Ciri Teks Eksplanasi

15 Contoh Teks Eksplanasi Singkat dan Benar

Teks Eksplanasi Singkat dan Benar – Teks eksplanasi merupakan jenis teks tentang proses bagaimana dan mengapa suatu peristiwa atau kejadian. Contoh teks eksplanasi singkat misalnya teks secara singkat yang berisi tentang peristiwa alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan sebagainya yang terjadi di sekitar kita, serta memiliki hubungan sebab akibat.

Teks eksplanasi bertujuan untuk menjelaskan peristiwa/kejadian/fenomena yang terjadi dan hubungan sebab akibat sehingga bisa dijadikan sebagai suatu pembelajaran dan sumber informasi kepada Anda sebagai pembaca. Simak ulasan pada artikel berikut ini mengenai ciri dan struktur teks eksplanasi, beserta dengan contoh teks eksplanasi singkat secara lengkap.

Ciri Teks Eksplanasi

Ciri Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi memiliki beberapa karakteristik yang membedakannya dengan jenis teks lainnya. Untuk itu, ada beberapa ciri yang harus Anda ketahui dan pahami mengenai teks eksplanasi antara lain sebagai berikut.

• Berisi tentang informasi faktual atau berdasarkan fakta yang memuat tentang informasi bersifat ilmiah seperti sains.
• Struktur dari teks ekplanasi yaitu pernyataan umum, urutan sebab-akibat, dan interpretasi.
• Bersifat informatif dan tidak memengaruhi pandangan pembaca terhadap topik bahasan yang dibicarakan dalam teks tersebut.
• Biasanya menggunakan kata pertama, kedua, ketiga, berikutnya, terakhir atau yang disebut dengan sequence markers.

Struktur Teks Eksplanasi

Struktur Teks Eksplanasi

Berdasarkan ciri yang sudah dijelaskan sebelumnya, berikut ini adalah struktur teks eksplanasi sebagai pembeda dari teks lainnya.

• Pernyataan umum yang berisi tentang proses terjadinya suatu peristiwa, kejadian, atau fenomena yang menjadi topik pembahasan dalam teks tersebut.
• Urutan sebab akibat yang berisi tentang penjelasan proses terjadinya suatu peristiwa/kejadian/fenomena yang menjadi topik pembahasan secara urut, yaitu dari awal sampai akhir.
• Interpretasi yang berisi tentang kesimpulan dari topik pembahasan.

Contoh Teks Eksplanasi

Untuk lebih memahami mengenai apa itu teks eksplanasi, ciri, dan strukturnya, Anda bisa membaca contoh teks eksplanasi yang akan dijelaskan dalam artikel ini. Berikut ini merupakan contoh teks eksplanasi singkat berdasarkan strukturnya.

1. Contoh Teks Eksplanasi Alam

Contoh Teks Eksplanasi Alam

Contoh teks eksplanasi singkat yang membicarakan tentang kejadian atau fenomena alam yaitu sebagai berikut.

Pernyataan Umum

Indonesia merupakan salah satu negara yang cukup sering terjadi gempa bumi. Gempa bumi yaitu fenomena alam yang disebabkan karena adanya goncangan atau getaran akibat pergerakan lapisan dalam bumi. Gempa bumi biasanya terjadi di kawasan yang banyak terdapat gunung berapi dan memiliki wilayah lautan yang luas.

Deretan Penjelas (Isi)

Pertama yang harus Anda ketahui terkait terjadinya gempa bumi adalah karena adanya pergeseran lempengan atau lapisan di dalam bumi atau letusan gunung berapi yang dahsyat. Dampak yang diakibatkan oleh gempa bumi juga sangat mengerikan. Gempa dengan kekuatan yang besar sanggup memporak porandakan suatu daerah.

Getaran dari gempa bumi dapat merambat ke segala arah untuk menghancurkan bangunan yang berada di permukaan bumi, sehingga dapat menimbulkan kerugian materi bahkan korban jiwa. Ada dua jenis gempa berdasarkan faktor penyebabnya, yaitu gempa bumi tektonik akibat adanya pergeseran atau patahan di lempengan bumi dan gempa vulkanik akibat letusan gunung berapi.

Interpretasi (Kesimpulan)

Gempa bumi tidak dapat dihindari karena bisa terjadi kapan saja, apalagi letak Indonesia yang berada di lingkaran api di mana banyak terdapat gunung berapi. Untuk mengurangi dampak gempa bumi, perlu adanya cara-cara penyelamatan diri saat gempa terjadi.

2. Contoh Teks Eksplanasi Singkat Sosial

Contoh Teks Eksplanasi Singkat Sosial

Berikut ini adalah contoh teks eksplanasi singkat tentang kondisi sosial masyarakat yaitu tentang kemiskinan.

Pernyataan Umum

Kemiskinan merupakan suatu kondisi di mana tingkat pendapatan dalam masyarakat rendah. Dengan pendapatan yang rendah dan minim, masyarakat menjadi tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan pokok misalnya pangan (makanan dan minuman), sandang (pakaian), papan (tempat tinggal), dan pendidikan.

Deretan Penjelas (Isi)

Kemiskinan ini dapat kita temukan di tempat-tempat padat penduduk dan kumuh. Biasanya masyarakat golongan menengah ke bawah atau miskin ini tinggal di bantaran sungai, kolong jembatan, atau tempat-tempat yang tidak layak untuk ditinggali. Keadaan ekonomi inilah yang memaksa masyarakat miskin memilih tinggal di tempat kumuh dan tidak layak, serta tingkat kesehatan dan kebersihan yang rendah.

Tidak hanya di Indonesia saja, kemiskinan juga melanda banyak negara berkembang. Kemiskinan disebabkan beberapa faktor yaitu keterbatasan pemenuhan kebutuhan dan pendidikan, musibah atau bencana alam, kebangkrutan, perilaku pribadi, struktur sosial, perbudakan, dan beberapa faktor lainnya. Faktor gengsi dan konsumtif juga menjadi faktor penyebab kemiskinan.

Interpretasi (Kesimpulan)

Untuk mengatasi masalah kemiskinan perlu adanya kerja sama antara masyarakat dengan pemerintah. Dengan menumbuhkan kesadaran dalam diri masyarakat untuk selalu bersyukur dan tanpa adanya perasaan iri, diharapkan masalah kemiskinan dapat ditanggulangi.

3. Contoh Teks Eksplanasi Budaya

Contoh Teks Eksplanasi Budaya

Berikut ini adalah contoh teks eksplanasi singkat mengenai budaya.

Pernyataan Umum

Budaya merupakan warisan leluhur yang perlu dilestarikan. Budaya tidak selalu identik dengan hal-hal tradisional saja, seperti pakaian, makanan khas, kesenian, bahasa, adat istiadat, dan sebagainya. Jika mendengar kata “budaya”, maka yang terlintas di pikiran kita adalah simbol budaya dari suatu negara atau tempat/daerah tertentu.

Deretan Penjelas (Isi)

Hasil budaya dapat dibagi menjadi 3 yaitu pengetahuan, kepercayaan, dan estetika. Budaya merupakan cara hidup berkembang. Antara satu tempat dengan tempat lainnya dapat memiliki budaya yang berbeda. Budaya diwariskan dan diturunkan dari generasi ke generasi selanjutnya dan dimiliki bersama oleh sekelompok orang.

Budaya juga dapat berubah menyesuaikan perkembangan zaman. Beberapa faktor yang memengaruhi budaya misalnya perkembangan teknologi dan informasi, cara hidup masyarakat, perubahan yang terjadi di lingkungan, dan sebagainya. Perubahan budaya ini tentu ada dampak positif dan negatifnya.

Interpretasi (Kesimpulan)

Budaya sangat perlu untuk dijaga dan dilestarikan agar tetap tumbuh dan berkembang di masyarakat. Selain itu, dengan adanya budaya maka akan muncul ciri khas dan keunikan dari suatu daerah sebagai suatu kekayaan yang patut dijaga agar tidak punah. Menumbuhkan sikap saling menghormati dan menghargai budaya juga sangat penting agar tidak memecah belah dan mempererat tali persaudaraan.

4. Contoh Teks Eksplanasi Singkat Ekonomi

Contoh Teks Eksplanasi Singkat Ekonomi

Contoh teks eksplanasi singkat tentang permasalahan ekonomi yaitu sebagai berikut.

Pernyataan Umum

Inflasi adalah suatu kondisi ekonomi di mana terjadi kenaikan harga secara terus-menerus. Terjadinya inflasi dikarenakan adanya kenaikan biaya produksi, kenaikan jumlah uang yang beredar, dan kenaikan permintaan. Umumnya, inflasi terjadi dalam kurun waktu yang lama atau panjang dan bersifat sementara.

Deretan Penjelas (Isi)

Terjadinya inflasi biasanya karena adanya kenaikan permintaan untuk beberapa jenis barang. Permintaan yang meningkat ini terjadi, karena meningkatnya belanja negara yang terjjadi di lingkungan pemerintahan, meningkatnya permintaan kebutuhan swasta, dan meningkatnya permintaan barag ekspor. Peningkatan inilah yang membuat harga menjadi naik.

Inflasi juga bisa terjadi karena meningkatnya biaya produksi, seperti kenaikan harga bahan baku dan harga bahan baku pokok. Inflasi dapat membuat perekonomian masyarakat menjadi kacau, karena biaya produksi yang tinggi tidak sebanding dengan hasil yang didapatkan.

Interpretasi (Kesimpulan)

Untuk mengatasi inflasi, pemerintah akan memakai sistem penambahan jumlah uang yang beredar, misalnya menggunakan sistem anggaran defisit. Namun, penambahan jumlah uang yang beredar dengan melakukan pencetakan uang baru juga memiliki kekurangan yaitu dapat mengakibatkan masalah pada neraca pembayaran.

5. Contoh Teks Eksplanasi Tentang Politik

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Politik

Berikut ini merupakan contoh teks eksplanasi singkat mengenai masalah politik yang ada di Indonesia.

Pernyataan Umum

Salah satu masalah politik di Indonesia yang masih belum teratasi adalah korupsi. Korupsi merupakan suatu tindakan tidak legal dan tidak bertanggung jawab yang dilakukan oleh oknum maupun kelompok untuk kepentingannya sendiri dan kelompoknya untuk melakukan tindak penyalahgunaan uang atau penggelapan terhadap suatu barang.

Deretan Penjelas (Isi)

Unsur-unsur yang terdapat dalam tindak korupsi meliputi penyalahgunaan wewenang, perbuatan memperkaya diri sendiri atau kelompok tertentu yang merugikan masyarakat luas dan negara, serta termasuk perbuatan yang melanggar hukum.

Salah satu faktor penyebab korupsi adalah kurangnya kesadaran dan rendahnya sikap transparansi laporan keuangan negara. Korupsi juga dapat disebabkan karena adanya sikap ingin memiliki dan serakah yang dilakukan oleh oknum atau kelompok tertentu yang menyalahgunakan wewenang atau jabatan.

Akibat yang ditimbulkan dari korupsi adalah kekacauan yang terjadi di sektor publik. Kekacauan ini terjadi karena adanya sikap ketidakpercayaan masyarakat terhadap pemerintah negara akibat ulah oknum dan segelintir orang yang mengambil uang rakyat.

Interpretasi (Kesimpulan)

Karena dampak dari korupsi ini sangat buruk dan merugikan banyak pihak, perlu adanya perhatian dari pemerintah untuk mengatasinya yaitu dengan menindak secara tegas para pelaku tindak korupsi. Pemerintah harus memperkuat tindakan dan langkah hukum untuk memberi pelajaran dan menindak para pelaku korupsi dengan hukuman yang berat.

6. Contoh Teks Eksplanasi Agama

Contoh Teks Eksplanasi Agama

Contoh teks eksplanasi singkat tentang agama yaitu sebagai berikut ini.

Pernyataan Umum

Indonesia merupakan negara yang memiliki keragaman baik dalam segi budaya, suku, adat istiadat, bahasa, dan agama. Luasnya wilayah Indonesia menjadi salah satu faktor terciptanya banyak agama. Indonesia mengakui enam agama besar, yaitu Islam, Kristen Protestan, Katholik, Hindu, Budha, dan Konghucu.

Deretan Penjelas (Isi)

Keragaman agama yang terdapat di Indonesia memiliki nilai positif dan negatif. Nilai positif dari adanya keberagaman agama adalah masyarakat Indonesia dapat belajar bagaimana memiliki sikap toleransi, yaitu sikap menghargai perbedaan. Dari adanya keragaman agama yang ada di Indonesia, masyarakat akan belajar mewujudkan semboyan “Bhinneka Tunggal Ika” yang mengacu pada sikap toleransi.

Nilai negatif dari adanya keberagaman agama adalah rawan terpecah belah karena adanya sikap merasa paling benar terhadap agama atau kepercayaan yang dianut. Namun, hal ini bisa diatasi dengan menumbuhkan sikap menghargai perbedaan pada setiap pribadi masyarakat Indonesia.

Interprestasi (Kesimpulan)

Untuk menjaga kerukunan dan menghindari perselisihan antar umat beragama, masyarakat perlu menanamkan nilai-nilai Pancasila, khususnya pengamalan sila pertama. Indonesia bisa menjadi negara yang maju apabila masyarakatnya menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan.

7. Contoh Teks Eksplanasi Tentang Sejarah

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Sejarah

Berikut ini adalah contoh teks eksplanasi singkat tentang sejarah, khususnya sejarah Indonesia.

Pernyataan Umum

Kemerdekaan Indonesia tidak didapatkan begitu saja. Banyak proses yang harus dilalui oleh para pahlawan yang rakyat yang kala itu ikut berjuang melawan penjajah untuk meraih kemerdekaan. Kemerdekaan Indonesia bukan hadiah dari Jepang, namun tonggak perjuangan rakyat dan para tokoh pejuang.

Deretan Penjelas (Isi)

Untuk mencapai kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945, rakyat Indonesia telah melalui proses panjang. Selama 350 tahun, rakyat Indonesia harus menderita di bawah jajahan Belanda dan selama kurang lebih 4 tahun harus merasakan penderitaan di bawah penjajahan Jepang. Para pejuang bahkan merelakan jiwa, raga, dan harta untuk merebut Indonesia dari tangan penjajah.

Interpretasi (Kesimpulan)

Sebagai generasi penerus bangsa, hal yang perlu kita lakukan adalah meneruskan cita-cita para pejuang untuk terus mempertahankan dan memajukan NKRI dengan menjaga persatuan dan kesatuan agar terhindar dari konflik dan perselisihan yang bisa memecah belah bangsa.

8. Contoh Teks Eksplanasi Tentang Wisata

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Wisata

Contoh teks eksplanasi singkat mengenai wisata yaitu sebagai berikut.

Pernyataan Umum

Salah satu tempat yang dijadikan destinasi wisata adalah pantai. Keindahan pemandangan yang disuguhkan mampu memikat siapapun yang memandangnya. Salah satu pantai yang cukup popular di kalangan masyarakat adalah pantai Sundak di daerah Yogyakarta, tepatnya di daerah Wonosari, Gunungkidul.

Deretan Penjelas (Isi)

Pantai ini menyajikan pemandangan alam yang indah dengan hamparan pasir putih dan karang yang memukau. Lokasinya berdampingan dengan pantai-pantai lainnya, misalnya pantai Indrayanti. Panai ini termasuk pantai yang aman karena ombaknya tidak terllu besar. Meskipun kita harus tetap waspada dan hati-hati. Tebing yang terdapat di samping kanan dan kiri pantai ini juga menambah keindahan.

Interpretasi (Kesimpulan)

Untuk menjaga keindahannya tetap terjaga, perlu adanya kesadaran pada diri masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan. Hindari sikap buruk seperti merusak karang, membuang sampah sembarangan, atau merusak sarana/fasilitas di sekitar pantai.

9. Contoh Teks Eksplanasi Tentang Olahraga

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Olahraga

Berikut ini merupakan salah satu contoh teks eksplanasi singkat tentang olahraga dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

Pernyataan Umum

Olahraga sangat bermanfaat bagi tubuh untuk kebugaran dan kesehatan tubuh manusia. Ada banyak cabang olahraga yang bisa Anda pilih, misalnya lari, sepak bola, basket, renang, dan lainnya. Salah satu olahraga yang murah meriah, namun tetap menyehatkan adalah lari.

Deretan Penjelas (Isi)

Lari merupakan salah satu cara berolahraga yang sangat murah meraih kebugaran dan kesehatan tubuh tanpa membutuhkan alat apapun. Tidak seperti sepak bola atau basket yang membutuhkan bola, lari dapat dilakukan di mana pun dan kapan pun. Lari bisa dilakukan di lapangan atau sepanjang jalan sesuai yang Anda inginkan.

Interpretasi (Kesimpulan)

Agar terhindar dari penyakit, Anda perlu melakukan olahraga secara rutin. Lakukan olahraga setidaknnya 2 sampai 3 kali dalam seminggu agar rtubuh Anda selalu bugar. Jangan lakukan olahraga yang terlalu berat karena justru akan membuat tubuh Anda sakit.

10. Contoh Teks Eksplanasi Tentang Pendidikan

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Pendidikan

Berikut ini adalah contoh teks eksplanasi singkat mengenai pendidikan terkait dengan kualitas dan mutu pendidikan yang ada di Indonesia.

Pernyataan Umum

Di era globalisasi dan serba canggih seperti saat ini, kualitas pendidikan dapat menjadi patokan majunya suatu negara. Di Indonesia sendiri, kualitas pendidikan masih terbilang rendah. Padahal untuk bisa bersaing dengan negara maju lainnya, kualitas pendidikan harus dibenahi dan ditingkatkan agar tidak mengalami ketertinggalan mutu pendidikan.

Deretan Penjelas (Isi)

Pendidikan membantu menopang dalam peningkatan sumber daya manusia dalam pembangunan suatu bangsa. Kualitas pendidikan yang rendah di Indonesia disebabkan karena kurangnya kesadaran masyarakat akan penting pendidikan. Selain itu, anggapan bahwa modal untuk mendapatkan pekerjaan adalah pendidikan yang tinggi dan tidak sesuai dengan minat dan bakat peserta didik.

Tingginya biaya pendidikan dan kurangnya kemampuan pengajar dalam mengajar membuat kualitas pendidikan di Indonesia masih sangat jauh tertinggal dibandingkan dengan pendidikan di negara lain. Meski jika dibandingkan dengan biaya pendidikan di negara lain, Indonesia masih relatif rendah.

Interpretasi (Kesimpulan)

Akibat yang ditimbulkan dari kualitas pendidikan yang rendah yaitu tingginya tingkat pengangguran, kemiskinan, kriminalitas, dan terhambatnya kemajuan teknologi. Untuk mengatasinya, perlu adanya kesadaran dan kemauan untuk memperbaiki kualitas pendidikan, baik pemerintah maupun masyarakat pada umumnya.

11. Contoh Teks Eksplanasi Tentang Globalisasi

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Globalisasi

Contoh teks eksplanasi singkat mengenai globalisasi dan dampaknya yaitu sebagai berikut ini.

Pernyataan Umum

Globalisasi merupakan suatu proses yang mendunia terkait dengan tatanan sosial. Globalisasi dapat terjadi di hampir seluruh bidang kehidupan manusia, seperti politik, sosial budaya, ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), ekonomi, ideologi, dan beberapa bidang lainnya. Globalisasi ini disebabkan karena adanya proses penyebaran informasi yang luas dan cepat, perubaha politik,dan beberapa faktor lainnya.

Deretan Penjelas (Isi)

Salah satu faktor yang memengaruhi globalisasi yaitu teknologi, terutama di bidang informasi. Teknologi ini dapat berupa televisi, telepon genggam, dan internet. dengan adanya internet nilah yang akan memudahkan seluruh umat manusia untuk mengakses informasi sehingga menjamin kemudahan dalam terlaksananya transaksi antar negara di bidang ekonomi.

Globalisasi akan membantu perusahaan berkembang dengan pesat. Kita juga akan sangat mudah dalam mendapatkan barang atau mengekspor barang ke negara lain. Dengan adanya globalisasi, akan memudahkan terjadinya kesepakatan dan kerja sama ekonomi internasional menjadi lebih erat.

Interpretasi (Kesimpulan)

Selain dampak positif, globalisasi juga memiliki dampak negatif, seperti masuknya budaya asing yang masuk ke Indonesia yang berakibat terkikisnya rasa cinta tanah air dan kebanggaan terhadap budaya sendiri. Untuk itu, sebagai masyarakat yang bijak perlu adanya penyaringan atau melakukan filter agar tidak menimbulkan dampak yang negatif dan merugikan masyarakat itu sendiri.

12. Contoh Teks Eksplanasi Tentang Teknologi

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Teknologi

Berikut ini merupakan contoh teks eksplanasi singkat mengenai kemajuan teknologi, khususnya dalam bidang komunikasi yaitu telepon genggam atau ponsel.

Pernyataan Umum

Kemajuan teknologi komunikasi dan informasi belakangan ini berkembang dengan pesat. Hal ini ditandai dengan banyaknya jenis telepon genggam dengan fitur-fitur canggih yang bermunculan di masyarakat. Telepon genggam atau ponsel merupakan alat komunikasi yang berfungsi untuk melakukan interaksi antara satu dengan lainnya tanpa harus bertatap muka dan dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun.

Deretan Penjelas (Isi)

Perkembangan teknologi komunikasi berupa ponsel ini juga tidak hanya terbatas untuk melakukan percakapan atau telepon saja. Ponsel pada masa sekarang sudah bisa untuk mengakses internet, mendengarkan musik, berswafoto, mengirim data, dan sebagainya. Ponsel juga memiliki dampak positif dan dampak negatif bagi penggunanya.

Dampak positif dari penggunaan ponsel adalah kita tidak akan ketinggalan informasi dari seluruh dunia karena adanya akses internet. Dampak negatifnya adalah penggunaan ponsel yang berlebihan akan merusak indra penglihatan karena adanya radiasi. Sinar radiasi sendiri dapat mengakibatkan timbulnya penyakit kanker yang membahayakan kesehatan.

Interpretasi (Kesimpulan)

Dalam penggunaan ponsel, kita harus bijak. Kita dapat memanfaatkan kecanggihan ponsel untuk mengakses hal-hal positif seperti ilmu pengetahuan yang berguna untuk kehidupan. Kita juga harus memahami dampak negatif dan pengaruh buruk yang ditimbulkan oleh penggunaan ponsel yang berlebihan.

13. Contoh Teks Eksplanasi Tentang Lingkungan

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Lingkungan

Berikut in merupakan contoh teks eksplanasi singkat tentang lingkungan yaitu sebab akibat dari banjir.

Pernyataan Umum

Banjir merupakan salah satu bencana alam yang sering terjadi di beberapa kota, misalnya Jakarta. Banjir sendiri merupakan suatu peristiwa naiknya air di suatu daerah atau kawasan yang berakibat tertutupnya kawasan tersebut dengan air yang menggenang.

Deretan Penjelas (Isi)

Secara alami, banjir disebabkan karena curah hujan yang tinggi dan kurangnya resapan air. Banjir yang terjadi karena faktor alam ini juga bisa menjadi bencana atau musibah yang merugikan manusia. Selain faktor alam, banjir juga bisa disebabkan karena ulah manusia akibat kurangnya kesadaran dan kebiasaan membuang sampah sembarangan terutama ke sungai atau ke saluran air lainnya.

Banjir tentunya sangat merugikan bagi masyarakat yang berada di kawasan tersebut. Akibat yang ditimbulkan misalnya kerusakan tempat tinggal, hanyutnya harta benda, bahkan mengakibatkan korban jiwa. dan lebih peduli ada kebersihan lingkungan.

Interpretasi (Kesimpulan)

Risiko ini bisa diminimalisir jika adanya kesadaran dari masyarakat untuk menjaga lingkungan, seperti membuang sampah pada tempatnya, tidak menebang pohon secara sembarangan. Meskipun tidak menutup kemungkinan, banjir juga bisa datang dan menerjang karena faktor alamiah.

14. Contoh Teks Eksplanasi Tentang Narkoba

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Narkoba

Contoh teks eksplanasi singkat tentang narkoba dan bahayanya adalah sebagai berikut ini.

Pernyataan Umum

Saat mendengar kata “narkoba”, yang terlintas di pikiran kita adalah obat-obatan terlarang yang memiliki dampak buruk untuk kesehatan. Narkoba adalah singkatan dari narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya. Dalam ilmu kedokteran, narkoba memiliki manfaat tertentu jika digunakan sesuai dengan aturan dan dosis yang disarankan.

Deretan Penjelas (Isi)

Narkoba tergolong obat-obatan atau bahan berbahaya yang berasal dari tanaman atau pun kimia apabila digunakan secara berlebihan karena dapat menimbulkan hilangnya rasa sakit atau nyeri dan hilangnya kesadaran seseorang. Narkoba terdiri dari beberapa jenis seperti ganja, ekstasi, sabu-sabu, heroin, opium, dan sebagainya.

Efek yang ditimbulkan dari penggunaan narkoba yang tidak sesuai aturan adalah halusinogen, depresan, stimulan, dan adiktif (timbulnya efek kecanduan). Penyalahgunaan narkoba ini banyak dilakukan oleh pelajar di Indonesia akibat buruknya pergaulan dan kurangnya pengetahuan terhadap bahaya narkoba.

Interpretasi (Kesimpulan)

Untuk menanggulangi dan memberantas penggunaan narkoba yang salah, perlu adanya perhatian baik dari pemerintah maupun masyarakat. Solusinya adalah memberikan pengetahuan dan bimbingan terhadap dampak buruk narkoba sehingga mampu menyelamatkan generasi penerus bangsa dari bahaya penyalahgunaan narkoba.

15. Contoh Teks Eksplanasi Tentang Pemanasan Global

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Pemanasan Global

Berikut ini adalah contoh teks eksplanasi singkat tentang penyebab dan dampak pemanasan global (global warming).

Pernyataan Umum

Dampak buruk yang diakibatkan oleh pemanasan global atau global warming adalah perubahan iklim yang ekstrem. Naiknya suhu udara membuat es yang terdapat di kutub utara dan selatan mencair. Peristiwa ini sangat berdampak pada keadaan lingkungan di kutub dan menjadi penyebab dari kepunahan beberapa makhluk hidup yang tinggal di daerah kutub.

Deretan Penjelas (Isi)

Pemanasan global atau global warming disebabkan karena kurangnya kesadaran manusia untuk menjaga alam semesta. Pemanasan global ini akibat efek rumah kaca, penggundulan hutan secara besar-besaran, peningkatan gas rumah kaca, polusi udara akibat kendaraan bermotor dan asap industri, dan beberapa faktor penyebab lainnya.

Kenaikan suhu pada bumi inilah yang membuat perubahan iklim ekstrim yaitu adanya perubahan curah hujan, perubahan pola cuaca, terjadinya angin dan badai, serta terjadinya bencana alam yang merenggut korban jiwa.

Naiknya suhu di bumi ini akibat dari radiasi yang dipancarkan oleh sinar matahari ke atmosfer bumi dan sebagian sinar ini berubah menjadi sinar infra merah yang diserap bumi dan udara.

Dampak pemanasan global antara lain adalah mencairnya es di kutub yang membuat air laut meningkat dan mengakibatkan banjir di beberapa tempat. Selain itu dampak yang ditimbulkan dari pemanasan global adalah peningkatan curah hujan, peningkatan proses penguapan air tanah yang menyebabkan kekeringan, sulitnya memprediksi cuca karena perubahan yang ekstrem, timbulnya penyakit berbahaya,

Interpretasi (Kesimpulan)

Pemanasan global menjadi masalah yang sangat serius dan berdampak pada seluruh makhluk hidup di bumi apabila tidak ditanggapi dengan serius. Perlu adanya usaha untuk membangkitkan kesadaran pada manusia untuk menjaga bumi dan mengurangi faktor penyebab pemanasan global. Akibat yang paling fatal dari pemanasan global adalah kepunahan makhluk hidup karena bencana alam yang besar.

Dengan membaca dan menyimak artikel ini, pengetahuan Anda akan bertambah banyak tentang pengertian, struktur, dan ciri-ciri teks eksplanasi. Dengan disajikannya beberapa contoh teks eksplanasi singkat di atas dengan berbagai topik pembahasan yang berbeda diharapkan Anda menjadi lebih paham dan mengerti tentang apa itu teks eksplanasi secara lebih lengkap dan jelas.

15 Contoh Teks Eksplanasi Singkat dan Benar

Leave a Reply