4 Contoh Teks Anekdot Singkat lucu, Sosial, Politik, Pendidikan dan lingkungan 1

4 Contoh Teks Anekdot Singkat lucu, Sosial, Politik, Pendidikan dan lingkungan

Contoh Teks Anekdot Singkat –¬†Pernahkah Anda membaca sebuah cerita lucu tetapi tersirat sindiran atau kritikan dalam cerita yang Anda baca itu? Cerita lucu yang mengandung kata-kata humor namun juga ada sindiran atau kritikan di dalamnya itu dikenal dengan istilah anekdot. Umumnya, anekdot ditulis secara singkat dan berikut ini ada beberapa contoh teks anekdot singkat dengan berbagai tema yang bisa Anda pelajari.

Contoh Teks Anekdot Singkat Lucu

Contoh Teks Anekdot Singkat Lucu

Sebuah teks anekdot memang harus lucu, namun tetap harus mengandung pesan seperti contoh teks anekdot singkat berikut ini. Meskipun terkesan lucu namun ada pesan moral yang bisa diambil dari anekdot ini yaitu sebagai orang tua sebaiknya lebih perhatian kepada anak-anaknya, apalagi jika usia anak masih sangat kecil.

Minum Racun Serangga

Setiap minggu, salah satu rutinitas pagi yang dilakukan Pak Ali dengan istri dan dua anaknya adalah berkebun. Namun, Minggu pagi itu agak berbeda dari biasanya, sebab terjadi kehebohan yang disebabkan karena Dimas anak bungsu pak Ali tidak sengaja menelan ulat bulu.

Melihat adiknya, menelan ulat bulu, Rangga kakak Dimas pun langsung berlari ke arah ibunya. Tanpa menghela napas, ia langsung menjelaskan kalau Dimas tidak sengaja menelan ulat bulu. Ibu tentu saja panik dan segera memberi tahu Ayah untuk membawa Dimas ke rumah sakit.

Namun, sebelum ibu menjelaskan peristiwa yang membuatnya panik itu, Rangga mencoba menenangkan ibu dengan berkata bahwa ibu tidak perlu khawatir sebab ulat bulu di perut Dimas pasti sudah mati, karena tadi ia sudah menyuruh Dimas untuk minum racun serangga. Mendengar hal itu, bukannya tenang, ibu malah langsung jatuh pingsan.

Contoh Teks Anekdot Singkat Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Contoh Teks Anekdot Singkat Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Kehidupan sehari-hari bisa diangkat menjadi sebuah teks anekdot yang lucu dan menghibur. Walau lucu, sebagai sebuah teks anekdot, Anda juga tetap perlu mengedepankan kaidah-kaidah pembuatan teks anekdot, seperti contoh teks anekdot singkat berikut ini.

Malu Karena Sosial Media

Rahma dan Sarita adalah teman lama sejak kecil, rumah mereka pun berdekatan. Namun, meskipun sahabat, kedua remaja itu memiliki sifat yang bertolak belakang. Rahma meskipun kaya namun tidak suka pamer harta, sedangkan Sarita sebaliknya, ia gemar sekali pamer kekayaan apalagi di sosial media.

Suatu hari, Rahma baru saja membeli sepatu baru, Sarita yang tahu hal itu langsung ingin meminjam sepatu baru Rahma untuk dipamerkan di sosial medianya. Awalnya, Rahma tidak mau meminjamkan sebab ia belum sempat memakai sepatu barunya itu, dan ia tidak mau Sarita dulu yang memakainya. Sarita pun kesal dan merasa kalau Rahma itu pelit, akhirnya dengan berat hati Rahma meminjamkan sepatu barunya itu.

Langsung saja, Sarita memakai sepatu baru Rahma sekaligus difoto kemudian diunggahnya ke sosial media. Beberapa menit kemudian, ada teman Sarita dan Rahma yang mengomentari foto tersebut, sayangnya komentar di sosial media itu malah membuat Sarita malu, sebab temannya itu penasaran, apa Sarita pinjam sepatu baru Rahma atau tidak sebab kemarin Rahma sudah mengunggah sepatu yang baru dibelinya itu di sosial medianya.

Contoh Teks Anekdot Singkat Politik

Contoh Teks Anekdot Singkat Politik

Politik adalah salah satu sumber kegelisahan yang sering dijadikan sebagai sebuah teks anekdot. Contoh teks anekdot singkat bertema politik seringkali muncul di berbagai media cetak dan biasanya juga dilengkapi dengan karikatur yang sesuai dengan teks anekdot tersebut.

Kabar Buruk dan Kabar Gembira

Sebuah tayangan berita di salah satu televisi nasional sedang menayangkan berita tentang tragedi kecelakaan bus yang jatuh ke jurang. Reporter televisi yang langsung melaporkan peristiwa mengenaskan langsung di lokasi terjadinya kecelakaan itu melaporkan bahwa tidak ada satupun penumpang yang selamat dari kecelakaan tragis itu.

Meskipun sudah dipastikan bahwa tidak ada satupun penumpang bus yang selamat, namun reporter tersebut mengatakan bahwa ia masih membawa satu kabar lagi dan yang dimaksud adalah kabar gembira. Tentu saja, penonton yang melihat apa yang diucapkan oleh sang reporter banyak yang merasa bingung.

Oleh sebab itu, reporter tersebut pun melanjutkan bahwa masih ada hikmah yang bisa dipetik dari kecelakaan tragis yang menelan puluhan jiwa pejabat negara. Hikmah yang dimaksud adalah seluruh rakyat Indonesia selamat dari potensi keserakahan dari pejabat negara yang memang identik dengan berbagai kasus korupsi.

Contoh Teks Anekdot Singkat Pendidikan

Contoh Teks Anekdot Singkat Pendidikan

Teks anekdot bertema pendidikan seringkali digunakan sebagai upaya untuk mengirim pesan secara tersirat kepada guru atau mengirimkan sindiran halus kepada guru. Salah satu contoh teks anekdot menyindir guru bisa Anda lihat di bawah ini.

Guru Harus Bisa Dijadikan Sebagai Panutan Siswa

Senin pagi yang cerah, bel sekolah sudah berbunyi 30 menit yang lalu, namun Arif baru sampai di sekolah. Bukan hanya melanggar aturan tidak boleh terlambat datang ke sekolah, Arif melakukan dua pelanggaran lainnya, yaitu merokok dan memukul temannya yang mengingatkannya untuk tidak merokok di sekolah.

Tiga pelanggaran yang dilakukan Arif itu tentu saja membuat guru BK geram dan langsung memanggil Arif untuk datang ke ruang BK. Guru BK pun memarahi Arif, namun setelah selesai dimarahi, dengan santai Arif berkata bahwa ia sebenarnya hanya mencontoh apa yang selama ini dilakukan oleh pak guru yaitu datang terlambat, merokok di area sekolah dan juga sering memukul murid.

Contoh Teks Anekdot Singkat Lingkungan

Contoh Teks Anekdot Singkat Lingkungan

Teks anekdot bertema lingkungan juga sering muncul di berbagai media cetak, apalagi saat ini krisis lingkungan semakin parah. Contoh teks anekdot singkat bertema lingkungan bisa Anda lihat di bawah ini.

Jangan Buang Sampah Plastik Sembarangan

Saat arisan PKK di sebuah desa, seorang penyuluh lingkungan hidup meminta izin untuk mengadakan penyuluhan singkat tentang sampah. Penyuluh lingkungan hidup itu menjelaskan bahwa sampah plastik termasuk jenis sampah paling buruk, maka dari itu jangan sembarangan membuang sampah plastik, sebaiknya didaur ulang saja atau lebih baik digunakan kembali.

Setelah arisan PKK usai, waktunya pembagian konsumsi yang terdiri dari minuman dan beberapa jenis kue yang semuanya menggunakan wadah yang terbuat dari plastik. Ibu-ibu yang baru mengikuti arisan dan mendengar penyuluhan tentang sampah plastik itu pun akhirnya berinisiatif untuk mengumpulkan bekas wadah plastik makanan dan minuman dan kemudian langsung dimasukkan ke dalam tas si penyuluh lingkungan hidup itu.

Melihat banyak orang yang memasukkan sampah plastik bekas wadah makanan dan minuman ke dalam tasnya tentu membuat si penyuluh kaget dan bingung. Langsung saja, si penyuluh bertanya mengapa tasnya banyak dimasukkan sampah plastik?

Serentak ibu-ibu menjawab bahwa sampah plastik tidak boleh dibuang sembarangan dan sebaiknya didaur ulang, oleh sebab itu mereka memasukkan sampah plastik agar si penyuluh bisa mendaur ulang sampah plastik itu. Seketika itu juga si penyuluh lingkungan hidup langsung pamit untuk pulang.

Teks anekdot yang lucu dan menghibur namun sarat pesan, kritik dan sindiran sebenarnya tidak hanya bisa ditulis menggunakan bahasa Indonesia. Banyak juga teks anekdot yang ditulis menggunakan bahasa daerah, contoh teks anekdot bahasa Jawa. Apapun bahasanya, namun jika sesuai dengan kaidah-kaidah dan struktur penulisan anekdot maka cerita humor itu layak disebut sebagai anekdot.

Contoh Teks Anekdot Singkat lucu, Sosial, Politik, Pendidikan dan lingkungan

Leave a Reply