14 Contoh Teks Narasi (Lengkap dengan definisi, ciri-ciri, dan jenis teks) 1

14 Contoh Teks Narasi (Lengkap dengan definisi, ciri-ciri, dan jenis teks)

Contoh Teks Narasi– Dalam keseharian di sekolah maupun di kantor tentunya mengenal teks Narasi. Peristiwa dan kejadian biasa digunakan melalui tulisan dalam bentuk narasi. Seperti apa sih? Yuk, kita kenal lebih dekat dengan contoh teks narasi. Narasi biasa digunakan oleh buku – buku yang menceritakan sejarah perjuangan para pahlawan maupun cerita fiksi. Narasi digunakan agar cerita dapat lebih dipahami.

Dengan adanya narasi, sebuah cerita atau peristiwa dapat dipahami dengan lebih mudah. Peristiwa atau kejadian menjadi sangat menarik bila dituangkan dalam bentuk tulisan. Jadi apa narasi itu? Narasi adalah penggambaran sebuah cerita ke dalam tulisan dengan lebih terperinci. Cerita yang dibuat dengan naskah narasi, lebih dipahami karena menggambarkan waktu, tempat serta tokoh. Untuk lebih jelasnya akan dibahas pada artikel ini.

Definisi Teks Narasi

Definisi Teks Narasi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya mengenai apa itu narasi? Maka dapat ditarik benang merah mengenai contoh teks narasi merupakan contoh tulisan yang menggambarkan peristiwa secara terperinci baik dari segi tokoh, maupun latar belakang tempat., latar belakang waktu, kronologi yang dijelaskan bisa cerita fiksi, cerita sejarah maupun cerita non fiksi, yang memungkinkan penggambaran dengan jelas peristiwa maupun kejadian tersebut.

Contoh teks narasi sering diangkat pada tema novel, cerpen atau cerita fiksi lainnya. Demikian pula dengan cerita non fiksi, yaitu cerita sejarah perjuangan. Cerita tersebut memungkinkan menjelaskan alur waktu dengan lebih terperinci dan berstruktur. Cerita narasi dikemukakan agar pembaca lebih paham tentang suatu peristiwa atau kejadian. Cerita narasi juga menjadi bagian karya sastra yang membuat cerita tersebut lebih menarik.

Teks narasi merupakan bagian dari sebuah cerita yang menggambarkan kronologi waktu serta tokoh yang terlibat di dalamnya. Teks narasi dituangkan dalam bentuk tulisan, sehingga membuat cerita tersebut lebih menarik dan hidup.

Ciri – ciri Teks Narasi

Ciri - ciri Teks Narasi

Sebuah teks narasi memiliki beberapa ciri – ciri, yang bisa dikenali bahwa teks tersebut merupakan teks narasi. Berikut diantaranya :

1. Peristiwa atau kejadian dikemukakan dalam bentuk tulisan.

Cerita yang memiliki sifat narasi lebih mengedepankan cerita kejadian atau peristiwa. Cerita narasi disusun apik untuk menjelaskan peristiwa tertentu serta menarik imajinasi pembaca ikut masuk ke dalamnya. Sehingga cerita yang disampaikan lebih menarik dan dapat diterima oleh pembaca. Pembaca lebih mudah memahami akan maksud yang disampaikan oleh penulis.

2. Terdapat konflik pada cerita tersebut.

Cerita narasi akan lebih menarik apabila di dalam cerita tersebut terdapat konflik yang melibatkan para tokoh di dalamnya sehingga cerita tersebut dipaparkan dengan narasi yang apik dan terstruktur. Dengan adanya konflik, merupakan ciri bahwa cerita atau teks tersebut memiliki bersifat narasi.

3. Kejadian peristiwa memiliki alur waktu yang jelas.

Ciri berikutnya dari cerita yang memiliki sifat narasi yaitu adanya alur waktu yang jelas, sebagai contoh : pada masa perjuangan, di waktu kecil, pada masa lampau. Semua alur waktu tersebut diceritakan dengan melibatkan tokoh yang terlibat di dalamnya, serta menjelaskan tahun dan waktu kejadian peristiwa tersebut.

4. Memiliki latar belakang peristiwa yang berdasarkan pada pengalaman.

Walau tidak semua, cerita narasi biasanya menceritakan pengalaman pribadi atau tokoh yang dituturkan pada cerita tersebut. Tokoh yang diceritakan pada cerita itu mengungkapkan pengalaman akan adanya kejadian suatu peristiwa yang pernah terjadi. Latar belakang yang menjadi cerita tersebut dipaparkan secara jelas, baik latar belakang tempat maupun latar belakang peristiwa.

5. Memiliki kronologi yang terstruktur dan alasan yang menyebabkan sebuah cerita.

Kronologi yang diceritakan dijabarkan sesuai dengan runtutan cerita dari A-Z, cerita narasi memiliki Paragraf dengan alur maju, sebab – akibat yang terjadi pada satu peristiwa. Kronologis yang diuraikan disusun sesuai dengan jalan cerita yang menyebabkan hingga terjadinya akibat. Alur cerita tersebut alur cerita maju, tidak mengacak seperti teks cerita lainnya. Alur waktu sangat jelas serta dideskripsikan dengan apik yang beruntun berdasarkan jalan cerita tersebut.

Jenis Teks Narasi

Jenis Teks Narasi

Setelah mengetahui Definisi dan ciri – ciri dari narasi itu sendiri. Penting untuk diketahui jenis narasi itu sendiri. Tidak keluar jalur dari definisinya, jenis narasi itu sendiri terbagi menjadi :

1. Narasi artistik

Narasi artistik adalah teks narasi yang ditulis pada cerita fiksi yang menarik imajinasi pembacanya sehingga fikiran imajinasi pembaca ikut masuk ke dalam alur cerita tersebut. Narasi artistik dibuat sebagus mungkin untuk menarik minat pembaca agar menyelesaikan membaca cerita tersebut. Cerita narasi artistik ditulis untuk menarik perhatian pembaca.

2. Narasi Eksplositoris

Narasi jenis ini berisi teks yang bermaksud memberikan informasi yang akurat dan jelas. Narasi jenis ini dibuat secara informatif untuk menyampaikan informasi tentang suatu peristiwa atau kejadian. Narasi jenis ini digunakan untuk menuliskan perjalanan hidup tokoh yang dapat menginspirasi banyak orang. Narasi jenis ini biasa digunakan untuk menuliskan cerita biografi, yang menceritakan perjalanan hidup dari awal hingga akhir hayat.

3. Narasi Sugestif

Narasi Sugestif merupakan jenis narasi yang mengasah fikiran pembaca untuk melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang ditulis. Teks narasi ini mengajak atau menyarankan sesuatu hal yang hendak disampaikan oleh penulis.

Struktur Teks Narasi

Struktur Teks Narasi

4 struktur yang tidak bisa dipisahkan serta dimiliki oleh cerita narasi Struktur tersebut meliputi orientasi, dan komplikasi, serta resolusi, dan oending. Struktur tersebut tidak bisa dipisahkan, dan membentuk satu kesatuan utuh yang membentuk teks narasi. Berikut akan dijelaskan satu per satu

1. Orientasi

Salah satu struktur teks narasi yang utama adalah orientasi. Struktur ini mengenalkan tokoh, alur waktu serta latar belakang tempat dan ide cerita. Salah satu struktur tersebut dibuat pada Paragraf pertama, yang bertujuan mengenalkan ide cerita, tokoh cerita serta latar belakang tempat. Pembaca lebih mudah memahami alur cerita yang dibuat,sebagaimana definisi narasi itu sendiri yakni menggambarkan jalan cerita.

2. Komplikasi

Komplikasi merupakan puncak dari struktur cerita narasi. Struktur ini menggambarkan konflik yang terjadi dari cerita narasi yang dibuat. Komplikasi merupakan klimaks dari bagian cerita narasi tersebut atau titik awal cerita tersebut dimulai. Klimaks merupakan puncak cerita atau bagian yang paling seru dalam sebuah cerita narasi. Setelah pengenalan tokoh, maka dalam sebuah cerita pasti ada titik klimaks.

3. Resolusi

Resolusi merupakan struktur pada cerita narasi yang berupa solusi atas terjadiny konflik tersebut. Resolusi juga dapat diartikan bahwa cerita narasi hampir selesai. Resolusi merupakan kebalikan dari konflikasi, merupakan jalan keluar atas konflik yang terjadi. Pemilihan tata bahasa merupakan bagian penting pada bagian ini, agar cerita lebih menarik dan tetap membuat penasaran pembaca.

4. Ending

Bagian ini merupakan akhir dari cerita, cerita bisa berakhir bahagia atau sedih. Ending bisa berisi kesimpulan dari keseluruhan cerita yang diuraikan dari awal sampai akhir. Bagian ini merupakan bagian yang paling menarik karena cerita harus meninggalkan kesan yang mendalam pada pembaca. Pembaca harus dibuat terhibur atau lebih paham pada cerita yang dituliskan.

Contoh Teks Narasi Cerita Pendek

Contoh Teks Narasi Cerita Pendek

Contoh Teks Narasi Cerita Pendek berupa cerpen yang sering kita baca dan ditemukan. Berikut contohnya

Aku menangis tersedu – sedu saat membaca pesan singkat dari handphone suamiku. Handphone android mas Deddy suamiku, tergeletak begitu saja di atas meja kecil di ruang keluarga, ketika mas Deddy sedang mandi. Handphone tersebut berbunyi beberapa kali, membuatku penasaran ingin membuka pesan di dalamnya, betapa terkejutnya aku, ketika kudapati pesan dari seorang wanita yang membuat butiran bening di mataku mengalir. Setengah tidak percaya akan nada mesra yang ada pada handphone tersebut. Mungkinkah mas Deddy selingkuh? Sejuta tanya berkecamuk di fikiranku

Contoh Teks Narasi Fantasi

Contoh Teks Narasi Fantasi

Contoh Teks Narasi fantasi merupakan cerita yang menggambarkan peristiwa dan kejadian berdasarkan imajinasi sang penulis. Cerita tersebut termasuk kategori cerita fiksi. Berikut contohnya, :

Peter Parker merupakan seorang spider Man. Tubuhnya mampu mengeluarkan jaring laba – laba. Kekuatan tersebut ia dapati dari awal mula ketika disengat laba – laba beracun dan langka pada saat melakukan penelitian tentang laba – laba di laboratorium sekolahnya. Sejak saat itu Peter Parker memiliki kemampuan mengeluarkan jaring seperti laba – laba. Kekuatannya tersebut ia gunakan untuk memberantas kejahatan dan menolong orang lemah.

Contoh Teks Narasi Dongeng

Contoh Teks Narasi Dongeng

Dalam cerita dongeng yang disukai oleh anak – anak terdapat beberapa teks narasi, seperti contoh berikut ini :

Si Kancil merupakan hewan yang sangat cerdik dan banyak akal. Suatu hari si kancil akan pergi ke kebun mentimun yang terletak di seberang sungai yang penuh berisi buaya yang ganas.

” Hei Kancil mau kemana kau? “,. Teriak Salah satu Buaya. Ketika mendapati si Kancil sedang berdiri di pinggir sungai.
” Wahhh. Mangsa empuk nih! “,, teriak buaya lainnya. Si kancil kaget dan memutar otak, mencari akal bagaimana caranya bisa menyebrang sungai melewati buaya – buaya ganas itu. Si Kancil memiliki ide yang cemerlang
” Hey buaya, tidakkah kau ingin memakan daging ku “. Teriak si kancil penuh percaya diri.
” tentu saja, kami sangat lapar “. Jawab sang Buaya di susul mengiyakan oleh buaya lainnya
” baiklah, aku akan persembahkan tubuhku untuk kalian. ” jawab si Kancil menggertak”…tapi tubuhku kecil dan kurus, tentunya tidak akan cukup dengan jumlah kalian yang banyak” . Sambungnya lagi.
” di Sebrang sungai terdapat kebun mentimun yang sangat segar, biarkan aku memakan mentimun – mentimun itu agar tubuhku gemuk dan cukup untuk dimakan kalian ” ujar si Kancil kemudian.
” Lantas apa yang harus kami lakukan? “. Tanya buaya itu.
” kalian berbaris rapi hingga ke sebrang sungai dan biarkan aku berjalan pada punggung kalian. “, usul si Kancil. Semua buaya menyetujuinya, dan berjejer sesuai permintaan si Kancil. Buaya – buaya tersebut berharap si kancil bisa gemuk dan cukup untuk santapannya. Buaya – buaya tersebut berjejer hingga ke sebrang sungai. Si kancil pun berjalan di atas punggung buaya tersebut hingga sampai ke sebrang sungai. yang di sebrang sungai si kancil segera melompat dan berlari menuju kebun mentimun yang segar. Hingga sore menjelang si kancil tidak kunjung datang pada buaya – buaya itu. Dari situ mereka berfikir telah dibohongi oleh si kancil yang cerdik.

Contoh Teks Narasi Novel

Contoh Teks Narasi Novel

Contoh teks narasi novel merupakan cerita narasi yang dibuat agar cerita dalam novel itu tampak nyata. Sang penulis, dapat menarik imajinasi sang pembaca untuk masuk ke dalam alur cerita tersebut. Contohnya adalah ” Ketika Mas Gagah Pergi” karangan Penulis terkenal Helvy Tiana Rosa.

Mas Gagah merupakan sosok yang sempurna di mata Gita, adiknya. Sosok tomboy Gita mampu dirubah menjadi sosok muslimah yang anggun sejak digembleng tentang ilmu keagamaan oleh kakaknya. Mas Gagah memerankan sosok kakak yang penuh karismatik serta agamis. Sosok inilah yang membuat Gita terkesan. Gita merubah kebiasaan buruknya sejak diberi tahu ilmu keagamaan oleh kakaknya. Sayangnya, di tengah hijrahnya, mas Gagah pergi meninggalkan Gita untuk selamanya.

Gita harus kehilangan sosok kakaknya itu. Ya, Mas Gagah telah pergi meninggalkan Gita untuk selamanya. Mas Gagah meninggal saat terjadi kerusuhan. Luka yang diderita mas Gagah sangat parah, sehingga mas Gagah tidak dapat tertolong. Mas Gagah menerima lemparan batu dari orang yang tak dikenal. Saat itu mas Gagah tengah melindungi mesjid dari kerusuhan rumah ibadah yang dilakukan oleh orang yang tak dikenali.

Contoh Teks Narasi Eksplositoris

Contoh Teks Narasi Eksplositoris

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, teks narasi eksplositoris merupakan contoh teks narasi yang menceritakan sejarah hidup seseorang atau biografi. Teks narasi tentang biografi tersebut ditulis berdasarkan kisah nyata serta menggambarkan cerita dari awal kehidupan sampai menutup mata. Cerita biografi ditujukan untuk memberikan contoh teladan yang baik pada pembacanya, Contohnya yaitu

Soekarno sebagai presiden pertama RI, lahir di Surabaya pada tanggal 6 Juni 1901. Soekarno merupakan tokoh proklamator yang membacakan naskah teks proklamasi telah menempuh banyak perjuangan dalam memerdekakan Indonesia. Walaupun bentuk kemerdekaan Indonesia yang diperjuangkan Soekarno berasal dari kaum sipil, tapi Soekarno beberapa kali dipenjara oleh sekutu dan diasingkan oleh Belanda. Kisah perjuangan Soekarno tersebut, ditulis dalam biografi dengan teks narasi eksplositoris.

Contoh Teks Narasi Sugestif

Contoh Teks Narasi Sugestif

Sesuai dengan definisinya teks narasi Sugestif merupakan teks narasi yang mengembangkan kejadian fiktif atau tidak nyata. Pengembangan teks narasi fiksi tersebut berdasarkan kisah nyata sehingga tampak nyata dalam cerita tersebut. Teks tersebut bersifat imajinatif.

Contohnya adalah : Dinar memandang langit dengan nanar. Kepalanya mendongak ke atas, sambil sesekali bernafas berat. Galuh sahabatnya yang dari tadi berada di sampingnya, menatap wajah Dinar dengan dalam. Galuh mengerti kondisi sahabatnya yang berat untuk menerima kenyataan bahwa Dinar mengidap kanker otak stadium akhir.

Hal yang sangat sulit untuk diterima. Langit di atas pematang sawah yang begitu cerah tersebut, nampak kelabu bagi Dinar. Galuh hanya bisa diam memegang erat tangan sahabatnya tersebut dengan tatapan yang tajam, seolah tidak ingin melepaskan wajah sahabatnya itu dari pandangannya.

Contoh Teks Narasi pada Puisi

Contoh Teks Narasi pada Puisi

Pada puisi pun terdapat teks narasi, walaupun ditulis dalam bentuk rima puisi. Penggalan kata puitis menggambarkan peristiwa dan kronologis kejadian tertentu yang dituangkan dalam bentuk kalimat puitis.

Contohnya adalah pada puisi

Aku yang hilang

Mentari pagi terus tersenyum
Menghangatkan jiwa dan hati yang mulai beku.
Kupu – kupu hinggap di merahnya sang mawar.
Kupu – kupu yang berlarian mengejar satu sama lain.
Mereka seolah berlomba menarik perhatian sang mawar.

Aku di sini ditikam sepi
Aku hilang, asaku hilang.
Senyumku hilang, kobaran semangatku hilang.
Sejak kepergian dirimu.

Desa ini masih sepi
Sepi dan gelap tanpa hadirnya dirimu
Sampai kapan kegilaan ini akan berakhir?
Ku tuliskan kenangan yang indah akan hadirnya dirimu.
Tapi tak juga kau peduli padaku.

Kau membisu dan tetap mengayunkan langkahmu.
Kau tetap pergi menerobos hangatnya mentari pagi.
Kau tetap pergi dengan diam membisu, meninggalkan sejuta tanya.
Wajahmu yang dingin menatap tajam bersama langkah mu.
Aku hilang sejak kepergianmu.

Contoh Teks Narasi Sejarah (Beserta Strukturnya)

Teks narasi biasa ditemukan pada cerita sejarah. Contoh teks narasi sejarah menceritakan tentang sejarah masa lalu baik negara maupun pribadi. Cerita sejarah perjuangan para pahlawan di masa lalu khususnya maupun cerita sejarah pada umumnya biasa dituliskan dalam bentuk narasi. Contohnya sebagai berikut : Pertempuran Surabaya

Orientasi

Pertempuran Surabaya merupakan sepenggal sejarah masa lalu tentang upaya bangsa Indonesia mempertahankan kota Surabaya dari tangan penjajah. Pertempuran Surabaya diperingati setiap tanggal 10 November sebagai hari pahlawan karena banyak pahlawan yang gugur di medan perang pada saat itu.

Komplikasi

Belanda belum sepenuhnya mengakui kemerdekaan Indonesia. Dengan membonceng sekutu Belanda menduduki pulau Jawa yang sebelumnya dikuasai oleh Jepang. Kota Surabaya dikuasai oleh sekutu. Hingga pecahlah pertempuran Surabaya. Pertempuran semakin sengit ketika tewasnya Jendral WS. Wallaby yang merupakan Jendral Besar Inggris.

Resolusi

Pertempuran Surabaya merupakan pertempuran terbesar setelah kemerdekaan diproklamirkan. Banyak mata dunia tertuju pada Indonesia. Sekutu akhirnya menyerah dan bersikap netral antara Belanda dan Indonesia. Sekutu mendukung sepenuhnya revolusi perjuangan Indonesia.

Ending

Pertempuran sengit di Surabaya dimenangkan oleh Indonesia, walau banyak pahlawan yang meninggal karena pertempuran tersebut. Banyaknya pahlawan yang gugur terutama dari rakyat sipil. Pada masa pertempuran Surabaya tersebut rakyat sipil dan militer bersatu melawan sekutu. Karena pertempuran tersebut, tentara Indonesia kalah dalam jumlah melawan sekutu, oleh karenanya, banyak melibatkan rakyat sipil termasuk para kyai pemimpin pesantren turut serta memimpin pertempuran tersebut.

Cerita narasi sejarah diatas sengaja dipenggal berdasarkan strukturnya agar lebih mudah difahami. Cerita narasi sejarah dituliskan secara naratif dengan keempat struktur yang berada pada cerita tersebut. Keempat struktur tersebut antara lain : orientasi, komplikasi, resolusi dan ending seperti kebanyakan cerita teks narasi pada umumnya.

Contoh Teks Narasi Romantis

Contoh Teks Narasi Romantis

Teks narasi romantis merupakan penggalan peristiwa yang dituliskan dengan kalimat – kalimat yang mengandung unsur percintaan Dengan memenuhi keempat struktur, maka teks romantis bisa dikatakan teks narasi. Contohnya sebagai berikut : Mawar merah untuk Bunga

Orientasi :

Bunga sangat menyukai warna merah termasuk mawar yang berada di halaman rumahnya. Kabar Bunga menyukai mawar merah diketahui oleh Hafiz yang mencintai gadis itu. Hafiz mengirimkan karangan bunga mawar merah kesukaan Bunga hampir tiap bulan.

Komplikasi :

Klimaks dari cerita tersebut berawal dari cinta Hafiz ditolak oleh Bunga. Hancurlah semangat Hafiz. Hafiz mencoba berbagai cara untuk bunuh diri, namun selalu gagal. Sejak berita penolakan tersebut yang berasal dari surat tulisan tangan Bunga sendiri, Hafiz tidak lagi mengirimkan mawar merah pada Bunga. Rasa sakit hatinya membutakan hati dan fikirannya, timbullah ide untuk membunuh Bunga.

Resolusi

Hafiz bertemu dengan seorang gadis dari desa sebrang bernama Aliya. Aliya sangat cantik tidak kalah dengan Bunga. Sejenak perhatian Hafiz tertuju pada Aliya dan mulai melupakan Bunga, bahkan keinginan besar untuk membunuh Bunga diurungkan begitu saja. Aliya menerima cinta Hafiz.

Ending

Bak gayung bersambut, Hafiz menikahi Aliya. Cerita diakhiri dengan bahagia, begitu pula dengan Bunga yang menikah dengan pria tambatan hatinya. Keduanya hidup bahagia.

Contoh Teks Narasi Remaja

Contoh Teks Narasi Remaja

Kehidupan remaja cocok untuk di narasikan, terutama cerita – cerita di sekolah. Banyak sekali cerpen, cerbung serta novel bertemakan remaja yang banyak diminati. Berikut contoh teks narasi :

Orientasi

Nina merupakan anak baru di SMA X, kecantikan Nina mampu menghipnotis setiap lawan jenis. Termasuk Aryo, ketua Osis tersebut, yang terkenal dingin bak gunung es, terpana dengan kecantikan Nina. Nina menjadi idola baru di sekolah tersebut.

Komplikasi

Kecantikan Nina menjadi primadona di sekolah X, terdengar oleh gank ‘Beauty Girls ‘, yang merupakan gank terkenal di sekolah, sebagai gank wanita cantik. Ketua gank bernama Merry tersebut, yang merupakan kakak kelas Nina, sudah jatuh hati terlebih dahulu pada Aryo. Merry kerap iri hati dengan kedekatan Nina dan Aryo. Klimaks dari cerita ini Nina dilabrak dan di bully oleh Merry beserta ganknya.

Resolusi

Berita dilabraknya Nina menjadi pemberitaan hangat di sekolah. Nina, Merry dan ganknya harus berurusan dengan guru BK. Merry meminta maaf kepada Nina, setelah diultimatum akan dikeluarkan dari sekolah apabila melakukan bulliying lagi. Sadar menjadi pemicu konflik, Aryo menjauhi Nina.

Ending

Nina tetap menjadi primadona di sekolah tersebut, karena kecantikannya. Merry beserta ganknya tidak lagi melakukan bulliying pada Nina. Sekalipun Aryo menjauh, Nina tidak kehilangan penggemar dari yang lainnya.

Penggalan cerita narasi khusus remaja diklasifikasikan ke dalam empat struktur yang merupakan struktur narasi. Ditujukan pembaca lebih paham tentang cerita narasi.

Setelah mengetahui contoh – contoh di atas, diharapkan pembaca lebih memahami teks narasi,serta jenis dan strukturnya. Teks narasi penting diketahui bagi pelajar yang memperdalam sastra Indonesia ataupun bagi mereka yang bekerja menyusun rangkaian cerita fiksi. Pada contoh di atas, sebagian ada yang diklasifikasikan ke dalam empat struktur narasi ada yang tidak, karena masing – masing cerita unik serta dapat langsung dikenali sebagai teks narasi

14 Contoh Teks Narasi (Lengkap dengan definisi, ciri-ciri, dan jenis teks)

Leave a Reply