Contoh Teks Eksposisi

15 Contoh Teks Eksposisi Singkat (Terlengkap)

Teks Eksposisi Singkat – Karya sastra Indonesia memiliki berbagai macam bentuknya. Ada yang bentuk teks maupun bait. Selain itu, isi dari karya sastra tersebut juga berbagai macam. Mulai dari proses pembuatan, pengetahuan, perbandingan, dan lain sebagainya. Salah satu karya yang banyak dijumpai akhir – akhir ini adalah teks eksposisi. Penjelasan contoh teks eksposisi singkat sebagai berikut.

Contoh Teks Eksposisi lengkap dengan Strukturnya

Contoh Teks Eksposisi lengkap dengan Strukturnya

Penulisan contoh teks eksposisi beserta strukturnya merupakan hal yang dianjurkan dalam kaidah bahasa. Hal ini bertujuan agar para pembaca dapat mengikuti alur dari penulisan teks eksposisi tersebut. Selain itu, penulisan teks eksposisi ini bertujuan untuk membuat penyimak ingin terus menerus membaca. Berikut adalah penulisan contoh teks eksposisi singkat.

Pentingnya Dunia Pendidikan dalam Bidang Ekonomi

Tesis

Dunia pendidikan memiliki dampak secara langsung dalam bidang ekonomi dunia. Hal ini karena dengan menggunakan pendidikan setiap orang dapat mempelajari segala hal yang berkaitan dengan peningkatan perekonomian dunia. Selain itu, pendidikan juga dapat menekan angka kemiskinan yang ada di Indonesia.

Argumentasi

Pemerintah Indonesia memiliki perhatian yang sangat tinggi terhadap dunia pendidikan. Perhatian pemerintah tersebut diwujudkan dalam bentuk sumbangan dana bagi siswa yang kurang mampu. Hal ini bertujuan agar semua rakyat Indonesia dapat bersekolah dengan baik. Hingga kini dunia pendidikan yang berkembang di Indonesia berangsur membaik.

Adanya perhatian tersebut harus diimbangi dengan semangat belajar dari setiap siswa. Dengan begitu akan membuat siswa dapat berprestasi dan dapat membanggakan negara. Alhasil perhatian pemerintah yang sudah diberikan tersebut, tidaklah sia – sia dan diharapkan dapat lebih ditingkatkan kembali.

Penegasan Ulang

Bila setiap siswa memiliki prestasi yang unggul dan dibarengi dengan fasilitas pendidikan yang baik, dapat membuat Negara Indonesia menjadi dihormati oleh dunia. Hal ini karena Indonesia akan berubah menjadi negara maju yang memiliki Sumber Daya Manusia yang berkualitas. Dengan begitu akan banyak negara lain yang melakukan kerjasama dengan Indonesia.

Contoh Teks Eksposisi Kesehatan

Contoh Teks Eksposisi Kesehatan

Teks eksposisi yang berkembang memiliki beberapa jenis yang sesuai dengan isi yang ada di dalamnya. Untuk penulisan teks eksposisi ini harus berdasarkan fakta yang terjadi di lapangan. Dengan kata lain adalah tidak boleh mengada – ngada. Simak penjelasan mengenai contoh teks eksposisi singkat kesehatan berikut ini.

Manfaat Tidur secara Teratur bagi Kesehatan

Bagian otak dan juga tubuh manusia adalah organ yang mudah untuk terkena penyakit dan juga virus berbahaya. Kesehatan organ manusia sangat bergantung kepada kondisi pikiran dan juga tubuh. Bila tubuh tidak kuat menahan virus, maka organ lainnya juga akan ikut terserang oleh penyakit. Hal ini juga terjadi ketika otak merasa stres, pasti akan menjalar ke organ lainnya.

Cara paling ampuh untuk menjaga kesehatan otak dan tubuh adalah dengan istirahat secara teratur. Hal ini karena tubuh manusia tidak dapat digunakan untuk bekerja secara terus menerus. Pastinya tubuh juga memerlukan istirahat untuk mengembalikan stamina. Tidak hanya tubuh, pikiran juga akan berdampak pada kesehatan bila merasakan stres berkepanjangan.

Tidur adalah salah satu cara untuk mengistirahatkan anggota tubuh dan juga otak. Menurut penelitian, tubuh manusia dianjurkan beristirahat minimal 6 jam setiap hari. Hal ini bertujuan agar kesehatan organ tubuh dan otak manusia dapat selalu terjaga. Bila tubuh mengalami kurang istirahat, pastinya kondisi tubuh dan otak akan terasa tidak sehat.

Tidur adalah kegiatan yang sangat penting bagi kesehatan otak dan juga organ tubuh manusia. Bila tubuh mengalami kurang tidur, secara langsung akan berdampak buruk kepada fisik dan kinerja otak manusia. Biasanya badan akan mengalami pusing, demam, dan flu ketika mengalami kurang tidur. Oleh sebab itu, mulailah untuk beristirahat secara teratur.

Contoh Teks Eksposisi Pekerjaan

Contoh Teks Eksposisi Pekerjaan

Para pembaca teks eksposisi bisa mendapatkan ilmu baru setelah membaca artikel tentang berita yang sedang berkembang. Dengan begitu dapat membuat para pembaca tersebut akan terus menerus membaca karena ingin mengetahui lebih banyak informasi baru yang bisa mereka dapatkan. Berikut adalah penulisan contoh teks eksposisi singkat pekerjaan.

Mata Pencaharian Warga Sragen

Dampak dari semakin meningkatnya jumlah penduduk adalah semakin besarnya kebutuhan pokok sehari – hari. Dengan begitu masyarakat harus lebih keras lagi untuk mencari rezeki tambahan. Salah satu mata pencaharian yang banyak dipilih masyarakat adalah berjualan di pinggir jalan alias pedagang kaki lima. Biasanya yang dijual adalah nasi, es buah, dan lainnya

Di Sragen, banyak masyarakat yang bekerja sebagai pedagang kaki lima. Biasanya pedagang akan berjajar di sepanjang jalan pada malam hari. Dengan begitu para pembeli akan datang untuk membeli barang dagangan mereka.

Para pedagang kaki lima sudah paham mengenai wilayah yang tergolong strategis untuk dijadikan tempat jualan. Dengan begitu mereka dapat meraup keuntungan besar setiap harinya. Khususnya ketika malam minggu dan juga hari libur telah tiba. Pastinya akan banyak pundi – pundi uang yang akan mereka dapat.

Ada berbagai dagangan yang dijual oleh pedagang kaki lima. Mulai dari bakso, lalapan, sate, makanan ringan, kopi, minuman soda, dan lain sebagainya. Semua makanan dan minuman yang ditawarkan tersebut, dijual dengan harga terjangkau. Hal ini karena dalam harga tersebut tidak ada pajak sewa yang dikenakan kepada pembeli.

Saat ini, lapangan pekerjaan semakin susah untuk dicari. Hal ini karena jumlah pelamar tidak sebanding dengan lapangan pekerjaan yang tersedia. Alhasil warga sragen memilih untuk berdagang di pinggiran jalan, yang akan meraup keuntungan besar setiap harinya.

Contoh Teks Eksposisi Klasifikasi

Contoh Teks Eksposisi Klasifikasi

Para pembaca teks eksposisi bisa mendapatkan ilmu baru setelah membaca artikel tentang klasifikasi. Dengan begitu dapat membuat para pembaca tersebut akan terus menerus membaca karena ingin mengetahui lebih banyak informasi baru yang bisa mereka dapatkan. Penulisan contoh teks eksposisi singkat tentang klasifikasi adalah sebagai berikut.

Berbagai Alat Transportasi Umum Indonesia

Transportasi adalah media yang dilengkapi dengan mesin, untuk membantu manusia dan juga barang untuk berpindah tempat. Kemudian untuk transportasi umum, biasa digunakan secara bersama – sama. Di Indonesia sudah tersedia transportasi umum yang tersebar di berbagai daerah. Transportasi umum tersebut meliputi bus, pesawat, bajaj, becak, perahu, dan lainnya.

Transportasi darat biasanya banyak dimanfaatkan masyarakat untuk melakukan aktivitasnya setiap hari. Mulai dari sekolah, bekerja, hingga berwisata. Jenis transportasi darat antara lain busway, bajaj, angkot, becak, kereta api, bus, dan lain sebagainya.

Transportasi udara dapat berupa pesawat terbang. Biasanya masyarakat yang menggunakan transportasi ini, akan bepergian dari satu pulau ke pulau lain. Hal ini karena perjalanan tersebut tidak dapat ditempuh dengan jalur darat.

Transportasi laut biasa menggunakan kapal untuk mengantarkan penumpang ke tempat tujuan. Jenis dari transportasi laut antara lain berupa feri, sampan, dan perahu. Semua jenis transportasi laut tersebut memiliki kapasitas tersendiri di dalamnya. Ada yang dapat menampung banyak orang, ada juga yang hanya 2 orang saja.

Berbagai transportasi umum yang tersedia di Indonesia sangatlah bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Hal ini karena dapat membantu masyarakat untuk pergi ke tempat lain. Oleh sebab itu, pemerintah harus selalu menambah jumlah transportasi di Indonesia. Dengan begitu akan menekan jumlah penggunaan kendaraan pribadi di Indonesia.

Contoh Teks Eksposisi Perbandingan

Contoh Teks Eksposisi Perbandingan

Pada penulisan teks eksposisi terdapat berbagai karakter. Ada yang penulisannya secara singkat, sedang, dan juga detail. Namun semua penulisan teks eksposisi ini memiliki kaidah yang sama, hanya saja yang membedakan hanya karakternya saja. Simak contoh teks eksposisi singkat tentang perbandingan dalam artikel berikut ini.

Perbedaan Kondisi di Pedesaan dan Perkotaan

Kondisi di pedesaan memiliki perbedaan dengan perkotaan. Hal ini dapat terjadi karena ada beberapa faktor yang membedakan kedua daerah tersebut. Mulai dari segi kondisi, suasana, hingga aksesnya.

Kondisi di pedesaan masih dipandang terbelakang oleh masyarakat luas. Terkadang teknologi yang terbilang canggih, belum dapat menjangkau daerah pedesaan ini. Hal ini karena masyarakat pedesaan masih belum dapat menerima teknologi yang tergolong canggih tersebut.

Berbeda dengan masyarakat di pedesaan yang tergolong sangat mudah menerima perkembangan teknologi canggih. Hal ini karena fasilitas yang ada di kota lebih memadai, bila dibandingkan dengan fasilitas di pedesaan.

Adanya perbedaan daerah ini, tidak membuat masyarakat perkotaan memandang rendah masyarakat desa. Malahan masyarakat perkotaan lebih memilih daerah pedesaan sebagai tempat tujuan wisata. Hal ini karena daerah pedesaan lebih segar udara dan suasananya.

Contoh Teks Eksposisi Pendidikan

Contoh Teks Eksposisi Pendidikan

Penulisan contoh teks eksposisi singkat, wajib hukumnya untuk mematuhi peraturan penulisan di dalamnya. Peraturan yang harus ditaati antara lain judul, tesis, pendapat dan kesimpulan. Semua struktur ini harus ditulis secara urut, agar menjadi tulisan yang baik. Penulisan tentang contoh teks eksposisi tentang pendidikan adalah sebagai berikut.

Kurikulum Pendidikan Terbaru di Indonesia

Akhir – akhir ini, dunia pendidikan sedang mengalami perubahan. Perubahan yang dimaksud adalah penggunaan sistem dari kurikulum pendidikan tahun 2016 diganti dengan tahun 2013. Hal ini diberlakukan untuk semua yang ada di Indonesia. Sayangnya masyarakat luas tidak terlalu paham dengan kurikulum 2016.

Menurut Kementrian Pendidikan, kurikulum 2016 hanya digunakan untuk sekolah yang telah mendapatkan akreditasi A. Dengan begitu, sekolah yang belum mendapatkan akreditasi ini bisa menggunakan kurikulum 2013. Kedua kurikulum pendidikan tersebut memiliki perbedaan dalam pelaksanaannya.

Kurikulum pendidikan tahun 2013 memiliki beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh pihak sekolah. Syarat paling utama adalah daerah sekolah harus dapat diakses oleh distribusi buku. Selain itu, kurikulum pendidikan tahun 2013 memiliki fokus utama yang harus diketahui pihak sekolah.

Fokus utama kurikulum pendidikan tahun 2013 adalah pembangunan karakter, pengetahun, sikap, dan keterampilan dalam pendekatan ilmiah. Kemudian fokus kedua kurikulum ini adalah pemberian pembelajaran yang berisi tentang rasa syukur kepada Tuhan dengan menggunakan media karya.

Tujuan dari kurikulum pendidikan tahun 2013 adalah untuk menciptakan generasi muda yang cinta negara dan juga berkualitas tinggi. Namun sangat disayangkan tidak semua siswa mampu menangkap pembelajaran tersebut. Hal ini karena kurikulum pendidikan tahun 2013 ini dianggap sudah menggabungkan mata pelajaran yang tidak memiliki hubungan dari segi substansi.

Adanya penerapan kurikulum pendidikan tahun 2013, dinilai sebagai pemaksaan pengetahuan dan juga pemahaman kepada siswa. Dengan begitu secara langsung dapat membuat siswa menjadi bingung dengan mata pelajaran yang diberikan. Hal ini karena pelajaran tersebut bersifat terpisah. Itulah yang membuat masyarakat menolak penerapan kurikulum pendidikan tahun 2013

Contoh Teks Eksposisi Ilustrasi

Contoh Teks Eksposisi Ilustrasi

Penulisan contoh teks eksposisi singkat berisi tentang pemaparan sebuah topik secara lebih detail. Dengan begitu, penulis teks ini akan memaparkan perihal bagaimana dan juga seperti apa topik bahasan tersebut. Selain itu, teks eksposisi ini memiliki fokus utama berupa penjelasan karakteristik dalam topik bahasan. Berikut adalah penulisan teks eksposisi secara lebih detail.

Cara Mengatasi Demam Panggung

Sebelum menaiki panggung, pasti Anda akan merasa gugup yang disertai dengan jantung yang berdetak hebat. Itulah yang disebut sebagai demam panggung. Perasaan ini adalah hal yang wajar terjadi karena kurangnya rasa percaya diri di dalam diri.

Bila badan merasakan demam panggung, biasanya akan terasa lemas dan jantung akan berdetak dengan kencang. Dampak dari demam panggung ini adalah hilangnya konsentrasi yang akan membuat persiapan menjadi kurang matang.

Cara mengatasi demam panggung sangatlah mudah. Anda dapat menarik nafas panjang secara perlahan. Kemudian biarkan badan rileks kembali. Dengan begitu tubuh akan merasa tenang kembali.

Contoh Teks Eksposisi Definisi

Contoh Teks Eksposisi Definisi

Penulisan teks eksposisi harus sesuai dengan fakta yang terjadi di lapangan. Sehingga dapat dikatakan bila teks ini bukanlah tergolong dalam fiksi. Selain itu, untuk menyajikan tulisan ini harus singkat, jelas, serta padat. Penulisan contoh teks eksposisi singkat bidang ekonomi adalah sebagai berikut.

Pentingnya Paragraf dalam Bacaan

Paragraf merupakan kumpulan dari beberapa kalimat dalam satu kesatuan. Dalam paragraf ini terdiri dari pikiran utama, penjelas, dan kalimat pendukung. Sehingga dalam satu paragraf tersebut memiliki makna yang berbeda dengan paragraf lain.

Keberadaan paragraf sangatlah penting di dalam sebuah kalimat. Hal ini karena paragraf tersebut terkandung pikiran pokok yang menjadi tulang punggung dalam bacaan. Pikiran pokok akan diikuti dengan kalimat penjelas dan juga kalimat pendukung di dalamnya. Itulah yang membuat sebuah paragraf ini menjadi penting.

Contoh Teks Eksposisi Lingkungan

Contoh Teks Eksposisi Lingkungan

Penulisan teks eksposisi, wajib hukumnya untuk mematuhi struktur penulisan di dalamnya. Peraturan penulisan teks ini antara lain judul, tesis, pendapat, dan kesimpulan. Semua struktur ini harus ditulis secara urut, agar menjadi tulisan yang baik. Simak penulisan contoh teks eksposisi singkat berikut.

Peningkatan Volume Sampah dari Tahun ke Tahun

Aktivitas membuang sampah di sungai kini sudah menjadi hal yang wajar. Bahkan untuk membuang sampah di tempatnya saja, sangatlah susah. Dengan adanya fenomena seperti ini, akan membuat semua orang merasakan dampaknya. Dampak yang dihasilkan tersebut adalah terjadinya banjir saat musim hujan tiba

Menurut ahli lingkungan hidup, jumlah sampah yang dibuang di sungai akan selalu mengalami peningkatan secara terus menerus. Adanya peningkatan tersebut tidak lain karena masyarakat yang masih membuang sampah di sungai. Sayangnya masyarakat tidak pernah kapok terkena banjir yang selalu menggenangi rumahnya. Malahan mereka selalu menyalahkan pemerintah.

Dengan adanya dampak banjir yang selalu menggenang rumah masyarakat, sudah seharusnya bila mereka sadar untuk membuang sampah di tempatnya. Bila hal ini dilakukan dengan baik, pastinya ketika musim hujan tiba tidak akan pernah terjadi banjir lagi. Hal ini karena air di sungai akan mengalir secara lancar tanpa ada sampah yang menjadi penghambat.

Contoh Teks Eksposisi Identifikasi

Contoh Teks Eksposisi Identifikasi

Pada penulisan contoh teks eksposisi singkat terdapat berbagai karakter. Ada yang penulisannya secara singkat, sedang, dan juga detail. Namun semua penulisan teks eksposisi ini memiliki kaidah yang sama, hanya saja yang membedakan hanya karakternya saja. Simak contoh teks eksposisi singkat secara singkat dalam artikel berikut ini.

Spesies Ayam di Indonesia

Ayam memiliki berbagai macam jenis yang tersebar di Indonesia. Mulai dari ayam kampung, Australia, dan jenis lainnya. Masyarakat Indonesia seringkali memanfaatkan dagingnya sebagai lauk pauk di kala makan. Sehingga tidak heran bila permintaan terhadap daging ayam, selalu mengalami peningkatan di dalamnya.

Jenis Ayam Australia paling banyak dijual di Negara Indonesia. Itulah yang menjadi permintaan meningkat setiap harinya. Selain itu perawatan Ayam Australia tergolong mudah, bila dibandingkan dengan perawatan jenis lainnya. Kemudian Ayam Australia ini dijual dengan harga murah di pasaran.

Namun bila Ayam Australia dikonsumsi dalam jumlah besar, akan menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan. Hal ini karena ayam ini selalu dilakukan penyuntikan agar cepat besar. Itulah yang membuat ayam tidak boleh dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Contoh Teks Eksposisi Laporan

Contoh Teks Eksposisi Laporan

Penulisan teks eksposisi dapat mencakup segala bidang. Hal ini juga mencakup tentang lingkungan hidup. Namun tetap harus memperhatikan peraturan dalam penulisannya. Simak penulisan secara detail mengenai contoh teks eksposisi singkat tema laporan.

Perkembangan Siswa – Siswi SMK

Pemikiran yang ada pada setiap siswa – siswi SMK, memang sangat luar biasa hebat. Hal ini karena mereka sudah memiliki pemikiran sendiri terkait karir yang akan dijalaninya, setelah lulus dari SMK. Sejak awal sekolah, mereka dapat memilih jurusan yang sesuai dengan keinginannya sendiri. Mulai dari jurusan mesin, listrik, komputer, hotel, koki, dan lain sebagainya.

Siswa – siswi SMK yang sudah lulus sekolah, sudah dapat dikategorikan sebagai para pencari kerja. Hal ini karena umur yang dimiliki mereka sudah mencapai 18 hingga 20 tahun. Dengan begitu mereka dapat memanfaatkan peluang kerja yang tersedia di sekitarnya.

Itulah yang menjadi alasan sekolah SMK lebih banyak diminati, dibandingkan dengan SMA. Hal ini karena ilmu yang diterapkan dapat langsung dipraktekkan secara langsung. Selain itu, biaya sekolah SMK tergolong lebih rendah bila dibandingkan dengan SMA. Sehingga tidak heran bila sekolah SMK dapat mencetak siswa – siswi berkualitas.

Contoh Teks Eksposisi Ekonomi

Contoh Teks Eksposisi Ekonomi

Penulisan contoh teks eksposisi harus berisi informasi secara fakta dan tidak memaksakan kehendak kepada pembaca. Kemudian struktur penulisan teks tersebut harus dimasukkan secara jelas dan berurutan. Hal ini bertujuan agar pembaca tidak bingung dengan isi artikel yang dibaca. Simak penulisan contoh teks eksposisi singkat tentang ekonomi berikut.

Pentingnya Dunia Pendidikan dalam Bidang Ekonomi

Dunia pendidikan memiliki dampak secara langsung dalam bidang ekonomi dunia. Hal ini karena dengan menggunakan pendidikan setiap orang dapat mempelajari segala hal yang berkaitan dengan peningkatan perekonomian dunia. Selain itu, pendidikan juga dapat menekan angka kemiskinan yang ada di Indonesia.

Pemerintah Indonesia memiliki perhatian yang sangat tinggi terhadap dunia pendidikan. Perhatian pemerintah tersebut diwujudkan dalam bentuk sumbangan dana bagi siswa yang kurang mampu. Hal ini bertujuan agar semua rakyat Indonesia dapat bersekolah dengan baik. Hingga kini dunia pendidikan yang berkembang di Indonesia berangsur membaik.

Adanya perhatian tersebut harus diimbangi dengan semangat belajar dari setiap siswa. Dengan begitu akan membuat siswa dapat berprestasi dan dapat membanggakan negara. Alhasil perhatian pemerintah yang sudah diberikan tersebut, tidaklah sia – sia dan diharapkan dapat lebih ditingkatkan kembali.

Bila setiap siswa memiliki prestasi yang unggul dan dibarengi dengan fasilitas pendidikan yang baik, dapat membuat Negara Indonesia menjadi dihormati oleh dunia. Hal ini karena Indonesia akan berubah menjadi negara maju yang memiliki Sumber Daya Manusia yang berkualitas. Dengan begitu akan banyak negara lain yang melakukan kerjasama dengan Indonesia.

Contoh Teks Eksposisi Hewan

Contoh Teks Eksposisi Hewan

Penulisan teks eksposisi terbagi menjadi beberapa jenis yang sesuai dengan isi yang ada di dalamnya. Untuk penulisan teks eksposisi ini harus berdasarkan fakta yang terjadi di lapangan. Dengan kata lain adalah tidak boleh mengada – ngada. Penulisan contoh teks eksposisi singkat tentang hewan adalah sebagai berikut.

Manfaat Hewan Lebah

Hewan lebah tergolong dalam spesies serangga. Hewan yang bertubuh mungil ini, memiliki manfaat tersendiri bagi kesehatan yang terkandung di dalam tubuhnya. Manfaat tersebut bisa diambil dari sarang dan juga madu yang dihasilkannya. Selain manfaat bagi kesehatan, madu dan juga sarangnya ini memiliki nilai jual yang tinggi.

Manfaat madu yang dihasilkan oleh lebah ini adalah untuk meningkatkan kekebalan pada tubuh. Dengan begitu tubuh tidak akan mudah terserang oleh penyakit. Hal ini karena dalam madu tersebut memiliki kandungan vitamin dan juga mineral yang baik untuk kesehatan. Selain itu, madu memiliki kandungan enzim di dalamnya. Madu juga dapat mengobati varises dan radang.

Adanya berbagai manfaat tersebut, membuat lebah banyak dibudidayakan oleh masyarakat luas. Selain karena memiliki manfaat bagi kesehatan, madu juga dapat dijual dan menghasilkan pundi – pundi rupiah. Dengan begitu para petani lebah dapat meraup keuntungan besar dari hasil budidaya lebah.

Contoh Teks Eksposisi Berita

Contoh Teks Eksposisi Berita

Pada penulisan teks eksposisi memberikan manfaat berupa mendapatkan ilmu pengetahuan baru dari hasil membaca artikel. Oleh sebab itu, dalam penulisannya harus sesuai dengan kaidah yang ditentukan. Hal ini bertujuan agar para pembaca dapat mengikuti alur dari penulisan teks eksposisi tersebut. Simak penulisan secara detail tentang contoh teks eksposisi singkat berikut.

Manfaat Tanaman Sambiloto untuk Kesehatan

Tanaman Obat Keluarga atau TOGA masih banyak digunakan oleh masyarakat sekitar. Salah satunya adalah tanaman sambiloto. Tanaman ini sudah ada sejak dahulu dan masih dimanfaatkan sampai sekarang. Biasanya tanaman obat sambiloto digunakan untuk mengobati luka bakar.

Selain untuk mengobati luka bakar, tanaman ini juga digunakan sebagai obat darah tinggi, cedera, kanker, tumor paru – paru, dan juga panas. Namun tidak banyak orang yang mengetahui tentang manfaat yang ada di dalam tanaman sambiloto ini. Uniknya tanaman obat ini banyak dimanfaatkan sebagai obat herbal.

Itulah yang membuat tanaman obat sambiloto ini banyak dicari masyarakat. Hingga kini sudah banyak orang yang dahulunya sakit keras, sekarang sudah sembuh total karena mengkonsumsi tanaman ini. Uniknya setelah mengkonsumsi tanaman obat sambiloto ini, tidak ada efek samping yang dirasakan. Hal ini karena tanaman ini terbuat dari bahan alami.

Contoh Teks Eksposisi Narkoba

Contoh Teks Eksposisi Narkoba

Penulisan teks eksposisi harus sesuai dengan fakta yang terjadi di lapangan. Sehingga dapat dikatakan bila teks ini bukanlah tergolong dalam fiksi. Selain itu, untuk menyajikan tulisan ini harus singkat, jelas, serta padat. Berikut adalah penjelasan mengenai contoh teks eksposisi singkat tentang narkoba.

Mudahnya Mendapatkan Narkoba

Akhir – akhir ini masyarakat sudah dapat mengakses segala informasi dan komunikasi dengan sangat mudah. Hanya dengan menggunakan jaringan internet dan handphone, semua kehidupan di dunia dapat diakses. Sama halnya dengan narkoba yang dapat dengan mudah dibeli dari orang – orang yang tidak bertanggung jawab.

Menurut penelitian, narkoba sudah merambah kepada anak – anak sekolah dasar. Sungguh miris generasi muda saat ini. Fenomena seperti ini dapat terjadi karena kurangnya pengawasan orang tua terhadap lingkungan bermain anaknya. Selain itu, anak sekolah dasar sudah diberikan fasilitas mewah oleh orang tuanya.

Kasus narkoba tidak akan pernah bisa berhenti, sebelum akar – akarnya ikut dibasmi. Bahkan kasus ini sudah berkembang pesat di sekitar kita. Sangat disayangkan bila narkoba ini dapat menjarah ke anak – anak di bawah umur. Oleh sebab itu, hukum harus lebih tegas lagi kepada para pengedar narkoba yang sudah tertangkap. Hal ini bertujuan agar mereka jera.

Tujuan teks eksposisi dibuat adalah untuk memberikan penjelasan secara lebih detail mengenai informasi terbaru yang sesuai dengan fakta yang terjadi di lapangan. Perlu diingat bahwa dalam penulisan teks eksposisi wajib memperhatikan kaidah, struktur, ciri – ciri, dan juga jenisnya. Anda dapat melihat contoh teks eksposisi singkat untuk mengetahui penulisan lebih dalam lagi.

Contoh Teks Eksposisi Singkat (Terlengkap)

Advertisements

Leave a Reply