16 Contoh Teks MC (Berbagai acara) 1

16 Contoh Teks MC (Berbagai acara)

Contoh Teks MC – Anda pasti sudah tidak asing lagi bila mendengar kata MC. MC merupakan singkatan dari Master of Ceremony yang tidak lain merupakan nama lain dari pembawa acara. Ya memang tugas seorang MC yaitu mengatur atau memandu pelaksanaan sebuah acara, baik itu acara formal, semi formal, ataupun non formal.

Menjadi seorang MC memang susah-susah gampang terlebih bagi anda yang sama sekali tidak pernah menjadi MC. Butuh latihan berkali-kali agar anda fasih dan tidak nervous atau tidak grogi dihadapan banyak orang. Beberapa referensi teks MC di bawah ini bisa menjadi referensi bagi anda yang sedang mempersiapkan diri menjadi seorang MC pada acara formal ataupun non formal.

Contoh Teks MC Acara Formal

Contoh Teks MC Acara Formal

Menjadi MC acara formal bisa dibilang lebih mudah dibandingkan dengan MC acara non formal. Pasalnya pada MC formal anda tidak diharuskan improvisasi atau berkomunikasi secara dua arah dengan audience. Anda hanya perlu membawakan acara sesuai dengan apa yang sudah dituliskan pada teks mc yang sudah disediakan. Berikut referensi teks MC pada acara formal.

Contoh Teks MC Upacara Bendera di Sekolah

Contoh Teks MC Upacara Bendera di Sekolah

Upacara bendera yang dilakukan di sekolah bukan hanya sekedar rutinitas tanpa alasan namun merupakan sebuah penghormatan bagi para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Oleh karena itu janganlah sembarangan mengikuti upacara, terlebih bagi anda sang pembawa acara, berikut referensi teks susunan upacara bendera yang dilakukan setiap hari Senin.

  1. Upacara bendera hari Senin, Tanggal 6 Bulan Januari, Tahun 2019, akan segera dimulai.
  2. Pemimpin barisan menyiapkan barisannya masing-masing.
  3. Pemimpin upacara memasuki lapangan upacara.
  4. Barisan disiapkan.
  5. Penghormatan kepada pemimpin upacara dipimpin oleh pemimpin barisan (pemimpin barisan sudah ditunjuk sebelumnya).
  6. Laporan pemimpin barisan kepada pemimpin upacara.
  7. Pembina upacara memasuki lapangan upacara, barisan disiapkan.
  8. Penghormatan kepada Pembina upacara dipimpin oleh pemimpin upacara (penghormatan umum*).
  9. Laporan pemimpin upacara kepada Pembina upacara (bahwa upacara siap dimulai*).
  10. Pengibaran Bendera Merah Putih diiringi oleh lagu Indonesia Raya.
  11. Mengheningkan cipta dipimpin oleh pembina upacara.
  12. Pembacaan teks Pembukaan UUD 1945 oleh pertugas.
  13. Pembacaan teks Pancasila oleh pembina upacara.
  14. Amanat pembina upacara, peserta upacara diistirahatkan.
  15. Pembacaan doa oleh petugas.
  16. Laporan pemimpin upacara kepada pembina upacara (bahwa upacara telah selesai*).
  17. Penghormatan umum kepada pembina upacara dipimpin oleh pemimpin upacara (penghormatan umum*).
  18. Pembina upacara meninggalkan lapangan upacara, peserta disiapkan.
  19. Penghormatan kepada pemimpin upacara dipimpin oleh pemimpin barisan (pemimpin barisan sudah ditunjuk sebelumnya).
  20. Pemimpin upacara meninggalkan lapangan upacara (peserta upacara tetap di tempat).
  21. Pengumuman-pengumuman.

Contoh Teks MC Acara Seminar Anti Narkoba

Contoh Teks MC Acara Seminar Anti Narkoba

Salah satu contoh acara formal lainnya yaitu seminar. Seminar biasanya digunakan untuk ajang menambah ilmu yang diselenggarakan oleh suatu organisasi tertentu. Acara seminar juga biasanya dihadiri oleh pejabat-pejabat penting, oleh karena itu seorang MC seminar haruslah mempersiapkan teks MC terlebih dahulu. Berikut contoh teks MC acara seminar anti narkoba.

Assalamualaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera.

Pertama-tama mari kita panjatkan  Puji dan Syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena atas kuasa dan penyertaan-Nya kepada kita sehingga kita dapat berkumpul di acara seminar nasional anti narkoba pada pagi yang cerah ini.

Sebelumnya saya ucapkan selamat datang kepada Bapak Ali Djoharjo beserta rombongan Badan Narkotika Nasional Indonesia.

Selamat datang kepada Bapak Kapolda Condro Kirono.

Dan selamat datang kepada Bapak dr. Maheka Aji, Sp.Kj, selaku psikiater di Rumah Sakit Jiwa Daerah Jawa Tengah.

Tak lupa saya ucapkan juga selamat datang kepada para hadirin sekalian.

Hadirin yang berbahagia, sebelum memulai acara seminar pada pagi hari ini alangkah baiknya kita panjatkan doa sesuai agama dan kepercayaan kita masing-masing, semoga acara ini dapat berjalan lancar dan bermanfaat bagi kita semua.

Berdoa dimulai.

Berdoa selesai.

Hadirin yang berbahagia, sebelumnya ijinkan saya membaca susunan acara kita pada pagi hari ini.

  1. Sambutan dari Ketua Pelaksana.
  2. Seminar tentang nakoba yang akan dipimpin oleh Bapak Ali Djoharjo.
  3. Seminar tentang peredaran nakoba di Indonesia yang akan dipimpin oleh Bapak Condro Kirono.
  4. Seminar tentang bahaya nakoba bagi kesehatan jiwa dr. Maheka Aji, Sp.Kj.
  5. Sesi Tanya jawab.
  6. Sharing narkoba dari mantan pecandu narkoba.
  7. Ikrar untuk memerangi narkoba.

Contoh Teks MC Pengajian

Contoh Teks MC Pengajian

Pengajian merupakan acara keagamaan yang dilakukan oleh saudara kita umat muslim. Acara yang menyangkut hubungan antara manusia dengan Allah sudah pasti tidak boleh sembarangan dilakukan. Harus ada tata cara dan uritan yang baik agar tidak menjadi pencemaran nama Agama. Oleh karena seorang MC juga tidak boleh salah bicara, berikut contoh teks MC acara pengajian.

Assalamualaikum Wr. Wb. Alhamdulillahi Robbilalamin, wabihi nastain, waala umuriddunya wad din. Wa shollallahu ala Sayyidinaa Muhammadin, waala aalihi washahbihi ajmain.

Puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah Subhanahuwataala karena hidayah dan limpahan karunia-Nya kita semua dapat berkumpul di Musholla Al-Amin yang kita cintai ini untuk memulai cara pengajian rutin pada sore hari ini.

Pertama-tama marilah kita Sholawat beserta salam, kita haturkan kepada Nabi dan Rasul kita, Muhammad Sallallahu alaihi wa sallam.

Yang terhormat Al ustadz dan qori yang telah hadir, dan yang terkasih Ibu-ibu, Bapak-bapak serta saudara saudari sekalian yang telah berkenan hadir.

Sebelumnya marilah kita awali acara pengajian ini dengan mengucapkan Basmalah,

Bismillahirrohmanirrohim.

Selanjutnya saya akan membacakan susunan acara pada pengajian pada sore hari ini.

  1. Pembukaan dan pembacaan doa.
  2. Pembacaan Ayat suci Al Qur’an.
  3. Kata sambutan oleh ibu Siti Marfuah selaku ketua panitia acara.
  4. Ceramah oleh Uztadz yang langsung ditutup dengan Doa penutup.

Contoh Teks MC Peringatan Maulid Nabi

Contoh Teks MC Peringatan Maulid Nabi

Layaknya acara pengajian, acara Peringatan Maulid Nabi juga merupakan acara yang harus diadakan dengan tata cara aturan acara resmi atau formal. Oleh karena itu teks MC harus dipersiapkan dengan baik. Berikut contoh teks yang bisa menjadi referensi anda dalam membawakan sebuah acara peringatan Maulid Nabi.

Assalamualaikum Wr Wb.

Bismillaahirrahmaanirrahiim, Alhamdulillahi Robbilalamin, wabihi nastain, waala umuriddunya wad din. Wa shollallahu ala Sayyidinaa Muhammadin, waala aalihi washahbihi ajmain.

Yang terhormat Bapak Ibnu Ali, selaku Kepala Sekolah SMA 60 Banyuwangi.

Yang terhormat Ibu Bapak Guru SMA 60 Banyuwangi.

Serta teman-teman yang saya cintai.

Syukur Alhamdullilah kita panjatkan kehadirat Allah  SWT atas segala limpahan rahmat-Nya sehingga pada pagi ini kita dapat berkumpul di SMA 60 Banyuwangi, sekolah yang kita cintai untuk memulai acara peringatan Maulid Nabi.

Sholawat dan syukur kita panjatkan kepada junjungan kita nabi Agung Muhammad SAW yang telah membawa kita umatnya keluar dari kegelapan dan berjalan menuju kepada terang yang kita harapkan. Amin.

Mengawali acara pada pagi hari ini marilah kita ucapkan bersama Basmalah, Bismillahirrohmanirrohim.

Adapun susunan acara Peringatan Maulid Nabi pada pagi hari ini yaitu

  1. Pembukaan
  2. Pembacaan doa dilanjutkan pelafalan ayat-ayat suci Al-Qur’an
  3. Pembacaan Rawi/Sholawat Nabi
  4. Sambutan Kepala Sekolah
  5. Sambutan Ketua Osis
  6. Sambutan Ketua Panitia
  7. Mau’idoh hasanah serta doa penutup
  8. penutup

Contoh Teks MC Pelantikan Badan Eksekutif Mahasiswa

Contoh Teks MC Pelantikan Badan Eksekutif Mahasiswa

Badan Eksekutif Mahasiswa merupakan organisasi yang bergerak di tingkat Universitas maupun di tingkat fakultas. Merupakan sebuah organisasi resmi, ini berarti proses perekrutan dan pelantikan setiap pengurusnya juga merupakan suatu hal yang penting dan tentunya diketahui secara resmi oleh pejabat-pejabat Universitas seperti Rektor, Dekan, dan Dosen. Mengingat pentingnya acara ini berikut referensi yang bisa anda gunakan untuk membuat teks MC pelantikan BEM.

Assalamualaikum Wr Wb.

Salam sejahtera bagi kita semua,

Yang terhormat Pembantu Rektor I Universitas Perjuangan Bandung, Ibu Dr. Lestari Cahayaningtyas, S.T., M.T., M.Eng.

Yang terhormat Dekan Fakultas Teknik Universitas Universitas Perjuangan Bandung, Bapak Dr. H. Revi Panggabean, S.T., M.Eng.

Yang terhormat, ketua lembaga Yudikatif, Eksekutif, dan Legislatif mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Universitas Perjuangan Bandung.

Serta segenap hadirin yang berbahagia.

Marilah kita  panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala karunia-Nya sehingga kita boleh berkumpul di tempat ini dalam rangka Pelantikan Pengurus Lembaga Eksekutif dan Legislatif mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Universitas Perjuangan Bandung.

Shalawat dan salam marilah kita haturkan kepada junjungan kita Nabi Agung Muhammad SAW karena telah  menyelamatkan kita dari kegelapan. Amin ya Robbal Alamin.

Hadirin yang saya hormati, pertama-tama perkenalkan saya Agung Pamungkas dan rekan saya Ayu Maharani, kami berdua sebagai pembawa acara yang akan memandu jalannya acara pada pagi hari ini.

Susunan acara pada kegiatan Pelantikan Pengurus Lembaga Eksekutif dan Legislatif mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Universitas Perjuangan Bandung yang akan dilaksanakan pada pagi hari ini adalah sebagai berikut.

  1. Pembukaan.
  2. Doa.
  3. Menyanyikan lagu Indonesia Raya.
  4. Sambutan-sambutan
  5. Pelantikan pengurus Lembaga Eksekutif dan Legislatif mahasiswa Universitas Perjuangan Bandung oleh Rektor atau yang mewakili.
  6. Penutup

Contoh Teks MC Pernikahan

Contoh Teks MC Pernikahan

Pernikahan merupakan suatu hal yang sakral, yang dinanti-nantikan oleh pasangan kekasih. Bukan suatu hal yang main-main, bahkan bisa dibilang sekali seumur hidup. Oleh karena itu sebuah pernikahan pastilah dipersiapkan segala sesuatunya dengan baik, begitupun teks MC yang akan dibacakan oleh sang pembawa acara. Berikut merupakan contoh referensi teks MC pernihakan singkat dan jelas.

Assalamu’alaikum wr wb. Salam sejahtera bagi kita semua, selamat datang di acara resepsi pernikahan pasangan yang berbahagia Muhammad Ali Budiyono dan Aisyah Ayu Sridevi.

Kepada yang terhormat Bapak Ali.

Bapak Ibu hadirin dan hadirat para undangan yang kami hormati. Khususnya kedua mempelai yang kini hatinya sedang berbunga-bunga karena berbahagia Mas Ali dan Mbak Ayu.

Pertama-tama marilah kita bersyukur kepada Allah SWT atas  rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua, sehingga pada saat ini, kita dalam keadaan sehat walafiat sehingga bisa menghadiri undangan  Bapak Agus dalam acara resepsi pernikahan putranya bernama Muhammad Ali Budiyono dengan pasangan yang dicintainya bernama Aisyah Ayu Sridewi.

Seperti telah kita saksikan bersama bahwa kedua mempelai sedang bersanding di hadapan kita bagikan raja dan ratu. Semoga kiranya akad nikah yang kedua mempelai ikrarkan tadi mendapatkan berkah dari Allah SWT dan para nabi. Sehingga sepasang suami lstri ini nantinya dapat membina dan menciptakan rumah tangga yang sakinah, mawaddah, dan wa rahmah, senantiasa bersama-sama dalam suka dan duka hingga maut saja yang memisahkan.

Perlu kami sampaikan susunan acara pada resepsi pernikahan ini yaitu.

  1. Pembukaan
  2. Penyerahan dari keluarga mempelai Putra
  3. Penerimaan dari keluarga mempelai Putri
  4. Makan dan ramah-tamah
  5. Foto bersama keluarga dan kerabat dekat
  6. Penutup

Contoh Teks MC Peringatan Hari Nasional

Contoh Teks MC Peringatan Hari Nasional

Assalaamu ‘alaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera dan selamat petang.

Marilah kita mengucapkan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, karena telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya kepada kita sehingga kita dapat bersama-sama berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat walafiat.

Yang terhormat Bapak Ali, selaku ketua RT 006.

Dan semua warga RT 006 yang saya cintai.

Pertama-tama kami mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh warga RT 006, yang  telah menyempatkan diri hadir dalam acara tasyakuran peringatan HUT KEMERDEKAAN RI.

Hadirin yang kami muliakan, sebelum memulai acara berikutnya, saya akan  bacakan susunan acara petang hari ini, sebagai berikut:

  1. Pembukaan
  2. Menyanyikan lagu INDONESIA RAYA dan Indonesia Pusaka
  3. Mengheningkan cipta
  4. Sambutan Bapak Ketua Panitia
  5. Sambutan Bapak Ketua RT
  6. Pembacaan doa
  7. Potong tumpeng oleh Bapak RT 006
  8. Acara hiburan dan pembagian hadiah
  9. Penutup

Contoh Teks MC Acara Workshop

Contoh Teks MC Acara Workshop

Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat Pagi dan salam sejahtera bagi kita semua.

Dengan mengucapkan syukur alhamdulillah, marilah kita bersama-sama  memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan nikmat-Nya sehingga pada kesempatan kali ini kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat, dan dapat menghadiri acara Workshop dan pelatihan Ms. Office di Kecamatan Gajah Mungkur.

Yang terhormat Bapak Budiyono Pamungkas selaku Camat Gajah Mungkur.

Yang terhormat Bapak Ali Sudibyo selaku Lurah Gajah Mungkur.

Yang terhormat Bapak Tomi Alif selaku Pengisi workshop beserta tim.

Yang saya banggakan seluruh peserta workshop dan pelatihan Ms. Office.

Selanjutnya perkenalkan nama saya Ayu Mahadewi Lestari selaku pembawa acara yang akan mengatur jalannya acara pada kesempatan kali ini.

Kemudian sebelum memulai acara saya akan menyampaikan terlebih dahulu susunan acara mulai dari awal hingga akhir. Adapun susunan acaranya adalah sebagai berikut.

  1. Pembukaan
  2. Sambutan Ketua Panitia.
  3. Sambutan Bapak Lurah.
  4. Sambutan Bapak Camat sekaligus pembukaan secara resmi acara Workshop dan pelatihan Ms.Office di Kecamatan Gajah Mungkur.
  5. Acara Workshop dan pelatihan
  6. Penutupan.

Contoh Teks MC Pelepasan Wisuda SMK

Contoh Teks MC Pelepasan Wisuda SMK

Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua.

Yang terhormat Kepala Bapak Sekolah SMK Harapan, Bapak Lucky Wijaya, S.Pd.

Yang terhormat seluruh Guru SMK Harapan.

Yang terhormat bapak-bapak, ibu-ibu, dan saudara saudari dan para tamu undangan.

Serta teman-teman sekalian yang saya banggakan.

Pertama-tama marilah kita menghaturkan  puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan rahmat-Nya sehingga pada kesempatan ini kita dapat berkumpul dalam rangka pelepasan wisuda SMK Harapan.

Hadirin yang saya hormati, sebelum menginjak ke acara berikutnya, saya akan membacakan susunan acara, adapun susunan acaranya adalah sebagai berikut.

  1. Pembukaan
  2. Sambutan Kepala Sekolah
  3. Sambutan Ketua Panitia
  4. Sambutan Perwakilan Bapak/Ibu wali siswa
  5. Prosesi wisuda
  6. Acara foto-foto bersama wisudawan dan keluarga
  7. Penutup

Contoh Teks MC Acara Non Formal

Contoh Teks MC Acara Non Formal

Berbeda dengan MC acara formal yang tidak memerlukan improvisasi atau berkomunikasi secara dua arah dengan audience, MC acara non formal justru mewajibkannya.

Hal ini disebabkan karena acara non formal biasanya memang berisi acara yang sifatnya menghibur seperti konser musik, ekstrakulikuler exhibition dan lain-lain. Tanpa perlu basa-basi lagi berikut referensi berbagai teks MC pada acara non formal.

Contoh Teks MC Ulang Tahun

Contoh Teks MC Ulang Tahun

Ulang tahun merupakan acara peringatan bertambahnya usia seseorang. Acara jenis satu ini biasanya diadakan secara non formal atau semi formal. Oleh karena itu MC-nya pun harus menyesuaikan, biasanya MC dituntut untuk bisa membawa suasana ke arah santai dengan candaan agar tidak membosankan.

Imrovisasi sangat dibutuhkan, bagi anda yang baru pertama kali ada baiknya banyak belajar dari orang-orang yang sudah berpengalaman. Berikut sedikit referensi teks MC ulang tahun non formal bagi pemula.

Halo semuanya..

Assallamualaikum wr wb.

Selamat datang di acara sweet seventeen teman kita Dewi Anggraini. Terimakasih buat kehadiran temen-temen semua ya, oiya buat teman-teman semua bisa langsung saja menikmati snack dan minuman yang telah disediakan ya mungkin di perjalanan jauh capek panas kan, itu ada es bisa langsung diminum, tenang gratis kok hehe..

Oiya kita belum kenalan nih, kenalan yuk siapa tau sayang dan bisa jadi pacar eaa..

Oke nama saya Bonifasius Erik dan patner saya yang cantik ini siapa kak kenalan dong..

Ya nama saya Cornelia Ayu, nah kita berdua akan memandu acara sweet seventeen-nya kak Dewi.

Selanjutnya akan kami bacakan susunan acaranya terlebih dahulu ya.

  1. Pembukaan dan Doa
  2. Sepatah dua patah kata dari Ayahanda Dewi, Bapak Joko
  3. Sapaan dari Dewi
  4. Games
  5. Potong kue dan tiup lilin
  6. Games
  7. Hiburan dan makan siang
  8. Games dan doorprize
  9. Foto bersama
  10. Penutup

Oke langsung saja ke acara yang pertama yaitu Doa yang akan dipimpin oleh Andreas.

Kepada Andreas, kami persilahkan. (Begitu seterusnya berjalan mengalir sesuai roundown yang telah disepakati bersama).

Contoh Teks MC Ekstrakulikuler Exhibition

Contoh Teks MC Ekstrakulikuler Exhibition

Berbeda dengan acara ulang tahun, acara ekstrakulikuler exhibition merupakan acara ekspo dalam rangka pengenalan kegiatan ekstrakulikuler kepada siswa baru yang dilakukan oleh sekolah, biasanya dikoordinasikan oleh OSIS. Dalam acara ini sudah dijamin non formal atau semi formal.

Biasanya berlangsung lebih dari 4 jam maka MC dituntut membawa acara agar tidak membosankan. Biasanya MC hanya membawa point-point penting saja, sisanya improvisasi. Bagi yang belum terbiasa, berikut sedikit contohnya ya.

Assallamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Salam sejahtera bagi kita semua.

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah SMA Budi Sentosa, Bapak Ilham Winarso.

Yang terhormat Ibu dan Bapak Guru SMA Budi Sentosa.

Yang terhormat seluruh staff dan pegawai SMA Budi Sentosa.

Dan yang saya cintai teman-teman SMA Budi Sentosa.

Pertama-tama marilah kita panjatkan Puji Syukur kehadirat Allah SWT atas nikmat-Nya kita dapat berkumpul di Lapangan SMA Budi Sentosa dalam rangka acara ekstrakulikuler exhibition ini.

Oiya sebelumnya sudah pasti kenal dong sama kami berdua kakak-kakak kalian yang ganteng dan cantik ini, iya kan?

Siapa yang belum kenal hayo ngaku? Mau kenalan ndak? Kenalan dong siapa tau jodoh eeeh.. Iya nih kakak yang ganteng ini lagi jomblo hlo.. Yok adek-adek yang pengen kenalan bisa banget Tanya akun sosmednya nih. Nah langsung aja kenalan ya, namaku Putri, anak XI IPA 5 dan temenku yang jomblo ganteng itu siapa mas kenalan dong.

Oke namaku Edo anak XI IPA 3. Kami berdua disini akan memandu acara ekstrakulikuler exhibition kali ini ya, jadi jangan bosen-bosen sama kami hehe.

Nah Diawal pembukaan ini ada sambutan dulu nih dari Ketua Panitia, Kak Sofi. Kepada Kak Sofi kami persilahkan.

Tepuk tangannya dong buat Kak Sofi. Nah selanjutnya sambutan dari Bapak Ilham sekaligus akan dibukanya acara pada sore hari ini. Kepada Bapak Ilham kami persilahkan.

Yee setelah resmi dibuka maka sekarang yang pertama mau lihat penampilan siapa dulu nih temen-temen? Apa dance? Band? Voly? Renang? Duh gimana tuh emang bisa renang dilapangan kak? Hehe Ya langsung saja penampilan yang pertama ada Band. Oke para pemain kemari, bisa kenalan dan promosi dulu nih sama adek-adek kita. (begitu seterusnya hingga semua penampilan ekstrakulikuler selesai).

Ya tak disangka-sangka ya waktu cepat berlalu dan semua ektrakulikuler sudah menampilkan bakat-bakat mereka. Nah sekarang tinggal adek-adek semua passion atau suka yang mana langsung join di hari latian aja ya.. Selamat memilih dan jadilah pemuda produktif yang kreatif.

Contoh Teks MC Dies Natalis Jurusan Teknik Kimia

Contoh Teks MC Dies Natalis Jurusan Teknik Kimia

Dies Natalis merupakan nama lain dari acara ulang tahun, biasanya digunakan oleh mahasiswa-mahasiwa. Meskipun santai acara ini pastinya dihadiri oleh pejabat-pejabat tinggi kampus seperti rector, dekan, dosen, maupun pihak yang berkepentingan lain. Oleh karena itu meski santai sang MC tetap harus menjaga sopan santun perkataan dan sikap. Berikut sedikit referensi yang bisan anda gunakan sebagai MC dies natalis jurusan.

Assallamualaikum Wr Wb.

Selamat malam salam teknik kimia!

Yang terhormat Bapak Kepala Jurusan Teknik Kimia Universitas Candi, Bapak Dr. Bayu Irianto, ST. MT. MM.

Yang terhormat seluruh dosen, staff, dan pegawai Jurusan Teknik Kimia Universitas Candi.

Dan yang saya cintai teman-teman Jurusan Teknik Kimia Universitas Candi.

Pertama-tama marilah kita panjatkan Puji Syukur kehadirat Allah SWT atas nikmat-Nya kita dapat berkumpul di aula fakultas teknik ini dalam rangka dies natalis jurusan kita tercinta yaitu teknik kimia yang ke 35 tahun. Sebelumnya kenalan dulu ya saya Intan dan teman saya Eko. Kami akan memandu jalannya acara kali ini.

Selanjutnya ijinkan kami membacakan susunan acara pada malam hari ini.

  1. Pembukaan
  2. Sambutan-sambutan
  3. Penampilan antar angkatan
  4. Games
  5. Pembagian hadiah
  6. Games dan makan malam
  7. Penampilan antar angkatan
  8. Penampilan Gues star
  9. Penutup

Selanjutnya ada sambutan dulu nih dari Ketua Panitia, Kak Digo. Kepada Kak Digo kami persilahkan.

Selanjutnya sambutan dari Bapak Bayu sekaligus akan dibukanya acara pada malam hari ini. Kepada Bapak Bayu kami persilahkan.

(Mulai agak santai dan tidak berpacu pada teks MC namun tetap sesuai roundown)

Yee setelah resmi dibuka maka sekarang yang pertama mau lihat penampilan siapa dulu nih temen-temen? Angkatan berapa enaknya? 2014? 2013? Atau Maba nih? Buat pembukaan yang tua dulu lah yaa.. Ya angkatan 2011 yang mewakili bisa maju kedepan.

Nah sambil menunggu kakak-kakak kita persiapan, ngobrol-ngobrol dulu kali ya kak. Jurusan kita kan udah berusia 35 tahun, kira-kira apasih harpannya buat jurusan kita tercinta ini?

(Begitu seterusnya hingga semua acara berjalan sesuai rencana).

Contoh teks MC Konser Musik

Contoh teks MC Konser Musik

Konser musik sebuah acara dimana MC tidak perlu banyak bicara, terlebih bagi konser musik khusus sebuah astis atau grup band. Pasalnya dalam acara ini MC hanya membuka acara dan keberlangsungan acara kemudian akan diambil alih oleh sang artis atau penyanyi sendiri. Nah berikut referensi teks MC konser musik band.

Assallamualaikum Wr Wb.

Salam sejahtera bagi kita semua.

Pertama-tama marilah kita panjatkan Puji dan Syukur kehadirat Tuhan YME karena berkat rahmatnya acara konser musik ini dapat terselenggara.

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada para sponsor dan donator yang berperan serta dalam acara ini, dan tentunya kepada para penonton semua.

Langsung saja kita sambut band favourite kita Sheila on Seven. Tepuk tangan yang meriah.

Contoh Teks MC Lomba 17-an

Contoh Teks MC Lomba 17-an

Lomba 17-an merupakan kegiatan tahunan yang digunakan untuk memeriahkan Kemerdekaan Indonesia. Biasanya dilakukan disekolah-sekolah, kampus, hingga di kampong-kampung. Meskpun terkesan sederhana dan singkat, kegiatan lomba ini pun memerlukan MC ya lebih tepatnya pemandu acara agar lomba berjalan dengan lancar. Berikut referensi teks MC untuk lomba 17 di kampung.

Yaa adek-adek semua yuk baris-baris yang rapi ya. Sebelum ikut lomba ayo mendaftar dulu sama kakak baju merah yang di ujung sana itu ya. Yok yok daftar dulu mau ikut lomba apa.

Nah yang sudah mendaftar tunggu dulu ya duduk di sini saja sambil minum dan melihat teman-teman yang lain lomba. Nanti dipanggil satu-satu ya buat lombanya.

Ya ayo yang pertama lomba memasukkan pensil ke dalam botol. Yang dipanggil nanti maju ke depan ya dek.. Ada Aji, Dion, Dito, Angga, Ian, dan Eka. Yuk maju sini diikat dulu pensilnya dipinggang ya..

Nanti caranya adek-adek lari ke sana yang ada botol gelas itu, masukkan pensil ke dalam botol itu ya, aturannya setelah pensil masuk jangan di angkat dulu, biar dinilai dulu ya. Dan ini tidak boleh memakai tangan ya adek-adek.

Oke sudah paham?

Siap? Lari dalam hitungan ketiga ya.. Oke satu.. dua.. tiga..

Acara satu ini memang sangat santai sehingga tidak diperlukan cara formal sama sekali. Oleh karena itu tugas paling penting seorang MC di sini adalah sebagai control bahwa acara berjalan dengan lancar dan tidak kurang suatu apapun.

Segala sesuatu tidak ada yang sulit jika anda mau belajar, begitu pula menjadi seorang MC perlu latihan berulang-ulang kali, sekali duakali mungkin grogi namun lama-kelamaan pasti akan anda kuasai. Semoga beberapa contoh teks MC di atas dapat bermanfaat bagi anda. Jangan pernah menyerah teruslah berlatih! Salam MC handal.

Contoh Teks MC (Berbagai acara)

Leave a Reply