contoh teks ulasan

17 Contoh Teks Ulasan : Tujuan, Struktur Terlengkap Berbagai Tema

Contoh Teks Ulasan – Teks ulasan atau yang juga biasa disebut sebagai resensi ini dibuat untuk memberikan penilaian terhadap karya seseorang, baik itu dalam bentuk buku, film, musik, ataupun karya lainnya. Dalam membuat teks ulasan, seseorang harus bersikap kritis dan objektif sama seperti contoh teks ulasan yang akan Kami paparkan di pembahasan kali ini.

Tujuan dan Struktur Teks Ulasan

Tujuan dan Struktur Teks Ulasan

Teks ulasan sengaja dibuat untuk mengkritisi ataupun memberikan apresiasi kepada karya seseorang. Tapi dibalik itu, masih ada tujuan lain dari pembuatan teks ulasan itu sendiri. Sebagai contoh saja dalam menyampaikan sudut pandang atau penilaian individu terhadap suatu karya, sehingga dapat membantu pembaca dalam mempertimbangkan karya tersebut layak atau tidak untuk dibaca/ dilihat.

Selain itu, teks ulasan juga dibuat untuk tujuan menginformasikan sesuatu terkait suatu karya terhadap publik. Serta memaparkan opini pribadi tentang kelebihan dan juga kekurangannya.

Untuk struktur yang digunakan dalam teks ulasan sendiri ada 4. Yakni orientasi yang biasanya berisikan tentang pengenalan terhadap karya yang akan diulas, tafsiran yang akan membahas tentang kualitas dan keunikan karya terkait, evaluasi yang berisikan tentang pandangan pengulas, dan juga rangkuman/ kesimpulan.

Contoh Teks Ulasan Buku

Contoh Teks Ulasan Buku

Untuk contoh dari teks ulasan buku, Kami akan mengulas tentang novel garapan Boy Chandra yang berjudul Surat Kecil Untuk Ayah, lengkap dengan struktur teks ulasannya. Berikut ini adalah detailnya.

1. Orientasi

Menjadi salah satu novel terlaris, Surat Kecil Untuk Ayah karya Boy Chandra ini menyajikan kisah tentang para ayah yang ingin selalu ada untuk keluarganya dan bekerja keras membanting tulang seolah tak ada batasnya. Tapi tetap saja, seorang ayah tetaplah manusia biasa. Dalam novel ini, penulis menggunakan sudut pandang orang pertama, yaitu Aku.

2. Tafsiran

Pada bab pertama, Boy Chandra menggambarkan tentang seorang lelaki yang sangat dekat dengan dirinya. Lelaki itu selalu memberikan kasih tak terkira dan selalu berusaha untuk menghadirkan senyuman dalam keluarganya. Gambaran lelaki yang diberikan oleh Boy adalah Ayah.

Ayah dalam karangan novel tersebut digambarkan tidak pernah lelah untuk membahagiakan dan membuat membuat anaknya selalu merasa nyaman. Namun, ia tidak mengenal siapa sebenarnya sosok sang ayah.

Cerita ini diakhiri dengan kejadian saat dirinya mendapatkan undangan dari saudara tirinya yang memintanya untuk datang ke Jakarta dan menghadiri sebuah pemakaman. Tak disadari, matanya menitikkan air mata yang sudah tak kuasa Ia bendung lagi. Genggaman bunga yang ada di tangannya jatuh bersamaan dengan air matanya.

3. Evaluasi

Kelebihan yang diberikan oleh novel ini adalah penggunaan bahasa yang mampu membuat pembacanya ikut merasakan kisah yang diceritakan. Novel ini juga menggambarkan perjuangan anak dan ibu dalam secara nyata. Hanya saja, masih ada salah tulis dan gaya penulisan yang sulit dimengerti dalam novel ini.

4. Rangkuman

Meskipun memiliki beberapa kekurangan, novel ini cukup mumpuni untuk mengisi waktu senggang Anda. Novel ini banyak memberikan pengajaran positif bahwa seorang anak sudah seharusnya bisa menghargai segala kerja keras dan ketegaran dari ayahnya.

Contoh Teks Ulasan Dilan 1990

Contoh Teks Ulasan Dilan 1990

Film Dilan 1990 adalah adaptasi dari novel karangan Pidi Baiq yang beberapa waktu lalu sempat menggemparkan Indonesia akibat ceritanya yang manis dan relateable terhadap kehidupan remaja SMA.

1. Orientasi

Dilan 1990 ialah sebuah film garapan Fajar Bustomi yang diangkat dari buku buatan Pidi Baiq. Film ini ditayangkan secara serentak di seluruh Indonesia pada akhir Januari 2018 lalu.

2. Tafsiran

Cerita dalam film ini bermula ketika Milea, seorang anak pindahan dari Jakarta, bertemu dengan Dilan. Memiliki rasa ketertarikan lebih pada Milea, Dilan kemudian mulai melakukan pendekatan pada Milea.

Pendekatan yang dilakukan oleh Dilan pun semakin intens setiap harinya, hingga kemudian muncul konflik akibat kesalahpahamannya terhadap Milea yang dikiranya berpacaran dengan Nandan, teman sekelas Dilan.

Berhasil menyelesaikan kesalahpahamannya dengan Milea, akhirnya mereka pun meresmikan hubungannya dan menjalani masa-masa SMA dengan indah.

3. Evaluasi

Novel ini benar-benar mampu membuat penikmatnya terbawa dalam cerita. Menggunakan kisah manis yang seakan membangkitkan nostalgia masa-masa SMA di tahun 1990-an. Namun, film ini tidak menampilkan cerita secara menyeluruh. Jadi akhir dari cerita ini pun dirasa nanggung, tapi tetap membuat penontonnya merasa penasaran.

4. Rangkuman

Dibawakan dengan cara yang unik dan ringan, film ini akan sangat cocok untuk dinikmati bersama dengan keluarga. Benar-benar menggambarkan kisah anak SMA tahun 1990-an yang sangat identik dengan kisah yang manis.

Contoh Teks Ulasan Cerpen

Contoh Teks Ulasan Cerpen

Contoh dari teks ulasan berikutnya ialah ulasan mengenai cerita pendek berjudul Ketika Sebuah Persahabatan Dipertaruhkan.

1. Orientasi

Cerita pendek dengan judul Ketika Sebuah Persahabatan Dipertaruhkan ditulis oleh seorang penulis bernama Arief Setiawan. Cerita pendek ini mengisahkan tentang cerita remaja yang sedang dirundung sebuah masalah rumit ini dikemas dalam 3 lembar kertas.

2. Tafsiran

Dimulai dengan kemuncuan dua tokoh murid SMP yang dikenal sebagai Adit dan Dewi. Pertemuan keduanya diawali ketika Adit berhasil diselamatkan oleh Dewi saat dipalak oleh salah satu teman sekelasnya. Hingga pada akhirnya, mereka berdua berteman baik dan akrab bertukar cerita satu sama lain.

Menunjukkan sikap yang baik dan ramah, Adit mulai menaruh perasaannya pada Dewi. Sayangnya, keduanya harus terpisah karena bersekolah di sekolah yang berbeda. Baru kemudian saat SMA, adit yang sudah memiliki pacar, putus dan berpacaran dengan Dewi.

Hubungan keduanya mulai retak tatkala mantan pacar Adit memintanya untuk berpacaran kembali. Dan keputusan Adit adalah menerimanya. Adit pun diketahui meninggalkan Dewi tanpa memberikan penjelasan apapun kepadanya.

3. Evaluasi

Cerpen ini disajikan dengan menarik dengan penggambaran isi cerita yang begitu dalam sehingga mampu membuat siapapun yang membacanya merasakan berbagai perasaan yang dirasakan oleh si pemeran utama.

Sayangnya, cerpen ini kurang dalam memberikan pendidikan moral pada anak dibawah usia remaja. Yang menyebabkan cerita ini tidak bisa dinikmati oleh berbagai kalangan usia.

4. Rangkuman

Cerpen ini mampu menunjukkan gambaran secara nyata mengenai persahabatan para tokoh yang didasari oleh rasa sayang tanpa mendiskriminasi gender. Hanya saja, cerpen ini kurang cocok untuk dibaca oleh anak di bawah usia remaja.

Contoh Teks Ulasan Puisi

Contoh Teks Ulasan Puisi

Mengulas teks puisi bukanlah hal yang terlalu sulit jika dilakukan sesuai dengan kaidahnya. Seperti contoh ulasan puisi berikut ini:

1. Orientasi

Puisi yang diberi judul Ayah dibuat oleh Cahaya Mahardika. Puisi yang berhasil diterbitkan di salah satu majalah khusus untuk anak-anak ini diterbitkan pada tahun 2009. Isi dari puisi ini sendiri adalah tentang kisah perjuangan yang dilakukan oleh seorang Ayah, yang mana perjuangannya tersebut dilakukan untuk keluarganya tercinta. Juga menggambarkan tentang kasih dari anak kepada ayahnya.

2. Tafsiran

Pada bait awal, digambarkan bagaimana beratnya perjuangan dari seorang ayah yang ingin mewujudkan kebahagiaan keluarganya. Sang Ayah harus bekerja dengan keras untuk bisa mengantongi rupiah dan menghidupi keluarga kecilnya.

Dibait berikutnya, digambarkan suasana haru tentang rasa sayang seorang anak terhadap ayahnya yang sangat besar. Sang ayah yang dianggap sebagai cinta pertama dari anak perempuannya, jelas memberikan pengaruh penting bagi kehidupannya.

3. Evaluasi

Puisi ini disajikan dengan bahasa yang mudah dipahami tapi tetap indah untuk dibaca dan dirasakan. Dan lagi, puisi ini sangat erat dengan kenyataan yang ada di dunia nyata. Hanya saja, puisi ini terbentur dengan kendala perihal kaidah penulisan puisi. Yang mana penulis hanya menuliskan 2 baris dengan beberapa kata saja pada bait-baitnya.

4. Rangkuman

Meskipun terbentur kaidah penulisan puisi, puisi ini tetap layak untuk diterbitkan dan dinikmati. Karena mengambil tema besar tentang keluarga, puisi ini mengandung banyak pesan moral yang berisikan peringatan. Salah satunya adalah untuk menghargai setiap jerih payah yang dilakukan oleh sorang ayah.

Contoh Teks Ulasan Singkat Film Perahu Kertas

Contoh Teks Ulasan Singkat Film Perahu Kertas

Perahu kertas menjadi salah satu film remaja yang banyak digandrungi oleh masyarakat. Tapi mengapa film ini menjadi begitu menarik? Jawabannya ada di dalam teks ulasan berikut ini.

1. Orientasi

Diangkat dari novel berjudul sama karya Dewi Lestari, Perahu Kertas menceritakan tentang keteguhan hati dan rasa kasih yang terhalang oleh suatu hal. Film yang diperankan oleh Maudy Ayundan dan Adipati Dolken ini berfokus pada kisah cinta para remaja yang sedang kasmaran.

2. Tafsiran

Film ini bercerita tentang naik turunnya hubungan Kugy dan Keenan. Kisah cinta keduanya tidak berjalan mulus setelah hadirnya dua sosok lain dalam cerita ini yakni Ojos yang memiliki hubungan dengan Kugy dan juga Wanda yang diduga sedang dekat dengan Keenan.

Keduanya memang saling menyukai satu sama lain, tapi mereka tidak bisa mengungkapkan perasaannya yang sebenarnya.

Kugy digambarkan sebagai sosok perempuan tomboy yang gemar menuliskan curhatannya pada selembar kertas. Kertas itu nantinya akan Ia bentuk menjadi sebuah perahu untuk kemudian dihanyutkan. Sedangkan Keenan digambarka sebagai sosok pelukis berbakat yang dipaksa berkuliah di fakultas ekonomi oleh orang tuanya.

Meski sempat terpisah, Kugy dan Keenan dipertemukan lagi pada sebuah acara pesta pernikahan dari Noni dan Eko secara tidak sengaja. Hubungan yang dimiliki keduanya pun akhirnya kembali dekat. Sayangnya, dalam hubungan tersebut muncul sebuah penghalang, yaitu Remy dan Luhde.

3. Evaluasi

Karakter yang digambarkan dengan apik menjadi salah satu kelebihan dari film ini. Selain itu, ada banyak pesan moral yang berhasil dimasukkan dalam cerita tanpa merusak alurnya sendiri. Penjiwaan para tokoh pun sangat maksimal sehingga konflik yang ada di dalam cerita bisa disampaikan dengan baik.

Film ini terlalu banyak mengorek kehidupan pribadi dari karakter utamanya, sehingga akan memecah perhatian dari para penonton. Akhir cerita yang nanggung dan menggantung pun menjadi salah satu kekurangan dari film ini.

4. Rangkuman

Film ini sangatlah cocok untuk ditonton oleh kalangan anak usia remaja. Pemilihan karakter yang pas dibarengi dengan konflik yang relevan menjadi salah satu alasan terkuat mengapa para remaja harus menonton kisah Kugy dan Keenan ini.

Contoh Teks Ulasan Buku Fiksi Menemuimu Dalam Doa

Contoh Teks Ulasan Buku Fiksi Menemuimu Dalam Doa

Buku fiksi buatan Hamida Surya ini masuk ke dalam jajaran novel yang harus dibaca. Mengapa demikian? Lebih lengkapnya akan Kami sajikan dalam teks ulasan berikut ini.

1. Orientasi

Novel ini bercerita tentang seorang wanita bernama Indah yang ingin melupakan kekasihnya. Berbagai cara sudah Iakukan termasuj juga untuk menyibukkan diri dan mencoba untuk membukakan hatinya kepada pria lain. Namun hasilnya masih saja nihil.

2. Tafsiran

Indah digambarkan sebagai seorang gadis cantik berusia 19 tahun yang berasal dari keluarga tercukupi. Kehidupannya pun normal sama seperti wanita sesusianya pada umumnya.

Tetapi, setelah bertemu dengan galih yang nantinya akan menjadi kekasihnya, kehidupannya menjadi berubah. Perkenalan singkat melalui dunia maya membukakan jalan bagi Indah untuk memulai kisah manisnya. Apalagi Galih sendiri diketahui sebagai sepupu dari sahabat Indah.

Setelah melalui pendekatan yang cukup panjang, Indah dan Galih akhirnya resmi berpacaran. Sayangnya, hubungan itu kandas saat baru menginjak usia satu tahun. Keduanya pun mulai menyibukkan diri agar bisa melupakan satu sama lain.

Setelah 4 tahun lamanya tidak bertemu, mereka kemudian saling bertegur sapa di media sosial, sama seperti apa yang mereka lakukan dulu. Indah dan Galih pun kembali menjalin hubungan kasihnya. Lagi-lagi kisah cinta keduanya berakhir setelah dua tahun pacaran. Hingga kini pun, Indah masih menyimpan rasa terhadap Galih dan selalu menyebutnya di dalam doanya.

3. Evaluasi

Novel ini menggambarkan tentang kehidupan remaja saat ini yang sedang dimabuk asmara. Menggunakan bahasa yang sederhana sehingga mudah untuk dipahami. Sayangnya, cover buku ini kurang berwarna sehingga terkesan mati dan tidak merepresentasikan isinya yang begitu mengena di hati.

4. Rangkuman

Novel ini menghadirkan konflik secara nyata dengan penggambaran yang epik sehingga mampu membuat siapapun yang membacanya merasa terkait sebagai tokoh utama. Kenyataan bahwa terkadang hati dan pikiran tidak sejalan juga menjadi salah satu konflik berat dalam kisah ini.

Contoh Teks Ulasan Buku Habibie Dan Ainun

Contoh Teks Ulasan Buku Habibie Dan Ainun

Siapa yang tidak kenal dengan sosok legendaris seperti BJ Habibie? Salah satu toko besar dunia yang pernah mencatatkan dirinya menjadi presiden Indonesia yang ketiga. Berikut ini adalah ulasan tentang buku biografinya bersama sang istri tercinta, Hasri Ainun.

1. Orientasi

Novel yang secara langsung ditulis oleh BJ Habibie ini diberi judul Habibie dan Ainun. Buku berisikan 321 halaman ini bercerita tentang kisah kasih Pak Habibie bersama dengan Ibu Ainun sejak awal pertemuannya hingga maut yang memisahkan mereka.

2. Tafsiran

Bermula ketika Habibie bertemu kembali dengan Ainun kala malam lebaran di rumahnya. Waktu itu, masa cuti yang dimiliki oleh Habibie hanya 3 bulan lamanya dan kemudian berniat untuk kembali ke jerman bersama Habibie.

Bu Ainun sangatlah mendukung pekerjaan yang dilakukan oleh Pak Habibie dan tidak pernah mengeluh perihal pekerjaan tersebut. Bahkan selalu mendampinginya kala Habibie terkena penyakit TBC.

Habibie juga dikenal selalu melibatkan Ainun dalam setiap keputusan yang dibuatnya. Berkat dari keharmonisan tersebut, habibie berhasil mendapat banyak prestasi yang mengagumkan di Jerman. Kisah mereka kemudian berakhir dengan meninggalnya Ainun setelah berjuang melawan kanker selama bertahun-tahun lamanya.

3. Evaluasi

Bahasa yang digunakan dalam buku ini mampu menghayutkan perasaan orang-orang yang membacanya. Tidak heran jika kemudian buku ini menjadi favorit banyak orang. Buku ini sendiri diklaim sebagai perantara untuk menutupi kekosongan hati yang dialami oleh pak Habibie.

4. Rangkuman

Novel ini sangatlah dibutuhkan oleh pasangan yang sedang memerlukan semangat juga motivasi dalam membangun keluarga kecilnya yang harmonis dan saling mendukung satu sama lainnya.

Contoh Teks Ulasan Cerpen Nasihat Untuk Anakku

Contoh Teks Ulasan Cerpen Nasihat Untuk Anakku

Menjadi salah satu karya dari penulis kebesaran bernama Motinggo Busye, cerita pendek ini pernah mendapatkan penghargaan dari majalah sastra.

1. Orientasi

Motinggo Busye membuat cerpen ini dengan garis cerita yang berkisah mengenai adanya perubahan dalam keadaan di dunia ini, mulai dari perjuangan hidup, sampai nasihat yang diberikan dari ayah untuk anaknya.

2. Tafsiran

Diawal paragraf digambarkan kondisi Indonesia yang sudah banyak berubah. Bagaimana sulitnya memenuhi kebutuhan sehari-hari pun digambarkan secara sederhana sebagai bentuk pengenalan cerita.

Dilanjutkan dengan perayaan ulang tahun untuk sang ayah pada paragraf keempat. Untuk merayakannya, sang ayah mengajak teman-temannya pergi ke warung kopi.

Ditengah cerita, sang ayah mendapatkan kabar bahwa ada salah satu temannya yang bunuh diri dengan menggunakan silet yang digunakan untuk memotong nadinya. di paragraf terakhirnya, penulis juga memberikan amanat penting bagi pembacanya, yaitu untuk tidak takut dalam membela kebenaran meskipun kadang harus dikalahkan oleh kenyataan.

3. Evaluasi

Buku ini menggunakan bahasa yang sulit untuk dimengerti, namun juga dapat menjadi motivasi besar yang menjadi panutan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Cerpen ini juga diselipi dengan informasi tentang bagaimana sulitnya hidup dalam kondisi ekonomi yang minim dan terbatas.

4. Rangkuman

Cerpen ini benar-benar layak dan dibutuhkan oleh remaja di Indonesia. Hal tersebut disebabkan karena ada banyak sekali nasihat yang bisa membangun pribadi untuk lebih baik lagi.

Contoh Teks Ulasan Novel Hujan

Contoh Teks Ulasan Novel Hujan

Hujan menjadi salah satu karya besar dari penulis terkenal Tere Liye. Karya ini banyak diminati, selain karena ditulis oleh penulis berbakat, juga karena membawakan cerita yang begitu mengena di hati pembacanya.

1. Orientasi

Menceritakan tentang kemauan dari Lail, tokoh utama dalam cerita ini. Lail ingin menghapus semua ingatannya tentang seseorang yang penting dari hidupnya dengan meminta bantuan dari Elijah. Ia kemudian berusaha untuk mengingat alasannya harus menghapus ingatan tersebut dan menyampaikannya pada Elijah.

2. Tafsiran

Lail digambarkan sebagai gadis berusia 13 tahun yang menjadi yatim piatu terhitung semenjak terjadinya bencana besar di daerah tempat tinggalnya. Ketika bencana tersebut sedang berlangsung, Ia berhasil diselamatkan oleh pemuda bernama Esok.

Keduanya terlibat dalam masalah hati dan cinta yang rumit. Namun keduanya memiliki cara yang mampu menjaga perasaan hati satu sama lain. Diceritakan juga pertemuan antara Lail dan Maryam yang menjadi sahabat saat berada di panti.

Menjadi salah satu orang yang dekat dengan Lail, Maryam paham betul jika kisah cinta antara Lail dan Esok bukanlah kisah cinta biasa.

3. Evaluasi

Novel ini disajikan dengan cara yang mampu membuat pembacanya ikut merasakan emosi para tokoh. Juga menjadi pengingat bagi pembaca untuk terus melangkah maju meskipun masalah berat sedang menimpanya, sama halnya dengan konflik yang ada di dalam novel.

4. Rangkuman

Novel ini bukan hanya menyediakan kisah cinta remaja yang biasa, tapi penulis juga memberikan banyak informasi ilmiahnya. Kepastian menunggu kabar yang tidak pasti kapan akan datang juga menjadi salah satu konflik yang diangkat dalam novel ini.

Contoh Teks Ulasan Film Surat Kecil Untuk Tuhan

Contoh Teks Ulasan Film Surat Kecil Untuk Tuhan

Menjadi salah satu film haru yang diadaptasi dari novel, film Surat Kecil Untuk Tuhan banyak menghiasi layar kaca Indonesia kala itu.

1. Orientasi

Menceritakan tentang kisah nyata dari seorang gadis bernama keke yang berasal dari keluarga berada. Kehidupan keke nyaris sempurna dengan kehadiran 6 orang sahabat dan seorang kekasih yang sangat menyayanginya, yaitu Andy.

2. Tafsiran

Pada tahun 2003, keke didiagnosa mengidap kanker yang kemudian menyebabkan wajahnya berubah menjadi mengerikan. Ayah keke juga selalu berusaha untuk mencarikan pengobatan terbaik bagi keke, mulai dari medis hingga herbal semua pernah dijajalnya. Keke juga memiliki sahabat yang selalu ada dan mendukungnya untuk berjuang melawan penyakitnya.

Pengobatan yang dilakukannya akhirnya menghasilkan hasil saat dokter menyatakan bahwa kankernya sudah tidak ada lagi. Keke pun bisa menjalani segala aktivitas seperti biasanya.

Semuanya berjalan dengan baik hingga keke kembali didagnosa dengan kanker yang lebih parah. Ia divonis tidak akan bertahan lebih dari 3 bulan lamanya. Akhirnya, Keke dikabarkan meninggal pada tanggal 26 Desember 2006.

3. Evaluasi

Film yang dikaryakan oleh Harris Nizam menunjukkan kisah yang sangat menyentuh untuk ditonton. Amanat yang diajarkan oleh film ini adalah agar penonton selalu ikhlas dan tabah dalam menghadapi berbagai cobaan yang diberikan oleh Tuhan.

4. Rangkuman

Terdapat banyak pesan positif yang dihadirkan dari film ini. Mulai dari kasih sayang orang tua yang begitu besar, dukungan para sahabat, hingga pantang menyerah dalam melawan cobaan berat. Sehingga membuat film ini banyak direkomendasikan untuk ditonton oleh para remaja.

Contoh Teks Ulasan Novel Sang Pemimpi

Contoh Teks Ulasan Novel Sang Pemimpi

Novel yang digadan-gadang menjadi tetralogi dari Laskar Pelangi ini cukup populer dan menyedot banyak perhatian publik dikala penerbitannya.

1. Orientasi

Terbit menjadi buku kedua dari Andrea Hirata, buku ini bercerita tentang penulis bernama ikal yang hidup diambang kemiskinan di Pulau Belitung. Ikal bersama dua orang temannya, Jimbron dan Arai memiliki cita-cita untuk melanjutkan belajarnya ke Perancis dan menjelajahi dunia bersama-sama.

2. Tafsiran

Di bab pertama, penulis dan juga teman-temannya digambarkan sebagai remaja yang berperilaku nakal. Hingga kemudian dibenci oleh Pak Mustar yang menjabat sebagai wakil kepala sekolah ketika mereka bersekolah dulu. Berbeda dengan Pak Mustar, bapak kepala sekolah malah sering memberikan motivasi kepada tiga sahabat itu.

Di bab dua dan selanjutnya, pembaca akan disuguhkan dengan berbagai potongan kisah yang berdiri sendiri tetapi masih memiliki hubungan yang erat dengan cerita utamanya.

3. Evaluasi

Bukan sekadar buku kisah motivasi, novel ini diselipi dengan berbagai guyonan yang mampu membuat pembaca tertawa dibuatnya. Melalui buku ini, para pembaca bisa menyimpulkan bahwa sang penulis, Andrea Hirata, sangatlah cerdas dan berwawasan luas.

4. Rangkuman

Novel Sang Pemimpi ini bukanlah kisah lanjutan dari Laskar Pelangi, meski begitu ceritanya tetap mampu menghanyutkan pembacanya. Sang Pemimpi juga diselipi dengan berbagai inti pesan. Salah satunya adalah bahwa tidak ada yang tidak mungkin jika semuanya dilakukan dengan kerja keras yang sungguh-sungguh.

Contoh Teks Ulasan Cerpen Kyai Mercon dan Keluarga Kucing

Contoh Teks Ulasan Cerpen Kyai Mercon dan Keluarga Kucing

Cerita pendek yang memiliki tebal halaman 2 lembar ini berjudul Kyai Mercon dan Keluarga Kucing, ceripen ini adalah salah satu garapan dari Tahyudin Ali Mursyid.

1. Orientasi

Cerita pendek ini bercerita tentang kunjungan penulis ke rumah K.H Mohammad Solikhin di Pedut, Boyolali. Kisah ini memuat tentang gambaran para sahabatnya dan bagaimana Ia bisa memelihara kucing liar di rumahnya.

2. Tafsiran

Pada paragraf pertama hingga ketiga, penulis mengungkapkan suasana di Kampung pedut dengan menggunakan bahasa yang indah dan sederhana. Di paragraf berikutnya, penulis menggambarkan kisah tentang Kyai Mohammad Slokhin bersama dengan Nenek Wagiem. Baru sejak paragraf 6, penulis muncul dalam kisah tersebut.

Dilanjutkan dengan asal muasal Kyai tersebut memelihara kucing liar. Dan cerita pendek ini diakhiri dengan amanat yang disampaikan oleh Kyai Muhammad Solikhin.

3. Evaluasi

Cerpen ini memiliki dua kejadian, yaitu Kyai mercon dan keluarga kucing, yang mana cerpen biasanya hanya memiliki satu. Sehingga pengungkapan kejadian tentang asal muasal dipeliharanya kucing liar kurang dikorek lebih dalam. Padahal kejadian itu sangatlah menarik dan menjadi ciri khas dari cerita pendek yang satu ini. Kelebihan dari cerpen ini ialah mampu menjadi motivasi bagi para pembacanya.

4. Rangkuman

Cerpen ini memiliki gaya penyampaian yang khas sehingga akan sangat menarik untuk menjadi bacaan sekali duduk. Cerpen yang menggunakan bahasa sederhana ini diklaim lebih mudah dipahami, menyebabkan para pembaca bisa dengan mudah terhanyut dalam cerita yang ada.

Contoh Teks Ulasan Puisi Ibu

Contoh Teks Ulasan Puisi Ibu

Puisi berjudul Ibu ini sangatlah cocok untuk dibaca oleh seseorang yang berada di usia tengah. Mengapa demikian? Lebih lengkapnya akan Kami paparkan melalui teks ulasan berikut ini.

1. Orientasi

Puisi karya Cantika Ayu berjudul Ibu ini sudah berhasil diterbitkan pada majalah kalangan usia menengah. Puisi ini berisi tentang doa yang dipanjatkan oleh seorang anak kepada ibunya. Juga digambarkan tentang bagaimana usaha yang dilakukan oleh seorang ibu untuk anak-anaknya. Dan bagaimana seorang anak mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada Ibu.

2. Tafsiran

Pada awal bait, penulis mengungkapkan doa-doanya untuk Ibu. Seorang anak akan selalu berharap bahwa adanya senyum di bibir sang Ibu tak pernah pudar dan juga bahagianya tidak boleh sampai hilang. Digambarkan juga bagaimanapun cerewetnya seorang ibu, anak selalu berdoa dan berharap rezeki yang diterima ibunya berlimpah.

Puisi ini secara garis besar memberikan gambaran tentang bagaimana seorang anak sangat menyayangi ibunya setelah semua perjuangan yang dilakukan sang ibu kepadanya. Ucapan terimakasih pun rasanya masih saja kurang jika dibandingkan dengan semua usaha yang ibunya telah lakukan.

3. Evaluasi

Kelebihan yang dipaparkan oleh cerita ini adalah isinya yang menggambarkan keadaan secara nyata sesuai dengan apa yang terjadi di kehidupan nyata.

4. Rangkuman

Puisi ini cukup layak untuk dibaca dan bahkan bisa dijadikan referensi untuk penulisan puisi dengan tema serupa. Penggunaan rangkaian kata-kata yang disajikan di dalam puisi ini akan membuat para pembaca tersadar dengan besarnya pengorbanan yang dilakukan oleh seorang ibu.

Contoh Teks Ulasan Album Lagu

Contoh Teks Ulasan Album Lagu

Teks ulasan kali ini akan mengangkat tentang album kedua dari Band Kotak yang dirilis pada tahun 2008 lalu melalui Warner Music Group.

1. Orientasi

Kotak merupakan salah satu band kenamaan asal Indonesia yang beranggotakan Tantri sebagai vokalisnya, Cello sebagai gitaris, dan Chua sebagai bassist. Album ini diberi nama Kotak Kedua.

2. Tafsiran

Kotak kedua berisi 12 lagu. Diantaranya adalah kembali untukmu, bayang abadi, rock never dies, mencintaiku dan dia, terluka, tetap ada, masih cinta, lagi lagi, berbeda, kosong toejoeh, tinggalkan sajam, dan juga beraksi. Album Kotak Kedua ini juga mendapatkan pengghargaan dari AMI Award untuk kategori Album Rock terbaik.

3. Evaluasi

Karena berhasil menarik banyak perhatian publik, album Kotak Kedua ini bisa dikatakan sukses besar. Hingga saat ini pun album ini masih banyak didengar oleh penggemar setianya, padahal usia dari album ini sudah lebih dari 10 tahun lamanya.

4. Rangkuman

Bagi seorang penggemar berat musik rock, melewatkan album dari Kotak ini adalah kesalahan terbesar. Lagu-lagu yang ada di dalam album tersebut sangatlah ekspresif dan banyak memberikan dukungan positif melalui karya epik.

Contoh Teks Ulasan Buku Sepatu Dahlan

Contoh Teks Ulasan Buku Sepatu Dahlan

Buku setebal 369 halaman ini ditulis oleh Khrisna Pabichara dan diterbitkan oleh Noura Books. Buku ini cukup banyak dikenal masyarakat, apalagi setelah kemunculan film yang diangkat dari kisah dalam buku ini.

1. Orientasi

Buku berjudul Sepatu Dahlan ini diterbitkan pada tanggal 1 Mei 2012. Berkisah tentang rentetan kisah perjuangan dari Dahlan Iskan. Dahlan Iskan merupakan salah satu tokoh yang pernah menjabat sebagai Menteri BUMN. meski bukan dari keluarga yang mudah, tidak membuat semangatnya surut untuk belajar dan datang kesekolah.

2. Tafsiran

Dahlan merupakan anak ketiga dari empat bersaudara yang harus berjuang sepenuh hati dalam upayanya untuk bersekolah. Untuk sampai ke sekolahnya, Ia harus menempuh puluhan kilometer jauhnya dengan berjalan kaki, dan bahkan tanpa alas kaki. Kaki yang lecet dan lepuh bukan lagi hambatan berarti baginya untuk menimba ilmu.

Di SMP ia pernah menjabat sebagai ketua tim voli, hal ini juga yang menyebabkan keinginannya untuk mendapatkan sepatu semakin besar. Tak disangka, musibah baru datang, ibunya dikabarkan telah meninggal dunia.

Dengan sisa semangat yang dimilikinya, Dahlan maju dan ditunjuk sebagai pelatih dari tim voli dan mendapatkan upah yang lumayan besar. Dengan upah tersebut, Dahlan akhirnya mampu membelikan sepatu untuk dirinya sendiri.

3. Evaluasi

Kelebihan dari novel ini adalah isinya yang menceritakan tentang bagaimana besarnya semangat hidup yang dimiliki oleh seseorang bahkan saat dirinya dalam keadaan yang sulit dan banyak diterpa musibah. Juga tentang niat dan motivasi untuk bisa menamatkan pendidikan tingginya.

Kekurangan dari novel ini adalah alurnya yang tidak menentu sehingga sedikit membuat bingung pembacanya.

4. Rangkuman

Dengan mengesampingkan berbagai kekurangan yang ada, buku ini cukup layak untuk dinikmati karena berbagai motivasi positif yang terkandung di dalamnya.

Contoh Teks Ulasan Novel Raditya Dika

Contoh Teks Ulasan Novel Raditya Dika

Raditya Dika adalah salah satu penulis dan komedian kondang yang dimiliki oleh Indonesia. Hingga saat ini, sudah banyak dari karyanya yang diterbitkan dan digemari oleh banyak orang.

1. Orientasi

Novel berjudul Cinta Brontosaurus yang bergenre komedi romansa ini dikarang oleh Raditya Dika. Memiliki tebal buku sebanyak 160 halaman, buku ini diterbitkan pada tahun 2006 oleh Gagas Media. Novel ini bercerita tentang kisah hidupnya yang dikemas secara menggelitik tanpa mengurangi berbagai emosi yang ada.

2. Tafsiran

Dimulai dengan kisah Dika yang baru saja putus dari Kekasihnya, Nina. Semenjak putus, Dika percaya bahwa cinta juga memiliki kadaluarsa sama halnya dengan makanan dan tren. Namun, Kokasih yang menjadi agen naskahnya terus menyakinkan Dika bahwa anggapannya itu salah. Setelah berusaha memenuhi perkataan Kokasih, Dika menjalani berbagai perkenalan absurd dengan beberapa wanita.

Tanpa sengaja Dika bertemu dengan Jessica yang memiliki pikiran nyleneh sama seperti dirinya. Dan dia mulai ragu dengan pemikirannya sendiri terhadap cinta yang kadaluarsa. Di sisi lain, Ia mendapatkan tawaran untuk menerbitkan film oleh Mr. Soe Lim dengan judul Cinta Brontosaurus.

Merasa tertarik, Dika berusaha sekuat tenaga untuk menuliskan skrip film tersebut. Namun, ditengah penulisan, Mr. Soe Lim mengubah naskahnya menjadi genre horror yang saat itu sedang laku keras di Indonesia.

Buku ini adalah kisah Dika dan pengalaman berharganya tentang cinta yang ternyata Ia dapatkan dari orang orang terdekatnya, Jessica, sabahat, dan keluarganya.

3. Evaluasi

Kelebihan yang dimiliki oleh buku ini adalah membawakan genre yang membawa banyak peminat di dalamnya. Selain itu, buku ini juga cukup mumpuni untuk menghadirkan gelak tawa.

Kekurangan dari buku ini adalah akhir cerita yang dirasa mengambang dan membuat pembacanya penasaran dengan akhir yang sebenarnya. Juga tentang penggunaan kata-kata yang sedikit vulgar dan tidak menggunakan sensor.

4. Rangkuman

Dibalik kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya, buku ini memiliki daya tarik yang begitu besar di mata publik. Apalagi setelah mengetahui bahwa penulisnya adalah penulis jenius yang humoris. Sehingga mampu menghadirkan lelucon yang sesuai dengan karakter dari penulis itu sendiri.

Dari beberapa contoh teks ulasan di atas, dapat disimpulkan bahwasanya dalam menulis ulasan Kita harus memerhatikan ciri atau unsurnya. Mulai dari Orientasi, Tafsiran, Evaluasi, hingga Rangkuman harus ditulis dengan cara yang jelas agar bisa memberikan kritik dan informasi suatu karya tanpa membingungkan pembacanya.

17 Contoh Teks Ulasan (di lengkapi dengan gambar)

Advertisements

Leave a Reply