20 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi yang Benar dan Lengkap

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi – Pengertian contoh teks laporan hasil observasi memiliki makna berupa isi teks yang menjelaskan tentang suatu informasi yang didapat dari hasil pengamatan yang kemudian dipaparkan secara sistematis dan objektif sesuai dengan fakta. Kemudian pengertian observasi merupakan kegiatan dalam suatu proses dengan cara pengamatan secara saksama yang kemudian mendapatkan hasil dari sebuah objek dan ditulis dalam bentuk laporan sesuai dengan fakta tanpa adanya opini dari peneliti .

Kurangnya pengetahuan dalam melakukan pengamatan yang baik dan benar secara keseluruhan teks observasi, menjadikan Anda sulit untuk membuat laporan teks observasi. Berikut ini beberapa contoh teks hasil observasi yang bisa dijadikan sumber pembelajaran agar Anda tidak salah dalam membedakan atau membuat teks laporan hasil observasi. Hal juga ini sangat berguna disaat Anda akan melakukan penelitian terhadap suatu objek.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Hewan

Keistimewaan Indonesia tidak hanya pada panoramanya yang indah. Anda juga bisa menemukan puluhan hewan yang mungkin banyak sekali ada di hutan Indonesia. Banyak hewan menjadikan Indonesia kaya akan satwa-satwa langka dan endemik. Berikut contoh teks hasil observasi tentang hewan yang telah kami rangkum untuk Anda.

1. Elang Flores

Elang Flores

Burung Elang yang habitat aslinya Flores ini adalah predator yang terancam punah di Indonesia, akibat populasinya yang tidak sampai 200 ekor. Burung yang gagah dan elok ini memiliki ukuran tubuh sekitar 55 cm untuk burung yang dewasa. Kepala yang di tutupi bulu bewarna putih dan juga mempunyai garis-garis berwarna cokelat.

Tubuhnya yang berwarna cokelat kehitaman menjadi ciri khas dari burung Elang Flores.
Elang flores atau yang bahasa latinnya Spizaetus Floris tinggal di daerah pulau Paloe, Flores, Sumbawa, Rinca, dan Nusa Tenggara.

2. Beruk Mentawai

Beruk Mentawai

Beruk Mentawai atau yang bahasa latinnya disebut juga Macaca Pagensis adalah primata endemik Kepulawan Mentawai yang hanya ada di Sumatera. Beruk Mentawai juga salah satu hewan yang mengalami populasi yang semakin sediki. Monyet langka ini sering menjadi objek penelitian ilmiah oleh orang barat sebagai bahan pembelajaran.

Memiliki bentuk fisik yang sedikit hitam pada pipi rambutnya, hal ini yang menjadikan Beruk Mentawai memiliki perbedaan dengan Beruk lainnya. Pada dahi beruk mentawai memiliki warna rambut seperti buat kokoa..
Beruk Mentawai menempati habitat di hutan lebat tropis di Sumatera. Persebarannya hewan ini hanya ada di daerah Sipora dan di Kepulauan Mentawai.

3. Komodo

Komodo

Komodo atau yang bahasa latinnya Varanus komodoensis adalah salah satu satwa endemik yang ada Indonesia. Hewan ini bisa dijumpai di daerah bagian Nusa Tenggara atau di Taman Nasional Pulau Komodo yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Komodo memiliki panjang tubuh yang bisa mencapai 3,5 meter dan berat tubuh sampai dengan 80 kilogram. Hewan komodo memiliki warna kulit abu-abu gelap sampai merah bata. Sementara komodo betina berwarna hijau buah zaitun dengan sedikit warna kuning pada tenggorokannya. Lidah hewan pemakan daging ini panjang dan bercabang.

Habitat asli alami hewan kadal terbesar di dunia ini berada di pulau Rinca, Flores, Nusa Tenggara dan Gili. Pulau ini termasuk kedalam bagian Taman Nasional Pulau Komodo yang dilindungi dengan Undang-undang.

4. Kuda

Kuda

Kuda adalah salah satwa mamalia yang telah banyak membantu pekerjaan manusia selama ribuan tahun. Kuda dahulu menjadi andalan manusia dalam membawa barang dalam melakukan perjalanan. Sekarang kuda biasanya dijadikan hewan dalam melakukan aktifitas olahraga seperti balapan Kuda.

Walaupun peternakan Kuda diperkirakan ada sejak tahun 4000 Sebelum Masehi, bukti penggunaan Kuda sebagai keperluan manusia baru bisa ditemukan pada tahun sekitaran 3000 Sebelum Masehi.

Jenis Kuda seperti Quaror, Painte dan Arab Horse berat badanya bisa mencapai sekitar 600 killogram. Kuda yang terberat atau kuda beban, seperti Clydesdale dan Shire bisa mencapai hingga 900 killogram.

5. Beruang Madu

Beruang Madu

Beruang Madu merupakan beruang yang memiliki tubuh paling kecil dari beruang lainnya di dunia. Hewan yang menjadi maskot Provinsi Bengkulu ini memiliki ukuran tubuh sekitar 1,60 meter, tinggi punggungnya 60 cm dengan berat sekitaran 55 – 75 killogram.

Beruang Madu adalah jenis hewan mamalia. Di bagian bawah leher terdapat ciri khas unik yang berwarna sedikit oranye. Mereka memakan ragam buah-buahan dan tanaman yang berada hutan tropis daerah Bengkulu.
Hewan ini terancam hampir punah di akibatkan tempat asli habitat Beruang Madu dirusak oleh manusia-manusia yang tidak bertanggung jawab.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Tumbuhan

Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alamnya. Memiliki tanah yang subur menjadikan Indonesia mudah ditumbuhi tumbuhan-tumbuhan yang langka dan eksotis. Walaupun demikian, banyak spesies tumbuhan yang hampir sulit ditemukan akibat penebangan hutan illegal. Berikut ini contoh teks hasil observasi tentang tumbuhan yang telah kami rangkum untuk Anda.

1. Bunga Bangkai

Bunga Bangkai

Bunga Bangkai yang dalam nama latinnya biasa disebut Rafflesia Arnoldy ini memiliki ukuran fisik yang besar dan juga mengeluarkan aroma busuk yang menyengat di hidung. Aroma yang menyengat ini sebagai bentuk perlindungan dan berguna dalam proses pernyebukan yang dibantu oleh lalat atau kumbang dan serangga kecil lainnya.

Bunga Bangkai memiliki habitat asli di hutan tropis Sumatera. Dalam pertumbuhannya bunga ini mampu tumbuh tinggi hingga mencapai ketinggian 4,5 meter.

Meski memiliki fisik tubuh yang besar dan tinggi, Bunga Bangkai hanya dapat tumbuh selama sekitaran satu minggu dan kemudian mati. Hal ini yang menyebabkan Bungai Bangkai menjadi tumbuhan Langka yang ada di Indonesia tepatnya di daerah sumatera.

2. Tumbuhan Damar

Tumbuhan Damar

Tumbuhan Damar hidup daerah Hutan Indonesia seperti di Lampung, Samar dan Ternate. Dalam masa pertumbuhannya, tumbuhan Damar atau dalam bahasa ilmiahnya yang biasa disebut Agathis dammara bisa mencapai ketinggian sekitar 60 meter.

Diakibatkan eksplotasian yang berlebihan oleh orang untuk kepentingan pribadi menjadikan tanaman ini mulai sulit ditemukan. Karena manfaat getah yang ada di Tumbuhan Damar sebagai bahan baku untuk membuat kaca dan sebagainya.

3. Kantong Semar

Kantong Semar

Tumbuhan Kantong Semar hidup dengan memakan serangga kecil seperti lebah, semut, lalat, dan yang lainnya. Tumbuhan yang memiliki bahasa latin Nepenthes memakan serangga dengan cara membuka kantong mulutnya.

Disaat ada serangga kecil yang masuk kedalam kantongnya, tumbuhan Kantong Semar langsung menutup bagian kelopaknya. Tumbuhan Kantong Semar mulai di lestarikan ke berbagai daerah Indonesia. Tujuan utamanya agar tumbuhan ini tidak mengalami kepunahan dan tetap terjaga keberlangsungan hidupnya.

4. Lidah Buaya

Lidah Buaya

Lidah buaya adalah satu dari berbagai jenis tanaman terlaris di dunia. Hal ini karena Lidah Buaya mempunyai potensi mudah dikembangkan baik sebagai tanaman yang digunakan untuk bahan baku industri dan juga bahan obat-obatan.

Ditepi daun berbentuk bergerigi dan ujungnya yang runcing, pada permukaanya memiliki bintik-bintik. Panajang daun tumbuhan ini bisa sampai 10-39 sentimeter dan lebarnya 2-5 sentimeter.
Lidah Buaya dikenal sebagai tumbuhan yang banyak sekali mengadung vitamin. Selain itu Lidah Buaya memiliki khasiat seperti menagatasi masalah jerawat dan juga bisa melebatkan atau menghitamkan rambut.

5. Bunga Anggrek Bulan

Bunga Anggrek Bulan

Anggrek Bulan atau dalam bahasa ilmiahnya disebut Phalaenopsis Ambilis merupakan tanaman indah yang masuk kedalam suku tumbuhan. Memiliki ciri pada bagian kelopak bunga yang sedikit lebar.

Memiliki bentuk fisik yang indah menjadikan tumbuhan Bunga ini mudah di kembangkan sebagai tanaman hias. Hanya dengan digantung Bunga Anggrek Bulan ini dapat tumbuh dan tidak terlalu memakan rungan atau tempat.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Keindahan Alam Indonesia

Indonesia memiliki keindahan alam yang beragam dan menakjubkan mulai dari keindahan laut, pegunungan, alam dan budaya yang sangat beraneka ragam. Banyaknya keindahan yang dimiliki Indonesia membuat banyak para wisatawan baik dari dalam negeri maupun luar negeri untuk mengunjungi destinasi tersebut . Berikut adalah beberapa contoh teks hasil observasi yang melakukan pengamatan tentang keindahan alam Indonesia.

1. Pantai Santolo

Pantai Santolo

Pantai Santolo adalah pantai dengan panaroma indah yang berada di Jawa Barat. Pantai ini memiliki keunikan dan perbedaan tersendiri dari banyaknya pantai yang berada di Jawa Barat.

Suasana pantai ini masih sangat alami dan segar. Pantai Santolo memiliki pasir yang berwarna putih sedikit hitam, warna air laut yang bercampur antara hijau kebiruan dan biru tua. Pemandangan pantai yang seperti ini membuat banyak para wisatawan untuk mengunjungi Pantai Santolo.

2. Kawah Ijen

Kawah Ijen

Kawah Ijen adalah salah satu destinasi wisata terbaik di kawasan Banyuwangi, Jawa Timur. Kawah Ijen memiliki pesona yang sangat indah dengan panaroma alam yang masih sangat natural dan didukung oleh keramahan penduduk lokal. Kawah ijen menjadi destinasi kunjungan wisata yang wajib oleh para wisatawan.

Kawah Ijen memiliki pemandangan yang seperti gunung lainnya, hal ini yang membuat menarik dan membedakannya dari kawasan wisata lainnya yang ada di dunia. Hal lainnya yang menarik dari Kawah Ijen adalah terdapat api biru yang cantik dan sangat indah, karena itu menjadikan Kawah Ijen sebagai salah satu kawah terindah yang ada di dunia.

3. Pantai Cemara Tuban

Pantai Cemara Tuban

Sebelumnya Pantai ini memiliki nama wisata pantai Tasikharjo. Wisata ini banyak di gemari oleh wisatawan karena keindahan pantainya yang banyak berjajar pohon-pohon cemara mengakibatkan suasana pantai ini menjadi asri dan sejuk. Memiliki bentuk pasir seperti pantai yang lainnya dan air yang bewarna biru menjadikan keindahan tersendiri bagi Pantai Cemara Tuban.

Kondisi pantai yang sangat luas membuat banyak orang mengunjungi Pantai Cemara Tuban sebagai tempat untuk olahraga, seperti lari dan sebagainnya.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Sosial

Sosial yang dimaksudkan merupakan segala sesuatu bentuk dari interaksi antar manusia dalam konteks masyarakat atau komunitas dengan pemahaman terhadap lingkungan dan berfungsi untuk mengatur tindakan-tindakan yang dimunculkan oleh individu-individu sebagai anggota suatu masyarakat dalam kehidupan. Berikut adalah beberapa contoh teks hasil observasi yang melakukan pengamatan tentang sosial yang ada dunia ini.

1. Pemanasan Global

Pemanasan Global

Pemanasan global adalah proses meningkatnya angka suhu bumi yang diakibatkan dari bertambahnya jumlah gas buang karbon, yang berasal dari kegiatan industri manusia. Sinar ultraviolet yang tertahan di atmosfer disebabkan oleh efek dari rumah kaca. Akibatnya suhu rata-rata bumi menjadi meningkat. Jika dalam jangka panjang hal ini akan mengakibatkan es Kutub Utara yang mencair.

Namun penyebab utama dari pemanasan global adalah efek rumah kaca. Efek dari rumah kaca juga bisa disebabkan akibat perilaku manusia seperti halnya penebangan pohon secara liar dan pemakaian listrik yang berlebihan. Dan dapat menimbulkan jejak karbon yang terus menerus menumpuk di atmosfer bumi.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Alam Semesta

Alam Semesta atau Jagat Raya yang merupakan suatu ruangan yang sangat besar di dalamnya terdapat kehidupan yang biotik dan abiotik serta segala macam peristiwa alam yang dapat diungkapkan maupun yang belum dapat diungkapkan oleh manusia. Berikut ini contoh teks hasil observasi tentang alam semesta.

1. Bulan

Bulan

Bulan adalah satelit alami yang dapat dilihat dari Bumi. Karena Bulan memutari bumi menjadikan terjadinya siang dan malam yang dapat dilihat di Bumi dan membuat bulan hanya tampak saat matahari terbenam saja. Saat malam, bulan seperti terlihat memiliki cahaya yang dihasilkan sendiri. Padahal cahayanya bersumber dari pantulan cahaya matahari.

Inti bulan memiliki keras dengan setebal 239 killometer serta bagian luar seperti cairan yang setebal 300 killometer. Didalam inti bulan terdapat banyak kandungan besi.

Terjadinya gaya sentrifugal yang diakibatkan oleh pergerakan bulan dalam memutari Bumi menjadikan Bulan mengalami kejauhan sebesar 3,7 sentimeter dalam setiap tahunnya.

Setelah memahami dan mengetahui contoh teks hasil observasi, sekarang Anda bisa melakukan pengamatan terhadap suatu objek yang ingin Anda amati. Namun jangan lupa, laporan Anda harus sesuai dengan fakta tanpa adanya sedikitpun opini. Semoga artikel ini bisa menjadi pembelajaran bagi Anda!

20 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi yang Benar dan Lengkap

Advertisements

Add Comment