15+ Contoh Teks Editorial Lengkap dan Benar

Contoh Teks Editorial – Berbicara mengenai berbagai macam bacaan yang ada di buku dan surat kabar untuk menambah pengetahuan. Meskipun saat ini surat kabar atau koran sudah mulai ditinggalkan, namun berita-berita masih bisa Anda akses secara online. Bacaan yang terdapat dalam berita termasuk ke dalam contoh teks editorial.

Teks editorial merupakan bacaan yang mengandung opini dari tim editorial sebuah perusahaan yang menyiarkan berita mengenai peristiwa yang terjadi saat ini. Isi dari teks editorial mampu menggiring pembacanya untuk berargumentasi mengenai setuju atau tidaknya dengan suatu peristiwa. Untuk memahami teks editorial secara mendalam, berikut adalah beberapa penjelasan dan contoh.

Contoh Teks Editorial Beserta Strukturnya

Contoh Teks Editorial Beserta Strukturnya

Teks editorial memiliki struktur yang terdiri menjadi tiga bagian, yaitu pembukaan, argumentasi, dan kesimpulan. Struktur ini harus dipatuhi agar teks yang Anda tulis menjadi enak dibaca oleh para pembaca. Berikut adalah penjelasan masing-masing struktur teks editorial.

1. Pembukaan

Bagian pembukaan diletakkan di awal bacaan sebagai pengantar yang menjelaskan tentang topik yang akan dibahas pada teks editorial. Pembukaan harus dibuat seumum mungkin agar memudahkan pembaca memahami topik yang akan dibahas.

2. Argumentasi

Pada bagian selanjutnya, para editorial mengungkapkan argumen-argumen mendukung maupun menyanggah peristiwa yang sedang dibahas. Di awal paragraf argumentasi biasanya disajikan berupa fakta-fakta yang menarik untuk dijadikan bahan berargumentasi. Setelah mengungkap fakta maka bisa dilanjutkan dengan pendapat, kritik, saran, bahkan sindirian.

3. Kesimpulan

Di bagian akhir kesimpulan dibuat sebagai penutup dari teks editorial. Para penulis teks editorial wajib membuat kesimpulan di akhir bacaan agar memudahkan pembaca memahami keseluruhan isi teks dengan membuat kesimpulan yang singkat, padat, dan jelas.

Contoh Teks Editorial Eksplanasi

Contoh Teks Editorial Eksplanasi

Teks editorial eksplanasi biasanya menceritakan mengenai pendapat dari peristiwa yang terjadi secara kronologis. Contoh dalam pembuatan teks editorial eksplanasi bisa saja seperti memberikan pendapat mengenai peristiwa seperti kecelakaan atau bencana alam. Berikut adalah contoh bacaan eeditorial eksplanasi.

Judul: Supir Truk Mengantuk Mengakibatkan Maut

Pembukaan:
Pada tanggal 12 September 2019 telah terjadi kecelakaan beruntun yang terletak di Jalan Raya Sentani 40 km. Kecelakaan yang terjadi diakibatkan oleh supir truk yang sedang membawa muatan penuh mengantuk karena semalaman bekerja. Menurut saksi mata, truk melaju dengan sangat cepat sehingga menabrak kendaraan yang ada di depan dan membanting setir ke arah kiri.

Argumentasi:
Hal tersebut terjadi karena orang yang duduk di sebelah sopir truk tertidur. Apabila ada salah satu orang di dalam truk masih dalam keadaan sadar maka kecelakaan tidak akan terjadi. Sopir truk yang mengantuk membuat banyak orang mengalami kecelakaan.

Peristiwa semacam ini sudah sering terjadi, sehingga untuk para sopir truk haruslah lebih waspada dalam bekerja. Jika peristiwa ini tidak ditindaklajuti bisa saja banyak kejadian serupa yang terjadi. Buatlah jam kerja sopir seefektif mungkin untuk meminimalisir adanya kecelakaan yang merugikan.

Kesimpulan:
Kecelakaan di jalan raya bisa diantisipasi sebelumnya. Bagi para pengendara harus siap berkendara dengan hati-hati terlepas dari pengaruh kantuk atau hal-hal lain yang dapat membahayakan. Pilihlah jalur secara benar dan jaga kecepatan saat berkendara agar tidak terjadi kecelakaan di jalan.

Contoh Teks Editorial Eksposisi

Contoh Teks Editorial Eksposisi

Teks eksposisi merupakan bacaan yang mengandung informasi mengenai pengetahuan dengan penjelasan yang singkat, padat, dan jelas. Bacaan eksposisi dapat Anda gunakan sebagai bahan untuk teks editorial. Berikut adalah contoh bacaan eksposisi dalam teks editorial.

Judul: Kemacetan Menurunkan Produktivitas

Pembukaan:
Kebutuhan akan transportasi sangat berhubungan erat dengan bidang ekonomi dan sosial (Morlock, 1995). Dengan adanya transportasi akan mempermudahkan mobilitas masyarakat. Mobilitas masyarakat seharusnya menghasilkan sebuah kegiatan yang produktivitas dan mendukung tingkat perekonomian. Namun bagaimana dengan kemacetan yang terjadi di kota-kota besar?

Argumentasi:
Pembangunan infrastuktur yang dilakukan oleh pemerintah adalah untuk mengurangi kemacetan dan melancarkan lalu lintas. Dengan lalu lintas yang lancar maka akan menghemat waktu dan bensin kendaraan. Infrastruktur yang baik adalah infrastruktur yang mampu mendukung peningkatan perekonomian suatu negara.

Meskipun dengan membangun infrastruktur akan menambah hutang negara kepada negara lain, namun hal tersebut akan ditutupi beberapa tahun kemudian dengan peningkatan ekonomi Indonesia yang semakin baik dari tahun ke tahun.

Kesimpulan:
Negara dengan kemacetan rendah akan dapat memaksimalkan tingkat produktivitas dan meningkatkan perekonomian dari hasil produktivitas tersebut. Langkah yang dilakukan oleh pemerintah sudah bagus namun tetap harus mengantisipasi segala hal yang terjadi seperti utang negara.

Contoh Teks Editorial Kritik

Contoh Teks Editorial Kritik

Teks editorial memang tempat untuk mengungkapkan pendapat. Tidak heran jika ada beberapa tulisan pada teks editorial yang mengungkapkan ketidaksetujuan atau kritik terhadap suatu permasalahan. Oleh karena itu, berikut disajikan teks editorial kritik mengenai sistem zonasi yang sedang dilakukan di Indonesia.

Judul: Sistem Zonasi Menimbulkan Banyak Kekecewaan

Pembukaan:
Sistem zonasi yang diterapkan pada pendidikan di Indonesia saat ini menuai banyak pro dan kontra oleh masyarakat luas. Para orang tua peserta didik sangat ketakutan apabila anaknya yang memiliki kecerdasan tinggi tidak dapat menuntut di sekolah impiannya.

Pada kenyataannya, sekolah di Indonesia masih terdapat kesenjangan yang mana ada sekolah favorit dan kurang favorit. Sekolah favorit yang dulunya terkenal dengan banyak siswa yang pandai dan fasilitas lengkap kini hanya menjadi impian saja bagi anak-anak yang memiliki kecerdasan tinggi namun rumahnya terletak jauh dari sekolah.

Argumentasi.
Sebenernya sistem zonasi yang diterapkan sudah bagus untuk meratakan pendidikan. Namun, apakah Indonesia sudah siap melaksanakan sistem ini? Banyak kekecewaan yang dirasakan oleh peserta didik dan para orangtua. Meskipun pada sistem ini telah memberikan kuota siswa berprestasi, apakah sudah cukup?

Jika kuota yang sediakan hanya 5% bagi siswa berprestasi, itu hanyalah kuota yang kecil. Jika memang ingin menerapkan sistem zonasi, haruslah fasilitas di sekolah memiliki kualitas dan kuantitas yang adil. Agar tidak banyak yang merasa dirugikan oleh adanya sistem zonasi.

Kesimpulan:
Sistem zonasi pendidikan di Indonesia baik untuk dilakukan jika semua sekolah sudah siap. Parameter dari siap adalah adanya perataan untuk kualitas dan kuantitas fasilitas di sekolah untuk menghindari adanya label sekolah favorit dan kurang favorit.

Contoh Teks Editorial Tentang Pendidikan

Contoh Teks Editorial Tentang Pendidikan

Pendidikan adalah topik menarik untuk dibahas di berbagai tulisan. Semakin berkembangnya zaman semakin berkembang juga sistem pendidikan di Indonesia. Mulai dari ujian nasional yang berbasis komputer hingga penilaian peserta didik dengan kurikulum 2013. Berikut disajikan teks editorial dengan tema pendidikan.

Judul: Kurikulum 2013 Tepat Diterapkan di Tiap Sekolah

Pembukaan:
Sistem pendidikan di Indonesia sudah melalui banyak revisi sehingga menghasilkan kurikulum baru yaitu Kurikulum 2013 atau disingkat K13. Kurikulum yang sedang diterapkan ini tidak hanya berfokus terhadap nilai siswa secara kognitif. Tetapi dari segi sikap dan keterampilan juga dinilai.

Argumentasi:
Di setiap sekolah seharusnya mementingkan bagaimana perilaku atau tingkah laku peserta didik bisa berubah ke arah yang lebih baik. Tingkah laku tidak hanya dilihat dari nilai ujian yang bagus tetapi dilihat bagaimana sikap peserta didik saat jam pelajaran. Sikap dapat dilihat dari apakah peseta didik tepat waktu, bertanggungjawab, disiplin, teliti, dan lain-lain.

Peran guru adalah sebagai fasilitator dan observer bagi peserta didik. Mengubah perilaku anak-anak memang bukan pekerjaan yang mudah namun dengan adanya parameter yang bisa dengan tepat mengukur tingkah laku peserta didik maka bukan sesuatu hal yang susah dilaksanakan.

Kesimpulan:
Meskipun Kurikulum 2013 mengedepankan sikap dan keterampilan anak, segi kecerdasan kognitif juga parameter yang harus diperhatikan. Jangan sampai walaupun anak sudah berkelakuan baik namun melupakan pengetahuan yang seharusnya sudah dikuasai oleh peserta didik.

Contoh Teks Editorial Tentang Politik

Contoh Teks Editorial Tentang Politik

Pemilihan presiden adalah bagian dari bidang politik yang paling utama. Memilih presiden haruslah sesuai dengan hati nurani namun jangan sampai berselisih paham. Peristiwa penting ini sangat cocok untuk dijadikan sebuah teks editorial. Berikut adalah contoh bacaan politik teks editorial.

Judul: Pemilu Bukan Ajang Mencari Musuh

Pembukaan:
Pemilu untuk presiden periode 2019-2024 sangat banyak menuai drama-drama. Pendukung masing-masing calon presiden saling mencaci maki dan tidak mau kalah oleh pilihannya sendiri. Seharusnya, pemilu digunakan sebagai tempat bersatu membuat negara lebih baik bukan malah debat sendiri dan menjadikan teman bahkan saudara seperti musuh yang tidak sepaham.

Argumentasi:
Warga Indonesia yang baik adalah warga yang menerima perbedaan dan menghargai setiap pilihan dan keputusan dari warga negara yang lainnya. Meskipun berbeda pilihan bukan berarti berselisih paham dengan orang yang berbeda pilihan tersebut. Indonesia yang kaya budaya seharusnya dijaga dan dilindungi bukan malah dipecah dari dalam.

Dalam memilih pemimpin kita diberi kebebasan karena nantinya beliaulah yang memimpin negara ini sesuai dengan kepercayaan terbesar rakyat. Kedua pasangan calon presiden sama-sama mendapatkan suara yang banyak dan tidak terlalu banyak perbedaan, hanya sekian persen.

Kesimpulan:
Presiden yang nantinya terpilih adalah seseorang yang akan memimpin dan membuat keputusan untuk negara Indonesia. Meskipun bukan pilihan kita yang menjadi pemenang jangan sampai merusak persaudaraan hanya karena berselisih paham. Membentuk tali silaturahmi dengan cara berpendapat bisa dilakukan dengan cara yang baik dan rasa kekeluargaan.

Contoh Teks Editorial Tentang Kesehatan

Contoh Teks Editorial Tentang Kesehatan

Topik kesehatan adalah salah satu topik yang sangat baik untuk dibahas. Untuk memperdalam pengetahuan maka topik kesehatan bisa disajikan dalam teks editorial. Berikut adalah teks editorial mengenai kesehatan yang bisa dijadikan referensi.

Judul: Perlunya Peningkatan Pelayanan di Rumah Sakit

Pembukaan:
Pelayanan di Indonesia pada tahun lalu mulai menurun. Banyaknya pasien yang mengadukan ke[ada Kemenkes RI bahwa pelayanan di Rumah Sakit terdekat tidak baik seperti pada tahun-tahun sebelumnya

Argumentasi:
Yang dimaksud penurunan pelayanan disini adalah pelayanan dokter yang kurang memuaskan menurut para pasien-pasien yang berobat. Banyak dokter yang tidak dapat menemukan penyakit pasien sehingga obat yang diberikan kadang tidak sesuai dengan penyakit dan tidak kunjung sembuh penyakit para pasien.

Kesimpulan:
Kompetensi seorang dokter harus ditingkatkan di Indonesia karena berhubungan dengan kesehatan para masyarakat. Kesehatan adalah hal terpenting dalam hidup. Pemerintah harus memberikan penilaian terhadap mutu pelayanan secara rutin agar pelayanan dokter bisa meningkat dan tidak mengecewakan para pasien.

Contoh Teks Editorial Bencana Alam

Contoh Teks Editorial Bencana Alam

Bencana alam yang terjadi bisa dikarenakan oleh keadaan alam itu sendiri atau ulah manusia. Jika bencana alam karena ulah manusia maka harus diketahui penyebab dan cara menanggulanginya. Hal tersebut dapat dijadikan sebuah teks editorial. Berikut adalah contoh bacaan editorial dengan topik bencana alam.

Judul: Banjir Akibat Pembuangan Sampah di Sungai

Pembukaan:
Membuang sampah di sungai bukanlah hal yang baru dan sering dilihat dimanapun. Sampah tersebut akan menghambat arus sungai sehingga air tidak lancar dan menggenang di titik tertentu. Jika hal tersebut terus dilakukan maka sungai tidak kuat menampung air dan sir keluar dari sungai dan banjir.

Argumentasi:
Hal yang harus dilakukan adalah sampah tidak boleh dibuang di sungai. Sampah harus dipisahkan sesuai dengan jenisnya, untuk yang bisa diolah menjadi pupuk maka harus diolah menjadi pupuk. Sedangkan sampah plastik bisa di daur ulang atau dibuat kerajinan tangan.

Dengan perubahan kecil tersebut akan membuat lingkungan sehat dan sungai menjadi lancar. Banjir yang dikarenakan tumpukan sampah bukan hanya membuat banjir namun juga membuat air sungai keruh. Banjir air keruh akan membuat warga mudah sakit dan tinggal di lingkungan yang tidak terjaga kebersihannya.

Kesimpulan:
Banjir bisa dihindari dengan perubahan kecil yang dilakukan setiap warga masyarakat. Dengan adanya tindakan-tindakan tersebut maka tidak akan menghasilkan banjir bahkan lingkungan akan terjaga kebersihannya.

Contoh Teks Editorial Bidang Pekerjaan

Contoh Teks Editorial Bidang Pekerjaan

Lapangan pekerjaan di Indonesia menurun setiap tahunnya tanpa adanya inovasi-inovasi baru. Oleh sebab itu, topik pekerjaan bisa Anda tuliskan ke dalam teks editorial. Berikut adalah contoh topik bidang pekerjaan yang bisa dituliskan ke dalam teks editorial.

Judul: Pengangguran Di Akibatkan Oleh Mahasiswa Enggan Pulang Kampung

Pembukaan:
Lulusan baru sangat ingin mencari kerja di tempat yang dirasa nyaman untuk ditinggali. Lulusan sarjana yang terdapat di Kota Malang enggan meninggalkan kota yang sejuk dan berhawa dingin ini. Banyak mahasiswa yang tetap tinggal di Malang. Namun ternyata, mahasiswa yang tinggal adalah mahasiswa yang telah menyelesaikan masa studinya.

Argumentasi:
Sebenarnya, bukan masalah besar jika banyak mahasiswa yang tinggal di Kota Malang. Namun yang menjadi perhatian adalah apakah lulusan sarjana mampu memberikan kontribusi dengan membuka lapangan pekerjaan? Jika mahasiswa tersebut mampu membuka lapangan pekerjaan adalah nilai plus.

Sedangkan jika hanya menambah pengangguran maka lebih baik mahasiswa tersebut kembali ke kampung halamannya. Seperti yang dikatakan oleh Disnaker Kota Malang bahwa “Pengangguran di Kota Malang adalah karena mahasiswa yang enggan pulang ke kampung halamannya setelah wisuda”.

Kesimpulan:
Oleh karena itu, pelatihan softskill yang terdapat di universitas harus lebih ditekankan agar memotivasi mahasiswa untuk membuka lapangan pekerjaan yang bisa dijadikan sumber penghasilan bagi orang yang membutuhkan.

Contoh Teks Editorial Elektronik

Contoh Teks Editorial Elektronik

Elektronik tidak hanya digunakan sebagai alat komunikasi atau mencari informasi. Namun semakin berkembangnya zaman, elektronik dijadikan sebuah alat untuk ujian nasional para siswa SD hingga SMA. Ujian nasional akan diterapkan secara online. Berikut adalah contoh teks mengenai pendidikan yang memaksimalkan elektronik sebagai fasilitas belajar.

Pembukaan:
Beberapa waktu lalu Kemendikbud memutuskan sebuah peraturan baru bahwa beberapa sekolah wajib melaksanakan ujian nasional secara online dengan menggunakan perangkat komputer. Kemendikbud memilih beberapa sekolah untuk menjadi contoh ujian nasional berbasis komputer yang ditahun depan akan diikuti oleh sekolah yang lainnya.

Argumentasi:
Sistem yang dilakukan oleh pemerintah sudah tepat agar pelaksanaan ujian nasional menjadi efisien. Namun, apakah sekolah sudah siap dengan infrastruktur yang harusnya sudah terpenuhi? Di sebagian sekolah yang tidak memiliki banyak komputer, akses internet, dan listrik memadai tidak akan lancar dalam menjalankan ujian nasional secara online.

Selain imfrastruktur yang memadai, apakah sudah ada tenaga ahli di sekolah yang kompeten dalam hal ujian nasional secara online? Jika belum, hal ini harus diperhitungkan juga untuk mengatasi permasalahan yang sekiranya timbul saat melangsungkan ujian nasional online

Kesimpulan:
Sistem yang bagus juga harus didukung oleh infrastruktur dan pelengkap yang memadai dan lengkap. Jika ada salah satu saja yang tidak terpenuhi maka sistem tidak akan berjalan dengan baik. Halangan-halangan yang sekiranya akan muncul harus diantisipasi oleh pemerintah maupun pihak sekolah. Kerjasama yang baik antara kedua pihak tersebut sangat diharapkan.

Contoh Teks Editorial Media Sosial

Contoh Teks Editorial Media Sosial

Media Sosial adalah platform yang sering digunakan oleh banyak kalangan masyarakat untuk membagikan berbagai macam foto dan video. Jika media sosial ramai diperbincangkan maka bisa Anda gunakan sebagai topik teks editorial, berikut contohnya.

Judul: Media Sosial Tempat Marketing yang Paling Ampuh

Pembukaan:
Dewasa ini makin banyak pengguna media sosial khususnya instagram, facebook, dan yang lainnya. Bukan hanya sebagai tempat komunikasi dan berbagi ekspresi. Namun, saat ini banyak digunakan sebagai tempat promosi suatu usaha. Hal ini adalah sisi positif yang dimiliki oleh media sosial yang bisa Anda maksimalkan

Argumentasi:
Dengan banyaknya toko-toko online dewasa ini, maka manfaat media sosial sangat berperan penting. Media sosial bisa digunakan sebagai tempat marketing yang ampuh dan dekat dengan para pelanggan. Jika Anda memiliki toko dalam bentuk online pasarkan kepada para pengikut Anda di instagram dan mereka bisa melihat secara langsung bagaimana produk yang Anda jual.

Tidak harus bertemu langsung, Anda bisa menjelaskan produk via dm atau pesan personal, menerima pembayaran via transfer, dan mengirim barang dengan menggunakan ekspedisi. Keuntungan yang didapatkan oleh para penjual online shop sangat beragam dan bisa dikatakan sangat tinggi.

Kesimpulan:
Menjadikan media sosial sebagai tempat promosi atau marketing adalah hal yang tepat karena dengan menggunakan media sosial Anda bisa dengan mudah dekat dengan pelanggan tanpa berhadapan secara langsung.

Contoh Teks Editorial Gaya Hidup Dan Kesehatan

Contoh Teks Editorial Gaya Hidup Dan Kesehatan

Mengenal gaya hidup dan kesehatan akhir-akhir ini sangat erat kaitannya dengan kecantikan. Kulit yang sehat dan cantik adalah kulit yang bebas dari jerawat. Oleh sebab itu, topik skincare yang digemari oleh banyak orang akan dibahas melalui teks editorial berikut ini.

Judul: Skincare Abal-Abal yang Membuat Kulit Anda Rusak

Pembukaan:
Skincare akhir-akhir ini sering digemari oleh kalangan remaja hingga dewasa. Bukan hanya para kaum perempuan, kaum laki-laki tak jarang menggunakan skincare untuk kesehatan wajah. Namun, tidak semua skincare yang dijual dipasaran adalah aman.

Argumentasi:
Banyak pelanggan yang dikecewakan karena ternyata skincare yang dibeli mengandung bahan berbahaya dan membuat kulit rusak. Untuk menghindari tersebut maka pembeli skincare dituntut untuk jeli dalam membeli mulai dari dimana membeilinya, apakah sudah mendapat ijin BPOM dan MUI. Hal itu sangat penting diterapkan di Indonesia.

Bukan hanya remaja yang menjadi korban kerusakan kulit, tetapi juga yang sudah dewasa sama mengalami hal tersebut. Penjual yang tidak bertanggung jawab akan lari dan tidak memikirkan nasib para pelanggannya. Mereka cenderung membela diri sendiri dengan mengatakan bahwa produk tidak cocok untuk kulit pelanggan tersebut.

Kesimpulan:
Sebagai pelanggan Anda harus pintar dalam memilih produk-produk kecantikan khususnya skincare yang Anda kira akan memperbaiki kulit Anda. Belilah produk yang terpercaya jangan membeli produk abal-abal. Lindungi kulit Anda dan rawatlah dengan cara yang baik dan benar dengan produk terpercaya

Contoh Teks Editorial Lingkungan

Contoh Teks Editorial Lingkungan

Jika berbicara mengenai lingkungan pasti Anda memikirkan sebuah lingkungan bersih, sejuk, dan bersahabat. Namun, beberapa permasalahan seperti membuang sampah sangat menarik untuk dibahas pada teks editorial. Mengungkapkan pendapat mengenai liingkungan dan berhubungan dengan sampah adalah cara yang baik, berikut contohnya.

Judul: Membuang Sampah Secara Benar

Pembukaan:
Membuang sampah sembarangan bukan hal yang baru bagi masyarakat Indonesia. Jika Anda berjalan, pasti disepanjang jalan ada satu dua bahkan lebih sampah yang dibuang di sembarang tempat. Seharusnya, sampah tersebut di buang pada tempatnya agar tidak menimbulkan lingkungan yang kotor bahkan dapat menyumbat selokan dan sungai.

Argumentasi:
Menjaga kebersihan itu adalah sesuatu yang baik. Mulailah dengan membuang sampah di tempat sampah rumah Anda sendiri. Buatlah jadwal kapan Anda harus membuang sampah keluar rumah. Atau jika Anda memiliki waktu yang banyak, pisahkan antara sampah organik dan nonorganik. Sampah yang Anda buang sebenarnya masih bisa di daur ulang dengan berbagai cara.

Cara yang digunakan mendaur ulang sampah organik adalah dengan menjadikannya pupuk. Sedangkan, untuk sampah nonorganik bisa Anda gunakan sebagai bahan yang lebih bermanfaat. Sampah hasil dari rumah Anda akan lebih berguna jika di olah.

Kesimpulan:
Mulailah dengan langkah kecil jika ingin hidup sehat yaitu membuang sampah di tempatnya. Jangan membuang sampah di sembarang tempat baik di dalam atau luar rumah. Jika lingkungan Anda bersih, maka hidup Anda akan lebih nyaman dan tidak membuat stress.

Contoh Teks Editorial Ekonomi

Contoh Teks Editorial Ekonomi

Perekonomian di Indonesia dikabarkan akan meningkat di beberapa tahun ke depan. Ekonomi adalah salah satu faktor terpenting dalam hidup. Orang yang memiliki perekonomian yang bagus cenderung memiliki hidup yang lebih menyenangkan dan bahagia. Beberapa pernyataan di atas perlu Anda pelajari lebih dalam, berikut adalah contoh bacaan editorial mengenai ekonomi yang terjadi.

Judul: Apakah Ekonomi Tinggi Membuat Lebih Bahagia?

Pembukaan:
Ekonomi selalu diukur dengan berapa banyaknya penghasilan yang diperoleh setiap bulan? Atau berapa tabungan yang dimiliki untuk hidup? Sebenarnya tidak ada yang salah dengan pernyataan tersebut karena ekonomi di ukur dalam bentuk angka. Namun, yang menjadi perhatian adalah apakah dengan memiliki ekonomi tinggi akan membuat hidup seseorang lebih bahagia?

Argumentasi:
Jawabannya adalah bisa saja iya dan bisa saja tidak. Bagi orang kapitalis, semakin banyak uang yang dimiliki akan semakin bahagia hidup karena bisa membeli apapun yang diinginkan. Namun berbeda dengan beberapa orang yang tidak mengukur tingkat kebahagiaan dari segi ekonomi.

Seseorang bisa bahagia dengan gaji yang pas pas an karena memiliki beberapa hal menarik seperti hidup yang santai tanpa dikejar hutang, memiliki banyak anak yang lucu-lucu, dan yang lainnya. Memiliki uang banyak memang berarti bahwa Anda bisa membeli barang apapun tapi bagi sebagian orang itu bukanlah hal yang terpenting.

Kesimpulan:
Kebahagiaan semua orang tidak dapat diukur dari tingginya segi ekonomi yang dimiliki. Hal tersebut adalah sebuah preferensi yang dimiliki setiap orang. Janganlah memaksakan pemikiran kita terhadap orang lain karena orang di dunia memiliki jalan hidup sendiri-sendiri tanpa harus dibandingkan dengan hidup orang lain.

Contoh Teks Editorial Tempat Wisata

Contoh Teks Editorial Tempat Wisata

Tahun baru atau masa liburan sangat cocok jika Anda pergi ke tempat wisata untuk menghilangkan penat setelah bekerja atau sekolah. Untuk menulis teks editorial yang bagus maka topik tempat wisata bisa Anda jadikan rujukan, berikut adalah contoh bacaan editorial tempat wisata.

Judul: Jatimpark 2 Taman Wisata Edukasi

Pembukaan:
Pada tanggal 24 Desember 2019 tepat saat hari libur semester anak sekolah dan hari cuti bersama bagi para pegawai adalah tanggal yang pas untuk pergi berlibur ke tempat wisata. Di sepanjang jalan Kota Batu terlihat macet yang ternyata dikarenakan oleh antrian masuk parkir ke dalam tempat wisata Jatimpark 2.

Argumentasi:
Jatimpark 2 adalah tempat wisata yang menyediakan berbagai macam hewan dan tumbuhan langka yang bisa dijadikan sarana edukasi untuk anak. Di setiap kandang hewan diberikan sebuah informasi komunikatif yang menarik mengenai hewan yang ada di dalamnya. Bukan hewan yang biasa Anda lihat, namun hewan-hewannya lebih unik. Hal tersebut adalah daya tarik utama dari Jatimpark 2.

Selain itu, ada taman bermain dan wahana yang bisa digunakan oleh anak-anak usia dini hingga orang dewasa. Jika Anda penat berjalan-jalan dan bosan melihat hewan dan tumbuhan maka Anda bisa merasakan ekstrim dan rileksnya wahana yang disiapkan.

Kesimpulan:
Memang sangat menarik jika Anda bisa berwisata dengan menambah edukasi bukan hanya untuk anak saja namun juga untuk pengetahuan Anda sendiri sebagai orang dewasa. Memilih tempat wisata haruslah disesuaikan dengan kebutuhan Anda dan keluarga.

Contoh teks editorial di atas hanyalah beberapa topik saja. Anda bisa menambahkan pembahasan dengan topik menurut Anda yang lebih menarik. Pastikan saat Anda menulis teks editorial menggunakan struktur dan kaidah bahasa yang sesuai dengan peraturan agar enak dibaca oleh para pembaca teks editorial Anda. Selamat mencoba berkarya.

15+ Contoh Teks Editorial Lengkap dan Benar

Advertisements

2 thoughts on “15+ Contoh Teks Editorial Lengkap dan Benar

  1. Pingback: 15 Contoh Teks Eksplanasi Singkat dan Benar (Ciri dan Struktur)

  2. Pingback: 20 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi yang Benar dan Lengkap

Add Comment