6+ Contoh Karya Tulis Ilmiah Yang Baik Dan Benar Berdasarkan KBBI 1

6+ Contoh Karya Tulis Ilmiah Yang Baik Dan Benar Berdasarkan KBBI

Contoh Karya Tulis Ilmiah – Mungkin bagi Anda karya tulis bukanlah hal yang asing, mengingat di sekolah Anda juga diajarkan mengenai karya tulis. Sebenarnya ada dua jenis karya tulis, ada karya tulis ilmiah dan ada karya tulis non ilmiah. Lalu apa bedanya? Tentu saja berbeda pada fakta yang dimuat, karena karya tulis ilmiah ini dibuat dari hasil penelitian secara ilmiah. Jadi sudah pasti isinya merupakan fakta dan tidak bisa diubah kebenarannya. Biasanya karya tulis ilmiah berupa gagasan ilmiah maupun hasil penelitian.

Tentunya jika Anda menulis karya tulis ilmiah harus benar, mulai dari format hingga tata bahasa. Apalagi jika kategorinya berbeda, maka isi dari karya tulis ilmiah juga menyesuaikan. Olah karena itu, Anda perlu tahu contoh karya ilmiah yang benar berikut ini.

  1. Contoh Karya Tulis Ilmiah Mengenai Kesehatan

Contoh Karya Tulis Ilmiah Mengenai Kesehatan

Tidur Siang Berpengaruh Pada Kesehatan

BAB I

PENDAHULUAN

  • Latar Belakang

Hal berharga bagi manusia adalah kesehatan, dan setiap orang memiliki hak untuk menjaganya. Apabila kesehatan terganggu, maka akan membuat segala aktivitas menjadi ikut terganggu atau bahkan tida bisa dilakukan. Salah satu cara mudah untuk menjaga kesehatan adalah dengan mengonsumsi makanan dengan gizi yang cukup. Di samping itu, perlu juga melakukan olah raga dan tidur siang supaya metabolisme lebih maksimal.

  • Rumusan Masalah
  1. Cara apa yang perlu dilakukan supaya kesehatan terpelihara?
  2. Apa tidur siang memiliki pengaruh untuk kesehatan?
  • Tujuan Penelitian

Untuk mengetahui langkah tepat untuk menjaga kesehatan tubuh dan memelajari efek tidur siang untuk kesehatan.

BAB II

PEMBAHASAN

  • Cara Menjaga Kesehatan

Kesehatan adalah hal yang penting dan perlu dijaga dengan baik. Perlu dilakukan cara yang tepat seperti berikut:

  • Memenuhi kebutuhan tubuh berupa vitamin dan mineral
  • Mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang atau empat sehat lima sempurna
  • Melakukan olah raga secara teratur
  • Tidur dan istirahat yang cukup
  • Tidak mengonsumsi minuman beralkohol
  • Pengaruh Tidur Siang

Kegiatan tidur sing memang rutin dilakukan oleh anak-anak. Akan tetapi, banyak juga orang dewasa yang melakukan rutinitas tidur siang. Berikut ini pengaruh tidur siang untuk kesehatan tubuh manusia:

  • Menurukan tekanan darah di dalam tubuh
  • Mengatasi perasaan sedih dan gelisah
  • Menghilangkan rasa lelah pada tubuh

BAB III

PENUTUP

Kesimpulan

Salah satu upaya yag bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh adalah dengan tidur siang. Apabila dijadikan rutinitas dengan porsi yang cukup, maka akan memberi manfaat yang baik. Selain durasi cukup, pemilihan waktu yang tepat juga perlu. Jika tidak, maka akan menimbulkan efek yang tidak baik untuk tubuh. Jadi, Anda harus menakarnya dengan tepat dan jangan sampai membuat kebugaran tubuh menurun.

  1. Contoh Karya Tulis Ilmiah yang Membahas Isu Populer

Contoh Karya Tulis Ilmiah yang Membahas Isu Populer

Dampak Negatif dan Positif Makanan Kaleng Bagi Kesehatan

BAB I

PENDAHULUAN

  • Latar Belakang

Sesuatu yang instan memang lebih memudahkan, salah satunya adalah makanan kaleng. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Jepang, menunjukkan bahwa terdapat kandungan zat kimia Stannum pada makanan kaleng. Apabila dikonsumsi dengan cukup maka zat kimia ini tidak akan berbahaya untuk kesehatan tubuh. Namun, apabila zat Sn dikonsumsi dengan takaran lebih dari 14 mg/ kg berat badan maka akan sangat berbahaya.

  • Rumusan Masalah

Apa makanan kaleng memiliki dampak untuk kesehatan?

  • Tujuan Penelitian

Untuk mengetahui dan memahami dampak negatif dan positif makanan kaleng bagi kesehatan tubuh.

BAB II

PEMBAHASAN

Efek dan Dampak Makanan Kaleng Bagi Tubuh

Junk food atau makanan instan memang banyak diminati masyarakat, salah satunya makanan kaleng. Kebanyakan makanan yang dikemas dalam kaleng berupa daging atau ikan. Namun, ada juga yang berupa minuman, sayur, hingga buah, ini bervariasi. Tentunya makanan yang diawetkan berbeda dengan yang masih segar, memiliki dampak tersendiri untuk tubuh, yaitu:

  • Dampak Positif
  • Waktu penyajian lebih cepat
  • Meminimalisasi kontaminasi makanan dari organisme penyebab penyakit
  • Kandungan zat gizi pada makanan kaleng tidak berkurang
  • Dampak Negatif
  • Membuat ibu menjadi malas memasak karena ada makanan instan
  • Mengonsumsi makanan kaleng secara berlebih bisa memicu penyakit berisiko tinggi seperti kolesterol dan tekanan darah tinggi.
  • Gizi pada makanan kaleng bisa hilang apabila dimasak pada suhu tinggi

BAB III

PENUTUP

Kesimpulan

Berdasarkan hasil penelitian ilmiah didapatkan kesimpulan, bahwa mengonsumsi makanan kaleng akan  memberi dampak positif maupun negatif pada tubuh. Apabila terlalu berlebihan dan cara memasak salah, maka akan membawa dampak negatif bagi tubuh. Meskipun makanan kaleng bisa memberi dampak negatif, tetapi ini juga bisa memberi efek positif seperti yang tertera pada informasi di atas.

  1. Contoh Karya Tulis Ilmiah Tentang Pendidikan Karakter

Contoh Karya Tulis Ilmiah Tentang Pendidikan Karakter

Pembentukan Karakter Anak Dengan Permainan Tradisional

BAB I

PENDAHULUAN

  • Latar Belakang

Masa kanak-kanak seharusnya memang dipenuhi keceriaan dengan bermain. Salah satu jenis permainan yang memiliki dampak positif bagi anak adalah permainan tradisional. Dengan bermain akan membuat anak merasa bebas untuk mengekspresikan diri.  Apabila anak bisa berekspresi dengan baik, maka kemampuannya dalam berkomunikasi dan sosialisasi juga akan meningkat. Sehingga, anak bisa beradaptasi dengan baik terhadap teman dan lingkungan.

  • Rumusan Masalah
  1. Apa arti permainan tradisional dalam masyarakat?
  2. Pengaruh permainan tradisional untuk perkembangan karaker anak apa saja?
  • Tujuan Penelitian

Untuk mengetahui pengertian permainan tradisional dan memahami peranan permainan tradisional dalam membentuk karakter anak.

BAB II

PEMBAHASAN

  • Dolanan Tradisional

Permainan tradisional dalam Bahasa Jawa disebut dengan dolanan, yang artinya adalah permainan.  Disebut sebagai permainan tradisional karena memang terdapat nilai adat zaman dahulu pada permainan. Dolanan ini merupakan suatu simbol penurunan pengetahuan dan adat tradisional kepada generasi berikutnya.

  • Pendidikan Karakter

Definisi pendidikan karakter secara sederhana adalah upaya yang dilakukan untuk membentuk karakter anak. Tujuannya adalah untuk membuat anak paham bahwa karakter positif dalam diri itu penting. Menurut Thomas Lickona, pendidikan karakter merupakan pendidikan yang mempelajari tentang ilmu hingga tindakan. Bukan hanya itu, cakupan pelajaran karakter juga pada perasaan juga.

BAB III

PENUTUP

Kesimpulan

Permainan tradisional bukan hanya membuat gembira, tetapi juga memiliki manfaat untuk anak. Manfaatnya adalah bisa melatih motorik dan kecerdasan pada saraf dan Otak anak. Sehingga karakter anak bisa terbentuk dengan baik, dengan begitu bisa membuat anak lebih mudah dalam bersosialisasi, berkomunikasi, dan bekerja sama dengan teman sebayanya.

  1. Contoh Karya Tulis Ilmiah Tentang Pergaulan Bebas

Contoh Karya Tulis Ilmiah Tentang Pergaulan Bebas

Remaja Rentan Pergaulan Bebas yang Berbahaya

BAB I

PENDAHULUAN

  • Latar Belakang

Lingkungan pergaulan sangat memengaruhi tingkah laku, sikap, dan kepribadian manusia. Pergaulan yang paling rawan adalah ketika menginjak usia remaja, karena karakternya yang masih labil. Makanya remaja perlu berhati-hati dalam bergaul dan orang tua juga perlu mengawasi anaknya. Terlebih lagi, sekarang ini pergaulan bebas menjadi ancaman berbahaya untuk remaja. Karakter remaja yang labil inilah yang bisa membuatnya mudah dibohongi.

  • Rumusan Masalah

Bahaya apa yang ditimbulkan oleh pergaulan bebas pada remaja?

  • Tujuan Penelitian

Untuk mengetahui dampak negatif dari pergaulan bebas bagi remaja.

BAB II

PEMBAHASAN

Bahaya Pergaulan Bebas

Bergaul memang penting, namun lingkungan dalam pergaulan tertentu bisa memberikan efek buruk bagi seseorang. Salah satunya adalah pergaulan bebas, yang bisa memberikan dampak buruk terutama untuk remaja, dampaknya adalah:

  1. Kerusakan moral

Salah satu hal yang memyebabkan pergaulan bebas berbahaya bagi remaja adalah efeknya yang bisa membuat moral anak bangsa menjadi rusak. Mereka yang sudah terjebak di lingkungan ini merasa dirinya bebas dan lepas dari perhatian orang tua. Olah karena itu, akhlak baik yang sudah ditanamkan sejak kecil menjadi hilang. Ketika mereka melakukan hal yang bersifat negatif pun malah merasa senang, hal ini membuat anak kehilangan rasa sopan.

  1. Narkotika dan minuman keran

Akhir-akhir ini ada banyak kasus remaja yang ketangkap basah sedang melakukan pesta minuman keras bahkan menggunakan narkotika. Parahnya lagi, bukan hanya remaja yang ikut terlibat tetapi aak usia dini juga ketahuan sedang merokok. Hal ini terjadi karena di lingkungan pergaulan bebas bisa menemukan obat-obatan terlarang dengan mudah. Sehingga narkotika dan minumak keras pun sudah bebas dimana-mana.

  1. Kecelakaan sebelum menikah

Dampak paling besar jika terlalu tenggelam di pergaulan bebas adalah terjadinya kecelakaan sebelum menikah. Hal yang dimaksud di sini adalah kehamilan sebelum menikah. Peenyebab utama ini bisa saja terjadi karena remaja kurang mendapatkan sex education. Lebih parahnya, ada anak Sekolah Dasar yang sudah mengalami kecelakaan ini. mereka melakukannya tanpa pikir panjang mengenai dampaknya, hanya menuruti kesenangan dan apa yang sudah biasa di lingkungannya.

BAB III

PENUTUPAN

Kesimpulan

Tipe pergaulan masa kini sudah tidak aman lagi dan sudah termasuk dalam kategori bahaya. Sudah banyak yang terjerumus dan terjebak ke dalam lingkungan pergaulan bebas. Dampak negatif yang ditimbulkan juga tidak sedikit, dimulai dari rusaknya moral generasi penerus bangsa, kebebasan memakai obat terlarang, hingga seks bebas. Guna mencegah dan mengurangi pergaulan bebas, peranan orang tua sangat penting. Yang bisa dilakukan oleh orang tua adalah mengawasi dan memberi edukasi.

  1. Contoh Karya Tulis Ilmiah Tentang Lingkungan Hidup

Contoh Karya Tulis Ilmiah Tentang Lingkungan Hidup

Mengenal Pencemaran Lingkungan

BAB I

PENDAHULUAN

  • Latar Belakang

Terdapat dua komponen tak terpisahkan yang menyusun lingkungan dan saling melengkapi. Biotik merupakan komponen benda hidup, sedangkan abiotik itu kebalikannya yang artinya benda mati. Yang termasuk ke dalam komponen  biotik adalah produsen, konsumen, serta pengurai atau dekomposer. Sedangkan cakupan komponen abiotik adalah suh, tanah, air, udara, cahaya matahari, dan benda mati lainnnya. Kedua komponen lingkungan ini saling berkaitan dan tidak bisa dipisahkan.

Arti lingkungan hidup itu beragam, baik itu menurut para ahli maupun arti dari sumber tertentu. Berdasarkan Kamus Ekologi, sebutan lain dair lingkungan hidup adalah environtment. Arti environment sendiri adalah kesatuan antara komponen biotik atau makhluk hidup dengan abiotik atau non hidup di bumi. Sedangkan pengertian lingkungan hidup neurut Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 adalah kesatuan ruang dari seluruh benda termasuk manusia hingga perilakunya.

Secara keseluruhan, bisa diambil kesimpulan bahwa pengertian lingkungan hidup adalah semua makhluk hidup beserta berbagai macam komponen lain. Berhasil tidaknya lingkungan hidup tergantung kepada makhluk hidup yang ada di bumi. Secara khususnya manusia, yang mana memiliki akal dan memiliki fisik yang sempurna dibandingkan dengan makhluk hidup lain.

Apabila terjadi kegagalan lingkungan hidup misalkan seperti pencemaran, maka yang salah adalah manusia. Mengingat tingkah laku manusia sekarang sudah keterlaluan dan melebihi batas, sehingga bisa merusak keseimbangan alam. Salah satu perbuatan buruk manusia adalah membuang sampah sembarangan, sehingga membuat lingkungan kotor karena tertimbun sampah.  Sehingga membuat tempat yang semulanya bersih dan rindang menjadi gersang, panas, dan kotor.

  • Rumusan Masalah

Jenis pencemaran lingkungan itu apa saja, bagaimana penjelasannya?

  • Tujuan Penelitian

Untuk memahami berbagai jenis, ciri, dan penyebab pencemaran lingkungan hidup.

BAB II

PEMBAHASAN

  1. Jenis Pencemaran
  • Pencemaran Udara

Pencemaran udara bisa terjadi karena dua penyebab yaitu perbuatan manusia dan alam. Peristiwa alam yang menyebabkan pencemaran udara adalah gunung meletus. Yang mana letusan akan membawa partikel debu yang mengandung berbagai macam zat berbahaya. Namun, ulah manusia tetap menjadi penyebab utama terjadinya pencemaran udara. Dominasi sumber pencemaran adalah dari gas buang kendaraan bermotor.

Penyebab parahnya pencemaran udara adalah beberapa hal berikut:

  1. Asap Rokok

Merokok memang seperti menjadi kebiasaan bagi masyarakat Indonesia. Ini bukanlah kebiasaan baik, karena memberi dampak buruk bagi kesehatan maupun lingkungan. Asap rokok yang dihasilkan juga menyumbangkan peran sebagai penyebab pencemaran udara terbesar. Adanya kandungan nikotin pada asap rokok juga embuatnya sangat berbahaya.

  1. Lapisan Ozon (O3)

Bumi terlindungi dari sinar ultraviolet matahari karena adanya lapisan ozon atau O3 pada atmosfer. Sekarang ini lapisan ozon sudah menipis dan semua orang tahu hal ini. Terlepas dari lapisan ozon alami pada atmosfer, ada juga ozon yang merupakan polutan. Polutan ini sulit untuk terdeteksi dan bisa merusak paru-paru, sehingga sangat berbahaya.

  1. Karbon monoksida (CO)

Karbon monoksida merupakan gas buangan yang banyak berasal dari AC dan kendaraan bermotor. Gas ini beracun dan sangat berbahaya jika terhirup terlalu banyak, karena bisa menimbulkan kematian.

  • Pencemaran Tanah

Apabila tanah sudah tidak bisa digunakan untuk bercocok tanam maupun memenuhi kebutuhan maka bisa disebut sudah tercemar. Biasanya tanah yang sudah tercemar akan gersang dan tidak subur lagi. Ada beberapa penyebab pencemaran tanah, yaitu:

  1. Penggunaan pestisida berlebih
  2. Senyawa bersifat asam
  3. Limbah rumah tangga
  4. Pupuk kimia
  5. Limbah industri, bisa berasal dari pabrik maupun nuklir
  • Pencemaran Air

Air adalah sumber kehidupan, jadi tanpa air bumi tidak akan hidup. Untuk memenuhi kebutuhan hidup ada baiknya menggunakan air yang bersih. Indikator air bersih adalah tidak memiliki warna dan bau, sehingga aman digunakan. Sedangkan untuk air yang tercemar akan berbau, berwarna, dan ada biota yang mati. Penyebab terjadinya pencemaran air bisa dari hal-hal berikut:

  1. Pestisida

Limbah pertanian sebenarnya tidak merusak lingkungan hidup dan tidak membahayakan. Hanya saja, jika ada pemakaian pestisida yang berlebihan akan menyebabkan air menjadi tercemar. Limbah pertanian akan terbawa oleh air, jika pestisida berlebih maka akan membuat sungai tidak seimbang.

  1. Limbah pabrik, industri, dan nuklir

Industri maupun nuklir memang memiliki limbah yang berbahaya, jika tidak diolah dengan baik maka akan memicu pencemaran lingkungan berat.  Sebab, limbah yang berasal dari industri dan nuklir itu bersifat radioaktif sehingga akan sangat berbahaya jika ada makhluk hidup yang terpapar. Bukan hanya manusia, bahkan bisa membuat banyak hewan yang mati.

  1. Bahan peledak untuk menangkap ikan

Menangkap ikan mungkin menjadi salah satu mata pencaharian bagi sekelompok orang tertentu. Namun, tentu ketika melakukannya perlu menggunakan cara yang tepat dan ramah lingkungan. Salah satu cara yang tidak tepat adalah menggunakan bahan peledak. Karena cara ini bisa membuat air menjadi tercemar dan lingkungan air menjadi rusak.

Oleh karena itu, bahan peledak dilarang dipakai untuk menangkap ikan. Hanya saja masih banyak pihak tidak bertanggung jawab yang menggunakan bahan peledak secara ilegal. Pihak tersebut beralasan bahwa menggunakan bahan peledak lebih efektif. Karena memang menggunakan bahan peledak lebihcepat dan hasil lebih banyak.

  1. Sampah

Kegiatan manusia yang dilaksanakan setiap harinya pasti menghasilkan sampah. Ini adalah masalah terbesar bagi lingkungan sekarang ini, karena menjadi penyebab utama pencemaran air. Apalagi sampah rumah tangga banyak yang dibuang secara sembarangan, terutama ke sungai. Selain membuat pemcemaran, sampah juga bisa memicu penyakit dan bencana alam.

BAB III

PENUTUP

Kesimpulan

Secara umum, ada tiga jenis pencemaran lingkungan hidup yaitu pada tanah, udara, dan air. Karena subjek pencemaran yang berbeda, membuat ciri yang dimiliki juga berbeda. Penyebabnya juga tidak jauh berbeda, yaitu sebagian besar karena perbuatan manusia. Sebagai makhluk hidup yang berakal, maka seharusnya manusia bertanggung jawab untuk menjaga lingkungan hidup.

  1. Contoh Karya Tulis Ilmiah Singkat Sederhana

Contoh Karya Tulis Ilmiah Singkat Sederhana

Kebebasan Berinternet Pada Anak Memicu Hal Negatif

BAB I

PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang

Internet memang penemuan yang paling luar biasa dalam sejarah perkembanga teknologi dunia. Karena memang internet sudah berhasil mengubah dunia dan membuat segalanya menjadi lebih mudah. Bahkan orang yang jaraknya jauh bisa terasa dekat karena internet. Untuk bisa mengaksesnya tidak mengenal batasan usia, bahkan anak-anak bisa mengakses internet.

Namun, hal ini bukanlah  sesuatu yang akan selalu berdampak positif bagi anak-anak. Apabila digunakan untuk belajar maka hal positif akan didapat, namun jika disalahgunakan akan membawa sisi negatif. Terlebih lagi, kondisi anak-anak yang labil dan rasa ingin tahunya tinggi.

  1. Rumusan Masalah

Apa saja dampak negatif internet untuk anak?

  1. Tujuan Penelitian

Untuk mengetahui berbagai dampak negatif internet untuk anak-anak.

BAB II

PEMBAHASAN

Dampak Negatif Internet Untuk Anak

Pada zaman sekarang ini, internet sudah termasuk ke dalam kebutuhan penting. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa membutuhkan internet untuk berbagai keperluan. Tetapi, anak-anak masih rawan jika mengoperasikan internet sendiri sehingga bisa menimbulkan dampak negatif, yaitu:

  1. Anak berpotensi memiliki keinginan untuk melakukan kekerasan dan bulliyng

Konten di internet memang beragam, jika anak membuka internet tanpa pengawasan maka bisa saja yang muncul konten kekerasan. Karena anak cenderung suka meniru, maka bisa saja ia menerapkan  apa yang dilihat di internet pada dunia nyata.

  1. Lupa waktu

Berselancar di internet memang menyenangkan, bahkan sering membuat lupa waktu. Jika anak-anak keasikan maka akan lupa dengan waktu belajar, atau bahkan kurang bersosialisasi dengan temannya.

  1. Kecanduan

Dampak buruk lainnya adalah kecanduan internet maupun game online, kasus ini sudah banyak terjadi sekarang. Apabila sudah kencanduan memang sulit, hanya satu cara mengobatinya yaitu dengan rehabilitasi.

BAB III

PENUTUP

Kesimpulan

Internet memang bisa berperan baik maupun buruk terhadap anak, tergantung dengan kebijaksanaan dalam penggunaan. Makanya, orang tua perlu mengawasi dan memberi pengetahuan kepada anaknya supaya bijaksana dalam menggunakan internt. Namun ada baiknya jika mengawasi secara langsung, agar apa yang dilihat anak di internet menjadi lebih terkontrol.

Ada berbagai macam karya tulis ilmiah dan beberapa contohnya ada di atas. Dengan adanya contoh maka Anda akan semakin mudah dalam menyusun karya tulis milik sendiri. Yang pasti harus benar, baik, dan menggunakan tata bahasa yang tepat.

6+ Contoh Karya Tulis Ilmiah Yang Baik Dan Benar Berdasarkan KBBI

Leave a Reply