4 Contoh Teks Diskusi tentang kenakalan remaja, internet, Narkoba dan Kebersihan 1

4 Contoh Teks Diskusi tentang kenakalan remaja, internet, Narkoba dan Kebersihan

Teks Diskusi (Singkat dan lengkap) – Diskusi merupakan salah satu kegiatan akademik yang dilakukan untuk mengasah kemampuan berpikir sekaligus kemampuan untuk mempertahankan argument. Kemampuan ini biasanya dikembangkan pada masa sekolah. Biasanya kemampuan berdiskusi ini akan dilakukan pada saat proses belajar mengajar maupun dapat dilakukan perlombaan. Contoh teks diskusi akan membantu Anda dalam melakukannya.

Bagi Anda yang belum mengetahui, teks diskusi merupakan adu argument diantara pro dan kontra terhadap suatu permasalahan atau tema tertentu. Dalam hal ini, proses diskusi akan memberikan ruang bagi Anda yang berada di posisi pro atau kontra untuk membicarakannya secara akademis berdasarkan fakta. Ingin tahu bagaimana contohnya? Simak penjelasan di bawah ini!

Contoh Teks Diskusi tentang Kenakalan Remaja

Contoh Teks Diskusi tentang Kenakalan Remaja

Remaja merupakan salah satu tonggak perkembangan bangsa. Hal ini karena remaja merupakan agen penerus yang akan membawa bangsa menuju kea rah yang lebih baik dibandingkan sebelumnya. Namun, seiring berjalannya waktu, permasalahan terkait remaja merupakan salah satu hal yang menjadi masalah sosial. Berkembangnya westernisasi membuat lingkungan yang bebas terhadap remaja.

Oleh karena itu, permasalahan terkait kenakalan remaja harus menjadi perhatian publik. Tidak hanya keluarga sebagai darah kandung dari sang anak, namun sekolah dan lingkungan masyarakat sebagai lembaga pembelajaran kedua setelah keluarga harus berperan aktif dalam mengatasi kenakalan remaja ini.

Dengan adanya permasalahan berupa kenakalan remaja, maka akan berdampak buruk bagi berbagai kelompok. Mulai dari dampak negatif terhadap keluarga, dimana remaja tersebut akan menyakiti hati orang tua, tidak menjalankan tugasnya sebagai remaja yaitu belajar, dan tentunya akan menghabiskan materi yang digunakan untuk aktivitas negatif.

Sedangkan dampak negatif untuk sekolah adalah seorang remaja tersebut dapat menjadi anak yang nakal dan dapat mempengaruhi teman seusianya. Dengan aktivitas negatif yang dilakukan bersama teman, maka akan merugikan dan dapat menghasilkan perilaku yang tidak sesuai dengan sistem yang ada di sekolah. Sehingga akan memberikan nama yang buruk terhadap anak dan sekolah tersebut.

Terakhir adalah untuk masyarakat, kenakalan remaja yang dilakukan oleh anak tersebut akan berdampak pada lingkungan masyarakat. Dimana seharusnya remaja merupakan salah satu kelompok yang dapat membantu masyarakat untuk melakukan hal positif. Namun ketika kenakalan remaja timbul, kumpulan remaja tersebut akan sebaliknya memberikan masalah kepada masyarakat.

Dampak buruk dari kenakalan remaja di atas harus digah dan dihindari. Sebagai salah satu bagian dari masyarakat, alangkah baiknya permasalahan tentang kenakalan remaja ini diatasi bersama. Oleh karena itu harus dilakukan kerjasama antara Pemerintah dengan masyarakat berkaitan dengan mengatasi permasalahan kenakalan remaja ini.

Pemerintah dapat melakukan penyuluhan yang berisi tentang cara mendidik anak kepada orang tua. Hal ini dilakukan karena salah satu hal yang menjadikan anak menyeleweng terhadap tugasnya sebagai seorang remaja adalah didikan orang tua. Selebihnya adalah lingkungan pergaulan remaja tersebut. Sehingga dengan adanya penyuluhan ini Anda dapat mengatasi persoalan kenakalan remaja.

Oleh karena itu, contoh teks diskusi tentang kenakalan remaja ini akan menjadi salah satu tema yang akan diusung pada kesempatan kali ini. Tentunya diskusi yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan terkait kenakalan remaja.

Contoh Teks Diskusi tentang Kebersihan

Contoh Teks Diskusi tentang Kebersihan

Salah satu permasalahan negara berkembang adalah cara mengelola kebersihan. Indonesia termasuk salah satu negara berkembang yang masyarakatnya kurang memahami tentang kebersihan lingkungan. Berbagai kegiatan yang dilakukan, biasanya setelahnya akan ada banyak sampah yang berserakan di jalanan.

Meskipun tersedia petugas kebersihan yang nantinya akan mengatasi berbagai sampah yang berserakan pada setelah acara tersebut berlangsung, namun alangkah baiknya sebagai sesama manusia harus saling memahami tentang kebersihan. Pada dasarnya, manusia yang diciptakan bersama akal yang membersamainya harus juga memiliki tindakan yang mulia dengan memperhatikan kebersihan.

Manusia merupakan salah satu pihak yang dapat memanfaatkan maupun dapat merusak lingkungan. Ketika menanamkan pada diri sendiri bahwa semua yang ada di lingkungan ini adalah milik-Nya dan harus dijaga dengan baik, tentu menjaga kebersihan adalah salah satu tindakan yang tepat. Oleh karena itu setelah menjalankan suatu acara alangkah baiknya membersihkan sampahnya sendiri.

Masyarakat Indonesia yang tidak melek terhadap kebersihan lingkungan akan meremehkan hal yang terjadi di lingkungannya. Sedangkan bagi masyarakat yang menyadari bahwa lingkungan harus dirawat tentu memiliki cara tersendiri, yaitu dengan melakukan daur ulang. Hal ini merupakan salah satu cara untuk membantu lingkungan tetap terjaga dengan baik.

Sampah organik dapat digunakan sebagai pupuk alami yang dapat membantu tumbuhan agar tetap sehat dan tumbuh dengan baik. Sedangkan sampah plastik atau bahan lain yang sulit diurai, dapat dilakukan daur ulang. Daur ulang ini dapat dijadikan sebagai solusi jitu untuk permasalahan kebersihan yang ada pada masyarakat saat ini.

Cara lain yang dapat memberikan pemahaman bagi masyarakat untuk menanamkan kebersihan dari diri sendiri adalah dengan memberikan penyuluhan untuk menjaga kebersihan. Hal ini dapat dilakukan oleh Pemerintah disertai berbagai program yang dapat bekerjasama dengan Badan Lingkungan Hidup (BLH) untuk menanamkan tentang kebersihan sekaligus menjalankan aksi nyata dari kebersihan itu sendiri.

Kebersihan merupakan salah satu aspek untuk menghargai lingkungan tempat tinggal sehingga dapat tinggal secara sehat dan nyaman. Mengelola kebersihan sangat penting bagi masyarakat agar tidak mendapat dampak negatif di dalamnya. Sekian contoh teks diskusi tentang lingkungan ini semoga bisa jadi bahan pertimbangan bagi pelaksana lingkungan hidup.

Contoh Teks Diskusi tentang Bahaya Narkoba

Contoh Teks Diskusi tentang Bahaya Narkoba

Narkoba adalah salah satu permasalahan yang menjadi perhatian khusus sejak lama. Dampak dari penggunaan narkoba sangat merugikan, terutama pada saat ini pengguna maupun pengedar narkoba juga dilakukan oleh remaja,. Hal ini merupakan salah satu hal yang membahayakan bagi remaja sebagai penerus bangsa.

Narkoba atau obat-obatan yang berbahaya ini mengandung zat yang dapat memberikan efek candu setiap orang yang mengkonsumsinya. Jika digunakan dalam jumlah berlebih, maka hal tersebut akan berdampak buruk bagi kesehatan. Contoh teks diskusi tentang bahaya narkoba ini akan menjadi salah satu alat untuk mencari solusi yang tepat.

Banyak sekali bahaya yang dapat ditimbulkan dari narkoba, mulai dari gangguan pada pembuluh darah, mengganggu kinerja jantung, merusak saraf, mengganggu paru-paru, reproduksi, menurunnya nafsu makan sehingga berdampak pada menurunnya berat badan pula, AIDS, dan sering mual atau muntah. Hal ini akan merengut kehidupan seseorang sehingga tidak dapat produktif.

Pada dasarnya, narkoba merupakan obat-obatan dalam dunia kedokteran yang tentunya memiliki manfaat jika digunakan dengan dosis yang sesuao. Tidak hanya menyembuhkan, obat-obatan ini juga dapat digunakan sebaga obat bius yang aman untuk dikonsumsi. Sayangnya, jika digunakan dalam jumlah yang banyak maka akan menimbulkan halusinasi.

Oleh karena itu, dampak negatif dan positif dari penggunaan narkoba dapat dipilih sesuai dosis yang dikonsumsi. Pada dasarnya, setiap dokter akan memberikan dosis yang tepat dan tentunya aman bagi pasiennya. Sedangkan kelompok yang menggunakan narkoba sebagai alat untuk nge-fly maka tidak akan memperhatikan dosis yang dikonsumsi.

Contoh teks diksusi tentang narkoba ini dapat menjadi alat untuk mengetahui pro dan kontra yang terjadi. Selain itu, dengan adanya diskusi ini juga akan menghasilkan berbagai solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan narkoba ini.

Contoh Teks Diskusi tentang Penggunaan Internet

Contoh Teks Diskusi tentang Penggunaan Internet

Internet merupakan salah satu bentuk perkembangan zaman yang menjadi sumber informasi dan memiliki berbagai manfaat hingga saat ini. Tidak hanya digunakan orang dewasa untuk mencari berbagai pengetahuan untuk bekerja, kini internet juga dimanfaatkan sebagai proses pembelajaran bagi para tenaga pendidik. Contoh diskusi tentang internet dapat menjadi perbincangan yang tepat saat ini.

Internet memang sangat luas dan tidak ada batasan waktu dan lokasi pada saat mengaksesnya. Setiap penggunaan internet akan selalu memiliki kebebasan. Disertai informasi yang lengkap di dalamnya, tentu para pengguna akan lebih senang memanfaatkan internet. Terlebih internet dapat diakses baik menggunakan handphone android, iOs, maupun laptop maupun personal computer.

Contohnya ketika mengakses informasi harus disesuaikan dengan umur dan tentunya informasi yang dicari harus informasi yang baik. Entah itu tentang pendidikan dan informasi yang bermanfaat lainnya. Oleh karena itu kebijaksanaan pengguna dalam hal ini harus diutamakan dalam penggunaan internet.

Dalam diskusi kali ini, pastinya pengguna internet sendiri harus dibatasi berdasarkan umur. Jika di bawah 18 tahun, alangkah baiknya orang tua selalu mengawasi hal-hal yang diakses oleh anak tersebut. Sehingga dapat dipantau. Sedangkan bagi orang yang berusia dewasa, alangkah baiknya menggunakan informasi di internet secara bijak.

Hal-hal yang berada di internet tentu mengandung hal positif dan negative tergantung penggunanya. Internet akan sangat menguntungkan apabila dapat dimanfaatkan secara maksimal. Entah digunakan untuk belajar maupun berbisnis, internet dapat menjadi salah satu alat yang paling utama dan dapat dimanfaatkan sebagai salat satu alat pemasaran.

Sedangkan berbagai informasi buruk yang terdapat di internet tentu menjadi salah satu hal yang dapat menjerumuskan bagi pengguna yang mengaksesnya. Oleh karena itu perlu adanya batasan usia untuk mengakses aplikasi maupun media sosial.

Selain dari Pemerintah sebagai salah satu pemegang kekuasaan tertinggi yang dapat menghentikan sementara maupun permanen beberapa media sosial yang digunakan di Indonesia. Selain itu, orang tua sebagai pihak yang selalu ada dan bersama anak tersebut tentu harus melihat hp yang digunakan untuk memberikan pengawasan.

Penjelasan tentang contoh teks diskusi di atas dapat menjadi salah satu alat bantu bagi Anda untuk membuat teks deskripsi yang tepat. Pastikan untuk menggunakan beberapa tema di atas untuk dijadikan bahan diskusi yang ramai diperbincangkan dan menjadi permasalahan yang masih berlangsung hingga saat ini.

Contoh Teks Diskusi (Singkat dan lengkap)

Leave a Reply