15 Contoh Teks Ceramah (Tema sabar, kematian, pergaulan bebas, dan menuntut ilmu) 1

15 Contoh Teks Ceramah (Tema sabar, kematian, pergaulan bebas, dan menuntut ilmu)

Contoh Teks Ceramah – Ceramah atau biasa dikenal dengan pidato merupakan tindakan untuk berbagi ilmu dari para ahlinya. Ceramah tersebut dapat memuat berbagai ilmu pengetahuan. Salah satu yang banyak digunakan adalah agama. Biasanya ceramah tersebut dilakukan oleh ustad dan ustadzah yang sudah menguasai ilmu agama Islam. Simak contoh teks ceramah secara singkat dan lengkap.

Contoh Teks Ceramah Tema Sabar

Contoh Teks Ceramah Tema Sabar

Kegiatan ceramah biasa dilakukan oleh para ahli yang sudah mahir dalam bidangnya. Tujuan dari dilakukannya ceramah tersebut adalah agar para ahli tersebut dapat berbagai ilmu dan nasehat kepada pendengar. Namun perlu diketahui bahwa dalam melakukan ceramah bukanlah bersifat untuk menggurui orang lain. Berikut adalah contoh teks ceramah tema sabar.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh. Alhamdulillah kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT karena sudah diberikan kesehatan hingga saat ini. Tidak lupa kami panjatkan Sholawat kepada junjungan Nabi Muhammad SAW.

Hadirin sekalian. Allah SWT selalu memerintahkan umat-Nya untuk berlaku sabar dan lapang dada. Sabar diambil dari bahasa arab yang maknanya adalah menahan diri. Perilaku tersebut akan sangat mudah diterapkan, bila Anda paham makna dan ganjaran yang akan didapatkan kelak. Oleh sebab itu, mulailah untuk menerapkan sabar dalam kehidupan sehari – hari.

Perilaku sabar dapat Anda terapkan dengan cara sadar bahwa dalam kehidupan di dunia, tidak akan bisa terlepas dari cobaan. Namun Anda jangan khawatir, karena Allah SWT sudah mempersiapkan ganjaran bagi orang – orang yang berlaku sabar. Untuk itu, marilah untuk bertindak sabar selama menjalani kehidupan di dunia. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Contoh Teks Ceramah Tema Kematian

Contoh Teks Ceramah Tema Kematian

Ceramah dilakukan oleh seorang individu kepada audiens dengan tutur kata sopan dan rendah hati. Sehingga dalam proses ceramah tersebut dia bermaksud untuk mengajak audiens menuju ke arah kebaikan. Dengan begitu sang penceramah tersebut akan mendapatkan pahala, bilamana audiens dapat menerapkannya. Simak contoh teks ceramah dalam tema kematian.

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Allah SWT akan senantiasa memberikan nikmat serta karunia-Nya kepada umat-Nya. Nikmat tersebut harus selalu Anda syukuri kapan saja dan dimana saja. Pada kesempatan hari ini, izinkan saya untuk menyampaikan sepatah dua patah tentang kematian.

Dalam Al Qur’an telah dijelaskan dalam surat Ali Imran ayat 185. Dalam ayat tersebut sudah jelas bila mana kematian pasti akan menghampiri setiap manusia yang hidup di dunia. Mengenai waktunya, tidak ada satupun manusia yang mengetahui kapan ajalnya mulai menjemput. Ingatlah saudara – saudaraku, kehidupan di dunia ini hanyalah sementara.

Mulailah untuk memupuk kebaikan dan amalan untuk bekal di akhirat kelak. Itu karena tidak ada yang bisa menolong diri kita sendiri, selain amal perbuatan baik. Allah SWT telah mempersiapkan surga bagi orang – orang yang selalu berbuat baik. Namun Allah SWT akan memberikan neraka bagi manusia yang lalai dalam kehidupannya di dunia.

Oleh sebab itu, jangan pernah terlena dengan keadaan yang ada di dunia yang fana ini. Itu semua hanyalah bersifat sementara yang akan diambil kapanpun oleh Allah. Sekian penjelasan tentang kematian dari saya. Semoga kita semua selalu dilindungi dari siksa api neraka. Wasalamualaikum. Warahmatullahi wabarakatuh.

[/su_note]

Contoh Teks Ceramah Tema Pergaulan Bebas

Contoh Teks Ceramah Tema Pergaulan Bebas

Kegiatan ceramah yang akan dilakukan, hendaknya memenuhi peraturan yang telah dilakukan. Peraturan tersebut salah satunya adalah struktur yang harus ada dalam penulisan ceramah. Struktur tersebut meliputi awalan, isi, dan juga penutup ceramah. Simak penulisan contoh teks ceramah secara singkat dalam artikel berikut ini.

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulillah saya ucapkan kepada Allah SWT karena sudah diberikan nikmat untuk dapat berkumpul dalam ruangan ini. Tidak lupa saya lantunkan sholawat kepada junjungan Nabi Muhammad SAW, karena sudah mengangkat kita semua dari zaman kegelapan hingga ke zaman sekarang.

Izinkan saya untuk dapat membagikan sedikit ilmu mengenai pergaulan bebas. Pergaulan bebas kini sudah menjadi hal yang sangat meresahkan di masyarakat. Dengan adanya kejadian tersebut, diwajibkan para orang tua mengawasi anak – anak secara ketat lagi. Biasanya kebanyakan orang tua hanya mengawasi anak saat berada di rumah saja.

Namun perlu diketahui bahwa semakin dewasa anak, maka harus lebih ditingkatkan lagi pengawasannya. Khususnya bila anak Anda sudah mulai menyukai lawan jenis. Hal ini demi kebaikan anak – anak dan Anda sebagai orang tua. Pastinya Anda tidak mau dan jangan sampai anak – anak yang sudah dititipkan Allah SWT malah terlibat pergaulan bebas.

Oleh sebab itu, dalam pertemuan kali ini bertujuan agar kita semua dan keluarga dijauhkan dari dunia pergaulan bebas yang akan merugikan diri sendiri. Perlu adanya bimbingan dan juga pengawasan orang tua kepada anak – anak secara ketat setiap harinya. Demikian ceramah hari ini, kurang lebihnya saya mohon maaf. Wasalamualaikum. Warahmatullahi wabarakatuh.

Contoh Teks Ceramah Tema Menuntut Ilmu

Contoh Teks Ceramah Tema Menuntut Ilmu

Adanya kegiatan ceramah tidak lain karena ingin membagikan pengetahuan yang dimiliki oleh sang penceramah. Hal ini bertujuan agar audiens senantiasa terdorong untuk berbuat kebaikan dalam kehidupan sehari – harinya. Oleh sebab itu, mendengarkan ceramah adalah hal yang positif selama dalam taraf kebaikan. Simak penulisan contoh teks ceramah sebagai berikut ini.

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Syukur Alhamdulillah, kita masih diberikan sehat dari Allah SWT. Sehingga kita semua dapat berkumpul dalam satu ruangan ini. Tidak lupa saya lantunkan Sholawat kepada Nabi Muhammad SAW yang telah mengangkat kita dari zaman kegelapan.

Para hadirin semua, pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan sedikit pengetahuan tentang menuntut ilmu. Allah SWT telah menurunkan Surat Al Mujadalah ayat 11. Dalam ayat ini sudah dijelaskan bahwa sangat dianjurkan Anda sebagai umat muslim untuk menuntut ilmu setinggi – tingginya.

Dengan adanya ilmu pengetahuan, pastinya Anda akan dapat mengetahui semua hal baru yang ada di sekitar Anda. Tidak hanya itu, dengan ilmu pengetahuan tersebut Anda bisa berpikir dengan sangat logis dan jernih dalam menghadapi segala kehidupan di dunia dan akhirat. Selain itu, Anda dapat mudah berinteraksi dengan orang lain dengan sangat mudah dan jelas.

Tanpa adanya ilmu pengetahuan, Anda akan buta dengan keadaan di sekitar Anda. Bahkan Anda bisa ditipu oleh orang – orang yang ada disekitar Anda. Oleh sebab itu, mulailah untuk menuntut ilmu setinggi – tingginya. Sekian yang bisa saya berikan. Mohon maaf bila ada kata yang kurang berkenan. Wasalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh.

Contoh Teks Ceramah Tema Pendidikan

Contoh Teks Ceramah Tema Pendidikan

Semua kegiatan ceramah, memberikan hal positif terhadap kehidupan sehari – hari audiens. Hal ini sesuai dengan tujuan yang seharusnya didapatkan yaitu menambah pengetahuan dan melakukan perilaku yang lebih baik dari sebelumnya. Simak penulisan contoh teks ceramah tema pendidikan.

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Alhamdulillah saya ucapkan atas kesempatan hari ini, kita dapat berkumpul di dalam ruangan ini dalam keadaan sehat tanpa sakit sedikitpun. Kemudian sholawat dan salam kita ucapkan kepada junjungan Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya, karena perjuangannya dalam menuntun kita ke zaman yang terang-benderang.

Pada dasarnya pendidikan sangat penting dan sangat diperlukan, baik untuk kehidupan pribadi, bermasyarakat, bahkan bernegara sekalipun. Tetapi ada suatu hal yang bisa dibilang sangat disayangkan, yaitu masih banyaknya orang diluar sana yang kurang mendapatkan ilmu pendidikan.

Kemudian seperti yang Anda ketahui, masih banyak saudara kita di daerah pelosok yang sangat sulit untuk mengakses pendidikan. Pendidikan tersebut sulit diakses karena keterbatasan ekonomi. Tidak hanya itu, sulitnya mengakses pendidikan karena keterbatasan akses dan media untuk mengenyam pendidikan.

Oleh sebab itu, bersyukurlah kita semua yang masih bisa mengenyam pendidikan sampai perguruan tinggi. Namun lihatlah masih banyak saudara kita yang ingin merasakan akses pendidikan yang sama. Maka dari itu manfaatkanlah sebaik mungkin.

Pendidikan juga berperan sebagai media untuk menggapai cita-cita. Dengan pendidikan kita bisa memutus rantai kemiskinan, dan mengurangi tingkat kebodohan, sehingga dapat menyokong Indonesia menjadi negara maju.

Ilmu pendidikan memiliki peran penting terhadap kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Maka, marilah kita bersama-sama mengenyam pendidikan setinggi mungkin agar yang menjadi cita-cita kita semua dapat tercapai. Sekian ceramah yang saya sampaikan hari ini. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

[/su_note]

Contoh Teks Ceramah Tema Belajar

Contoh Teks Ceramah Tema Belajar

Kegiatan ceramah biasa dilakukan oleh para ahli yang sudah mahir dalam bidangnya. Tujuan dari dilakukannya ceramah tersebut adalah agar para ahli tersebut dapat berbagai ilmu dan nasehat kepada pendengar. Namun perlu diketahui bahwa dalam melakukan ceramah bukanlah bersifat untuk menggurui orang lain. Simak penulisan contoh teks ceramah sebagai berikut.

Assalamualaikum Wr. Wb

Alhamdulillah saya ucapkan karena telah diberikan kesehatan untuk dapat hadir dalam di hari ini. Marilah terlebih dahulu kita panjatkan rasa syukur kepada Allah SWT, karena telah memberi kesempatan kepada semua untuk berkumpul di tempat yang indah ini. Izinkan saya untuk menyampaikan sepatah dua patah tentang belajar.

Pembahasan kita pada ceramah kali ini adalah mengenai pentingnya belajar bagi kehidupan sehari – hari. Itu karena pada dasarnya bahwa Anda sebagai manusia tidak dapat hidup tanpa ilmu pengetahuan. Pastinya semua agama selalu mengajarkan umat-Nya untuk belajar dengan sebaik mungkin. Mulai dari tentang kehidupan dunia hingga kehidupan akhirat.

Rasulullah SAW mewajibkan semua orang untuk mencari ilmu dan juga belajar. Apabila tidak memiliki ilmu, Anda sebagai manusia tidak akan mengetahui apapun yang ada di dunia ini. Akan tetapi, jika memiliki ilmu kita akan menjadi makhluk Allah SWT yang terbaik dari makhluk hidup lainnya.

Itu saja ceramah pada hari ini. Mohon maaf bila ada perkataan yang kurang berkenan. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Contoh Teks Ceramah Tema Kebersihan

Contoh Teks Ceramah Tema Kebersihan

Ceramah dilakukan oleh seorang individu kepada audiens dengan tutur kata sopan dan rendah hati. Sehingga dalam proses ceramah tersebut bermaksud untuk mengajak audiens menuju ke arah kebaikan. Dengan begitu sang penceramah tersebut akan mendapatkan pahala, bila mana audiens dapat menerapkannya. Simak penulisan contoh teks ceramah sebagai berikut.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Para hadirin yang dirahmati Allah. Sebelum memulai acara ini. Marilah terlebih dahulu kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah karena telah memberi kesempatan kepada semua untuk berkumpul di tempat yang indah ini dengan keadaan sehat wal afiat. Izinkan saya untuk menyampaikan sepatah dua patah dalam kesempatan kali ini.

Pada pertemuan yang cerah ini, izinkan saya untuk menjelaskan tentang pentingnya menjaga kebersihan. Oleh karena itu, kita sebagai makhluk yang sempurna seharusnya senantiasa menjaga kebersihan karena sangat bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Dilain itu memang Allah mencintai orang yang menjaga kebersihannya.

Mari kita ajarkan menjaga kebersihan sejak dini kepada anak kita supaya mereka menjadi anak yang sehat, cerdas dan dapat menebar kebaikan pada sekitarnya. Selain itu, kita sebagai orang tua juga harus menjaga kebersihan. Karena nantinya anak-anak dan orang yang di sekitar kita yang mendapat manfaatnya.

Seperti yang kita ketahui, sekarang ini masih banyak orang yang kurang sadar tentang pentingnya peran menjaga kebersihan. Karena selain merugikan diri sendiri juga merugikan orang lain. Semoga dengan diajarkannya menjaga kebersihan diri pada anak-anak, diharapkan anak-anak bisa mengatasi hal-hal sulit untuk diselesaikan.

Sekian ceramah dari saya hari ini. Mohon maaf jika ada kata – kata yang menyinggung perasaan anda. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh.

[/su_note]

Contoh teks Ceramah Tema Ikhlas

Contoh teks Ceramah Tema Ikhlas

Kegiatan ceramah yang akan dilakukan, hendaknya memenuhi peraturan yang telah dilakukan. Peraturan tersebut salah satunya adalah struktur yang harus ada dalam penulisan ceramah. Struktur tersebut meliputi awalan, isi, dan juga penutup ceramah. Simak penulisan contoh teks ceramah tema ikhlas.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh. Alhamdulillah kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT karena sudah diberikan kesehatan hingga saat ini. Tidak lupa kita ucapkan Sholawat kepada Nabi Muhammad SAW.

Hadirin sekalian, pada pembahasan kali ini saya akan menjelaskan mengenai rasa ikhlas. Dalam arti yang biasa kita ketahui, ikhlas dapat diartikan sebagaimana kita memberi pertolongan tetapi tidak mengharap imbalan sedikitpun. Tetapi apabila didalam agama, ikhlas berarti segala sesuatu yang dilakukan karena Allah SWT, tanpa ingin dipuji atau terlihat saleh.

Menerapkan rasa ikhlas dapat anda terapkan semata – mata karena Allah SWT. Bila Anda melaksanakan ikhlas di dalam hati Anda. Maka Allah akan memberikan ganjaran berupa pahala kepada Anda kelak. Hal ini sudah ada dalam QS. Al-Bayyinah ayat 5. Memang pada dasarnya ikhlas tidak dapat diukur dengan metode apapun.

Akan tetapi semakin merasa ikhlas kita melakukan sesuatu, maka kita akan mendapat pahala yang semakin besar pula. Ikhlas juga akan menjadi peran yang sangat penting dalam kehidupan. Hal ini karena bila kita melakukan sesuatu secara terpaksa, maka Allah SWT tidak akan mencatat amal tersebut sebagai perilaku ikhlas.

Setelah memahami bagaimana pentingnya rasa ikhlas, mari kita berlatih bagaimana nelakukan sesuatu dengan dilandasi rasa ikhlas. Sekian ceramah saya. Terima kasih. Wassalamualaikum wr wb.

Contoh Teks Ceramah Tema Sholat

Contoh Teks Ceramah Tema Sholat

Adanya kegiatan ceramah tidak lain karena ingin membagikan pengetahuan yang dimiliki oleh sang penceramah. Hal ini bertujuan agar audiens senantiasa terdorong untuk berbuat kebaikan dalam kehidupan sehari – harinya. Oleh sebab itu, mendengarkan ceramah adalah hal yang positif selama dalam taraf kebaikan. Simak penulisan contoh teks ceramah tema sholat

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Allah SWT akan senantiasa memberikan nikmat serta karunia-Nya kepada umat-Nya. Nikmat tersebut harus selalu Anda syukuri kapan saja dan dimana saja. Pada kesempatan hari ini, izinkan saya untuk menyampaikan sepatah dua patah tentang kematian.

Para jamaah dan hadirin yang disayangi oleh Allah SWT. Pada kesempatan hari ini, saya akan sedikit mengulas tentang shalat. Shalat merupakan bagian terpenting dalam Agama Islam. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa sholat adalah kekuatannya Agama Islam.

Bukan hanya itu, sholat merupakan kewajiban yang harus ditunaikan oleh umat Islam. Dalam sholat sendiri terdapat makna yang lebih dari kewajiban seorang muslim. Bahkan sholat adalah bukti keimanan seseorang kepada Allah SWT. Sehingga dapat dikatakan bahwa dalam membedakan umat Islam yaitu dari sholat yang dikerjakannya.

Sebelum mengakhiri pertemuan kali ini, marilah kita sama-sama berdoa semoga dimasukkan kedalam golongan orang yang tidak melalaikan sholat. Cukup sekian ceramah tentang sholat wajib yang saya sampaikan. Wassalamualaikum Wr. Wb.

Contoh Ceramah Tema Bulan Ramadhan

Contoh Ceramah Tema Bulan Ramadhan

Semua kegiatan ceramah, memberikan hal positif terhadap kehidupan sehari – hari audiens. Hal ini sesuai dengan tujuan yang seharusnya didapatkan yaitu menambah pengetahuan dan melakukan perilaku yang lebih baik dari sebelumnya. Simak penulisan contoh teks ceramah tema bulan ramadhan.

Bismillahirrahmanirrahim. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillah kita masih diberikan kesehatan untuk dapat berkumpul di hari yang cerah ini. Puji syukur selalu tercurah kepada Allah SWT yang sudah memberikan umur panjang sampai hari ini. Izinkan saya untuk memberikan ceramah mengenai bulan ramadhan yang penuh kemuliaan di dalamnya.

Pada bulan ramadhan, Allah memerintahkan umat muslim untuk melaksanakan shaum. Sejak awal tahun hijriyah, Allah mewajibkan untuk shaum ramadhan. Shaum sendiri adalah puasa untuk menahan diri dari sesuatu yang dapat membatalkannya. Untuk pelaksanaannya dilakukan mulai subuh hingga adzan magrib.

Banyak manfaat yang akan didapatkan dari kegiatan shaum ramadhan tersebut. Salah satunya adalah mendapatkan ganti berupa pahala di akhirat kelak. Namun dalam melakukan shaum ramadhan, hendaknya Anda dibarengi dengan rasa ikhlas karena Allah SWT. Dengan begitu Anda akan mendapatkan keberkahan dari bulan ramadhan ini.

Cukup sekian ceramah tentang sholat wajib yang saya sampaikan. Mohon maaf bila ada kalimat yang tidak berkenan di hati Anda. Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Contoh Teks Ceramah Tema Kerukunan

Contoh Teks Ceramah Tema Kerukunan

Kegiatan ceramah biasa dilakukan oleh para ahli yang sudah mahir dalam bidangnya. Tujuan dari dilakukannya ceramah tersebut adalah agar para ahli tersebut dapat berbagai ilmu dan nasehat kepada pendengar. Namun perlu diketahui bahwa dalam melakukan ceramah bukanlah bersifat untuk menggurui orang lain. Berikut adalah contoh teks ceramah tema kerukunan.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh. Alhamdulillah kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT karena sudah diberikan kesehatan hingga saat ini. Tidak lupa saya lantunkan sholawat kepada junjungan Nabi Muhammad SAW, karena sudah mengangkat kita semua dari zaman kegelapan hingga ke zaman sekarang.

Setiap manusia sebagai makhluk sosial, selalu membutuhkan bantuan orang lain. Tidak mungkin ada seseorang yang mampu hidup sendirian di lingkungannya. Pastinya akan ada campur tangan orang lain di dalam kehidupannya.

Oleh sebab itu, Anda harus selalu berbuat baik dan tolong menolong antar manusia. Hal ini bertujuan agar dapat terciptanya sifat rukun antar sesama manusia. Kerukunan tersebut dilakukan kepada saudara, teman, dan juga tetangga sekitar rumah. Dengan begitu akan tercipta kerukunan dan tidak mudah terpecah belah hanya karena salah paham.

Cukup sekian ceramah tentang sholat wajib yang saya sampaikan. Mohon maaf bila ada kalimat yang tidak berkenan di hati Anda. Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Contoh Teks Ceramah Tema Pernikahan

Contoh Teks Ceramah Tema Pernikahan

Kegiatan ceramah biasa dilakukan oleh para ahli yang sudah mahir dalam bidangnya. Tujuan dari dilakukannya ceramah tersebut adalah agar para ahli tersebut dapat berbagai ilmu dan nasehat kepada pendengar. Namun perlu diketahui bahwa dalam melakukan ceramah bukanlah bersifat untuk menggurui orang lain. Berikut adalah penulisan contoh teks ceramah singkat.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh. Alhamdulillah kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT karena sudah diberikan kesehatan hingga saat ini. Tidak lupa saya lantunkan sholawat kepada junjungan Nabi Muhammad SAW, karena sudah mengangkat kita semua dari zaman kegelapan hingga ke zaman sekarang.

Pernikahan merupakan bagian terpenting untuk menyempurnakan ibadah dengan mengikat janji suci dihadapan keluarga. Tidak hanya berjanji dihadapan keluarga, pernikahan juga berjanji kepada Allah SWT untuk mempertanggung jawabkannya di dunia dan akhirat kelak.

Setelah pernikahan ditegakkan, seorang wanita akan terlepas dari kedua orang tuanya. Hal ini karena seorang laki – laki akan diserahkan tanggung jawab dari orang tua mempelai wanita. Sehingga dapat dikatakan bila wanita akan selalu mengedepankan suami dibandingkan dengan orang tuanya.

Oleh sebab itu, seorang suami harus berperilaku adil dalam sebuah keluarga. Alangkah baiknya bila ada sebuah masalah, didiskusikan terlebih dahulu dengan baik dan kepala dingin. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi perpecahan yang berujung cerai. Allah SWT sangat tidak suka dengan perceraian. Sekian ceramah hari ini, mohon maaf bila ada kata yang salah.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Contoh Teks Ceramah Tema Hijab

Contoh Teks Ceramah Tema Hijab

Ceramah dilakukan oleh seorang individu kepada audiens dengan tutur kata sopan dan rendah hati. Sehingga dalam proses ceramah tersebut dia bermaksud untuk mengajak audiens menuju ke arah kebaikan. Dengan begitu sang penceramah tersebut akan mendapatkan pahala, bila mana audiens dapat menerapkannya. Simak penulisan contoh teks ceramah sebagai berikut.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Hadirin yang saya banggakan. Sebelum memulai acara ini. Marilah terlebih dahulu kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah karena telah memberi kesempatan kepada semua untuk berkumpul di tempat yang indah ini dengan keadaan sehat wal afiat. Izinkan saya untuk menyampaikan sepatah dua patah dalam kesempatan kali ini.

Pada pertemuan kali ini kita akan membahas tentang hijab. Hijab juga bisa diartikan layaknya penutup. Akan tetapi tidak semua penutup itu dapat diartikan sebagai hijab. Penggunaan hijab adalah wajib hukumnya. Hukum tersebut sudah diatur dalam QS. Al-Ahzab ayat 59. Dengan menggunakan hijab seorang wanita tidak akan diganggu oleh orang yang bukan mahramnya.

Pada dasarnya berhijab yang dimaksud tidak hanya menutup kepala saja. Tapi lebih tepatnya mengenakan pakaian yang bisa menutup aurat kecuali telapak tangan dan wajah. Ada juga aturan berhijab menurut syariat Islam yang biasa disebut hijab syar’i.

Tetapi akhir-akhir ini masih banyak dari perempuan yang tidak mampu menutup auratnya atau bahkan masih ada juga yang sengaja memperlihatkan auratnya. Berbagai alasan menjadi senjata utama mereka untuk tidak mengenakan hijab. Astaghfirullah, semoga Allah membuka pintu hatinya.

Maka kita dapat mengambil kesimpulan bahwa mengenakan hijab dan menutup aurat itu wajib hukumnya bagi tiap Muslimah. Sekian ceramah hari ini, kurang lebihnya saya mohon maaf. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh.

Contoh Teks Ceramah Tema Jodoh

Contoh Teks Ceramah Tema Jodoh

Kegiatan ceramah yang akan dilakukan, hendaknya memenuhi peraturan yang telah dilakukan. Peraturan tersebut salah satunya adalah struktur yang harus ada dalam penulisan ceramah. Struktur tersebut meliputi awalan, isi, dan juga penutup ceramah. Simak penulisan contoh teks ceramah sebagai berikut.

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Allah SWT akan senantiasa memberikan nikmat serta karunia-Nya kepada umat-Nya. Nikmat tersebut harus selalu Anda syukuri kapan saja dan dimana saja. Pada kesempatan hari ini, izinkan saya untuk menyampaikan sepatah dua patah tentang jodoh.

Pada pertemuan hari ini, kita akan membahas tentang jodoh. Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwasanya jodoh itu sudah diatur oleh Allah SWT. Jodoh itu masih menjadi sebuah misteri, bahkan sampai di hari pernikahan pun, kita belum tentu mengetahui apakah orang yang kita nikahi adalah jodoh kita atau orang yang diciptakan untuk kita.

Jodoh bisa diartikan sebagai teman hidup yang mencerminkan diri sendiri. Terdapat tiga hal yang menjadi landasan bahwa orang tersebut layak untuk dijadikan pendamping. Pertama, pilihlah orang yang pemaaf apabila kita berbuat salah, meskipun sangat sulit mendapat pasangan yang baik.

Kedua, pilih orang yang bisa memaklumi dan menerima setiap kekurangan kita. Karena pada dasarnya semua orang tidak ada yang sempurna, karena semuanya saling melengkapi. Ketiga, pilih yang bisa memotivasi kita , karena roda kehidupan terus berputar dan dapat memotivasi kita ke arah yang lebih baik.

Sehingga kesimpulan yang dapat diambil dari tema ini adalah kita harus memilih jodoh yang bisa menuntun kita kearah yang lebih baik dan dapat mendorong kita dalam kebaikan dan beribadah kepada Allah SWT. Sehingga kita dapat menemukan jodoh yang tepat dan berakhlak mulia.
Sekian pembahasan kita pada hari ini. Sekian ceramah hari ini yang bisa saya sampaikan. Wassalamualaikum wr.wb.

Contoh Ceramah Tema Gotong Royong

Contoh Ceramah Tema Gotong Royong

Adanya kegiatan ceramah tidak lain karena ingin membagikan pengetahuan yang dimiliki oleh sang penceramah. Hal ini bertujuan agar audiens senantiasa terdorong untuk berbuat kebaikan dalam kehidupan sehari – harinya. Oleh sebab itu, mendengarkan ceramah adalah hal yang positif selama dalam taraf kebaikan. Simak penulisan contoh teks ceramah sebagai berikut.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh. Alhamdulillah kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT karena sudah diberikan kesehatan hingga saat ini. Tidak lupa saya ucapkan sholawat kepada Rasulullah yang telah mengangkat kita dari zaman kegelapan.

Pada pertemuan hari ini, saya akan membagi ilmu mengenai gotong royong. Gotong royong biasa dikenal dengan kerja bakti. Biasanya gotong royong dilakukan untuk membersihkan lingkungan sekitar, membantu korban bencana alam, dan lain sebagainya.

Namun sangat disayangkan, akhir – akhir ini sudah jarang terlihat masyarakat melakukan gotong royong. Hal ini karena sudah banyak yang sibuk dengan aktivitasnya sendiri – sendiri. Dengan begitu perlu dilakukan perubahan agar sifat gotong royong tersebut bulai dilakukan kembali.

Cara yang dapat dilakukan adalah dengan rutin mengumpulkan warga untuk membersihkan lingkungan sekitar rumah. Hal ini akan membuat hubungan antar warga menjadi semakin erat kembali. Tidak hanya itu, lingkungan disekitar rumah juga menjadi bersih dan sehat. Oleh sebab itu, mulailah untuk melakukan gotong royo setiap minggu. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh

Kegiatan ceramah biasa dilakukan dalam acara – acara resmi dan tidak resmi. Salah satu acara resmi tersebut adalah sosialisasi di lingkungan instansi. Biasanya para penceramah memiliki ilmu pengetahuan lebih yang akan dibagikan kepada para audiens. Bila Anda bingung mengenai cara pembuatannya, dapat simak contoh teks ceramah dalam artikel ini.

15 Contoh Teks Ceramah

Leave a Reply