalam penyusunan gambar dan garis dibuat sejajar. Hal ini tentunya bermakna terdapat suatu kesamaan antar suku meskipun berasal dari negara yang berbeda.

Karena unik dan memiliki makna tertentu, motif ini sering digunakan dalam desain suatu pakaian. Pakaian yang diberi gambaran motif ini akan terlihat lebih unik dan memiliki kesan yang lebih santai. Terlebih lagi jika warna dalam suatu pola juga ikut dimainkan.

Ragam Motif Geometris Warna Warni

Ragam Motif Geometris Warna Warni

 Motif geometris dengan warna yang beragam sering digunakan sebagai desain suatu interior rumah. Keunikan dari motif ini membuat motif seakan memiliki makna yang elegan. Umumnya motif ini terbentuk dari kumpulan bangun geometris dengan corak yang sama. Misalkan kumpulan dari banyak segitiga yang sama sisi, kumpulan dari bangun persegi panjang dan lain sebagainya.

Karena memiliki warna yang beraneka ragam, maka penggunaan motif ini memiliki makna keceriaan. Dari sekian banyak motif, motif ini lah yang paling mudah untuk dibuat. Kemudian yang perlu diperhatikan lebih dalam adalah konsep pewarnaan yang memiliki perulangan. Perulangan tersebut lebih tersusun secara terstruktur. Kemudian warna yang didunakan lebih dari 12 jenis warna.

Ragam Motif Geometris Zig Zag

Ragam Motif Geometris Zig Zag

Motif zig zag juga merupakan motif geometris yang paling sering di temui. Motif ini tidak hanya digunakan sebagai penghias desain interior saja. Tetapi, juga digunakan dalam desain pakaian dan outfit. Motif yang terbentuk dari banyak kumpulan garis yang digambar secara berkelok mematah ini tentunya memiliki keunikan tersendiri. Kemudian garis zig zag tersebut memiliki kesamaan antar satu sama lain.

Hal yang membedakan adalah dari jenis pewarnaan yang digunakan. Warna yang digunakan umumnya hanya meliputi dua jenis warna saja. Kemudian disusun secara berselang-seling. Namun, saat ini telah banyak jenis warna yang dikombinasikan sehingga membentuk suatu keterpaduan yang lebih menarik. Penggunaan motif zig zag memiliki makna tersendiri. mulai dari adanya rasa semangat, hingga keceriaan.

Motif geometris merupakan motif yang sudah tidak asing lagi dalam kehidupan. Bahkan dalam berbagai aspek, Anda akan banyak menemukan jenis motif geometris. Pasalnya, motif ini memiliki banyak sekali macam dan bentuknya. Bahkan bentuk juga bisa dikombinasikan dengan bentuk lain.

Kombinasi ini akan melahirkan suatu karya yang menarik. Motif geometris banyak digunakan dalam perbotan rumah tangga jika dinilai motif tersebut cocok. Kemudian terdapat pula motif geometris yang cocok digunakan untuk desain suatu pakaian. Terdapat pula motif geometris yang hanya bisa digunakan sebagai penghias dinding.

20+ Motif Geometris : Batik, Belah ketupat Dang Bayak Lagi (Super Lengkap)

Leave a Reply