14 Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan (Berbagai tema) 1

14 Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan (Berbagai tema)

Teks Eksposisi Tentang Pendidikan – Terdapat beberapa jenis teks yang kita kenal dan sering jumpai di berbagai media. Salah satu jenis teks yang paling sering ditemukan di media-media berbasis tulisan adalah contoh teks eksposisi tentang pendidikan.

Jenis teks ini dapat dibagi lagi ke dalam beberapa bagian berdasarkan tujuan khususnya, seperti contoh teks eksposisi definisi, eksposisi klarifikasi, eksposisi ilustrasi dan eksposisi laporan atau yang bisa disebut juga dengan berita.

Selain itu, pada setiap teks ekposisi, anda bisa juga membaginya menjadi 3 struktur. Pada umumnya teks eksposisi memiliki 3 struktur utama yaitu tesis, argumentasi dan penegasan ulang. Ketiga struktur ini harus ditulis berurutan untuk membagi semua paragraph dalam teks. Meskipun tidak ada jumlah pasti untuk tiap struktur, namun yang jelas tidak boleh ada ketimpangan jumlah kalimat pada masing-masing struktur.

Mengenal Teks Eksposisi Tentang Pendidikan

Mengenal Teks Eksposisi Tentang Pendidikan

Secara umum, tujuan penulisan teks eksposisi adalah untuk memberikan pengetahuan dan memuat berbagai informasi terkait tema tertentu yang ada di dalam teks. Hal ini menjadikan sifat teks eksposisi haruslah informatif, baik itu eksposisi definisi, eksposisi ilustrasi, eksposisi klarifikasi dan contoh lainnya.

Teks eksposisi biasanya ditulis dengan panjang menggunakan penjelasan yang rinci agar memudahkan pembaca dalam menerima pesan atau informasi yang henda disampaikan melalui tulisan. Selain itu, panjangnya teks eksposisi ini juga dikarenakan adanya struktur penulisan yang terdiri dari tiga bagian.

Sehingga jika ingin membaca teks eksposisi anda perlu juga memperhatikan cara penulisan contoh teks eksposisi definisi beserta strukturnya agar bisa memahami pesan atau informasi yang ada pada tulisan sekaligus bisa membuat teks eksposisi yang baik dan benar.

Contoh Eksposisi Tentang Pendidikan

Contoh Eksposisi Tentang Pendidikan

Jika berbicara mengenai teks eksposisi tentu sudah lazim diketahui bahwa jenis teks ini memiliki fungsi khusus yaitu memuat dan memberikan informasi kepada pambacanya. Sehingga, apabila teks eksposisi ini membahas tentang pendidikan, maka ini akan menjadi teks yang sangat tepat dan sekaligus dapat memperkaya pengetahuan bagi para pembacanya.

Pendidikan sebagai salah satu alat untuk bisa meningkatkan kualitas hidup manusia, memberikan banyak isu yang kemudian menjadi maslaah tersendiri yang harus dituntaskan. Hal yang paling sering menjadi bahasan mengenai tema ini yaitu terkait dengan budaya pendidikan di Indonesia yang terkesan mengekang para siswa dan terlalu menekan dengan adanya kurikulum yang padat oleh mata pelajaran.

Masalah pendidikan ni sudah sejak lama didengungkan di masyarakat dan menjadi fokus beberapa kalangan. Sayangnya, pendidikan sebagai salah satu bidang yang memiliki peran fundamental dalam membangun masyarakat tidak mudah untuk dirubah karena berada di bawah kendali pemerintah. Perubahan yang diharapkanpun bukan sebuah perubahan sederhana yang akan memakan waktu lama.

Belakangan, dengan munculnya kurikulum 2013 yang menekankan pentingnya pendidikan karakter, isu pendidikan perlahan mulai membaik. Ada harapan besar dari siswa, pengajar bahkan hingga orang tua siswa dengan kehadiran kurikulum 2013 yang dicetuskan oleh pemerintah.

Secara sederhana, kurikulum ini memberikan ruang bagi pendidikan karakter untuk lebih di kesplor sehingga sekolah bisa mencetak generasi yang unggul bukan hanya dalam hal menghafal dan menghitung melainkan juga generasi dengan pemikiran terbuka yang menjunjung nilai-nilai dan budaya bangsa yang berkembang di masyarakat.

Lebih lanjut, tujuan dari perubahan sistem pendidikan ke kurikulum 2013 ini adalah agar bisa memberikan kesempatan bagi siswa yang memiliki kemampuan baik kemampuan secara personal maupun kemampuan dalam hal pendidikan. Dapat dikatakan sistem ini sekaligus memaksa siswa untuk menemukan jati dirinya dan mengerti tentang dirinya melalui pendidikan.

Hal yang pokok dalam aplikasi pendidikan karakter ini tentunya kesempatan mengembangkan bakat bagi para siswa dimana sekolah tidak memberikan fasilitas pada kurikulum sebelumnya. Kurikulum ini berangkat dari pemahaman bahwa setiap manusia istimewa sedari lahir sehingga pasti memiliki potensi, bakat dan kemampuan yang berbeda dan semua potensi tersebut merupakan anugrah yang harus di hargai.

Dengana adanya sistem pendidikan berbasis kurikulum 2013 ini, pendidikan karakter diharapkan dibeirkan ruang yang lebih sehingga mampu memberikan bekal bagi siswa untuk bisa menjadi manusia yang cerdas secara IQ dan juga mampu mengolah EQ secara bersamaan. Lebih jauh juga adanya kurikulum 2013 ini bisa menciptakan iklim kondusif di dunia pendidikan Indonesia.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan Bahasa

Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan Bahasa

Salah satu topic yang ada dalam bidang pendidikan adalah mengenai bahasa. Contoh teks eksposisi tentang pendidikan yang membicarakan mengenai bahasa ini bisa memua informasi apa saja yang kaitannya dengan pendidikan bahasa. Bisa jadi bebricara soal penggunaan kata dalam kalimat atau lain sebagainya. Namun yang jelas teks eksposisi ini harus tetap bersifat informatif dan kaya pengetahuan.

Pengertian kata yang menjadi imbuhan atau afiks merupakan morfem yang terikat yang mana letak dari imbuhan ini harus berikatan dengan suatu kata dasar agar bisa membentuk sebuah kata baru yang bisa jadi memiliki fungsi berbeda dari kata dasarnya. Hal ini terjadi karena setelah imbuhan diberikan pada kata dasar, maka secara otomatis disebut dengan kata berimbuhan.

Kata berimbuhan ini memiliki beragam fungsi. Fungsi imbuhan yang pertama adaah untuk merubah suatu kata dasar menjadi kata benda. Kemudian untuk fungsi yang kedua yaitu penggunaan imbuhan agar isa merubah kata dasar menjadi kata kerja. Atau bisa juga merujuk pada fungsi yang ketiga dimana kata dasar bisa berubah menadi kata sifat jika diberikan imbuhan.

Beragam fungsi ini tentu melihat bagaimana penggunaan imbuhan pada sebuah kata dasar dan juga ketepatan letaknya jika menjadi bagian dari suatu kalimat.

Selain fungsi dan letaknya di dalam kalimat, yang perlu anda perhatikan jika ingin menggunakan kata berimbuhan adalah cara penulisannya yang tentunya bisa berbeda. Suatu kata dasar jika telah mendapatkan imbuhan maka cara penulisannya pun berbeda. Hal ini biasanya luput bagi beberapa orang, untuk itu anda ahrus berhati-hati jika menuliskan kata berimbuhan.

Bagi anda yang ingin menggunakan kata beirmbuhan juga perlu membedakan perbedaannya dengan penggunaan awalan pada suatu kata karena meskipun jelas berbeda sebagian orang bahkan tidak bisa membedakan fungsi keduanya dan penggunaannya di dalam kalimat.

Penyampaian pesan melalui kalimat yang ditata dan disusun rapi adalah yang terpenting sehingga tidak terjadi kesalahan penafsiran sebuah kalimat yang dibentuk dengan menggunakan awalan dan imbuhan.

Contoh Teks Eksposisi Definisi Tentang Pendidikan Sastra

Contoh Teks Eksposisi Definisi Tentang Pendidikan Sastra

Pendidikan sastra sering diidentikkan dengan pendidikan bahasa meskipun keduanya jelas berbeda dan mmeiliki fokus pembahasan yang berbeda. Dalam pendidikan sastra biasanya lebih banyak membahas mengenai teknis susunan kata dan strukturnya. Pada contoh teks eksposisi pendidikan sastra yang akan membahas mengenai penggunaan kata penghubung dan konjungsi dalam berbahasa.

Kata penghubung atau biasa juga disebut sebagai konjungsi sering kita temukan di berbabagi jenis teks. Penggunaan kata penghubung ini lazim digunkana untuk menghubungkan kata dengan kata yang ada di satu kalimat yang sama. Atau bisa juga menggunakan kata penghubung pada dua kalimat yang berbeda tetapi masih berada di dalam satu paragraf yang sama.

Secara sederhana, fungi dari kata penghubung ini bisa dijelaskan sebagai sebuah kata yang diletakkan di dalam kalimat dan bertugas untuk bisa mnghubungkan dua satuan bahasa yang memiliki derajat sama di dalam sebuah tulisan.

Apakah yang dimaksud dengan satu derajat yang sama? Satuan derajat yang sama berarti misalnya kata dihubungkan dengan kata, maka frasa dihubungkan dengan frasa dan juga klausa dihubungkan dengan klausa menggunakan konjungsi atau kata penghubung.

Penggunaan konjungsi dalam sastra ini bisa juga dimaknai sebagai cara untuk dapat memperluas satuan yang lain dimana terdapat sebuah konstruksi hipotaksis, sehingga dapat menghubungkan dua satuan lain atau bahkan bisa lebih di dalam sebuah konstruksi.

Contoh Teks Eksposisi Definisi Tentang Pendidikan Alam

Contoh Teks Eksposisi Definisi Tentang Pendidikan Alam

Contoh teks ekposisi tentang pendidikan dengan tema ilmu pengetahuan alam ini akan mmebahas secara lebih rinci mengenai suatu makhluk hidup yaitu kucing. Teks eksposisi ini menghadirkan informasi yang lengkap erkat serba-serbi kucing. Hal ini mengacu pada sifat teks eksposisi yang kaya akan informasi dan bisa dijadikan referensi untuk memperkaya khasanah pembaca terkait tema tertentu.

Di dalam ilmu pengetahuan alam tentunya anda akan belajar mengklasifikasikan hewan berdasarkan ciri fisiknya, salah satunya adalah kucing. Kucing merupakan salah satu salah satu hewan karnivora yang merupakan bagian dari keluarga Felidae. Hal ini menjadikan nama nama ilmiah dari kucing sendiri yaitu Felis silvestris catus atau bisa juga diberi nama Felis catus. 

Jaman sekarang ini manusia mudah sekali hidup berdampingan dengan kucing. Hampir di seluruh belahan dunia kucing dijadikan sebagai hewan peliharaan bahkan dianggap sebagai bagian dari sebuah keluarga. Hal ini berbanding lurus dengan fakta yang ditemukan oleh sains bahwa sejak zaman dulu hewan kucing memang telah berbaur dengan kehidupan manusia.

Menurut catatan sejarah, kurang lebih sudah sejak 6000 tahun sebelum masehi kucing sudah dikenal sebagai hewan peliharaan yang mampu hidup berdampingan bersama dengan manusia di tempat tinggalnya. Beberapa temuan ilmiah yang sekaligus mendukung fakta unik ini adalah bukti keberadaan kerangka kucing yang terdapat di pulau Siprus.

Bukti ini juga menjadi saksi bisu yang mengungkap simbiosis mutualism yang terjalin di antara manusia dan kucing. Tak heran jika zaman sekarang keberadaan kucing ini menjadi menjadi salah satu di antara jenis hewan peliharaan yang paling digemari di kalangan masyarakat, tentunya selain hewan peliharaan lain seperti anjing, kelinci, ataupun hamster.

Yang perlu anda ketahui adalah, tidak semua jenis kucing dapat dengan mudah anda temukan di masyrakat hal ini dikarena kan jumlah mereka biasanya di domuniasi oleh jenis tertentu. Dan persebaran jenis kucing juga di dominasi oleh satu macam saja.

Jenis kucing yang paling mudah dijumpai Karen memiliki banyak populasi di hampir seluruh belahan dunia adalah kucing keturunan campuran atau yang lebih familiar di sebut sebagai kucing liar atau dikenal juga dengan sebutan kucing kampung. Jumlah dari populasi kucing kampong ini bahkan bisa mencapai angka 90% dari jumlah seluruh populasi kucing di dunia.

Meski begitu, untuk urusan popularitas tentu soal lain. Kucing kampong memang mendominasi dengan jumlah yang fantastis di seluruh penjuru dunia. Namun tahukah anda bahwa kucing yang memiliki banyak penggemar datang dari jenis lainnya. Jenis kucing yang paling banyak digemari merpakan kucing ras, yang mana bisa dikatakan sebagai kucing minoritas.

Jenis kucing ras yang banyak digemari orang-orang ini populasinya hanya sebesar 1% saja di seluruh dunia, angka ini tentu berbanding terbalik dengan kepopuleran kucing kampung. Apa saja contoh kucing ras yang memiliki banyak penggemar dan dibanderol dengan harga yang tinggi ini?

Contoh dari jenis kucing ras yaitu kucing dengan penampilan yang menarik misalnya adalah kucing Persia, kucing Siam, kucing Manx, dan juga kucing Spinx.

Contoh Teks Eksposisi Definisi Pendidikan Mengenai Tanaman

Contoh Teks Eksposisi Definisi Pendidikan Mengenai Tanaman

Salah satu tema menarik dalam dunia pendidikan adalah terkait dengan pendidikan ilmu pengetahuan alam yang di dalamnya banyak bahasan lebih mendetail seperti misalnya mengenai hewan dan tanaman. Jika sebuah teks ekposisi pendidikan membahas terkait dengan tanaman, tentunya akan dapat memberikan informasi yang banyak kepada pembaca yang dapat dpalikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Berdasarkan kumpulan sumber, jahe diartikan sebagai salah satu jenis tanaman rimpang yang mana memiliki nama ilmiah Zingiber officinale. Jahe ini popular di kalangan masyarakat Indonesia karena dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Bukan hanya untuk dikonsumsi sebagai campuran bumbu makanan tetapi juga digunakan untuk minuman atau berbagai jenis cemilan.

Selain itu, jahe bisa juga disebut sebagai apotek hidup karena memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Masyarakat Indonesia banyak yang menanam jahe di pekarangan rumah mengingat manfaat kesehatannya yang bisa sebagai obat yang murah.

Bahkan khasiat jahe menjadikan jenis rempah ini bisa dikonsumsi sendiri tanpa menggunakan bahan tambahan. Jahe bisa diseduh atau di kunyah untuk beberapa jenis penyakit dan memiliki kegunaan tertentu.

Beberapa penyakit yang bisa disembuhkan dengan konsumsi jahe rutin mislanya adalah batuk, panas dalam dan masih banyak lagi.

Dilihat dari bentuknya, tanaman jahe ini bisa tumbuh hingga memiliki tinggi 100 cm, namun tetap saja tanaman jahe yang memiliki tinggi 30 cm masih bisa disebut normal.

Sedangkan untuk bentuk daunnya yaitu menyirip dengan panjang berkisar 15 hingga 23 mm dan memiliki lebar rata-rata 8 mm hingga 15 mm.

Ciri khas lain dar tanaman jahe ini adalah adanya rimpang atau bentuk akar yang terlihat seperti jemari menggelembung. Bagian inilah yang dimanfaatkan oleh masyarakat karena dikenal memiliki khasiat dalam meredakan berbagai macam penyakit.

Sebagai salah satu jenis rempah-rempahan, jahe memiliki ciri khas juga pada rasanya. Jahe memberikan sensasi pedas dan panas ketika masuk ke dalam tubuh. Rasa yang di dominasi pedas dan hangat ini ternyata bisa muncul disebabkan adanya senyawa keton yang bernama zingeron di dalam rempah jahe. Senyawa ini yang menghasilkan sensasi pedas serta panas di tubuh manusia.

Rempah yang cukup terkenal di kalangan masyarakat Indonesia ini ternyata memiliki banyak jenis dan bukan hanya satu jenis. Yang paling terkenal dan sering dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia adalah 3 jenis jahe paling terkenal. Setidaknya ada 3 jenis jahe yang sangat popular di pasaran yaitu, jahe gajah, jahe kuning dan juga jahe merah.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan Dengan Tema Lingkungan

Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan Dengan Tema Lingkungan

Contoh teks eksposisi tentang pendidikan lingkungan mungkin belum banyak diminati oleh orang. Hal ini selain karena tema bahasannya yang masih jarang juga karena belum banyak yang mengankat tema ini untuk ditulis ke dalam bentuk teks eksposisi. Namun, meskipun begitu di bawah ini adalah contoh artikel eksposisi yang menyoroti mengenai sampah sebagai bagian dari pendidikan lingkungan yang ada dalam kehidupan sehari-hari.

Sampah sebagai salah satu dari material sisa pada sebuah akhir proses baik itu aktivitas manusia maupun dalam proses alam tentunya tidak diinginkan keberadaannya. Hal inilah yang menjadikan banyak sekali sampah menumpuk di lingkungan yang memiliki penduduk banyak.

Karena seperti yang kita ketahui bahwa hampir di semua aktivitas manusia dalam kehidupan sehari-harinya pasti akan meninggalkan sampah di akhir prosesnya seperti contohnya adalah ketika ada kegiatan masak di dapur akan menyisakan sampah plastik, atau pada saat berlangsung kegiatan belajar mengajar di sekolah tentunya akan meninggalkan sampah kertas serta aktivitas manusia lainnya.

Fenomena ini menjadikan banyaknya produksi sampah yang dihasilkan oleh manusia dan berimbas pada lingkungan. Imbas yang diterima lingkungan antara lain adalah pencemaran lingkungan karena banyaknya manusia yang membuang sampah sembarangan.

Apalagi, fakta ini didukung oleh fakta lain yang mengungkapkan bahwa di dunia ini yang paling banyak dijumpai adalah sampah padat. Ada berbagai jenis sampah di dunia, namun biasanya yang paling sering dijumpai adalah jenis sampah padat. Sampah padat ini dapat dibagi lagi menjadi dua jenis yang berbeda sesuai dengan sifat sampahnya.

Sampah padat bisa berupa sampah organic atau sampah anorganik. Sampah organik memiliki ciri khas yaitu bisa diurai oleh bakteri sedangkan pada jenis sampah anorganik tidak bisa diurai oleh bakteri.

Sampah anorganik yang menumpuk akan mengakibatkan terjadinya pendangkalan sungai akibat sampah-sampah anorganik yang dihanyutkan di sungai. Lebih lanjut aktivitas ini akan menimbulkan dampak yang lebih besar yaitu banjir hingga tanah longsor yang justru akan mengancam manusia itu sendiri.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan Politik

Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan Politik

Contoh teks eksposisi tentang pendidikan politik biasanya terkesan membosankan karena mmebahas mengenai politik yang dianggap sebagai tema yang berat. Namun, dengan mengangkat tema politik, suatu teks eksposisi ini bisa jadi sebagai sumber informasi bagi para pembacanya. Dengan membaca contoh teks eksposisi ini tentunya akan menambah pengetahuan anda terkait dengan pendidikan politik.

Sebagai sebuah Negara demokrasi yang telah lama merdeka, Indonesia memandang pemilu dengan amat istimewa. Bahkan, sebutan pesta demokrasi dibubuhkan untuk menyebut proses pemilihan umum yang berlangsung di Negara Indonesia ini. Proses demokrasi yang satu ini tentunya memiliki nilai lebih di mata masyarakat. Sehingga penyambutan pemilu di Indonesia pun dikemas dengan sangat meriah.

Pemilu atau pesta demokrasi ini ada banyak macamnya. Di Indonesia rangkaian pemilihan umum dibagi ke dalam beberapa jenis yaitu pemilu legislative digunakan untuk memilih anggota dewan. Selanjutnya ada pemilihan yang bertujuan untuk memilih kepala daerah yang disebut dengan pilkada.

Dan yang terakhir ada proses pemilihan yan diadakan serentak di seluruh penjuru Negara untuk memilih presiden dan wakil presiden.

Meskipun pemilu merupakan sebuah proses yang rutin dilakukan di Negara Indonesia, akan tetapi masih ada segudang tugas yang harus diselesaikan. Bukan hanya terkait pelaksaan pemilu melainkan juga terkait dengan kualitas pemimpin yang dihasilkan dari pemilu itu sendiri.

Sebagai salah satu contoh kasusnya yaitu ketika berbicara mengenai kualitas anggota dewan yang tengah menjalani masa bakti sebagai wakil rakyat. Banyak sekali anggota dewan dengan rapor merah yang bisa melenggang kembali maju ke pemilu legislative meskipun sudah terbukti kualitasnya tidak baik.

Permasalahan ini muncul bukan hanya karena anggota dewan yang membandel melainkan juga karena pemilih yang ikut berpartisipasi memberikan hak suaranya kurang perhatian dan kurang terdukasi dengan baik terkait dengan kualitas anggota dewan yang terhormat.

Fakta di lapangan mengatakan bahwa malasnya anggota dewan yang memiliki kualitas rendah ini dalam mengikut rapat paripurna bukan yang pertama kali terjadi di dalam sejarah, hal ini sudah sering terulang bahkan di bebebrapa kali pemilu di Indonesia.

Secara tidak langsung, hal ini tentu akan menjadikan nasib rakyat berada di ujung tanduk karena anggota dewan yang memiliki kewenangan untuk memutuskan regulasi berkaitan dengan rakyat adalah anggota dewan yang pemalas, namun tetap saja bsia menempati kursi senayan berulang kali.

Apa yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan nasib rakyat? Langkah sederhana yang bsia ditempuh adalah dengan mengedukasi para pemilih sehingga bisa menggunakan hak pilihnya dengan bijak. selain itu, mempertinggi angka literasi agar seluruh masyarakat Indonesia bisa menghindarkan diri dari kemungkinan permainan money politics yang praktiknya masih sering kita jumpai di masyarakat.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan Teknologi

Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan Teknologi

Sebagai Negara berkembang, tema pendidikan teknologi merupakan sebuah tema yang belum banyak dibicarakan secara masif. Hal ini karena belum 100 persen masyarakat Indonesia mengkonsumsi teknologi untuk mempermudah kehidupan sehari-harinya. Sehingga adanya contoh teks eksposisi tentang pendidikan teknologi ini akan memberikan banyak pengetahuan baru bagi pembaca.

Jika bebricara teknologi, salah satu bentuk inovasi teknologi yang paling akrab di masyarkaat Indonesia adalah internet. Sebagai sebuah teknologi yang paling popular, internet secara sadar atau tidak sadar telah mengambil alih di berbagai lini kehidupan manusia. Hampir di semua bidang kita akan menjumpai inovasi teknologi berupa internet.

Selayaknya sebuah teknologi yang berkembang dengan pesat, internet dianggap memiliki dua mata pisau yaitu sisi positif dan negatif. Internet dalam penggunaannya tentunya mmebawa banyak manfaat bagi para penggunanya namun juga bisa menimbulkan efek negative apabila para pengggunanya kurang bijak dalam menggunakan teknologi ini.

Bicara mengenai berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi ini artiya berbicara segala bentuk proses digitalisasi misalnya adalah bertransaksi secara digital, kemudahan menjalin komunikasi visual, sarana pengembangan informasi secara digital dan berbagai macam lainnya.

Lalu, apa saja yang dimaksud dengan efek buruk penggunaan internet? Penggunaan internet yang berlebihan bisa menimbulkan beberapa efek buruk sepeti kecanduan permainan game online, lupa waktu, malas melakukan aktivitas sosial secara nyata, menunda berbagai pekerjaan karena sibuk dengan hiburan di internet bahkan hngga menimbulkan gangguan kejiwaan.

Lebih jauh, efek buruk penggunaan internet yang akan dirasakan dan berdampak langsung pada dunia pendidikan adalah maraknya kasus plagiasi dimana sekarang ini semua orang akan dengan mudah melakukan teknik copy paste bahkan untuk karya ilmiah. Hal ini tentunya terjadi karena adanya kemudahan mengakses karya ilmiah milik orang lain dengan fasilitas e-book dan e-journal yang di salahgunakan.

Untuk mencegah hal ini terjadi, tentunya pendidikan teknologi memiliki peranan penting untuk ambil bagian. Pendidikan teknologi bertujuan untuk memberikan gamabaran sekaligus meliterasi generasi pengguna internet agar bisa memaksimalkan penggunaan internet tanpa harus menimbulkan efek buruk yang akan dirasakan oleh pengguna internet itu sendiri.

Di dalam pendidikan teknologi, para pengguna internet akan diberikan pemahaman mengenai bagaimana menggunakan internet semaksimal mungkin namun tetap dalam koridor aman. Hal ini tentunya akan berkaitan erat dengan durasi dan ranah berselancar di internet. Edukasi seperti ini hendaknya diberikan bukan hanya pada generasi muda melainkan menyeluruh bagi seluruh usia pengguna internet.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan Budaya

Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan Budaya

Budaya dan pendidikan merupakan dua hal yang tidak bisa dilepaskan. Keduanya saling melengkapi dan erat kaitannya. Pendidikan dapat diartikan sebagai sebuah budaya dalam masyarakat yang terliterasi dengan baik. Begitupun budaya merupakan bagian dari pendidikan karena apat dijadikan sebagai sebuah kajian tersendiri. Contoh teks eksposisi tentang pendidikan budaya berikut ini akan memberikan anda informasi.

Membahas mengenai kebudayaan Indonesia, tentu yang akan muncul di pemikiran sebagaian orang Indonesia adalah terkait dengan tradisi dan kebiasaan adat yang diwariskan turun temurun. Hal inilah yang kadang membuat orang salah kaprah. Kebudayaan Indonesia tidak hanya dilihat dari budaya lokal dan leluhurnya saja.

Kebudayaan Indonesia lebih luas dari itu. Kebudayaan Indonesia memiliki cakupan yaitu semua budaya yang ada di Indonesia. Berbagai budaya ini merupakan kombinasi antara budaya lokal dan kebudayaan asing yang turut berkembang berdampingan di Indonesia sejak dulu kala.

Meski begitu, kedua kebudayaan ini tentu memiliki porsi tersendiri di dalam masyrakat. Tidak mungkin kita berpatokan pada kebudayaan asing dalam menjalani kehidupan sehari-hari hanya karena budaya asing hidup berdampingan dengan budaya asli kita.

Budaya lokal, sebagai budaya yang lebih mencerminkan kepribadian bangsanya harus memiliki porsi lebih dan dijadikan sebagai identitas diri oleh masyarakat Indonesia. Namun faktanya, tak sedikit orang yang lebih memperhatikan budaya asing dan menjadikannya patokan dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Hal inilah yang harus dicegah agar budaya lokal sebagai identitas bangsa tidak luntur oleh waktu dan tidak digeser dengan budaya asing. Untuk itu, perlu ditanamkan pendidikan kebudayaan di semua tahapan pendidikan formal guna mmebentuk kesadaran diri akan pentingnya melestarikan budaya lokal dan memprioritaskan identitas bangsa dalam menjalani proses sosial di masyarakat.

Selain itu, pendidikan budaya dapat memberikan pengertian bahwa tidak semua budaya lokal bisa masuk dan tumbuh berkembang di Indonesia. Tentunya kita harus dapat memilah dan memilih budaya sing yang masih relevan dengan budaya lokal dan tidak bertentangan dengan normal sosial yang berkembang di masyarakat.

Alangkah lebih baiknya jika hal ini di aplikasikan di semua kalangan. Dengan pemahamana yang baik terkait dengan porsi budaya lokal dan budaya asing bisa membantu budaya lokal untuk terus hidup dan bertahan di zaman di mana arus globalisasi memberikan efek yang besar.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan Sosial

Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan Sosial

Contoh teks eksposisi berikut ini memuat tentang pendidikan sosial ini perlu diketahui oleh banyak orang karena memuat berbagai informasi menarik yang bisa memperkaya pengetahuan para pembaca. Selain itu juga pengetahuan sosial akan memberikan anda pandangan terkat lingkungan sekitar anda di masyarakat. Berikut ini adalah contoh teks eksposisi tentang pendidikan sosial.

Dalam kehidupan bermasyarakat sudah barang pasti jika anda akan menemukan bergaam perbedaan yang tumbuh berkembang di masyarakat itu sendiri. Berbagai macam perbedaan ini termasuk latar belakang pendidikan, budaya, kebiasaan, agama, pengalaman hingga hal yang paling sederhana adalah mengenai perbedaan gender.

Menyinggung mengenai keberagaman, tentu akan muncul beragam masalah dan isu yang berkembang di masyarakat di mana perbedaan menjadi salah satu topic utama di setiap diskusi. Dalah satu yang paling sering dan lazim di bahas adalah terkait kesetaraan gender yang masih menjadi perdebatan di masyarakat.

Yang diharapkan dari adanya kesetaraan gender ini tentunya bukan sebuah kondisi di mana perbedaan dihapuskan dalam masyarakat. hal ini karena perbedaan yang ada di masyarakat dimakai sebagai kodrat yang tidak dapat dirubah, namun kesetaraan gender adalah isu sosial yang bisa dirubah dan memiliki kemungkinan untuk berubah.

Yang dimaksudkan dengan setara adalah adanya kesamaan porsi dalam memperoleh hak-hak asasinya secara wajar dan adil dan diberikan kesempatan untuk dapat menjalankan perannya di dalam berbagai bidang yaitu pendidikan, politik, ekonomi, pertahanan dan keamanan, dan bidang lainnya selama hidup di masyarakat.

Secara sederhana, kesetaraan Gender ini bukan sekedar pengambilan alih pekerjaan dan kewajiban dari seorang suami (laki-laki) yang dilimpahkan ke tangan istri (perempuan), akan tetapi jauh lebih luas dari itu yaitu adalah proses cara pandang yang setara antara kaum lelaki dan wanita di mana keduanya bisa diberikan kesempatan yang sama di berbagai sektor kehidupan.

Dengan adanya kesetaraan gender, akan memberikan banyak manfaat di masyarakat. pada titik dimana lelaki dan perempuan diberikan hak dan kesempatan yang sama, maka yang tercipta di masayrakat adalh harmoni antara individu karena bisa saling menghargai satu sama lain dan memandang sama antara lelaki perempuan. Selain itu juga bisa membentuk iklim yang lebih kompetitif.

Lebih dari itu, salah satu sisi positif adanya kesetaraan gender adalah hilangnya deskriminasi di masyarkaat terkait dengan urusan gender.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan Ekonomi

Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan Ekonomi

Tema ekonomi ini merupakan salah satu tema yang sangat fundamental di dalam kehidupan bermasyarakat. Tema ekonomi memberikan banyak khasanah bagi pembaca terutama yang berkaitan dengan kondisi pasar seiring dengan kemajuan zaman. Contoh teks eksposisi tentang pendidikan ekonomi ini akan membahas terkait globalisasi ekonomi.

Di zaman sekarang ini di mana teknologi semakin berkembang, maka tak dapat dipungkiri bahwa semakin berkembang pula berbagai bidang lain di dunia ini. Sebagai salah satu contohnya adalah adanya digitalisasi yang dipelopori oleh gerakan globalisasi yang terjadi secara masif. Globalisasi ini tak ubahnya sebagai pintu gerbang akan perkembangan di bidang lainnya, dan salah satunya adalah ekonomi.

Istilah yang paling sering digunakan untuk menggambarkan kondisi ini adalah globalisasi perekonomian. Globalisasi perekonomian ini dimaknai sebagai sebuah proses perkembangan ekonomi yang berbasis digital karena adanya peleburan batas-batas dunia seperti misalnya batas teritorial negara.

Di dalam pengertian lainnya dikatakan bahwa proses ini merupakan sebuah fenomenan di mana terdapat keterkaitan erat antara ekonomi nasional dan ekonomi internasional. Proses ini tentu memberikan imbas, salah satunya adalah banyaknya produk luar negeri yang sudah melekat dengan citra warga begitupun sebaliknya.

Hal-hal seperti ini tentunya membawa dampak pada pemain di bidang ekonomi seperti pelaku kegiatan ekonomi. Sehingga jika mereka tidak mengetahui dan memahami globalisasi ekonomi maka dapat terseret arus yang bisa berakibat negative bagi dunia perdagangan dalam negeri.

Berkaitan dengan dampak negative yang akan diterima oleh dunia perdagangan dalam negeri misalnya adalah adanya ketidakpastian ekonomi di Indonesia. Bisa jadi pasar domestic akan kewalahan untuk menghadapai persaingan.

Persaingan ini bahkan bisa masuk hingga ke lingkup terendah yaitu persaingan di pasar tradisional. Hal inilah yang seharusnya di antisipasi oleh berbagai kalangan yang terlibat termasuk di dalamnya adalah para pedagang dan produsen.

Namun tentunya bukan hanya pengaruh negative melainkan juga berbagai dampak positif bisa didapatkan dari adanya globalisasi ekonomi ini. Salah satu manfaat dari globalisasi ekonomi adalah semakin terbukanya peluang perluasan pasar yand dilakukan dengan cara melakukan ekspor pada produk-produk dari dalam negeri negeri.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan Kesehatan

Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan Kesehatan

Kondisi kesehatan mental adalah kondisi kejiwaan yang tidak terlihat secara kasat mata dari luar tubuh tetapi memegang kendali yang besar terhadap kondisi tubuh secara umum termasuk kondisi fisik manusia.

Kondisi mental yang dikategorikan sebagai kondisi yang baik adalah sebuah kondisi di mana batin kita merasa tentram dan tenang, sehingga memungkinkan kita untuk bisa menikmati beragam proses yang kita jalani dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu dengan kondisi mnetal yang baik maka kita bisa lebih mudah menerima kenyataan dan menghargai orang lain yang ada di sekitar kita.

Lebih dari itu, orang dengan kondisi mental yang sehat dan normal bisa menggunakan kemampuan dan menggali berbagai potensi yang ada di dalam dirinya secara maksimal. Dengan begitu, hal ini bisa dimanfaatkan untuk menghadapi tantangan hidup, serta menjalin hubungan positif dengan orang lain yang ada di lingkungan masyarakat.

Kondisi ini tentu akan sangat berbeda dengan orang yang memiliki gangguan jiwa. Orang yang memiliki gangguan jiwa ini bisa berpotensi mengalami gangguan terhadap aspek lain di dalam dirinya seperti contohnya adalah adanya gangguan pada suasana hati, kemampuan mencerna informasi, serta kendali emosi yang buruk dan berakhir pada perilaku buruk.

Salah satu kondisi yang dikategorikan sebagai gangguan mental adalah stress. Stress adalah kondisi di mana seseorang mengalami tekanan yang sangat berat, baik dari sisi emosinya atau bisa juga gangguan dari sisi mentalnya.

Ciri-ciri orang dengan gangguan jiwa ini biasanya akan terlihat gelisah, cemas, dan mudah tersinggung. Stres secara tidak langsung juga bisa mengakitbatkan gangguan terhadap konsentrasi, mengurangi motivasi, dan pada kasus tertentu bisa hal ini bisa memicu depresi.

Contoh Teks Eksposisi dengan Tema Hukum

Contoh Teks Eksposisi dengan Tema Hukum

Pengertian hukum perdata menurut salah satu ahli hukum yaitu Prof. Subekti, adalah segala hukum private materiil yaitu segala hukum pokok yang memuat dan mengatur kepentingan perseorangan di mata hukum.

Namun ada juga pengertian lain yang dijelaskan oleh Prof. Sudikno Mertokusumo, hukum perdata dimaknai sebagai keseluruhan peraturan yang mempelajari hubungan antar orang di dalam hubungan keluargan dan dalam pergaulan di masyarakat.

Sejarah hukum perdata ada di berbagai Negara pastilah berbeda. Hukum perdata yang ada di Indonesia misalnya, tidak dapat dipisahkan dari sejarah hukum perdata Eropa, hal ini karena Idonesia pernah dijajah oleh Belanda selama lebih dari 3 abad lamanya.

Sehingga hukum pedata yang ada di Indonesia dipengaruhi oleh Hukum Perdata Romawi yang dipandang sebagai hukum asli dari negara di Eropa itu sendiri, di samping itu ada juga hukum tertulis dan kebiasaan setempat yang selalu dijunjung tinggi dan dijadikan sebagai sebuah hukum.

Kumpulan contoh teks eksposisi singkat di atas dari berbagai tema tersebut dapat memberikan gambaran mengenai bagaimana teks eksposisi seharusnya di tulis dan juga memberikan penjelasan mengenai sifat teks eksposisi yang pada umumnya bersifat informatif karena memuat berbagai informasi yang berupa pengetahuan.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan (Berbagai tema)

Leave a Reply