Contoh Paragraf Argumentasi

15 Contoh Teks Argumentasi (Berbagai tema)

Teks Argumentasi (Berbagai tema) – Salah satu kata yang berasal dari Bahasa inggris argumentation yaitu argumentasi yang memiliki arti penjelasan, alasan, uraian, ataupun pembuktian. Sehingga dapat dikatakan bahwa argumentasi merupakan suatu kata yang memberikan alasan kuat yang meyakinkan pembaca atau pendengarnya. Untuk lebih dapat memahaminya, Anda dapat simak contoh teks argumentasi berikut.

Tentu teks argumentasi berisi tentang pembuktian maupun pendapat sesorang mengenai sesuatu. Untuk itu sebuah teks yang disebut dengan argumentasi adalah sebuah teks yang isinya mengemukakan contoh, alasan, serta bukti yang kuat sehingga orang dapat terpengaruh dan akan melakukan sesuatu sesuai apa yang diinginkan.

Contoh Teks Argumentasi Terkait Pendidikan

Contoh Teks Argumentasi Terkait Pendidikan

Contoh teks argumentasi mengenai pendidikan biasanya di sampaikan oleh aktivis pendidik ketika dalam moment-moment tertentu seperti hari guru. Teks argumentasi mengenai Pendidikan serta strukturnya dapat dilihat dalam uraian berikut.

1. Contoh Pertama

Menurut Dzulfikar, saat ini masyarakat harus sudah dapat mengubah pandangan bahwa setiap lulusan dari SMP harus masuk ke SMA. Padahal apabila seorang anak memiliki bakat tertentu, maka jalur profesi yang seharusnya dipilih. Sehingga akan lebih baik apabila anak tersebut masuk SMK.

Dalam paparannya Dzulfikar juga mengatakan bahwa akan sangat berisiko apabila siswa lulusan SMP sembarangan dalam memilih sekolah lanjutan. Contohnya seperti apabila siswa lulusan SMP yang tidak memiliki bakat dalam bidang akademik, namun terpaksa harus masuk SMA, masa siswa tersebut akan sulit untuk lulus karena dalam mengikuti pelajaran SMA siswa tersebut mengalami kesulitan.

Apabila tidak lulus dari jenjang SMA maka akan sangat mustahil siswa tersebut bisa melanjutkan ke perguruan tinggi negeri maupun swasta. Sehingga pada akhirnya, siswa tersebut hanya akan menjadi pengangguran, hal ini disebabkan karena pelajaran yang didapat sewaktu SMA tidak memberikan bekal untuk terjun ke dunia kerja.

2. Contoh Kedua

Salah satu hal yang paling penting untuk dapat mencapai tujuan dari pendidikan adalah media yang digunakan dalam Pendidikan itu sendiri. Akan tetapi beberapa dari Anda memiliki anggapan bahwa media pendidikan tersebut tidak penting. Sehingga tidak heran apabila di Indonesia sendiri penyebaran media Pendidikan tidak merata.

Contoh nyata yang dapat Anda lihat yaitu di daerah Papua yang sampai saat ini untuk tenaga pengajar masih kurang, selain itu media pendidikan yang ada di dana juga masih sangat kurang. Sehingga berpengaruh pada tingkat kecerdasan anak.

Apabila mengingat tujuan dari bangsa Indonesia yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945 yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa, maka pemerintah seharunya terus berusaha untuk meningkatkan pendidikan di negara ini. Khususnya pada penyebaran media pendidikan yang merata.

3. Contoh Ketiga

Salah satu sekolah di Indonesia yang merupakan sekolah terbaik yaitu SMA N Kasih Bunda. Sebab SMA ini telah banyak mencetak siswa-siswa yang berprestasi dengan dibuktikan oleh banyaknya para juara olimpiade dalam SMA ini. Selain itu prestasi lain yang juga membanggakan selain dalam bidang akademik juga banyak diperoleh oleh siswa di SMA ini seperti dalam bidang kesenian dan olahraga.

Hal tersebut terbukti dengan banyaknya atlet yang dikirimkan oleh sekolah ini untuk mewakili Indonesia dalam kejuaraan Sea Games, yaitu sebanyak 20 atlet. Selain itu paduan suara dalam SMA N Kasih Bunda ini juga sering kali menunjukkan prestasinya dalam perlombaan paduan suara tingkat internasional di Spanyol.

Semua prestasi yang sangat membanggakan yang telah berhasil diraih tentu tidak didapatkan begitu saja, akan tetapi dibalik semua itu terdapat latihan serta kerja keras para dewan guru serta para pihak komite yang memiliki komitmen untuk bisa mencetak siswa yang unggul.

Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Budaya

Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Budaya

Paragraf argumentasi terkait dengan budaya dapat Anda simak dalam contoh teks argumentasi berikut, dengan adanya contoh ini tentu dapat menjadi referensi bagi Anda yang sedang mencari contoh paragraf argumentasi untuk disampaikan ke orang lain seperti:

Program Java Day yang dilakukan tentu memilliki banyak dampak positif maupun dampak negatifnya. Apabila dilihat dari dampak positifnya, yaitu menggunakan bahasa jawa dalam berkomunikasi, maka budaya Jawa tentu tidak akan mudah hilang ditelan perkembangan zaman.

Terlebih lagi apabila mengingat kondisi yang sekarang yang mana sebagian besar dari generasi muda yang berasal dari jawa malah tidak dapat menggunakan bahasa jawa. Hal ini tentu saja diakibatkan oleh beberapa faktor seperti lingkungan tempat mereka tinggal tidak menerapkan kebiasaan menggunakan bahasa jawa.

Sehingga apabila di suatu kesempatan harus berinteraksi dengan lingkungan luar menggunakan bahasa jawa, maka dapat dipastikan komunikasi akan terhambat.

Namun, apabila dilihat dari dampak negatif Java Day, yaitu terdapat kemungkinan besar bahwa program ini dapat menimbulkan risiko yang sangat besar. Hal tersebut karena siswa yang menuntut ilmu di pulau jawa tidak semuanya asli jawa. Karena tentu saja banyak siswa dari luar jawa yang tidak dapat berhasa jawa, sehingga kan menghambat mereka dalam menerima informasi pelajaran.

Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Agama

Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Agama

Agama merupakan suatu hal yang sakral bagi umat manusia, berbagai macam argumentasi terkait agama datang dari berbagai pihak. Contoh teks argumentasi terkait agama dapat Anda simak dalam tulisan berikut.

Dalam era yang serba canggih seperti saat ini, masyarakat yang majemuk kemungkinan besar akan menjadi beban suatu bangsa. Hal tersebut tentu bersumber dari segala sesuatu dari kemajemukan, khususnya dari sudut pandang agama.

Contoh permasalahan serius yang bersumber dari agama seperti yang terjadi di daerah Poso, Sulawesi, Maluku, Ambon tentu berbeda. Akan tetapi masalah-masalah yang baru pasti akan muncul, seperti apa yang saat ini terjadi terkait polemik adanya jamaah Ahmadiyah.

Contoh Paragraf Argumentasi Terkait Kesehatan

Contoh Paragraf Argumentasi Terkait Kesehatan

1. Contoh 1

Tidak kalah dengan pembahasan agama, budaya, serta pendidikan, hal terkait kesehatan juga banyak argumentasi yang muncul. Contoh teks argumentasi terkait kesehatan yaitu:

Banyak zat berbahaya yang terdapat di dalam sebatang rokok. Ketika Anda mengisap rokok, mungkin memang terasa nikmat. Akan tetapi sebenarnya rokok justru akan merusak tubuh secara perlahan-lahan karena racun dari zat berbahaya yang ada di dalamnya.

Di dalam rokok terdapat banyak sekali zat yang dapat membuat ketagihan atau disebut dengan zat adiktif. Zat yang dapat membuat ketagihan yang terkandung di dalam rokok yaitu aceton. Padahal aceton sendiri merupakan suatu zat yang sering kali digunakan sebagai zat pembersih kuku.

Bau dari zat aceton ini sebenarnya sangat memabukkan, akan tetapi karena di dalam rokok bercampur dengan zat lain sehingga baunya hilang.

2. Contoh 2

Proses pembakaran yang saat ini seringkali terjadi, menyebabkan sejumlah gas beracun terus bertambah. Gas-gas beracun tersebut seperti gas CO atau karbon monoksida, gas tersebut dihasilkan dari proses pembakaran yang terjadi.

Perlu diketahui juga bahwa gas karbon monoksida tersebut merupakan suatu gas yang sangat berbahaya. Biasanya gas karbon monoksida ini dihasilkan dari pembakaran mesin kendaraan bermotor. Gas karbon monoksida ini biasanya juga digunakan sebagai hukuman mati, seperti kamar gas. Selain itu banyak zat berbahaya yang terdapat di dalamnya.

Contoh Paragraf Argumentasi Terkait Lingkungan

Contoh Paragraf Argumentasi Terkait Lingkungan

Tidak dapat dipungkiri bahwa lingkungan sangat mendukung proses kehidupan, contoh teks argumentasi tentang lingkungan juga banyak digembor-gemborkan oleh kebanyakan orang seperti kerusakan lingkungan seperti:

Hampir diseluruh wilayah yang berada di muka bumi ini, apabila membicarakan kerusakan lingkungan tentu tidak aka nada habisnya, yang mana perlu Anda ketahui juga bahwa kerusakan lingkungan yang terjadi di muka bumi ini merupakan akibat ulah manusia.

Kerusakan lingkungan yang terjadi umumnya diakibatkan oleh perawatan yang tidak ada, seperti tidak ada lagi kepedulian terhadap lingkungan sekitar. Akan tetapi meskipun Anda telah mengetahui apabila lingkungan sekitar rusak, akan tetapi sebagian besar masyarakat tidak lagi merawat atau memperdulikan lingkungan.

Kerusakan lingkungan yang terjadi sebenarnya tidak diinginkan oleh siapapun, akan tetapi kebanyakan manusia tidak menyadari bahwa dirinya telah merusak lingkungan sekitar karena tidak memerhatikan lingkungan, hal tersebut sebenarnya karena sifat egois yang sangat tinggi.

Memang, tidak dapat dipungkiri mungkin di bumi ini memang masih terdapat manusia yang peduli dengan lingkungan, namun jumlah manusia yang masih peduli terhadap lingkungan tidak lebih dari 50% masyarakat yang hidup di bumi ini. Contoh nyatanya seperti dilingkungan sekolah yang jumlah siswanya ratusan, mungkin hanya 10 siswa yang masih peduli dengan lingkungan sekitarnya.

Contoh Paragraf Argumentasi Terkait Ekonomi

Contoh Paragraf Argumentasi Terkait Ekonomi

Berbicara soal ekonomi, pasti banyak sekali polemik yang ada. Sebab kebutuhan manusia pasti tidak akan lepas dari persoalan ekonomi. Contoh teks argumentasi terkait permasalahan ekonomi sangat banyak sekali, salah satunya dalam hal pendidikan seperti yang diuraikan dalam contoh berikut:

Saat ini di Indonesia apabila membahas soal biaya Pendidikan, dapat dikatakan cukup mahal. Meskipun bantuan biaya Pendidikan telah dianggarkan oleh pemerintah, tetap saja setiap siswa masih diwajibkan untuk membayar segala keperluan sekolah sendiri seperti alat tulis, seragam, dan yang lainnya.

Biaya Pendidikan yang mahal tersebut tidak hanya berlaku di sekolah dasar saja, akan tetapi juga berlaku hingga sekolah menengah atas bahkan jenjang perguruan tinggi, bahkan dapat dikatakan semakin tinggi jenjang Pendidikan, maka biaya yang dibutuhkan semakin banyak.

Sehingga tidak heran apabila siswa lulusan SMA yang lebih memilih untuk mencari uang atau bekerja apabila dibandingkan dengan melanjutkan Pendidikan ke perguruan tinggi. Hal tersebutlah yang menyebabkan Pendidikan di Indonesia tidak merata, bahkan hanya berpusat pada orang yang mampu saja. Sedangkan Pendidikan tinggi hanya menjadi mimpi belaka bagi orang yang kurang mampu.

Contoh Teks Paragraf Argumentasi Terkait Sekolah

Contoh Teks Paragraf Argumentasi Terkait Sekolah

Apabila berbicara soal sekolah maka sama halnya dengan membicarakan jenjang pendidikan yang ada di Indonesia. Sehingga berbagai contoh teks argumentasi terkait sekolah juga banyak disampaikan oleh orang-orang seperti:
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 18 LPPM RI memperoleh penghargaan sebagai sekolah terbaik tingkat SMK di Indonesia. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya siswa berprestasi yang dicetak oleh SMK ini.

Prestasi-prestasi yang membanggakan tersebut, tidak hanya dalam hal akademik saja, akan tetapi juga dalam bidang lain seperti olahraga, akuntansi, atau bahkan otomotif. Selain itu dapat dibuktikan dengan dikirimnya sekitar 25 atlet dalam ajang sea games untuk mewakili Indonesia.

Tentu semua prestasi yang membanggakan tersebut tidak diperoleh tanpa adanya usaha, akan tetapi hal tersebut dapat diperoleh karena usaha serta kerja keras para guru serta pihak komite sekolah bahkan orang-orang TU turut berkomitmen untuk mencetak lulusan terbaik.

Contoh Teks Paragraf Argumentasi Singkat Tentang Lalu Lintas

Contoh Teks Paragraf Argumentasi Singkat Tentang Lalu Lintas

Persoalan mengenai lalu lintas setiap harinya ada saja hal menarik yang dapat dibahas, seperti dalam contoh teks argumentasi terkait kecelakaan lalu lintas berikut:

Jumlah korban meninggal dunia yang diakibatkan oleh kecelakaan lalu lintas setiap tahunnya terus meningkat. Bahkan dalam lima tahun terakhir ini dapat dikatakan sangat parah. Apabila melihat data yang dirilis oleh pihak kepolisian, kasus kecelakaan tahun kemarin tercatat sebanyak 4.000 lebih kasus, tentu jumlah yang semakin meningkat apabila melihat tahun ini yang mencapai 5000 lebih kasus.

Dari 5000 lebih kasus yang tercatat pada H-2 Lebaran tersebut, tentunya akan semakin bertambah hingga akhir tahun 2019 ini. Yang paling banyak tercatat apabila dipersentasekan merupakan kendaraan bermotor. Karena semakin banyaknya para pemudik yang menggunakan kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat.

Contoh Teks Paragraf Argumentasi Sebab Akibat

Contoh Teks Paragraf Argumentasi Sebab Akibat

Apabila dilihat dari penyebabnya, teks argumentasi dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, salah satunya yaitu sebab akibat. Untuk lebih memahaminya dapat Anda simak dalam contoh teks argumentasi sebab akibat berikut:

Sikap sopan serta santun para remaja dewasa ini dilihat sangat keluar jauh dari nilai serta moral yang ada di dalam masyarakat. Tentu hal tersebut diakibatkan oleh beberapa faktor yang ada. Faktor utama yang menyebabkan hilangnya sikap sopan santun remaja yaitu karena budaya luar yang dengan mudahnya masuk ke Indonesia.

Sehingga dengan sangat mudahnya ditiru yang pada akhirnya menjadi hal biasa seperti mudahnya dalam mengucapkan kata-kata kotor serta bebasnya pergaulan. Selain masuknya budaya barat, faktor lain yang menyebabkan hilangnya sopan santun remaja Indonesia saat ini yaitu minimnya dalam belajar ilmu agama dan kurangnya pengawasan orang tua.

Orang tua yang membebaskan anak-anaknya bahkan tidak memperdulikan aktivitas anaknya dapat membuat anak tersebut mencoba sesuatu yang dirasa dapat membuat nyaman. Sehingga mengakibatkan sifat remaja yang keluar dari nilai serta moral baik yang berlaku di masyarakat maupun agama.

Contoh Teks Paragraf Argumentasi Akibat Sebab

Contoh Teks Paragraf Argumentasi Akibat Sebab

Selain contoh teks argumentasi sebab akibat, adapula paragraf argumentasi akibat sebab, untuk dapat membedakan lebih jelas, dapat Anda simak dalam contoh berikut:

SMP SMA Ibnu Siena merupakan sekolah berbasis boarding school yang saat ini dijadikan sebagai sekolah terbaik yang berada di kota Tasikmalaya. Yang mana hal tersebut dapat dilihat dari lulusan sekolah tersebut yang memiliki prestasi serta hampir seluruh lulusannya dapat melanjutkan Pendidikan di universitas ternama di Indoneisia.

Tidak sedikit dari mereka juga menjuarai berbagai perlombaan baik dalam tingkat nasional bahkan internasional, sehingga SMP SMA Ibnu Siena ini semakin dikenal oleh masyarakat sekitar bahkan dari luar kota Tasikmalaya.
Salah satu bukti konkrit yang dapat Anda ketahui bahwa pada bulan Oktober kemarin terdapat 2 siswa dari SMA

Ibnu Siena Tasikmalaya yang memenangkan olimpiade sains serta matematika tingkat nasional. Prestasi demi prestasi yang didapatkan oleh siswa sekolah tersebut tentu tidak lepas dari peran pendidik, yaitu para guru yang mengabdi di sekolah tersebut.

Contoh Paragraf Argumentasi Terkait Analogi

Contoh Paragraf Argumentasi Terkait Analogi

Salah satu jenis paragraf yang dipelajari dalam pelajaran bahasa Indonesia adalah paragraf analogi. Pengertian dari paragraf analogi ini yaitu sebuah paragraf yang berisi perumpamaan dengan tujuan untuk membuat pembaca memahami apa yang disampaikan penulis. Contoh teks argumentasi terkait analogi yaitu:

Merawat dan mendidik anak sebenarnya sama seperti memelihara sebuah tanaman yang sungguh memerlukan kesabaran serta ketelatenan yang besar, dengan demikian tentu tanaman yang dirawat dapat tumbuh dengan sehat sebagaimana yang diharapkan.

Sama halnya dengan merawat dan mendidik seorang anak, yaitu sangat membutuhkan ketelatenan serta kesabaran yang besar supaya dapat tumbuh menjadi anak yang dapat membanggakan orang tua.

Contoh Argumentasi Terkait Candi Borobudur

Contoh Argumentasi Terkait Candi Borobudur

Salah seorang penulis buku yaitu KH Fahmi Basya memiliki keyakinan akan misteri candi Borobudur yang mana mengisahkan para Nabi sehingga dapat mengislamkan masyarakat. Contoh teks argumentasi yang dipaparkan beliau akan candi Borobudur yaitu:

Sebanarnya daya Tarik dari candi Borobudur dapat mengalahkan lukisan legendaris Monalisa serta bangunan-bangunan bersejarah lainnya. Penjelasan KH Fahmi Basya dalam seminar dengan tema Di Balik Kisah Candi Borobudur, terdapat fakta bahwa candi Borobudur menjelaskan kebenaran tentang Alquran, sehingga candi tersebut bukanlah peninggalan Budha.

Beliau mengatakan bahwa candi Borobudur ini tersusun atas dua bangunan yang mana pada bagian bawahnya adalah karya nabi Sulaiman yang dibantu oleh para jin serta bagian puncaknya adalah bangunan milik Ratu Saba yang dengan kecepatan cahaya dipindah ke atas candi Borobudur.

Pada buku yang ditulisnya, dijelaskan pula secara ilmiah dan detail bahwa candi Borobudur ini adalah peninggalan Nabi Sulaiman. Karena terdapat relief yang mana menggambarkan kisah seorang Nabi yaitu Nabi Yunus yang terlempar dari kapal serta siap diterkam oleh ikan besar.

Selain itu terdapat pula relief yang menceritakan nabi Sulaiman, Nabi Daud, serta Ratu Saba yang mengangkat kainnya sebab sang ratu menganggap apa yang diinjaknya adalah sebuah kolam.

Contoh Argumentasi Tentang Cinta

Contoh Argumentasi Tentang Cinta

Berbicara soal cinta tentu tidak akan pernah ada habisnya, karena diakui atau tidak dilema akan cinta telah dirasakan oleh hampir seluruh remaja yang ada di muka bumi ini. Sehingga banyak sekali contoh teks argumentasi tentang cinta seperti berikut ini:

Semua orang memang memiliki hak akan cinta, setiap orang pula berhak untuk mencintai sesuatu yang memang dicintainya, akan tetapi bagi pandangan dari sedikit orang mungkin berpendapat bahwa apabila terdapat cinta diantara sahabat, maka yang harus dipilih adalah sahabat. Tentu hal tersebut tidak memandang sebesar apa cinta yang ada.

Apabila melihat orang yang dicintai bergandengan dengan orang lain, rasanya mungkin sangatlah sakit, namun perlu diingat bahwa rasa sakit tersebut jangan sampai menimbulkan rasa benci apalagi kepada sahabat sendiri.
Karena bagi orang yang memiliki anggapan seperti itu, tentu dia menganggap bahwa sahabat lebih penting dari apapun, bahkan cinta tidak mengalahkan persahabatan, sehingga membuat sebagian orang rela kehilangan cinta dibandingkan kehilangan sahabatnya.

Contoh Argumentasi Tentang Jodoh

Contoh Argumentasi Tentang Jodoh

Berbicara soal jodoh tentu sama menariknya dengan berbicara soal cinta, pernikahan, ataupun rumah tangga. Sehingga tidak heran apabila banyak contoh teks argumentasi tentang jodoh yang dapat Anda temui seperti:

Di saat usia seseorang terus bertambah, namun statusnya masih lajang, maka akan sering muncul sebuah kegelisahan akan jodoh, sebab pertanyaan dari keluarga serta masyarakat bahkan teman-teman akan pernikahan sering kali dapat membuat tekanan tersendiri.

Pada sebagian besar orang-orang yang masih single, apabila terdapat pertanyaan untuk dirinya akan pernikahan, tidak sedikit yang merasa bahwa dirinya sedang dibully. Padahal mungkin saja pertanyaan yang lontarkan hanyalah sekadar obrolan basa-basi atau mungkin saja sebuah bentuk sopan santun.

Apalagi ketika berada dalam keadaan ditolak oleh seseorang, baik itu pihak laki-laki ataupun perempuan pasti akan merasakan yang namanya kecewa.

Contoh Argumentasi Terkait Hujan

Contoh Argumentasi Terkait Hujan

Sering kali orang mengaitkan hujan dengan kenangan, padahal hujan dan kenangan merupakan dua hal yang berbeda. Namun entah mengapa banyak orang yang menautkannya sehingga bermunculan banyak contoh teks argumentasi terkait hujan dan kenangannya.

Dewasa ini, pasti Anda sering mendengar bahwa dengan turunnya hujan maka dapat menyebabkan orang menjadi bimbang sebab teringat akan masa lalu yang telah dilaluinya. Bahkan sudah menjadi hal yang wajar bahwa apabila hujan turun, maka sebagian besar anak muda akan merasa galau. Sehingga muncullah sebuah lelucon bahwa hujan itu 1 persen air dengan 99 persen kenangan.

Terlebih lagi semakin banyaknya para pemuda yang mengupload foto hujan atau butir-butir hujan pada kaca jendela dengan caption yang galau membuat hujan dan kenangan kaitannya semakin erat. Sehingga seolah-olah hujan selalu mengingatkan akan kenangan. Padahal sebenarnya yang membuat kenangan itu datang adalah diri pribadi.

Dengan berbagai contoh teks argumentasi yang telah dipaparkan di atas, tentu akan membuat Anda semakin mudah dalam memberikan argumentasi-argumentasi terkait beberapa tema yang memang ada dalam pembahasan.

Leave a Reply