9+ Contoh Paper Singkat : Ilmiah, Kesehatan, Kuliah Dll (Lengkap 2020) 1

9+ Contoh Paper Singkat : Ilmiah, Kesehatan, Kuliah Dll (Lengkap 2020)

Contoh Paper Singkat – Paper merupakan suatu bentuk karya tulis yang banyak dibuat di masa sekolah dan kuliah. Paper sendiri adalah bentuk karya tulis non fiktif yang memuat data-data penelitian, baik yang lalu maupun data baru. Dalam pembuatan paper harus diperhatikan susunan yang baik dan benar. Untuk membantu Anda memahami cara pembuatan paper, berikut contoh paper singkat untuk dipelajari.

Contoh Paper Singkat Ilmiah

Contoh Paper Singkat Ilmiah

Analisis Penyisipan Vaksin Pada Tanaman Pangan untuk Mengobati Penyakit

BAB I

PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang

Vaksin kini telah menjadi salah satu komponen dalam dunia kesehatan yang sangat berperan penting dalam pencegahan serta penularan berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh serangan virus. Prinsip dasar dari pemanfaatan vaksin dalam mencegah berbagai penyakit akibat patogen adalah dengan merangsang tubuh untuk memproduksi antibodi yang mampu melawan virus.

Sayangnya, pemanfaatan vaksin di negara berkembang dirasa masih cukup mahal dan sulit untuk pelaksanaannya. Apalagi dalam penyimpanan dan distribusi vaksin yang tentunya tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Dalam pendistribusian dan penyimpanan vaksin harus dimasukkan ke dalam bioreaktor khusus dengan pendingin agar tetap dapat digunakan.

Harga bioreaktor ini masih cukup mahal untuk ukuran negara berkembang. Oleh karena itu, dikembangkan suatu metode dalam penyimpanan dan pendistribusian vaksin menggunakan tanaman pangan.

  1. Tujuan

Paper ini bertujuan untuk menganalisa perkembangan pemanfaatan tanaman pangan sebagai media penyimpanan dan pendistribusian vaksin di negara berkembang.

  1. Ruang Lingkup

Dalam penelitian ini digunakan seluruh jenis vaksin dan penyakit. Tanaman yang digunakan untuk media penyimpanan vaksin dibatasi berupa jenis tanaman pangan atau tanaman konsumsi.

BAB II

LANDASAN TEORI

Penelitian menunjukkan bahwa vaksin dapat disisipkan ke dalam jenis tanaman pangan yang kemudian disebut sebagai edible vaccine. Keunggulan prinsip ini adalah vaksin menjadi lebih murah dan lebih mudah dalam hal pendistribusian, dan penyimpanan terutama untuk negara berkembang.

Teorinya adalah vaksin akan dimasukkan ke dalam tanaman pangan, sehingga tanaman pangan tersebut secara alami sudah memiliki kandungan vaksin. Ketika tanaman pangan dikonsumsi oleh manusia maka vaksin tersebut akan turut tertelan, sehingga dapat merangsang tubuh untuk membentuk antibodi terhadap penyakit.

BAB III

PEMBAHASAN

Metode ini telah terbukti secara ilmiah berhasil ketika diujicobakan kepada 14 orang dewasa. Mereka semua diberikan pangan berupa kentang transgenik dengan 11 kentang sudah disisipkan virus dan tiga kentang adalah tentang tanpa rekayasa genetika.

Ketika diteliti kadar antibodi dalam darah dari 14 orang tersebut diperoleh kesimpulan, bahwa 10 orang dari sebelas seorang yang turut mengkonsumsi kentang berjenis transgenik, memiliki kadar antibodi yang lebih tinggi ketimbang sebelum mengkonsumsi kentang.

Tidak semua jenis tanaman bisa digunakan sebagai media vaksin. Tanaman yang langsung bisa dikonsumsi tanpa perlu dimasak merupakan jenis tanaman yang cocok menjadi edible vaccine.

Contoh Paper Singkat Kesehatan

Contoh Paper Singkat Kesehatan

Mengenal Jenis Penyakit yang Ditimbulkan Virus

BAB I

PENDAHULUAN

Virus merupakan organisme sangat kecil yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit pada inang yang diserangnya. Ukuran virus jauh lebih kecil dibandingkan bakteri dengan ukuran antara 20 milimikron sampai 300 milimikron. Untuk dapat berkembang biak virus membutuhkan sel hidup yang kemudian dinamakan inang.

Oleh karenanya, virus akan menginfeksi sel manusia, tumbuhan, hewan, dan bakteri. Infeksi virus pada sel manusia dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit. Untuk mencegah penyebaran virus, maka dibuatlah vaksin yang berisi virus yang telah dilemahkan. Paper ini bertujuan untuk menjelaskan terkait jenis-jenis penyakit yang timbul akibat serangan infeksi virus.

BAB II

LANDASAN TEORI

Ada berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh serangan virus. Berikut daftar penyakitnya:

  1. Influenza

Virus influenza menyerang saluran pernapasan manusia. Virus influenza dibagi menjadi tiga tipe, yaitu tipe A, B dan C. Virus influenza tipe A menjadi jenis virus influenza yang paling berbahaya. Untuk mencegah influenza kuncinya adalah menjaga daya tahan tubuh maksimal. Anda juga bisa mendapatkan vaksin influenza untuk membentuk daya tahan tubuh maksimal.

  1. Campak

Campak disebabkan oleh serangan virus paramyxovirus. Di awal masa inkubasinya, virus paramyxovirus akan berlipat ganda di saluran pernapasan atas. Hal ini mengakibatkan timbulnya gejala batuk kering serta radang tenggorokan. Pada akhir masa inkubasi, virus akan menyebar ke seluruh bagian tubuh melalui darah. Akibatnya adalah timbul bercak merah di kulit.

  1. Herpes Zoster dan Cacar Air

Herpes zoster dan cacar air keduanya disebabkan oleh jenis virus yang sama yakni varicella zoster virus. Virus ini dapat menetap selama beberapa tahun di tubuh penderita ataupun langsung menyebabkan penyakit. Penyakit cacar air memiliki gejala demam, sesak napas, timbul gelembung air di kulit, serta pegal linu.

BAB III

PEMBAHASAN

Serangan virus pada tubuh penderitanya membutuhkan masa inkubasi yang berbeda-beda. Virus akan membutuhkan inang sebagai tempatnya berkembang biak. Kunci utama dari pencegahan infeksi virus adalah memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Oleh karena itu, pemberian vaksin menjadi salah satu cara mencegah virus karena dapat merangsang tubuh menghasilkan antibodi.

BAB IV

PENUTUP

Ada banyak penyakit yang disebabkan oleh serangan virus. Untuk mencegah serangan virus sebaiknya menjalani gaya hidup yang sehat.

Contoh Paper Singkat Kuliah

Contoh-Paper-Singkat-Kuliah

Efek Sosial Media Terhadap Perkembangan Mental Remaja

BAB I

PENDAHULUAN

Di era modern hari ini hampir seluruh kegiatan kehidupan dapat dilakukan dengan waktu yang sangat cepat berkat bantuan teknologi informasi. Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan dengan sangat cepat adalah kegiatan pertukaran informasi. Sosial media menjadi salah satu fenomena yang turut mengiringi perubahan gaya hidup masyarakat modern.

Remaja menjadi pihak yang paling utama menikmati perkembangan sosial media. Sosial media dianggap dapat menghubungkan orang dari satu tempat ke tempat lain yang sangat jauh. Maka, penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh sosial media terhadap perkembangan mental dan tingkah laku remaja. Penelitian ini dibatasi pada kaum remaja usia 12 sampai 18 tahun.

BAB II

LANDASAN TEORI

Melalui sosial media seseorang dapat berbagi informasi dari satu tempat kepada orang lain yang berada di tempat yang jauh. Di era globalisasi hari ini sosial media memainkan peranan yang sangat penting dalam menyebarkan suatu nilai dan budaya ke seluruh dunia. Meski memiliki peranan yang sangat penting, namun keberadaan sosial media bagai pisau bermata dua.

Pasalnya seringkali nilai-nilai dan budaya yang disebarkan di sosial media bukanlah budaya yang sesuai dengan kearifan lokal masyarakat. Budaya dan nilai yang sebarkan secara bebas tanpa ada penyaringan terlebih dahulu bisa berdampak terhadap kerusakan moral dan perkembangan emosi remaja.

BAB III

PEMBAHASAN

Meski secara alamiah sosial media merupakan sesuatu yang sangat baik, namun penggunaannya tentu harus dibatasi. Banyak ditemukan kasus ketergantungan remaja terhadap sosial media dan tokoh yang dilihat di dalamnya. Remaja menjadikan tokoh yang ada di sosial media sebagai standar baik dalam gaya hidup, penampilan, dan hal-hal lainnya.

Pada akhirnya penggunaan sosial media tanpa batas dan saringan di kalangan remaja menyebabkan banyak remaja mengalami gangguan terhadap fungsi emosional. Remaja menjadi sangat prematur dalam mengelola emosinya. Mereka pun menjadi orang-orang yang tidak percaya diri di dunia nyata dan lebih percaya diri jika di dunia maya.

BAB IV

PENUTUP

Sosial media sebagai sebuah alat sebenarnya bersifat netral. Namun, penggunaan tanpa batas dan tanpa disertai pemahaman akan nilai kehidupan yang mencukupi, dapat menyebabkan gangguan fungsi mental.

Contoh Paper Singkat Sekolah

Contoh Paper Singkat Sekolah

Fenomena Penyalahgunaan Obat-Obatan Terlarang di Kalangan Remaja

BAB I

PENDAHULUAN

Remaja merupakan kelompok usia yang memiliki tingkat penasaran terbesar di bandingkan kelompok sosial lainnya. Pasalnya masa remaja merupakan masa peralihan dari usia anak-anak menjadi usia dewasa yang dipenuhi oleh tanggung jawab. Usia remaja juga dicirikan oleh usia dengan emosi yang masih cukup labil, sehingga membutuhkan pengawasan lebih oleh orang tua.

Pada rentang usia ini remaja sangat beresiko terpapar oleh berbagai macam obat-obatan terlarang. Oleh karena itu, tepar ini bertujuan untuk menganalisa fenomena banyaknya penyalahgunaan obat-obatan terlarang di kalangan remaja Indonesia. Ruang lingkup penelitian dibatasi pada kelompok usia remaja, yaitu mulai dari 14 tahun sampai 19 tahun.

BAB II

LANDASAN TEORI

Kurangnya informasi sebelumnya dan bimbingan dari orang-orang terdekat menyebabkan banyak remaja jatuh ke dalam perilaku kecanduan narkoba. Umumnya, remaja mencoba narkotika karena rasa penasaran dan bujukan dari lingkungan pertemanan. Kecanduan narkoba di usia remaja dapat menyebabkan kerusakan pada hidup remaja tersebut dan putus sekolah.

BAB III

PEMBAHASAN

Mengkonsumsi obat-obatan terlarang, baik itu berjenis narkotika maupun obat biasa yang dikonsumsi dengan dosis tidak sesuai aturan, sangat berbahaya terhadap kondisi fisik dan perkembangan mental seseorang. Kerusakan pada fisik terutama organ hati maupun organ ginjal akan terjadi ketika kebiasaan mengkonsumsi obat-obatan terlarang terus dilakukan.

Konsumsi obat-obatan terlarang juga akan menimbulkan kerusakan motorik otak, kemudian melemahkan kemampuan emosional seseorang. Hal ini mengakibatkan remaja pecandu menjadi sangat tidak percaya diri ketika kondisi sadar dan akan terus menerus ingin mengkonsumsi obat terlarang. Oleh karenanya, banyak pecandu memiliki emosi sulit dikontrol dan perasaan tidak tenang.

BAB IV

KESIMPULAN

Remaja adalah kelompok usia yang menjadi kunci sukses pembangunan bangsa di masa mendatang. Oleh karena itu, dibutuhkan peran serta banyak pihak untuk mencegah terjadinya perilaku kecanduan obat-obatan terlarang di kelompok remaja.

Contoh Paper Singkat Sejarah

Contoh Paper Singkat Sejarah

Peradaban Emas yang Mengembangkan Ilmu Pengetahuan

BAB I

PENDAHULUAN

Sejarah merupakan bagian dari perkembangan kehidupan yang tidak boleh dilupakan oleh manusia yang datang kemudian. Melalui sejarah manusia dapat mempelajari kesalahan yang pernah dilakukan oleh orang-orang sebelumnya agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. Dari sejarah juga orang dapat belajar bagaimana untuk meraih kesuksesan.

Masa peradaban emas menjadi salah satu bagian babad sejarah yang sayangnya jarang dibicarakan. Padahal peradaban emas yang berada di Timur Tengah hingga menyebar ke berbagai benua adalah peradaban besar pada masanya. Peradaban ini telah menyumbangkan banyak hal terhadap kehidupan modern saat ini.

Tujuan paper ini adalah untuk memperkenalkan pembaca pada peradaban emas dan perannya terhadap ilmu pengetahuan modern. Ruang lingkup pembahasan pada paper ini hanya terbatas kepada peran peradaban ini terhadap ilmu pengetahuan.

BAB II

LANDASAN TEORI

Banyak masyarakat yang belum mengetahui bahwa di masa abad pertengahan terdapat suatu peradaban yang sangat maju dan juga bermartabat. Peradaban yang dikenal sebagai peradaban emas atau The Golden Age ini adalah peradaban yang berlokasi di daerah Timur Tengah, kemudian meluas menuju Afrika Utara hingga Eropa.

Peradaban yang ditopang oleh Kekhalifahan Islam ini telah berhasil membawa kejayaan di bidang ilmu pengetahuan. Peradaban emas ini berperan besar di dalam penjagaan ilmu pengetahuan peninggalan masa Yunani dan juga pengembangan ilmu pengetahuan tersebut.

BAB III

PEMBAHASAN

Ada banyak ilmu pengetahuan yang berkembang di masa peradaban emas Khilafah Islam. Ilmu pengetahuan yang berkembang terdiri dari ilmu pengetahuan kesehatan, kedokteran, ilmu astronomi, matematika, geografi, teknik, dan masih banyak lagi. Ilmuwan yang berjasa mengembangkan ilmu pengetahuan tersebut berasal dari kalangan pria dan wanita.

Dari kalangan wanita dikenal yang namanya Maryam Al Asturlabi. Beliau berjasa dalam mengembangkan alat navigasi perjalanan yang serupa dengan kompas. Ada pula ilmuwan yang yang pertama kali mendesain dan menguji coba peralatan terbang. Al Jazzari merupakan tokoh besar dalam bidang keteknikan hingga beliau dikenal sebagai Bapak Teknik Modern.

BAB IV

PENUTUP

Majunya ilmu pengetahuan di sebuah peradaban tentu didukung oleh lingkungan yang memadai. Penguasa pada saat itu sangat mendukung kemajuan ilmu pengetahuan. Peradaban Islam sangat berjasa terhadap perkembangan ilmu modern hari ini.

Contoh Paper Singkat Lingkungan

Contoh Paper Singkat Lingkungan

Pengaruh Masifnya Aktivitas Manusia Terhadap Parameter Kondisi Sumber Air

BAB I

PENDAHULUAN

Air merupakan salah satu kebutuhan utama manusia yang dapat diperoleh dari berbagai sumber. Sungai dan danau menjadi sumber mata air utama masyarakat. Sayangnya, aktivitas masif di sekitar sumber air turut berperan terhadap kerusakan kualitas air.

Pembuangan limbah, baik limbah rumah tangga dan limbah industri tanpa dikelola terlebih dahulu langsung ke sungai ataupun danau, akan menyebabkan penurunan kualitas air. Untuk memastikan kualitas air dapat digunakan beberapa parameter pemeriksaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa parameter yang digunakan dalam pengecekan kualitas air.

BAB II

LANDASAN TEORI

Ada tiga jenis parameter yang biasa digunakan untuk memeriksa kondisi kualitas badan air suatu sumber air. Parameter yang digunakan adalah TSS, BOD, dan COD. Parameter TSS adalah Total  Suspended Solid yang merupakan sisa-sisa dari kepadatan total yang kemudian tertahan akibat saringan dengan ukuran partikel padat maksimal atau melebihi ukuran partikel koloid.

Parameter TSS berperan terhadap tingkat kekeruhan suatu badan air, dengan menghalangi masuknya cahaya yang dibutuhkan oleh biota air untuk berfotosintesis dan menghalangi visibilitas perairan. Semakin tinggi nilai parameter TSS, maka artinya air sungai semakin keruh.

Parameter BOD diartikan sebagai jumlah oksigen yang dibutuhkan oleh mikroorganisme yang ada di dalam air untuk memecah bahan organik. BOD atau Biological Oxygen Demand menunjukkan seberapa besar oksigen yang dibutuhkan oleh organisme air untuk memproduksi makanan dan sumber energinya.

Semakin tinggi nilai BOD artinya organisme air membutuhkan lebih banyak oksigen untuk memproduksi sumber energi. Hal ini terjadi karena sumber makanan organisme diperoleh dari sumber organik yang berasal dari limbah aktivitas manusia atau limbah organik.

Sementara COD adalah Chemical Oxygen Demand yang menunjukkan ukuran jumlah oksigen yang diperlukan organisme untuk mengoksidasi zat organik dalam satu liter air. Parameter ini umum digunakan untuk memantau tingkat pencemaran air yang diakibatkan oleh zat organik yang dapat dioksidasi secara alami oleh mikroorganisme melalui proses mikrobiologis.

BAB III

PEMBAHASAN

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di beberapa sungai diperoleh bahwa semakin tinggi nilai dari ketiga parameter di atas menunjukkan semakin buruknya kualitas sumber air. Sungai yang memiliki parameter buruk terhadap kualitas air didominasi oleh sungai yang berada di wilayah perkotaan.

BAB IV

PENUTUP

Sangat penting untuk meningkatkan kesadaran masyarakat bersama terkait menjaga kebersihan sumber air. Diperlukan juga peran aktif dari pemerintah untuk membuat regulasi terhadap tindakan pencemaran lingkungan baik yang dilakukan oleh individu maupun korporasi.

Contoh Paper Singkat Psikologi

Contoh Paper Singkat Psikologi

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Selama Menghadapi Bencana

BAB I

PENDAHULUAN

Bencana baik itu bencana alam maupun bencana non alam seperti wabah penyakit menjadi salah satu hal yang sangat ingin dihindari semua orang. Bencana dapat menyebabkan perubahan terhadap pola hidup secara mendadak.

Banyak orang yang merasa tidak siap jika harus dihadapkan kepada bencana di sekitarnya. Pada akhirnya orang tersebut berisiko mengalami gangguan kesehatan mental.

BAB II

LANDASAN TEORI

Kesehatan mental sama halnya seperti kesehatan fisik harus dijaga dengan baik agar tubuh tetap dapat beraktivitas dan memaksimalkan potensi yang dimiliki. Sayangnya, banyak orang yang kurang memperhatikan aspek kesehatan mental, sehingga membiarkan rasa stres terus mengganggu pikiran. Padahal stres dapat menyebabkan timbulnya berbagai penyakit fisik.

BAB III

PEMBAHASAN

Sebenarnya ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghindari terjadinya gangguan kesehatan mental. hal pertama yang harus dilakukan tentu saja adalah menjauhi kebiasaan buruk, seperti merokok dan mengkonsumsi alkohol. Banyak orang yang ketika dalam kondisi stres justru mengonsumsi alkohol dan rokok dengan harapan dapat menurunkan stres.

Padahal yang terjadi adalah rokok dan alkohol akan semakin memperparah kesehatan mental. Anda juga sebaiknya rutin melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga agar tubuh dan pikiran menjadi lebih segar. Olahraga dapat merangsang tubuh untuk memproduksi hormon endorfin yang berperan meredakan gangguan mental seperti stres.

BAB IV

PENUTUP

Menjaga kesehatan mental sama pentingnya dengan menjaga kesehatan fisik terutama selama terjadinya bencana. Pasalnya, mental yang tidak sehat turut berperan terhadap timbulnya berbagai masalah penyakit fisik.

Contoh Paper Singkat Skripsi

Contoh Paper Singkat Skripsi

Analisis Tingkat Pencemaran Sungai dengan Metode Biotilik

  1. Latar Belakang

Sungai merupakan pemasok air bagi berbagai kebutuhan manusia dan juga makhluk hidup yang berada di sekitar aliran sungai. Namun, kepadatan rumah penduduk serta aktivitas industri yang semakin meningkat di era modern ini menyebabkan berbagai perubahan kondisi sungai. Perubahan kondisi sungai dapat mempengaruhi habitat hewan air di yang berada di perairan tersebut.

Perubahan terhadap komponen biologi yang mendiami suatu aliran sungai telah terbukti dapat digunakan sebagai indikator pencemaran perairan. Berdasarkan Undang-undang Air Bersih Nasional, telah ditetapkan bahwa hewan makroinvertebrata adalah parameter utama dalam memantau pengelolaan kualitas air.

  1. Tujuan

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memantau kondisi kualitas sungai berdasarkan keragaman biotilik yang berada di sungai tersebut.

  1. Metode Penelitian

Penelitian dilakukan di perairan sungai di daerah kota Bandung. Pengambilan sampel dilakukan pada 7 titik dengan masing-masing titik berada pada wilayah dengan aktivitas manusia paling tinggi dan titik sisanya adalah wilayah dengan aktivitas rendah. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian deskriptif analitik.

Pengambilan sampel dilakukan secara random dengan persebaran secara merata. Pembagian kategori hewan biotilik bagi ke dalam 4 jenis. Pembagian dibagi berdasarkan ketahanan hewan biotilik, yaitu sangat sensitif, sensitif, tahan, dan sangat tahan.

  1. Hasil Penelitian

Berdasarkan hasil pemeriksaan habitat fisik sungai di Kota Bandung diperoleh kesimpulan bahwa karakteristik substrat dasar sungai terkategori ke dalam kondisi buruk. Sehingga dapat disimpulkan berdasarkan pemeriksaan habitat fisik, sungai ini memiliki kualitas air yang cukup buruk. Hal ini terjadi karena beberapa faktor terutama penggunaan sungai yang tidak ramah lingkungan oleh warga.

Selain itu, aktivitas industri yang belum memfokuskan perhatiannya terhadap kondisi lingkungan turut berperan besar terhadap kerusakan kualitas air sungai. Sementara itu, pengambilan sampel terhadap hewan biotilik ditemukan bahwa tidak terdapat satupun hewan biotilik, baik dari kategori sangat sensitif terhadap pencemaran hingga kategori tahan terhadap pencemaran ditemukan di air sungai.

Sementara di salah satu sisi sungai dengan tingkat aktivitas manusia paling rendah, ditemukan hewan-hewan kecil berupa ikan yang memang masuk ke dalam kategori sangat tahan terhadap pencemaran. Namun, ikan kecil ini dalam kondisi memprihatinkan karena sudah banyak yang mati mengapung akibat limbah.

Contoh Paper Singkat Ekonomi

Contoh Paper Singkat Ekonomi

Pengaruh Kinerja Lingkungan Terhadap Kinerja Ekonomi Perusahaan

BAB I

PENDAHULUAN

Keberadaan suatu perusahaan di lingkungan masyarakat memiliki dampak positif dan juga dampak negatif. Bagai pisau bermata dua, keberadaan perusahaan tentunya membuka peluang lapangan kerja yang lebih besar terhadap masyarakat dan juga akan menyumbang pendapatan bagi daerah serta negara.

Namun, keberadaan perusahaan juga seringkali menimbulkan dampak negatif terhadap lingkungan aktivitasnya. Masih banyak perusahaan yang tidak mempertimbangkan keberlangsungan lingkungan tempat ia mengadakan aktivitasnya. Sehingga banyak ditemukan kondisi kerusakan lingkungan seperti udara, tanah, dan air akibat aktivitas yang dilakukan perusahaan.

Seringkali kinerja ekonomi perusahaan dibenturkan dengan kinerja lingkungan. Sehingga tidak heran jika kita sering menemukan kasus perusahaan yang tidak mau mengeluarkan biaya lebih untuk lingkungannya dengan alasan mengganggu keuangan perusahaan.

BAB II

LANDASAN TEORI

Kinerja ekonomi akan dilaporkan ke dalam laporan keuangan tahunan milik perusahaan. Keberhasilan seorang pemimpin perusahaan dapat dilihat salah satunya dari indikator laporan kinerja keuangan tahunan. Di dalam laporan kinerja keuangan tahunan akan tertera informasi berupa jumlah penjualan, tenaga kerja, dan aset yang dimiliki.

Maraknya kerusakan lingkungan akibat aktivitas perusahaan mendorong terbentuknya akuntansi lingkungan. Kinerja lingkungan berarti adalah usaha pelestarian lingkungan oleh perusahaan. Pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup mengeluarkan program dengan nama PROPER sebagai program pemerintah untuk meningkatkan kepedulian perusahaan terhadap lingkungan.

BAB III

PEMBAHASAN

Perusahaan dengan kinerja lingkungan yang baik akan cenderung memiliki citra perusahaan yang lebih baik di hadapan pemangku kepentingan. Pada akhirnya perusahaan akan lebih mampu menarik simpati banyak orang, baik itu masyarakat dan juga pejabat berwenang. Berdasarkan penelitian diperoleh trend peningkatan kinerja ekonomi seiring dengan semakin baiknya kinerja lingkungan.

BAB IV

PENUTUP

Sebagai sebuah institusi yang bergerak di bidang komersial, perusahaan sangat diharapkan untuk berperan aktif menjaga kelestarian lingkungan. Perusahaan dengan kinerja lingkungan yang baik terbukti dapat mendongkrak kinerja ekonomi perusahaan.

Beberapa contoh paper singkat di atas dapat membantu kita memahami cara penulisan paper yang baik. Dalam menuliskan paper, penulis harus menentukan judul terlebih dahulu, kemudian membuat kerangka penulisan. Paper dapat diambil dari kajian pustaka maupun melalui penelitian yang menghasilkan data sekunder. Selamat mencoba membuat karya ilmiah sendiri, semoga sukses!

9+ Contoh Paper Singkat : Ilmiah, Kesehatan, Kuliah Dll (Lengkap 2020)

 

Leave a Reply