Contoh Teks Pidato Persuasif berserta Judulnya

15+ Contoh Teks Pidato Persuasif (dilengkapi judul dan strukturnya)

Teks Pidato Persuasif – Pernah mendengar para calon anggota legislatif yang berkampanye di depan masyarakat? Atau pernahkah Anda melihat mahasiswa yang sedang orasi menyuarakan pendapatnya? Untuk bisa mendapatkan dukungan dari masyarakat atau audiensnya, mereka harus bisa menyusun kalimat yang persuasif. Nah, Anda juga bisa belajar orasi dari contoh teks pidato persuasif di bawah ini.

Contoh Teks Pidato Persuasif berserta Judulnya

Contoh Teks Pidato Persuasif berserta Judulnya

Judul : Ayo Jadi Wirausaha!

Contoh teks pidato persuasif singkat:

Sukses adalah impian semua orang. Kesuksesan bisa digapai dengan seribu cara. Tapi untuk bisa menjadi orang yang sukses, tentunya dibutuhkan kerja keras, doa, dan juga strategi yang cerdas. Salah satu pintu menuju kesuksesan adalah dengan menjadi wirausaha. Ubahlah hidup dengan langkah yang berani. Keputusan yang besar akan membuat perubahan besar dalam hidup Anda.

Apalagi di era yang serba canggih. Kemajuan zaman dan teknologi menjadi pemicu bagi kita untuk memanfaatkannya sebagai peluang menghasilkan keuntungan. Generasi yang dekat dengan teknologi adalah sumber pasar yang bagus bagi para wirausaha. Teknologi yang semakin canggih juga memudahkan Anda untuk menciptakan peluang bisnis.

Menjadi pengusaha dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi yang ada saat ini adalah kunci kesuksesan. Ciptakanlah peluang usaha dari problematika lingkungan sekitar Anda. Karena negeri ini butuh lebih banyak wirausahawan muda dibandingkan dengan karyawan. Menjadi wirausaha juga merupakan bentuk kecintaan kita pada tanah air.

Dengan menjadi seorang wirausaha, kita bisa membuka kesempatan kerja bagi sesama. Mengurangi pengangguran dan juga membantu pertumbuhan ekonomi negeri ini. Kita bisa menjadi bagian dari kemajuan negeri. Kita bisa menjadi salah satu bagian dari anak bangsa yang mengentaskan kemiskinan. Dengan menjadi wirausaha, maka kita pun telah berjuang mengentaskan kemiskinan.

Maka, tak ada salahnya menjadi wirausaha muda. Meskipun dibutuhkan proses untuk sampai pada titik kesuksesan. Tapi menjadi wirausaha akan membuat hidup kita sepenuhnya berubah. Wirausaha adalah kunci penggerak perekonomian bangsa. Jadi, mulai sekarang berfikirlah untuk bisa menciptakan peluang bisnis. Bukan hanya menjadi masyarakat yang konsumtif semata.

Contoh Teks Pidato Persuasif dan Strukturnya

Contoh Teks Pidato Persuasif dan Strukturnya

Judul Contoh Teks Pidato Persuasif : Menjadi Generasi yang Produktif

(Salam Pembukaan)

Assalamu’alaikum wr. wb.
Selamat siang bagi semua hadirin yang telah datang. Marilah sebelumnya kita ucap puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Karena atas berkat serta karunia-Nya kita semua bisa merealisasikan acara seminar ini dengan kondisi yang sehat wal’afiat.

Yang terhormat, jajaran petinggi perusahaan PT. Tunas Bangsa Kreatif.
Yang terhormat, peserta seminar Pengembangan Kreativitas dan Mental Youngpreneur Nasional 2020.
Dan juga bagi para panitia yang telah meluangkan semua pikiran dan tenaga demi kelancaran acara seminar ini.

(Isi Pidato)

Sebelum kita berbicara lebih jauh, marilah kita menengok kembali di sekitar kita. Lihatlah bahwa banyak kisah inspiratif dari para pengusaha sukses Indonesia dan dunia. Mereka meniti karir jadi pengusaha mulai dari nol. Banyak kisah-kisah inspiratif yang mengajarkan kita bahwa usaha tak kan pernah menghianati hasil.

Mayoritas pengusaha besar datang dari latar belakang ekonomi yang susah. Mereka tidak dibesarkan dengan bergelimang harta orang tua. Sejak kecil mereka telah ditempa oleh kesusahan hidup. Mereka biasa hidup dengan kondisi yang memprihatinkan. Tapi, tanpa putus asa mereka terus menjalani kehidupan. Menumbuhkan kekuatan dalam diri mereka.

Kita semua pasti sudah tau kisah inspiratif dari Jack Ma sang pendiri Alibaba. Jauh di negeri China sana, ada orang yang serba hidup kekurangan. Saat masih muda ia adalah satu-satunya orang yang lamaran kerjanya ditolak oleh salah satu perusahaan waralaba besar internasional. Tapi apakah ia lantas patah semangat? Tidak, nyatanya kini ia menjadi seorang pengusaha terkaya di China.

Apakah Jack Ma berpendidikan tinggi? Apakah Jack Ma punya koneksi dengan orang-orang besar atau pejabat saat masa-masa awal ia merintis usahanya? Tidak, ia tidak memiliki semua itu. Ia berangkat dari nol besar. Ia membangun gurita usahanya dengan tangan kosong. Modalnya hanyalah tekat dan kerja keras tanpa putus asa.

Pendidikan yang tinggi tidak menjamin kesuksesan. Kita sekarang hidup di zaman dimana keterampilan dan juga motivasi dari dalam diri menjadi sumber dan modal utama untuk meraih kesuksesan. Lalu apa keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha? Wirausahawan yang sukses harus punya keterampilan untuk menciptakan peluang. Pengusaha harus bisa melihat kesempatan jadi peluang usaha dari lingkungannya.

Mayoritas pengusaha yang telah berhasil kemudian mempekerjakan orang-orang yang memiliki pendidikan tinggi. Mereka mempekerjakan kalangan profesional di perusahaannya. Mereka bisa menggaji ratusan bahkan ribuan karyawannya. Dari sinilah perekonomian suatu negara bisa disokong. Angka pengangguran berkurang. Pengusaha adalah mitra pemerintah untuk mencetak peluang kerja.

(Penutup)

Jadi, kita yang masih muda intinya memiliki peluang yang terbuka sangat lebar untuk sukses. Jalannya adalah dengan menjadi seorang youngpreneur. Masih ada cukup banyak waktu untuk merealisasikan mimpi-mimpi kita.

Masih ada begitu banyak tenaga, peluang, dan kesempatan untuk kita membuka usaha. Apapun jenis usahanya, realisasikan sekarang mumpung kita masih muda. Bukalah pikiran kita. Lihatlah setiap peluang dari lingkungan keseharian Anda. Jadikan itu sebagai usaha.

Tantangan terbesar kita justru berasal dari diri kita sendiri. Lawanlah semua ketakutan-ketakutan yang muncul. Lawanlah pola pikir takut gagal yang ada dalam hati. Jangan takut melangkah. Wujudkan ide-ide gila yang selama ini sudah ada dalam diri kita. Anda semua yang hadir disini harus menjadi jiwa muda yang visioner, berani melangkah, dan memiliki pengaruh baik bagi bangsa.

Sekian yang bisa saya sampaikan. Sebagai penutup, saya sampaikan sekali lagi. Jangan pernah takut melangkah. Kegagalan merupakan hal biasa. Bangkit setelah pernah gagal adalah hal yang luar biasa. Sekian, terima kasih dan sukses selalu!

Contoh Pidato Persuasif tentang Lingkungan

Contoh Pidato Persuasif tentang Lingkungan

Selamat pagi saya ucapkan kepada semua warga Desa Pandansari.
Terima kasih saya ucapkan kepada seluruh jajaran perangkat desa yang telah hadir dalam kesempatan hari ini.
Terima kasih juga saya ucapkan kepada karang taruna Desa Pandansari yang telah menginisiasi terlaksananya kegiatan pada pagi hari ini.

Terima kasih juga tak lupa saya ucapkan kepada semua masyarakat Desa Pandansari yang saat ini telah berkenan meluangkan waktunya untuk menghadiri acara Peringatan Hari Bumi Internasional tahun 2020.

Puji syukur marilah kita ucapkan kepada Alloh SWT Sang Tuhan Yang Maha Esa. Karena atas berkat rahmat-Nya kita semua bisa menghadiri acara Peringatan Hari Bumi Internasional ini dalam kondisi sehat wal’afiat tanpa kurang satu apapun. Hari ini tepatnya pada Rabu 22 April 2020, kita semua sedang memperingati Hari Bumi Internasional. Hari dimana kita merenung lagi tentang kondisi lingkungan.

Seperti kita ketahui, lingkungan adalah tempat dimana kita tinggal dan beraktivitas. Lingkungan tempat tinggal kita kini sudah banyak tercemar oleh berbagai polusi. Mulai dari limbah-limbah domestik yang dibuang sembarangan. Bahkan tak jarang ada masyarakat yang sengaja membuang sampah ke sungai. Polusi juga bukan hanya datang dari limbah rumah tangga.

Polusi bisa datang dari penggunaan bahan bakar fosil. Seperti kita tahu, saat ini semua orang menggunakan kendaraan bermotor untuk bepergian. Jauh atau dekat, mereka lebih senang menggunakan kendaraan bermotor pribadi dibandingkan angkutan umum ataupun sepeda. Padahal kendaraan bermotor mengeluarkan emisi gas yang bisa mencemari udara di lingkungan kita.

Polusi bukan hanya satu-satunya masalah yang dihadapi oleh lingkungan kita. Manusia saat ini juga dihadapkan pada masalah penggunaan energi tak terbaharukan yang berlebihan. Energi yang berasal dari bahan bakar minyak digunakan untuk pembangkit tenaga listrik, kendaraan, hingga produksi di pabrik-pabrik. Penggunaan energi tak ramah lingkungan ini turut memperparah polusi.

Bayangkan saja, bagaimana kita bisa bertahan nantinya jika lingkungan satu-satunya tempat tinggal kita benar-benar tak layak huni. Sungainya penuh dengan sampah. Jika musim hujan datang, air tak bisa mengalir dengan lancar. Resikonya adalah banjir yang menggenangi pemukiman. Harta benda bahkan nyawa yang menjadi taruhan saat bencana ini datang.

Kemudian, tanah tempat kita berpijak juga penuh dengan limbah-limbah berbahaya. Plastik, kotoran, dan sampah tertimbun dalam tanah. Mereka tak bisa terurai dengan baik. Hal ini juga menghadirkan problem baru bagi lingkungan. Ingatlah bahwa tanah tempat kita berpijak akan memiliki kualitas yang buruk karena sampah. Para petani tak bisa lagi bercocok tanam karena tanah yang rusak.

Udara yang kita hirup sehari-hari, kemudian tercemar. Kendaraan bermotor dan asap pembakaran produksi jadi kunci polusinya. Apa lagi yang bisa kita hirup? Udara yang bercampur dengan racun terpaksa masuk dalam tubuh. Padahal, tubuh butuh oksigen untuk bernafas. Bukan asap sisa pembakaran. Tentunya lama-lama tubuh kita akan mengalami masalah kesehatan.

Bayangkan bagaimana jika lingkungan satu-satunya tempat tinggal kita penuh dengan polusi. Dimana lagi kita akan mengungsi? Planet bumi hanya satu. Kita hanya bisa tinggal di planet ini. Tapi semakin hari, polusi semakin bertambah. Sampah semakin menggunung. Pembakaran bahan bakar fosil semakin cepat. Kita semakin tak peduli dengan kondisi kebersihan tempat tinggal.

Pohon-pohon semakin banyak yang ditebang. Gunung-gunung semakin hari semakin gundul akibat pembalakan. Lalu, mau sampai kapan lingkungan dan bumi ini bisa bertahan? Jika semua sudah rusak, bencanalah yang akan datang. Tidak akan ada air bersih yang bsia diminum. Tidak ada pohon yang menghasilkan oksigen. Tidak ada pohon yang menyerap air dalam tanah.

Apakah masih belum cukup ulah kita pada lingkungan ini? Karena itulah, kita semua harus bersatu dan bergerak untuk lebih mencintai lingkungan. Kita harus bisa menjaga satu-satunya planet tempat kita tinggal ini. Lalu, apa saja yang bisa kita terapkan untuk menjaga bumi? Ternyata, cara-cara kecil pun sudah cukup. Kita harus mulai melakukannya dari lingkungan terkecil kita yaitu keluarga. Mulailah untuk melakukan kebiasaan sederhana ini setiap harinya:

1. Memilah sampah sesuai jenisnya. Pisahkan sampah basah dan sampah yang bisa didaur ulang. Kirimkan sampah daur ulang di tempat daur ulang sampah.
2. Buanglah sampah pada tempat sampah.
3. Gunakanlah air dengan bijak. Jangan berlebihan dalam menggunakan air untuk kebutuhan sehari-hari.
4. Mulailah menggunakan transportasi yang ramah lingkungan. Bersepeda untuk menempuh jarak yang pendek. Dan gunakan kendaraan umum untuk pergi bekerja.
5. Tanamlah pohon di bukit yang gundul.
6. Jaga kebersihan lingkungan dengan rutin kerja bakti sesama warga.

Sebagai penutup, saya ingatkan sekali lagi bahwa lingkungan yang bersih adalah kunci kesehatan. Kita tidak akan bisa hidup sehat jika lingkungan kita kotor. Mencintai bumi tak harus dilakukan dengan cara-cara besar. Enam cara sederhana seperti yang telah saya sebutkan tadi pun sudah cukup, asalkan bisa kita lakukan setiap hari. Jadikanlah kebersihan lingkungan sebagai kebiasaan.

Wassalaualaikum wr. wb.

Contoh Teks Pidato Persuasif tentang Narkoba

Contoh Teks Pidato Persuasif tentang Narkoba

Selamat pagi saya ucapkan kepada seluruh hadirin.
Yang terhormat Ibu kepala sekolah SMA Negeri 1 Pasuruan.
Yang saya hormati Bapak-Ibu guru SMA Negeri 1 Pasuruan.
Yang saya hormati seluruh staf tata usaha SMA Negeri 1 Pasuruan.
Dan semua teman-teman siswa SMA Negeri 1 Pasuruan yang saya cintai.

Pertama, izinkan saya mengucapkan syukur kepada Alloh SWT. Karena tak mungkin tanpa berkat dan rahmat-Nya kita semua bisa hadir di aula sekolah ini dalam kondisi sehat. Pada kesempatan yang berbahagia kali ini, perkenankan saya Maharani Putri siswa kelas X IPA-2 menyampaikan pidato tentang bahaya narkoba yang mulai merambah kalangan remaja.

Narkoba adalah sebutan atau istilah umum yang digunakan di Indonesia untuk menyebut zat-zat obat terlarang. Narkoba adalah obat-obatan berbahaya yang disalahgunakan oleh masyarakat. Narkoba meliputi zat narkotika, psikotropika, serta zat adiktif. Ada banyak jenis narkoba seperti ekstasi, shabu-shabu, putaw, dan lain sebagainya.

Semua jenis narkoba memiliki efek yang mengerikan bagi tubuh. Ketergantungan atau sakaw hanyalah efek yang paling ringan. Jika seseorang mulai ketergantungan, ia akan susah terbebas dari jerat narkoba. Halusinasi, penurunan berat badan, kerusakan syaraf, over dosis, hingga kematian adalah efek samping berbahaya lainnya dari narkoba.

Kini, narkoba bukan hanya beredar di kota. Narkoba sekarang tidak hanya bisa dijangkau oleh orang-orang kaya yang punya uang melimpah. Peredaran narkoba kian hari kian memprihatinkan. Bayangkan saja, narkoba kini telah diam-diam beredar di tempat-tempat yang biasa digunakan anak-anak muda berkumpul. Misalnya seperti cafe, karaoke, bar, klub malam, bahkan di pedesaan.

Iya, narkoba bahkan kini telah sampai di pedesaan yang jauh dari kota. Semakin masifnya tingkat peredaran narkoba ini harus diwaspadai. Karena semakin luasnya tingkat peredaran gelap narkoba, maka semakin banyak pula orang yang kemungkinan akan menjadi pecandunya. Akan semakin banyak orang yang jadi sasaran para pengedar narkoba demi keuntungan mereka.

Narkoba memang identik dengan kalangan remaja. Bukanlah hal yang dirahasiakan bahwa para pengedar narkoba memang menargetkan para remaja, termasuk siswa sekolah mulai dari SMP sampai SMA sebagai calon pemakai mereka. Tak heran karena kalangan remaja memang masih mencari jati diri mereka. Kita masih mudah terpengaruh oleh ajakan-ajakan dari luar.

Padahal tak semua ajakan itu baik bagi kita. Remaja adalah kelompok yang mudah terpengaruh. Baik dari lingkungan sekitar atau pergaulan antar teman sebaya. Rasa ingin tahu yang tinggi adalah kunci utama bagi para pengedar narkoba untuk menjerumuskan kita ke jalan yang salah. Padahal, tidak ada istilah mencoba-coba untuk narkoba.

Jangan pernah berfikir bahwa kita bisa lepas dari narkoba setelah sekali mencobanya. Satu kali kita berhasil diiming-imingi untuk mencoba narkoba, maka kali berikutnya kita tak akan pernah bisa lepas dari zat terlarang ini. Kita akan kecanduan dan akhirnya tidak bisa lepas.

Tak heran jika data dari International Labour Organization menyebutkan bahwa d Indonesia diperkirakan ada sekitar 4 juta orang yang menggunakan zat terlarang ini. Dengan kata lain, 1 dari 50 orang Indonesia adalah pengguna atau mantan pengguna narkoba. Bahkan di ibukota Jakarta, 3 dari 10 anak muda di bawah umur adalah pengguna narkoba. Data ini begitu membuat hati kita sedih.

ILO juga berhasil mengungkap bahwa 4% pengguna narkoba di Indonesia adalah dari kalangan anak-anak yang berusia di bawah 17 tahun. Bahkan sebagian dari mereka terlibat dalam perdagangan narkoba atau dengan kata lain menjadi jaringan pemasok barang haram ini.

Pengguna narkoba dari kalangan pelajar mayoritas berasal dari jenjang SMA yang mencapai 10 ribu siswa. Kalangan SMP sebesar 7 ribu siswa dan bahkan kalangan siswa SD sudah ada 800 anak. Patutnya kita prihatin dengan penyebaran narkoba yang sangat masif di lingkungan pelajar ini.

Kita sebagai remaja harus punya prinsip dan pegangan diri yang kuat untuk tetap menjauhi obat-obatan terlarang. Tanamkan dalam diri kita bahwa narkoba bukanlah solusi dan pelarian. Tidak ada istilah coba-coba atau rasa ingin tahu untuk barang haram ini. Kita bisa melampiaskan energi yang berlebih pada hobi yang positif seperti ilmu pengetahuan, seni, dan olahraga.

Tanamkan dalam diri kita bahwa narkoba adalah racun. Efek negatif narkoba bisa merusak jaringan syaraf dalam tubuh. Dampak paling mengerikan dari narkoba adalah over dosis dan kematian. Begitu kejamnya efek negatif narkoba, maka kita harus punya kekuatan penuh untuk menolaknya. Dekatkan diri kita dengan keluarga dan lingkungan yang positif.

Terima kasih.

Contoh Teks Pidato Persuasif tentang Sumpah Pemuda

Contoh Teks Pidato Persuasif tentang Sumpah Pemuda

Selamat pagi Bapak Ibu sekalian yang berbahagia.

Marilah kita ucapkan syukur kepada Alloh SWT yang telah melimpahkan kesehatan dan keselamatan sehingga kita bisa berkumpul untuk merayakan Hari Sumpah Pemuda tahun 2020 ini.

Tanggal 28 Oktober tahun 1918 adalah tonggak sejarah yang penting bagi bangsa Indonesia. Pd ahari tersebut pemuda-pemudi Indonesia berkumpul untuk mendeklarasikan nasionalisme dan patriotisme mereka pada tanah air kita Indonesia. Tanpa Sumpah Pemuda saat itu, kita tidak mungkin bisa bersatu dalam sebuah Negara Kesatuan Republik Indonesia ini.

Sumpah Pemuda adalah momen dimana para pemuda Indonesia mengesampingkan identitas kesukuan, budaya, agama, dan kelompok mereka masing-masing. Mereka membuang ego kelompok dan mengucapkan ikrar untuk bersatu di bawah bendera negara Indonesia. Sumpah Pemuda adalah tonggak terciptanya persatuan dan kesatuan di Indonesia, meskipun banyak sekali perbedaan.

Satu nusa, satu bangsa, satu bahasa adalah inti Sumpah Pemuda. Kita mengakui bahwa kita memiliki satu nusa yaitu Indonesia. Kita adalah satu bangsa yaitu bangsa Indonesia. Kita menggunakan satu bahasa persatuan yaitu Bahasa Indonesia.

Karena itulah, kita wajib untuk menjaga apa yang sudah diwariskan oleh para pendahulu kita. Persatuan dan kesatuan hasil dari Sumpah Pemuda adalah amanah. Kita adalah generasi penerus yang punya kewajiban untuk menjaga persatuan. Jangan mudah terpecah belah oleh isu-isu SARA yang terus berkembang saat ini.

Jangan ada lagi perselisihan antar warga yang mengatasnamakan kelompok RT, RW, atau kampung dan desa. Kita adalah sesama masyarakat Indonesia. Kita harus bersatu dan bergotong royong memajukan negara kita tercinta. Semoga dengan doa dan komitmen tulus kita untuk menjaga persatuan dan kesatuan, kita bisa membangun bangsa kita menjadi lebih maju. Jadilah masyarakat yang baik dan disegani oleh bangsa lain dengan senjata persatuan.
Wassalamu’alaikum wr. wb.

Contoh Teks Pidato Persuasif tentang Kebersihan Lingkungan

Contoh Teks Pidato Persuasif tentang Kebersihan Lingkungan

Assalamu’alaikum wr. wb.

Terima kasih saya ucapkan kepada seluruh warga yang telah hadir dalam acara kerja bakti di lingkungan RW. 04 Desa Sukasari ini. Marilah kita panjatkan puja dan puji syukur ke hadirat Alloh SWT yang telah memberikan berkah kesehatan kepada kita semua. Sehingga pada hari ini, kita bisa berkumpul di saat yang membahagiakan ini dalam kondisi sehat, tak kurang suatu apapun.

Pada kesempatan kali ini, izinkan saya menyampaikan sambutan tentang pentingnya kebersihan lingkungan. Memang di tengah zaman yang semakin modern, kita punya kehidupan yang semakin sibuk setiap harinya. Kita dituntut untuk bekerja setiap hari. Aktivitas semakin padat, tapi kita tetap tinggal di lingkungan yang sama setiap harinya.

Karena itulah, kebersihan lingkungan tetap menjadi tanggung jawab siapapun yang bermukim di lingkungan tersebut. Kebersihan lingkungan adalah tanggung jawab bersama. Kita tidak bisa melimpahkannya kepada pihak lain. Karena manfaat dari lingkungan yang bersih juga akan dirasakan oleh semua masyarakat yang bermukim di lingkungan ini.

Kita harus tau bahwa lingkungan yang kotor adalah sumber berbagai macam penyakit. Saluran air yang tersumbat oleh sampah, puing-puing yang menumpuk, dan genangan air adalah rumah ideal bagi nyamuk. Termasuk nyamuk penyebab demam berdarah. Jika nyamuk ini sampai menggigit, maka kita bisa terkena penyakit DBD yang membahayakan nyawa.

Kunci utama untuk menghindarkan diri dan keluarga dari penyakit berbahaya seperti BDD, diare, demam tifoid, dan lain-lain adalah lingkungan yang bersih. Jika kita bisa menjaga kebersihan saluran air, rumah, dan lingkungan, maka sumber-sumber penyakit juga akan lenyap. Kegiatan gotong royong membersihkan lingkungan penting untuk menjaga keluarga dari penyakit.

Lingkungan yang bersih juga akan menghindarkan kita dari bencana seperti banjir. Selokan dan sungai yang bersih akan membuat aliran air menjadi lancar. Lingkungan yang rutin dibersihkan adalah tempat tumbuh kembang yang ideal bagi anak-anak kita. Karena itulah, sesibuk dan semodern apapun hidup masyarakat saat ini, kerja bakti membersihkan lingkungan tetap penting.

Jadi, saya selaku ketua RW. 04 Desa Sukasari berpesan dan mengajak masyarakat untuk rutin menjaga kebersihan lingkungan. Kita harus terus mengagendakan kerja bakti membersihkan lingkungan tempat tinggal kita secara rutin. Karena di balik masyarakat yang sehat, ada lingkungan yang bersih dan sehat pula. Sekian pidato ini, terima kasih dan mari kita mulai bekerja bakti.

Contoh Teks Pidato Persuasif tentang Nasionalisme

Contoh Teks Pidato Persuasif tentang Nasionalisme

Assalamu’alaikum wr. wb.

Yang saya hormati bapak Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Medan.
Yang saya hormati segenap Bapak dan Ibu guru SMA Negeri 2 Medan.
Yang saya hormati segenap staf tata usaha dan pendukung di SMA Negeri 2 Medan.
Dan tak lupa rekan-rekan siswa SMA Negeri 2 Medan yang saya cintai.

Marilah kita panjatkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa karena atas berkat rahmat-Nya kita semua bisa berkumpul disini untuk merayakan acara Hari Pahlawan tahun 2020. Tepat pada hari ini, 10 November adalah tonggak sejarah diperingatinya hari pahlawan yang sangat bersejarah. Hari ini menjadi saksi keberanian para pejuang untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Hari Pahlawan diperingati untuk mengenang kejadian pertempuran 10 November di Surabaya. Para pahlawan muda berjuang mati-matian untuk membela kemerdekaan Indonesia yang masih seumur jagung di tengah gempuran pasukan Agresi Militer Belanda. Karena itu juga, Surabaya mendapatkan gelarnya sebagai Kota Pahlawan.

Dahulu kala, para pahlawan mempertaruhkan jiwa raganya untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Hanya berbekal bambu runcing, mereka berani maju ke medan pertempuran untuk mengusir para penjajah. Mereka mengesampingkan identitas sosial, kelas, golongan, dan juga kelompok demi negeri kita tercinta.

Para pejuang yang mulia bahu membahu mengusir penjajah. Banyak yang meninggal dunia di tengah medan perang. Semua demi cita-cita Indonesia merdekat. Kini, kita bisa merasakan nikmatnya hidup di tanah air yang merdeka, semua berkat jasa para pahlawan. Lalu, pantaskah jika kita hanya berpangku tangan? Pantaskah jika kita hanya mengisi kemerdekaan ini dengan bersenang-senang?

Kita sebagai generasi penerus bangsa wajib melanjutkan cita-cita kemerdekaan. Kita harus melanjutkan perjuangan para pahlawan yang telah berkorban jiwa raga. Kita punya peranan penting yaitu memajukan Indonesia dan terus menjaga persatuan dan kesatuannya. Jangan sampai kita mudah terpecah belah oleh berita bohong yang semakin luas beredar.

Jangan sampai kita lebih mementingkan kepentingan kelompok dibandingkan kepentingan bangsa. Isilah kemerdekaan dengan hal-hal yang bermanfaat. Mari kita isi hari-hari kita dengan prestasi. Mari kita banggakan para pahlawan dengan torehan prestasi, kerja keras, kerja cerdas, dan juga semangat persatuan.

Wassalamu’alaikum wr. wb.

Contoh Teks Pidato Persuasif bagian Isi

Contoh Teks Pidato Persuasif bagian Isi

Sampah plastik butuh 400 tahun lebih untuk terurai. Ketika kita membuangnya saat ini, maka sampah plastik ini akan tetap berada di dalam tanah atau perairan hingga 400 tahun lagi. Keberadaannya tentu akan mengganggu kehidupan biota yang ada di tanah atau laut. Menyebabkan kerusakan lingkungan yang cukup parah dan mengganggu ekosistem.

Salah satu langkah paling sederhana untuk menjaga kelestarian lingkungan adalah dengan mengurangi penggunaan plastik. Kita perlu tahu bahwa saat ini bumi semakin rusak akibat polusi dari sampah plastik. Bahkan perairan seluas Samudra Pasifik saja sudah menjadi pelabuhan terakhir untuk sampah plastik dari daratan.

Mari kita mulai dari diri sendiri untuk menjaga kebersihan lingkungan. Mari kita kurangi penggunaan sampah plastik. Kita bisa mulai memilah sampah plastik dan organik. Kemudian mengirimkan sampah plastik ke tempat daur ulang. Kita bisa menghindari penggunaan plastik saat berbelanja dengan cara membawa tas belanja sendiri.

Kita juga bisa mulai menggunakan peralatan plastik yang bisa dipakai berulang kali. Hindari penggunaan plastik sekali pakai. Karena selain membuat sampah semakin menumpuk, kandungan kimiawinya juga bisa membahayakan kesehatan kita sendiri. Bijak dalam menggunakan plastik adalah langkah sederhana untuk menyelamatkan bumi kita ini.

Contoh Teks Pidato Persuasif tentang Agama Islam

Contoh Teks Pidato Persuasif tentang Agama Islam

Assalamu’alaikum wr. wb.

Puji syukur marilah kita panjatkan kepada Alloh SWT yang telah melimpahkan berkahnya kepada umat Islam. Atas karunia Alloh SWT kita bisa berkumpul disini pagi ini untuk menghadiri acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Nabi Muhammad SAW adalah nabi terakhir yang dikirimkan oleh Alloh SWT untuk kita. Beliau menuntun umat manusia keluar dari zaman jahiliyah (kebodohan) menuju zaman Islam. Nabi Muhammad SAW yang menuntun kita untuk menyembah Alloh SWT, Tuhan Yang Maha Esa. Tidak ada sekutu bagi-Nya.

Islam adalah agama yang penuh berkah. Kita selalu diajarkan untuk memandang semua orang sama derajadnya. Tidak ada sistem kasta dalam agama Islam. Pembeda bagi umat manusia hanyalah ketaatannya kepada Alloh SWT semata. Kelahiran Nabi Muhammad SAW adalah awal bagi kehidupan baru di muka bumi ini. Dimana budak ataupun saudagar kaya punya derajad yang sama.

Karena itulah, mari kita kembali kepada ajaran Islam yang sesungguhnya. Jangan pernah menganggap rendah orang lain. Hargailah semua orang, baik itu si-kaya ata si-miskin. Di hadapan Alloh SWT, kita semua hanyalah makhluk-Nya yang semata-mata hidup untuk mengharap ridho-Nya. Jangan sampai kesombongan semakin menjauhkan kita dari ajaran agama Islam yang sebenarnya.

Contoh Teks Pidato Persuasif untuk Anak SMP

Contoh Teks Pidato Persuasif untuk Anak SMP

Assalamu’alaikum wr. wb.

Anak-anakku semua siswa SMP Negeri 1 Surakarta.
Marilah kita mengucapkan syukur alhamdulillah kepada Alloh SWT yang telah memberikan kita kesempatan. Sehingga di pagi hari yang bahagia ini, kita bisa berkumpul disini untuk mengadakan acara serah-terima Laporan Hasil Belajar Semester 2 Tahun Ajaran 2019/2020.

Siswa-siswiku semua, menuntut ilmu adalah kewajiban kita bersama. Marilah kita isi masa muda kita dengan sikap haus ilmu pengetahuan dan pengalaman. Mari kita isi hari-hari kita dengan menimba ilmu yang bermanfaat. Jadilah pelajar yang berprestasi. Jadilah pelajar yang bisa membanggakan kedua orang tua, masyarakat, dan juga bangsa Indonesia.

Pada diri kalian, ada berbagai kecerdasan yang menunggu untuk dikembangkan. Galilah kecerdasan ini saat kalian masih muda. Saat kalian masih punya banyak waktu dan tenaga. Nilai yang tertera pada Laporan Hasil Belajar kalian adalah pelecut semangat untuk semakin giat belajar. Jika nilai kalian bagus, maka jadikan itu sebagai lecutan semangat untuk terus belajar giat.

Jika kalian merasa nilai kurang, maka jadikan itu sebagai tonggak untuk bangkit. Setelah ini, marilah kita sama-sama lebih giat belajar lagi. Bagi yang punya kecedasan di bidang non-akademik, kembangkan itu mulai dari saat ini. Tapi ingat, jangan pernah melupakan kewajiban untuk mengejar prestasi juga di bidang akademik. Jadilah kebanggan bagi orang tua kalian!

Contoh Teks Pidato Persuasif tentang Globalisasi

Contoh Teks Pidato Persuasif tentang Globalisasi

(Pembukaan)

(contoh teks pidato bagian isi)

Kita sudah tahu bahwa saat ini kita berhadapan dengan dunia yang tanpa sekat. Begitu banyak informasi yang bisa kita terima dengan mudahnya melalui media elektronik. Bukan hanya televisi atau radio, kin teknologi internetlah yang mendominasi penyebaran informasi digital. Semua orang di dunia ini bisa terhubung berkat kecanggihan internet.

Dunia yang dulu terasa begitu luas kini seolah menyempit dengan adanya kecanggihan teknologi internet. Banyak sekali sisi positif yang bisa kita temukan dari internet ini. Kita bisa seolah menyatu menjadi 1 masyarakat dunia tanpa adanya pembatas. Kita bisa menyebutnya dengan istilah globalisasi.

Tapi kita perlu tahu bahwa tak selamanya globalisasi bisa menimbulkan efek positif. Sebagai orang tua, kita bertugas untuk menyaring pengaruh globalisasi yang masuk ke lingkungan kita. Contohnya adalah masukknya budaya pop-culture dari Barat yang belum tentu sesuai dengan adat ketimuran. Budaya ini menggerus norma-norma kesusilaan yang telah lama dijaga dalam masyarakat.

Budaya Barat ini harus kita saring. Mana yang bagus dan positif seperti etos kerja, kebersihan lingkungan, dan semangat belajar harus diadaptasi untuk anak-anak kita. Tapi budaya pergaulan bebas harus kita tolak. Ajarkan anak-anak kita bahwa norma dan nilai asli Indonesia tetap harus dijaga di tengah globalisasi budaya saat ini.

Contoh Teks Pidato Persuasif tentang Gadget

Contoh Teks Pidato Persuasif tentang Gadget

Rekan-rekanku semua.

Saat ini memang sulit sekali bagi kita untuk tidak memiliki gadget yang canggih. Kita sudah terbiasa hidup di tengah masyarakat yang serba modern dan instan. Apapun bisa dilakukan hanya dari smartphone yang ada di genggaman tangan. Semua jadi terasa muda berkat teknologi pintar di sekotak kecil gadget ini.

Tapi, sadarkah kita bahwa gadget canggih mulai mengambil alih kehidupan sosial masyakarat? Mari kita renungkan sekali lagi. Kapanpun kita pergi, kita selalu menghadap ke gadget. Dimanapun kita berada, wajah dan mata kita selalu tertuju pada layar ponsel. Kita jadi asing dengan lingkungan sekitar. Kita tak peduli lagi pada siapa dan apa yang ada di hadapan kita.

Gadget tanpa sadar telah mengambil waktu kebersamaan dan interaksi sosial kita dengan manusia lainnya. Gadget membuat kita jadi manusia yang individualistik. Interaksi sosial kita dengan keluarga dan lingkungan sekitar jadi renggang. Gadget telah mengambil alih perhatian kita yang dulunya banyak dicurahkan untuk keluarga, teman, rekan, dan juga kegiatan fisik.

Jadi, marilah kita mulai membatasi penggunaan gadget. Marilah kita mulai menghargai setiap detik waktu kebersamaan bersama dengan keluarga dan sahabat. Jangan sampai gadget justru menghancurkan kehidupan sosial kita di dunia nyata. Jangan sampai kita menjadi pecandu gadget. Mari kita mulai kembali melakukan aktivitas fisik dan sosialisasi yang bermanfaat.

Contoh Teks Pidato Persuasif tentang Gemar Membaca

Contoh Teks Pidato Persuasif tentang Gemar Membaca

Berikut ini contoh teks pidato persuasif :

Kawan-kawanku di SMA Negeri 05 Yogyakarta. Ungkapan bahwa buku adalah jendela ilmu adalah kebenaran. Melalui buku kita bisa tahu semua hal-hal yang ada di berbagai belahan dunia. Kita tahu ilmu pengetahuan yang dituliskannya. Kita bisa menggali banyak sekali informasi dari dalam buku. Gemar membaca adalah kunci kesuksesan kita.

Banyak sekali pengetahuan dan ide-ide baru yang bisa kita temukan setelah kita membaca. Bukan hanya buku, tapi kita bisa mendapatkan pengetahuan baru itu dari bacaan di majalah, koran, ataupun internet. Kini satu-satunya kunci agar kita kaya akan pengetahuan adalah sikap gemar membaca. Apalagi dengan kemudahan akses untuk mendapatkan banyak bahan bacaan seperti saat ini.

Kita harus rajin membaca. Jadikan membaca sebagai hobi kita di waktu luang. Jangan buang energi kita untuk hal-hal yang negatif. Sebaliknya, jadikan buku bacaan sebagai teman terbaik kita. Marilah kita sama-sama mengejar kesuksesan dengan rajin membaca buku dan menggali ilmu pengetahuan baru yang ada di baliknya.

Contoh Teks Pidato Persuasif tentang Game Online

Contoh Teks Pidato Persuasif tentang Game Online

Berikut adalah contoh teks pidato persuasif tentang game online :

Kawan-kawanku semua, siswa-siswi SMA Negeri 01 Surabaya. Bermain game online memang telah menjadi kebiasaan yang hampir dilakukan oleh anak-anak seumuran kita. Hampir semua anak-anak usia remaja memang memiliki ponsel yang canggih untuk bisa mengakses game online. Lingkungan pertemanan kita pun kini lebih banyak diisi dengan bermain game online.

Game online memang bisa menjadi hiburan yang membuat kita terhindar dari stres. Kita bisa menghabiskan waktu luang dengan bermain game online. Tapi, bukan berarti bermain game online terus menerus baik bagi kita. Satu hal yang perlu diingat adalah kewajiban kita sebagai pelajar. Tugas utama kita adalah belajar. Kita masih harus mengejar kesuksesan selagi muda.

Jangan sampai waktu muda kita hanya terbuang habis untuk bermain game online. Jadikan game online hanya sebagai sarana penyegaran pikiran saja. Jangan jadikan game online sebagai kegiatan utama yang menyita waktu dan tenaga kita. Ingatlah bahwa orang tua kita telah susah payah menyekolahkan kita. Sudah sepatutnya kita mengejar prestasi demi kesuksesan di masa depan.

Contoh Teks Pidato Persuasif tentang Bahaya Merokok

Contoh Teks Persuasif tentang Bahaya Merokok

Bapak Ibu sekalian. Kita pasti sudah sering mendengar tentang bahaya merokok. Dalam 1 batang rokok terdapat 9 zat kimia berbahaya yang bisa merusak tubuh. Ada karbon monoksida yang bisa merusak paru-paru. Ada nikotin, tar, hidrogen sianida, benzena, arsenik, formal-dehida, dan kadmium yang sangat berbahaya.

Perokok bisa mendapatkan berbagai masalah kesehatan karena kebiasaannya ini. Jika Anda masih awam dengan senyawa kimia di atas, mungkin Anda harus berfikir ulang. Karena zat-zat di atas digunakan untuk pembuatan baterai, kapur, sampai racun tikus. Merokok bisa merusak organ seperti paru-paru, jantung, sampai syaraf otak.

Tapi sudah pahamkah Anda bahwa orang lain yang berada di sekitar perokok juga bisa terkena bahayanya? Kita menyebut orang-orang yang ikut terkena asap rokok ini sebagai perokok pasif. Ternyata perokok pasif memiliki resiko kesehatan yang jauh lebih tnggi dibandingkan dengan perokok aktif.

Bagi Anda yang masuk dalam golongan perokok pasif, Anda bisa mengalami resiko masalah kesehatan. Anda jadi punya resiko mengalami penurunan detak jantung, asma, kerusakan paru-paru, dan juga resiko mengidap kanker. Bahkan asap rokok juga sangat berbahaya bagi ibu hamil. Janin dalam kandungan bisa mengalami keguguran, prematur, hingga cacat bawaan akibat asap rokok.

Jadi, marilah kita bijak dalam merokok. Jangan sampai kalangan perokok aktif ini tidak tahu aturan dan merokok sembarangan. Bayangkan bagaimana jika anggota keluarga kita jadi mengidap penyakit dan kesehatannya terganggu akibat asap rokok yang kita keluarkan. Kita harus sadar bahwa asap rokok berbahaya. Sebisa mungkin, kita harus berjuang untuk berenti merokok.

Dengan berhenti merokok, kita bukan hanya menyelamatkan diri sendiri. Tapi kita juga akan menyelamatkan keluarga dan lingkungan dari ancaman bahaya asap rokok. Menghilangkan kebiasaan merokok memang sulit. Apalagi jika kita telah lama menjadi pecandu rokok. Niat yang kuat adalah kunci untuk berhenti merokok.

Jangan sampai kita baru berhenti merokok saat kesehatan kita sudah memburuk. Jangan sampai kita harus terkena penyakit mematikan dulu baru kita berhenti merokok. Jangan sampai keluarga kita ada yang sakit akibat asap rokok dulu, baru kita sadar akan bahaya merokok. Kita harus mulai menyadari semua bahaya ini sejak saat ini.

Mari kita mulai membiasakan diri hidup jauh dari asap rokok. Saat ada keinginan untk merokok, alihkan perhatian otak kita pada aktivitas lain. Kita bisa mengkonsumsi permen, makanan sehat, atau buah-buahan. Selain itu, perbanyaklah olahraga agar tubuh kita kembali sehat. Ingatlah, bahwa manfaat dari lingkungan yang bebas asap rokok bisa dirasakan oleh seluruh anggota keluarga.

Jadikan keluarga sebagai motivasi terbesar untuk bebas dari rokok. Kita memang punya hak untuk merokok. Tapi keluarga dan orang lain di sekitar kita juga punya hak yang sama untuk hidup sehat bebas dari asap rokok. Jika kita ingin hidup sehat, panjang umur, dan bahagia bersama dengan keluarga, maka niatkan diri kita untuk berhenti merokok sekuat tenaga.

Contoh teks pidato persuasif di atas bisa digunakan sebagai referensi. Pidato persuasif ini bisa Anda gunakan untuk mempengaruhi orang lain. Dengan pidato seperti ini, Anda bisa mengajak orang lain untuk berperilaku lebih baik sesuai keinginan Anda. Pidato persuasif juga banyak muncul dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia tingkat SMP dan SMA.

15+ Contoh Teks Pidato Persuasif

Leave a Reply