Contoh Teks Eksemplum

9+ Contoh Teks Eksemplum Lengkap Terbaru 2020

Contoh Teks Eksemplum – Dalam pelajaran Bahasa Indonesia terdapat beberapa jenis teks, salah satunya adalah teks eksemplum. Teks ini memiliki kerangka bacaan yang runtut, sehingga mudah dipahami. Di bawah ini merupakan beberapa contoh teks eksemplum dengan berbagai tema tanpa dijelaskan bagian-bagiannya. Artinya adalah kamu bisa belajar mengidentifikasi bagian-bagiannya.

Secara umum, teks eksemplum terdiri atas abstrak (pengantar), orientasi (pengenalan tokoh), insiden (peristiwa), interpretasi (pesan moral), dan koda (penutup). Dengan alur cerita yang runtut, maka akan memudahkan pembaca dalam memahami isi bacaan tersebut. Dalam membuatnya, Anda perlu mempersiapkan inti interpretasi terlebih dahulu, dilanjutkan bagian abstrak hingga akhir.

Contoh Teks Eksemplum Peristiwa Alam

Contoh Teks Eksemplum Peristiwa Alam

Tanah Longsor di Desa Jayawarta

 Abstrak

Pada tanggal 12 Maret 2019, telah terjadi tanah longsor yang menimpa Desa Jayawarta. Kondisi desa tersebut sekarang masih kacau dan banyak korban yang belum ditemukan. Tim SAR yang dibantu oleh aparat pemerintah lain seperti TNI, Polri, dan yang lainnya ikut serta dalam pencarian ini. Warga sekitar juga turut membantu keluarga lain yang belum ditemukan.

Orientasi

Warga Desa Jayawarta masih syok dengan bencana yang menimpa mereka. Pasalnya, kejadian ini terjadi secara cepat dan sebagian besar dari mereka tidak sempat menyelamatkan diri. Ada sekitar 10 kepala keluarga yang terkena dampak tanah longsor ini.

Insiden

Kejadian bermula pada 12 September 2019, tepatnya pukul 05.30 WIB. Pada saat itu hujan deras masih mengguyur sejak semalam dan sebagian besar warga tidak ada yang berani keluar rumah. Beberapa menit kemudian terdengar suara gemuruh yang tidak jauh dari pemukiman. Mendengar suara tersebut ada seorang warga yang keluar untuk mengecek kondisinya.

Ternyata kondisi tanah sudah mulai turun dan berlangsung dengan sangat cepat. Warga yang mengetahui hal tersebut langsung berteriak; “Tanah longsor!”. Mendengar teriakan tersebut, warga langsung berhamburan keluar rumah tanpa payung dan membawa barang-barang lainnya.

Beberapa warga yang tidak mendengar teriakan tidak sempat menyelamatkan diri dan masih dalam pencarian oleh tim SAR. Warga Desa Jayawarta langsung menyelamatkan diri ke tempat yang lebih aman sambil meneriaki warga yang masih ada di dalam rumah. Tanah longsor berlangsung secara cepat dan tidak ada yang bisa menghentikan.

Kondisi ini diperparah dengan adanya penebangan pohon yang tidak terkendali di atas pemukiman warga. Masyarakat setempat juga tidak melakukan reboisasi hutan dan pentingnya menjaga alam. Adapun total kerugian dari bencana ini diperkirakan hingga ratusan juta rupiah.

Interpretasi

Warga Desa Jayawarta menyesal atas tindakan yang mereka lakukan. Bencana yang baru saja menimpa mereka memberikan pelajaran berarti bahwasanya alam perlu dijaga kelestariannya. Penebangan pohon juga sebaiknya dilakukan secara selektif dan reboisasi hutan dilakukan secara berkala.

Koda

Atas kejadian ini, pemerintah daerah akan lebih mengawasi segala aktivitas masyarakat setempat. Warga juga akan diberikan edukasi terkait dampak dari penebangan pohon, mitigasi bencana dan sebagainya. Masyarakat luar desa diharapkan mengambil hikmah dari kejadian ini dan mencegah peristiwa ini.

Contoh Teks Eksemplum Tentang Liburan

Contoh Teks Eksemplum Tentang Liburan

Liburan ke Pantai Indramayu

Abstrak  

Liburan kenaikan kelas telah tiba dan kesempatan ini biasanya dimanfaatkan untuk berlibur ke tempat wisata. Aku sangat menantikan momen ini karena bisa melepaskan diri dari banyaknya tugas yang diberikan oleh guru. Liburan kali ini aku dan sekeluarga memutuskan untuk pergi ke Pantai Indramayu sekaligus mengunjungi rumah nenek kami.

Orientasi

Kami yang terdiri atas aku, ayah, ibu, kakak laki-laki, dan perempuanku mulai berangkat ke rumah nenek pukul 10 pagi. Pukul 4 sore kami tiba di rumah nenek dan memutuskan untuk beristirahat dan bersiap untuk hari esok. Jarak dari rumah nenek ke Pantai Indramayu cukup dekat, hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam saja.

Insiden

Pagi harinya sekitar pukul 9 pagi kami sekeluarga melakukan perjalanan menuju ke pantai. Sesampainya di sana, aku langsung berlari ke arah bibir pantai dan langsung bermain air. Kedua kakakku langsung mengikutiku setelah membawa peralatan yang kami bawa. Kami bermain air, membuat istana dari pasir, dan melakukan hal menyenangkan lainnya.

Hingga ketika sore hari saat aku menikmati sunset sambil berfoto di bibir pantai, tiba-tiba ada ombak yang datang menghantam. Aku yang tidak menyadari kedatangan ombak tadi langsung terhuyung dan jatuh. Melihat kejadian ini, kedua kakakku yang berdiri dari kejauhan langsung berlari dan menghampiriku.

Baik kedua kakakku ataupun orang tuaku langsung memasang wajah khawatir dari kejadian barusan. Aku sendiri ceroboh karena sibuk berfoto tanpa memperhatikan kondisi sekitar dan sempat terseret ombak sedikit. Untungnya aku langsung bergerak cepat untuk bangun dari menyingkir dari bibir pantai.

Interpretasi

Peristiwa tadi memberikan pelajaran dan pengalaman berarti bagiku bahwasanya ketika berada di suatu tempat, kita harus berhati-hati. Memperhatikan kondisi sekitar dan tanda-tanda alam ketika sedang berada di alam bebas sangatlah penting agar kejadian seperti tadi tidak terjadi lagi.

Koda

Meskipun liburan kali ini terdapat suatu musibah yang terjadi secara mendadak, namun aku tetap merasa senang dan bersyukur masih bisa selamat. Sisa liburan sekolah masih lama dan sepertinya aku akan berlibur ke tempat lainnya.

Contoh Teks Eksemplum Tentang Corona

Contoh-Teks-Eksemplum-Tentang-Corona

Abstrak

Covid-19 atau Corona merupakan virus yang pada akhir tahun 2019 silam menyerang negara China dan awal tahun 2020 mulai masuk ke negara lain. Penyebarannya yang luas dan cepat ini membuatnya disebut sebagai pandemi baru. Indonesia juga menjadi salah satu negara yang mengalami pandemi ini.

Orientasi

Corona merupakan salah satu jenis virus yang penyebarannya sangat cepat dan melalui perantara manusia. Di Indonesia sendiri mengumumkan kasus pertamanya pada awal bulan Maret silam dan langsung melakukan tracking. Pemerintah langsung memberikan anjuran penggunaan masker, menjaga jarak, dan menjaga kebersihannya masing-masing.

Insiden

PSBB menjadi salah satu cara pemerintah untuk mengendalikan pandemi ini dan pada beberapa wilayah dapat ditekan angka positifnya. Namun,setelah terjadi pelonggaran PSBB dan kembali ke sesi New Normal, kasus positif mulai naik lagi. Ini terjadi karena ketidak disiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

Kenaikan angka positif ini tidak hanya terjadi di Jakarta sebagai pusat pemerintahan, namun di provinsi lainnya seperti 3 provinsi Jawa, Bali, Sulawesi Selatan, Sumatera Utara dan lain sebagainya. Padahal tracking Covid-19 ini tidak mudah dan kapasitas bed di RS rujukan sudah mulai menipis. Ini menjadi tantangan bagi sektor kesehatan Indonesia dalam menangani pandemi ini.

Interpretasi

Melihat kondisi yang tidak semakin terkendali yang disebabkan oleh masyarakat itu sendiri, sebaiknya masing-masing dari kita sadar diri. Selalu patuhi protokol kesehatan, jaga pola tidur, makan, dan lakukan gaya hidup yang sehat. Pandemi seperti ini harus dilawan bersama, bukan hanya orang-orang yang peduli saja.

Koda

Masing-masing orang sebaiknya mematuhi protokol kesehatan dan menghindari kerumunan untuk sementara waktu. Virus ini tidak pandang bulu dan bisa menyerang siapa saja, maka bersiaplah untuk kemungkinan yang terburuk.

Contoh Teks Eksemplum Cerita Rakyat 

Contoh Teks Eksemplum Cerita Rakyat

Harimau dan Kura-Kura

Abstrak

Di sebuah hutan yang luas, terdapat berbagai macam hewan yang hidup dan berkompetisi satu sama lain. Harimau menjadi salah satu hewan buas yang ditakuti oleh hewan hutan lainnya karena memiliki kecepatan berlari dan memburu yang baik.

Orientasi

Seekor harimau laki-laki yang masih kecil bernama Fury sedang berjalan-jalan di bagian Selatan. Badannya sangat kuat, gigi taringnya sudah mulai bermunculan, dan siap memburu mangsanya. Fury merasa di masa depan nanti akan menjadi harimau terkuat karena tubuhnya lebih baik dibandingkan harimau seusianya.

Insiden

Suatu ketika ada harimau tua yang meminta Fury untuk berbagi makanan, namun ditolak tegas oleh Fury. Seiring berjalannya waktu, kesombongan Fury semakin meningkat dan menjadi harimau yang egois dan tamak. Begitu juga saat Fury bertemu dengan seekor kura-kura yang sudah tua, memiliki tempurung besar dan kuat.

Ketika Fury sedang berjalan-jalan di hutan, tidak sengaja menginjak kura-kura tersebut dan hampir terjatuh. Kura-kura tadi tidak bereaksi agar Fury mengetahui keberadaannya. Sebaliknya, Fury justru memaki kura-kura tersebut; “Dasar kura-kura tua! Hampir saja aku terpeleset jatuh.” Bukannya minta maaf, Fury justru menendang kura-kura tersebut.

Dengan tatapan kecewa dan sedih, kura-kura tersebut berkata; “Suatu hari ketika usiamu semakin beranjak dewasa, kamu akan memahami bahwa di atas langit masih ada langit.” Tanpa menghiraukan perkataan kura-kura tadi, Fury langsung pergi begitu saja. Kura-kura tua tersebut hanya diam dan berharap agar semesta menyadarkan kelakuan dari harimau muda itu.

Hari selanjutnya sang harimau bertemu lagi dengan kura-kura tersebut. Tiba-tiba hujan turun dengan sangat deras bersamaan dengan petir yang menyambar. Kura-kura tua tersebut langsung berlindung di dalam tempurung miliknya. Fury, sang harimau muda tersebut ketakutan dan kebingungan mencari tempat berlindung. Melihat kura-kura tua yang berlindung di dalam tempurungnya, ia menyesal.

Interpretasi 

Setelah kejadian tersebut, Fury langsung meminta maaf kepada kura-kura tua itu. Kura-kura tua hanya tersenyum dan berkata; “Minta maaflah juga kepada hewan lain yang pernah kau sakiti, nak.” Mulai detik itu juga, Fury mulai berbenah diri dan berusaha menjadi harimau yang bijak. Ia sadar betul perkataan kura-kura tua itu bahwa di atas langit masih ada langit.

Koda

Ketika masih muda, pergunakanlah waktu dengan sebaik-baiknya dan jangan menjadi sombong seperti Fury. Sesama makhluk ciptaan Tuhan juga sebaiknya saling menghormati satu sama lain, bukan mengejek kekurangan yang dimiliki. Hidup selalu berdampingan dengan alam dan sebaiknya saling menjaga satu sama lain. 

Contoh Teks Eksemplum Tentang Banjir

Contoh Teks Eksemplum Tentang Banjir

Jangan Buang Sampah di Sungai 

Abstrak

Banjir merupakan salah satu bencana alam yang penyebab terjadinya beragam, bisa karena ulah manusia itu sendiri, bisa juga karena memang kondisi alam sedang tidak baik. Jakarta menjadi salah satu kota yang istilahnya “langganan” banjir, terlebih ketika musim hujan tiba. Banjir di berbagai tempat sudah tidak terelakkan.

Orientasi

Salah satu tempat di Jakarta yang seringkali terkena dampak banjir adalah Kelapa Gading, Jakarta Utara. Masyarakat yang berada di RW 11 dengan jumlah kepala keluarga mencapai 20 orang menjadi yang terkena dampak paling parah. Ketinggian air terakhir yang dilaporkan sudah mencapai 20 cm atau sudah berada di atas mata kaki.

Insiden

Kejadian banjir kali ini bermula ketika hujan mengguyur seluruh wilayah Jakarta selama 2 hari berturut-turut dengan intensitas yang tinggi. Terpantau pintu air sudah mencapai batasnya, terlebih dengan adanya sampah yang mulai menumpuk. Pasukan pembersih sampah sungai juga telah dikerahkan untuk mengambil sampah-sampah tersebut.

Namun, karena intensitas hujan yang terlalu tinggi, pembersihan sampah tidak berjalan dengan mulus. Sebaliknya, air sungai menjadi meluap dan masuk ke pemukiman warga RW 11. Banjir kali ini tidak luput dari kebiasaan masyarakat yang masih sering membuang sampah di sungai. Padahal di sekitar wilayah sudah terdapat tempat sampah dan petugas yang mengambil secara harian.

Meskipun sudah terdapat peraturan yang menegaskan bahwa akan ada denda untuk yang membuang sampah di sungai, namun hal tersebut tidak membuat masyarakat menjadi jera. Petugas sampai lelah untuk menasehati warga yang bertindak seenaknya. Hingga pada akhirnya mereka sendiri yang harus menanggung ulah mereka sendiri.

Interpretasi  

Melihat kondisi banjir yang semakin parah dari tahun ke tahun, warga RW 11 menyesal atas perbuatan mereka. Total kerugian banjir kali ini diperkirakan mencapai Rp10.000.000,- karena banyak barang-barang yang hilang, bahkan dokumen penting sekalipun. Mulai detik itu juga, masyarakat akan patuh pada aturan dan mulai membiasakan diri membuang sampah di tempatnya.

Koda 

Segala bentuk peristiwa alam seperti banjir ini tentu tidak terjadi secara tiba-tiba, namun selalu ada faktor penyebabnya. Salah satu faktor penyebab yang seringkali ditemukan adalah membuang sampah sembarangan di sungai. Jika sudah demikian, mau tidak mau masyarakat itu sendirilah yang harus menanggungnya.

Contoh Teks Eksemplum Tentang Lingkungan 

Contoh Teks Eksemplum Tentang Lingkungan

Buang Sampah pada Tempatnya 

Abstrak  

Semilir angin berhembus pada siang hari di sebuah sekolah dan diiringi dengan bel sekolah yang menandakan waktu istirahat siang telah tiba. Para siswa langsung berhamburan dari kelas dan langsung menuju kantin karena merasa lapar dan haus. Tidak terkecuali salah satu siswa di kelas 9C yang langsung bergegas ke kantin.

Orientasi

Kiko namanya, salah satu siswa 9C di sekolah tersebut juga langsung menuju kantin bersama teman-temannya setelah menjalani ulangan harian dadakan. Wajah mereka menunjukkan kelelahan, sekaligus mencemaskan hasil yang mereka kerjakan. Pasalnya ulangan harian ini juga dijadikan simulasi Ujian Nasional oleh gurunya.

Insiden

Sampai di kantin, sudah ada banyak para siswa yang mulai antri memesan dan mengambil makanan. Deretan snack ataupun makanan berat sudah tersaji di depan mata Kiko dan teman-temannya. Kiko yang merasa lapar langsung mengambil arem-arem dan tahu yang dibungkus plastik. Kiko juga memesan minuman dan dibungkus menggunakan plastik agar lebih praktis.

Salah satu teman Kiko, Hanif mencoba membuat tantangan kepada Kiko, yaitu melempar sampah-sampah yang ada di meja ke dalam tong sampah yang jaraknya sekitar 3 meter dari lokasi mereka. Seolah tertantang, Kiko mengikuti tantangan tersebut. Mulai dari daun pisang pembungkus arem-arem dan dilanjutkan plastik yang masih berisi es teh sedikit.

Pada lemparan pertama, yaitu pembungkus arem-arem langsung masuk ke dalam tong sampah. Namun, tidak untuk plastik yang masih berisi es teh tadi, plastik tersebut tidak masuk dan air berceceran di lantai. Sekian detik setelah itu, bel masuk mulai terdengar dan para siswa langsung meninggalkan kantin.

Karena terburu-buru, Kiko tidak melihat genangan air dan plastik yang tadi dilemparkannya, namun tidak masuk. Alhasil Kiko yang tidak berhati-hati tadi langsung terpeleset oleh plastik dan air tersebut. Tawa dari teman-teman dan siswa lain yang masih ada di kantin sudah tidak terelakkan lagi. Kiko kemudian dibantu bangun oleh teman-temannya dan merasa malu akibat ulahnya sendiri.

Interpretasi

Atas kelalaian dan mengikuti tantangan dari temannya, Kiko merasa jera dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi. Tantangan tadi memang terlihat seru, namun jika pada akhirnya berdampak pada diri sendiri, sebaiknya dihindari. Lebih baik membuang sampah di tempatnya dengan cara yang benar, bukan dengan cara dilempar-lempar.

Koda

Semenjak saat itu, Kiko tidak ingin terlibat dalam tantangan yang menurutnya cukup konyol dan bisa membahayakan dirinya ataupun orang lain. Kebersihan lingkungan merupakan sesuatu yang harus dijaga, salah satunya dengan membuang sampah pada tempatnya dengan cara yang benar. Apabila melihat sampah yang berserakan, alangkah baiknya untuk segera dibersihkan.

Contoh Teks Eksemplum Operasi Zebra

Contoh Teks Eksemplum Operasi Zebra

Taati Aturan Lalu Lintas

Abstrak

Mematuhi peraturan lalu lintas menjadi kewajiban setiap pengendara, baik motor ataupun mobil. Salah satu agenda rutin Polisi dalam menegakkan ketertiban di lalu lintas adalah dengan mengadakan operasi zebra. Operasi ini biasanya dilakukan setiap tahunnya dan dalam waktu tertentu saja.

Orientasi

Aku tinggal di Semarang yang notabenya banyak kegiatan berlangsung di kota besar ini. Di kota ini aku kuliah di salah satu Universitas Negeri yang sudah terkenal. Setiap harinya aku mengendarai sepeda motor menuju kampus, kadang-kadang juga menggunakan transportasi umum. Namun, ada suatu kejadian yang membuatku sadar pentingnya mematuhi peraturan lalu lintas.

Insiden

Pada suatu hari ketika ada jadwal kelas pagi, aku justru bangun terlambat dan membuat agendaku berjalan lebih cepat dan terburu-buru. Tanpa pikir panjang, aku langsung bersiap-siap dan langsung bergegas ke kampus agar tidak terlambat. Di tengah perjalanan, ternyata Polisi sedang melakukan operasi zebra.

Aku saat itu merasa cemas karena belum memiliki SIM dan hanya membawa STNK saja, padahal usiaku sudah mencukupi untuk pembuatan SIM baru. Karena tidak sempat berputar arah dan langsung dihadang Polisi, aku hanya bisa pasrah ketika Polisi tersebut memeriksa dokumen seperti SIM, STNK, dan sebagainya.

Ketika Polisi menanyakan keberadaan SIM, aku hanya bisa menjawab; “Maaf pak, belum sempat buat.” Pada akhirnya aku menerima surat tilang dan STNK milikku disita dan harus diambil di kantor kepolisian sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Namun, aku tetap melanjutkan perjalananku menuju kampus dan mengurusnya di kemudian hari.

Interpretasi

Dari kejadian itu aku sadar bahwa memang seharusnya segera membuat SIM jika memang mengendarai sepeda motor, dan sebaiknya tidak mengendarai jika tidak memiliki kelengkapan dokumen. Selain demi keselamatan sendiri, juga agar tidak tertilang oleh Polisi dan mengeluarkan dana lebih untuk menebusnya.

Koda

Peraturan lalu lintas wajib ditaati oleh siapa saja yang berkendara dan tentunya harus disertai dengan dokumen pendukung seperti SIM dan sebagainya. Berkendara dengan baik dan tidak ugal-ugalan atau ceroboh di jalan juga salah satu tata cara berlalu lintas yang benar. Jangan menerobos lampu merah atau mengendarai dengan kecepatan tinggi.

Contoh Teks Eksemplum Kesehatan

Contoh Teks Eksemplum Kesehatan

Pola Tidur dan Gaya Hidup 

Abstrak

Kebiasaan setiap hari akan memengaruhi banyak hal, termasuk kesehatan seseorang. Apabila seseorang menerapkan gaya hidup yang sehat, tentu akan memberikan dampak positif bagi kesehatan. Begitu juga sebaliknya ketika menerapkan gaya hidup yang buruk, tentu akan membuat kondisi kesehatan menjadi menurun bahkan terjangkit sakit.

Orientasi

Hendra adalah salah satu karyawan perusahaan swasta yang bekerja dalam bidang IT. Hampir setiap harinya Hendra lembur untuk mengejar target proyek bersama timnya. Tim Hendra sendiri beranggotakan 10 orang, 4 di antaranya adalah perempuan. Keempat perempuan ini terkadang tidak ikut lembur karena suatu hal lain dan dilanjutkan oleh kaum laki-laki.

Insiden

Pada awalnya semua berjalan dengan lancar, sampai suatu ketika salah satu tim Hendra ada yang jatuh sakit. Mau tidak mau anggota lain membackup pekerjaan orang tersebut. Hendra yang menjadi penanggung jawab juga ikut bekerja keras agar selesai tepat waktu. Selama kurang lebih seminggu Hendra dan tim lembur hingga tengah malam.

Sampai suatu ketika, kondisi Hendra mulai drop karena kurang cairan, makan teratur, dan lain sebagainya. Hendra mengakui bahwa pola tidurnya sangat berantakan, terlebih ketika menuju weekend dan sering bangun siang. Malamnya justru begadang dan tidak bisa tidur cepat, padahal esok adalah hari Senin dan melanjutkan project yang belum terselesaikan.

Dalam kondisi yang belum fit, Hendra tetap masuk kantor dan memastikan semua berjalan dengan baik. Hingga pada suatu hari, tubuh Hendra sudah tidak kuat lagi dan mengharuskannya dirawat di Rumah Sakit untuk beberapa hari. Melihat situasi yang kurang baik ini, Hendra meminta klien dan atasan untuk menunda deadline project karena kondisi kesehatan yang tidak memungkinkan.

Pada akhirnya klien dan atasan menyetujui permintaan Hendra dan diberikan waktu tambahan yang lumayan. Mengetahui hal tersebut, baik Hendra atau tim merasa lega dan tidak perlu lembur setiap hari. Hendra mulai fokus untuk kesembuhannya dan tim melanjutkan pengerjaan lain agar tidak menumpuk.

Interpretasi

Setelah pulang dari RS dan masuk kerja, Hendra mulai menerapkan gaya hidup yang sehat. Seperti mulai mengatur jam tidur, mengonsumsi makanan bergizi, berolahraga, dan lain sebagainya. Bahkan setiap hari Jumat, tim Hendra melakukan olahraga bersama yang ringan dan menyenangkan.

Koda

Kesehatan merupakan pilar yang sangat penting dan harus dijaga betul. Apabila kondisi tubuh drop, maka aktivitas sehari-hari akan terganggu dan tidak berjalan maksimal. Jaga pola tidur, pola makan dan terapkan gaya hidup sehat untuk menjaga tubuh agar tetap sehat.

Contoh Teks Eksemplum Jatuh Dari Pohon

Contoh Teks Eksemplum Jatuh Dari Pohon

Jatuh dari Pohon Mangga

Abstrak

Musim buah mangga memang sangat menyenangkan karena terdapat beberapa variasi. Tidak sedikit pula ada orang yang menanam pohon mangga di pekarangan rumah, termasuk ayahku. Di pekarangan rumah kami tidak hanya ada pohon mangga saja, ada jambu biji, rambutan, dan masih banyak lainnya.

Orientasi

Setiap musim mangga tiba, aku selalu bersemangat untuk mengambil langsung dari pohon. Biasanya ayah menggunakan alat khusus untuk memudahkan untuk mengambilnya. Terkadang ayah juga memanjat untuk mengambil buah mangga yang sulit dipetik menggunakan alat. Aku juga kadang bergantian dengan ayah untuk mengambil buah mangga.

Insiden

Hari Minggu merupakan hari yang tepat untuk memanen buah mangga. Selain karena aku dan ayah libur, ada juga ibu dan kedua adikku di rumah yang ikut membantu mengumpulkan mangga. Pada awalnya aku dan ayah menggunakan alat yang biasanya kami pakai untuk mempercepat proses pengambilan. Namun, ada beberapa buah mangga yang berada di dalam dan mengharuskan mengambil secara manual.

Ayah yang pada saat itu kakinya sedang sakit tidak bisa memanjat pohon, akhirnya aku menggantikan beliau. Ketika hendak memanjat, ayah sudah berpesan agar berhati-hati dan tidak ceroboh. Aku hanya mengiyakan dan mulai memanjat untuk mengambil beberapa buah mangga tersebut.

Sesampainya di ranting tertentu, aku mulai menjatuhkan mangga ke bawah dan ditangkap oleh ayah dan adikku. Setelah mangga yang dipetik dirasa cukup, ayah memintaku untuk turun secara hati-hati. Aku yang saat itu tidak memperhatikan pijakan kaki justru terpeleset dan jatuh dari ketinggian yang lumayan. Ayah dan adikku langsung berteriak, kemudian membantuku berdiri.

Ketika berdiri dan mulai berjalan, aku merasakan sensasi yang tidak biasa pada kakiku. Akhirnya aku dibawa ke dokter dan ternyata ada tulang kakiku yang sedikit bermasalah. Ayah kemudian membawaku ke klinik urut profesional untuk diurut dan mengembalikan kondisi kakiku seperti semula.

Interpretasi 

Kejadian ini membuatku sadar bahwa kita harus berhati-hati dan fokus dalam melakukan sesuatu. Salah sedikit saja bisa menyebabkan hal buruk yang tidak bisa diperkirakan. Apalagi ketika hendak turun dari pohon, harus memperhatikan pijakan dengan benar.

Koda

Meskipun kami sudah memanen banyak mangga, namun kakiku menjadi korbannya. Setelah tadi diurut, kakiku merasa baikkan, namun tidak boleh beraktivitas yang berat terlebih dahulu dan tetap berhati-hati. Pihak klinik juga menyarankan untuk datang kembali jika masih bermasalah.

Selain contoh teks eksemplum di atas, masih ada banyak variasi lainnya. Anda bisa membuatnya sendiri dengan mudah jika sudah mengetahui struktur pembuatannya. Di atas juga terdapat versi contoh yang panjang dan singkat.

9+ Contoh Teks Eksemplum Lengkap Terbaru 2020

Advertisements

Leave a Reply