36+ Hewan Langka Yang Hampir Punah (Salam Lestari) 3

36+ Hewan Langka Yang Hampir Punah (Salam Lestari)

Hewan Langka – Sebenarnya selain makhluk yang dikenal dan sudah teridentifikasi, terdapat banyak hewan langka yang unik dan jarang ditemukan baik di laut atau pun di darat. Hewan tersebut dikatakan langka, karena populasinya yang jarang ditemukan dan terancam punah. Selain itu, juga karakteristik tubuhnya yang cenderung berbeda dan menakjubkan. Berikut ini merupakan hewan langka yang ada di dunia. Baik di laut atau pun di darat.

  1. Hewan Langka Komodo

Hewan Langka Komodo

Hewan langka Komodo menjadi hewan langka dan dilindungi oleh undang-undang. Oleh karena itu, di Indonesia terdapat pulai khusus untuk populasi Komodo. Hewan ini juga terancam mengalami kepunahan. Hewan yang masuk ke dalam jenis Karnivora ini bisa dianggap sama seperti kadal yang telah melakukan evolusi.

Apabila tidak dilindungi, hewan ini bisa dijadikan objek dalam ajang perburuan liar. Apabila Komodo yang ada di pulau Komodo punah, maka sudah pasti Komodo tidak akan lagi. karena itu, dilakukan budidaya Komodo agar Jumlah bertambah dan tiidak mengalami kepunahan.

  1. Hewan Langka Jalak Bali

Hewan Langka Jalak Bali

Karena keindahannya, burung ini dahulu sering diburu dan diperjual belikan. Olehkarna itu, populasi dari burung ini bisa dibilang hampir punah. Anda akan jarang menemukan burung ini terbang bebas di alam liar. Burung ini memang dilindungi oleh undang-undang.

Jadi barang siapa yang memelihara atau memburu burung ini, maka akan dikenakan pasal dan mendapatkan hukuman tertentu. Upaya tersebut merupakan dedikasi pemerintah untuk melindungi agar hewan langka di Indonesia tidak menjadi punah dan bisa berbagai tempat hidup dengan makhluk hidup lain.

  1. Hewan Langka Macan Tutul Jawa

Hewan Langka Macan Tutul Jawa

Sebenarnya macan tutul banyak ditemui. Namun, macan tutul Jawa lebih tergolong pada hewan yang langka. Karakteristik hewan ini sangat berbeda dengan jenis macan tutul yang lainnya. macan tutul Jawa memiliki tubuh yang lebih kecil dari pada macan tutul biasanyanya. Meskipun demikian, macan ini memilki indra penglihatan yang sangat tajam.

Jadi, mempermudah apabila harus berburu dan memangsa. Macan ini awalnya berkembang di Indonesia dengan jumlah yang banyak. Namun, karena habitat yang ditempati sebelumnya rusak, maka macan ini kehilangan tempat tinggal dan terancam punah. Dengan demikian, pemerintah membuatkan Taman Nasional sebagai upaya perlindungan taman ini.

  1. Hewan Langka Dugong

Hewan Langka Dugong

Dugong merupakan jensi hewan langka yang saat ini terancam punah. Sebenarnya selain faktor keisengan manusia, penyebab Dugong punah adalah keadaan alam yang tidak menentu. Dugong memiliki kedekatan kekerabatan dengan gajah sehingga pada bagian tubuhnya terdapat bagian yang mirip seperti kaki gajah.

Manusia biasanya menangkapnya untuk diambil daging yang dikonsumsi. Bahkan minyak hewan ini juga bisa dimanfaatkan. Jadi, jika tidak dilindungi, maka tidak butuh waktu lama, hewan ini akan terancam punah dan tidak ada di dunia.

  1. Hewan Langka Penyu

Hewan Langka Penyu

Penyu merupakan hewan yang bisa dikatakan masuk ke dalam sejarah dan masih tergolong dalam jenis dinosaurus. Namun, hewan ini sudah terancam punah dan menjadi lanngka. Sebenarnya hewan laut ini memiliki bentuk tubuh dengan cangkang yang indah. Oleh karena itu, banyak yang memburu anak penyu. Karena masih dalam kekerabatan yang dekat dengan kura-kura, maka penyu memiliki bentuk yang mirip dengan kura-kura.

Bisa mencapai ukuran tertnetu dan juga termasuk hewan yang berumur panjang. Banyak yang memburu penyu untuk dijadikan koleksi dan sebagai ajang kepuasan diri. Tentu hal tersebut akan membuat populasi penyu di alam liar menjadi cepat punah dan tidak ditemui lagi.

  1. Hewan Langka Panda

Hewan Langka Panda

Hewan yang satu ini memang banyak yang menyukai. Meskipun termasuk menakutkan tapi hewan ini memiliki bentuk tubuh dan juga warna yang indah dan menjadi favorit banyak orang. Sebenarnya untuk kelangkaan hewan ini kebanyakan disebabkan dengan kondisi habitat yang ditempati. Dengan makanan yang paling disukai bambu, maka Panda sering kali mencari bambusebagai makanan utama yang diperlukan.

Sebenarnya Panda tidak hanya makan bambu saja, tetapi makanan lain juga yang memiliki nutrisi tinggi dan menjaga stamina yang dimiliki. Karena Panda memiliki tubuh yang besar, maka harus memiliki banyak energi agar mampu berpindah tempat dan melakukan aktivitasnya.

  1. Hewan Langka Gajah

Hewan Langka Gajah

Gajah bukanlah hewan yang mudah ditemui apabila Anda berjalan-jalan. Meskipun demikian, dahulu populasi gajah juga sangat banyak dan banyak ditemui. Karena usilnya manusia dan juga kondisi habitat yang terancam. Semakin lama jumlah gajah di bumi juga mengalami penurunan hingga menyebabkan gajah menjadi langka.

Karena untuk mencegah gajah menjadi punah, maka banyak yang membuat suatu taman konservasi atau kebun binatang yang berguna untuk menjaga kelestarian dari gajah. Termasuk hewan yang dilindungi dan dijaga habitatnya oleh pemerintah.

  1. Hewan Langka Badak

Hewan Langka Badak

Badak memiliki cula yang bisa dijadikan obat-obatan ampuh. Karena hal tersebut, badak selalu diburu secara brutal untuk diambil cula dan dibiarkan begitu saja. Pembantaian terhadap badak yang sangat tragis mengakibatkan banyak negara yang melindungi hewan tersebut dan dinyatakan hewan yang tidak boleh dibunuh atau di gunakan untuk keperluan apapun.

Jadi, saat ini seluruh pemerintah yang ada di dunia mengeluarkan undang-undang bahwasannya badak merupakan hewan yang dilindungi dan akan menghukum berat setiap orang yang memburu badak.

  1. Hewan Langka Merak

Hewan Langka Merak

Siapa yang tidak kagum dengan keindahan bulu yang dimiliki merak ketika sedang mekar. Binatang indah tersebut saat ini sangat dilindungi pasalnya banyak orang yang bertanggung jawab berusaha untuk menangkap jenis binatang ini.

Bukan hanya dijadikan hewan peliharaan, tetapi ada yang memanfaatkan dengan mengambil bagian bulunya. Karena bulu merak yang dinilai sangat indah dan dijadikan aksesoris yang dijual dalam kategori mahal. Tentu saja jika hal tersebut terus berlanjut, akan mengakibatkan kerusakan dan kepunahan pada merak.

  1. Hewan Langka Burung Cendrawasih

Hewan Langka Burung Cendrawasih

Burung Cendrawasih yang ada di Papua mmemang merupakan burung khas yang berasal dari Indonesia. dengan keindahan bulu dan bentuk tubuhnya, menjadikan hewan ini selalu menjadi buronan para pemburu.

Kebanyakan dari mereka ingin melakukan jual beli dan juga ada yang ingin memeliharanya. Dengan demikian, burung ini memiliki populasi yang sedikit di alam. Perlindungan dilakukann agar burung cendrawasih tetap memiliki populasi dan tidak menjadi punah.

  1. Hewan Langka Elang Flores

Hewan Langka Elang Flores

Jenis hewan yang satu ini tentu berbeda dengan jenis elang pada umumnya. Elang ini hanya ada di bagian flores, maka dinamai dengan elang Flores. Elang ini termasuk ke dalam hewan langka dikarenakan faktor perubahan alam. Sebagian besar telah punah dikarenakan tidak kuat karena ada cuaca yang ekstrim. Bahkan setelah dilakukan penelitian dan analisa, di dunia hanya tersisa tidak lebih dari 250 ekor saja. Tentu hal tersebut sangat memprihatinkan.

Cara yang dilakukan pemerintah dalam upaya mengatasi hal tersebut adalah melakukan budidaya dan perlindungan. Jadi, elang ini memang tidak boleh di buru atau pun dipelihara di rumah. Bagi yang melanggar akan dikenakan sanksi dari pemerintah.

  1. Hewan Langka Kucing Merah Kalimantan

Hewan Langka Kucing Merah Kalimantan

Kalimantan memang provinsi yang sangat unik. Terdapat banyak hewan langka yang ada di sana. Kucing merah Kalimantan sangat langka karena tidak sama dengan kucing pada umumnya. Kucing ini merupakan kucing lokal namun memiliki warna merah yang memenuhi seluruh tubuhnya.

Kucing ini langka dikarenakan bisa saja mengalami kepunahan apabila pemerintah tidak cepat mengambil langkat tegas. Bahkan ada suatu analisa yang mengatakan bahwa kucing ini berkurang hingga 20 persen untuk setiap tahunnya. Dengan demikian, pembudidayaan kucing ini amat diperlukan untuk menjaga kelangsungan hidupnya.

  1. Hewan Langka Kadal Berduri

Hewan Langka Kadal Berduri

Kadal ini terletak di daerah dataran Australia. Ditumbuhi duri di seluruh tubuhnya. Tentu saja duri tersebut berguna untuk menjaga kelangsungan hidupnya. Kadal tersebut hidup di dataran yang keras dan memerlukan duri agar hidupnay dapat terlindungi.

Karena cuaca yang sangat sangat ekstrim, membuat kadal ini semakin lama semakin berkurang karena tidak bisa melalui perubahan iklim. Dengan demikian, hewan ini termasuk hewan langka yang jarang ditemukan keberadaanya.

  1. Hewan Langka Ikan Arwana Merah

Hewan Langka Ikan Arwana Merah

Lagi-lagi Kalimantan memilikihewan langka yang terancam punah yaitu, ikan Arwana Merah. Ikan ini memiliki sisik berwarna merah menyala di seluruh tubuhnya. Hewan ini menjadi langka karena adanya penanngkapan secara besar-besaran. Memiliki daging yang mepuk dan lezat, membuat setiap orang tertarik untuk merasakan kelezatan dari aArwana Merah. Bukan hanya itu, karena adanya pencemaran lingkungan air, mengakibatkan ikan ini semakin langka dan mati.

  1. Hewan Langka Kura-Kura Leher Ular

Hewan Langka Kura-Kura Leher Ular

Sangat berbeda dnegan jenis kura-kura pada umumnya. Kurua-kura yang satu ini memiliki keunikan tersendiri yaitu berupa leher yang panjang. Karena panjangnya leher, mengakibatkan kura-kura ini disebut memiliki kepala yang menyerupai ular. Namun, yang perlu digaris bawahi adalah hanya menyerupai saja, sifatnya tetap menjadi kura-kura.

Kemudian karena tempurungnya yang tidak terlelu panjang dan kecil, membuat kura-kura jenis ini kesulitan menggunakan tempurung untuk melindungi tubuhnya. Jadi, meskipun telah memasukkan seluruh bagian tubuhnya, tetap saja tidak muat sehingga bagian kepala pasti terdapat diluar. Hewan ini langka dan sulit sekali untuk ditemui di alam bebas.

  1. Hewan Langka Kanguru Pohon

Hewan Langka Kanguru Pohon

Kanguru pohon merupakan jenis Kanguru yang langka. Meskipun memiliki tubuh yang lebih kecil, namun cara hidup dan kebiasaannya sama dengan Kanguru pada umumnya. Memiliki kantong anak dan berjalan dengan cara melompat. Tetapi, yang membedakan adalah tempat hidup. Kanguru pohon lebih suka hidup di pohon dan berloncatan di atas pohon. Dengan demikian, dia bisa melindungi diri dari pemangsa atau predator.

Meskipun demikian, Kanguru pohon juga mengalami kepunahan. Kepunahan tersebut dikarenakan tempat hidupnya yang tidak aman dan terusik. Seperti penebangan liar yang mengakibatkan Kanguru ini kekurangan tempat untuk bernaung.

  1. an Langka Macan Tutul Amur

an Langka Macan Tutul Amur

Macan ini merupakan hewan yang sangat langka. Macan ini memiliki kulit yang sangta indah, jadi banyak pemburu yang memburu dan mengambil bagian kulitnya untuk diproduksi menjadi berbagai barang mahal dan diperjual belikan. Bahkan, setelah dilakukan analisa macan jenis ini memiliki populasi yang tidak mencapai 30 ekor.

Dengan demikian, banyak pemerintah dari berbagai negara yang berupaya untuk melestraikan macan ini agar tidak punah. Macan ini benar-benar dilindungi dari para tangan orang yang tidak bertanggung jawab.

  1. Hewan Langka Saola

Hewan Langka Saola

Mungkin kebanyakan orang tidak mengetahui hewan seperti apa soala. Soala sebenarnya memiliki kemiripan dengan hewan sejenis kambing dan juga sapi. Soala sendiri saat ini sedang diupayakan oleh pemerintah untuk dilakukan budidaya dan juga menjaga kelestariannya agar tetap ada. Hewan ini sebenarnya sudah mulai langka dari dahulu.

Bahkan jumlah keseluruhan hanya terdapat sekitar puluhan saja. Maka melestarian hewan ini merupakan pilihan terbaik agar keanekaragaman satwa tetap terjaga. Bukan hanya diakibatkan oleh pemburu, kelangkaan juga disebabakan oleh kondisi lingkungan yang ternyata tidak mendukung tempat hidup hewan ini.

  1. Hewan Langka Harimau Sumatera

Hewan Langka Harimau Sumatera

Harimau Sumatera merupakan bentuk kekayaan satwa yang ada di Indonesia. namun, sayangnya karena habitatnya yang terganggu mengakibatkan harimau ini sering mengalami kematian. Akibat kematian yang tidak terelakkan, maka jumlah populasi harimau ini tidak lebih dari 500 ekor.

Pemerintah dengan sigap membangun suatu taman nasional. Dengan tujuan agar melindungi harimau dari kepunahan. Meskipun demikian, harimau yang di tempatkan di taman nasional juga banyak yang mengalami kematian.

  1. Hewan Langka Harimau Siberia

Hewan Langka Harimau Siberia

Harimau yang ini sama dengan harimau sebelumnya yang mengalami kelangkaan dan terancam punah. Harimau ini merupakan jenis yang paling besar dan paling ganas. Meskipun demikian, karena kulitnya, orang tetap berani melakukan perburuan. Bahkan mengakibatkan jenis harimau ini menjadi langka.

Harimau ini dinobatkan sebagai hewan langka dan wajib dilindungi. Karena jika tidak demikian, maka dalam waktu singkat harimau ini bisa punah akibat tangan orang yang tidak bertanggung jawab.

  1. Hewan Langka Lemur Bambu Besar

Hewan Langka Lemur Bambu Besar

Afrika biasa disebut tempat satwa langka dan unik. Salah satu hewan langka yang berasal dari daerah Madagaskar Afrika adalah Lemur. Lemur berada di Afrika dan bisa menerima setiap iklim yang ada di Afrika. Namun, akibat pemanasan global sehingga mengakibatkan perubahan iklim yang bisa dibilang lebih ekstrim, membuat hewan ini tidak bisa menjaga kelangsungan hidupnya.

Dengan demikian kepunahan tidak bisa terhindarkan. Bukan hanya itu, setiap kali terjadi cuaca ekstrim yang diluar prediksi, maka populasi dari hewan ini akan mengalami penurunan secara besar-besaran. Bisa dibilang saat inipopulasi dari lemur bamboo besar tdak lebih dari 200 ekor.

  1. Hewan Langka Tupai Jepang

Hewan Langka Tupai Jepang

Tupai Jepang memiliki perbedaan dengan tupai yang sering Anda jumpai. Tupai jepang memiliki warna bulu yang unik. Kombinasi warna merah terang, membuat tupai ini sangat menarik dan enak di pandang. Namun, semakin berjalan waktu tupai ini mengalami yag namanya kepunahan. Kepunahan disebabkan adanya perusakan habitat. Sehingga tupai jepang kebingungan untuk menjaga kelangsungan hidupnya.

Dengan demikian, banyak tupai Jepang yang mengalami kematian. Bahkan apabila Anda berkunjung kde negara tersebut, maka akan sangat jarang bahkan tidak mungkin dijumpai. Hewan langka yang satu ini seperti tidak ingin menunjukkan diri. Selain itu, karena jumlahnya yang sedikit membuat hewan ini juga sulit untuk terlihat oleh manusia.

  1. Hewan Langka

Hewan Langka

Ibis Jepang merupakan hewan yang sangat indah dan berusaha dijaga oleh pemerintah. Ibis Jepang mengalami penurunan jumlah yang sangat pesat. Tentu saja penurunan burung ini diakibatkan kondisi alam yang tidak lagi se asri dahulu. Karena banyaknya polusi, membuat burung ini kesulitan untuk mempertahankan hidupnya. Bagi yang belum mengetahui burung ini, Ibis memiliki bentuk yang hampir sama dengan bangau.

Bedanya apabila bangau memiliki bentuk tubuh yang besar. Burung ini memiliki tubuh yang lebih kecil dari bangau. Dengan warna merah yang terang membuat burung ini nampak indah apabila diperhatikan. Burung ini tersebar hingga ke negeri tetangga. Bisa ditemuan di wilayah dataran China dan negara Korea.

  1. Hewan Langka Kucing Iriomate

Hewan Langka Kucing Iriomate

Kucing yang berasal dari Jepang ini memang sangat menarikk perhatian. Hal tersebut dikarenakan kondisi bulu dan juga penampilannya yang sangat menarik. Bukan hanya dikarenakan bulunya yang tebal saja, tetapi ukuran kucing yang besar dari pada kucing biasanya. Terkait warna yang dimiliki kucing ini sangat menarik.

Bulu hitam dan sedikit kemerahan membuat kucing ini sangat digemari untuk dijadikan peliharaan. Namun, sayangnya semakin lama, keberadaan kucing tersebut terancam mengalami kepunahan. Dengan demikian, pemerintah Jepang memasukkan kucing ini ke dalam daftar hewan langka dan wajib dilindungi. Pemeliharaan secara pribadi dan juga jual beli yang dilakuka terhadap kucing ini akan dikenai sanksi yang serius.

  1. Hewan Langka Wombat Hidung Berbulu

Hewan Langka Wombat Hidung Berbulu

 Hewan ini menjadi hewan yangdianggap langka bukan karena tanpa alasan. Negara Australia dulu pernah mengalami kepunahan hewan ini. Kemudian dalam jangka 5 tahun, ditemukan kembali bahwa ternyata habitatnya masih ada. Namun, yang menjadi amsalah adalah, populasi yang ditemukan terlalu sedikit dalam satu negara. Dengan demikian, Australia memberlakukan suatu undang-undag tentang wajibnya perlindungan pada jenis hewan ini.

Kelangkaan atau kepunahan yang terjadi pada Wombat diakrenakan adanya kerusakan alam yang mengakibatkan habitat Wombat ini menjadi terancam. Perubahan iklim ekstrim serta cuaca yang sangat drastic mengakibatkan hewan ini mengalami kesulitan dalam mempertahankan kehidupannya.

  1. Hewan Langka Pika Cina

Hewan Langka Pika Cina

Sebenarnya terkait dengan keberadaan hewan ini sedikit diragukan. Pasalnya hewan ini disebut-sebut telah mengalami kepunahan. Kepunahan diakibatkan bukan saja karena kondisi alam saja, tetapi juga dikarenakan tangan usil manusia yang ingin menjadikan hewan ini sebaga peliharaan. Penangkapan hewan ini memang digunakan untuk peliharaan dan diperjual belikan.

Pasalnya memiliki bbnetuk fisik yang bisa dibilang indah. Bahkan apabila diperhatikan, hewan ini sedikit mirip dengan beruang. Namun, pada bagian kepala dan kiki seperti kelinci. Tentu saja sangat menarik. Kemudian yang lebih menarik dan imut adalah tubuhnya yang gemuk dengan warna cokelat yang indah. Serta memilikki bulu pelindung yang halus.

  1. Hewan Langka Katak Api

Hewan Langka Katak Api

Katak Api tergolong ke dalam jenis katak yang memiliki ukuran tubuh lumayan besar. Katak ini juga tidak sama deperti katak pada umumnya yang memiliki warna mayoritas hijau atau cokelat. Katak ini memiliki warna merah yang menyala. Katak ini jarang sekali ditemukan. Tentu saj dikarenakan adanya kelangkaan akibat semakin lama jumlah katak semkain menurun.

Penurunan populasi katak mengakibatkan katak ini menjadi salah satu hewan yang sangat dilindungi dan tidak diperbolehkan untuk diburu. Penyebab kelangkaan yang terjadi pada katak ini, dikarenakan banyak yang percaya bahwa katak ini bisa dijadikan obat untuk mengobati jenis penyakit tertentu.

Meskipun demikian, penangkapan katak dalam jumlah yang besar tidak diperbolehkan. Selain itu, kondisi iklim yang tidak stabil membuat katak ini tidak bisa bertahan hidup dan mengalami kematian.

  1. Hewan Langka Tupai Merah

Hewan Langka Tupai Merah

Tupai jenis ini bisa dibilang hampir mengalami kepunahan dan masuk ke dalam kategori hewan yang langka. Tupai ini terancam dikarenakan banyak sekali hama yang menyerang. Penyerangan hama pada tupai merupakanhal yang wajar.

Namun, sangat berbeda dengan tupai jenis ini. Banyaknya hama yang menyerang mengakibatkan tupai ini tidak bisa melangsungkan hidup dan terancam mengalami kepunahan. Bahkan akan sangat jarang sekali tupai jenis ini ditemukan. Meski berada di habitat aslinya.

  1. Hewan Langka Landak Hedgehok

Hewan Langka Landak Hedgehok

Ketertarikan orang diakibatkan karena bentuknyayang menarik dan sangat imut. Landak ini memiliki bentuk yang mini dengan warna tubuh bersih. Bahkan hampir setiap orang melakukan perburuan pada landak ini untuk memuaskan kesenangan hati mereka. Hingga tanpa sadar, akibat perbuatan tersebut, landak jenis ini menjadi lebih langka dan tidak ditemui lagi.

Karena terlalu banyak yang berminat dengan hewan yang satu ini, maka hewan ini pernah mengalami penuruan yang sangat besar. Bisa mencapai 66 persen. Tentu saja angkat tersebut angka yang sangat besar. Bisa jadi, landak jenis ini jika tidak dilindungi akan cepat mengalami kepunahan.

  1. Hewan Langka Katak Natterjack

Hewan Langka Katak Natterjack

Setiap negara memiliki hewan langka yang menjadi ciri kahs dari negara tersebut. Seperti jenis katak yang satu ini yang terdapat di daerah inggris. Sebenarnya kemungkinan hewan ini mengalami kepunahan bisa dibilang amat kecil. Hal tersebut dikarenakan, apabial berkembang biak, hewan ini bisa mencapai jumlah ribuan.

Namun, kondisi iklim yang selalu berubah akibat pemanasan global dan lain-lain, mengakibatkan hewan ini tidak bisa bertahan dan mengalami kepunahan. Katak ini memang sanbat berbeda dari katak pada umumnya.

Perbedaan bukan hanya terletak pada kondisi fisik saja, tetapi juga warna tubuh dan gaya hidup sang katak. Katak ini lebih sensitive terhadap perubahan lingkungan yang terjadi secara tiba-tiba. Karena hal tersebut, maka katak ini sangat rentan mengalami kepunahan.

  1. Hewan Langka Burung Tutle Devos

Hewan Langka Burung Tutle Devos

Apabila Anda melihat burung ini secar sekilas, maka akan sangat mirip dengan burung yang ada di Indonesia yaitu burung Merpati. Tetapi tentu saja kedua burung tersebut sangat berbeda. Perbedaan terletak pada bagian warna yang ada pada burung ini. Selain itu, coraknya mengakibatkan banyak orang yang tertarik.

Sehingga melakukan perburuan secara besar-besaran. Burung yang habis akibat perburuan ini, juga terancam hilang akibat kondisi iklim yang terjadi di Inggris. Bahkan apabila Anda mencarinya, maka akan sangat sulit menemukannya. Karena bisa dibilang hampir 93 persen, burung ini menghilang akibat mati.

  1. Hewan Langka Hiu Sentani

Hewan Langka Hiu Sentani

Ikan Hiu merupakan jenis ikan Karnivora yang bisa dibilang sangat menakutkan. Apabila mendengar kata hiu, pasti yang terlintas adalah pembantai yang kejam dengan gigi besar dan tajam. Hiu Sentani merupakan jenis hiu dengan keadaan moncong bibir yang memiliki bentuk seperti gergaji. Akibat dari moncongnya yang pipih membentuk gergaji, membuat bagian kepala juga turut memiliki bentuk pipih.

Hiu ini merupakan jenis hiu yang dilindungi karena tergolong langka dan hampir punah. Bahkan jumlah populasi hiu ini semakin berkurang. Berkurangnya hiu ini tetu saja akan mengakibatkan terganggunya keseimbangan ekosistem air. Punahnya hiu ini diakibatkan karena adanya gangguan yang terjadi pada habitat asli dari hiu ini. Jadi, hiu kerap harus berpindah tempat agar mendapatkan kehidupan yang lebih layak.

Namun, karena keadaan tempat baru yang tidak cocok mengakibatkan hiu ini menjadi mati dan tidak bisa mempertahankan diri. Selain itu, banyak pula yang melakukan perburuan pada hiu ini. Perburuan dilakukan untuk keperluan komersil dan memperkaya diri. Bagian tubuh yang diinginkan dari hiu ini adalah bagian moncong gergajinya.

  1. Hewan Langka Ikan Arwana Irian

Hewan Langka Ikan Arwana Irian

Berbeda dengan ikan Arwana yang sering dibudidayakan. Ikan ini memiliki warnna tubuh yang indah. Bukan hanya warna, bahkan corak yang ada pada tubuh ikan ini sangat menari. Dengan demikian, pencarian ikan ini kebanyakan digunakan untuk keperluan pemeliharaan. Apabila hal tersebut tidak dicegah dan terus berlanjut maka sudah pasti akan mengakibatkan populasi ikan ini menjadi langka.

Meskipun telah dianggap dan dinobatkan sebagai ikan yang dilindungi undang-undang, tetap saja banyak orang yang tidak memperdulikan dan melakukan penangkapan pada ikan ini. Bahkan apabila menemukan ikan dengan ukuran yang besar, mereka akan mengkonsumsinya.

Ikan arwana ini semakin lama semakin menurun jumlah populasinya. Bahkan apabila tidak segera ditangani, maka bisa-bisa punah. Apabila Anda mencarinya di perairan lepas, maka akan sangat jarang ditemukan.

  1. Hewan Langka Kuda Nil

Hewan Langka Kuda Nil

Kuda Nil termasuk ke dalamm hewan Omnivora yang bisa hidup di dua alam sekaligus. Jadi, termasuk ke dalam jenis hewan Ampibi. Kekuatan giginya membuat hewan ini bisa menghancurkan berbagai hal yang masuk ke dalam mulutnya. Hewan dengan tubuh yang besar dan gemuk ini berasal dari perairan Afrika. Meskipun demikia, hewan ini telah tersebar hampir diseluruh perairan.

Hewan yang satu ini memang sangat menakutkan apabila membuka mulutnya. Karena mulutnya yang lebar, hewan ini bisa memakan mangka yang sangat besar. Kekuatan rahangnya juga tidak bisa diragukan. Namun, sayangnya hewan yang satu ini terancam mengalami kematian. Hal tersebut dikarenakan kondisi iklim yang berubah dan tidak sesuai dengan kondisi tubuh kuda Nil.

Dengan demikian, saat ini hewan ini termasuk ke dalam spesies yang langka dan dilindungi oleh negara. Jadi, tidak boleh di tangkap, dikomersikan hingga di pelihara. Selain dapat mengakibatkan kepunahan, hewan ini juga tergolong ke dalam jenis hewan yang berbahaya.

  1. Hewan Langka Orang Utan

Hewan Langka Orang Utan

Apabila dilihat secara langsung, orang utan sama dengan kera pada umumnya. Namun, yang membedakan orang utan memiliki ukuran yang besar, bahkan bisa sampai melebihi ukuran orang tua. Hewan yang satu ini hidup di kawasan Asia Tenggara. Khususnya negara Indonesia dan Malaysia.

Hewan yang memiliki habitat di hutan lebat ini semakin lama semakin mengalami kepunahan. Kepunahan diakibatkan oleh kondisi habitat yang tercemar. Seperti pembakaran hutan yang sangat liar dan sebagainya. Bahkan apabila diperhitungak, jumlah Orang Utan tidak mencapai 10.000 ekor.

  1. Hewan Langka Gorila

36+ Hewan Langka Yang Hampir Punah (Salam Lestari) 4

Gorila merupakan hewan langka yang hanya ada di negara Afrika. Namun, saat ini dibeberapa dunia juga terdapat Gorila. Gorila merupakan hewan yang wajib dilindungi. Dikarenakan jumlah spesiesnya di dunia yang hanya sedikit. Gorilla sendiri memiliki kemiripan dengan Malaysia. Sehingga juga memiliki karakter sama. Seperti sama-sama omnivore. Namun, hewan ini lebih suka makan buah dan serangga dalam kehidupan keseharian.

Salah satu karakteristik khusus pada hewan ini adalah kondisi tubuh yang besar dan juga memiliki otot yang besar. Sehingga tergolong hewan yang sangat kuat dan kokoh. Namun, karena habitatnya yang terganggu, hewan ini sering mengalami kematian. Jadi, bisa dibilang hewan yang hampir punah.

Sebagai manusia, hendaknya kita selalu hidup berdampingan dengan makhluk lain. Seperti halnya menjaga lingkungan hidup yang dimiliki, kita juga harus memberikan lingkungan hidup yang layak pada makhluk lainnya.

Perburuan yang dilakukan sebagai ajang untuk memuaskan diri sebaiknya segera dihentikan. Karena jika banyak hewan yang mengalami kelangkaan bahkan sampai kepunahan, maka ekosistem baik darat atau air akan terganggu. Jadi, lebih baik berpikir terlebih dahulu sebelum bertindak.

36+ Hewan Langka Yang Hampir Punah (Salam Lestari)

Leave a Reply